Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 46

Cara Buat WhatsApp Chatbot untuk Penunjang Olshop [Gratis Download]

0
whatsapp chatbot

WhatsApp chatbot adalah aplikasi yang sangat berguna bagi bisnis online kekinian. Aplikasi ini membantu Anda jadi lebih mudah dan cepat menanggapi banyak pesan konsumen di WhatsApp. Seperti apa kecanggihannya?

Chatbot adalah mesin pembalas pesan otomatis yang banyak digunakan olshop dan e-commerce. Kepraktisan aplikasi ini sukses menjadikan penggunaan chatbot diperluas untuk sosmed lainnya, seperti WhatsApp Business.

Inilah kabar gembira bagi Anda yang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan konsumen! Sekarang Anda bisa membuat bot chat WhatsApp yang simpel, gratis dan super canggih dengan mengikuti tutorial berikut ini. Yuk disimak!

Apa Itu WhatsApp Chatbot?

WhatsApp chatbot (dikenal juga dengan nama “aplikasi bot chat WhatsApp”) adalah aplikasi berteknologi AI (kecerdasan buatan) yang dipasang pada sistem WhatsApp.

Bot ini mampu mendeteksi isi pesan konsumen, serta memilih kalimat balasan terbaik secara otomatis. Dengan kata lain, bot chat WhatsApp dapat menggantikan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pembeli.

Aplikasi ini sangat bermanfaat jika toko Anda menerima banyak pesan dari konsumen. Cukup aktifkan chatbot, lalu ia akan membalas setiap pesan masuk secara real-time, tanpa peduli seberapa banyak sekaligus. Praktis, bukan?

4 Fitur WhatsApp Chatbot untuk Bisnis Online

whatsapp-chatbot.

Keunikan aplikasi bot chat WhatsApp adalah turut dilengkapi sejumlah fitur untuk memaksimalkan kinerjanya. Fitur-fitur dari WA bot ini tidak dimiliki oleh chatbot-chatbot biasa.

Berikut 4 fitur utama chatbot WhatsApp yang bermanfaat bagi akun olshop Anda:

1. Perlindungan End to End

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang terkenal sangat menjaga privasi obrolan penggunanya. Maka dari itu, tak heran fitur chatbotnya pun turut dilengkapi perlindungan enkripsi end to end.

Enkripsi ini berguna untuk menjaga kerahasiaan pesan antara Anda dan konsumen. Jadi, tidak mungkin ada pihak lain yang dapat menyusup dan menyalin isi pesan, termasuk bot WA sendiri.

2. Broadcast Pesan (Blast)

Ingin mengirimkan info promosi, pengumuman atau voucher ke banyak orang sekaligus? Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Broadcast dan Blast yang dikelola oleh bot.

Broadcast dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan yang sama ke seluruh kontak konsumen. Sedangkan Blast berguna untuk mempromosikan item tertentu pada pelanggan dengan minat yang sama.

3. Konfigurasi Isi Pesan

Kemudian, Anda juga dapat menyesuaikan isi pesan dari bot chat WhatsApp. Banyak olshop sengaja memodifikasi kembali pesan sambutan chatbot mereka, supaya tampak lebih personal dan hangat di mata pelanggan.

4. Menambah Daftar Menu pada Pesan

Anda bisa memodifikasi menu informasi pada pesan chatbot, sehingga konsumen bisa memilih sendiri informasi yang mereka ingin ketahui.

Isi menu dapat berupa apa saja, seperti FAQ (Frequently Asked Question), katalog, info harga, pengiriman, pemesanan, join reseller, dan lain-lain. Contoh penyajian daftar menu pesan bot WA:

5 Keuntungan WhatsApp Chatbot bagi Olshop

Lalu apa saja manfaat pemakaian aplikasi bot chat WhatsApp ini? Mengapa Anda harus mulai menggunakannya sebagai alat pendukung bisnis?

Secara umum, WhatsApp bot sangat ampuh untuk meningkatkan produktivitas serta keuntungan usaha. Inilah 5 keuntungan dan manfaat penting dari aplikasi bot WA untuk olshop:

1. Membantu Konsumen Lebih Mudah Berbelanja

Manfaat pemakaian bot WA untuk bisnis yang pertama adalah membantu mempermudah konsumen berbelanja di toko Anda.

Cukup tampilkan daftar menu katalog dan tata cara pemesanan dengan pesan bot, lalu konsumen bisa memilih sendiri produk. Pembeli tidak perlu repot mengecek katalog dari web atau aplikasi ecommerce lain.

2. Mengumpulkan Feedback Konsumen

Chatbot juga dapat digunakan untuk mengumpulkan feedback dari pembeli. Anda bisa mengirimkan link survey simpel pada seluruh konsumen memakai fitur broadcast WhatsApp bot.

3. Memaksimalkan Profit

Semua fitur chatbot WhatsApp tersedia lengkap, gratis dan siap pakai. Jadi Anda tidak perlu merogoh modal untuk memaksimalkan profit bisnis!

4. Membalas Pesan 24 Jam Non Stop

Kita tidak pernah tahu kapan konsumen akan mengirimkan kita pesan. Bisa saja mereka menanyakan pesanan ketika Anda sedang sibuk atau sedang beristirahat.

Nah, dalam situasi seperti inilah aplikasi bot chat WhatsApp sangat berguna. Ia dapat bekerja membalas pesan konsumen kapan saja selama 24 jam tanpa jeda. Alhasil pembeli akan selalu terlayani dengan baik.

5. Mengumpulkan Insight Pembeli

Terakhir, bot WhatsApp juga bisa merekam data-data seperti minat dan kebutuhan konsumen. Informasi ini akan sangat bermanfaat dalam proses riset buyer persona, serta merancang taktik pemasaran yang tepat sasaran.

5 Cara Membuat Bot Chat WhatsApp Gratis 100%

Tertarik memasang aplikasi WhatsApp chatbot API pada bisnis sendiri? Tidak perlu khawatir, berikut ini kami punya cara membuat bot chat WhatsApp gratis dan mudah untuk pemula – tidak perlu coding sama sekali!

1. Gabung ke WhatsApp Business API

Tool chatbot WhatsApp tersedia untuk pengguna yang bergabung ke WhatsApp Business API. Bisnis menengah dan skala besar dari industri manapun dapat bergabung secara gratis, cukup dengan mengakses https://www.whatsapp.com/business/api.

Anda wajib menyertakan nama bisnis, link web bisnis, dan informasi-informasi penting lainnya dalam sebuah dokumen proposal. Seluruh informasi akan ditinjau dan diverifikasi oleh tim WhatsApp Business. Kalau sudah, Anda sekarang bisa mengakses WhatsApp chatbot API.

2. Kustomisasi Pesan Bot Chat WhatsApp

Mulailah mendesain pesan atau dialog chatbot WA. Proses ini bertujuan untuk memastikan robot chat bisa menjawab pertanyaan, atau memberikan solusi terbaik ke konsumen.

Anda juga dapat menyusun daftar menu informasi, pesan pembuka, hingga kata-kata kunci yang tidak bisa dijawab lewat bot dan memerlukan pengalihan penanganan ke customer service asli.

3. Menyusun Program Chatbot WA

Menyusun dan melengkapi program chatbot akan membutuhkan sedikit skill IT khusus. Tetapi Anda tidak perlu cemas, sebab ada banyak aplikasi pembuat chatbot otomatis yang dapat dimanfaatkan, seperti:

  • Qontak Omnichannel.
  • Qiscus WA Bot Provider.
  • Dan masih banyak lagi.

4. Tes Chatbot Baru

Jika sudah selesai, jangan lupa lakukan tes pada chatbot guna menemukan kekurangan yang perlu diperbaiki. Jangan sampai Anda memasang bot yang belum siap bekerja, karena akan sangat memengaruhi penilaian brand Anda di mata konsumen.

5. Optimalisasi WhatsApp Chatbot

Terakhir, lakukan optimalisasi berkala ketika bot chat WhatsApp sudah digunakan secara aktif. Ada banyak optimalisasi sederhana yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengembangkan jawaban untuk FAQ.
  • Mereview dan mengupdate kata kunci yang sering digunakan konsumen.
  • Mengetes sensitivitas serta tingkat kecepatan bot merespon pesan.
  • Cek fitur bot yang paling banyak memberi keuntungan, Anda dapat memaksimalkan penggunaannya.
  • Cari tahu promosi apa yang paling relevan, menarik dan disukai konsumen.

Contoh Penerapan Chatbot WA Terbaik pada Bisnis

Anda telah mengetahui apa saja kegunaan chatbot WhatsApp bagi bisnis online. Kira-kira, bisnis apa sajakah yang sudah sukses meningkatkan produktivitasnya dengan aplikasi ini? Ini dia jawabannya:

Snap Travel

“Snap Travel” adalah perusahaan agen wisata yang menggunakan chatbot WA Business untuk memberi rekomendasi promo eksklusif, personal dan real time pada konsumennya. Konsumen hanya perlu mengetik layanan wisata yang mereka inginkan, seperti “bus dengan fasilitas WiFi”, lalu bot akan mengirimkan link rekomendasi.

Nice Hop

Agen perjalanan “Nice Hop” juga memakai bot WA untuk memanjakan konsumennya. Pelanggan dapat mengakses berbagai tawaran tiket wisata dan akodomodasi terbaru lengkap dengan diskon-diskonnya semudah melakukan chat di WhatsApp.

Hey Patch

Dari industri pendidikan, kursus bahasa Inggris –Spanyol online “Hey Patch” memanfaatkan teknologi WhatsApp chatbot free. Calon siswa bisa melihat, membaca, hingga memilih sendiri katalog paket kursus yang mau diambil lewat chat saja.

Kids DXB

Terakhir, toko produk kebutuhan anak-anak “Kids DXB” memiliki robot chat WhatsApp sendiri untuk menyambut para pelanggannya. Bot akan membantu merekomendasikan aktivitas hiburan anak terbaik, lengkap dengan produk-produk pendukungnya sesuai kemauan konsumen. Sangat praktis, bukan?

Empat contoh bisnis di atas dapat menjadi inspirasi cara pemakaian WhatsApp chatbot free pada bisnis. Yuk segera dicoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar apa itu bot chat WA dan cara membuatnya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera lengkapi fitur WhatsApp Business Anda dengan bot pembalas pesan otomatis demi memaksimalkan pelayanan konsumen!

Temukan lebih banyak tips, trik dan rekomendasi kiat sukses berbisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis setiap hari artikel-artikel terbarunya hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

Inilah 8 Poin Twitter Analytics yang Bikin Bisnis Sukses

0
twitter-analytics

Mau bisnis Twitter Anda sukses? Ingin banyak orang melihat iklan produk Anda di Twitter? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui 8 poin penting dari Twitter analytics berikut ini!

Twitter analytics adalah strategi yang mempelajari algoritma Twitter terbaru. Algoritma Twitter merupakan kunci penentu apakah tweet promosi Anda layak ditayangkan ke beranda konsumen atau tidak.

Tapi tenang saja, sebab, menganalisis algoritma Twitter bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memerhatikan 8 poin berikut ini agar bisa mengukur seberapa efektif model bisnis Twitter yang sedang dijalankan.

Yuk langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : 7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

Belajar Twitter Analytics : Apa Itu Algoritma Twitter?

twitter analytics

Tidak hanya Google saja yang bekerja menggunakan algoritma, tetapi juga sosial media. Salah satu sosmed kekinian yang diketahui bekerja memakai algoritma adalah Twitter.

Apa itu algoritma Twitter? Algoritma Twitter adalah cara seleksi postingan tweet yang hadir di beranda Anda. Saat ini, algoritma terbaru Twitter menyortir tweet berdasarkan relevansi atau interaksi terakhir yang Anda lakukan.

Semisal Anda sering memberi like, retweet atau komentar pada postingan bertopik kesehatan. Maka secara otomatis, timeline Anda akan dipenuhi oleh tweet tentang info medis juga.

Cara kerja algoritma Twitter terbaru mirip seperti algoritma Instagram. Sistem ini diharapkan dapat membuat user lebih betah menyimak informasi yang mereka sukai di Twitter.

Perubahan algoritma tentunya mengubah strategi promosi bisnis di Twitter. Anda tidak dapat lagi menerapkan cara-cara marketing lama di Twitter, dan harus menggantinya sesegera mungkin. Ini karena algoritma lama Twitter masih bekerja berdasarkan waktu (real time).

Sistem lawas Titter hanya menampilkan tweet-tweet menurut waktu pembuatannya. Jika Anda mengakses Twitter hari ini di pagi hari, maka otomatis timeline memprioritaskan tweet-tweet yang dibuat pagi ini alih-alih postingan kemarin sore.

 4 Manfaat Algoritma Twitter Terbaru

Berikut adalah sejumlah manfaat penting dari algoritma Twitter terbaru yang wajib Anda pahami:

1. Meningkatkan Engagement

Sistem algoritma dapat membantu meningkatkan engagement pada konten tweet maupun akun Anda. Ini karena linimassa Twitter merekomendasikan hal-hal yang paling disukai, dibutuhkan atau dirasa paling relevan dengan keinginan user. Otomatis, peluang konsumen untuk berinteraksi dengan konten Anda semakin besar.

2. Bermanfaat Menjadi Mesin Pencari

Algoritma baru Twitter juga memungkinkan pengguna menemukan banyak informasi yang relevan sesuai kebutuhan. Contohnya konsumen mencari kata kunci “olshop trift murah”.

Kemudian, algoritma akan bekerja mencari akun-akun atau postingan yang paling cocok dengan keyword tersebut. Cara kerja ini mirip seperti Google Search. Maka dari itu, model bisnis Twitter Anda bisa dioptimalkan dengan strategi SEO.

3. Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Kepuasan pengguna dapat meningkat lebih maksimal berkat mekanisme algoritma terbaru. Kesesuaian info konten dengan minat serta kebutuhan konsumen akan mendongkrak rasa puas saat menggunakan Twitter.

4. Meminimalisir Spam

Algoritma akan mencegah timeline menampilkan informasi yang tidak relevan atau sesuai kesukaan pengguna. Akibatnya, Anda bisa terbebas dari konten-konten yang bersifat spam.

8 Poin Utama Twitter Analytics untuk Memaksimalkan Promosi Bisnis

Setelah memahami apa itu algoritma baru Twitter, fungsi dan cara kerjanya, kini tibalah kita pada bagian yang terpenting: Twitter analytics.

Twitter analytics bisa menjadi metode terbaik untuk mengukur sejauh mana performa kampanye iklan Anda. Analytics dapat mengungkap hal-hal penting, seperti:

  • Jumlah view tweet
  • Konten yang paling banyak menerima engagement.
  • Jumlah dan asal traffic.
  • Waktu terbaik untuk memposting konten.

Lalu bagaimana cara melakukan Twitter analytics ini? Anda bisa mencoba menganalisis 8 poin yang memengaruhi algoritma Twitter terbaru berikut ini:

1. Gender Pengguna

Studi terbaru menemukan bahwa 70% pengguna Twitter saat ini adalah laki-laki. Pria terbukti lebih aktif bermain sosial media satu ini ketimbang wanita. Situasi ini berbeda dengan platform sosmed lain, seperti TikTok atau Instagram yang mayoritas penggunanya adalah perempuan.

Aspek gender pengguna sangat penting dalam proses pemahaman buyer persona. Buyer persona adalah identitas dari target konsumen bisnis online Anda.

Promosi Anda bisa jadi lebih tepat sasaran dan memikat dengan memahami buyer persona. Cobalah perhatikan kembali iklan-iklan yang dibuat khusus untuk konsumen pria dan wanita. Sudah pasti karakteristiknya akan sangat berbeda.

2. Pemakaian Media

Media-media seperti gambar, foto, video, poll, dan GIF adalah hal-hal penting yang dipertimbangkan dalam analisis konten Twitter. Mengapa?

Algoritma canggih Twitter ternyata tidak hanya mempertimbangkan teks saja. Teknologi baru ini juga dapat menilai kualitas konten non-teks dalam tweet Anda.

Selain itu, respon followers terhadap tweet berisi media dan teks saja pastinya berbeda. Ada konsumen yang lebih suka menyimak info dalam visual, namun ada juga yang membutuhkan penjelasan lengkap via thread.

Cobalah mencari tahu jenis media apa yang paling banyak mendulang engagement pada profil Anda. Jika tweet berisi foto sukses mendapat banyak interaksi, itu artinya followers Anda paling suka tipe konten ini. Selanjutnya Anda bisa memperbanyak konten promosi dengan media foto.

3. Latar Pendidikan Pengguna

Apakah konsumen target Anda mayoritas berasal dari S1? Atau, Anda menyasar konsumen berupa anak sekolah dan ibu rumah tangga? Semua pertanyaan ini juga wajib dijawab oleh hasil analisis performa akun Twitter.

Selain analisis gender, Anda harus meriset latar belakang pendidikan dari followers. Ini karena setiap kelompok masyarakat mempunyai tingkah laku pemakaian sosmed yang berbeda.

Misalnya lulusan sarjana atau pendidikan tinggi lainnya, kebanyakan memakai Twitter sebagai tempat penambah wawasan dan diskusi. Sedangkan anak muda yang masih di bangku sekolah murni memakai Twitter untuk hiburan.

Setiap kelompok konsumen juga menikmati kualitas iklan yang berbeda sesuai kebutuhan serta daya pemahaman masing-masing. Iklan yang terlalu ‘gamblang’ dan hard-selling mungkin tidak akan disukai oleh orang-orang berpendidikan tinggi. Namun pastinya ada juga yang mudah dipengaruhi iklan-iklan sederhana.

Pun menurut hasil Twitter analytics yang pernah dilakukan, 42% user Twitter saat ini rata-rata merupakan lulusan perguruan tinggi. Itulah mengapa Twitter menjadi sosmed kedua dunia dengan user lulusan kuliah terbanyak. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh LinkedIn.

4. Relevansi Keyword

Relevansi kata kunci dalam sebuah tweet dengan engagement audiens sangat memengaruhi performa postingan Anda.

Semakin akurat kata kunci konten dengan keinginan user, maka mereka pasti “meninggalkan jejak” berupa like, komentar, retweet atau menambahkan ke bookmark. Mereka juga bisa mengklik link pemesanan produk yang tercantum di postingan.

Sekarang pertanyaannya adalah: sudahkah tweet promosi Anda memuat keyword yang tepat? Proses analisis akun Twitter bisa mengungkap kualitas keyword dalam tweet Anda. Apabila postingan belum memuat kata kunci terbaik, segera pelajari cara meriset keyword untuk konten.

5. Pola Interaksi

Poin penting selanjutnya dalam analisis promosi Twitter adalah pola interaksi pengguna. Banyak model bisnis Twitter yang sukses karena mereka memahami pola interaksi dari audiensnya.

Semisal, target konsumen Twitter dari brand A suka merespon konten-konten yang viral dan clickbait. Maka, brand tersebut akan menggencarkan strategi viral marketing.

Sedangkan target brand B adalah kelompok pengguna yang menyukai konten berbobot. Alhasil mereka menghadirkan lebih banyak konten iklan soft-selling edukasi. Pola interaksi seperti ini juga menjadi pertimbangan penting menurut algoritma.

Hasil aalisis Twitter juga memperlihatkan jumlah engagement yang akun Anda peroleh per tweet. Cobalah mencari tahu tweet konten mana yang paling banyak interaksinya dan penyebabnya. Lalu, mulailah produksi post-post yang mirip demi mendulang lebih banyak engagement.

6. Usia Konsumen

Faktor usia punya pengaruh tersendiri terhadap iklan Twitter. Terdapat pertumbuhan sebesar 16% dari jumlah total anak muda yang mencari info produk di Twitter ketimbang Google.

Twitter saat ini menghadirkan banyak sekali informasi bermanfaat. Anda tidak perlu repot membuka website bisnis hanya untuk membaca deskripsi, keunggulan atau testimoni sebuah item/layanan.

Namun sampai saat ini, baru konsumen berusia muda saja yang cenderung mencari informasi dari sosmed. Jadi kampanye bisnis Twitter Anda bisa lebih cepat berkembang jika target konsumen Anda kebanyakan dari usia muda.

 7. Waktu Online

Jangan lupa juga untuk menelaah poin waktu online konsumen. Meskipun algoritma Twitter terbaru tidak lagi berdasar sistem waktu, tetap ada kemungkinan postingan Anda mudah ditemukan followers kalau dipublikasikan ketika mereka sedang online. Dengan begini Anda bisa memperoleh jumlah engagement yang lebih banyak.

8. Asal Traffic dari Eksternal Link

Meskipun Twitter menjadi salah satu sosmed dengan pengguna terbanyak, faktanya masih sedikit user yang benar-benar fokus memakai 1 aplikasi ini saja.

Lebih dari 90% orang memiliki banyak akun sosmed sekaligus: Twitter, Snapchat, Instagram, Facebook, TikTok, dan seterusnya. Akibatnya, asal traffic akun Anda bisa didapat dari berbagai sumber.

Sangat mungkin ada orang yang mem-follow akun Twitter bisnis Anda karena melihat postingan di Instagram. Atau, ada yang menshare link tweet Anda ke WhatsApp. Namun Anda hanya perlu mengecek sumber asal traffic terbanyak untuk memaksimalkan promosi.

Itulah seluruh aspek yang penting dipertimbangkan saat mencoba Twitter analytics. Semoga insight di atas mampu memaksimalkan strategi bisnis Twitter Anda saat ini, ya!

Temukan lebih banyak kiat sukses bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ sekarang atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Bingung Mengecek YouTube Viewers? Gunakan +5 Tools Ini Yuk!

0
viewers-youtube

Belum menemukan alat terbaik untuk mengecek YouTube viewers? Tenang saja, kami punya banyak rekomendasi tool SEO YouTube gratis dan berfitur lengkap yang bisa Anda coba.

Mengecek viewers YouTube sekarang sudah sangat gampang berkat bantuan tools SEO YouTube gratis. Masalahnya, kadang kita sulit menemukan aplikasi terbaik saking banyaknya YouTube tools yang bertebaran.

Untuk itu, kami telah merangkum 13 aplikasi pengecek viewers YouTube gratis, simpel, dan tentunya kaya fitur-fitur canggih. Penasaran? Yuk langsung disimak listnya!

+5 Aplikasi Cek YouTube Viewers Gratis Disertai Link Download

youtube viewers

Inilah +5 aplikasi gratis terbaik untuk mengecek YouTube viewers sekaligus performa channel Anda:

1. YouTube Analytics

YouTube Analytics adalah software wajib dalam YouTube SEO optimalization. Tools ini disediakan langsung oleh platform official YouTube, sama seperti “Google Analytics” milik Google.

Oleh sebab itulah, Anda dapat menggunakan YouTube SEO tool ini secara 100% gratis. Banyak user seluruh dunia sudah memakai aplikasi ini, dan sukses menghadirkan konten sesuai target audiens mereka.

Keunggulan lain yang ditawarkan YouTube tools ini adalah fitur-fiturnya yang super lengkap. Jadi, Anda pun bisa memakainya untuk menganalisis seluruh video maupun channel YT yang dimiliki.

Adapun kegunaan lengkap dari YouTube Analytics adalah:

  • Mengecek jumlah YouTube viewers Anda secara akurat.
  • Menganalisis performa akun YouTube Anda di masyarakat.
  • Mengetahui jumlah bounce rate video.
  • Mengukur seberapa jauh daya jangkau video terhadap audiens.
  • Menandai video yang paling disukai penonton.
  • Mencari tahu besar pengaruh konten Anda pada target konsumen.

Anda dapat mengakses “YouTube Analytics” di: https://analytics.youtube.com/

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

2. TubeBuddy

Berikutnya ada TubeBuddy. Tools SEO YouTube gratis ini bisa Anda instal melalui ekstensi Chrome.

Cara pakainya pun sangat mudah! Anda hanya perlu membuka halaman YouTube lewat Chrome, kemudian mengklik icon TubeBuddy yang telah terpasang. Tunggu sejenak hingga hasil analisis YouTube SEO optimization Anda muncul otomatis di layar.

Lalu apa saja keuntungan dari TubeBuddy? Berikut fitur-fitur populer dari YouTube tools view ini:

  • YouTube SEO optimization dan checker.
  • Saran tag YouTube.
  • Pencari tag dan keyword terbaru.
  • Perbandingan thumbnail video terbaik.
  • Generator animasi GIF.
  • Pembuatan back up dan export file.
  • Share video langsung ke sosial media.
  • Pembuatan tautan pendek dan melacak traffic.

Seluruh fitur standar TubeBuddy dapat digunakan gratis pada ekstensi Chrome. Namun beberapa fitur eksklusif baru bisa diakses jika Anda berlangganan paket premium (USD $9 – $49 per bulan).

Instal “TubeBuddy” di: https://www.tubebuddy.com/

3. Rank Tracker

Mau tahu berapa kualitas komponen SEO Youtube yang Anda gunakan selama ini? Anda kini bisa mengeceknya memakai YouTube SEO tool Rank Tracker.

Selain ampuh untuk mengecek YouTube statistic views, Rank Tracker juga dapat menganalisis kualitas kata kunci yang biasa Anda pakai pada deskripsi video. Kegunaan lengkap aplikasi ini adalah:

  • Membantu mencarikan keyword terbaik untuk optimasi video.
  • Melihat search volume setiap keyword.
  • Mengungkap persentase persaingan keyword pilihan.
  • Menganalisis metrik kunjungan dan YouTube viewers.
  • Menganalisa persaingan video Anda di YouTube.

Rank Tracker bisa menjadi SEO YouTube tools andalan terbaru Anda. Proses optimasi channel dijamin akan jadi lebih mudah berbekalkan software satu ini.

Dapatkan aplikasi YouTube viewers “Rank Tracker” gratis di: https://www.ranktracker.com/

4. VidIQ

VidIQ juga YouTube tools view yang berupa ekstensi Chrome. Namun kegunaan utama dari tool SEO YouTube gratis ini adalah untuk meningkatkan ranking video Anda.

Anda bisa mendapatkan hasil analisis YouTube viewers terbaik dengan aplikasi ini. Fitur-fitur VidIQ sangat lengkap sekaligus ramah bagi pengguna baru, mencakup:

  • Cek viewers YouTube secara umum.
  • Cek jumlah durasi tontonan video per jam.
  • Cek tingkat keterlibatan penonton dalam setiap video.
  • Memberitahu persentase kemungkinan video Anda masuk rekomendasi, atau top 10 hasil penelusuran penonton berbasis keyword.

Luar biasa sekali bukan? Anda bisa lebih mudah mempelajari cara-cara mengoptimalkan performa dan viewers dengan VidIQ!

Namun sayangnya, tidak semua fitur VidIQ tersaji gratis. Anda disarankan untuk berlangganan premium jika ingin mendapat akses layanan penuh (USD $7.50 – $30 per bulan)

Download “VidIQ” di: https://vidiq.com

5. Awario

Terakhir ada Awario, sebuah tool SEO YouTube gratis dan terbaik untuk social monitoring. Aplikasi ini memungkinkan kita mengetahui siapa saja yang menyebut video/channel Anda di sosial media atau Google.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menginstal Awario, menyalin link ke app, dan mendapatkan notifikasi otomatis kapanpun keyword video Anda berhasil menempati rank 1 pencarian YouTube.

Anda juga dapat mengumpulkan seluruh mention terhadap video/channel, serta melakukan analisis viewers YouTube secara berkala. Daya jangkau Awario pun sangat luas, sebab ia mampu mendeteksi banyak bahasa sekaligus.

Download “Awario” di: https://awario.com/

Belum menemukan aplikasi analisis YouTube viewers terbaik? Tenang saja, berikut masih ada rekomendasi tambahan YouTube tools view gratis untuk dicoba:

6. Quintly

Kebanyakan aplikasi hanya bisa dipakai untuk mengecek viewers YouTube dari 1 channel saja. Alhasil, tool-tool tersebut masih kurang efektif bagi user-user yang mempunyai 2 atau 3 kanal YouTube. Lalu bagaimana solusinya?

Anda dapat mencoba Quintly. Ini adalah aplikasi pengecek YouTube statistic views untuk multiple akun. Quintly dapat melacak performa semua channel YouTube Anda secara otomatis dan real time.

Keunggulan menarik lainnya, seluruh fitur dan tampilan app Quintly tersaji dalam tampilan antarmuka yang simpel. Jadi Anda dapat lebih cepat menguasai cara pakai software ini.

Instal “Quintly” di: https://www.quintly.com/

7. Socialbakers

Mencari YouTube SEO tool yang serba guna? Socialbakers punya puluhan fitur yang terkelompokkan ke dalam 3 kategori penting YouTube marketing:

  • Content Intelligent: mengarahkan strategi terbaik untuk pembuatan video dan publikasinya (misal kapan waktu terbaik memposting video, menentukan resolusi terbaik, dan lain-lain).
  • Sosmed Monitoring: mengumpulkan lebih banyak insight data dari sosial media terkait persebaran video Anda, view, dan engagement.
  • Analysis Audience: menganalisis YouTube statistic views secara komplit (misal identitas audiens, demografis penonton, durasi tayangan rata-rata, dan lain-lain).

Anda bisa memanfaatkan semua fiturnya untuk memaksimalkan kualitas video, serta hasil yang diperoleh. Tidak perlu lagi menginstal banyak SEO YouTube tool demi tugas yang berbeda.

Instal “Socialbakers” di: https://www.socialbakers.com/

8. Cyfe

Aplikasi Cyfe sejatinya adalah dashboard manajemen untuk bisnis online di berbagai platform. Khusus untuk optimasi SEO dan viewers YouTube, Cyfe mempunyai beberapa fitur andalan prima yang wajib dicoba. Mereka adalah:

  • Tracking YouTube viewers.
  • Riset keywords untuk video.
  • Monitoring sosmed eksternal yang terkoneksi ke YouTube.
  • Mengecek topik-topik, kategori dan tags yang sedang trending.

Cyfe pastinya akan sangat berguna bagi Anda yang mengelola marketing olshop di banyak platform, seperti YouTube, Facebook, Instagram, web, dan seterusnya.

Yuk unduh “Cyfe” di: https://www.cyfe.com/

9. Hootsuite

Banyak YouTuber juga merekomendasikan penggunaan Hootsuite. Pasalnya, YouTube tools ini gratis dan sangat mudah diinstal lewat ekstensi Chrome.

Kegunaan Hootsuite tak kalah bervariasi dari aplikasi-aplikasi sejenis. Anda bisa mengoptimasi banyak hal dengannya, sepeti:

  • Membuat konten video marketing sesuai pedoman SEO.
  • Praktis editing dan share video ke channel atau sosmed.
  • Membuat jadwal upload video terbaru.
  • Mengecek pertumbuhan viewers dan subscribers.
  • Menganalisa traffic channel dan video secara berkala.

Instal “Hootsuite” di: https://www.hootsuite.com/

10. Channel Meter

Satu lagi dashbor SEO YouTube yang kaya manfaat untuk YouTubers pemula: Channel Meter.

Sesuai namanya, tool ini berisi banyak metriks dari berbagai indikator yang berguna melancarkan analisis akun YT Anda. Banyak YouTuber pemula menggunakan app ini untuk menggali tips dan saran terbaik bagi strategi konten masing-masing.

Channel Meter akan memperlihatkan sudah seberapa jauh pertumbuhan channel YT saat ini. Ia bisa menandai titik-titik perkembangan tertinggi maupun terendah dari kanal YouTube Anda.

Di samping itu, app ini juga dilengkapi kecerdasan buatan yang bisa mengenali penyebab likes dan dislike dari penonton, mencari loophole video untuk diperbaiki, dan membandingkan track record channel Anda dari pesaing.

Akses software “Channel Meter” di: https://channelmeter.com/

11. Unbox Social

Punya masalah dengan jumlah subscribers yang tak kunjung bertambah? Tenang, Anda dapat mengandalkan aplikasi Unbox Social.

Unbox mempunyai tampilan dan menu pengguna yang praktis. Ada juga grafik visual sederhana yang terperinci untuk memudahkan membaca analisis video YouTube.

Pun jika Anda mengeksplor fitur-fitur Unbox Social lebih jauh, maka Anda bisa memperoleh banyak insight menarik seputar apa yang boleh dan tidak ketika mengelola channel YT.

Beberapa fungsi penting dari Unbox Social adalah:

  • Melacak performa audiens terhadap video.
  • Menemukan cara terbaik menambah subscribers dengan cepat.
  • Meriset video yang paling banyak disukai konsumen.
  • Menghitung traffic, viewers, dan drasi tontonan.

Download “Unbox Social” di: https://www.unboxsocial.com/

12. Vidooly

Ada juga app pengoptimal jumlah viewers YouTube lain bernama Vidooly. Vidooly tersedia gratis dengan opsi fitur lengkap.

Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai tugas umum SEO YouTube. Misalnya seperti menganalisis penonton dan traffic, mencari tahu kelakuan audiens, menyimak performa channel, mencari tahu waktu upload terbaik, tag video, dan kualitas akun pesaing.

Instal “Vidooly” di: https://vidooly.com/signup

13. ViralStat

Rekomendasi YouTube tools yang terakhir adalah ViralStat. Aplikasi ini menduduki jajaran top SEO YouTube terbaik dan sudah digunakan secara internasional.

Kabar baiknya, Anda bisa memakai aplikasi ViralStat secara gratis. Terdapat banyak fungsi positif dari ViralStat untuk menaikkan kualitas channel, seperti:

  • Fitur pelacak konten terbaik milik brand lain.
  • Fitur trending topik dan riset keywords.
  • Fitur analisis dan laporan performa channel.
  • Fitur saran optimalisasi SEO YouTube secara umum.

Tertarik mencoba app ini? Download “ViralStat” di: https://viralstat.com/

Demikianlah seluruh rekomendasi app analisis YouTube viewers gratis yang bisa Anda coba. Segera manfaatkan tool-tool canggih di atas dan raih lebih banyak pencapaian pada channel YouTube Anda!

Simak juga artikel tips dan trik sukses bisnis online lainnya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

Paid Promote adalah : Syarat dan Ketentuan [Kiat Rahasia Olshop]

0
paid-promote

Paid promote adalah cara promosi terbaik selain endorse yang wajib dicoba. Terutama jika Anda ingin mendapat lebih banyak exposure dan sales dari sosial media.

Namun jangan asal booking servis paid promote! Ada syarat, ketentuan, serta strategi paid promote yang wajib diikuti demi memaksimalkan keuntungan. Apa sajakah? Ini dia jawabannya.

Apa Itu Paid Promote (PP)?

paid-promote-adalah

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan kehadiran jasa paid promote. Ada banyak brand serta organisasi online membuka layanan paid promote murah, plus dengan hasil yang menjanjikan.

Tapi apa itu paid promote? Paid promote adalah salah satu strategi promosi di sosmed. Ada juga yang mengartikan paid promote adalah iklan berbayar dengan sistem kerja sama.

Paid promote umumnya dilakukan di sosial media, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan seterusnya. Namun, citra jasa PP sudah sangat melekat atau identik dengan Instagram. Kenapa?

Cara melakukan paid promote di Instagram sudah terbukti lebih sukses dan praktis dikelola. Alhasil, mayoritas orang pun memilih platform sosmed ini untuk berpaid promote ketimbang di tempat lain.

Apa Beda Paid Promote dengan Iklan Sosmed?

Sosial media juga memiliki layanan iklan resmi berbayar. Sebut saja seperti IG Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan lain-lain. Lalu, apa yang membedakan iklan berbayar sosmed dengan jasa paid promote?

Perbedaan utama keduanya terletak pada pelaku atau orang yang mempromosikan iklan Anda.

Dalam sistem iklan sosmed berbayar, iklan Anda akan diposting oleh pihak pengelola sosial media itu sendiri (seperti tim Facebook, Instagram, Twitter, dan seterusnya). Sedangkan dalam cara kerja paid promote, pihak yang bertanggung jawab mengiklankan bisnis Anda adalah akun-akun pengguna dengan jumlah pengikut besar.

Cara Kerja Paid Promote Adalah

Sepintas, cara kerja paid promote memang tampak mirip dengan endorse selebriti atau influencer. Iklan Anda akan ditayangkan oleh akun-akun sosmed berpengikut ribuan atau bahkan jutaan selama beberapa kali, tergantung pada tarif PP yang dipesan.

Saat ini sudah ada banyak kombinasi jasa paid promote murah. Misalnya paket 25 ribu untuk 1x posting stories + feed. Atau, paket 100 ribu untuk 4x posting feed + 5x stories selama sebulan. Biasanya, semakin mahal paket yang dipilih, maka semakin banyak durasi penayangan iklan PP.

Konten iklan paid promote juga tidak dilabeli “sponsored” selayaknya paid ads official. Ini karena iklan PP diposting langsung oleh user sosmed asli. Otomatis, konten promosi Anda akan lebih mudah berbaur dengan media lain dan tidak mengganggu user lainnya.

Lebih unik lagi, ada juga lho penyedia jasa paid promote yang menggunakan sistem kolektif. Iklan Anda bisa di-share oleh puluhan akun sekaligus alih-alih 1 user dengan banyak followers. Sistem paid promote kolektif umumnya dilakukan oleh organisasi atau event kepanitiaan.

4 Syarat dan Ketentuan Paid Promote Adalah

Cara kerja paid promote juga dipayungi oleh sejumlah syarat dan ketentuan. Hal ini penting guna menjaga kelancaran, kenyamanan dan keamanan selama kerjasama promosi berlangsung.

Syarat dan ketentuan paid promote bisa berbeda-beda antara satu penyelenggara dengan yang lainnya. Namun ada hal-hal umum yang pasti kita jumpai di setiap S&K PP. Apa saja?

Beberapa syarat dan ketentuan paid promote adalah:

1. Iklan Tidak Mengandung Hal Negatif

Konten iklan Anda tidak boleh sedikitpun mengandung unsur-unsur negatif seperti SARA, pemicu ujaran kebencian, pelecehan, tindak kekerasan, dan konten dewasa (pornografi). Materi-materi tersebut akan langsung diblokir oleh platform sosmed manapun sebagai bentuk penyalahgunaan media.

2. Konten Konsumtif Wajib Lolos BPOM

Syarat ini diperuntukkan untuk bisnis yang bergerak di bidang makanan, obat-obatan, skincare, kesehatan dan sejenisnya. Produk yang diiklankan dari industri ini wajib lolos BPOM dan legal. Jika tidak, maka nama brand Anda akan dicap sebagai perusahaan ilegal.

3. Cantumkan Identitas yang Jelas

Syarat berikutnya dari setiap paid promote adalah harus mencantumkan identitas brand yang jelas. Hal ini berguna untuk memperjelas kualitas produk/brand, sekaligus memudahkan konsumen menghubungi Anda perihal pemesanan.

4. Materi Promosi Dibuat oleh Brand

Sebagian orang mengira konten PP dibuat oleh pihak promotor, padahal sejatinya tidak. PP tidak bekerja selayaknya endorse, yang mana para influencer lah yang membuat materi promosi.

Tugas jasa PP hanya memposting iklan ke platform mereka saja. Seluruh konten dibuat oleh perusahaan, baik itu foto, video, hingga caption deskripsinya.

Pihak paid promote juga tidak menerima pengeditan konten sebelum penayangan. Jadi, pastikan bahan promosi Anda sudah 100% fix siap diunggah, ya.

10 Cara Melakukan Paid Promote di Instagram yang Benar

Meski paid promote adalah strategi promosi yang mudah, faktanya, masih banyak orang salah menerapkan taktik ini. Akibatnya, bisnis Anda tak kunjung mendapat hasil sesuai target meski sudah berulang kali melakukan paid promote.

Lalu bagaimana cara melakukan paid promote yang benar, khususnya di Instagram saat ini? Berikut sejumlah tips baru dan cara melakukan paid promote yang benar di Instagram:

1. Pahami Customer Persona

Setiap bisnis pasti memiliki karakteristik atau ciri-ciri dari konsumen target. Dalam dunia bisnis, hal ini dikenal sebagai customer persona.

Customer persona adalah bekal utama dalam proses penyusunan strategi serta isi iklan. Semisal customer persona toko Anda adalah gadis-gadis remaja penyuka K-Pop. Maka, iklan yang harus dibuat agar menarik calon konsumen harus bertema K-Pop.

Dengan begini, iklan PP Anda pasti akan lebih mudah memikat audiens.

2. Optimasi Profil Olshop Anda

Faktanya, sebagian besar olshop terburu-buru menyewa jasa PP tanpa mengecek kembali kualitas profil mereka sendiri. Kebiasaan ini justru bisa membahayakan nama brand Anda sendiri.

Akun-akun olshop yang tidak dioptimasi cenderung menimbulkan keraguan dalam benak pelanggan. Adapun ciri-ciri olshop yang kurang baik adalah:

  • Tidak melengkapi identitas.
  • Tidak menggunakan logo yang jelas.
  • Tidak aktif memposting konten atau berinteraksi dengan konsumen.
  • Menyertakan link yang rusak.
  • Tidak memiliki testimoni, dan masih banyak lagi.

Anda sendiri pasti pernah ragu membeli barang online dari toko dengan ciri-ciri seperti di atas, bukan? Nah, iklan PP Anda bisa jadi sia-sia kalau tidak pernah dibarengi pengelolaan akun olshop yang baik.

3. Cek Kualitas Konten Iklan

Tips penting paid promote berikutnya adalah membuat dan mengecek kualitas konten promosi. Apakah desain visual foto/video iklan Anda sudah bagus? Apakah copywriting deskripsinya menarik?

Membuat konten iklan yang bagus adalah tugas yang gampang-gampang susah. Anda perlu mengembangkan daya kreativitas, sekaligus up to date dengan isu-isu terkini. Di samping itu, materi iklan juga tetap harus komunikatif menyampaikan penawaran secara tepat sasaran.

Kegagalan sistem paid promote sangat bisa terjadi karena kurang memerhatikan kualitas konten. Beberapa perbaikan sederhana yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Sesuaikan ukuran dan format konten visual dengan platform. Misal, buat video dengan durasi sesuai ketentuan stories, atau crop foto mengikuti panjang x lebar frame feed.
  • Gunakan foto-foto berkualitas HD, beresolusi tinggi, berwarna-warni memikat.
  • Pastikan gambar memikat tapi tetap sesuai topik.
  • Tulis deskripsi konten dengan teknik copywriting AIDA.
  • Boleh menggunakan judul caption yang click bait.
  • Lakukan evaluasi kualitas konten secara berkala dengan A/B Testing.

4. Berani Buat Konten Out of The Box

Jadilah lebih unggul dari kompetitor dengan membuat konten-konten PP “out of the box”. Tidak ada aturan yang mewajibkan pebisnis membuat konten hard-selling untuk paid promote. Jadi Anda bebas berkreasi mengombinasikan soft and hard selling content sebagai materi PP!

Beberapa contoh konten menarik dan unik untuk paid promote adalah:

  • Konten giveaway.
  • Iklan interaktif.
  • Covert selling.
  • Penawaran flash sale.
  • Klaim voucher.
  • Games berbonus cashback, dan lain-lain.

5. Riset Insight Data Penyedia Jasa PP

Waspada akun penyedia jasa PP abal-abal! Agar tidak turut jadi korban, maka Anda wajib meriset performa akun PP terlebih dahulu.

Tidak perlu bingung, Anda bisa meriset akun paid promote menggunakan tips dan trik sederhana berikut:

  • Pilih akun paid promote yang sesuai dengan industri bisnis (misal iklan produk IT dipromosikan oleh akun PP bidang IT juga).
  • Cek karakteristik dari followers akun PP, sesuaikan dengan target konsumen Anda.
  • Cek jumlah engagement dengan melihat jumlah likes, komentar dan share yang didapatkan per postingan akun tersebut.
  • Cek jumlah followers akun, cari tahu apakah semua pengikutnya asli atau fake (followers beli)?
  • Cek frekuensi akun memposting konten, baik stories atau feed. Semakin aktif, maka semakin bagus.
  • Minta insight data dari admin akun PP Instagram apabila memungkinkan. Insight data memuat seluruh rincian performa dan engagement akun tersebut.

6. Pastikan Jasa PP Fast Response

Tahap yang satu ini terbilang sepele namun bisa berakibat fatal jika tidak diikuti. Banyak iklan paid promote gagal tayang karena admin akun PP sangat slow response. Akibatnya, iklan dan biaya yang Anda keluarkan jadi terbuang percuma.

Anda bisa menyortir akun-akun PP lamban dengan menetapkan batasan waktu menunggu. Semisal akun yang Anda hubungi tidak membalas dalam 1×24 jam, maka segera pilih penyedia paid promote lain.

7. Minta Rincian Syarat dan Ketentuan Paid Promote

Setiap jasa punya syarat dan ketentuan paid promote yang berbeda. Maka dari itu, pastikan untuk selalu meminta rincian S&K sebelum memutuskan deal kerjasama.

Syarat dan ketentuan paid promote yang diminta pun sebaiknya mencakup poin-poin penting ini:

  • Rincian tarif.
  • Informasi detil durasi penayangan iklan.
  • Cara kerja paid promote.
  • Ketahanan pamflet (apakah pamflet promosi akan dihapus setelah durasi berakhir atau dibiarkan selamanya?)
  • Materi yang boleh ditayangkan seta yang dilarang.

8. Minta Jam Tayang Iklan “Prime Time”

Beberapa akun PP menentukan sendiri kapan waktu publikasi iklan, namun sebagian lainnya mempersilahkan klien memilih sendiri jam yang diinginkan.

Sebisa mungkin, mintalah jam penayangan iklan terbaik alias prime time! Tujuannya adalah supaya materi promosi Anda dilihat sebanyak mungkin followers akun PP.

9. Perhitungkan Biaya Modal & Profit

Tips penting berikutnya terkait paid promote adalah memperhitungkan biaya modal dan profit dari PP. Apakah modal paid promote Anda nantinya sebanding dengan keuntungan yang diperoleh?

Strategi ini wajib dilakukan demi menghindari kerugian. Pertama, hitung kesesuaian modal yang harus dikeluarkan dengan pertanyaan berikut:

  • Berapa harga paket PP yang ditawarkan penyedia jasa?
  • Apakah harga tersebut sesuai dengan jumlah engagement dan followers penyedia?
  • Berapa harga rata-rata paket paid promote saat ini di sosmed?
  • Apakah penyedia memiliki nilai keunggulan lain yang menjadikan paid promote-nya lebih istimewa?

Berikutnya, hitung juga kemungkinan profit yang bisa diperoleh lewat paid promote. Caranya dengan mempertimbangkan dua aspek ini:

  • Jumlah total pemasukan (omset) pasca beriklan PP.
  • Besaran biaya, tenaga dan waktu pembuatan iklan PP.

Lalu, kurangkan total omset dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan. Hasil akhirnya adalah keuntungan bersih yang Anda peroleh.

10. Analisa Performa Secara Berkala

Terakhir, jangan lupa menganalisa performa akun olshop Anda setelah menjalankan paid promote secara berkala. Hal ini penting guna mengetahui tingkat keberhasilan paid promote.

Sejumlah hal yang wajib dicek antara lain:

  • Penambahan followers.
  • Peningkatan interaksi atau engagement.
  • Kenaikan penjualan via sosmed.

Apabila paid promote terbukti ampuh, maka tidak ada salahnya untuk mencoba lagi di kemudian hari, begitu pun sebaliknya.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar syarat, ketentuan, dan cara melakukan paid promote di Instagram yang sukses. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera maksimalkan promosi brand Anda dengan tips dan trik simpel di atas!

Mau mendapat lebih banyak insight menarik dan terbaru seputar digital marketing? Langsung klik MARKEY sekarang di https://markey.id/, atau baca gratis di MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Baca juga

5 Trend Influencer Indonesia Terbaik untuk Bisnis Kekinian

0
trend-influencer

Pandemi tidak hanya mengubah tata cara berbisnis online, tetapi juga trend marketing influencer Indonesia. Ada 5 trend influencer marketing terbaru yang cocok diterapkan bisnis kekinian. Apa sajakah?

Bekerja sama dengan influencer adalah salah satu cara promosi yang bagus. Pasalnya, produk yang direkomendasikan oleh selebriti bisa 2x lebih mudah dan cepat terkenal. Maka dari itu tak heran banyak brand Indonesia dan luar yang menempuh strategi ini.

Nah, supaya hasil yang didapat lebih maksimal, ayo update strategi influencer marketing Anda dengan 5 trend terbaru berikut ini!

Baru! 5 Trend Marketing Influencer Indonesia Paling Laris Saat Ini

influencer indonesia

Mau bisnis lebih viral di masyarakat? Jika iya, maka social media influencer adalah taktik promosi yang wajib Anda coba.

Namun jangan hanya sekadar mencoba jasa endorse para artis! Pastikan iklan Anda lebih “menggebrak” dari pesaing dengan 5 trend marketing influencer Indonesia berikut ini.

Baca juga : Influencer Adalah? Cara Menjadi Influencer Sukses

1. Video Pendek Lebih Laris

Ada banyak tipe konten yang dapat dipakai dalam influencer marketing. Contohnya seperti foto (postingan feed), artikel review (blog afiliasi), dan video pendek.

Pertanyaannya sekarang adalah: Mana yang sebaiknya kita gunakan?

Tentu saja konten video marketing.

Keuntungan tertinggi endorsement influencer saat ini dipegang oleh klip-klip video review singkat. Materi video yang apik dan ringkas terbukti lebih ampuh memikat rasa penasaran konsumen terhadap produk Anda.

Selain itu, trend video pendek sudah semakin marak di abad ini berkat kehadiran platform seperti TikTok, Instagram, Snapchat, Dubsmash, dan YouTube Shorts. Mayoritas audiens lebih suka dan terbiasa menyimak info audio-visual ketimbang foto dan teks.

Baca juga : 4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis

2. Konten UGC dari Influencer

Pernahkah Anda melihat artis mengunggah review produk mereka di sosmed, dan men-tag akun brand tersebut? Inilah bentuk endorse marketing “halus” bernama UGC (User Generated Content).

Konten UGC sejatinya bukan strategi iklan yang baru. Taktik ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin mengemas iklan sebagai review. Jadi, penonton tidak akan “skip” iklan Anda karena tidak menjual produk secara terang-terangan (hard-selling).

Banyak influencer Indonesia memakai strategi UGC untuk mempromosikan produk kerjasama. Mereka akan membuat ulasan produk di sosmed, kemudian men-tag akun brand Anda. Tujuannya supaya konten tadi bisa di-repost juga oleh brand.

Manfaat utama konten UGC dalam trik social media influencer adalah:

  • Menambah kualitas dan image positif bisnis sebab produk atau jasa Anda direkomendasikan oleh artis.
  • Menambah kepercayaan masyarakat terhadap produk.
  • Konten iklan tidak mengganggu penonton sebab disajikan secara halus.
  • Mendorong daya beli masyarakat sebab tergiur dengan rekomendasi sang artis.

3. Bangkitnya Trend Pariwisata

Setelah hampir dua tahun lebih terpuruk oleh pandemi, kini sektor pariwisata kembali bangkit di Indonesia. Banyak bisnis memanfaatkan tema promosi pariwisata untuk mempromosikan produk serta jasa mereka.

Uniknya, tidak hanya bisnis di bidang travel saja yang mengiklankan jasanya memakai konsep liburan. Usaha-usaha di luar ranah tersebut pun juga bisa! Bagaimana caranya?

Semisal Anda menjual produk skincare dalam kemasan mini (travel size). Nah, Anda dapat bekerja sama dengan influencer Indonesia untuk mempromosikan produk tersebut di kala mereka sedang berlibur.

Tentunya trend ini membutuhkan kreativitas tersendiri dari influencer yang Anda ajak kerjasama. Mereka dapat mengiklankan produk dengan berbagai caption halus, seperti:

  • “Yuk pakai skincare terbaru dari @namabrand. Terbukti bikin bebas dari jerawat dan dekil selama liburan!”
  • “Nggak lagi pusing mikirin cara bawa skincare komplit ke tempat staycation. Sebab, paket skincare @namabrand super praktis dan travel-friendly!

4. Promosikan Topik Kesehatan

Selain pariwisata, topik kesehatan fisik dan mental juga ikut ramai mencuat semenjak pandemi melanda dunia. Banyak brand serta influencer Indonesia mengambil peluang promosi lewat topik ini. Hasilnya pun tak kalah menjanjikan dibanding promosi dengan tema liburan!

Produk-produk kesehatan bisa lebih cepat laku ketika diiklankan dengan bantuan influencer Indonesia. Namun Anda harus super teliti dan membuat konsep promosi matang dengan topik ini. Pasalnya, isu kesehatan harus tetap mengedepankan fakta dan keselamatan konsumen sendiri.

5. Virtual Influencer dan Live Streaming

Trend inovatif terakhir untuk memaksimalkan strategi influencer marketing adalah pemakaian virtual influencer dan live streaming. Keduanya diyakini mempunyai pengaruh kuat dalam aktivitas endorsement masa depan.

Virtual influencer adalah icon, avatar, atau maskot digital yang bertugas mengiklankan produk dan jasa Anda di dunia maya. Kehadiran virtual influencer baru dimulai mengikuti pesatnya perkembangan dunia online.

Influencer virtual pun tidak bisa sembarangan dibuat. Ia diprogram secara khusus oleh para ahli IT mulai dari tampilan hingga kecerdasan buatan yang dimiliki. Meski sedikit rumit, jumlah engagement yang bisa diraih virtual influencer dapat menembus 3x lipat selebriti asli (manusia).

Salah satu brand yang menggunakan virtual influencer adalah toko fashion dunia H&M. Brand H&M memiliki avatar online dari sosok aktris Hollywood, Maisie Williams. Icon digital Maisie “bertugas” mempromosikan produk-produk terbaru H&M dalam game virtual Animal Crossing.

Tapi jangan berkecil hati kalau bisnis Anda saat ini belum mampu membuat teknologi virtual influencer. Masih ada alternatif sederhana lain yang dapat dicoba, yakni endorsement jalur live streaming.

Sesuai namanya, endorsement live streaming dilakukan melalui siaran-siaran langsung di sosmed. Pun ada banyak influencer Indonesia yang viral berkat gaya live endorsement uniknya, seperti seleb TikTok “Tante Lala”.

Apa Itu Social Media Influencer? Masihkah Relevan Pasca Pandemi?

Apa itu social media influencer? Apakah strategi promosi ini masih relevan digunakan pasca pandemi? Berikut jawaban lengkapnya:

Social media influencer adalah taktik mempromosikan barang dagangan atau jasa melalui orang lain. Tapi tentunya bukan sembarang orang, melainkan para artis, selebriti ataupun figur-figur yang punya pengaruh positif di masyarakat dalam hal ini adalah dunia maya.

Secara sederhana, brand Anda melakukan kerjasama berbayar dengan influencer tertentu. Keuntungan yang dihasilkan pun bersifat win-win solution; brand mendapat keuntungan promosi, sedangkan para selebriti menerima bayaran endorse.

Taktik promosi dengan social media influencer juga masih sangat relevan dilakukan di era kekinian pasca pandemi. Justru orang-orang saat ini lebih “mendengarkan” informasi dari influencer ketimbang yang lain.

Selama pandemi, fokus masyarakat tidak lagi tertuju pada konsumsi produk atau jasa. Daya beli masyarakat menurun, begitu juga dengan semangat mereka. Orang-orang lebih membutuhkan support dan perhatian alih-alih iklan penawaran. Di sinilah influencer memiliki pengaruh kuat untuk menjangkau target konsumen.

Para influencer dijadikan “panutan” oleh warganet sebab mereka menghadirkan banyak konten yang bersifat menghibur, memotivasi maupun mengedukasi. Alhasil, orang-orang ini memiliki “power” tersendiri untuk memengaruhi para followers-nya, termasuk ketika melakukan endorsement.

Maka dari itu, Anda sangat bisa memulai pendekatan yang baik pada konsumen melalui strategi influencer marketing.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar trend marketing terbaru dengan bantuan influencer Indonesia. Semoga tips ini mampu menambah keuntungan promosi olshop Anda saat ini, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik sukses berbisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Pedoman Lengkap YouTube Analisis : Rahasia Menaikkan Traffic

0
youtube-analisis

Mau channel YouTube Anda lebih ramai penonton dan subscribers? Ayo pelajari tips YouTube analisis berikut ini agar konten yang kita buat lebih pas dengan selera konsumen!

Tidak cuma traffic website atau sosial media saja yang perlu kita perhatikan, tetapi juga YouTube. Mengelola asal traffic YouTube sangat penting, sebab dari sini kita bisa tahu bagaimana cara terbaik meraih penonton YouTube baru.

Kabar baiknya, kami sudah merangkum lengkap tips YouTube analisis termudah untuk pemula di sini. Yuk langsung disimak tutorialnya!

Apa Itu YouTube Analisis?

Apakah Anda saat ini mempromosikan brand lewat video YouTube?

Namun, sudahkah Anda turut memerhatikan asal traffic YouTube Anda? Pertanyaan inilah yang masih sering dilewati oleh para marketer.

Memposting video berkualitas ternyata masih belum cukup untuk meraih kesuksesan lewat taktik YouTube marketing. Anda juga perlu memaksimalkan performa setiap video lewat strategi YouTube analisis. Apa itu?

YouTube analisis adalah upaya-upaya mempelajari tingkah laku penonton YouTube, supaya kita bisa menghadirkan isi konten yang lebih pas dengan selera mereka. Kita juga bisa tahu darimana asal traffic YouTube, serta apa strategi terbaik untuk memaksimalkan jangkauan video.

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

8 Contoh YouTube Analisis Adalah

youtube analisis

Mungkin bagi masyarakat awam, kata “analisis YouTube” terdengar begitu kompleks dan rumit. Namun kenyataannya tidak demikian. Justru, ada banyak aktivitas sederhana yang tergolong sebagai proses analisis YouTube.

Apa saja contoh dari analisis YouTube? Berikut jawabannya:

  • Mengecek jumlah view dan subscribers penonton YouTube kita secara berkala.
  • Mengecek penambahan atau pengurangan subscribers.
  • Mencari tahu video-video apa saja yang disukai oleh penonton channel.
  • Mencari tahu waktu rata-rata yang dihabiskan audiens pada channel YouTube Anda.
  • Menelusuri data penonton YouTube, seperti usia, gender, lokasi, dan lain-lain.
  • Melacak sumber traffic YouTube (YouTube traffic source).
  • Mengetahui opini dan pandangan konsumen terkait konten dengan membaca kolom komentar.
  • Memeriksa engagement yang diterima video dari jumlah likes, share dan komentar secara berkala.

Dan masih banyak lagi kegiatan sederhana lainnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui kualitas channel YouTube bisnis saat ini.

4 Manfaat Penting YouTube Analisis untuk Perkembangan Bisnis

Bisnis yang rajin menganalisis video unggahan YouTube-nya terbukti lebih banyak memperoleh keuntungan daripada yang tidak. Setidaknya ada 4 manfaat utama yang bisa brand Anda raih jika mulai melakukan YouTube analisis dari sekarang:

1. Mengetahui Jumlah Penonton YouTube

Berapa jumlah penonton Anda saat ini? Apakah angka tersebut bertambah atau tidak? Bagaimana cara menambah jumlah audiens YouTube? Semua pertanyaan ini bisa Anda jawab setelah menganalisis performa YouTube.

Proses analisis akan mengungkap data-data rinci terkait jumlah traffic viewers Anda dari waktu ke waktu, lengkap dengan asalnya. Tak jarang seorang YouTuber mendapat ide konten dan taktik promosi cemerlang usai menganalisis performa videonya.

2. Membuka Peluang Monetisasi

Setelah mengetahui berupa jumlah viewers serta cara mengoptimalkannya, kini Anda bisa meraih keuntungan baru berupa tawaran monetisasi YouTube.

Monetisasi adalah program pemasangan iklan di YouTube dengan timbal-balik keuntungan berupa uang. Semakin banyak jumlah penonton YouTube Anda, maka akan semakin besar pula kemungkinan terpilih sebagai channel untuk monetisasi.

3. Mudah Menghadirkan Konten Kesukaan Konsumen

Hasil analisis YouTube juga dapat membantu mengungkap jenis konten yang paling disukai penonton. Anda hanya perlu mencari video mana yang terbanyak ditonton atau menerima engagement. Selebihnya, Anda dapat menambah konten-konten serupa di channel dan meraih banyak penonton baru.

4. Menambah Engagement dan Subscribers

Poin ini sejatinya masih berkaitan dengan ulasan sebelumnya. Semakin banyak video Anda yang tepat sesuai selera audiens, maka akun Anda akan secara otomatis kebanjiran traffic, subscribers dan engagement. Brand Anda dapat lebih cepat terkenal karena sering dicari oleh konsumen di YouTube.

3 Indikator yang Wajib Diperhatikan dalam YouTube Analisis

Meskipun sederhana, tetap ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan ketika Anda mencoba menganalisis kualitas video YouTube. Apa sajakah? Berikut komponen-komponen yang berdampak langsung pada kesuksesan akun YouTube Anda:

1. YouTube Traffic Source

Hal pertama yang diperhatikan oleh orang-orang ketika menganalisis video marketing mereka adalah sumber traffic. Poin ini juga dikenal dengan sebutan YouTube Traffic Source.

Inti pertanyaan dari YouTube Traffic Source adalah “bagaimana orang-orang menemukan video Anda dari sekian banyak video lainnya?”. Jawaban yang bisa Anda peroleh pun beragam, seperti:

  • Dari hasil pencarian Google.
  • Masuk halaman pertama beranda YouTube.
  • Ditemukan dari kategori, trending topik, atau hashtag.
  • Muncul di rekomendasi menurut hasil pencarian YouTube.
  • Diklik dari link sosial media atau website.
  • Dipromosikan oleh konten milik orang lain.
  • Thumbnail, preview dan judul video yang menarik.
  • Dibagikan dalam grup-grup dan forum, serta masih banyak lagi.

Lantas apa pentingnya mengetahui asal traffic YouTube? Informasi ini akan memberitahu darimana sumber penonton terbanyak Anda. Selanjutnya, Anda dapat memaksimalkan promosi dari platform tersebut.

Contohnya seperti ini: semisal link video Anda paling banyak diklik dari sosial media Twitter. Maka dari itu, Anda wajib memaksimalkan atau mengutamakan promosi video YouTube di Twitter.

Atau, jika sumber traffic video paling banyak berasal dari Google. Otomatis, ini berarti video Anda unggul pada strategi SEO.

2. Identitas Penonton

Indikator kedua adalah identitas penonton. Yang termasuk ke dalam poin ini adalah:

  • Gender (jenis kelamin).
  • Usia penonton.
  • Negara asal penonton.
  • Jumlah penonton yang turut menjadi subscribers.
  • Topik yang paling mereka minati dari channel YouTube Anda.
  • Tipe bahasa subtitle yang digunakan penonton.

Dari sini Anda sudah bisa mengenali ciri-ciri konsumen channel YouTube yang dimiliki. Mengetahui siapa penonton kita sama pentingnya dengan mengenal target konsumen. Pastinya promosi Anda akan gagal kalau penawaran tidak sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Bayangkan situasinya seperti ini: Anda adalah brand skincare dengan jumlah penonton terbanyak berupa wanita remaja dari Indonesia. Para audiens mengikuti channel Anda karena ingin mendapatkan tips dan info skincare terbaru, maka, hadirkanlah konten-konten tersebut.

Jangan sekali-kali membuat video yang tidak sesuai dengan karakteristik penonton Anda, sebab mereka pastinya tidak akan tertarik.

3. Engagement Penonton

Faktor terakhir adalah interaksi atau engagement dari penonton. Bagaimana video Anda ditanggapi oleh masyarakat pengguna YouTube? Anda bisa menjawabnya dengan memerhatikan poin-poin ini:

  • Berapa lama waktu yang dihabiskan audiens di channel atau video Anda?
  • Video mana yang paling ramai komentar, share, view dan interaksi?
  • Adakah playlist Anda yang paling banyak ditonton? Jika ada, yang mana sajakah itu?
  • Adakah postingan YouTube Anda (seperti YouTube stories atau feed) yang paling ramai mengundang interaksi publik?
  • Apa sajakah video yang paling banyak menerima dislike (tidak suka)?
  • Mengapa video tersebut tidak disukai masyarakat?

Hasil analisis engagement akan mempermudah Anda mencari dan memilih ide konten YouTube selanjutnya. Fokuslah mengembangkan video terkait topik-topik yang disukai, serta berhenti menayangkan yang di-dislike.

Belajar YouTube Analisis Pemula : 2 Cara Mudah Analisis Traffic YouTube

Akhirnya tibalah kita pada topik yang dinanti-nanti! Menganalisis traffic YouTube secara keseluruhan sejatinya sangat gampang. Anda bisa mempelajarinya langsung lewat tips YouTube channel analisis simpel di bawah ini.

Terdapat dua cara menganalisis performa YouTube yang akan kami paparkan, yakni dengan smartphone dan lewat komputer (desktop PC). Berikut tutorial dari masing-masing cara:

Cara Menganalisis Traffic YouTube di Smartphone

  1. Siapkan aplikasi penganalisis traffic YouTube gratis untuk smartphone demi mendapat hasil lebih akurat. Salah satu rekomendasinya adalah YouTube Studio.
  2. Instal aplikasi YouTube Studio dari Playstore atau AppStore.
  3. Buka aplikasi tersebut.
  4. Login ke channel atau akun YouTube Anda.
  5. Masuk ke dashbor (beranda) app > Anda akan langsung melihat review hasil analisis channel secara ringkas meliputi performa video, jumlah komentar, dan jumlah video.
  6. Untuk mendapat hasil lebih rinci, klik tanda titik 3 di pojok kiri atas.
  7. Klik menu Analytics.
  8. Secara otomatis Anda akan menemukan hasil analisis performa dan traffic YouTube saat ini. poin-poin analisisnya sudah mencakup ringkasan analisis, discovery, identitas dan jumlah penonton, statistik playlist dan konten interaktif.
  9. Bacalah hasil analisis tersebut dan manfaatkan untuk memaksimalkan performa video Anda!

Cara Menganalisis Traffic YouTube di PC Desktop

  1. Buka browser Chrome, Mozilla, atau lainnya yang Anda biasa gunakan di komputer.
  2. Buka laman YouTube > login ke channel YouTube Anda.
  3. Pastikan Anda membuka akun YouTube yang mau dianalisis.
  4. Klik foto profil YouTube Anda.
  5. Klik menu YouTube Studio.
  6. Scroll di bagian kiri > pencet Analytics.
  7. Anda akan langsung tiba di halaman analisis akun YouTube. Hasil analisis real time akan tersaji secara otomatis dan lengkap, seperti overview, audiens, engagement, reach, views dan subscribers.

Cara Membaca Data Analisis YouTube

  • Tanda panah hijau menghadap atas: terjadi peningkatan performa video dan channel.
  • Tanda panah merah ke bawah: terjadi penurunan performa video dan channel.
  • Video terlaris: memperlihatkan video mana saja yang paling banyak ditonton.
  • Trending: list topik, kategori dan genre video yang sedang naik daun saat ini.
  • Gender dan usia penonton: merangkum seluruh karakteristik pengunjung channel Anda.
  • Komentar baru pada video: mempermudah menyimak komentar atau ulasan baru dari penonton sekaligus membalasnya.

Demikianlah artikel tips belajar YouTube video analisis yang dapat Anda coba mulai dari sekarang. Yuk segera tingkatkan performa dan keuntungan video marketing Anda lewat strategi ini!

Mau jadi lebih sukses berbisnis online? Mari ikuti terus update kiat-kiat rahasia digital marketing gratis hanya di MARKEY! Langsung baca berbagai artikel seru terupdate di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sampai bertemu lagi!

Tutorial Google QR Code : Cara Buat Katalog Online Terpraktis

0
google-qr-code

 

Tahukah Anda bahwa ada Google QR code yang bisa digunakan untuk membuat katalog online shop? Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari cara buat katalog produk online gratis!

Google QR Code adalah sistem barcode dari Google untuk berbagai keperluan, salah satunya menghadirkan katalog produk online. Sebagian besar online shop kekinian mengemas item-item serta penawaran mereka ke dalam QR code agar lebih mudah diakses calon pembeli.

Anda beruntung sekali, sebab, kami telah merangkum lengkap cara buat katalog online gratis dan simpel ala Google Code.

Apa Itu Google QR Code?

google-qr-code.

Google QR Code adalah sistem kode yang didukung penuh oleh Google. Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi Google untuk membuat banyak jenis QR code dengan beragam informasi di dalamnya.

Misalnya seperti:

  • Google Maps – Membuat denah lokasi yang terhubung langsung ke GPS.
  • Google Lens atau Photos – Membagikan foto atau video katalog dalam bentuk barcode.
  • Google Business – Merangkum review bisnis online Anda ke QR code.
  • Google Form – Buat dan bagikan kuesioner survey bisnis, formulir customer service, pendaftaran dan pemesanan dalam QR code.
  • Google Docs – Tingkatkan produktivitas bisnis online Anda dengan lebih mudah, cukup buat dan bagikan dokumen via barcode.

Pemakaian QR code di platform Google mulai ramai semenjak banyak sosial media besar menggunakannya untuk mempromosikan layanan mereka. Sebut saja seperti Snapchat, Instagram, TikTok, dan lain-lain.

QR Code memang punya keunggulan tersendiri dalam bidang pemasaran informasi ke masyarakat luas. Pada akhirnya, Google Code lahir sebagai optimalisasi layanan Google sendiri. Sekarang pun kita dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Bagaimana Cara Menggunakan Google QR Code?

Google QR Code punya cara kerja yang sama dengan barcode pada umumnya. Untuk mendapatkan informasi, Anda hanya perlu menscan kode barcode memakai aplikasi scanner yang banyak tersedia gratis di Playstore.

Setiap kode QR memuat susunan huruf dan kode yang jika di-scan, akan menampilkan banyak informasi penting dalam hitungan detik. Termasuk katalog online bisnis Anda. Inilah alasan banyak pebisnis dan konsumen memilih memakai barcode untuk transaksi.

Lalu bagaimana dengan membuat QR code itu sendiri? Anda dapat memakai aplikasi Google Chrome, atau aplikasi pembuat barcode untuk membuat kode QR custom. Cukup masukkan link atau file ke aplikasi buat barcode saja, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2 Cara Membuat QR Code Gratis Selamanya dengan Google QR Code

Tibalah waktunya mempelajari tata cara buat katalog online dengan Google!

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, ada dua cara buat katalog online dengan Google QR, yakni memakai Chrome atau aplikasi barcode maker yang tersedia gratis di internet.

Anda bebas memilih mau buat barcode katalog online dengan cara apa, sebab, sistem Google menerima seluruh bentuk QR code – baik yang dibuat langsung di Chrome atau dengan aplikasi lain.

Berikut rincian dari masing-masing cara membuat QR code gratis selamanya di Google:

Cara Membuat QR Code Gratis Selamanya dengan Chrome

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Ketik nama website bisnis online Anda > enter.
  3. Masuk ke menu katalog.
  4. Pastikan halaman katalog sudah termuat dan menampilkan seluruh produk atau jasa yang Anda jual.
  5. Klik kanan pada halaman katalog.
  6. Pilih “Buat Kode QR untuk Halaman Ini”.
  7. Sebuah pop up berisi QR code akan muncul secara otomatis di layar laptop maupun smartphone Anda.
  8. Anda bisa mengunduh kode tersebut dengan memberi nama barcode di kolom yang tersedia. Selanjutnya, tinggal klik tombol download. Selesai!

Cara Membuat QR Code Gratis Selamanya dengan Aplikasi Barcode

  1. Pilih aplikasi pembuat QR code yang mau digunakan terlebih dahulu. Ada banyak opsi tersedia di Playstore maupun AppStore, seperti:
  • QR Stuff.
  • QR Code Monkey.
  • QR Code Generator.
  • Qr-code-generator.com
  1. Instal dan buka aplikasi QR Code yang mau digunakan.
  2. Pilih konten katalog yang mau diubah menjadi kode. Anda bisa memakai konten berupa foto, dokumen, video, atau halaman website (link).
  3. Masukkan file ke aplikasi. Biasanya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk ini, seperti seret file (drag), salin (copy) atau insert melalui fitur yang disediakan.
  4. Sesuaikan tampilan kode QR. Beberapa aplikasi memungkinkan kita untuk langsung memilih warna, bingkai, dan menambah logo brand ke tengah QR code.
  5. Anda juga dapat mengecek tampilan kode nantinya di halaman preview.
  6. Jika sudah, pencet tombol “Buat QR Code”.
  7. Tunggu hingga proses selesai. Sebuah pop up otomatis berisi kode akan muncul dan siap digunakan!
  8. Silahkan download QR code baru Anda ke dalam format JPG atau PNG (vector) supaya bisa digunakan sebagai media promosi.

Tidak sulit bukan membuat barcode dengan Google QR Code? Nah, jangan lupa juga untuk mengetes kinerja kode dengan menscannya terlebih dahulu, ya. Hal ini penting supaya kita tidak terlanjur memasang barcode yang rusak, dan akhirnya membingungkan konsumen ketika berbelanja di toko Anda.

3 Kegunaan Google QR Code dalam Bisnis Online

Selain mudah dan praktis, ternyata ada cukup banyak kegunaan penting dari Google Code bagi bisnis online. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membuat Katalog Produk atau Jasa

Strategi ini cocok untuk Anda yang punya banyak item penawaran menarik ke konsumen. Daripada membuat list panjang yang tak sedap dilihat, lebih baik kemas link produk-produk Anda ke sebuah barcode.

Cara ini jauh lebih simpel sekaligus menjadikan katalog Anda rapi. Konsumen juga hanya perlu menscan kode barcode untuk menyimak rincian info produk. Lebih bagusnya lagi, sebuah QR code bisa memuat banyak jenis file sekaligus, mulai link, dokumen, foto, video dan file audio.

2. Melakukan Transaksi Non Tunai

Langsung terima pembayaran dari konsumen semudah menscan kode barcode! Proses transaksi di toko Anda bisa jadi lebih ringkas sekaligus aman via QR code cashless. Saldo konsumen pun akan langsung terpotong dan masuk ke rekening Anda dalam jumlah yang tepat (sesuai invoice).

3. Mempertegas Ciri Khas (Branding) Toko

Terakhir, Anda bisa membangun image bisnis dengan mendekorasi logo kode QR memakai warna-warni khas brand. Anda boleh membingkai kode QR dengan frame khusus, menambahkan logo, atau deskripsi berisi arahan cara scan kode barcode.

Tetapi jangan sampai desain tambahan tersebut “menyentuh” apalagi menutupi areal kode QR. Hal ini dapat membuat kode gagal discan oleh orang lain.

Demikianlah pembahasan lengkap cara buat QR code gratis selamanya untuk katalog. Cukup mudah, bukan? Yuk langsung kemas katalog bisnis Anda jadi lebih interaktif dan simpel ala Google QR Code!

Temukan lebih banyak informasi menarik dan tips sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Perbedaan Utama SEO dan SEM Adalah | Tips Digital Marketing

0
sem-adalah

SEO dan SEM adalah dua cara terbaik untuk mengoptimasi website bisnis di Google. Anda bisa mendapat hasil penjualan online yang lebih banyak dari biasanya dengan dua tips digital marketing ini saja.

Namun, masih banyak orang yang keliru membedakan manfaat SEM dan SEO, serta cara pemakaiannya. Apakah Anda juga demikian? Tenang, sekarang Anda sudah menemukan jawabannya!

Mari simak penjelasan selengkapnya seputar perbedaan, cara kerja, sekaligus manfaat SEM dan SEO terbaru di bawah ini.

Pengertian SEO dan SEM Adalah

sem-adalah-2

Sebelum menyelami perbedaan utama SEO dan SEM, mari ketahui terlebih dahulu definisi dari kedua tips digital marketing ini.

SEO dan SEM adalah singkatan istilah yang sering kita jumpai di internet. Keduanya pun kerap diibaratkan sebagai “dua sisi uang koin” yang saling melengkapi dalam dunia digital marketing.

Namun ternyata, SEO dan SEM sangat berbeda dari segi arti meski sama-sama digunakan untuk mengoptimasi website e-commerce.

Definisi SEO Adalah

Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan istilah SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Trik ini umum dipakai untuk mengoptimasi website secara keseluruhan supaya bisa masuk ke halaman pertama Google Search.

Maka dari itu, tujuan utama pemakaian SEO adalah menarik sebanyak mungkin pengunjung “alami” ke situs olshop Anda. Website yang teroptimasi SEO bisa jadi ramai view karena menghadirkan konten-konten berkualitas yang disukai Google.

Namun perlu dicatat bahwa hasil SEO belum tentu melahirkan calon pembeli serius. Bisa saja, pengunjung situs Anda hanya tertarik menyimak konten atau tahu nama brand Anda, tapi tidak membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.

Beberapa contoh praktek SEO adalah:

  • Penggunaan kata kunci tertentu dalam konten artikel atau video.
  • Strategi content marketing soft selling.
  • Pembangunan backlink.
  • Optimalisasi SEO on page dan off page.

Definisi SEM Adalah

sem-adalah-1

Sedangkan SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Apa itu?

Search Engine Marketing adalah upaya-upaya mengiklankan website di Google. Agak berbeda dari SEO, goals utama Search Engine Marketing adalah menjaring konsumen serius melalui berbagai cara promosi.

SEM juga mencakup banyak strategi dan tips digital marketing dalam proses eksekusinya, termasuk SEO sendiri. Sementara penerapan SEO belum tentu turut mempraktekkan SEM.

Lalu seperti apa contoh SEM tersebut? Beberapa contoh SEM yang sering kita jumpai adalah:

  • Memasang iklan PPC (Pay Per Click).
  • Memasang Google Ads.
  • Mengoptimasi landing page untuk iklan.
  • Melakukan kampanye-kampanye promosi website lainnya.

Dari contoh SEM di atas terlihat jelas bahwa aktivitas ini lebih condong pada praktek promosi langsung (hard selling), sedangkan SEO mengarah pada optimasi situs dan soft selling marketing.

6 Perbedaan Utama SEO dan SEM Adalah

Nah, kita sudah bisa melihat sedikit perbedaan antara SEO dan SEM dari ulasan definisi di atas. Akan tetapi, perbedaan utama kedua cara promosi online ini sejatinya terletak pada unsur “bagaimana” pelaksanaannya, serta “kapan” hasilnya muncul.

Secara ringkas, perbedaan utama SEO dan SEM adalah:

Perbedaan SEO SEM
Jangka waktu penerapan Panjang Singkat
Pemerolehan hasil Lama (minimal 6 bulan) Cepat (hitungan hari atau minggu)
Jenis pengunjung Organik Organik dan Non-Organik
Cara pengaplikasian Lumayan rumit, perlu banyak strategi Cukup simpel dengan pasang iklan
Keuntungan -Website terbukti berkualitas

-Website bisa bertahan lama di SERP

-Gratis

-Cocok untuk kampanye jangka pendek dan meraih hasil instan
Kelemahan -Prosesnya lama dan rumit

-Aturan SEO sering berubah mengikuti algoritma terbaru Google

-Berbayar, jadi tidak direkomendasikan untuk pemakaian jangka panjang.

-Iklan bisa digeser oleh konten SEO snippet

-Iklan bisa tak relevan jika konsumen melakukan pencarian SEO lokal (berdasar lokasi)

 

Sedangkan penjelasan lebih lengkap dari masing-masing perbedaan SEO dan SEM di atas dapat dijabarkan seperti berikut:

Mekanisme Kerja SEO

SEO adalah permainan jangka panjang. Ia melibatkan banyak proses organik (tidak berbayar) untuk meningkatkan kualitas konten, situs, dan jumlah kunjungan.

Oleh sebab itulah, para pengguna SEO dituntut untuk mahir merancang strategi, serta rajin melakukan update demi menjaga kualitas situs mereka. Sebagai bayarannya, website yang sukses masuk halaman pertama Google secara organik dipastikan punya kualitas juara.

Cara kerja SEO memang terbilang melelahkan bagi sebagian besar orang. Belum lagi hasilnya yang tidak instan, dan baru bisa dilihat setelah minimal 6 bulan diterapkan.

Mekanisme Kerja SEM

Berbanding terbalik, SEM adalah strategi pemasaran website yang jauh lebih cepat ada hasilnya. Anda hanya perlu memasang iklan Google, lalu sudah bisa melihat nama website muncul di halaman pertama pada hari yang sama.

Iklan-iklan SEM seperti Google Adwords memang sering dipasang pada halaman penelusuran Google, baik di sisi teratas maupun terbawah. Konten promosi sengaja dibuat semirip mungkin dengan hasil SEO organik untuk ‘mengecoh’ pengguna. Akibatnya, Anda bisa mendapat pengunjung baru secara instan.

Oleh sebab ada unsur berbayar itulah, hasil SEM tidak sepenuhnya organik. Promosi SEM juga tidak berorientasi jangka panjang selayaknya SEO. Sisi buruk lainnya, iklan Adwords mudah tergeser oleh konten SEO snippet, atau jika pengguna melakukan pencarian SEO lokal.

Persamaan SEO dan SEM Adalah

Walau punya banyak perbedaan, SEO dan SEM tetap punya satu kesamaan yang tak kalah penting. Persamaan keduanya terletak pada “apa” yang bisa mereka lakukan terhadap bisnis online Anda.

Kedua tips optimalisasi ini sama-sama ampuh untuk mempromosikan situs Anda ke sebanyak mungkin pengguna Google. Keduanya memegang peranan penting dalam menjaring perhatian audiens secara online.

Anda tentunya bisa menggunakan SEO dan SEM secara berdampingan untuk memaksimalkan jumlah klik pada web. Bayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika website Anda mampu mendominasi rank 1 SEO dan posisi teratas SEM di Google. Sudah pasti sangat banyak!

Wajib Perhatikan! Ini Peran Utama Google pada SEO dan SEM

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan peranan Google saat membahas taktik digital marketing SEO dan SEM. Pasalnya, Google adalah pemegang kunci utama dari setiap trik optimasi website.

Google berperan mengatur persaingan setiap konten dan website online supaya mampu berkompetisi secara sehat. Sistem Google dapat menyortir dan memilih konten mana saja yang benar-benar sesuai tujuan penelusuran konsumennya melalui update algoritma, pakem SEO serta SEM terbaru.

Di samping itu, Google juga menjaga ketat keamanan dan kenyamanan pengguna platformnya. Google tidak akan segan memberi sanksi penalti bagi website-website “nakal” yang menggunakan cara-cara curang demi menduduki ranking 1.

Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah bagaimana update algoritma Google kerap mempengaruhi strategi serta inovasi dari SEO dan SEM. Jika website Anda tidak mengikuti pakem-pakem SEO atau SEM terbaru, maka bersiaplah untuk segera turun ranking.

Persaingan antar web di Google memang lumayan ketat. Dalam sehari saja, bisa ada sekitar 3,5 juta hasil penelusuran yang muncul di Google Search atau sekitar 40.000 link website yang muncul per detik. Terbayangkah Anda sulitnya persaingan situs olshop Anda dengan jumlah pesaing sebanyak itu?

Namun Anda tidak perlu cemas dengan hal ini, sebab SEO dan SEM adalah dua kunci terpenting dalam memenangkan persaingan Google. Cukup ikuti aturan-aturan SEO maupun SEM terbaru saja, maka dapat dipastikan konten Anda sesuai dengan keinginan algoritma Google saat ini.

Jadi, Pilih SEO atau SEM untuk Website E-commerce?

Inilah pertanyaan yang kerap membingungkan para marketer abad ini. Apakah sebaiknya kita menggunakan SEM untuk mempromosikan website olshop? Atau, cukup dengan mengandalkan SEO saja?

Meskipun jawabannya bisa beragam, tetapi mayoritas pebisnis online menjatuhkan pilihannya pada pemakaian SEO organik ketimbang SEM. Mengapa demikian?

Alasannya cukup sederhana. Website yang mempraktekkan SEO akan memiliki kualitas terbaik, sehingga ia dapat menduduki peringkat 1 atau bahkan ranking 0 (snippet) Google dengan gampang. Hasil SEO pun bisa bertahan jauh lebih lama, hingga bertahun-tahun, ketimbang SEM.

Selain itu terdapat temuan yang cukup menarik di mana SEM tidak dapat berjalan maksimal tanpa SEO. SEO memang merupakan bagian dari SEM, namun di sisi lain, dia juga bisa bekerja optimal tanpa SEM. Tetapi SEM justru “lumpuh” kalau tidak dibarengi SEO.

Search Engine Marketing adalah strategi yang baik untuk memperkenalkan website baru pada konsumen. Semisal Anda baru merilis situs olshop dan ingin mempromosikannya ke masyarakat. Di sini Anda bisa memakai SEM sebagai start awal branding.

Tapi untuk selanjutnya, akan lebih baik kalau Anda beralih mengoptimalkan performa situs dengan SEO. SEO akan membuat website Anda bekerja maksimal dengan biaya lebih murah. Sesekali mempromosikan situs kembali dengan Adwords atau PPC SEM juga tidak masalah, selagi tujuan beriklan cukup jelas dan ada biayanya.

Jadi, semuanya bisa kembali lagi pada kebutuhan Anda. Anda bebas menentukan mau menjalankan SEO saja, atau memadukan SEO dan SEM secara berdampingan. Yang penting, kini Anda sudah tahu perbedaan dan fungsi dari kedua trik optimalisasi website ini. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait perbedaan pemakaian SEO dan SEM untuk mempromosikan web bisnis online di Google. Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang tips SEO ataupun SEM?

Yuk belajar digital marketing gratis setiap hari bersama MARKEY. Download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) atau klik https://markey.id/ untuk baca gratis ratusan kiat sukses berbisnis online. Sampai bertemu lagi!