Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 46

Bingung Mengecek YouTube Viewers? Gunakan +5 Tools Ini Yuk!

0
viewers-youtube

Belum menemukan alat terbaik untuk mengecek YouTube viewers? Tenang saja, kami punya banyak rekomendasi tool SEO YouTube gratis dan berfitur lengkap yang bisa Anda coba.

Mengecek viewers YouTube sekarang sudah sangat gampang berkat bantuan tools SEO YouTube gratis. Masalahnya, kadang kita sulit menemukan aplikasi terbaik saking banyaknya YouTube tools yang bertebaran.

Untuk itu, kami telah merangkum 13 aplikasi pengecek viewers YouTube gratis, simpel, dan tentunya kaya fitur-fitur canggih. Penasaran? Yuk langsung disimak listnya!

+5 Aplikasi Cek YouTube Viewers Gratis Disertai Link Download

youtube viewers

Inilah +5 aplikasi gratis terbaik untuk mengecek YouTube viewers sekaligus performa channel Anda:

1. YouTube Analytics

YouTube Analytics adalah software wajib dalam YouTube SEO optimalization. Tools ini disediakan langsung oleh platform official YouTube, sama seperti “Google Analytics” milik Google.

Oleh sebab itulah, Anda dapat menggunakan YouTube SEO tool ini secara 100% gratis. Banyak user seluruh dunia sudah memakai aplikasi ini, dan sukses menghadirkan konten sesuai target audiens mereka.

Keunggulan lain yang ditawarkan YouTube tools ini adalah fitur-fiturnya yang super lengkap. Jadi, Anda pun bisa memakainya untuk menganalisis seluruh video maupun channel YT yang dimiliki.

Adapun kegunaan lengkap dari YouTube Analytics adalah:

  • Mengecek jumlah YouTube viewers Anda secara akurat.
  • Menganalisis performa akun YouTube Anda di masyarakat.
  • Mengetahui jumlah bounce rate video.
  • Mengukur seberapa jauh daya jangkau video terhadap audiens.
  • Menandai video yang paling disukai penonton.
  • Mencari tahu besar pengaruh konten Anda pada target konsumen.

Anda dapat mengakses “YouTube Analytics” di: https://analytics.youtube.com/

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

2. TubeBuddy

Berikutnya ada TubeBuddy. Tools SEO YouTube gratis ini bisa Anda instal melalui ekstensi Chrome.

Cara pakainya pun sangat mudah! Anda hanya perlu membuka halaman YouTube lewat Chrome, kemudian mengklik icon TubeBuddy yang telah terpasang. Tunggu sejenak hingga hasil analisis YouTube SEO optimization Anda muncul otomatis di layar.

Lalu apa saja keuntungan dari TubeBuddy? Berikut fitur-fitur populer dari YouTube tools view ini:

  • YouTube SEO optimization dan checker.
  • Saran tag YouTube.
  • Pencari tag dan keyword terbaru.
  • Perbandingan thumbnail video terbaik.
  • Generator animasi GIF.
  • Pembuatan back up dan export file.
  • Share video langsung ke sosial media.
  • Pembuatan tautan pendek dan melacak traffic.

Seluruh fitur standar TubeBuddy dapat digunakan gratis pada ekstensi Chrome. Namun beberapa fitur eksklusif baru bisa diakses jika Anda berlangganan paket premium (USD $9 – $49 per bulan).

Instal “TubeBuddy” di: https://www.tubebuddy.com/

3. Rank Tracker

Mau tahu berapa kualitas komponen SEO Youtube yang Anda gunakan selama ini? Anda kini bisa mengeceknya memakai YouTube SEO tool Rank Tracker.

Selain ampuh untuk mengecek YouTube statistic views, Rank Tracker juga dapat menganalisis kualitas kata kunci yang biasa Anda pakai pada deskripsi video. Kegunaan lengkap aplikasi ini adalah:

  • Membantu mencarikan keyword terbaik untuk optimasi video.
  • Melihat search volume setiap keyword.
  • Mengungkap persentase persaingan keyword pilihan.
  • Menganalisis metrik kunjungan dan YouTube viewers.
  • Menganalisa persaingan video Anda di YouTube.

Rank Tracker bisa menjadi SEO YouTube tools andalan terbaru Anda. Proses optimasi channel dijamin akan jadi lebih mudah berbekalkan software satu ini.

Dapatkan aplikasi YouTube viewers “Rank Tracker” gratis di: https://www.ranktracker.com/

4. VidIQ

VidIQ juga YouTube tools view yang berupa ekstensi Chrome. Namun kegunaan utama dari tool SEO YouTube gratis ini adalah untuk meningkatkan ranking video Anda.

Anda bisa mendapatkan hasil analisis YouTube viewers terbaik dengan aplikasi ini. Fitur-fitur VidIQ sangat lengkap sekaligus ramah bagi pengguna baru, mencakup:

  • Cek viewers YouTube secara umum.
  • Cek jumlah durasi tontonan video per jam.
  • Cek tingkat keterlibatan penonton dalam setiap video.
  • Memberitahu persentase kemungkinan video Anda masuk rekomendasi, atau top 10 hasil penelusuran penonton berbasis keyword.

Luar biasa sekali bukan? Anda bisa lebih mudah mempelajari cara-cara mengoptimalkan performa dan viewers dengan VidIQ!

Namun sayangnya, tidak semua fitur VidIQ tersaji gratis. Anda disarankan untuk berlangganan premium jika ingin mendapat akses layanan penuh (USD $7.50 – $30 per bulan)

Download “VidIQ” di: https://vidiq.com

5. Awario

Terakhir ada Awario, sebuah tool SEO YouTube gratis dan terbaik untuk social monitoring. Aplikasi ini memungkinkan kita mengetahui siapa saja yang menyebut video/channel Anda di sosial media atau Google.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menginstal Awario, menyalin link ke app, dan mendapatkan notifikasi otomatis kapanpun keyword video Anda berhasil menempati rank 1 pencarian YouTube.

Anda juga dapat mengumpulkan seluruh mention terhadap video/channel, serta melakukan analisis viewers YouTube secara berkala. Daya jangkau Awario pun sangat luas, sebab ia mampu mendeteksi banyak bahasa sekaligus.

Download “Awario” di: https://awario.com/

Belum menemukan aplikasi analisis YouTube viewers terbaik? Tenang saja, berikut masih ada rekomendasi tambahan YouTube tools view gratis untuk dicoba:

6. Quintly

Kebanyakan aplikasi hanya bisa dipakai untuk mengecek viewers YouTube dari 1 channel saja. Alhasil, tool-tool tersebut masih kurang efektif bagi user-user yang mempunyai 2 atau 3 kanal YouTube. Lalu bagaimana solusinya?

Anda dapat mencoba Quintly. Ini adalah aplikasi pengecek YouTube statistic views untuk multiple akun. Quintly dapat melacak performa semua channel YouTube Anda secara otomatis dan real time.

Keunggulan menarik lainnya, seluruh fitur dan tampilan app Quintly tersaji dalam tampilan antarmuka yang simpel. Jadi Anda dapat lebih cepat menguasai cara pakai software ini.

Instal “Quintly” di: https://www.quintly.com/

7. Socialbakers

Mencari YouTube SEO tool yang serba guna? Socialbakers punya puluhan fitur yang terkelompokkan ke dalam 3 kategori penting YouTube marketing:

  • Content Intelligent: mengarahkan strategi terbaik untuk pembuatan video dan publikasinya (misal kapan waktu terbaik memposting video, menentukan resolusi terbaik, dan lain-lain).
  • Sosmed Monitoring: mengumpulkan lebih banyak insight data dari sosial media terkait persebaran video Anda, view, dan engagement.
  • Analysis Audience: menganalisis YouTube statistic views secara komplit (misal identitas audiens, demografis penonton, durasi tayangan rata-rata, dan lain-lain).

Anda bisa memanfaatkan semua fiturnya untuk memaksimalkan kualitas video, serta hasil yang diperoleh. Tidak perlu lagi menginstal banyak SEO YouTube tool demi tugas yang berbeda.

Instal “Socialbakers” di: https://www.socialbakers.com/

8. Cyfe

Aplikasi Cyfe sejatinya adalah dashboard manajemen untuk bisnis online di berbagai platform. Khusus untuk optimasi SEO dan viewers YouTube, Cyfe mempunyai beberapa fitur andalan prima yang wajib dicoba. Mereka adalah:

  • Tracking YouTube viewers.
  • Riset keywords untuk video.
  • Monitoring sosmed eksternal yang terkoneksi ke YouTube.
  • Mengecek topik-topik, kategori dan tags yang sedang trending.

Cyfe pastinya akan sangat berguna bagi Anda yang mengelola marketing olshop di banyak platform, seperti YouTube, Facebook, Instagram, web, dan seterusnya.

Yuk unduh “Cyfe” di: https://www.cyfe.com/

9. Hootsuite

Banyak YouTuber juga merekomendasikan penggunaan Hootsuite. Pasalnya, YouTube tools ini gratis dan sangat mudah diinstal lewat ekstensi Chrome.

Kegunaan Hootsuite tak kalah bervariasi dari aplikasi-aplikasi sejenis. Anda bisa mengoptimasi banyak hal dengannya, sepeti:

  • Membuat konten video marketing sesuai pedoman SEO.
  • Praktis editing dan share video ke channel atau sosmed.
  • Membuat jadwal upload video terbaru.
  • Mengecek pertumbuhan viewers dan subscribers.
  • Menganalisa traffic channel dan video secara berkala.

Instal “Hootsuite” di: https://www.hootsuite.com/

10. Channel Meter

Satu lagi dashbor SEO YouTube yang kaya manfaat untuk YouTubers pemula: Channel Meter.

Sesuai namanya, tool ini berisi banyak metriks dari berbagai indikator yang berguna melancarkan analisis akun YT Anda. Banyak YouTuber pemula menggunakan app ini untuk menggali tips dan saran terbaik bagi strategi konten masing-masing.

Channel Meter akan memperlihatkan sudah seberapa jauh pertumbuhan channel YT saat ini. Ia bisa menandai titik-titik perkembangan tertinggi maupun terendah dari kanal YouTube Anda.

Di samping itu, app ini juga dilengkapi kecerdasan buatan yang bisa mengenali penyebab likes dan dislike dari penonton, mencari loophole video untuk diperbaiki, dan membandingkan track record channel Anda dari pesaing.

Akses software “Channel Meter” di: https://channelmeter.com/

11. Unbox Social

Punya masalah dengan jumlah subscribers yang tak kunjung bertambah? Tenang, Anda dapat mengandalkan aplikasi Unbox Social.

Unbox mempunyai tampilan dan menu pengguna yang praktis. Ada juga grafik visual sederhana yang terperinci untuk memudahkan membaca analisis video YouTube.

Pun jika Anda mengeksplor fitur-fitur Unbox Social lebih jauh, maka Anda bisa memperoleh banyak insight menarik seputar apa yang boleh dan tidak ketika mengelola channel YT.

Beberapa fungsi penting dari Unbox Social adalah:

  • Melacak performa audiens terhadap video.
  • Menemukan cara terbaik menambah subscribers dengan cepat.
  • Meriset video yang paling banyak disukai konsumen.
  • Menghitung traffic, viewers, dan drasi tontonan.

Download “Unbox Social” di: https://www.unboxsocial.com/

12. Vidooly

Ada juga app pengoptimal jumlah viewers YouTube lain bernama Vidooly. Vidooly tersedia gratis dengan opsi fitur lengkap.

Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai tugas umum SEO YouTube. Misalnya seperti menganalisis penonton dan traffic, mencari tahu kelakuan audiens, menyimak performa channel, mencari tahu waktu upload terbaik, tag video, dan kualitas akun pesaing.

Instal “Vidooly” di: https://vidooly.com/signup

13. ViralStat

Rekomendasi YouTube tools yang terakhir adalah ViralStat. Aplikasi ini menduduki jajaran top SEO YouTube terbaik dan sudah digunakan secara internasional.

Kabar baiknya, Anda bisa memakai aplikasi ViralStat secara gratis. Terdapat banyak fungsi positif dari ViralStat untuk menaikkan kualitas channel, seperti:

  • Fitur pelacak konten terbaik milik brand lain.
  • Fitur trending topik dan riset keywords.
  • Fitur analisis dan laporan performa channel.
  • Fitur saran optimalisasi SEO YouTube secara umum.

Tertarik mencoba app ini? Download “ViralStat” di: https://viralstat.com/

Demikianlah seluruh rekomendasi app analisis YouTube viewers gratis yang bisa Anda coba. Segera manfaatkan tool-tool canggih di atas dan raih lebih banyak pencapaian pada channel YouTube Anda!

Simak juga artikel tips dan trik sukses bisnis online lainnya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

 

Paid Promote adalah : Syarat dan Ketentuan [Kiat Rahasia Olshop]

0
paid-promote

Paid promote adalah cara promosi terbaik selain endorse yang wajib dicoba. Terutama jika Anda ingin mendapat lebih banyak exposure dan sales dari sosial media.

Namun jangan asal booking servis paid promote! Ada syarat, ketentuan, serta strategi paid promote yang wajib diikuti demi memaksimalkan keuntungan. Apa sajakah? Ini dia jawabannya.

Apa Itu Paid Promote (PP)?

paid-promote-adalah

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan kehadiran jasa paid promote. Ada banyak brand serta organisasi online membuka layanan paid promote murah, plus dengan hasil yang menjanjikan.

Tapi apa itu paid promote? Paid promote adalah salah satu strategi promosi di sosmed. Ada juga yang mengartikan paid promote adalah iklan berbayar dengan sistem kerja sama.

Paid promote umumnya dilakukan di sosial media, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan seterusnya. Namun, citra jasa PP sudah sangat melekat atau identik dengan Instagram. Kenapa?

Cara melakukan paid promote di Instagram sudah terbukti lebih sukses dan praktis dikelola. Alhasil, mayoritas orang pun memilih platform sosmed ini untuk berpaid promote ketimbang di tempat lain.

Apa Beda Paid Promote dengan Iklan Sosmed?

Sosial media juga memiliki layanan iklan resmi berbayar. Sebut saja seperti IG Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan lain-lain. Lalu, apa yang membedakan iklan berbayar sosmed dengan jasa paid promote?

Perbedaan utama keduanya terletak pada pelaku atau orang yang mempromosikan iklan Anda.

Dalam sistem iklan sosmed berbayar, iklan Anda akan diposting oleh pihak pengelola sosial media itu sendiri (seperti tim Facebook, Instagram, Twitter, dan seterusnya). Sedangkan dalam cara kerja paid promote, pihak yang bertanggung jawab mengiklankan bisnis Anda adalah akun-akun pengguna dengan jumlah pengikut besar.

Cara Kerja Paid Promote Adalah

Sepintas, cara kerja paid promote memang tampak mirip dengan endorse selebriti atau influencer. Iklan Anda akan ditayangkan oleh akun-akun sosmed berpengikut ribuan atau bahkan jutaan selama beberapa kali, tergantung pada tarif PP yang dipesan.

Saat ini sudah ada banyak kombinasi jasa paid promote murah. Misalnya paket 25 ribu untuk 1x posting stories + feed. Atau, paket 100 ribu untuk 4x posting feed + 5x stories selama sebulan. Biasanya, semakin mahal paket yang dipilih, maka semakin banyak durasi penayangan iklan PP.

Konten iklan paid promote juga tidak dilabeli “sponsored” selayaknya paid ads official. Ini karena iklan PP diposting langsung oleh user sosmed asli. Otomatis, konten promosi Anda akan lebih mudah berbaur dengan media lain dan tidak mengganggu user lainnya.

Lebih unik lagi, ada juga lho penyedia jasa paid promote yang menggunakan sistem kolektif. Iklan Anda bisa di-share oleh puluhan akun sekaligus alih-alih 1 user dengan banyak followers. Sistem paid promote kolektif umumnya dilakukan oleh organisasi atau event kepanitiaan.

4 Syarat dan Ketentuan Paid Promote Adalah

Cara kerja paid promote juga dipayungi oleh sejumlah syarat dan ketentuan. Hal ini penting guna menjaga kelancaran, kenyamanan dan keamanan selama kerjasama promosi berlangsung.

Syarat dan ketentuan paid promote bisa berbeda-beda antara satu penyelenggara dengan yang lainnya. Namun ada hal-hal umum yang pasti kita jumpai di setiap S&K PP. Apa saja?

Beberapa syarat dan ketentuan paid promote adalah:

1. Iklan Tidak Mengandung Hal Negatif

Konten iklan Anda tidak boleh sedikitpun mengandung unsur-unsur negatif seperti SARA, pemicu ujaran kebencian, pelecehan, tindak kekerasan, dan konten dewasa (pornografi). Materi-materi tersebut akan langsung diblokir oleh platform sosmed manapun sebagai bentuk penyalahgunaan media.

2. Konten Konsumtif Wajib Lolos BPOM

Syarat ini diperuntukkan untuk bisnis yang bergerak di bidang makanan, obat-obatan, skincare, kesehatan dan sejenisnya. Produk yang diiklankan dari industri ini wajib lolos BPOM dan legal. Jika tidak, maka nama brand Anda akan dicap sebagai perusahaan ilegal.

3. Cantumkan Identitas yang Jelas

Syarat berikutnya dari setiap paid promote adalah harus mencantumkan identitas brand yang jelas. Hal ini berguna untuk memperjelas kualitas produk/brand, sekaligus memudahkan konsumen menghubungi Anda perihal pemesanan.

4. Materi Promosi Dibuat oleh Brand

Sebagian orang mengira konten PP dibuat oleh pihak promotor, padahal sejatinya tidak. PP tidak bekerja selayaknya endorse, yang mana para influencer lah yang membuat materi promosi.

Tugas jasa PP hanya memposting iklan ke platform mereka saja. Seluruh konten dibuat oleh perusahaan, baik itu foto, video, hingga caption deskripsinya.

Pihak paid promote juga tidak menerima pengeditan konten sebelum penayangan. Jadi, pastikan bahan promosi Anda sudah 100% fix siap diunggah, ya.

10 Cara Melakukan Paid Promote di Instagram yang Benar

Meski paid promote adalah strategi promosi yang mudah, faktanya, masih banyak orang salah menerapkan taktik ini. Akibatnya, bisnis Anda tak kunjung mendapat hasil sesuai target meski sudah berulang kali melakukan paid promote.

Lalu bagaimana cara melakukan paid promote yang benar, khususnya di Instagram saat ini? Berikut sejumlah tips baru dan cara melakukan paid promote yang benar di Instagram:

1. Pahami Customer Persona

Setiap bisnis pasti memiliki karakteristik atau ciri-ciri dari konsumen target. Dalam dunia bisnis, hal ini dikenal sebagai customer persona.

Customer persona adalah bekal utama dalam proses penyusunan strategi serta isi iklan. Semisal customer persona toko Anda adalah gadis-gadis remaja penyuka K-Pop. Maka, iklan yang harus dibuat agar menarik calon konsumen harus bertema K-Pop.

Dengan begini, iklan PP Anda pasti akan lebih mudah memikat audiens.

2. Optimasi Profil Olshop Anda

Faktanya, sebagian besar olshop terburu-buru menyewa jasa PP tanpa mengecek kembali kualitas profil mereka sendiri. Kebiasaan ini justru bisa membahayakan nama brand Anda sendiri.

Akun-akun olshop yang tidak dioptimasi cenderung menimbulkan keraguan dalam benak pelanggan. Adapun ciri-ciri olshop yang kurang baik adalah:

  • Tidak melengkapi identitas.
  • Tidak menggunakan logo yang jelas.
  • Tidak aktif memposting konten atau berinteraksi dengan konsumen.
  • Menyertakan link yang rusak.
  • Tidak memiliki testimoni, dan masih banyak lagi.

Anda sendiri pasti pernah ragu membeli barang online dari toko dengan ciri-ciri seperti di atas, bukan? Nah, iklan PP Anda bisa jadi sia-sia kalau tidak pernah dibarengi pengelolaan akun olshop yang baik.

3. Cek Kualitas Konten Iklan

Tips penting paid promote berikutnya adalah membuat dan mengecek kualitas konten promosi. Apakah desain visual foto/video iklan Anda sudah bagus? Apakah copywriting deskripsinya menarik?

Membuat konten iklan yang bagus adalah tugas yang gampang-gampang susah. Anda perlu mengembangkan daya kreativitas, sekaligus up to date dengan isu-isu terkini. Di samping itu, materi iklan juga tetap harus komunikatif menyampaikan penawaran secara tepat sasaran.

Kegagalan sistem paid promote sangat bisa terjadi karena kurang memerhatikan kualitas konten. Beberapa perbaikan sederhana yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Sesuaikan ukuran dan format konten visual dengan platform. Misal, buat video dengan durasi sesuai ketentuan stories, atau crop foto mengikuti panjang x lebar frame feed.
  • Gunakan foto-foto berkualitas HD, beresolusi tinggi, berwarna-warni memikat.
  • Pastikan gambar memikat tapi tetap sesuai topik.
  • Tulis deskripsi konten dengan teknik copywriting AIDA.
  • Boleh menggunakan judul caption yang click bait.
  • Lakukan evaluasi kualitas konten secara berkala dengan A/B Testing.

4. Berani Buat Konten Out of The Box

Jadilah lebih unggul dari kompetitor dengan membuat konten-konten PP “out of the box”. Tidak ada aturan yang mewajibkan pebisnis membuat konten hard-selling untuk paid promote. Jadi Anda bebas berkreasi mengombinasikan soft and hard selling content sebagai materi PP!

Beberapa contoh konten menarik dan unik untuk paid promote adalah:

  • Konten giveaway.
  • Iklan interaktif.
  • Covert selling.
  • Penawaran flash sale.
  • Klaim voucher.
  • Games berbonus cashback, dan lain-lain.

5. Riset Insight Data Penyedia Jasa PP

Waspada akun penyedia jasa PP abal-abal! Agar tidak turut jadi korban, maka Anda wajib meriset performa akun PP terlebih dahulu.

Tidak perlu bingung, Anda bisa meriset akun paid promote menggunakan tips dan trik sederhana berikut:

  • Pilih akun paid promote yang sesuai dengan industri bisnis (misal iklan produk IT dipromosikan oleh akun PP bidang IT juga).
  • Cek karakteristik dari followers akun PP, sesuaikan dengan target konsumen Anda.
  • Cek jumlah engagement dengan melihat jumlah likes, komentar dan share yang didapatkan per postingan akun tersebut.
  • Cek jumlah followers akun, cari tahu apakah semua pengikutnya asli atau fake (followers beli)?
  • Cek frekuensi akun memposting konten, baik stories atau feed. Semakin aktif, maka semakin bagus.
  • Minta insight data dari admin akun PP Instagram apabila memungkinkan. Insight data memuat seluruh rincian performa dan engagement akun tersebut.

6. Pastikan Jasa PP Fast Response

Tahap yang satu ini terbilang sepele namun bisa berakibat fatal jika tidak diikuti. Banyak iklan paid promote gagal tayang karena admin akun PP sangat slow response. Akibatnya, iklan dan biaya yang Anda keluarkan jadi terbuang percuma.

Anda bisa menyortir akun-akun PP lamban dengan menetapkan batasan waktu menunggu. Semisal akun yang Anda hubungi tidak membalas dalam 1×24 jam, maka segera pilih penyedia paid promote lain.

7. Minta Rincian Syarat dan Ketentuan Paid Promote

Setiap jasa punya syarat dan ketentuan paid promote yang berbeda. Maka dari itu, pastikan untuk selalu meminta rincian S&K sebelum memutuskan deal kerjasama.

Syarat dan ketentuan paid promote yang diminta pun sebaiknya mencakup poin-poin penting ini:

  • Rincian tarif.
  • Informasi detil durasi penayangan iklan.
  • Cara kerja paid promote.
  • Ketahanan pamflet (apakah pamflet promosi akan dihapus setelah durasi berakhir atau dibiarkan selamanya?)
  • Materi yang boleh ditayangkan seta yang dilarang.

8. Minta Jam Tayang Iklan “Prime Time”

Beberapa akun PP menentukan sendiri kapan waktu publikasi iklan, namun sebagian lainnya mempersilahkan klien memilih sendiri jam yang diinginkan.

Sebisa mungkin, mintalah jam penayangan iklan terbaik alias prime time! Tujuannya adalah supaya materi promosi Anda dilihat sebanyak mungkin followers akun PP.

9. Perhitungkan Biaya Modal & Profit

Tips penting berikutnya terkait paid promote adalah memperhitungkan biaya modal dan profit dari PP. Apakah modal paid promote Anda nantinya sebanding dengan keuntungan yang diperoleh?

Strategi ini wajib dilakukan demi menghindari kerugian. Pertama, hitung kesesuaian modal yang harus dikeluarkan dengan pertanyaan berikut:

  • Berapa harga paket PP yang ditawarkan penyedia jasa?
  • Apakah harga tersebut sesuai dengan jumlah engagement dan followers penyedia?
  • Berapa harga rata-rata paket paid promote saat ini di sosmed?
  • Apakah penyedia memiliki nilai keunggulan lain yang menjadikan paid promote-nya lebih istimewa?

Berikutnya, hitung juga kemungkinan profit yang bisa diperoleh lewat paid promote. Caranya dengan mempertimbangkan dua aspek ini:

  • Jumlah total pemasukan (omset) pasca beriklan PP.
  • Besaran biaya, tenaga dan waktu pembuatan iklan PP.

Lalu, kurangkan total omset dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan. Hasil akhirnya adalah keuntungan bersih yang Anda peroleh.

10. Analisa Performa Secara Berkala

Terakhir, jangan lupa menganalisa performa akun olshop Anda setelah menjalankan paid promote secara berkala. Hal ini penting guna mengetahui tingkat keberhasilan paid promote.

Sejumlah hal yang wajib dicek antara lain:

  • Penambahan followers.
  • Peningkatan interaksi atau engagement.
  • Kenaikan penjualan via sosmed.

Apabila paid promote terbukti ampuh, maka tidak ada salahnya untuk mencoba lagi di kemudian hari, begitu pun sebaliknya.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar syarat, ketentuan, dan cara melakukan paid promote di Instagram yang sukses. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera maksimalkan promosi brand Anda dengan tips dan trik simpel di atas!

Mau mendapat lebih banyak insight menarik dan terbaru seputar digital marketing? Langsung klik MARKEY sekarang di https://markey.id/, atau baca gratis di MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Baca juga

5 Trend Influencer Indonesia Terbaik untuk Bisnis Kekinian

0
trend-influencer

Pandemi tidak hanya mengubah tata cara berbisnis online, tetapi juga trend marketing influencer Indonesia. Ada 5 trend influencer marketing terbaru yang cocok diterapkan bisnis kekinian. Apa sajakah?

Bekerja sama dengan influencer adalah salah satu cara promosi yang bagus. Pasalnya, produk yang direkomendasikan oleh selebriti bisa 2x lebih mudah dan cepat terkenal. Maka dari itu tak heran banyak brand Indonesia dan luar yang menempuh strategi ini.

Nah, supaya hasil yang didapat lebih maksimal, ayo update strategi influencer marketing Anda dengan 5 trend terbaru berikut ini!

Baru! 5 Trend Marketing Influencer Indonesia Paling Laris Saat Ini

influencer indonesia

Mau bisnis lebih viral di masyarakat? Jika iya, maka social media influencer adalah taktik promosi yang wajib Anda coba.

Namun jangan hanya sekadar mencoba jasa endorse para artis! Pastikan iklan Anda lebih “menggebrak” dari pesaing dengan 5 trend marketing influencer Indonesia berikut ini.

Baca juga : Influencer Adalah? Cara Menjadi Influencer Sukses

1. Video Pendek Lebih Laris

Ada banyak tipe konten yang dapat dipakai dalam influencer marketing. Contohnya seperti foto (postingan feed), artikel review (blog afiliasi), dan video pendek.

Pertanyaannya sekarang adalah: Mana yang sebaiknya kita gunakan?

Tentu saja konten video marketing.

Keuntungan tertinggi endorsement influencer saat ini dipegang oleh klip-klip video review singkat. Materi video yang apik dan ringkas terbukti lebih ampuh memikat rasa penasaran konsumen terhadap produk Anda.

Selain itu, trend video pendek sudah semakin marak di abad ini berkat kehadiran platform seperti TikTok, Instagram, Snapchat, Dubsmash, dan YouTube Shorts. Mayoritas audiens lebih suka dan terbiasa menyimak info audio-visual ketimbang foto dan teks.

Baca juga : 4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis

2. Konten UGC dari Influencer

Pernahkah Anda melihat artis mengunggah review produk mereka di sosmed, dan men-tag akun brand tersebut? Inilah bentuk endorse marketing “halus” bernama UGC (User Generated Content).

Konten UGC sejatinya bukan strategi iklan yang baru. Taktik ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin mengemas iklan sebagai review. Jadi, penonton tidak akan “skip” iklan Anda karena tidak menjual produk secara terang-terangan (hard-selling).

Banyak influencer Indonesia memakai strategi UGC untuk mempromosikan produk kerjasama. Mereka akan membuat ulasan produk di sosmed, kemudian men-tag akun brand Anda. Tujuannya supaya konten tadi bisa di-repost juga oleh brand.

Manfaat utama konten UGC dalam trik social media influencer adalah:

  • Menambah kualitas dan image positif bisnis sebab produk atau jasa Anda direkomendasikan oleh artis.
  • Menambah kepercayaan masyarakat terhadap produk.
  • Konten iklan tidak mengganggu penonton sebab disajikan secara halus.
  • Mendorong daya beli masyarakat sebab tergiur dengan rekomendasi sang artis.

3. Bangkitnya Trend Pariwisata

Setelah hampir dua tahun lebih terpuruk oleh pandemi, kini sektor pariwisata kembali bangkit di Indonesia. Banyak bisnis memanfaatkan tema promosi pariwisata untuk mempromosikan produk serta jasa mereka.

Uniknya, tidak hanya bisnis di bidang travel saja yang mengiklankan jasanya memakai konsep liburan. Usaha-usaha di luar ranah tersebut pun juga bisa! Bagaimana caranya?

Semisal Anda menjual produk skincare dalam kemasan mini (travel size). Nah, Anda dapat bekerja sama dengan influencer Indonesia untuk mempromosikan produk tersebut di kala mereka sedang berlibur.

Tentunya trend ini membutuhkan kreativitas tersendiri dari influencer yang Anda ajak kerjasama. Mereka dapat mengiklankan produk dengan berbagai caption halus, seperti:

  • “Yuk pakai skincare terbaru dari @namabrand. Terbukti bikin bebas dari jerawat dan dekil selama liburan!”
  • “Nggak lagi pusing mikirin cara bawa skincare komplit ke tempat staycation. Sebab, paket skincare @namabrand super praktis dan travel-friendly!

4. Promosikan Topik Kesehatan

Selain pariwisata, topik kesehatan fisik dan mental juga ikut ramai mencuat semenjak pandemi melanda dunia. Banyak brand serta influencer Indonesia mengambil peluang promosi lewat topik ini. Hasilnya pun tak kalah menjanjikan dibanding promosi dengan tema liburan!

Produk-produk kesehatan bisa lebih cepat laku ketika diiklankan dengan bantuan influencer Indonesia. Namun Anda harus super teliti dan membuat konsep promosi matang dengan topik ini. Pasalnya, isu kesehatan harus tetap mengedepankan fakta dan keselamatan konsumen sendiri.

5. Virtual Influencer dan Live Streaming

Trend inovatif terakhir untuk memaksimalkan strategi influencer marketing adalah pemakaian virtual influencer dan live streaming. Keduanya diyakini mempunyai pengaruh kuat dalam aktivitas endorsement masa depan.

Virtual influencer adalah icon, avatar, atau maskot digital yang bertugas mengiklankan produk dan jasa Anda di dunia maya. Kehadiran virtual influencer baru dimulai mengikuti pesatnya perkembangan dunia online.

Influencer virtual pun tidak bisa sembarangan dibuat. Ia diprogram secara khusus oleh para ahli IT mulai dari tampilan hingga kecerdasan buatan yang dimiliki. Meski sedikit rumit, jumlah engagement yang bisa diraih virtual influencer dapat menembus 3x lipat selebriti asli (manusia).

Salah satu brand yang menggunakan virtual influencer adalah toko fashion dunia H&M. Brand H&M memiliki avatar online dari sosok aktris Hollywood, Maisie Williams. Icon digital Maisie “bertugas” mempromosikan produk-produk terbaru H&M dalam game virtual Animal Crossing.

Tapi jangan berkecil hati kalau bisnis Anda saat ini belum mampu membuat teknologi virtual influencer. Masih ada alternatif sederhana lain yang dapat dicoba, yakni endorsement jalur live streaming.

Sesuai namanya, endorsement live streaming dilakukan melalui siaran-siaran langsung di sosmed. Pun ada banyak influencer Indonesia yang viral berkat gaya live endorsement uniknya, seperti seleb TikTok “Tante Lala”.

Apa Itu Social Media Influencer? Masihkah Relevan Pasca Pandemi?

Apa itu social media influencer? Apakah strategi promosi ini masih relevan digunakan pasca pandemi? Berikut jawaban lengkapnya:

Social media influencer adalah taktik mempromosikan barang dagangan atau jasa melalui orang lain. Tapi tentunya bukan sembarang orang, melainkan para artis, selebriti ataupun figur-figur yang punya pengaruh positif di masyarakat dalam hal ini adalah dunia maya.

Secara sederhana, brand Anda melakukan kerjasama berbayar dengan influencer tertentu. Keuntungan yang dihasilkan pun bersifat win-win solution; brand mendapat keuntungan promosi, sedangkan para selebriti menerima bayaran endorse.

Taktik promosi dengan social media influencer juga masih sangat relevan dilakukan di era kekinian pasca pandemi. Justru orang-orang saat ini lebih “mendengarkan” informasi dari influencer ketimbang yang lain.

Selama pandemi, fokus masyarakat tidak lagi tertuju pada konsumsi produk atau jasa. Daya beli masyarakat menurun, begitu juga dengan semangat mereka. Orang-orang lebih membutuhkan support dan perhatian alih-alih iklan penawaran. Di sinilah influencer memiliki pengaruh kuat untuk menjangkau target konsumen.

Para influencer dijadikan “panutan” oleh warganet sebab mereka menghadirkan banyak konten yang bersifat menghibur, memotivasi maupun mengedukasi. Alhasil, orang-orang ini memiliki “power” tersendiri untuk memengaruhi para followers-nya, termasuk ketika melakukan endorsement.

Maka dari itu, Anda sangat bisa memulai pendekatan yang baik pada konsumen melalui strategi influencer marketing.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar trend marketing terbaru dengan bantuan influencer Indonesia. Semoga tips ini mampu menambah keuntungan promosi olshop Anda saat ini, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik sukses berbisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Pedoman Lengkap YouTube Analisis : Rahasia Menaikkan Traffic

0
youtube-analisis

Mau channel YouTube Anda lebih ramai penonton dan subscribers? Ayo pelajari tips YouTube analisis berikut ini agar konten yang kita buat lebih pas dengan selera konsumen!

Tidak cuma traffic website atau sosial media saja yang perlu kita perhatikan, tetapi juga YouTube. Mengelola asal traffic YouTube sangat penting, sebab dari sini kita bisa tahu bagaimana cara terbaik meraih penonton YouTube baru.

Kabar baiknya, kami sudah merangkum lengkap tips YouTube analisis termudah untuk pemula di sini. Yuk langsung disimak tutorialnya!

Apa Itu YouTube Analisis?

Apakah Anda saat ini mempromosikan brand lewat video YouTube?

Namun, sudahkah Anda turut memerhatikan asal traffic YouTube Anda? Pertanyaan inilah yang masih sering dilewati oleh para marketer.

Memposting video berkualitas ternyata masih belum cukup untuk meraih kesuksesan lewat taktik YouTube marketing. Anda juga perlu memaksimalkan performa setiap video lewat strategi YouTube analisis. Apa itu?

YouTube analisis adalah upaya-upaya mempelajari tingkah laku penonton YouTube, supaya kita bisa menghadirkan isi konten yang lebih pas dengan selera mereka. Kita juga bisa tahu darimana asal traffic YouTube, serta apa strategi terbaik untuk memaksimalkan jangkauan video.

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

8 Contoh YouTube Analisis Adalah

youtube analisis

Mungkin bagi masyarakat awam, kata “analisis YouTube” terdengar begitu kompleks dan rumit. Namun kenyataannya tidak demikian. Justru, ada banyak aktivitas sederhana yang tergolong sebagai proses analisis YouTube.

Apa saja contoh dari analisis YouTube? Berikut jawabannya:

  • Mengecek jumlah view dan subscribers penonton YouTube kita secara berkala.
  • Mengecek penambahan atau pengurangan subscribers.
  • Mencari tahu video-video apa saja yang disukai oleh penonton channel.
  • Mencari tahu waktu rata-rata yang dihabiskan audiens pada channel YouTube Anda.
  • Menelusuri data penonton YouTube, seperti usia, gender, lokasi, dan lain-lain.
  • Melacak sumber traffic YouTube (YouTube traffic source).
  • Mengetahui opini dan pandangan konsumen terkait konten dengan membaca kolom komentar.
  • Memeriksa engagement yang diterima video dari jumlah likes, share dan komentar secara berkala.

Dan masih banyak lagi kegiatan sederhana lainnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui kualitas channel YouTube bisnis saat ini.

4 Manfaat Penting YouTube Analisis untuk Perkembangan Bisnis

Bisnis yang rajin menganalisis video unggahan YouTube-nya terbukti lebih banyak memperoleh keuntungan daripada yang tidak. Setidaknya ada 4 manfaat utama yang bisa brand Anda raih jika mulai melakukan YouTube analisis dari sekarang:

1. Mengetahui Jumlah Penonton YouTube

Berapa jumlah penonton Anda saat ini? Apakah angka tersebut bertambah atau tidak? Bagaimana cara menambah jumlah audiens YouTube? Semua pertanyaan ini bisa Anda jawab setelah menganalisis performa YouTube.

Proses analisis akan mengungkap data-data rinci terkait jumlah traffic viewers Anda dari waktu ke waktu, lengkap dengan asalnya. Tak jarang seorang YouTuber mendapat ide konten dan taktik promosi cemerlang usai menganalisis performa videonya.

2. Membuka Peluang Monetisasi

Setelah mengetahui berupa jumlah viewers serta cara mengoptimalkannya, kini Anda bisa meraih keuntungan baru berupa tawaran monetisasi YouTube.

Monetisasi adalah program pemasangan iklan di YouTube dengan timbal-balik keuntungan berupa uang. Semakin banyak jumlah penonton YouTube Anda, maka akan semakin besar pula kemungkinan terpilih sebagai channel untuk monetisasi.

3. Mudah Menghadirkan Konten Kesukaan Konsumen

Hasil analisis YouTube juga dapat membantu mengungkap jenis konten yang paling disukai penonton. Anda hanya perlu mencari video mana yang terbanyak ditonton atau menerima engagement. Selebihnya, Anda dapat menambah konten-konten serupa di channel dan meraih banyak penonton baru.

4. Menambah Engagement dan Subscribers

Poin ini sejatinya masih berkaitan dengan ulasan sebelumnya. Semakin banyak video Anda yang tepat sesuai selera audiens, maka akun Anda akan secara otomatis kebanjiran traffic, subscribers dan engagement. Brand Anda dapat lebih cepat terkenal karena sering dicari oleh konsumen di YouTube.

3 Indikator yang Wajib Diperhatikan dalam YouTube Analisis

Meskipun sederhana, tetap ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan ketika Anda mencoba menganalisis kualitas video YouTube. Apa sajakah? Berikut komponen-komponen yang berdampak langsung pada kesuksesan akun YouTube Anda:

1. YouTube Traffic Source

Hal pertama yang diperhatikan oleh orang-orang ketika menganalisis video marketing mereka adalah sumber traffic. Poin ini juga dikenal dengan sebutan YouTube Traffic Source.

Inti pertanyaan dari YouTube Traffic Source adalah “bagaimana orang-orang menemukan video Anda dari sekian banyak video lainnya?”. Jawaban yang bisa Anda peroleh pun beragam, seperti:

  • Dari hasil pencarian Google.
  • Masuk halaman pertama beranda YouTube.
  • Ditemukan dari kategori, trending topik, atau hashtag.
  • Muncul di rekomendasi menurut hasil pencarian YouTube.
  • Diklik dari link sosial media atau website.
  • Dipromosikan oleh konten milik orang lain.
  • Thumbnail, preview dan judul video yang menarik.
  • Dibagikan dalam grup-grup dan forum, serta masih banyak lagi.

Lantas apa pentingnya mengetahui asal traffic YouTube? Informasi ini akan memberitahu darimana sumber penonton terbanyak Anda. Selanjutnya, Anda dapat memaksimalkan promosi dari platform tersebut.

Contohnya seperti ini: semisal link video Anda paling banyak diklik dari sosial media Twitter. Maka dari itu, Anda wajib memaksimalkan atau mengutamakan promosi video YouTube di Twitter.

Atau, jika sumber traffic video paling banyak berasal dari Google. Otomatis, ini berarti video Anda unggul pada strategi SEO.

2. Identitas Penonton

Indikator kedua adalah identitas penonton. Yang termasuk ke dalam poin ini adalah:

  • Gender (jenis kelamin).
  • Usia penonton.
  • Negara asal penonton.
  • Jumlah penonton yang turut menjadi subscribers.
  • Topik yang paling mereka minati dari channel YouTube Anda.
  • Tipe bahasa subtitle yang digunakan penonton.

Dari sini Anda sudah bisa mengenali ciri-ciri konsumen channel YouTube yang dimiliki. Mengetahui siapa penonton kita sama pentingnya dengan mengenal target konsumen. Pastinya promosi Anda akan gagal kalau penawaran tidak sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Bayangkan situasinya seperti ini: Anda adalah brand skincare dengan jumlah penonton terbanyak berupa wanita remaja dari Indonesia. Para audiens mengikuti channel Anda karena ingin mendapatkan tips dan info skincare terbaru, maka, hadirkanlah konten-konten tersebut.

Jangan sekali-kali membuat video yang tidak sesuai dengan karakteristik penonton Anda, sebab mereka pastinya tidak akan tertarik.

3. Engagement Penonton

Faktor terakhir adalah interaksi atau engagement dari penonton. Bagaimana video Anda ditanggapi oleh masyarakat pengguna YouTube? Anda bisa menjawabnya dengan memerhatikan poin-poin ini:

  • Berapa lama waktu yang dihabiskan audiens di channel atau video Anda?
  • Video mana yang paling ramai komentar, share, view dan interaksi?
  • Adakah playlist Anda yang paling banyak ditonton? Jika ada, yang mana sajakah itu?
  • Adakah postingan YouTube Anda (seperti YouTube stories atau feed) yang paling ramai mengundang interaksi publik?
  • Apa sajakah video yang paling banyak menerima dislike (tidak suka)?
  • Mengapa video tersebut tidak disukai masyarakat?

Hasil analisis engagement akan mempermudah Anda mencari dan memilih ide konten YouTube selanjutnya. Fokuslah mengembangkan video terkait topik-topik yang disukai, serta berhenti menayangkan yang di-dislike.

Belajar YouTube Analisis Pemula : 2 Cara Mudah Analisis Traffic YouTube

Akhirnya tibalah kita pada topik yang dinanti-nanti! Menganalisis traffic YouTube secara keseluruhan sejatinya sangat gampang. Anda bisa mempelajarinya langsung lewat tips YouTube channel analisis simpel di bawah ini.

Terdapat dua cara menganalisis performa YouTube yang akan kami paparkan, yakni dengan smartphone dan lewat komputer (desktop PC). Berikut tutorial dari masing-masing cara:

Cara Menganalisis Traffic YouTube di Smartphone

  1. Siapkan aplikasi penganalisis traffic YouTube gratis untuk smartphone demi mendapat hasil lebih akurat. Salah satu rekomendasinya adalah YouTube Studio.
  2. Instal aplikasi YouTube Studio dari Playstore atau AppStore.
  3. Buka aplikasi tersebut.
  4. Login ke channel atau akun YouTube Anda.
  5. Masuk ke dashbor (beranda) app > Anda akan langsung melihat review hasil analisis channel secara ringkas meliputi performa video, jumlah komentar, dan jumlah video.
  6. Untuk mendapat hasil lebih rinci, klik tanda titik 3 di pojok kiri atas.
  7. Klik menu Analytics.
  8. Secara otomatis Anda akan menemukan hasil analisis performa dan traffic YouTube saat ini. poin-poin analisisnya sudah mencakup ringkasan analisis, discovery, identitas dan jumlah penonton, statistik playlist dan konten interaktif.
  9. Bacalah hasil analisis tersebut dan manfaatkan untuk memaksimalkan performa video Anda!

Cara Menganalisis Traffic YouTube di PC Desktop

  1. Buka browser Chrome, Mozilla, atau lainnya yang Anda biasa gunakan di komputer.
  2. Buka laman YouTube > login ke channel YouTube Anda.
  3. Pastikan Anda membuka akun YouTube yang mau dianalisis.
  4. Klik foto profil YouTube Anda.
  5. Klik menu YouTube Studio.
  6. Scroll di bagian kiri > pencet Analytics.
  7. Anda akan langsung tiba di halaman analisis akun YouTube. Hasil analisis real time akan tersaji secara otomatis dan lengkap, seperti overview, audiens, engagement, reach, views dan subscribers.

Cara Membaca Data Analisis YouTube

  • Tanda panah hijau menghadap atas: terjadi peningkatan performa video dan channel.
  • Tanda panah merah ke bawah: terjadi penurunan performa video dan channel.
  • Video terlaris: memperlihatkan video mana saja yang paling banyak ditonton.
  • Trending: list topik, kategori dan genre video yang sedang naik daun saat ini.
  • Gender dan usia penonton: merangkum seluruh karakteristik pengunjung channel Anda.
  • Komentar baru pada video: mempermudah menyimak komentar atau ulasan baru dari penonton sekaligus membalasnya.

Demikianlah artikel tips belajar YouTube video analisis yang dapat Anda coba mulai dari sekarang. Yuk segera tingkatkan performa dan keuntungan video marketing Anda lewat strategi ini!

Mau jadi lebih sukses berbisnis online? Mari ikuti terus update kiat-kiat rahasia digital marketing gratis hanya di MARKEY! Langsung baca berbagai artikel seru terupdate di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sampai bertemu lagi!

Tutorial Google QR Code : Cara Buat Katalog Online Terpraktis

0
google-qr-code

 

Tahukah Anda bahwa ada Google QR code yang bisa digunakan untuk membuat katalog online shop? Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari cara buat katalog produk online gratis!

Google QR Code adalah sistem barcode dari Google untuk berbagai keperluan, salah satunya menghadirkan katalog produk online. Sebagian besar online shop kekinian mengemas item-item serta penawaran mereka ke dalam QR code agar lebih mudah diakses calon pembeli.

Anda beruntung sekali, sebab, kami telah merangkum lengkap cara buat katalog online gratis dan simpel ala Google Code.

Apa Itu Google QR Code?

google-qr-code.

Google QR Code adalah sistem kode yang didukung penuh oleh Google. Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi Google untuk membuat banyak jenis QR code dengan beragam informasi di dalamnya.

Misalnya seperti:

  • Google Maps – Membuat denah lokasi yang terhubung langsung ke GPS.
  • Google Lens atau Photos – Membagikan foto atau video katalog dalam bentuk barcode.
  • Google Business – Merangkum review bisnis online Anda ke QR code.
  • Google Form – Buat dan bagikan kuesioner survey bisnis, formulir customer service, pendaftaran dan pemesanan dalam QR code.
  • Google Docs – Tingkatkan produktivitas bisnis online Anda dengan lebih mudah, cukup buat dan bagikan dokumen via barcode.

Pemakaian QR code di platform Google mulai ramai semenjak banyak sosial media besar menggunakannya untuk mempromosikan layanan mereka. Sebut saja seperti Snapchat, Instagram, TikTok, dan lain-lain.

QR Code memang punya keunggulan tersendiri dalam bidang pemasaran informasi ke masyarakat luas. Pada akhirnya, Google Code lahir sebagai optimalisasi layanan Google sendiri. Sekarang pun kita dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Bagaimana Cara Menggunakan Google QR Code?

Google QR Code punya cara kerja yang sama dengan barcode pada umumnya. Untuk mendapatkan informasi, Anda hanya perlu menscan kode barcode memakai aplikasi scanner yang banyak tersedia gratis di Playstore.

Setiap kode QR memuat susunan huruf dan kode yang jika di-scan, akan menampilkan banyak informasi penting dalam hitungan detik. Termasuk katalog online bisnis Anda. Inilah alasan banyak pebisnis dan konsumen memilih memakai barcode untuk transaksi.

Lalu bagaimana dengan membuat QR code itu sendiri? Anda dapat memakai aplikasi Google Chrome, atau aplikasi pembuat barcode untuk membuat kode QR custom. Cukup masukkan link atau file ke aplikasi buat barcode saja, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2 Cara Membuat QR Code Gratis Selamanya dengan Google QR Code

Tibalah waktunya mempelajari tata cara buat katalog online dengan Google!

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, ada dua cara buat katalog online dengan Google QR, yakni memakai Chrome atau aplikasi barcode maker yang tersedia gratis di internet.

Anda bebas memilih mau buat barcode katalog online dengan cara apa, sebab, sistem Google menerima seluruh bentuk QR code – baik yang dibuat langsung di Chrome atau dengan aplikasi lain.

Berikut rincian dari masing-masing cara membuat QR code gratis selamanya di Google:

Cara Membuat QR Code Gratis Selamanya dengan Chrome

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Ketik nama website bisnis online Anda > enter.
  3. Masuk ke menu katalog.
  4. Pastikan halaman katalog sudah termuat dan menampilkan seluruh produk atau jasa yang Anda jual.
  5. Klik kanan pada halaman katalog.
  6. Pilih “Buat Kode QR untuk Halaman Ini”.
  7. Sebuah pop up berisi QR code akan muncul secara otomatis di layar laptop maupun smartphone Anda.
  8. Anda bisa mengunduh kode tersebut dengan memberi nama barcode di kolom yang tersedia. Selanjutnya, tinggal klik tombol download. Selesai!

Cara Membuat QR Code Gratis Selamanya dengan Aplikasi Barcode

  1. Pilih aplikasi pembuat QR code yang mau digunakan terlebih dahulu. Ada banyak opsi tersedia di Playstore maupun AppStore, seperti:
  • QR Stuff.
  • QR Code Monkey.
  • QR Code Generator.
  • Qr-code-generator.com
  1. Instal dan buka aplikasi QR Code yang mau digunakan.
  2. Pilih konten katalog yang mau diubah menjadi kode. Anda bisa memakai konten berupa foto, dokumen, video, atau halaman website (link).
  3. Masukkan file ke aplikasi. Biasanya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk ini, seperti seret file (drag), salin (copy) atau insert melalui fitur yang disediakan.
  4. Sesuaikan tampilan kode QR. Beberapa aplikasi memungkinkan kita untuk langsung memilih warna, bingkai, dan menambah logo brand ke tengah QR code.
  5. Anda juga dapat mengecek tampilan kode nantinya di halaman preview.
  6. Jika sudah, pencet tombol “Buat QR Code”.
  7. Tunggu hingga proses selesai. Sebuah pop up otomatis berisi kode akan muncul dan siap digunakan!
  8. Silahkan download QR code baru Anda ke dalam format JPG atau PNG (vector) supaya bisa digunakan sebagai media promosi.

Tidak sulit bukan membuat barcode dengan Google QR Code? Nah, jangan lupa juga untuk mengetes kinerja kode dengan menscannya terlebih dahulu, ya. Hal ini penting supaya kita tidak terlanjur memasang barcode yang rusak, dan akhirnya membingungkan konsumen ketika berbelanja di toko Anda.

3 Kegunaan Google QR Code dalam Bisnis Online

Selain mudah dan praktis, ternyata ada cukup banyak kegunaan penting dari Google Code bagi bisnis online. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membuat Katalog Produk atau Jasa

Strategi ini cocok untuk Anda yang punya banyak item penawaran menarik ke konsumen. Daripada membuat list panjang yang tak sedap dilihat, lebih baik kemas link produk-produk Anda ke sebuah barcode.

Cara ini jauh lebih simpel sekaligus menjadikan katalog Anda rapi. Konsumen juga hanya perlu menscan kode barcode untuk menyimak rincian info produk. Lebih bagusnya lagi, sebuah QR code bisa memuat banyak jenis file sekaligus, mulai link, dokumen, foto, video dan file audio.

2. Melakukan Transaksi Non Tunai

Langsung terima pembayaran dari konsumen semudah menscan kode barcode! Proses transaksi di toko Anda bisa jadi lebih ringkas sekaligus aman via QR code cashless. Saldo konsumen pun akan langsung terpotong dan masuk ke rekening Anda dalam jumlah yang tepat (sesuai invoice).

3. Mempertegas Ciri Khas (Branding) Toko

Terakhir, Anda bisa membangun image bisnis dengan mendekorasi logo kode QR memakai warna-warni khas brand. Anda boleh membingkai kode QR dengan frame khusus, menambahkan logo, atau deskripsi berisi arahan cara scan kode barcode.

Tetapi jangan sampai desain tambahan tersebut “menyentuh” apalagi menutupi areal kode QR. Hal ini dapat membuat kode gagal discan oleh orang lain.

Demikianlah pembahasan lengkap cara buat QR code gratis selamanya untuk katalog. Cukup mudah, bukan? Yuk langsung kemas katalog bisnis Anda jadi lebih interaktif dan simpel ala Google QR Code!

Temukan lebih banyak informasi menarik dan tips sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/, atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Perbedaan Utama SEO dan SEM Adalah | Tips Digital Marketing

0
sem-adalah

SEO dan SEM adalah dua cara terbaik untuk mengoptimasi website bisnis di Google. Anda bisa mendapat hasil penjualan online yang lebih banyak dari biasanya dengan dua tips digital marketing ini saja.

Namun, masih banyak orang yang keliru membedakan manfaat SEM dan SEO, serta cara pemakaiannya. Apakah Anda juga demikian? Tenang, sekarang Anda sudah menemukan jawabannya!

Mari simak penjelasan selengkapnya seputar perbedaan, cara kerja, sekaligus manfaat SEM dan SEO terbaru di bawah ini.

Pengertian SEO dan SEM Adalah

sem-adalah-2

Sebelum menyelami perbedaan utama SEO dan SEM, mari ketahui terlebih dahulu definisi dari kedua tips digital marketing ini.

SEO dan SEM adalah singkatan istilah yang sering kita jumpai di internet. Keduanya pun kerap diibaratkan sebagai “dua sisi uang koin” yang saling melengkapi dalam dunia digital marketing.

Namun ternyata, SEO dan SEM sangat berbeda dari segi arti meski sama-sama digunakan untuk mengoptimasi website e-commerce.

Definisi SEO Adalah

Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan istilah SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Trik ini umum dipakai untuk mengoptimasi website secara keseluruhan supaya bisa masuk ke halaman pertama Google Search.

Maka dari itu, tujuan utama pemakaian SEO adalah menarik sebanyak mungkin pengunjung “alami” ke situs olshop Anda. Website yang teroptimasi SEO bisa jadi ramai view karena menghadirkan konten-konten berkualitas yang disukai Google.

Namun perlu dicatat bahwa hasil SEO belum tentu melahirkan calon pembeli serius. Bisa saja, pengunjung situs Anda hanya tertarik menyimak konten atau tahu nama brand Anda, tapi tidak membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.

Beberapa contoh praktek SEO adalah:

  • Penggunaan kata kunci tertentu dalam konten artikel atau video.
  • Strategi content marketing soft selling.
  • Pembangunan backlink.
  • Optimalisasi SEO on page dan off page.

Definisi SEM Adalah

sem-adalah-1

Sedangkan SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Apa itu?

Search Engine Marketing adalah upaya-upaya mengiklankan website di Google. Agak berbeda dari SEO, goals utama Search Engine Marketing adalah menjaring konsumen serius melalui berbagai cara promosi.

SEM juga mencakup banyak strategi dan tips digital marketing dalam proses eksekusinya, termasuk SEO sendiri. Sementara penerapan SEO belum tentu turut mempraktekkan SEM.

Lalu seperti apa contoh SEM tersebut? Beberapa contoh SEM yang sering kita jumpai adalah:

  • Memasang iklan PPC (Pay Per Click).
  • Memasang Google Ads.
  • Mengoptimasi landing page untuk iklan.
  • Melakukan kampanye-kampanye promosi website lainnya.

Dari contoh SEM di atas terlihat jelas bahwa aktivitas ini lebih condong pada praktek promosi langsung (hard selling), sedangkan SEO mengarah pada optimasi situs dan soft selling marketing.

6 Perbedaan Utama SEO dan SEM Adalah

Nah, kita sudah bisa melihat sedikit perbedaan antara SEO dan SEM dari ulasan definisi di atas. Akan tetapi, perbedaan utama kedua cara promosi online ini sejatinya terletak pada unsur “bagaimana” pelaksanaannya, serta “kapan” hasilnya muncul.

Secara ringkas, perbedaan utama SEO dan SEM adalah:

Perbedaan SEO SEM
Jangka waktu penerapan Panjang Singkat
Pemerolehan hasil Lama (minimal 6 bulan) Cepat (hitungan hari atau minggu)
Jenis pengunjung Organik Organik dan Non-Organik
Cara pengaplikasian Lumayan rumit, perlu banyak strategi Cukup simpel dengan pasang iklan
Keuntungan -Website terbukti berkualitas

-Website bisa bertahan lama di SERP

-Gratis

-Cocok untuk kampanye jangka pendek dan meraih hasil instan
Kelemahan -Prosesnya lama dan rumit

-Aturan SEO sering berubah mengikuti algoritma terbaru Google

-Berbayar, jadi tidak direkomendasikan untuk pemakaian jangka panjang.

-Iklan bisa digeser oleh konten SEO snippet

-Iklan bisa tak relevan jika konsumen melakukan pencarian SEO lokal (berdasar lokasi)

 

Sedangkan penjelasan lebih lengkap dari masing-masing perbedaan SEO dan SEM di atas dapat dijabarkan seperti berikut:

Mekanisme Kerja SEO

SEO adalah permainan jangka panjang. Ia melibatkan banyak proses organik (tidak berbayar) untuk meningkatkan kualitas konten, situs, dan jumlah kunjungan.

Oleh sebab itulah, para pengguna SEO dituntut untuk mahir merancang strategi, serta rajin melakukan update demi menjaga kualitas situs mereka. Sebagai bayarannya, website yang sukses masuk halaman pertama Google secara organik dipastikan punya kualitas juara.

Cara kerja SEO memang terbilang melelahkan bagi sebagian besar orang. Belum lagi hasilnya yang tidak instan, dan baru bisa dilihat setelah minimal 6 bulan diterapkan.

Mekanisme Kerja SEM

Berbanding terbalik, SEM adalah strategi pemasaran website yang jauh lebih cepat ada hasilnya. Anda hanya perlu memasang iklan Google, lalu sudah bisa melihat nama website muncul di halaman pertama pada hari yang sama.

Iklan-iklan SEM seperti Google Adwords memang sering dipasang pada halaman penelusuran Google, baik di sisi teratas maupun terbawah. Konten promosi sengaja dibuat semirip mungkin dengan hasil SEO organik untuk ‘mengecoh’ pengguna. Akibatnya, Anda bisa mendapat pengunjung baru secara instan.

Oleh sebab ada unsur berbayar itulah, hasil SEM tidak sepenuhnya organik. Promosi SEM juga tidak berorientasi jangka panjang selayaknya SEO. Sisi buruk lainnya, iklan Adwords mudah tergeser oleh konten SEO snippet, atau jika pengguna melakukan pencarian SEO lokal.

Persamaan SEO dan SEM Adalah

Walau punya banyak perbedaan, SEO dan SEM tetap punya satu kesamaan yang tak kalah penting. Persamaan keduanya terletak pada “apa” yang bisa mereka lakukan terhadap bisnis online Anda.

Kedua tips optimalisasi ini sama-sama ampuh untuk mempromosikan situs Anda ke sebanyak mungkin pengguna Google. Keduanya memegang peranan penting dalam menjaring perhatian audiens secara online.

Anda tentunya bisa menggunakan SEO dan SEM secara berdampingan untuk memaksimalkan jumlah klik pada web. Bayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika website Anda mampu mendominasi rank 1 SEO dan posisi teratas SEM di Google. Sudah pasti sangat banyak!

Wajib Perhatikan! Ini Peran Utama Google pada SEO dan SEM

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan peranan Google saat membahas taktik digital marketing SEO dan SEM. Pasalnya, Google adalah pemegang kunci utama dari setiap trik optimasi website.

Google berperan mengatur persaingan setiap konten dan website online supaya mampu berkompetisi secara sehat. Sistem Google dapat menyortir dan memilih konten mana saja yang benar-benar sesuai tujuan penelusuran konsumennya melalui update algoritma, pakem SEO serta SEM terbaru.

Di samping itu, Google juga menjaga ketat keamanan dan kenyamanan pengguna platformnya. Google tidak akan segan memberi sanksi penalti bagi website-website “nakal” yang menggunakan cara-cara curang demi menduduki ranking 1.

Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah bagaimana update algoritma Google kerap mempengaruhi strategi serta inovasi dari SEO dan SEM. Jika website Anda tidak mengikuti pakem-pakem SEO atau SEM terbaru, maka bersiaplah untuk segera turun ranking.

Persaingan antar web di Google memang lumayan ketat. Dalam sehari saja, bisa ada sekitar 3,5 juta hasil penelusuran yang muncul di Google Search atau sekitar 40.000 link website yang muncul per detik. Terbayangkah Anda sulitnya persaingan situs olshop Anda dengan jumlah pesaing sebanyak itu?

Namun Anda tidak perlu cemas dengan hal ini, sebab SEO dan SEM adalah dua kunci terpenting dalam memenangkan persaingan Google. Cukup ikuti aturan-aturan SEO maupun SEM terbaru saja, maka dapat dipastikan konten Anda sesuai dengan keinginan algoritma Google saat ini.

Jadi, Pilih SEO atau SEM untuk Website E-commerce?

Inilah pertanyaan yang kerap membingungkan para marketer abad ini. Apakah sebaiknya kita menggunakan SEM untuk mempromosikan website olshop? Atau, cukup dengan mengandalkan SEO saja?

Meskipun jawabannya bisa beragam, tetapi mayoritas pebisnis online menjatuhkan pilihannya pada pemakaian SEO organik ketimbang SEM. Mengapa demikian?

Alasannya cukup sederhana. Website yang mempraktekkan SEO akan memiliki kualitas terbaik, sehingga ia dapat menduduki peringkat 1 atau bahkan ranking 0 (snippet) Google dengan gampang. Hasil SEO pun bisa bertahan jauh lebih lama, hingga bertahun-tahun, ketimbang SEM.

Selain itu terdapat temuan yang cukup menarik di mana SEM tidak dapat berjalan maksimal tanpa SEO. SEO memang merupakan bagian dari SEM, namun di sisi lain, dia juga bisa bekerja optimal tanpa SEM. Tetapi SEM justru “lumpuh” kalau tidak dibarengi SEO.

Search Engine Marketing adalah strategi yang baik untuk memperkenalkan website baru pada konsumen. Semisal Anda baru merilis situs olshop dan ingin mempromosikannya ke masyarakat. Di sini Anda bisa memakai SEM sebagai start awal branding.

Tapi untuk selanjutnya, akan lebih baik kalau Anda beralih mengoptimalkan performa situs dengan SEO. SEO akan membuat website Anda bekerja maksimal dengan biaya lebih murah. Sesekali mempromosikan situs kembali dengan Adwords atau PPC SEM juga tidak masalah, selagi tujuan beriklan cukup jelas dan ada biayanya.

Jadi, semuanya bisa kembali lagi pada kebutuhan Anda. Anda bebas menentukan mau menjalankan SEO saja, atau memadukan SEO dan SEM secara berdampingan. Yang penting, kini Anda sudah tahu perbedaan dan fungsi dari kedua trik optimalisasi website ini. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait perbedaan pemakaian SEO dan SEM untuk mempromosikan web bisnis online di Google. Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang tips SEO ataupun SEM?

Yuk belajar digital marketing gratis setiap hari bersama MARKEY. Download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) atau klik https://markey.id/ untuk baca gratis ratusan kiat sukses berbisnis online. Sampai bertemu lagi!

8 Affiliate Marketing Indonesia Omset Besar [List Terbaru]

0
affiliate-marketing

Tertarik mencoba bisnis affiliate marketing? Yuk langsung bergabung ke 8 program affiliate marketing Indonesia terpopuler berikut ini!

Tidak perlu jauh-jauh mencari program affiliate marketing luar negeri, di Indonesia sendiri sudah ada banyak peluang bisnis ini dengan keuntungan beragam mulai dari profit jutaan rupiah, sampai mentor dan tips-tips belajar affiliate marketing gratis.

Lalu, siapa sajakah penyedia layanan affiliate marketing Indonesia terbaik dan mudah bagi pemula? Langsung simak list selengkapnya di bawah ini, ya!

8 Daftar Affiliate Marketing Indonesia Terbaik untuk Pemula

affiliate-marketing-indonesia.

Mendapatkan uang dari program affiliate marketing sangatlah gampang. Anda hanya perlu memilih layanan program yang diinginkan dan mendaftarkan diri sebagai member. Setelahnya, Anda sudah bisa mulai berbisnis mengikuti ketentuan dari masing-masing program.

Berikut ini 8 contoh affiliate marketing program yang bisa diikuti untuk pemula:

Baca juga : Afiliasi Adalah | Usaha Online yang Menguntungkan

1. Lazada Affiliate Marketing Indonesia

E-commerce Lazada Indonesia membuka program affiliate marketing dengan keuntungan berlimpah. Melalui layanan ini, Anda bisa memperoleh uang sendiri tanpa perlu berjualan atau menjadi seller Lazada.

Setiap member hanya perlu mempromosikan produk-produk Lazada ke sosial media masing-masing. Jika ada yang membeli produk tersebut lewat Anda, maka secara otomatis Anda akan diupah 7% per transaksi.

Program afiliasi Lazada juga sepenuhnya gratis tanpa biaya modal. Cukup daftarkan diri Anda sekarang juga ke https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program/.

Cara Daftar Affiliate Marketing Indonesia “Lazada”:

  1. Buka situs atau aplikasi e-commerce Lazada.
  2. Login ke akun Lazada Anda, jika belum punya, buat akun pengguna terlebih dahulu.
  3. Cari menu “Affiliate Marketing Program”.
  4. Masukkan email dan kode verifikasi yang dikirimkan Lazada via email.
  5. Klik “Continue”.
  6. Lengkapi data diri Anda > “Continue”.
  7. Pilih jenis sosial media, website atau blog yang nantinya akan Anda gunakan dalam berpromosi > jika sudah, klik “Continue”.
  8. Baca syarat dan ketentuan mitra Lazada affiliate marketing > klik “Submit Now”.
  9. Terakhir, lengkapi data rekening bank Anda. Tahap ini bersifat opsional jika Anda sudah punya akun bank sendiri. apabila belum, tidak masalah untuk melewatkannya dan mengisi di lain waktu.
  10. Selesai! Kini Anda bisa langsung mengecek produk-produk apa saja untuk dipromosikan dan mulai bekerja.

2. Hostinger Affiliate Marketing

Anda punya blog, website atau channel YouTube di bidang IT? Pas sekali, cobalah untuk bergabung ke program affiliate marketing Indonesia dari Hostinger!

Hostinger membuka program kemitraan bagi blog, website dan channel YouTube berkualitas di bidang IT. Anda bisa mendapat komisi sebesar 60% per transaksi hanya lewat program ini saja, lho.

Bagaimana caranya? Daftarkan diri Anda ke https://www.hostinger.co.id/afiliasi, tunggu hingga proses verifikasi selesai, dan mulailah mempromosikan layanan Hostinger pada situs ataupun blog Anda.

Tidak cuma menjanjikan profit tinggi, Hostinger turut menyediakan materi iklan untuk dipasang hingga control panel khusus bagi member. Jadi Anda bisa lebih mudah mengelola kampanye iklan afiliasi beserta jumlah keuntungan yang didapat.

3. Omegasoft Affiliation Marketing

Masih dari ranah IT, perusahaan software e-commerce dan franchise “Omegasoft” membuka lowongan daftar program affiliate marketing dengan keuntungan 5% per penjualan.

Omegasoft adalah perusahaan yang menjual beragam aplikasi yang banyak dibutuhkan bisnis-bisnis kekinian, seperti aplikasi kasir (POS), akutansi online, e-commerce, hingga layanan franchise. Tentunya promosi Anda tidak akan sepi jika berhasil menyasar target yang tepat, seperti perusahaan atau UMKM yang marak di Indonesia.

Program afiliasi Omegasoft pun tak kalah praktis dan fleksibel, sebab bisa dikerjakan sepenuhnya secara online. Anda bisa bergabung dengan sosial media, blog ataupun website pribadi.

Bedanya, transfer komisi Omegasoft Affiliate dilakukan secara kolektif per bulan. Jadi sangat disarankan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin transaksi demi meraih omset maksimal.

Tertarik mencoba? Silahkan mendaftar langsung di link berikut ini: https://omegasoft.co.id/about/affiliate/

4. Bli Bli Ecommerce

Selain Lazada, toko online lokal Bli Bli (Blibli.com) juga punya program affiliate marketing yang tak kalah simpel sekaligus menjanjikan!

Bli Bli adalah ecommerce milik anak perusahaan Djarum. Perusahaan ini telah beroperasi dari 2010, dan sampai saat ini masih termasuk salah satu mall online sukses di Tanah Air.

Nah, untuk layanan afiliasi marketingnya sendiri, Bli Bli menjanjikan komisi beragam dari 1% sampai 4% per transaksi. Bagi hasil akan dilakukan ketika konsumen membeli produk Bli Bli melalui link Anda, dan tidak melakukan cancel atau refund produk.

Semua orang juga dapat bergabung ke program ini, mulai dari pemilik blog/web, pengguna sosial media, YouTuber, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Proses pendaftarannya dijamin cepat, praktis dan gratis!

Cara mendaftar affiliate marketing Indonesia “Bli Bli”:

  1. Buka situs atau aplikasi e-commerce Blibli.com.
  2. Klik tombol “Affiliate Program”.
  3. Klik “Daftar Sekarang”.
  4. Pilih “Sign Up”.
  5. Isi data diri lengkap dan sebenar-benarnya.
  6. Konfirmasi pendaftaran Anda.
  7. Selesai! Tim Bli Bli akan melakukan review pada akun Anda. Tunggu sampai Anda mendapat email proses selesai.

Cara mempromosikan produk Bli Bli Affiliate Marketing:

  1. Login ke akun Bli Bli Anda. Pastikan Anda sudah terdaftar sebagai member program affiliate marketing.
  2. Klik menu “Offers”.
  3. Pilih produk yang tersedia, baik pada menu “Live Offers” atau mencari sendiri lewat browse/search.
  4. Salin link produk (“Your Tracking Link”) dan gunakan untuk berpromosi di sosmed, blog, web atau YouTube channel. Selamat mencoba!

Perlu diperhatikan, uang komisi afiliasi Bli Bli baru dapat ditarik kalau sudah mencapai minimal 500.000 IDR (lokal) dan 10 juta IDR (internasional).

5. Nusantara Host

Mau dapat komisi hingga jutaan rupiah dalam 1x transaksi? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan layanan afiliasi dari Nusantara Host.

Nusantara Host menyediakan komisi 75% sampai 1 juta rupiah bagi setiap orang yang mempromosikan layanan domain dan hosting mereka. Ada 3 bentuk komisi besar yang bisa Anda kantongi sebagai member afiliasi Nusantara Host, yaitu:

  • Komisi 75% dari penjualan share hosting – per transaksi.
  • Komisi Rp400.000 dari penjualan VPS (Virtual Private Server) – per transaksi.
  • Komisi Rp1.000.000 dari penjualan Dedicated Server – per transaksi.

Tidak ada batasan bagi member untuk mengincar keuntungan yang mana saja. Anda hanya perlu memenuhi syarat pendaftar seperti sudah memiliki rekening bank sendiri, berusia minimal 17 tahun, dan sudah mengerti cara kerja affiliate marketing.

Begitu berhasil mendaftar, Anda akan menerima link URL affiliate untuk dipromosikan sekreatif mungkin. Misalnya dengan cara mengemas link jadi banner iklan web, atau konten sosial media.

Konsumen wajib membeli layanan Nusantara Host dari link tersebut supaya Anda bisa memperoleh komisinya. Penarikan upah dapat dilakukan setiap minggu dengan jumlah saldo pendapatan minimal 1 juta rupiah.

Lakukan registrasi ke program ini sekarang juga di: https://www.nusantarahost.co.id/affiliate.php.

6. Tiket Affiliate by Tiket.com

Siapa bilang affiliate marketing Indonesia mayoritas dari ranah teknologi? Perusahaan agen travel Tiket.com punya program kerjasama spesial untuk Anda yang suka berwisata.

Member Tiket Affiliate berkesempatan mendapat akses eksklusif ke berbagai voucher dan tiket perjalanan (pesawat, kereta, bus, dll) serta akomodasi (villa, hotel, dll) yang tak ditawarkan untuk publik.

Itu belum termasuk komisi persenan kalau Anda berhasil mengajak orang lain membeli layanan Tiket.com lewat link/kode afiliasi Anda. Namun komisi Tiket Afiliate hanya dapat ditarik per bulan melalui ajuan “Invoice” di website.

Sisi bagus lainnya, Anda tidak perlu bingung seandainya promosi yang dijalankan mengalami masalah tak terduga. Ini karena ada tim customer service yang siap menolong Anda belajar affiliate marketing kapanpun dimanapun.

Tertarik mencoba bisnis afiliasi bersama agen wisata populer Indonesia ini? Daftarkan diri Anda sekarang via email ke partner@tiket.com.

7. Matahari Mall

Siapa yang tidak kenal mega swalayan Matahari Mall? Tak mau ketinggalan, Matahari Mall turut membuka program afiliasi bagi Anda yang tertarik menambah rezeki dari rumah saja.

Terdapat 2 cara simpel bergabung menjadi member affiliate program Indonesia Matahari Mall, yakni:

Tata cara pendaftarannya cukup sederhana. Mulai dari mengisi formulir pendaftaran pada situs-situs di atas, menunggu proses verifikasi akun, dan memasang URL promosi yang telah disediakan Matahari Mall ke situs web/blog atau sosmed pribadi.

Tidak perlu takut lapak promosi Anda sepi, sebab, Anda bebas memilih sendiri mau mempromosikan produk apa. Di samping itu, nama Matahari Mall sudah sangat terkenal di kalangan warga Indonesia sebagai supermarket terlengkap penyedia beragam produk mulai dari fashion, kebutuhan rumah tangga, elektronik, lifestyle, dan kecantikan, lain-lain.

8. Afiliasi Traveloka

Traveloka membuka kesempatan berbisnis bagi konten kreator di bidang pariwisata (blogger, pengelola web, influencer dan YouTuber). Jangan sia-siakan kreativitas Anda hanya dengan sekadar mempromosikan tempat-tempat wisata. Inilah waktunya meraih keuntungan yang lebih banyak lagi berupa komisi langsung dari Traveloka!

Tak tanggung-tanggung, cakupan pasar Anda di program afiliasi ini bisa langsung go internasional. Pasalnya, Traveloka adalah agen travel Indonesia dengan cabang di berbagai negara tetangga. Sebut saja Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Daftarkan diri Anda sekarang ke program afiliasi Traveloka di https://www.traveloka.com/en-id/affiliate. Ikuti seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku supaya permohonan kerjasama Anda lebih cepat disetujui.

Setelahnya, Anda bisa deh langsung mempromosikan materi iklan yang disiapkan oleh tim Traveloka! Cara promosi ini akan terasa jauh lebih asyik karena tidak monoton memasarkan produk, tetapi juga membahas hal-hal seru bertema travelling.

Demikianlah 8 program afiliate marketing Indonesia dengan penawaran terbaik bagi pemula. Setiap layanan afiliasi mempunyai cara bergabung, jumlah komisi, hinga syarat dan ketentuan yang berbeda. Maka dari itu, jangan pernah lupa mencermati deskripsi setiap layanan yang ingin Anda ikuti. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak insight, review dan strategi sukses bisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) untuk langsung terhubung ke ratusan artikel digital marketing gratis. Sayonara!

Instagram Call To Action Adalah? | Belajar Copywriting IG

0
call-to-action-adalah

Call To Action adalah komponen wajib dalam semua jenis tulisan marketing termasuk caption promosi di Instagram. Yuk tambah penjualan olshop IG Anda sekarang semudah menambahkan Call To Action Instagram!

Menulis caption promosi yang biasa-biasa saja terbukti belum cukup untuk “mendorong” followers IG Anda membeli produk. Anda wajib membubuhkan Call To Action (CTA) di akhir tulisan supaya konsumen tergugah melakukan sesuatu usai menyimak postingan Instagram.

Apa itu Call To Action Instagram, contoh dan cara menulisnya? Yuk langsung simak pedoman teknik copywriting Instagram CTA yang benar berikut ini!

Baca juga : Tips SEO Instagram untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

Pengertian Call To Action Adalah

call-to-action-adalah

Anda pasti sudah cukup sering mendengar istilah Call To Action atau CTA ketika belajar copywriting. Ternyata, CTA tidak hanya bermanfaat mendongkrak kualitas tulisan-tulisan artikel website saja, tetapi juga caption sosial media seperti Instagram.

Call To Action adalah kata-kata persuasif yang mendorong audiens untuk melakukan sesuatu usai membaca tulisan Anda. Bentuk CTA ada bermacam-macam, tergantung pada tujuan tulisan dan kreativitas Anda saat menyusunnya.

Namun, Call To Action pada caption sosial media lebih mengarah pada teknik direct response copywriting karena memancing tindakan pembaca saat itu juga setelah menyimak tulisan.

Baca juga : Terkuak! Teknik Copywriting Terbaik untuk Deskripsi Produk

Direct Copywriting Call To Action Adalah

Teknik copywriting dapat dibedakan menjadi dua kelompok menurut waktu pembaca memberi respon mereka. Mereka adalah long-term copywriting (jangka panjang) dan direct response copywriting (jangka pendek atau segera).

Sesuai namanya, long-term copywriting bertujuan menanamkan hal-hal penting dari bisnis agar diingat pembaca dalam jangka panjang. Contohnya adalah copywriting iklan yang diterbitkan berulang kali di koran, majalah, e-mail atau televisi.

Dalam long-term copywriting, respon pembaca tidak kita terima secara instan. Diperlukan sejumlah upaya persuasif untuk meyakinkan pembeli terhadap produk dimulai dari memperkenalkan produk, keunggulannya, memberi diskon, dan seterusnya.

Sementara direct response copywriting adalah kebalikannya. Teknik kepenulisan marketing satu ini memanfaatkan momen terkini dan perasaan audiens demi mendapatkan respon. Pengguna teknik direct marketing menginginkan hasil yang instan, segera, dan bersifat langsung.

Perpaduan caption dan CTA adalah contoh direct copywriting terbaik. Tulisan caption sengaja dibuat semenarik mungkin dengan bumbu “urgensi” supaya konsumen langsung bertindak tanpa berpikir. Hasilnya, Anda dapat meraih penjualan baru usai memposting konten promosi!

Beberapa contoh direct response copywriting di sosial media adalah:

  • Ajakan membeli produk yang ditawarkan.
  • Dorongan mencoba free trial dan berlangganan suatu jasa.
  • Download atau klaim hadiah gratis, freebies, kupon voucher.
  • Memberi follow, like, komentar atau share postingan.
  • Mengklaim voucher spesial dengan stok terbatas (limited).

Baca juga : 10 Contoh Copywriting Skincare yang Menghipnotis Konsumen

4 Fungsi Call To Action Instagram

Call To Action punya peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan online shop Anda. Konsumen cenderung mengabaikan sebuah postingan tanpa CTA begitu selesai membacanya. Ini karena mereka merasa tidak ada lagi yang harus dilakukan setelah tahu isi postingan.

Ada banyak sekali ragam fungsi Call To Action Instagram, lho. Empat fungsi utama CTA adalah:

1. Membantu Mengarahkan Konsumen

CTA adalah petunjuk bagi konsumen. Tulisan CTA dapat memberi arahan apa yang harus dilakukan konsumen ketika tertarik dengan produk atau jasa kita. Misalnya contoh kalimat CTA, “Pesan segera produk X lewat DM!” atau “Klik di sini sekarang juga untuk order!”

2. Menambah Engagement

Postingan Instagram Anda sudah menarik tapi masih sepi interaksi atau engagement? Sebagian besar konsumen memang harus dipancing terlebih dahulu agar mau meninggalkan jejak pada unggahan kita.

Selipkan kata-kata CTA sebagai pemantik obrolan pada caption, seperti “Apa pendapatmu? Yuk tinggalkan komentar!” Dijamin jumlah engagement postingan IG Anda akan melejit tinggi!

3. Memperjelas Tujuan Konten

Setiap unggahan post sebaiknya memiliki tujuan masing-masing. Hal ini penting sebagai tolak ukur apakah konten yang kita buat berhasil menggapai tujuan atau tidak.

Kalimat Call To Action bisa membantu memperlihatkan tujuan setiap konten. Misalnya Anda ingin mendapat lebih banyak followers IG. Maka, tulisan copy yang tepat digunakan adalah “Yuk follow @akunbisnisanda supaya tidak ketinggalan update info terbaru!”

4. Menambah Kredibilitas Akun

Kehadiran akun palsu di Instagram bukanlah hal yang baru. Ada banyak sekali olshop-olshop palsu beredar dan menyesatkan masyarakat. Namun, kehadiran CTA bisa menyelamatkan bisnis Anda maupun konsumen dari penipuan.

Ciri utama akun Instagram palsu adalah tidak mau memakai CTA karena mereka menghindari komunikasi yang akrab dengan masyarakat. Berbeda dengan olshop-olshop asli berkualitas yang berusaha menjalin hubungan baik dengan konsumennya melalui Call To Action.

5 Contoh Copywriting Instagram dengan Call To Action Adalah

Call To Action adalah elemen pembantu komunikasi pembeli dengan penjual. Namun bagaimana cara meletakkan Call To Action ini, khususnya untuk tulisan di Instagram?

Inilah 5 contoh copywriting Instagram dengan CTA yang dapat dijadikan acuan awal saat membuat konten:

1. CTA di Highlight Instagram Stories

Contoh penempatan Instagram Call To Action adalah di penulisan judul highlight atau sorotan Instastories. Anda dapat menamai setiap sorotan memakai kata-kata singkat dengan “power” tertentu. Misalnya : “Order di Sini”, “Hubungi”, “Info Diskon”, “Giveaway”, dan lain-lain.

Manfaat menamai highlight IG dengan kata-kata Call To Action adalah:

  • Mudah dilihat audiens karena menu sorotan terletak di profil akun bagian atas.
  • Singkat, padat dan jelas instruksinya.
  • Lebih cepat mengarahkan konsumen menemukan informasi. Seperti menekan highlight “Cara Order” ketika mereka ingin memesan produk.

2. CTA di Konten Carousel

Lengkapi konten carousel Instagram Anda dengan strategi Call To Action marketing supaya pembaca tergerak melakukan sesuatu usai menyimak info seperti simpan postingan, share, memberi like atau komentar.

Instruksi Call To Action dapat dibubuhkan dalam slide foto carousel memakai icon-icon tertentu. Misalnya tanda panah yang mengarah pada tombol share, bookmark dan like di IG.

Anda juga bisa menyelipkan info kontak di bagian pojok bawah foto. Lewat cara ini, konsumen jadi tahu harus menghubungi siapa jika tertarik dengan penawaran.

3. CTA di BIO Instagram

Mau memasang CTA di bio profil Instagram? Tentu saja Anda boleh melakukannya! Justru, inilah Call To Action marketing termudah yang patut dicoba.

Buatlah deskripsi bio yang singkat plus disisipi Call To Action yang menarik. Contoh captionnya, “Olshop fashion no 1 se-Indonesia | Gabung reseller di sini”.

Caption “Olshop fashion no 1 se-Indonesia” adalah deskripsi utama terkait bisnis Anda. Sedangkan “Gabung reseller di sini” merupakan contoh copywriting CTA-nya. Simpel namun cukup jelas maksudnya, bukan?

4. CTA di Linktree

Linktree adalah alat bantu untuk merangkum banyak link eksternal ke dalam 1 tautan. Banyak olshop sengaja memasang linktree untuk menjaga kerapian profil mereka.

Anda bisa memasang linktree lengkap dengan teknik copywriting Instagram dengan cara yang sederhana:

  1. Kumpulkan semua link eksternal yang dimiliki (link sosmed lain, website, atau e-commerce Shopee, Tokopedia, dll).
  2. Masukkan semua link ke linktree.
  3. Jika sudah mendapat tautan linktree, salin dan pasang tautan di bio Instagram.
  4. Tulis CTA yang mengarahkan konsumen mengklik tautan tersebut. Contohnya “Informasi lengkap klik di sini”.
  5. Selalu pastikan link-link di linktree Anda bekerja dengan baik demi menjaga kepuasan pengunjung.

5. CTA di Wa.me

Selain linktree, meletakkan CTA di Wa.me juga sangat sering dilakukan pebisnis online. Wa.me adalah link eksternal yang menghubungkan kita pada pesan chat WhatsApp.

Semisal ada konsumen yang ingin bertanya atau memesan produk. Mereka hanya perlu menekan link Wa.me yang tersedia di profil bio Instagram, lalu langsung terhubung ke customer service.

Teknik copywriting Instagram di Wa.me tidak jauh berbeda dengan ulasan sebelumnya. cukup bubuhkan kalimat penjelas seperti “Pesan segera di sini” atau “Punya pertanyaan? Hubungi kami di sini” sebelum tautan Wa.me.

5 Cara Menulis Call To Action Instagram

Begini teknik copywriting Instagram dengan CTA yang benar, yuk langsung simak bersama!

1. Perhatikan Penempatan Call To Action

Tidak ada aturan baku terkait penempatan Call To Action di Instagram. Anda bebas menentukan hendak meletakkan CTA di bagian mana saja sesuai kebutuhan. Beberapa posisi terbaik untuk CTA adalah:

  • Bagian akhir caption postingan.
  • Tulisan keterangan pada Instagram stories.
  • Bio Instagram.
  • Di dalam gambar foto atau video konten.

2. Bangkitkan Emosi Pembaca

Selanjutnya, bangkitkan emosi pembaca Anda melalui tulisan. Cara ini sangat ampuh untuk menyukseskan Call To Action marketing.

Pembaca akan lebih tertarik menyimak info yang Anda sajikan apabila ada hal-hal dari konten yang menyentuh perasaan mereka. Maka dari itu, cobalah posisikan diri Anda dari kacamata konsumen agar lebih mudah memahami permasalahan mereka.

Ada banyak kosakata yang dapat digunakan untuk membangkitkan sisi emosional pembaca lewat CTA, yakni:

  • Pembangkit urgensi/kepentingan (hanya hari ini, stok terbatas, segera, buruan, kesempatan terakhir, dll)
  • Rasa simpati (jangan khawatir/cemas, kami mengerti)
  • Penawaran eksklusif (spesial untuk Anda, pra-registrasi, member only, slot/penawaran terbatas)
  • Sikap persuasif (gratis, dijamin, simpel, 100% ampuh, sukses, keren, dll).

Contoh penerapan strategi ini antara lain:

  • “Segera klaim voucher Anda di sini, stok terbatas!”

Kalimat CTA di atas membangkitkan perasaan takut kehabisan promo menarik.

  • Mari ikut jaga keindahan alam dengan beralih ke sedotan stainless sekarang, dapatkan promo pembelian spesial di sini”

Kalimat ini menyentuh sisi kepedulian masyarakat, dengan arahan CTA di akhir kalimat.

  • “Tidak perlu cemas, kami punya solusinya di sini!”

Kalimat ini mengandung unsur simpati sekaligus mengarahkan pembaca untuk terus menyimak informasi demi menuntaskan permasalahan mereka.

3. Singkat, Padat, Jelas

Sampaikan poin utama dari postingan Anda secara singkat, padat dan jelas (to the point). Faktanya, setiap pengguna Instagram hanya menyimak postingan selama sepersekian detik gara-gara banyaknya informasi yang tersaji di sini.

Jadi, buatlah caption konten yang ringkas. Hindari narasi yang bertele-tele. Jika mau menjelaskan produk/jasa secara lebih lengkap, Anda dapat mengarahkan pembaca untuk menyimak info di website lewat CTA.

Anda dapat belajar menulis caption pendek memakai tool-tool gratis penghitung kata seperti Letter Count atau Word Count. Fokuslah menggunakan kata-kata persuasif agar tulisan dan CTA semakin memikat dari detik pertama.

4. Padukan dengan Foto Menarik

Kekuatan utama Instagram adalah nilai visualnya yang tinggi. Perhatian audiens lebih mudah dipancing dengan foto, gambar atau video yang eye catching.

Menurut data Kissmetric, lebih dari 94% pengguna IG akan berhenti scrolling jika mereka melihat foto postingan yang menarik. Jadi sebisa mungkin curi perhatian audiens Anda dengan foto/video terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan copywriting dan CTA sesuai tujuan unggahan.

5. Sajikan Konten Berkualitas

Terakhir, sekadar mengutamakan Call To Action saja tidak cukup. Anda harus tetap memperhatikan kualitas dari konten Instagram yang diposting.

Konten yang hanya dipenuhi bumbu CTA akan terlihat seperti spam, pemaksaan, dan iklan mentah (hardselling), sehingga tidak diminati oleh konsumen. Ingat, audiens masa kini lebih menyukai konten-konten softselling dengan informasi non-promosi yang juga bermanfaat bagi pengembangan diri mereka sendiri.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar teknik copywriting Instagram berbalut Call To Action. Yuk segera update caption-caption postingan IG Anda untuk memaksimalkan hasil penjualan hari ini!

Temukan lebih banyak lagi tips, trik dan rahasia sukses bisnis online gratis hanya di MARKEY. Follow https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) sekarang juga, ya. Sampai bertemu lagi!