Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis Anda

4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis Anda

-

Manfaat influencer bagi bisnis online salah satunya adalah mempopulerkan nama usaha di masyarakat. Namun tahukah Anda, bahwa ada lebih banyak lagi manfaat influencer yang tak kalah menjanjikan?

Pemasaran melalui influencer masih gencar dilakukan oleh banyak brand. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menggaet artis lokal maupun luar untuk memperkenalkan produk/jasa ke masyarakat.

Sebut saja seperti kampanye GoJek dan BTS, atau kolaborasi seleb TikTok viral Kak Jill dengan brand make up Madame Gie. Tentunya promosi-promosi ini digencarkan dengan alasan khusus, salah satunya produk/jasa lebih cepat terkenal berkat “didongkrak” oleh sang influencer.

Nah selain itu pun masih ada lagi 4 manfaat influencer yang tak boleh dilewatkan setiap bisnis online. Apa sajakah? Yuk langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

4 Manfaat Influencer untuk Bisnis Online Kekinian dan Masa Depan

manfaat-influencer-1

Influencer marketing merupakan strategi promosi yang wajib Anda lirik. Mengapa?

Taktik pemasaran ini terbukti menyimpan banyak manfaat positif bagi olshop, baik yang berupa jangka panjang maupun pendek. Bisnis Anda pun bisa tumbuh lebih cepat dengan strategi influencer ini.

Mengutip dari hasil riset terbaru Impact.com, berikut adalah sejumlah manfaat influencer marketing bagi olshop kekinian:

1. Mencegah Konsumen Melewati Iklan

Tidak ingin iklan Anda di-skip begitu saja oleh konsumen? Kini hadir solusi agar iklan Anda disimak setiap orang, yakni dipromosikan lewat jasa influencer!

Survey global Impact di berbagai negara maju Eropa, Asia, Amerika Utara dan Australia menemukan bahwa 73% brand meraup keuntungan promosi yang tinggi berkat influencer. Hampir semua materi promosi produk/jasa mereka sukses mendapat engagement tinggi ketika diposting oleh selebriti.

Selaras dengan hal tersebut, 75% brand sukses menumbuhkan awareness produk yang luar biasa di masyarakat berkat influencer marketing. Produk/jasa yang disampaikan influencer lebih berpeluang disimak karena dikemas dengan gaya unik, menarik, serta mengundang penasaran.

Interaksi konsumen juga lebih mudah dipancing karena para influencer cenderung aktif memasarkan sebuah produk atau jasa. Iklan-iklan yang interaktif terbukti lebih memikat perhatian. Maka dari itu jangan heran kalau video marketing seperti Reels dan Stories lebih marak beredar daripada pamflet atau flyer.

2. Menambah Nilai Orisinalitas Brand

Benefit influencer marketing yang kedua adalah mampu menambah nilai keaslian atau originalitas brand. 85% konsumen yakin bahwa konten influencer punya nilai original yang lebih tinggi daripada konten lain.

Kepercayaan ini mulai muncul dan menguat sejak banyak kreator memperlihatkan cara pembuatan konten mereka, alias behind the scene. Konten-konten ini punya dampak yang super positif karena memperlihatkan nilai effort (perjuangan), original, dan kreativitas sang kreator.

Hasilnya para penonton akan memercayai keaslian konten endorsement tersebut. Mereka berpikir bahwa produk atau jasa yang ditampilkan oleh influencer memang sungguh berkualitas, sehingga layak untuk dicoba.

3. Memperluas Peluang Kemitraan

Manfaat influencer lainnya yang tak kalah mencengangkan adalah mampu memperluas peluang kemitraan bisnis Anda. Brand yang punya hubungan baik dengan influencer ternyata mampu menarik lebih banyak organisasi, individu, hingga investor!

Influencer atau Brand Ambassador (BA) kini dilihat sebagai wajah perusahaan. Alhasil kualitas serta dampak influencer juga akan ikut memengaruhi image brand.

Semakin baik hubungan bisnis dan influencer di mata komunitas, maka makin besar pula ketenaran yang bisa diraih. Dalam hal ini juga termasuk peluang orang lain membeli produk Anda, menawarkan kolaborasi, atau menginvestasikan modal usaha.

Satu-kesatuan perusahaan dan influencer juga mendorong bisnis memilih promotor dengan image yang selaras. Misalnya brand eksklusif sekelas Louis Vuitton, Gucci, dan Dior diendorse oleh artis Hollywood dan miliarder kelas atas.

Sedangkan perusahaan yang mengusung konsep humanis dan merakyat lebih memilih kerjasama dengan influencer yang humoris, misalnya para komedian, seleb sosmed milenial, dan lain-lain.

4. Mempererat Hubungan Brand dan Konsumen

Influencer marketing juga bermanfaat untuk mempererat hubungan brand dan konsumen. Tidak perlu khawatir iklan Anda sepi penonton karena nyatanya, konten influencer selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang.

Keakraban influencer dengan para followersnya juga mempermudah postingan Anda mendulang banyak engagement, baik berupa komentar, like hingga datang langsung ke toko online Anda.

Artikel terkait  Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?

Baru! 4 Kiat Influencer Marketing yang Terbukti Ampuh Melariskan Dagangan

Anda sudah melihat apa saja manfaat influencer yang menguntungkan bagi perkembangan bisnis. namun pertanyaan berikutnya adalah, “Bagaimana caranya bisnis Anda mendapat seluruh keuntungan dari endorsement influencer?”

Jawabannya ternyata cukup sederhana. Anda hanya perlu mempraktekkan 4 kiat berikut supaya kerjasama bisnis dengan influencer mendatangkan hasil yang optimal:

1. Lakukan Seleksi Influencer

Setiap bisnis punya kriteria pemilihan influencer yang berbeda-beda. Namun satu hal yang terpenting adalah pilihlah influencer dengan image atau reputasi sesuai bisnis Anda.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, influencer kini dipandang sebagai wajah brand. Anda boleh memilih siapa saja yang dirasa sanggup mewakili nama baik perusahaan.

Jadi sudah tidak ada lagi “keharusan” memilih influencer berfollowers jutaan agar kampanye Anda sukses. Influencer kecil sekalipun bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan, asalkan nilai reputasinya tepat dengan brand serta tujuan kampanye.

Sejumlah tips memilih dan menyeleksi influencer:

  • Pastikan portofolionya menarik sesuai tujuan pemasaran Anda.
  • Pilih influencer dari industri yang sama dengan bisnis Anda. Semisal Anda berbisnis jual-beli produk gadget, maka gunakanlah jasa endorse selebriti di bidang IT.
  • Komunikasikan syarat, metode, dan tarif kerjasama sebelum membuat keputusan dengan influencer.

2. Sesuaikan Strategi Influencer dengan Selera Konsumen

Konsumen kekinian hanya mau menyimak konten yang sesuai selera mereka. Jadi mau tak mau Anda harus menyesuaikan strategi influencer dengan selera audiens.

Penelitian terbaru mendapati bahwa penonton muda lebih suka menyimak konten dengan unsur visual yang kuat. Misalnya seperti konten bertema aesthetic dengan gambar-gambar cantik khas Instagram, filter foto warna-warni pastel, dan sejenisnya.

Ada juga kelompok yang lebih suka nonton karya artis TikTok micro (dengan followers <100 ribu) daripada selebriti sungguhan. Ini karena para seleb TikTok micro suka memposting konten lucu, edukatif, dan bertema kehidupan sehari-hari.

Di sinilah Anda harus cermat menilai selera audiens yang menjadi target market. Akurasi pilihan sosok influencer, isi dan cara penyampaian konten akan memperbanyak engagement yang diraih.

3. Jalin Hubungan Jangka Panjang yang Bernilai dengan Influencer

Berusahalah menjalin hubungan jangka panjang dengan nilai positif bersama influencer. Tips ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas serta ketenaran brand di masyarakat.

Brand yang sering gonta-ganti influencer cenderung dipandang negatif oleh warganet. Alih-alih terkesan inovatif, audiens justru akan menduga brand Anda bermasalah sehingga tidak ada satupun influencer yang betah bekerjasama.

Sebaliknya, hubungan brand-influencer yang positif dan awet bisa memperkuat kesan baik di benak calon pembeli. Bisnis Anda akan dinilai berkualitas dan tahu cara memperlakukan influencer sehingga masyarakat tertarik untuk ikut mendukung usaha Anda.

Namun Anda juga tetap harus tahu kapan sebaiknya memberhentikan kerjasama, seperti ketika brand ambassador terbukti melakukan skandal yang menyeret nama baik serta karirnya.

Brand yang kekeuh mempertahankan ambassador berperangai buruk juga bisa ikut terkena getahnya. Orang-orang akan mengira brand Anda sama problematiknya selayaknya si influencer.

Daripada mengorbankan reputasi, lebih baik sudahi kerjasama Anda sesegera mungkin. Akan tetapi jangan lupa beritahu audiens mengapa influencer tersebut diberhentikan.

4. Kedepankan Hubungan Mutualisme

Ciptakanlah jalinan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Tidak hanya brand Anda yang mendapat keuntungan, tapi juga para influencer yang diajak kerjasama.

Mayoritas konten kreator saat ini menginginkan kerjasama yang adil dan setara. Mereka tidak mau diperlakukan selayaknya bawahan, tetapi sebagai mitra kerja dengan kendali sendiri pada alur produksi konten endorsement.

Komunikasi dan kejujuran merupakan kunci utama di sini. Cobalah untuk memikirkan kembali benefit yang bisa Anda sediakan pada influencer, mulai dari gaji, kompensasi, hingga hal-hal lainnya yang dirasa perlu untuk diberikan.

Pun apabila masih terdapat kendala, jangan ragu untuk mengomunikasikan secara terbuka terkait pembagian profit pada pihak yang bersangkutan. Selamat mencoba!

Itulah aneka ragam manfaat influencer bagi bisnis online beserta kiat-kiat baru agar kampanye Anda lebih sukses. Yuk padukan tips di atas dengan strategi bisnis inovatif lainnya di MARKEY.

Baca sekarang ratusan artikel inspiratif seputar digital marketing di https://markey.id/ atau MARKEY APP, gratis! Sampai bertemu lagi di pembahasan seru berikutnya, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya