Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Jangan Tertipu! Ketahuilah Hal-Hal Ini Sebelum Mencoba “Influencer Marketing”

Jangan Tertipu! Ketahuilah Hal-Hal Ini Sebelum Mencoba “Influencer Marketing”

-

Pernahkah Anda melihat para selebriti Indonesia yang mempromosikan aneka produk di media sosial mereka setiap harinya? Aktivitas tersebut rupanya merupakan salah satu teknik promosi dalam dunia marketing online bernama influencer marketing.

Sama halnya seperti bisnis tradisional, bisnis online pun perlu untuk dipromosikan agar banyak orang mengetahui usaha yang Anda jalankan dan tertarik untuk membeli produk. Di sinilah kelebihan dari sistem marketing online tampak menonjol dibandingkan sistem promosi bisnis tradisional.

Dengan memanfaatkan jejaring internet dan teknologi, kini kita punya banyak cara menarik untuk melakukan promosi. Influencer marketing adalah salah satunya.

Perkembangan influencer marketing Indonesia sendiri cukup menjanjikan, mengingat banyak keuntungan yang telah terbukti bisa didapat melalui teknik promosi ini. Namun sebelum memulai bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk, ada baiknya untuk Anda mengetahui cara memilih influencer yang baik agar tidak justru menjadi korban penipuan.

Memang sungguh disayangkan bahwa di balik kepopularitasan strategi ini, ada banyak sekali aksi dan modus penipuan mengatas namakan strategi influencer marketing.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab pada artikel edisi kali ini, kami akan membahas lengkap cara-cara bijak dan tepat memilih influencer untuk diajak kerja sama. Pun kami juga akan mengulas perusahaan yang sukses mengaplikasikan metode ini. Yuk kita langsung mulai pembahasannya!

Mengapa Perusahaan Anda Harus Menggunakan Influencer Marketing?

influencer-marketing-2

Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya, “Mengapa perusahaan saya harus memakai bantuan influencer marketing? Tidakkah promosi biasa saja sudah cukup?”

Mari kita mulai dengan membahas apa itu influencer. Influencer marketing adalah istilah yang terdiri dari 2 kata yakni influencer dan marketing. Influencer adalah istilah yang disematkan kepada orang-orang dengan kemampuan memberi pengaruh khusus ke masyarakat untuk ikut melakukan sesuatu.

Sederhananya, influencer marketing adalah strategi mempromosikan produk atau jasa dengan bantuan para influencer. Tujuannya influencer marketing adalah lebih mudah meyakinkan masyarakat mencoba suatu produk.

Ada banyak jenis influencer yang bisa Anda temukan di masyarakat. Orang-orang yang bisa Anda libatkan dalam bentuk kerja sama influncer marketing adalah para selebriti, youtuber, blogger, selebgram, ataupun publik figur lainnya.

Jika orang tersebut mempunyai suatu platform online (baik website atau media sosial) dengan jumlah pengikut yang banyak seperti ribuan dan jutaan orang, maka dia sudah bisa disebut sebagai influencer.

Influencer marketing adalah sistem promosi yang memanfaatkan pengaruh dan trend setter sebagai kekuatan utamanya. Dengan influencer marketing, Anda bisa lebih mudah membangun brand awareness atau kesadaran masyarakat terhadap brand Anda dengan lebih mudah.

Apa sajakah manfaat dari influencer marketing untuk perusahaan atau bisnis online Anda? Jawabannya ada beraneka ragam. Beberapa manfaat dari influencer marketing adalah:

Artikel terkait  Strategi Pemasaran Bisnis Kecil Saat Ini

Konsumen Segera Memercayai Produk Anda

Nyatanya, sebuah produk baru tidak akan dapat langsung serta merta dipercayai oleh masyarakat. Untuk membangun kepercayaan dan rasa yakin dalam diri konsumen ini pun, Anda akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Namun strategi influencer marketing adalah cara yang selau berhasil meyakinkan konsumen akan produk Anda dalam kurun waktu singkat.

Promosi yang dilakukan oleh seorang influencer terbukti ampuh mengingat masyarakat sudah mengetahui dan mempercayai keahlian serta pengalaman mereka.

Jika seorang influencer memakai dan merekomendasikan produk Anda, maka para followers mereka pun akan serta merta tergiur untuk mencoba produk demi mendapat khasiat baik yang direkomendasikan.

Mendorong Jumlah Penjualan

Produk yang dipromosikan oleh influencer otomatis akan menjadi trend setter dan berdampak langsung pada peningkatan jumlah penjualan di masyarakat.

Hal ini sangat masuk akal, mengingat ada ‘prestise’ tersendiri yang muncul dalam benak kita ketika menggunakan produk yang sama dengan yang dipakai oleh influencer atau selebriti.

Jadi, influencer marketing adalah ‘jalan pintas’ untuk meraih jumlah penjualan produk hingga berkali-kali lipat!

Melebarkan Sayap ke Konsumen Baru

Ingin menjaring lebih banyak konsumen baru? Influencer marketing adalah jawabannya! Setiap influencer mempunyai ribuan hingga jutaan followers yang bertambah di setiap harinya.

Jadi, kapanpun mereka melakukan promosi di media sosial, maka akan selalu ada orang-orang baru yang melihat konten promosi produk Anda. Dengan begini, kehadiran produk Anda dapat menyasar lebih banyak calon konsumen baru.

Murah dan Cepat Balik Modal

Dibandingkan dengan metode promosi lain, influencer marketing adalah strategi pemasaran yang murah dan cepat balik modal. Banyak perusahaan dan penelitian yang telah membuktikan bahwa strategi influencer marketing adalah cara promosi dengan ROI (return of investment) yang besar, bahkan melebihi iklan banner.

Harga promosi influencer marketing pun beragam dan selalu bisa dinegosiasikan dengan sang influencer.

Contoh Influencer Marketing Sukses

shopee-5

Ada banyak perusahaan yang sudah sukses mengaplikasikan strategi influencer marketing, seperti perusahaan-perusahaan di bawah ini:

Shopee Indonesia

Belakangan ini, Shopee Indonesia sedang gencar melakukan branding melalui artis-artis boyband dan girlband K-POP seperti Stray Kids dan GFriend. Trik influencer marketing ini pun lantas sukses menjadikan Shopee sebagai trend setter di masyarakat dan meraih keuntungan penjualan lebih.

Salah satu campaign influencer marketing Shopee di akhir tahun 2017 pun terbukti meraih kesuksesan yang amat signifikan. Hanya dengan menggunakan jasa bantuan para influencer yang memposting aneka konten dengan hashtag #ShopeeBirthdaySale, perusahaan e-commerce ini sukses meraih tingkat engagement sebanyak +59.000 likes dan +263.000 views dalam satu minggu. Angka yang fantastis, bukan?

Daniel Wellington (DW)

Siapa yang tidak mengetahui brand jam tangan DW alias Daniel Wellington? Di balik kesuksesannya, brand Daniel Wellington ternyata turut memakai bantuan influencer marketing, lho! Bahkan brand ini hanya menggunakan strategi pemasaran influencer saja sebagai satu-satunya cara promosi produk ke masyarakat.

Namun taktik strategi influencer yang mereka lakukan tentunya tidak sembarangan. Daniel Wellington lebih mengutamakan influencer-influencer terkenal berskala dunia seperti selebriti Kendall Jenner.

Hasilnya pun tetap mencengangkan. Brand DW berhasil memproleh engagement yang signifikan, hingga mendapat predikat sebagai brand yang sukses membawa strategi influencer marketing ke level permainan yang lebih tinggi.

Contoh influencer marketing dari Shopee dan Daniel Wellington tentunya sangat menarik untuk diikuti, bukan? Anda pun bisa memulai dari hari ini untuk mengembangkan bisnis bersama jasa influencer marketing.

Namun ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan hasil promosi yang baik dan sesuai target. Apa sajakah tips-tips tersebut? Mari lanjutkan scroll untuk mengetahui jawabannya!

Artikel terkait  Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan Menggunakan Media Sosial

Tips Memilih Influencer Marketing Terbaik Sesuai Target

menentukan-influencer

Strategi influencer marketing memang sangat menggiurkan untuk dicoba. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam urusan memilih influencer terbaik untuk diajak bekerja sama.

Jika Anda sembarangan memilih influencer, bisa jadi usaha Anda justru akan menemui kerugian. Sebab pada kenyataannya, tidak semua influencer memahami strategi promosi yang baik atau mempunyai tingkat engagement yang baik di masyarakat.

Seperti yang sempat dibocorkan oleh Alexander Frolov, CEO dan co-founde dari HypeAuditor (sebuah tools AI untuk Youtube, Tiktok dan Instagram), bahwa banyak perusahaan selalu mengecek betul-betul kualitas dari sang influencer sebelum mereka menjalin kerja sama.

Pengecekan ini penting, agar modal yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjalankan promosi tidak sia-sia.

Frolov pun mempertegas bahwa jika Anda ingin sukses dalam berpromosi dengan influencer, maka memilih influencer dengan kualitas diri yang baik adalah langkah awal yang tepat dan harus dilakukan.

Lalu bagaimana cara-cara untuk mengetahui kualitas diri dan tingkat engagement yang dimiliki oleh sang selebriti? Jawabannya hanya satu: melakukan riset terhadap sang influencer terlebih dahulu.

Riset dan pengecekan data-data ini akan sangat berpengaruh dalam proses pembuatan keputusan final apakah sang influencer pilihan cocok dengan kebutuhan marketing atau tidak.

Saat ini pun sudah ada banyak software bantuan / tools yang bisa Anda cari di Google untuk membantu proses survey influencer ini, salah satunya seperti HypeAuditor.

Saat meriset kualitas seorang influencer, ada tiga hal utama yang harus Anda perhatikan di antaranya:

  • Followers = Pastikan bahwa followers yang mengikuti sang influencer adalah asli, bukan bot, mengingat saat ini banyak orang memakai robot / bot untuk menambah jumlah follower media sosial mereka. Promosi jelas akan sia-sia jika dilakukan kepada bot, bukan?
  • Engagement = Perhatikan berapa banyak orang yang memberikan likes, comments dan share terhadap konten-konten yang dipublikasikan oleh sang influencer. Semakin banyak respon/engagement yang mereka dapat, maka kualitas sang influencer akan semakin baik.
  • Keaslian profil = Cari tahu profesi, prestasi, data diri, dan pencapaian positif serta negatif yang dimiliki oleh sang influencer. Informasi ini penting untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan termakan bujuk rayu influencer dengan prestasi palsu atau selebriti yang hanya terkenal karena sensasi negatif.
  • Spesifikasi keahlian = Setiap influencer tentunya mempunyai spesifikasi keahlian yang berbeda-beda. Sebut saja Tasya Farasya yang terkenal sebagai beauty vlogger, sementara David GadgetIn adalah influencer di bidang IT. Jika Anda memiliki brand kecantikan, maka sudah barang tentu Anda harus bekerja sama dengan influencer yang ahli di bidang yang sama, bukan? Jadi, pastikan Anda sudah memilih orang-orang dengan keahlian, pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan domain brand Anda, ya!

Demikianlah pembahasan kali ini seputar influencer marketing Indonesia dan contoh influencer marketing! Semoga pembahasan di atas dari kami dapat membantu Anda lebih jeli dalam menjalin strategi influencer marketing Indonesia, ya. Yuk jangan lupa juga untuk mengecek artikel lain tentang dunia bisnis online hanya dari website Markey.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya