Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing 5 Trend Influencer Indonesia Terbaik untuk Bisnis Kekinian

5 Trend Influencer Indonesia Terbaik untuk Bisnis Kekinian

-

Pandemi tidak hanya mengubah tata cara berbisnis online, tetapi juga trend marketing influencer Indonesia. Ada 5 trend influencer marketing terbaru yang cocok diterapkan bisnis kekinian. Apa sajakah?

Bekerja sama dengan influencer adalah salah satu cara promosi yang bagus. Pasalnya, produk yang direkomendasikan oleh selebriti bisa 2x lebih mudah dan cepat terkenal. Maka dari itu tak heran banyak brand Indonesia dan luar yang menempuh strategi ini.

Nah, supaya hasil yang didapat lebih maksimal, ayo update strategi influencer marketing Anda dengan 5 trend terbaru berikut ini!

Baru! 5 Trend Marketing Influencer Indonesia Paling Laris Saat Ini

influencer indonesia

Mau bisnis lebih viral di masyarakat? Jika iya, maka social media influencer adalah taktik promosi yang wajib Anda coba.

Namun jangan hanya sekadar mencoba jasa endorse para artis! Pastikan iklan Anda lebih “menggebrak” dari pesaing dengan 5 trend marketing influencer Indonesia berikut ini.

Baca juga : Influencer Adalah? Cara Menjadi Influencer Sukses

1. Video Pendek Lebih Laris

Ada banyak tipe konten yang dapat dipakai dalam influencer marketing. Contohnya seperti foto (postingan feed), artikel review (blog afiliasi), dan video pendek.

Pertanyaannya sekarang adalah: Mana yang sebaiknya kita gunakan?

Tentu saja konten video marketing.

Keuntungan tertinggi endorsement influencer saat ini dipegang oleh klip-klip video review singkat. Materi video yang apik dan ringkas terbukti lebih ampuh memikat rasa penasaran konsumen terhadap produk Anda.

Selain itu, trend video pendek sudah semakin marak di abad ini berkat kehadiran platform seperti TikTok, Instagram, Snapchat, Dubsmash, dan YouTube Shorts. Mayoritas audiens lebih suka dan terbiasa menyimak info audio-visual ketimbang foto dan teks.

Baca juga : 4 Kiat dan Manfaat Influencer untuk Meramaikan Bisnis

2. Konten UGC dari Influencer

Pernahkah Anda melihat artis mengunggah review produk mereka di sosmed, dan men-tag akun brand tersebut? Inilah bentuk endorse marketing “halus” bernama UGC (User Generated Content).

Konten UGC sejatinya bukan strategi iklan yang baru. Taktik ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin mengemas iklan sebagai review. Jadi, penonton tidak akan “skip” iklan Anda karena tidak menjual produk secara terang-terangan (hard-selling).

Banyak influencer Indonesia memakai strategi UGC untuk mempromosikan produk kerjasama. Mereka akan membuat ulasan produk di sosmed, kemudian men-tag akun brand Anda. Tujuannya supaya konten tadi bisa di-repost juga oleh brand.

Manfaat utama konten UGC dalam trik social media influencer adalah:

  • Menambah kualitas dan image positif bisnis sebab produk atau jasa Anda direkomendasikan oleh artis.
  • Menambah kepercayaan masyarakat terhadap produk.
  • Konten iklan tidak mengganggu penonton sebab disajikan secara halus.
  • Mendorong daya beli masyarakat sebab tergiur dengan rekomendasi sang artis.

3. Bangkitnya Trend Pariwisata

Setelah hampir dua tahun lebih terpuruk oleh pandemi, kini sektor pariwisata kembali bangkit di Indonesia. Banyak bisnis memanfaatkan tema promosi pariwisata untuk mempromosikan produk serta jasa mereka.

Uniknya, tidak hanya bisnis di bidang travel saja yang mengiklankan jasanya memakai konsep liburan. Usaha-usaha di luar ranah tersebut pun juga bisa! Bagaimana caranya?

Semisal Anda menjual produk skincare dalam kemasan mini (travel size). Nah, Anda dapat bekerja sama dengan influencer Indonesia untuk mempromosikan produk tersebut di kala mereka sedang berlibur.

Tentunya trend ini membutuhkan kreativitas tersendiri dari influencer yang Anda ajak kerjasama. Mereka dapat mengiklankan produk dengan berbagai caption halus, seperti:

  • “Yuk pakai skincare terbaru dari @namabrand. Terbukti bikin bebas dari jerawat dan dekil selama liburan!”
  • “Nggak lagi pusing mikirin cara bawa skincare komplit ke tempat staycation. Sebab, paket skincare @namabrand super praktis dan travel-friendly!

Artikel terkait  4 Bauran Pemasaran | Pengertian, Komponen dan Konsepnya

4. Promosikan Topik Kesehatan

Selain pariwisata, topik kesehatan fisik dan mental juga ikut ramai mencuat semenjak pandemi melanda dunia. Banyak brand serta influencer Indonesia mengambil peluang promosi lewat topik ini. Hasilnya pun tak kalah menjanjikan dibanding promosi dengan tema liburan!

Produk-produk kesehatan bisa lebih cepat laku ketika diiklankan dengan bantuan influencer Indonesia. Namun Anda harus super teliti dan membuat konsep promosi matang dengan topik ini. Pasalnya, isu kesehatan harus tetap mengedepankan fakta dan keselamatan konsumen sendiri.

5. Virtual Influencer dan Live Streaming

Trend inovatif terakhir untuk memaksimalkan strategi influencer marketing adalah pemakaian virtual influencer dan live streaming. Keduanya diyakini mempunyai pengaruh kuat dalam aktivitas endorsement masa depan.

Virtual influencer adalah icon, avatar, atau maskot digital yang bertugas mengiklankan produk dan jasa Anda di dunia maya. Kehadiran virtual influencer baru dimulai mengikuti pesatnya perkembangan dunia online.

Influencer virtual pun tidak bisa sembarangan dibuat. Ia diprogram secara khusus oleh para ahli IT mulai dari tampilan hingga kecerdasan buatan yang dimiliki. Meski sedikit rumit, jumlah engagement yang bisa diraih virtual influencer dapat menembus 3x lipat selebriti asli (manusia).

Salah satu brand yang menggunakan virtual influencer adalah toko fashion dunia H&M. Brand H&M memiliki avatar online dari sosok aktris Hollywood, Maisie Williams. Icon digital Maisie “bertugas” mempromosikan produk-produk terbaru H&M dalam game virtual Animal Crossing.

Tapi jangan berkecil hati kalau bisnis Anda saat ini belum mampu membuat teknologi virtual influencer. Masih ada alternatif sederhana lain yang dapat dicoba, yakni endorsement jalur live streaming.

Sesuai namanya, endorsement live streaming dilakukan melalui siaran-siaran langsung di sosmed. Pun ada banyak influencer Indonesia yang viral berkat gaya live endorsement uniknya, seperti seleb TikTok “Tante Lala”.

Artikel terkait  10 Situs Cek Ongkir Aneka Ekspedisi Mudah dan Terlengkap

Apa Itu Social Media Influencer? Masihkah Relevan Pasca Pandemi?

Apa itu social media influencer? Apakah strategi promosi ini masih relevan digunakan pasca pandemi? Berikut jawaban lengkapnya:

Social media influencer adalah taktik mempromosikan barang dagangan atau jasa melalui orang lain. Tapi tentunya bukan sembarang orang, melainkan para artis, selebriti ataupun figur-figur yang punya pengaruh positif di masyarakat dalam hal ini adalah dunia maya.

Secara sederhana, brand Anda melakukan kerjasama berbayar dengan influencer tertentu. Keuntungan yang dihasilkan pun bersifat win-win solution; brand mendapat keuntungan promosi, sedangkan para selebriti menerima bayaran endorse.

Taktik promosi dengan social media influencer juga masih sangat relevan dilakukan di era kekinian pasca pandemi. Justru orang-orang saat ini lebih “mendengarkan” informasi dari influencer ketimbang yang lain.

Selama pandemi, fokus masyarakat tidak lagi tertuju pada konsumsi produk atau jasa. Daya beli masyarakat menurun, begitu juga dengan semangat mereka. Orang-orang lebih membutuhkan support dan perhatian alih-alih iklan penawaran. Di sinilah influencer memiliki pengaruh kuat untuk menjangkau target konsumen.

Para influencer dijadikan “panutan” oleh warganet sebab mereka menghadirkan banyak konten yang bersifat menghibur, memotivasi maupun mengedukasi. Alhasil, orang-orang ini memiliki “power” tersendiri untuk memengaruhi para followers-nya, termasuk ketika melakukan endorsement.

Maka dari itu, Anda sangat bisa memulai pendekatan yang baik pada konsumen melalui strategi influencer marketing.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar trend marketing terbaru dengan bantuan influencer Indonesia. Semoga tips ini mampu menambah keuntungan promosi olshop Anda saat ini, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik sukses berbisnis online lainnya hanya dari MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya