Last Updated on November 11, 2023 by APPKEY-HERI
Hingga saat ini, strategi pemasaran word of mouth atau mulut ke mulut masih dikategorikan strategi yang paling ampuh untuk mempromosikan brand dari sebuah produsen ataupun perusahaan. Di era modern, dimana teknologi memiliki peran yang kuat sekaligus luas di masyarakat, strategi word of mouth ini pun berkembang ke ranah digital. Dalam hal ini, menggunakan influencer adalah solusi yang tepat.
Menurut laporan Global Trust Advertising, sebanyak 83% konsumer lebih mempercayai suatu brand berdasarkan rekomendasi dari orang yang mereka percayai atau kagumi. Jumlah persentase ini melampaui persentase tingkat kepercayaan masyarakat melalui iklan di TV, yang hanya 63%. Disinilah seorang influencer memiliki peran penting dalam strategi promosi dan pemasaran di dunia digital.
Daftar Isi
Influencer Adalah?
Influencer adalah orang-orang yang memiliki followers atau jaringan pertemanan yang banyak di media sosial, seperti selebgram, selebritis, blogger, vlogger, dan youtuber. Namun, definisi dari influencer tidak se-sederhana itu karena influencer sendiri dikategorikan menjadi nano-influencer, micro influencer, macro-influencer dan mega-influencer dengan jumlah followers dan tingkat engagement yang berbeda-beda.
Berdasarkan perannya, influencer adalah orang yang membangun brand awareness di dunia maya menggunakan konten tertentu yang mereka unggah di media sosial. Seorang Influencer memiliki pengaruh yang kuat dan luas di media sosial. Hal tersebut dibuktikan oleh jumlah followers, likes, komentar dan viewer yang dihasilkan oleh konten yang mereka unggah atau biasa disebut engagement.
Orang-orang inilah yang dalam dunia pemasaran akan disebut sebagai influencer marketing. Brand akan memanfaatkannya sebagai media untuk menjangkau calon konsumen atau biasa disebut endorsement. Dengan endorsement, diharapkan calon konsumen menjadi tidak terlalu skeptis dengan brand yang diperkenalkan, karena influencer mereka percaya dengan brand tersebut.
Manfaat utama menggunakan influencer marketing adalah membangun kepercayaan sekaligus meningkatkan penjualan. Karena peran yang sangat penting tersebut, influencer adalah orang yang menjadi jembatan antara brand dengan masyarakat sebagai calon konsumen. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika seseorang ingin menjadi seorang influencer yang sukses.
Cara Menjadi Influencer Sukses
Pilih Platform yang Tepat
Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih media sosial. Pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhan, target konsumen, juga fitur-fitur unik. Sebagai contoh, berdasarkan data statistik menurut We are Social & Hootsuite pada Januari 2018, Youtube masih menjadi media sosial primadona yang dipilih untuk membangun brand awareness.
Facebook menguasai dua per tiga pasar di dunia dengan jumlah pengguna di atas 2,17 miliar. Platform ini juga memiliki fitur-fitur unik untuk pemasaran seperti Pages to Watch, analisis aplikasi, dan Facebook Messenger for Business. Facebook Ads akan sangat direkomendasikan jika seseorang memiliki marketing budget yang besar dan mampu berkompetisi dengan target konsumen yang lebih banyak dan luas.
Begitu juga dengan Twitter, 81% millennial menggunakan Twitter. Indonesia menempati tempat ke lima terbesar sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak. Twitter Ads menjadi media yang cocok jika millennial menjadi target utama. Apapun media sosial yang dipilih, selalu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan pemilihan platform yang tepat akan mendukung brand image.
Tentukan Social Brand yang Diinginkan
Influencer adalah seseorang yang mampu membuat followers-nya merasa bahwa ia adalah bagian dari peer group followers-nya sehingga setiap rekomendasinya dapat dipercayai. Sebanyak 44% dari generasi muda selalu mengikuti rekomendasi dari kreator digital dan 30% membeli produk yang direkomendasikan, berdasarkan studi dari tubefilter.
Oleh karena itu, image atau social brand di media sosial adalah langkah awal yang menentukan konsep konten yang diunggah di media sosial dan audiens seperti apa yang ingin dijangkau. Di masa depan, hal ini dapat membentuk spesifikasi bisnis dan membantu brand menemukan influencer yang cocok dengan brand mereka
Unggah Konten yang Menarik dan Bermakna
Bagaimana seorang influencer mempengaruhi followers-nya? Influencer adalah seseorang yang kreatif dalam membuat konten yang menarik, unik, bermakna dan shareable, karena konten inilah yang membentuk social brand.
Contoh konten yang sedang hits saat ini seperti meme, challenge, video dan foto. Sepertiga aktivitas online digunakan untuk menonton video dan menurut situs The Next Web, 87% online marketer menggunakan video sebagai salah satu strategi.
Hal penting yang perlu diperhatikan terkait konten adalah hal-hal teknis terkait tampilan konten yang diunggah dan hal menarik apa yang perlu dibahas. Fitur-fitur dalam media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk membuat konten semakin menarik, seperti multiple photo, tagar, instastory, swipe up, polling, dan sebagainya. Oleh karena itu, influencer adalah seseorang yang kreatif dan dekat sekali dengan social brand yang dibentuknya.
Berinteraksi dengan Followers
Setiap hari hampir semua orang selalu melihat feed dalam media sosial, mengikuti challenge, memberi likes, mengomentari konten, bahkan membeli produk yang diunggah oleh influencer. Maka tidak heran jika banyak orang seringkali menganggap influencer adalah seseorang yang dekat dengan mereka.
Konten yang menarik tidak hanya berguna untuk membentuk social brand, tetapi juga berguna untuk menarik perhatian followers, sekaligus menambah dan memperluas jaringan pertemanan karena kekuatan word of mouth.
Interaksi dengan followers inilah yang menentukan tingkat engagement yang dimiliki. Influencer adalah penyambung antara brand dengan calon konsumen, sehingga kombinasi antara image, konten menarik, juga interaksi, dapat menjadi media promosi dan pemasaran yang efektif bagi sebuah brand.
Menghindari Followers Fiktif
Influencer adalah seseorang yang dipilih oleh suatu brand bukan karena memiliki followers yang banyak, tetapi karena faktor engagement. Contoh sederhana dari engagement adalah seseorang memiliki followers hingga mencapai ratusan orang, tetapi saat mengunggah konten tertentu, jumlah komentar dan viewer yang dihasilkan tidak mencapai sepuluh orang.
Hal itu mengindikasikan kurangnya interaksi dengan followers atau adanya followers fiktif. Selain tidak memberikan pengaruh apa-apa pada engagement, juga dapat memberikan spam pada followers setia dengan menggunakan trik tertentu yang seringkali tidak disadari oleh calon influencer. Sebenarnya followers palsu ini dapat dilacak dengan menggunakan Google dan tentunya dapat mencoreng reputasi pada akhirnya.
Memperluas Jaringan (Networking)
Cerdas dalam menciptakan konten yang kreatif dan menarik, berinteraksi dengan followers dan pemilik konten lain adalah cara ampuh yang dapat digunakan untuk menambah jaringan pertemanan.
Sebenarnya ada cara lain yang lebih menyenangkan untuk mempromosikan diri, menambah pertemanan, juga memperluas wawasan. Cara tersebut adalah dengan aktif menghadiri event-event sosial atau berusaha bergabung dengan manajemen influencer resmi seperti Aidoru, Socia Buzz, Beautynesia, Goviral, Getcraft, dan sebagainya.
Demikian 5 tips sukses untuk menjadi seorang influencer handal yang layak diperhitungkan oleh sebuah brand di masa depan. Setiap orang yang sedang dalam proses untuk menjadi influencer sukses memiliki strategi yang berbeda-beda untuk mencapai tujuannya.
Apapun strateginya, hasil akhirnya pasti adalah agar dipercaya oleh sebuah brand untuk mempromosikan produk atau service brand tersebut. Tidak jarang pula, setelah berhasil terkenal melalui dunia maya, dapat juga menjadi terkenal di dunia nyata.
Ingin mendapat lebih banyak inspirasi, ide bisnis, dan tips trik sukses berbisnis online? Yuk ikuti terus update kiat-kiat rahasia bisnis di MARKEY. Baca gratis sekarang juga di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Baca juga
Influencer adalah : Kiat Menemukan Influencer yang Bagus!
Influencer Marketing adalah : Ketahuilah Hal-Hal Ini Sebelum Mencoba Influencer Marketing
Apakah Influencer Marketing akan Membantu Bisnismu?
Mengapa Anda Membutuhkan Influencer? Bingkai Perekrutan dengan Followers!
5 Trend Influencer Indonesia Terbaik untuk Bisnis Kekinian
Standar Influencer Marketing Terbaru dan Pekerjaan Sampingan Menggunakan Media Sosial
Strategi Membuat Konten Instagram yang Menarik Pelanggan
Belajar Digital Marketing : Mengapa Anda Membutuhkan Influencer?
Panduan Pemasaran Aplikasi Basic, Flow, Studi Kasus Terbaru
Belajar Digital Marketing : Mengapa Anda Membutuhkan Influencer?
Apa Itu Micro Influencer | Mengapa Bisnis Memerlukannya?
Tips Cara Memilih Brand Ambassador Dengan Benar | Perbedaannya Dengan Brand Advocate dan Influencer
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.