Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Tips Cara Memilih Brand Ambassador Dengan Benar | Perbedaannya...

Tips Cara Memilih Brand Ambassador Dengan Benar | Perbedaannya Dengan Brand Advocate dan Influencer

-

 Dalam dunia marketing, dikenal istilah brand ambassador, brand advocate, dan influencer. Meskipun tergabung dalam dunia bisnis dan marketing, ketiganya memiliki arti dan fungsi yang berbeda, sekaligus pengaruh pada kelancaran bisnis Anda. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika Anda mendalami arti dari ketiga istilah tersebut.

Berikut akan dibahas arti dari brand ambassador, perbedaannya dengan brand advocate dan influencer, sekaligus tips cara memilih brand ambassador yang tepat, beserta informasi menarik lainnya!

Pengertian Brand Ambassador

brand-ambassador

Brand ambassador adalah orang yang disewa oleh Anda sebagai perusahaan atau organisasi untuk menjadi ‘wajah’ atau ikon dari suatu merk, atau dalam artian mewakili merk, sehingga konsumen dapat diundang atau tertarik untuk membeli atau menggunakan produk dengan menggunakan keahlian dan daya tarik. Oleh karena itu biasa disebut juga dengan corporate ambassador, atau dalam bahasa Indonesia, duta merk.

Tujuan brand ambassador adalah mewujudkan identitas perusahaan, baik itu dalam bentuk penampilan, perilaku, nilai-nilai hingga etika. Umumnya, brand ambassador diambil dari orang-orang terkenal atau yang sedang naik daun, atau bahkan atlet. Karakteristik utama dari brand ambassador adalah adanya daya tarik atau attractiveness, keahlian alias expertise dan terakhir trustworthiness alias dapat dipercaya.

Lalu, bagaimana cara kerja brand ambassador?

Kesepakatan kerja antara Anda dengan brand ambassador umumnya terjadi dalam waktu yang terbatas. Anda diharuskan memberikan seorang brand ambassador pengetahuan yang dalam mengenai suatu brand sampai ke akar-akarnya. Dan seorang brand ambassador diharuskan untuk menguasai produk tersebut dalam waktu singkat. Selain itu seorang brand ambassador juga akan diminta untuk memberikan review pada produk atau layanan sekalipun belum pernah menggunakannya.

Seorang duta merk juga diharuskan untuk menunjukkan rasa puas dan senang pada brand Anda, baik itu melalui media sosial, iklan, ataupun event yang dibuat oleh perusahaan. Selanjutnya mereka harus mengerahkan kemampuan mereka untuk menggunakan strategi promosi, demi memperkuat hubungan antara pelanggan, produk dan layanan, sekaligus memengaruhi audiens dalam jumlah besar, demi membeli atau mengkonsumsi lebih banyak produk atau layanan yang dimiliki perusahaan. Hal ini menjadi key element dari seorang duta merk, yaitu strategi promosi dan audiens yang besar.

Oleh karena itulah, kelebihan brand ambassador adalah bisa menarik massa dalam jumlah besar sehingga promosi dapat dilakukan lebih luas dan dalam waktu yang singkat!

Artikel terkait  Apa Itu Micro Influencer | Mengapa Bisnis Memerlukannya?

Perbedaan Brand Ambassador, Brand Advocate dan Influencer!

brand-advocate

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, brand ambassador artinya ‘wajah’ atau ikon dari suatu merk, yang diwakili oleh seseorang.

Sementara brand advocate lebih tertuju kepada konsumen, atau dalam kata lain, konsumen Anda yang paling loyal. Banyak sekali hal positif yang dilakukan oleh konsumen Anda yang satu ini, yang juga dapat menjadi pengaruh positif bagi produk Anda.

Mereka adalah orang-orang yang selalu membicarakan pengalamannya dalam menggunakan produk Anda, tanpa dibayar sekalipun. Bahkan sudah sejak lama mengikuti pertumbuhan dari brand Anda sekaligus mengalami perubahan yang terjadi.

Seringkali mereka juga terlibat aktif dalam membagikan informasi mengenai brand Anda, baik melalui media sosial maupun orang-orang di sekitarnya. Dengan mudahnya mereka menjelaskan produk yang pernah Anda ciptakan, lengkap dengan kekurangannya.

Hal ini dipastikan karena kuatnya brand Anda, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk mendapatkan review positif dari pelanggan Anda.

Sementara influencer, secara sederhana adalah orang yang memiliki pengaruh, dalam hal ini bisa jadi public figure atau selebgram, atau bahkan blogger dan youtuber.

Umumnya seorang influencer memiliki jutaan pengikut di sosial media, tetapi tidak perlu jutaan, di zaman sekarang seseorang dengan ribuan follower pun juga bisa menjadi influencer jika dapat memberikan pengaruh besar pada audiens. Oleh karena itu, cocok sekali untuk menjadi trend setter, baik dalam skala besar maupun kecil.

Jika Anda memutuskan memilih influencer¸ kerja sama yang Anda lakukan terbilang lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan memperkerjakan duta merk. Dikarenakan harganya yang jauh lebih terjangkau, kerja sama yang terjalin pun lebih singkat dibandingkan dengan duta merk, misalnya satu kali unggahan di media sosial.

Meskipun dalam beberapa kasus, misalnya untuk memperkenalkan suatu produk, dapat menjadi lebih efektif, dikarenakan dilakukan dalam jangka waktu yang singkat, kerja sama berulang perlu dilakukan untuk mendapatkan efek yang baik!

Jadi, bagaimana, lebih memilih influencer atau brand ambassador? Atau menyempurnakan kualitas brand dan kepercayaan konsumen Anda?

Semuanya ada di tangan Anda!

Bagaimana Memilih Brand Ambassador yang Baik?

brand-ambassador-2

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, duta merk yang baik biasanya adalah orang-orang terkenal atau bintang-bintang yang sedang naik daun.

Tetapi apakah hanya itu saja duta merk terbaik?

Tentunya tidak!

Anda dapat mulai melihat sosial media yang Anda miliki dan mencari orang yang terus mengikuti aktivitas sosial media perusahaan atau organisasi Anda sekaligus memahami produk atau layanan yang Anda miliki. Hubungi orang tersebut dan katakan bahwa Anda tertarik untuk menjadikannya sebagai duta merk.

Namun, hal yang harus Anda perhatikan saat memilih sosok duta merk yang berasal dari sosial media dan belum memiliki nama besar adalah kepercayaan dan ketulusannya dalam membantu Anda. Tidak hanya dari kepribadiannya yang santun terhadap prospek dan pelanggan Anda saja. Sebab hal ini menyangkut nama baik perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin, juga produk atau layanan Anda di mata audiens.

Karena itu temukanlah orang yang benar-benar memahami bisnis Anda dan senang jika diajak bekerja sama!

Selain itu, duta merk yang baik berasal dari karyawan Anda sendiri. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karyawan adalah orang yang mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, saat karyawan menawarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, orang-orang di sekitarnya jauh lebih mudah percaya untuk mengambil keputusan dalam pembelian.

Mungkin di Indonesia hal ini bisa dilakukan dibandingkan jika harus mencari duta merk dari luar perusahaan dengan alasan popularitas sebagai alasan utama.

Artikel terkait  PDB Adalah : Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Karakteristik Duta Merk

Setelah mengetahui tempat yang tepat untuk mencari duta merk terbaik untuk Anda, seperti yang dipaparkan sebelumnya, terdapat karakteristik duta merk yang harus Anda perhatikan.

Diantaranya adalah power, dimana kharisma yang dipancarkan menyebabkan konsumen mau membeli atau menggunakan produk. Kemudian, kredibilitas, yaitu tingkatan dimana konsumen dapat melihat seorang duta merk memiliki keahlian atau pengalaman yang relevan, sekaligus dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif.

Selanjutnya yaitu daya tarik, yaitu tampilan non-fisik menarik yang tentunya dapat mendukung produk. Selain itu, kesesuaian juga dibutuhkan, dimana konsep kunci dibutuhkan untuk memastikan antara merk dan duta merk cocok.

Dan terakhir yaitu transparansi, yaitu ketika seorang duta merk mendukung merk yang terkait dengan profesi mereka.

Peran dan Manfaat Brand Ambassador!

Peran duta merk dalam fungsinya untuk mempromosikan suatu produk adalah memberikan kesaksian atau testimonial mengenai suatu produk jika ia menggunakan produk secara pribadi. Tetapi bisa juga memberikan endorsement atau penguatan saja, saat ia diminta untuk membintangi suatu iklan produk dimana ia secara pribadi bukan ahli di bidangnya.

Dikarenakan seorang duta merk mempromosikan produk, merk atau bisnis dalam periode tertentu, maka termasuk ke dalam peran pembicara. Kerapkali penampilan mereka pun dikaitkan dengan produk yang diwakili mereka.

Dikarenakan perannya tersebut, baik dalam event atau iklan perusahaan, duta merk memberikan manfaat diantaranya sebagai press coverage, yaitu membentuk citra merk di mata konsumen. Selain itu juga dapat menarik konsumen baru untuk menggunakan produk alias attracting new customers. Kadang ada juga konsumen yang kurang memperhatikan slogan perusahaan, tetapi dengan adanya duta merk, konsumen lebih mudah mengingat kampanye yang diselenggarakan perusahaan. Bahkan seorang duta merk dapat mengubah persepsi merk, dengan adanya duta merk, citra dan persepsi suatu merk dapat didukung!

Demikian informasi mengenai brand ambassador yang tentunya sayang sekali untuk dilewatkan! Tentunya informasi tersebut dapat memperdalam wawasan Anda mengenai peran penting duta merk dalam hal brand awareness, yang juga akan memperlancar penjualan brand Anda! Selamat mencoba!

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya