4.3 C
Munich

Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Dasar Pemasaran Marketing Mix : Pengertian, Konsep, Fungsi dan Contohnya

Marketing Mix : Pengertian, Konsep, Fungsi dan Contohnya

-

Sejauh ini mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa marketing memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah marketing mix atau bauran pemasaran. Apa itu? Apakah Anda masih merasa asing dengan bauran pemasaran. Sebagaimana dengan namanya, bauran pemasaran merupakan suatu strategi pemasaran yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa elemen untuk menjalankan pemasaran yang lebih terpadu.

Biasanya, marketing jenis ini memang sering dilakukan oleh para perusahaan besar, terutama perusahaan yang memiliki target penjualan dengan jumlah yang besar. Pasalnya, untuk mencapai kecakapan bisnis yang sukses, memiliki produk yang unggul dan berkualitas belumlah cukup untuk melampaui target penjualan.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah strategi khusus, seperti menjalankan marketing mix ini. Pemakaian strategi pemasaran yang ini bukan hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar Anda, karena sebagai pebisnis pemula, Anda pun juga bisa menerapkannya untuk menjalankan usaha Anda saat ini.

Pengertian Marketing Mix

marketing mix

Sebelumnya telah sedikit disinggung bahwa Mix Marketing atau bauran pemasaran merupakan sebuah kombinasi pemasaran yang terdiri dari variabel kegiatan yang menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit yang telah ditargetkan dan profit yang telah tersusun dari strategi produk, harga, kegiatan promosi hingga tempat berlangsung dan berjalannya proses pemasaran.

Melalui penerapan strategi pemasaran yang matang, tentu akan memberikan pengaruh baik terhadap hasil akhir dan kesuksesan bisnis Anda. Pasalnya, setinggi apapun kualitas produk dan jasa yang ditawarkan, akan sia-sia apabila Anda gagal dalam menentukan serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Artikel terkait  Internet Marketing (Sejarah, Pengertian, Strategi)

 

Konsep Marketing Mix

marketing

Apabila membahas tentang ranah marketing, maka Anda perlu mengetahui bahwa terdapat konsep umum yang harus diketahui oleh setiap pebisnis. Konsep tersebut, adalah marketing 4P. Yakni, konsep marketing yang berfokus dalam empat hal, diantaranya: Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Empat hal tersebut harus menjadikan fokus sekaligus sebagai bahan pertimbangan utama dalam menyusun bagaimana Anda dalam menyusun strategi pemasaran.

Akan tetapi, dengan adanya perkembangan pasar yang sangat dinamis saat ini, menyebabkan pemakaian konsep 4P tersebut menjadi kurang efektif, sehingga perlu rasanya untuk menambahkan poin lain dalam membuat strategi pemasaran, yakni dengan menggunakan marketing mix atau yang paling sering disebut dengan marketing 7P. Konsep marketing 7P tersusun dengan menambahkan 3 poin lagi pada konsep 4P yang sudah ada sebelumnya, yakni dengan menambahkan Process (proses), People (orang) dan Physical Evidence (bukti fisik). Supaya menjadi lebih jelas, berikut ini akan dibahas mengenai penerapan marketing 7P secara lebih detail.

Artikel terkait  Apa itu Konsep Pemasaran?

Aspek Produk (Product)

Yang dimaksudkan dengan aspek produk, tentu adalah hal yang Anda jual, yakni meliputi barang ataupun jasa. Aspek produk inilah yang akan digunakan untuk memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga Anda harus memaksimalkan kualitasnya, agar para pelanggan merasa puas dengan apa yang Anda jual.

Aspek Harga (Price)

Harga adalah uang yang harus diberikan / dibayarkan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang Anda jual. Harga juga salah satu aspek yang sangat penting, karena pada umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mengingat sifatnya yang sangat fleksibel, sebaiknya Anda harus selalu mengikuti dinamika pasar agar mampu menetapkan harga pada level yang tepat.

Artikel terkait  Pengertian Suplier dan Cara Menjadi Suplier yang Handal

 

Aspek Tempat (Place)

Tempat usaha adalah lokasi dimana Anda akan melakukan proses jual-beli. Bagi para pelaku usaha konvensional aspek ini memang sangat penting. Sebab, Anda harus memperhatikan apakah lokasi tersebut cukup strategis ataupun tidak.

Pemilihan tempat yang strategis tentunya dapat memudahkan konsumen untuk berkunjung dan berbelanja. Namun, dengan semakin maraknya bisnis online seperti sekarang ini, membuat pengertian aspek tempat (place) dapat disesuaikan dengan media online yang digunakan.

Artikel terkait  Materi Strategi Pemasaran : Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Aspek Promosi (Promotion)

Promosi merupakan kegiatan bisnis dengan mempunyai tujuan agar konsumen dapat lebih mengenal dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Dalam kegiatan ini, Anda harus mampu mengubah persepsi konsumen menjadi positif terhadap bisnis yang Anda jalankan.Untuk melakukannya ada banyak sekali teknik promosi yang bisa dipilih, baik secara manual (face to face) hingga melakukan promosi secara online.

Aspek Proses (Process)

Dalam berbisnis, proses dapat diartikan sebagai langkah-langkah atau tindakan yang dilakukan antara penjual dan konsumen. Di dalamnya meliputi pelayanan dan proses transaksi. Berikan pengalaman pelayanan yang memuaskan, aman dan nyaman bagi para konsumen melalui berbagai teknik agar mereka pun merasa puas secara maksimal.

Artikel terkait  Strategi Pemasaran Adalah ? Pengertian, Tujuan & Konsepnya

Aspek Orang (People)

Yang termasuk dalam aspek ini bukan hanya konsumen, tetapi juga untuk semua SDM yang terlibat termasuk pekerja atau tim bisnis Anda. Hal ini sangat penting diperhatikan, mengingat bahwa semua orang mempunyai kecenderungan yang berbeda dalam dunia bisnis. Memberikan perhatian yang baik pada orang yang terlibat dalam bisnis atau usaha Anda, merupakan langkah awal yang sangat baik untuk meminta mereka dalam bergabung dan bekerja sama dengan sepenuh hati.

Artikel terkait  Pemasaran Konvensional Paling Efektif | Strategi Marketing

Aspek Bukti Fisik (Physical Evidence)

Physical evidence adalah semua yang berbentuk peralatan atau perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya bisnis Anda. Khususnya untuk bisnis dalam skala besar, karena semakin besar bisnis Anda, tentunya akan membutuhkan semakin banyak peralatan dengan kemampuan yang semakin kompleks.

Semua aspek dalam konsep Marketing 7P sangatlah penting dan saling berkaitan satu sama lainnya. Untuk itu, Anda harus menjalankannya secara beriringan dan harus dilakukan secara proporsional.

Artikel terkait  Pengertian Marketing dan Pengenalan Web Marketing

Fungsi Marketing Mix

marketing

Berikut ini beberapa fungsi mix marketing (bauran marketing) pada perusahaan yang harus diketahui. Adapun diantaranya sebagai berikut ini.

Fungsi pertukaran

Dengan marketing, para konsumen bisa membeli produk atau jasa yang berasal dari pihak produsen, baik itu dengan melakukan pertukaran uang dengan produk atau melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri maupun untuk dijual kembali dengan selisih harga yang lebih tinggi.

Artikel terkait  Pemasaran Rumah Sakit | Strategi Pemasaran di Era Modern

Fungsi distribusi fisik

Distribusi fisik pada produk biasanya dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk dalam kurun waktu tertentu. Produk-produk yang merupakan berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen lalu akan disalurkan melalui pengiriman dari jalur darat, air maupun udara.

Kemudian, proses penyimpanan produk tersebut dilakukan dengan mengendapkan dan menjaga pasokan atau stok produk. Tujuannya agar tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan, sehingga dapat selalu memenuhi permintaan pasar.

Fungsi perantara

Marketing ini merupakan media perantara yang juga dapat digunakan untuk menyampaikan produk dari produsen kepada setiap konsumen. Dimana mereka dihubungkan melalui aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Dimana pada aktivitas fungsi perantara ini seperti proses pembiayaan, proses pencarian informasi, proses pengelompokan produk, dan lain sebagainya.

Artikel terkait  Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

Contoh Marketing Mix

marketing

Dari penjabaran tentang bauran pemasaran ini, apakah Anda sudah bisa memahami seperti apa cara penerapannya? Jika belum, maka kami akan memberikan contoh sederhana, agar Anda mudah dalam memahaminya.

Contoh penerapan bauran pemasaran adalah sebagai berikut.

Semisalnya, jika saat ini Anda menjual produk skincare berskala besar, maka untuk bisa meningkatkan omset penghasilan Anda bisa menerapkan konsep marketing 7 P seperti yang dijelaskan di atas. Yakni, selain memasarkan /menjual skincare secara offline, Anda pun bisa memasarkannya secara offline. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa menggunakan produk skincare tersebut sebagai bukti testimoni secara nyata. Kemudian, sesekali lakukan promosi lewat event, diskon potongan harga, diskon gratis produk dan yang lainnya untuk menarik minat pembeli.

Intinya, pelaksanaan marketing mix adalah menerapkan beberapa strategi marketing untuk dikombinasikan dan dilaksanakan menjadi satu. Sebab, dari beberapa kombinasi strategi marketing tersebut, tentu berpeluang untuk meningkatkan penjualan dengan skala yang lebih besar.

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya