Marketing Mix : Pengertian, Konsep, Fungsi dan Contohnya

Sejauh ini mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa marketing memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah marketing mix atau bauran pemasaran. Apa itu? Apakah Anda masih merasa asing dengan bauran pemasaran. Sebagaimana dengan namanya, bauran pemasaran merupakan suatu strategi pemasaran yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa elemen untuk menjalankan pemasaran yang lebih terpadu.

Biasanya, marketing jenis ini memang sering dilakukan oleh para perusahaan besar, terutama perusahaan yang memiliki target penjualan dengan jumlah yang besar. Pasalnya, untuk mencapai kecakapan bisnis yang sukses, memiliki produk yang unggul dan berkualitas belumlah cukup untuk melampaui target penjualan.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah strategi khusus, seperti menjalankan marketing mix ini. Pemakaian strategi pemasaran yang ini bukan hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar Anda, karena sebagai pebisnis pemula, Anda pun juga bisa menerapkannya untuk menjalankan usaha Anda saat ini.

Pengertian Marketing Mix

marketing mix

Sebelumnya telah sedikit disinggung bahwa Mix Marketing atau bauran pemasaran merupakan sebuah kombinasi pemasaran yang terdiri dari variabel kegiatan yang menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit yang telah ditargetkan dan profit yang telah tersusun dari strategi produk, harga, kegiatan promosi hingga tempat berlangsung dan berjalannya proses pemasaran.

Melalui penerapan strategi pemasaran yang matang, tentu akan memberikan pengaruh baik terhadap hasil akhir dan kesuksesan bisnis Anda. Pasalnya, setinggi apapun kualitas produk dan jasa yang ditawarkan, akan sia-sia apabila Anda gagal dalam menentukan serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Konsep Marketing Mix

marketing

Apabila membahas tentang ranah marketing, maka Anda perlu mengetahui bahwa terdapat konsep umum yang harus diketahui oleh setiap pebisnis. Konsep tersebut, adalah marketing 4P. Yakni, konsep marketing yang berfokus dalam empat hal, diantaranya: Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Empat hal tersebut harus menjadikan fokus sekaligus sebagai bahan pertimbangan utama dalam menyusun bagaimana Anda dalam menyusun strategi pemasaran.

Akan tetapi, dengan adanya perkembangan pasar yang sangat dinamis saat ini, menyebabkan pemakaian konsep 4P tersebut menjadi kurang efektif, sehingga perlu rasanya untuk menambahkan poin lain dalam membuat strategi pemasaran, yakni dengan menggunakan marketing mix atau yang paling sering disebut dengan marketing 7P. Konsep marketing 7P tersusun dengan menambahkan 3 poin lagi pada konsep 4P yang sudah ada sebelumnya, yakni dengan menambahkan Process (proses), People (orang) dan Physical Evidence (bukti fisik). Supaya menjadi lebih jelas, berikut ini akan dibahas mengenai penerapan marketing 7P secara lebih detail.

Aspek Produk (Product)

Yang dimaksudkan dengan aspek produk, tentu adalah hal yang Anda jual, yakni meliputi barang ataupun jasa. Aspek produk inilah yang akan digunakan untuk memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga Anda harus memaksimalkan kualitasnya, agar para pelanggan merasa puas dengan apa yang Anda jual.

Aspek Harga (Price)

Harga adalah uang yang harus diberikan / dibayarkan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang Anda jual. Harga juga salah satu aspek yang sangat penting, karena pada umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mengingat sifatnya yang sangat fleksibel, sebaiknya Anda harus selalu mengikuti dinamika pasar agar mampu menetapkan harga pada level yang tepat.

Aspek Tempat (Place)

Tempat usaha adalah lokasi dimana Anda akan melakukan proses jual-beli. Bagi para pelaku usaha konvensional aspek ini memang sangat penting. Sebab, Anda harus memperhatikan apakah lokasi tersebut cukup strategis ataupun tidak.

Pemilihan tempat yang strategis tentunya dapat memudahkan konsumen untuk berkunjung dan berbelanja. Namun, dengan semakin maraknya bisnis online seperti sekarang ini, membuat pengertian aspek tempat (place) dapat disesuaikan dengan media online yang digunakan.

Aspek Promosi (Promotion)

Promosi merupakan kegiatan bisnis dengan mempunyai tujuan agar konsumen dapat lebih mengenal dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Dalam kegiatan ini, Anda harus mampu mengubah persepsi konsumen menjadi positif terhadap bisnis yang Anda jalankan.Untuk melakukannya ada banyak sekali teknik promosi yang bisa dipilih, baik secara manual (face to face) hingga melakukan promosi secara online.

Aspek Proses (Process)

Dalam berbisnis, proses dapat diartikan sebagai langkah-langkah atau tindakan yang dilakukan antara penjual dan konsumen. Di dalamnya meliputi pelayanan dan proses transaksi. Berikan pengalaman pelayanan yang memuaskan, aman dan nyaman bagi para konsumen melalui berbagai teknik agar mereka pun merasa puas secara maksimal.

Aspek Orang (People)

Yang termasuk dalam aspek ini bukan hanya konsumen, tetapi juga untuk semua SDM yang terlibat termasuk pekerja atau tim bisnis Anda. Hal ini sangat penting diperhatikan, mengingat bahwa semua orang mempunyai kecenderungan yang berbeda dalam dunia bisnis. Memberikan perhatian yang baik pada orang yang terlibat dalam bisnis atau usaha Anda, merupakan langkah awal yang sangat baik untuk meminta mereka dalam bergabung dan bekerja sama dengan sepenuh hati.

Aspek Bukti Fisik (Physical Evidence)

Physical evidence adalah semua yang berbentuk peralatan atau perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya bisnis Anda. Khususnya untuk bisnis dalam skala besar, karena semakin besar bisnis Anda, tentunya akan membutuhkan semakin banyak peralatan dengan kemampuan yang semakin kompleks.

Semua aspek dalam konsep Marketing 7P sangatlah penting dan saling berkaitan satu sama lainnya. Untuk itu, Anda harus menjalankannya secara beriringan dan harus dilakukan secara proporsional.

Fungsi Marketing Mix

marketing

Berikut ini beberapa fungsi mix marketing (bauran marketing) pada perusahaan yang harus diketahui. Adapun diantaranya sebagai berikut ini.

Fungsi pertukaran

Dengan marketing, para konsumen bisa membeli produk atau jasa yang berasal dari pihak produsen, baik itu dengan melakukan pertukaran uang dengan produk atau melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri maupun untuk dijual kembali dengan selisih harga yang lebih tinggi.

Fungsi distribusi fisik

Distribusi fisik pada produk biasanya dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk dalam kurun waktu tertentu. Produk-produk yang merupakan berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen lalu akan disalurkan melalui pengiriman dari jalur darat, air maupun udara.

Kemudian, proses penyimpanan produk tersebut dilakukan dengan mengendapkan dan menjaga pasokan atau stok produk. Tujuannya agar tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan, sehingga dapat selalu memenuhi permintaan pasar.

Fungsi perantara

Marketing ini merupakan media perantara yang juga dapat digunakan untuk menyampaikan produk dari produsen kepada setiap konsumen. Dimana mereka dihubungkan melalui aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Dimana pada aktivitas fungsi perantara ini seperti proses pembiayaan, proses pencarian informasi, proses pengelompokan produk, dan lain sebagainya.

Contoh Marketing Mix

marketing

Dari penjabaran tentang bauran pemasaran ini, apakah Anda sudah bisa memahami seperti apa cara penerapannya? Jika belum, maka kami akan memberikan contoh sederhana, agar Anda mudah dalam memahaminya.

Contoh penerapan bauran pemasaran adalah sebagai berikut.

Semisalnya, jika saat ini Anda menjual produk skincare berskala besar, maka untuk bisa meningkatkan omset penghasilan Anda bisa menerapkan konsep marketing 7 P seperti yang dijelaskan di atas. Yakni, selain memasarkan /menjual skincare secara offline, Anda pun bisa memasarkannya secara offline. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa menggunakan produk skincare tersebut sebagai bukti testimoni secara nyata. Kemudian, sesekali lakukan promosi lewat event, diskon potongan harga, diskon gratis produk dan yang lainnya untuk menarik minat pembeli.

Intinya, pelaksanaan marketing mix adalah menerapkan beberapa strategi marketing untuk dikombinasikan dan dilaksanakan menjadi satu. Sebab, dari beberapa kombinasi strategi marketing tersebut, tentu berpeluang untuk meningkatkan penjualan dengan skala yang lebih besar.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol