Last Updated on August 2, 2022 by
Apa manfaat iklan bagi para konsumen? Adakah keuntungan iklan bagi masyarakat? Ternyata ada 6 manfaat iklan bagi konsumen yang masih jarang diketahui, lho.
Kebanyakan orang hanya tahu bahwa iklan menguntungkan pebisnis saja. Ini karena fungsi iklan itu sendiri sebagai media pemasaran produk atau jasa ke masyarakat.
Tapi kali ini, kami akan mengajak Anda mengungkap manfaat-manfaat iklan dari sisi audiens. Semua poin tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan profit bisnis Anda.
Daripada penasaran, yuk simak aneka manfaat iklan bagi konsumen berikut ini. Pastikan membaca sampai habis, karena ada bocoran tips membuat iklan yang berbobot khusus untuk Anda!
Daftar Isi
6 Manfaat Iklan Bagi Para Konsumen Adalah
Salah satu manfaat iklan bagi para konsumen adalah memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Berkat iklan, kita bisa tahu apa saja produk dan jasa yang bermanfaat sesuai kebutuhan.
Namun lebih jauh lagi, masih ada 6 kegunaan iklan yang sering tidak disadari oleh konsumen. Inilah manfaat-manfaat iklan bagi para konsumen selengkapnya:
1. Memperkenalkan Produk dan Mempercepat Transaksi
Pepatah “Tak kenal maka tak sayang” sangat berlaku dalam dunia marketing. Faktanya, masyarakat harus mengenal produk, jasa atau brand Anda terlebih dahulu sebelum berminat menjadi pelanggan tetap.
Iklan menjadi sarana terbaik untuk tugas ini. Konten-konten promosi dapat menambah wawasan konsumen terkait produk/jasa sesuai kebutuhan mereka baik dari segi fitur, komposisi, harga dan sebagainya.
Konsumen juga bisa lebih cepat mengambil keputusan berbelanja setelah memahami penawaran yang disampaikan. Mereka tidak perlu menelepon perusahaan untuk bertanya-tanya seputar produk.
2. Menjamin Kualitas dan Garansi Produk
Tidak cuma menjelaskan produk atau jasa, manfaat iklan bagi para konsumen adalah mengedukasi calon pembeli terkait jaminan garansi dan kualitas bisnis.
Mayoritas pembeli zaman sekarang sudah pintar-pintar. Mereka tidak cepat termakan bujuk rayu iklan, dan sangat jeli menelaah sisi baik dan buruk sebuah promosi.
Oleh karena itu, jaminan garansi wajib dicantumkan dalam iklan untuk membangun kepercayaan dan rasa aman dalam benak konsumen. Keterangan ini akan memberitahu mereka bahwa produk/jasa Anda asli, berkualitas, serta aman dipakai.
Dijamin, deh, pembeli pasti akan lebih berani mencoba produk atau jasa Anda. Tapi untuk berjaga-jaga, alangkah baiknya jika bisnis benar-benar menyediakan garansi demi menjaga kepercayaan konsumen.
3. Mengetahui Fitur Produk/Jasa Secara Cepat
Berikutnya, manfaat iklan bagi para konsumen adalah membantu mengetahui fitur produk atau jasa dalam sekali baca (cepat).
Tidak semua orang memiliki minat baca maupun banyak waktu luang untuk mencari tahu fitur produk/jasa Anda. Apalagi di era teknologi sekarang di mana banyak informasi mengalir secara cepat dalam hitungan detik.
Alhasil, banyak survey membuktikan iklan yang singkat, padat, dan jelas lebih disukai masyarakat. Ringkasan info penting dalam iklan sudah cukup membantu calon konsumen mengetahui fitur-fitur penting dari produk/jasa dalam sekali baca.
4. Membantu Meyakinkan Konsumen
Copywriting dalam iklan terbukti ampuh meyakinkan konsumen untuk berbelanja. Dorongan “keyakinan” seperti ini faktanya kerap diperlukan oleh calon pembeli. Mengapa?
Ada banyak faktor yang membuat konsumen enggan membeli produk Anda meski membutuhkannya, seperti:
- Tidak merasakan adanya “urgensi” membeli produk saat ini.
- Ingin membandingkan dengan produk lain terlebih dahulu.
- Atau, sengaja menunggu waktu penawaran terbaik (diskon, cashback, turun harga, dan seterusnya).
Belum lagi, saat ini ada banyak produk dan jasa dengan spesifikasi dan fitur yang mirip satu sama lain. Hal ini bisa membingungkan konsumen saat hendak berbelanja. Alhasil mereka akan semakin ragu mau memesan yang mana.
Oleh karena itu, pastikan gaya penyampaian iklan Anda sudah tepat, lugas, dan persuasif dengan memakai teknik copywriting yang baik. Caption yang menggugah dapat membantu konsumen merasa yakin bahwa produk atau jasa Anda lah yang terbaik.
5. Mengetahui Batas Waktu Penjualan
Pernahkah Anda merasa kesal karena ketinggalan diskon? Sama, para konsumen di luar sana juga selalu merasa demikian.
Tidak ada seorangpun yang ingin melewatkan sebuah diskon. Maka dari itu, iklan sangat membantu konsumen mengetahui batas waktu penjualan sebuah produk atau jasa.
Banyak iklan memuat informasi batas waktu penawaran mereka dengan jelas. Semisal promo “Diskon 50% khusus di hari Senin”; “Buy 1 Get 1 Free di tanggal 1 – 3 bulan ini”; atau, “Flash sale ecommerce dalam 2 jam saja”.
Batasan waktu dalam iklan juga membantu konsumen memutuskan sebaiknya berbelanja atau tidak. Mereka akan langsung menyerbu promo sebelum berakhir demi mendapat harga terbaik.
6. Menghibur Target Konsumen
Terakhir, manfaat iklan bagi para konsumen adalah menghibur target audiens.
Siapa bilang iklan marketing selalu “kaku” dan “membosankan”? Saat ini banyak iklan hadir secara soft selling diselingi unsur entertainment. Penonton justru akan merasa terhibur dan “tidak sadar” sedang menyimak konten promosi.
Selain itu, iklan yang unik juga membangun citra baik brand di mata pembeli. Konsumen akan dengan suka rela memberi dukungan terhadap brand, atau mulai mencari tahu produk/jasa yang ditawarkan.
4 Cara Membuat Iklan yang Bermanfaat Bagi Konsumen
Setelah mengetahui manfaat iklan bagi para konsumen, kini tiba waktunya mencari tahu cara membuat konten promosi yang bermanfaat bagi penjual dan pembeli.
Iklan adalah jembatan penghubung perusahaan dan masyarakat. Jadi sudah sewajarnya bagi iklan untuk memberi manfaat bagi masing-masing pihak: brand dan konsumen.
Tapi Anda tidak perlu cemas, karena menyusun materi marketing yang bagus aslinya cukup mudah. Inilah 4 cara mudah membuat iklan berkualitas yang dapat Anda coba:
1. Sampaikan Isi Iklan yang Berbobot
Pertama, pastikan isi iklan Anda berbobot. Poin ini sangat penting mengingat manfaat iklan bagi para konsumen adalah mengedukasi mereka terkait produk atau jasa Anda.
Jadi, jangan asal-asalan menawarkan produk/jasa tanpa memikirkan nilai, fungsi dan dampaknya bagi calon pembeli. Sebisa mungkin posisikan diri Anda sebagai konsumen, lalu sampaikan info-info penawaran sesuai kebutuhan mereka.
Tips tambahan:
- Cari tahu kebutuhan dan permasalahan konsumen melalui riset pasar dan trend.
- Selalu pelajari nilai-nilai, fitur, dan deskripsi produk atau jasa Anda. Apa yang produk/jasa Anda bisa lakukan untuk mengatasi masalah konsumen? Tonjolkanlah nilai tersebut dalam penawaran.
- Ringkas deskripsi iklan agar tidak terlalu panjang dan bertele-tele.
- Pastikan kalimat caption iklan diedit dengan benar sesuai PUEBI, tidak ada salah ketik, dan memakai gaya bahasa sederhana.
2. Tonjolkan Manfaat Positif bagi Konsumen
Hampir semua konsumen pasti mencari manfaat dari suatu penawaran. Bentuk manfaat tersebut bisa beraneka jenis, seperti khasiat produk, harga, diskon, kepraktisan layanan, dan lain-lain.
Otomatis, pembeli tidak akan tertarik kalau iklan Anda tidak mengandung poin-poin tersebut. Jadi sebisa mungkin pertegas kembali manfaat positif yang dapat dipetik konsumen dari produk/jasa Anda.
Contohnya:
- Hemat hingga 100 ribu dengan klaim voucher gratis ongkir di sini yuk!
- Lapar tapi macet? Pesan makan siang kini sepraktis pencet tombol di bawah. Ratusan resto favorit menunggumu!
- Beli 1 gratis 1 cup kopi susu untuk dine in di kafe ABC. Kuy segera mampir, promo terbatas!
Perhatikan ketiga kalimat iklan di atas. Bagian yang dicetak tebal adalah contoh manfaat penawaran bagi konsumen. Poin ini harus diperlihatkan supaya pembeli tertarik mengunjungi toko Anda.
Tips tambahan:
- Gunakan bahasa yang sederhana, sopan dan mudah dimengerti semua kalangan.
- Jangan bertele-tele.
- Cukup pilih 1 keuntungan untuk ditonjolkan pada 1 iklan. Anda bisa membuat variasi manfaat yang berbeda pada konten penawaran lainnya.
3. Tujukan Iklan untuk Semua Kalangan (Netral)
Manfaat iklan harus merata bagi semua kalangan masyarakat, alias, bersifat netral. Jangan sampai ada iklan yang terkesan mendiskriminasi kelompok tertentu.
Semua konsumen idealnya memiliki posisi, kedudukan, dan kesempatan yang sama di mata brand. Mulai dari masyarakat kelas bawah, menengah, sampai atas sebaiknya dapat menikmati penawaran secara adil.
Pastikan materi iklan Anda tetap mengandung informasi yang lengkap, berbobot, dan bisa diterima semua orang tanpa terkecuali.
4. Gunakan Desain yang Menarik
Tips terakhir, gunakanlah desain iklan yang menarik. Permainan visual adalah kunci supaya iklan Anda dilirik audiens. Misalnya seperti menggunakan kombinasi warna-warni cerah dan font berukuran besar supaya audiens penasaran dengan pamflet iklan.
Tips tambahan:
- Pilih platform promosi terbaik sesuai kebutuhan, dan buat konten yang sesuai. Misalnya berpromosi di Instagram dengan video stories; promosi Facebook dengan foto produk, dan lain-lain.
- Gunakan aplikasi pengedit foto dan video gratis berkualitas.
- Simpan foto dan video dalam resolusi tinggi supaya tampilannya tidak “pecah” saat ditonton konsumen.
- Sisipkan jargon atau tulisan copywriting menarik agar pesan iklan Anda lebih mudah diingat konsumen.
Demikianlah ulasan 6 manfaat iklan bagi konsumen dilengkapi cara membuat materi promosi yang baik.
Setelah mengetahui keuntungan iklan bagi konsumen, kini Anda sudah bisa memaksimalkan kualitas penawaran produk/jasa saat ini. Selamat mencoba!
Ingin tahu lebih banyak strategi sukses bisnis online yang simpel? Semuanya terangkum lengkap di MARKEY. Yuk perkaya wawasan digital marketing Anda secara gratis sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.