Last Updated on February 24, 2022 by
Memulai sebuah bisnis memerlukan pertimbangan serta riset yang matang. Sayangnya, tidak banyak pebisnis muda atau pemula yang mengetahui tata cara melakukan riset bisnis yang baik.
Hal ini juga merupakan suatu kesalahan yang bisa berujung fatal pada usaha Anda. Sebab, tanpa adanya riset, maka Anda jelas tidak bisa menentukan dengan baik kemana arah pergerakan dari usaha Anda ke depannya.
Sebuah bisnis yang baik pastinya akan selalu memiliki target sasaran pasar yang jelas. Target sasaran pasar yang jelas ini pun sangat bermanfaat, khususnya agar tindakan promosi yang bisnis Anda lakukan tidak menjadi sia-sia lantaran menyasar kelompok masyarakat yang salah.
Salah berpromosi jelas tidak akan membawa keuntungan sama sekali untuk Anda. Anda justru hanya akan menjadi lelah sendiri, membuang-buang biaya serta waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih bermanfaat.
Untuk menghindari kesalahan tersebut, maka bisnis Anda perlu melakukan yang namanya segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah hal yang menjadi sebuah PR besar bagi banyak pebisnis muda di Indonesia.
Banyak pebisnis muda masih menganggap melakukan segmentasi pasar itu hal yang sulit. Ada juga yang tidak ingin repot melakukan survei, sehingga mereka mengklaim produk yang mereka jual bisa dikonsumsi siapa saja dari semua kalangan.
Tata cara berbisnis seperti ini jelas tidak efektif karena tidak memiliki fokus target utama yang dituju. Penjualan pun tidak dapat berjalan dengan optimal dan hasilnya, sumber daya yang Anda punya justru habis terbuang sia-sia atau tidak laku. Pada akhirnya, bisnis Anda pun dapat menuju kebangkrutan.
Padahal, saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah melakukan riset pasar atau segmentasi pasar ini. Apa sajakah kira-kira aplikasi-aplikasi yang bisa Anda gunakan tersebut?
Kali ini kami akan membahas terkait segmentasi pasar dan contohnya, beserta rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempraktekkannya pada bisnis online milik sendiri. Penasaran? Yuk langsung mulai membaca ke bagian selanjutnya!
Daftar Isi
Sekilas Tentang Segmentasi Pasar
Jika Anda tengah mempelajari bagaimana cara terbaik untuk mendirikan bisnis online, maka Anda akan menemukan salah satu jawaban yakni membuat segmentasi pasar terbaik. Apa itu segmentasi pasar?
Segmentasi pasar adalah cara cara untuk mempermudah perusahaan saat melakukan pemasaran produk. Segmentasi pasar yang pas dan tepat akan menjadikan produk yang Anda jual laku lebih cepat karena berhasil menyasar kelompok masyarakat yang memang membutuhkan produk tersebut.
Segmentasi pasar adalah strategi bisnis yang mengelompokkan produk-produk agar sesuai dengan kebutuhan, minat, kemiripan, dan keinginan dari calon pelanggan. Jadinya, Anda bisa memasarkan produk ke masyarakat yang memang membutuhkan produk. Pemasaran yang tepat inilah yang bisa menjadikan bisnis online Anda tetap eksis.
Segmentasi pasar dan contohnya adalah seperti ini. Semisal Anda memiliki perusahaan pakaian trendi kekinian ala Korea. Maka, segmentasi pasar yang Anda bisa pilih adalah anak muda berjenis kelamin perempuan.
Kemudian, segmentasi tersebut dapat difokuskan menjadi anak muda perempuan yang senang berbelanja online. Anda juga bisa memfokuskan kembali segmentasi pasar tersebut dengan memilih anak-anak muda yang tengah menggandrungi budaya K-pop.
Sehingga, produk baju trend kekinian ala Korea Anda dapat lebih mudah untuk laku terjual di kalangan anak-anak muda penggemar K-pop.
Bagaimana, sudahkah Anda dapat memahami segmentasi pasar dan contohnya? Kemudian, segmentasi pasar dapat dilakukan dalam beberapa aspek atau jenis. Jenis-jenis segmentasi pasar adalah segmentasi lokasi, segmentasi harga, segmentasi waktu, segmentasi psikografis, segmentasi sosial budaya dan segmentasi demografis. Adapun penjelasan jenis-jenis segmentasi pasar adalah:
Segmentasi Lokasi
Segmentasi lokal adalah tipe segmentasi yang paling banyak diterapkan oleh para pebisnis di Indonesia. Semisal, target utama dari toko Anda adalah masyarakat di daerah Jakarta. Maka, Anda pasti akan membuat perusahaan atau anak cabang di Jakarta.
Dengan begini, perusahaan Anda pun dapat menjadi lebih dekat dengan konsumen sekaligus lebih mudah untuk memasarkan produk.
Segmentasi Harga
Selanjutnya adalah segmentasi harga. Pertimbangan segmentasi harga akan membantu Anda untuk mencari tahu kekuatan ekonomi dari target pasar. Jadi, Anda bisa menyesuaikan juga harga produk dengan daya beli masyarakat.
Segmentasi Waktu
Segmentasi waktu pada prakteknya jarang digunakan oleh pebisnis, sebab momentum waktu hanya terjadi di saat-saat tertentu saja, semisal saat hari raya atau libur nasional. Alhasil, pemanfaatan momen waktu ini pun tidak terlalu direkomendasikan jika Anda hanya menggunakan satu aspek segmentasi ini saja dalam menyusun strategi pemasaran.
Sebab, pemasukan yang Anda dapatkan jika mengandalkan segmentasi waktu saja akan sangat sedikit.
Namun Anda bisa memanfaatkan segmentasi waktu sebagai momen terbaik untuk mengadakan promo tertentu atau promo besar-besaran guna mendapatkan pemasukan yang lebih banyak.
Contoh dari pemanfaatan aspek waktu dalam segmentasi pasar adalah ketika Anda membuka jasa studio foto. Mungkin Anda bisa memberikan paket harga khusus untuk menarik lebih banyak minat konsumen di waktu-waktu tertentu, seperti musim masuk ajaran baru, periode wisuda, dan momen pernikahan.
Segmentasi Psikografis
Dalam aspek psikografis, segmentasi pasar adalah berfokus pada tingkah laku konsumen atau masyarakat ketika merespon adanya tren dan stimulasi dari produk.
Hasil analisis psikografis ini biasanya bersifat deskriptif dan agak sulit untuk diklasifikasikan ke dalam kelompok secara pasti karena sering ditemukan sifat anomali yang cukup besar.
Segmentasi Sosial-Budaya
Berikutnya adalah segmentasi sosial budaya yang menganalisis kehidupan sosial dan budaya dari masyarakat itu sendiri. Di sini Anda bisa menganalisis terkait kelas sosial, suku, adat istiadat dan aturan-aturan di masyarakat dan menyesuaikannya dengan layanan jasa atau produk yang Anda jual.
Semisal Anda memiliki perusahaan makanan di pulau Jawa. Masyarakat pulau Jawa mayoritas memeluk agama Islam dan mereka tidak memakan daging babi, karena menurut ajaran agama mereka, daging babi adalah haram.
Jadi, agar perusahaan makanan Anda mampu sukses bersaing di pasar masyarakat pulau Jawa, maka Anda harus memastikan produk makanan Anda 100% halal dan tidak mengandung bahan haram seperti babi.
Segmentasi Demografi
Terakhir adalah segmentasi demografi. Di sini, Anda menganalisis aneka faktor variabel seperti usia, latar belakang, pendidikan, jenis kelamin, dan penghasilan dari kelompok masyarakat target.
Sistem sementasi demografi ini adalah yang paling mudah sekaligus paling banyak digunakan oleh toko-toko.
Produk Anda pun dapat dengan lebih mudah menemukan sasaran pasarnya setelah Anda melakukan klasifikasi dan segmentasi demografi. Semisal, jika Anda membuat produk skincare, maka produk tersebut pastinya akan menyasar kelompok masyarakat dewasa bukan anak-anak.
Aplikasi Segmentasi Pasar Terpraktis | Cukup dengan Smartphone Saja
Anda telah memahami apa itu segmentasi pasar dan juga jenis-jenis segmentasi pasar yang bisa dipraktekkan. Kini tibalah waktunya kita melihat apa sajakah aplikasi segmentasi pasar yang dapat Anda coba gunakan untuk melakukan riset awal.
Berkat bantuan teknologi, sekarang Anda tidak perlu lagi repot-repot turun ke pasar langsung untuk melakukan riset dan segmentasi.
Semua pekerjaan riset kini dapat dikerjakan dalam genggaman tangan semudah mengklik aplikasi. Beberapa rekomendasi aplikasi segmentasi pasar adalah sebagai berikut:
MarketMyBiz
Rekomendasi pertama aplikasi segmentasi pasar adalah MarketMyBiz. Aplikasi MarketMyBiz mempunyai desain yang cantik dan menarik untuk gadget iPad dan komputer tablet Android.
Adapun struktur navigasi milik aplikasi ini pun dapat dengan mudah membantu Anda merancang segmentasi pasar dan strategi pemasaran terbaik.
Begitu Anda sudah selesai melakukan riset, aplikasi MarketMyBiz akan menggabungkan jawaban Anda menjadi satu laporan sederhana yang bisa Anda simpan dan print.
File laporan pun juga dapat dibagikan ke sesama rekan kerja dalam format PDF. Semua fitur yang terdapat di aplikasi MarketMyBiz pun dapat Anda gunakan secara gratis.
Marketing Plan Premier
Selanjutnya rekomendasi aplikasi segmentasi pasar adalah aplikasi Marketing Plan Premier yang dimiliki khusus untuk gadget iPad atau tablet berbasis iOS. Aplikasi Marketing Plan Premier adalah aplikasi komprehensif yang bekerja selayaknya buku catatan kecil terkait pemasaran.
Dengan aplikasi ini, Anda bisa menuangkan beragam ide terkait solusi atau jawaban atas kebutuhan konsumen, melakukan riset segmentasi pasar, dan juga menyusun strategi promosi terbaik yang sesuai dengan masyarakat target pembeli.
Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk menentukan harga jual terbaik yang sesuai dengan target pasar Anda. Pun Anda bisa menganalisis para kompetitor bisnis yang ada di sekitar Anda.
Pada hasil akhirnya, aplikasi Marketing Plan Premier akan memberikan Anda sebuah laporan berupa ringkasan eksklusif yang bisa dikirim via email atau disimpan ke dropbox. Sayangnya, aplikasi Marketing Plan Premier ini tidak gratis alias Anda harus membayar sekitar $9.99.
Pembangun Cepat Rencana Bisnis
Rekomendasi selanjutnya dari aplikasi segmentasi pasar adalah aplikasi Pembangun Cepat Rencana Bisnis buatan Perrent Consulting Ltd, yang memang memiliki spesialisasi khusus dalam dunia perencanaan bisnis.
Dalam membantu Anda melakukan segmentasi pasar, aplikasi Pembangun Cepat Rencana Bisnis ini menawarkan metode sederhana berupa kuesioner yang harus Anda isi. Nantinya, dari hasil kuesioner tersebut, mesin akan memberikan saran dan hasil analisis berupa pilihan untuk menyusun strategi bisnis dan keuangan untuk jangka waktu 5 tahun ke depan.
Pembangun Cepat Rencana Bisnis juga dapat memberikan bantuan pembuatan misi bisnis, memberikan saran atas langkah strategis pemasaran yang baik, serta melakukan kustomisasi dari rencana bisnis dengan opsi-opsi dan style khusus yang telah disediakan.
Aplikasi Pembangun Cepat Rencana Bisnis ini dapat diunduh secara gratis baik untuk gadget berbasis Android dan iOS. Anda juga tidak perlu cemas terganggu oleh iklan saat penggunaan, karena aplikasi ini bebas iklan meskipun gratis.
Marketing Plan App
Rekomendasi aplikasi segmentasi pasar terbaik yang terakhir adalah Marketing Plan App. Marketing Plan App dapat membantu Anda untuk melakukan segmentasi pasar dalam waktu singkat serta mendapatkan laporan yang mendalam.
Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu bimbingan khusus dalam waktu singkat. Marketing Plan App tersedia untuk platform gadget iOS dan Android.
Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan secara berbayar. meski demikian, aplikasi Marketing Plan App ini dapat membantu Anda untuk merancang segala visi-misi dari toko, menganalisis segmentasi pemasaran, menentukan anggaran pemasaran, hingga membuat dokumen dan membagikannya dengan mudah dalam aneka format.
Jadi, biaya yang Anda keluarkan untuk menggunakan aplikasi ini masih tergolong “worth it” alias layak untuk dicoba.
Demikianlah pembahasan kali ini terkait aplikasi-aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan segmentasi pasar. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda, ya!
Tetap ikuti website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih banyak terkait inspirasi dan tips optimalisasi bisnis digital, ya! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca sampai di sini.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.