Last Updated on December 18, 2023 by APPKEY-YOGI
Bagi Anda yang memiliki bisnis, pasti akan sangat berharap jika pelanggan Anda melakukan pemesanan terus-menerus atau memiliki pelanggan tetap bukan? Dengan melihat pelanggan Anda melakukan pemesanan terus menerus bahkan memiliki pelanggan tetap, itu menandakan bisnis Anda akan berjalan lancar, sukses dan berumur panjang. Pemesanan yang dilakukan pelanggan berulang-ulang disebut dengan istilah repeat order. Penasaran apa itu repeat order dan bagaimana manfaat serta tipsnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!
Daftar Isi
Apa Itu Repeat Order
Dari kata “repeat order” kita dapat mengartikannya sebagai pemesanan kembali. Hal ini dapat terjadi jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang dijual. Repeat order juga dapat diartikan sebagai aktivitas pemesanan atau pembelian kembali pada toko atau tempat yang sama berulang kali.
Repeat order tidak hanya memudahkan pebisnis atau pengusaha untuk menjual produknya tapi juga sebagai bukti bahwa ia berhasil untuk meyakinkan konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual adalah produk yang baik sehingga pelanggan yang sama membeli kembali produk atau jasa yang dijual.
Selain memudahkan untuk menjual produk, berikut adalah beberapa alasan lain mengapa repeat order disukai oleh pebisnis.
Pendapatan yang Stabil
Pelanggan yang terus menerus melakukan repeat order tentu akan membuat pendapatan perusahaan menjadi stabil karena pasti dalam kurun waktu tertentu pelanggan setia tersebut akan memesan kembali.
Menunjukkan Kepercayaan
Pelanggan yang melakukan pemesanan kembali dapat menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Biaya Operasional yang Lebih Rendah
Repeat order dapat membuat biaya operasional menjadi rendah karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencari pelanggan baru.
Meningkatkan Reputasi
Dengan adanya pelanggan setia tentu produk atau layanan Anda memiliki kualitas yang bagus dan worth untuk dibeli. Ini bisa meningkatkan reputasi bisnis Anda karena tidak menutup kemungkinan pelanggan setia Anda akan merekomendasikan produk atau layanan Anda ke orang lain.
Manfaat Repeat Order
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengapa para pebisnis menyukai repeat order, tentu saja ada manfaat yang dapat diterima oleh para pebisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari repeat order.
Meningkatkan Pangsa Pasar
Sebelum melakukan pembelian, tentu para pelanggan akan memikirkan terlebih dahulu kemana sebaiknya mereka menghabiskan uang untuk sesuatu yang memiliki kualitas dan nilai. Melakukan suatu pembelian bukanlah hal yang dapat dilakukan secara asal-asalan tapi didasarkan dari pengalaman dan perasaan pelanggan saat melakukan pembelian barang atau jasa.
Jika pelanggan merasakan pengalaman yang baik pada bisnis Anda, maka pelanggan akan datang kembali untuk membeli barang Anda. Pelanggan yang loyal biasanya akan merekomendasikan produk bisnis Anda secara sukarela mulai kepada keluarga, tetangga, teman kantor atau di media sosial. Hal inilah yang dapat meningkatkan pangsa pasar dari bisnis Anda.
Mempertahankan Pelanggan
Banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan bahwa produk atau jasa Anda sangat bagus dan memiliki kualitas sehingga pelanggan merasa puas. Kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang bagi bisnis Anda agar semakin kecil kemungkinan pelanggan akan meninggalkan bisnis Anda.
Menekan Biaya
Repeat order dapat menekan biaya pemasaran dan operasional bisnis Anda. Agar produk Anda dapat diketahui masyarakat dan dibeli, tentu Anda akan melakukan yang namanya promosi bukan? Melakukan promosi sangat membutuhkan biaya yang besar sehingga jika pelanggan Anda melakukan repeat order, secara tidak langsung Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sebuah transaksi.
Seperti halnya pemasaran tadi, biaya operasional juga tidak akan membengkak jika pelanggan melakukan repeat order. Sehingga dana dapat dialokasikan untuk keperluan lain seperti melengkapi sarana dan prasarana bisnis Anda atau memberikan bonus kepada karyawan Anda agar kerjanya lebih bersemangat lagi.
Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, kesan pertama merupakan hal yang sangat penting. Berikanlah pelayanan dan kualitas barang yang baik kepada pelanggan Anda sehingga pelanggan Anda tidak berfikir dua kali jika akan membeli kepada Anda kembali.
Modal Cepat Berputar
Pelanggan yang melakukan repeat order secara tidak langsung membantu bisnis Anda untuk mendapatkan uang lebih cepat sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan.
Bisnis Dapat Bertahan Lama
Dengan banyaknya pelanggan yang mencari barang atau jasa, tentu bisnis Anda akan terus mendapatkan pendapatan dan keuntungan sehingga akan menjadi stabil dan berumur panjang.
Menjadi Tolak Ukur
Pelanggan yang melakukan repeat order pasti memiliki alasan kenapa mereka ingin membeli kembali produk Anda. Ini bisa menjadi tolak ukur untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda jadi tahu apa produk atau layanan yang disukai pelanggan sehingga penjualan akan terus meningkat.
Tips Agar Pelanggan Anda Melakukan Repeat Order
Setelah kita mengetahui apa itu repeat order dan manfaatnya bagi bisnis Anda, yuk kita simak bagaimana cara untuk membuat pelanggan Anda melakukan repeat order.
Memberikan Pelayanan Terbaik
Langkah pertama dan penting adalah kesan pertama pada saat membeli barang atau menikmati layanan. Buatlah pelanggan Anda nyaman dan merasa tidak disusahkan dengan pelayanan Anda. Kesan pertama yang baik akan menentukan apakah pelanggan akan datang kembali atau tidak.
Jika mereka sangat puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi jika membutuhkan barang yang sama. Jadi, usahakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Memberikan Penawaran Menarik
Mungkin akan ada rasanya untuk sulit membuat pelanggan baru merasa nyaman. Jangan khawatir, Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada pelanggan Anda. Misalnya dengan memberikan harga khusus kepada pelanggan setia, beli satu gratis satu atau metode gratis ongkos kirim.
Membuat Media Sosial
Cara ini juga bisa dijadikan salah satu metode untuk “dekat dengan pelanggan”. Dengan menggunakan media sosial, Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan, memberikan informasi mengenai promo dan memperkenalkan produk atau layanan Anda.
Selain itu Anda juga dapat dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan yang penasaran dengan produk Anda. Jawablah dengan solutif dan sopan.
Kesimpulan
Pemesanan berulang atau repeat order adalah salah satu hal terpenting ketika menjalankan bisnis. Repeat order berarti pemesanan kembali. Repeat order dapat dikatakan sebagai aktivitas pemesanan kembali oleh pelanggan yang sama pada tempat atau toko yang sama.
Alasan mengapa repeat order sangat disukai oleh pebisnis adalah memudahkan untuk menjual produk, pendapatan yang stabil, menunjukkan kepercayaan, biaya operasional yang lebih rendah dan meningkatkan reputasi.
Manfaat dari repeat order adalah meningkatkan pangsa pasar, mempertahankan pelanggan, menekan biaya, modal cepat berputar, bisnis dapat bertahan lama dan menjadi tolok ukur untuk meningkatkan pelayanan bisnis.
Tips yang dapat Anda lakukan agar pelanggan Anda melakukan repeat order adalah memberikan pelayanan terbaik, memberikan penawaran menarik dan membuat media sosial.
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.