Last Updated on December 18, 2023 by APPKEY-YOGI
Dalam sebuah bisnis, ide-ide kreatif sangat diperlukan untuk pengembangan usaha atau bisnis ke arah yang lebih baik. Biasanya, Ide-ide tersebut bisa muncul secara spontan. Saat seseorang berpikir, tanpa disengaja sebuah ide yg kreatif akan muncul tiba-tiba. Namun, saat ide tersebut tidak muncul, apa yang bisa dilakukan? Nah, solusinya adalah dengan melakukan brainstorming.
Metode ini sangat berguna sekali untuk memunculkan sebuah pembaruan saat bisnis yang kita jalankan sedang buntu atau stagnan. Kebetulan sekali, kali ini kami akan membahas tentang pengertian metode ini, mengapa penting untuk bisnis dan cara untuk melakukannya dengan efektif. Jadi, tunggu apa lagi? Mari simak pembahasan berikut ini hingga akhir!
Daftar Isi
Apa itu Brainstorming?
Brainstorming adalah suatu cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang muncul dengan sebuah solusi kreatif. Kata ini dalam bahasa indonesia sendiri bisa disebut sebagai “curah pendapat”. Sesuai dengan arti kata tersebut, brainstorming bisa diartikan sebagai wadah untuk menampung kumpulan pendapat yang telah diutarakan. Namun, sebenarnya kata ini sendiri tidak memiliki definisi yang baku atau pasti.
Istilah ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1942 oleh Alex Faickney Osborn selaku pendiri perusahaan periklanan BBOD. Osborn mencetuskan istilah ini dari hasil pengamatannya pada suasana kerja di kantornya. ia melihat minimnya ide dan solusi kreatif yang muncul saat rapat. Kemudian, ia pun menerapkan cara baru karena Osborn percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi orang yang kreatif.
Dari berbagai definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa brainstorming berarti sebuah teknik yang digunakan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang muncul dengan cara mengumpulkan ide kreatif yang diutarakan secara spontan. Teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang, terutama dalam bisnis. Dengan menerapkannya dalam bisnis, seluruh tim dalam perusahaan bisa berkreasi untuk membantu mengembangkan usaha.
Pentingnya Brainstorming Dalam Bisnis
Adanya ide baru untuk menjalankan bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan bisnis. Ide baru melahirkan inovasi dan menjadikan bisnis terus berkembang semakin pesat. Ide baru dan inovasi bisa datang dari siapa saja jadi bagi Anda para pemilik bisnis, jangan batasi bawahan Anda untuk memberikan pemikiran mereka kepada Anda. Berikut adalah pentingnya brainstorming dalam bisnis.
Lahirnya Inovasi Baru
Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda, hal inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari inovasi baru, apalagi jika Anda memiliki bawahan tentu mereka akan lebih tahu titik lemah dan titik unggul dari perusahaan Anda karena mereka yang terjun langsung untuk bisnis Anda. Mungkin ide-ide mereka akan terdengar konyol atau mustahil tapi cobalah dengar dan pertimbangkan.
Memecahkan Masalah Bisnis
Dengan saling tukar pandangan dan pemikiran, Anda bisa menemukan jawaban atas masalah-masalah dalam bisnis yang dihadapi. Semakin mengasah pikiran untuk lebih kritis, tentu jawaban yang diperlukan akan datang semakin cepat. Mungkin perlu waktu untuk menemukan jawabannya, namun dengan berpikir bersama, lambat laun akan ditemukan jawabannya.
Saling Mengetahui Kesulitan Masing-Masing
Dalam suatu pemecahan, tentu akan dicari terlebih dahulu apa saja poin-poin yang menghambat suatu divisi atau poin yang menghambat pekerjaan bisnis sehingga semua anggota akan mengetahui apa kesulitan masing-masing dari semua anggota dalam suatu tim. Sehingga lahirlah kerjasama dan pengutaraan ide kreatif bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut.
Menjadi Lebih Dekat Satu Sama Lain
Dengan melakukan curah pendapat ini, tentu kita akan semakin sering untuk berbicara dan bertukar pikiran sehingga rasa “tidak enakan” atau “canggung” akan hilang. Dengan begitu, dalam pekerjaan pun akan semakin cepat untuk dilaksanakan.
Cara Melakukan Brainstorming
Melakukan brainstorming yang tepat akan lebih terasa manfaatnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.
Tentukanlah Tujuan
Dalam melakukan brainstorming, sangat perlu adanya tujuan. Dalam satu sesi tentu kita tidak bisa untuk memecahkan semua masalah sekaligus apalagi masalah yang lumayan besar dan pemecahannya perlu waktu yang lama. Oleh karena itu dalam satu sesi perlu adanya tujuan untuk bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan maksimal. Misalnya “bagaimana cara membranding produk dengan baik?” atau “bagaimana cara masyarakat agar membeli produk terus menerus?”
Persiapkan Tim
Jika perusahaan besar tentu tidak semua akan Anda ajak untuk melakukan brainstorming bukan? setelah menentukan tujuan, pilihlah siapa yang sekiranya dibutuhkan. Misalnya tentang pemasaran, tentu Anda sebaiknya melibatkan orang marketing atau sales. Tapi bukan berarti dilarang untuk memasukkan orang yang tidak berhubungan ya, tentu boleh, siapa tahu mereka juga punya ide kreatif yang tidak terpikirkan sebelumnya.
Tentukan Tempat dan Waktu
Setiap orang tentu memiliki kesibukan masing-masing sehingga penting untuk menentukan waktu yang baik agar semua berjalan lancar. Penentuan tempat pun juga harus dipertimbangkan agar nyaman dan bisa berpikir dengan jernih.
Pilih Pemimpin
Agar berjalan dengan teratur, harus dipilih salah satu orang yang dapat memimpin jalannya diskusi. Orang yang dipilih haruslah orang yang mampu memimpin jalannya diskusi, memahami kondisi, merumuskan pertanyaan, mendorong orang untuk mengemukakan pendapat dan lainnya.
Melakukan Diskusi
Inti dari kegiatan ini adalah melakukan diskusi untuk ide-ide kreatif. Sediakanlah waktu untuk mengumpulkan ide dan waktu untuk mendiskusikan ide-ide yang telah terkumpul.
Jangan Mengkritik
Selama proses brainstorming hindari untuk melakukan kritik, ini akan membuat anggota yang lain jadi mengurungkan niatnya untuk mengeluarkan idenya serta terciptanya batasan.
Catat Semua Ide
Jangan sampai ada satupun ide yang telah dilontarkan terlewat, catatlah dengan rapi agar dapat menyimpulkan semuanya dengan mudah, dengan begitu Anda akan dapat menarik kesimpulan dan menyusun rencana dari kegiatan brainstorming tersebut.
Kesimpulan
Brainstorming adalah salah satu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengajak tim untuk curah pendapat dengan mengutarakan ide-ide kreatif. Cara ini awalnya ditemukan oleh Alex Faickney Osborn pada tahun 1942 karena ia melihat minimnya ide dan solusi kreatif saat rapat kemudian ia mencetuskan ide ini karena ia percaya setiap orang itu memiliki pemikiran yang kreatif.
Mengapa brainstorming penting dalam bisnis? Itu karena dapat melahirkan inovasi baru, dapat memecahkan masalah dalam berbisnis, saling mengetahui kesulitan masing-masing dan menjadi dekat satu sama lain.
Cara melakukan brainstorming adalah pertama Anda harus menetapkan tujuan dari brainstorming tersebut, mempersiapkan tim, menentukan tempat dan waktu untuk melakukan brainstorming, pilih seseorang untuk memimpin jalannya diskusi, melakukan diskusi, jangan mengkritik karena bisa saja dengan mendengar banyak kritikan anggota lain jadi enggan untuk mengeluarkan pendapatnya dan terakhir catat semua ide yang telah dikeluarkan oleh para anggota.
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by pikisuperstar on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.