Last Updated on November 10, 2023 by APPKEY-YOGI
Kegiatan promosi saat ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan brand atau produk tertentu. Baik perusahaan besar maupun kecil dengan tujuan menarik pelanggan. Namun, tidak semua promosi yang dilakukan berjalan dengan lancar karena berbagai faktor. Lalu, apakah penyebab kegagalan tersebut? Jika Anda bingung, maka penting untuk Anda mengetahui Sales Pipeline yang menjadi salah satu aspek penting dari penjualan.
Istilah ini menuju pada gambaran proses penjualan mulai dari mencari prospek pelanggan hingga berhasil mengakuisisi pelanggan tersebut. Sales Pipeline juga dapat membantu perusahaan menemukan kendala dan meningkatkan efisiensi kerja dari perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Nah, kami akan membahas pengertian, jenis hingga cara membuatnya untuk Anda. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah!
Daftar Isi
Apa itu Sales Pipeline?
Sales Pipeline adalah urutan tindakan yang perlu dilakukan oleh tim penjualan dalam satu perusahaan agar dapat mengonversi prospek baru menjadi seorang pelanggan. Alur tindakannya dimulai dari identifikasi dilanjutkan ke kualifikasi, pengajuan proposal, negosiasi dengan pelanggan, closing dan memelihara hubungan dengan pelanggan tersebut agar berkelanjutan.
Kata pipeline pada istilah ini diluar dari penjualan atau bisnis mengacu pada rangkaian tahapan yang tertruktur untuk dapat mencapai sebuah tujuan. Pipeline membuat urutan menjadi jelas karena digambarkan sebagai sebuah pipa. Selain untuk penjualan, prinsip ini dapat diterapkan di berbagai bidang lain seperti, manufaktur dan lain sebagainya.
Karena konsep dari keduanya yang sama, dalam kacamata sales, hal ini kemudian diadopsi untuk dapat menghubungkan seluruh tahapan pengkonversian prospek baru hingga menjadi pelanggan setia dari perusahaan Anda.
Fungsi Utama Sales Pipeline
Setelah memahami pengertian diatas, mungkin sudah sedikit tergambar apa saja fungsi utama dari sales pipeline. Berikut beberapa fungsi utama dari sales pipeline yang perlu Anda perhatikan.
- Mengidentifikasi prospek potensial,
- Memaksimalkan lead management,
- Meningkatkan efisiensi promosi,
- Mempererat hubungan dengan pelanggan,
- Mempermudah evaluasi strategi marketing,
Manfaat Adanya Sales Pipeline
Selain memiliki fungsi yang beragam, sales pipeline juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam penjualan. Lalu. apa saja manfaatmya? Berikut beberapa manfaat dari adanya pipa penjualan yang dapat dirasakan.
- Meningkatkan penjualan produk atau layanan,
- Memaksimalkan strategi penjualan,
- Mengoptimalkan capaian target revenue,
- Meningkatkan pengalaman customer,
- Memaksimalkan produktivitas tim,
- Mempermudah pengambilan keputusan,
- Membantu melihat peluang,
Urutan Langkah-langkah dalam Sales Pipeline
Banyak terdapat kendala atau kesulitan yang dialami oleh tim penjualan pada suatu perusahaan. Contoh kendala yang sangat sering dialami oleh tim sales seperti: tim sales susah mencari prospek baru, kesusahan dalam mengajukan penawaran, hingga tim kesulitan dalam melakukan negosiasi hingga terjadi closing. Oleh karena itu, diperlukan penilaian yang dilakukan untuk mengukur performa dari penjualan perusahaan.
Penilaian atau pengukuran performa dapat dilakukan dengan menggunakan enam tahapan yang ada pada sales pipeline untuk bisa mengetahui dan memahami permasalahan apa saja yang dialami oleh tim sales. Berikut adalah langkah-langkah dari tahapan sales pipeline yang bisa Anda ikuti.
Prospecting
Prospecting atau dalam arti lain adalah menentukan prospek. Tahap ini ditunjukkan atau ditandai dengan seorang sales atau tim sales yang telah menemukan prospek yaitu calon pelanggan yang ingin membeli layanan atau produk. Prospek disini bisa didapatkan dari saluran yang telah disediakan oleh bisnis atau dari berbagai sumber.
Qualifying
Qualifiying berarti melakukan kualifikasi. Pada tahapan ini sales atau tim sales melakukan kualifikasi pada prospek yang mereka dapatkan. Tahapan ini sangat penting untuk menentukan prospek yang potensial mana yang tidak dengan tujuan agar waktu dari tim sales tidak terbuang percuma.
Cara sederhana untuk menentukan kualifikasi prospek tersebut adalah dengan melakukan survei kecil-kecilan mengenai keinginan prospek tersebut dan latar belakangnya. Kemudian dari sana tim sales bisa menentukan atau memperkirakan apakah produk yang dimiliki telah sesuai dengan keinginan dari prospek tersebut.
Contacting
Contacting, seperti namanya yaitu melakukan kontak. Tim sales menghubungi prospek potensial dengan berbagai cara yaitu bisa telepon langsung, menggunakan media sosial (seperti WhatsApp atau Telegram), pesan singkat atau email.
Building Relationship
Building relationship atau membangun hubungan dapat berarti bagaimana cara kita untuk membangun hubungan dengan prospek (pelanggan). Setelah sebelumnya sudah dapat menghubungi prospek, selanjutnya adalah bagaimana cara kita untuk menjaga komunikasi dengan baik. Tentu dengan tujuan agar terbangunnya kepercayaan dari para prospek ke produk Anda. Jika kepercayaan dapat terbentuk, kedepannya Anda akan mudah menawarkan produk kepada pelanggan tersebut.
Proposal Made
Langkah selanjutnya adalah proposal made atau membuat proposal. Pada tahap ini tim sales memberikan proposal kepada prospek. Anda kemudian menjelaskan apa keunggulan dari produk Anda dari milik kompetitor dan jangan lupa untuk menjelaskan keuntungan yang akan didapat oleh prospek.
Oleh karena itu di dalam proposal Anda wajib mencantumkan kedua hal itu untuk menarik minat prospek Anda. Setelah ini Anda tinggal menunggu jawaban dari prospek yang akan membuat keputusan selanjutnya.
Closing
Apabila Anda telah mencapai tahap ini, selamat, perjuangan Anda akan sedikit lagi berakhir. Tahapan ini ditandai dengan prospek yang telah membuat keputusan. Jika mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda, itu artinya Anda telah berhasil melakukan penjualan. Kalau misalnya ditolak, Anda harus mencari prospek baru dan memulai tahapan dari awal.
Cara Membuat Sales Pipeline
Setelah Anda mengetahui tahapan dari sales pipeline dan Anda mulai untuk tertarik mencobanya, bagaimana jika Anda menyimak cara membuat sales pipeline dibawah ini.
Membuat Daftar Prospek
Hal yang paling utama adalah Anda harus mengetahui siapa prospek Anda, kepada siapa Anda harus menawarkan produk atau layanan Anda. Selanjutnya buatlah daftar calon prospek yang sekiranya berpotensi untuk melakukan transaksi. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor dari prospek yang bisa dihubungi.
Buat Rencana Penjualan
Target penjualan yang tinggi, tentunya membuat tim sales merasa tidak fokus karena terlalu khawatir. Untuk menguranginya, tim sales harus menyusun rencana penjualan. Buatlah dengan rinci dan mudah dipahami sehingga tidak terjadinya miss dalam komunikasi.
Sempurnakan Tahapan Sales Pipeline dengan Bertahap
Jangan cepat puas dengan sales pipeline yang telah Anda buat sebelumnya. Lakukanlah trial error agar Anda bisa mengetahui keefektifannya. Pada intinya teruslah untuk berproses.
Melakukan Perbaruan
Lakukanlah perbaruan terhadap setiap kegiatan pada sales pipeline. Dengan begitu Anda akan mengetahui sudah berapa banyak pelanggan atau prospek yang telah dihubungi, diberi proposal dan menunggu keputusan. Selain itu akan lebih mudah memantau aktivitas penjualan dan apa saja yang telah dilakukan oleh tim.
Kesimpulan
Kegiatan promosi merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memperkenalkan brand produk atau layanan kepada masyarakat. Jika Anda bingung untuk memulainya seperti apa, cobalah untuk melakukan sales pipeline.
Sales pipeline memiliki beberapa fungsi utama dan manfaat. Urutan langkah-langkah dari sales pipeline ada enam yaitu prospecting, qualifying, contacting, building relationship, proposal made dan closing.
Untuk cara membuat sales pipeline ada empat yaitu membuat daftar prospek, membuat rencana penjualan, menyempurnakan tahapan sales pipeline dengan bertahap dan melakukan pembaruan. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencobanya! Semangat!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by katemangostar on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.