Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Strategi Konten Instagram: Membuat Konten yang Menarik Pelanggan untuk...

Strategi Konten Instagram: Membuat Konten yang Menarik Pelanggan untuk Anda

-

Artikel ini bersumber dari Podcast yang dilakukan oleh Sosial Media Examiner bersama Alex Tooby yang merupakan seorang ahli strategi membuat konten Instagram. Pada tahun 2014, Alex membantu klien merencanakan postingan mereka dan meningkatkan kehadiran media sosial mereka secara keseluruhan.

Ketika dia menyadari dia menghabiskan seluruh waktunya untuk membangun media sosial dan bisnis orang lain daripada miliknya sendiri, dia memutuskan untuk fokus secara khusus di Instagram. Keputusan itu membawanya dari seorang generalis menjadi spesialis, dan melambungkan pertumbuhan bisnisnya.

Pada artikel kali ini kita akan mengulas kembali mengenai isi podcast tesebut dan mempelajari strategi membuat konten Instagram Tiga Kali Lipat ala Alex dan menemukan tips untuk frekuensi posting dan keterlibatan audiens.

Strategi Membuat Konten Instagram Tiga Kali Lipat

konten-instagram

Alex percaya bahwa konten Instagram pada akhirnya adalah yang membuat orang ingin membeli dari Anda. Ketika Anda melakukannya dengan benar, itu sebenarnya membantu membangun faktor pengetahuan, suka, dan kepercayaan Anda yang penting bagi setiap konsumen yang memutuskan apakah mereka ingin membelanjakan uang mereka dengan Anda.

Jika Anda memiliki konten yang buruk, Anda melakukan bisnis yang merugikan. Strategi kontennya memastikan bahwa upaya yang Anda lakukan dalam Instagram marketing Anda terbayar. Pada level tinggi, strategi konten Alex ada tiga. Ini termasuk caption Anda, citra Anda, dan frekuensi Anda.

Artikel terkait  Kembangkan Brand Digital Anda Dengan Beberapa Jurus Jitu Berikut

Jika dilakukan dengan benar, teks Anda menunjukkan keahlian dan otoritas Anda serta membangun faktor pengetahuan, suka, dan kepercayaan. Dengan hal tersebut orang akan terdorong untuk berhenti menggulir dan memperhatikan Anda. Frekuensi Anda adalah jadwal yang dapat diandalkan oleh audiens Anda dan yang disukai oleh algoritme.

Menulis Caption Instagram

Caption Instagram Anda membantu menjual apa pun yang Anda promosikan. Apapun jenis produk atau blog pribadi yang Anda inginkan untuk menumbuhkan audiens. Caption Anda adalah yang membuat orang merasa terhubung dengan Anda, itu memberi mereka alasan untuk mengikuti Anda, kembali ke feed Instagram Anda, dan berinvestasi pada apa yang Anda tawarkan.

Ada dua jenis teks utama yang disarankan Alex untuk Anda tulis, yaitu teks yang berfokus pada konversi atau percakapan.

Teks yang berfokus pada konversi memanfaatkan pemberian nilai melalui pendidikan yang membantu pemirsa dan calon pelanggan memutuskan untuk membeli dari Anda atau mengambil langkah logis berikutnya dalam corong Anda.

Teks yang berfokus pada percakapan memanfaatkan cerita yang membangkitkan emosi pemirsa, mengarahkan mereka untuk menghubungkan dengan apa yang Anda katakan, membalas Anda, atau membagikan ulang pos Anda dengan orang lain.

Rasio teks yang berfokus pada konversi dan teks yang berfokus pada percakapan bergantung pada niche (ceruk) Anda. Anda dapat menggunakan satu jenis tetapi mencampurkan kedua jenis akan menjadi lebih baik. Meski demikian, Alex tidak menganjurkan berada di Instagram sepanjang hari, atau menghabiskan berjam-jam setiap minggu untuk mengerjakan strategi konten Anda. Jika satu jenis teks lebih mudah Anda buat, pilihlah yang itu.

Mulailah dengan Judul yang Kuat

Karena pratinjau caption sekitar 1,5 baris (termasuk tombol Read More), bagian pertama dari caption harus menjadi headline pembuka yang kuat yang mendorong orang untuk mengklik tombol Read More.

Alex suka memulai dengan pernyataan yang berani, atau tantangan. Contoh konten instagram oleh @alextooby dengan keterangan dimulai dengan pertanyaan ‘pengikut vs. keterlibatan – apa yang lebih penting bagi Anda?’

Artikel terkait  Begini 5 Tips Pertahankan Kampanye Google Ads Anda

Contoh dari cliffhanger adalah, “Tahun lalu, saya membuat 250 ribu dengan melakukan satu hal sederhana ini …” Atau, jika Anda adalah merek yang menjual produk, Anda dapat berkata, “Satu bahan yang membuat produk kami lebih baik daripada yang lain adalah …” Ini akan membuat orang penasaran. Untuk menarik lebih banyak perhatian.

Memberikan Nilai dengan Salinan Teks Utama

Perlakukan bagian teks Anda ini seperti mikro-blog yang terstruktur dengan awal, tengah, dan akhir. Gunakan tata bahasa dan spasi yang tepat sehingga mudah dibaca dan memberikan nilai dengan cepat. Jika Anda bercerita, ceritakan secara ringkas perjalanannya sehingga orang-orang akan membaca sampai akhir.

Jika Anda mendidik, bagian teks Anda ini bisa sesederhana, “Hei, ini adalah manfaat produk saya …” atau “Ini yang kami masukkan ke dalam produk kami, yang membuatnya lebih unggul.” Alex biasanya menggunakan daftar tip, trik, fakta, atau manfaat dalam jenis teks ini. Mengikuti contoh cliffhanger dari atas, postingannya mungkin terlihat seperti:

Tahun lalu, saya membuat 250ribu melakukan satu hal sederhana ini.

Kemudian intronya akan mengatakan:

Tahun lalu, saya berjuang untuk membayar tagihan saya, tetapi kemudian saya mulai fokus pada diri saya sendiri. Saya mengatur rutinitas yang saya lakukan setiap hari. Sekarang saya menghasilkan lebih banyak uang dalam bisnis saya dan inilah dia.

Inti dari keterangannya adalah daftar berpoin yang memberikan nilai yang disinggung oleh judulnya.

Tutup Caption Anda dengan Ajakan Bertindak

Bagian terpenting dari teks Anda adalah bagian akhir, di mana ajakan bertindak Anda akan mendorong pemirsa Anda untuk mengambil langkah logis berikutnya. Jika Anda ingin mereka membalas dengan komentar, beri tahu mereka untuk berkomentar di bawah atau beri tahu Anda pendapat mereka.

Jika Anda ingin mereka membagikannya, ucapkan, “Tandai teman yang perlu melihat ini”. Jika Anda ingin mereka mengeklik tautan di biografi Anda, gunakan tata bahasa dan struktur kalimat yang tepat.

Manfaatkan Google Analytics untuk Bisnis Anda

Pernahkah Anda berpikir, “pasti ada cara yang lebih baik” dalam hal melacak aktivitas pemasaran Anda? Apakah Anda dipaksa membuat keputusan berdasarkan data terbatas? Dengan pelatihan yang tepat, Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk mengukur semua upaya pemasaran Anda dengan pasti.

Anda akan menghentikan kebocoran dalam pengeluaran iklan Anda, membenarkan pengeluaran pemasaran Anda, mendapatkan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan pemasaran yang lebih baik, dan mengetahui apa yang berhasil di setiap langkah perjalanan pelanggan. Biarkan ahli analitik terkemuka dunia menunjukkan jalannya.

Artikel terkait  Konsistensi dan Kompatibilitas Adalah Kunci Utama Bagi Pemasar di Tahun 2020 Ini

Memilih Citra Instagram

memilih-citra-instagram

Alex tidak percaya foto Instagram Anda harus mengkomunikasikan dengan tepat apa yang Anda katakan dalam keterangan Anda jadi dia selalu menulis keterangannya terlebih dahulu. Itu membuatnya lebih mudah untuk menemukan foto.

Anda dapat menggunakan video, grafik, atau gambar stok foto , apa pun yang paling mudah berdasarkan kemampuan dan sumber daya Anda saat ini. Ketika dia mulai di Instagram, Alex tidak tahu cara mengambil foto dan dia tidak memiliki foto dirinya sendiri sehingga dia menggunakan banyak stok fotografi. Dia merekomendasikan Unsplash dan Pexels.

Apa yang Anda pilih bergantung pada seberapa besar dampak yang Anda inginkan dan apa yang Anda posting di feed Anda. Untuk memvisualisasikan ini, jika Anda belum pernah memposting grafik sebelumnya, memposting gambar secara tiba-tiba mungkin terlihat sedikit aneh. Yang paling penting adalah kualitas citra yang Anda posting. Itu harus segar, jernih, dan terbuka dengan benar.

Menetapkan Frekuensi Instagram

Menurut pengalamannya, memposting lebih banyak sebenarnya belum tentu menghasilkan hasil yang baik. Algoritma Instagram menyukai konten baru. Setiap kali Anda menerbitkan postingan baru, algoritma Instagram menganggap konten lama Anda tidak relevan lagi.

Jika Anda memposting pada jam 8 pagi dan memposting lagi dalam 12 jam, jangka waktu postingan pertama Anda sekarang dipotong menjadi 12 jam karena postingan baru lebih diutamakan daripada postingan lama.

Dengan menempatkan setidaknya 48 jam di antara postingan Anda, Anda memberi mereka kesempatan yang jauh lebih baik untuk menghasilkan lebih banyak keterlibatan dan tayangan selama rentang waktu itu. Daripada memposting setiap hari, Alex merekomendasikan memposting dua atau tiga konten berkualitas per minggu.

Kemudian, berdasarkan target pasar Anda, pilih hari terbaik dalam seminggu. Anda ingin memikirkan kapan audiens Anda akan online dan kapan mereka punya waktu untuk membaca posting Anda.

Jika pelanggan ideal Anda adalah seorang ibu dengan anak kecil, kemungkinan besar dia akan mengajak mereka ke taman atau kursus berenang di akhir pekan, jadi mungkin dia tidak sedang berada di media sosial saat itu. Maka akan lebih baik memposting pada hari kerja.

Ada aplikasi yang akan memberi Anda saran tentang waktu terbaik untuk memposting. Namun, aplikasi ini biasanya menggunakan data yang dikumpulkan dari saat Anda memposting sebelumnya. Jika Anda belum pernah memposting di hari Sabtu, mereka tidak akan memberi tahu Anda bahwa memposting di hari Sabtu adalah ide yang baik. Alex mengatakan tindakan terbaik adalah menguji semuanya sendiri.

Berapa pun frekuensi dan hari yang Anda tentukan, bersikaplah konsisten saat melangkah maju. Untuk membantu Anda tetap konsisten, Anda dapat menggunakan Facebook Creator Studio secara gratis untuk menjadwalkan posting Instagram Anda.

Artikel terkait  Manfaatkan Tiktok untuk Pemasaran Digital Produk Anda

Tips Keterlibatan Instagram

Anda ingin memastikan postingan Anda mendapatkan interaksi sebanyak mungkin dalam 24 jam pertama dari masa pakainya sehingga Instagram akan menampilkannya kepada lebih banyak orang. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan fokus pada hashtag.

Pertama, gunakan 30 hashtag di setiap postingan. Semakin banyak hashtag yang Anda gunakan, semakin banyak jangkauan yang dapat Anda hasilkan.

Kedua, letakkan hashtag Anda di komentar Anda, pada dasarnya Anda memberi audiens 30 alasan untuk mengklik dan meninggalkan postingan Anda.

Ketiga, jangan memilih hashtag yang memiliki lebih dari satu juta posting yang terkait dengannya karena kemungkinan besar pos Anda hanya bertengger diatas selama sepersekian detik dan kemudian didorong ke bawah.

Keempat, Tips lain untuk keterlibatan adalah dengan menggunakan promosi silang. Setelah Anda memposting ke feed Anda, bagikan posting itu ke cerita Instagram Anda, di halaman Facebook Anda, di grup Facebook publik, atau di Twitter dan Pinterest.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten itu sehingga semua kerja keras yang Anda lakukan untuk menulis teks itu bermanfaat.

Kelima, setiap hari Anda perlu meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan target pasar Anda. Balas komentar dan upayakan untuk terlibat dengan postingan orang lain.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya