Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Apa Itu Micro Influencer | Mengapa Bisnis Memerlukannya?

Apa Itu Micro Influencer | Mengapa Bisnis Memerlukannya?

-

Anda telah menetapkan elemen inti bisnis Anda: Anda telah membuat situs web, mengembangkan identitas merek Anda, dan memiliki kehadiran media sosial yang kuat. Sekarang, Anda siap untuk melihat dunia mendapat manfaat dari produk dan layanan yang Anda tawarkan yang berarti Anda harus memiliki strategi pemasaran yang mematikan.

Meskipun ada banyak cara untuk mempromosikan merek Anda dengan sukses, menerapkan kampanye pemasaran influencer adalah ide yang cerdas terutama di era digital ini. Pemasaran micro influencer adalah tindakan memanfaatkan kekuatan individu dengan kehadiran media sosial yang besar untuk merekomendasikan produk atau layanan dan mempengaruhi opini pengikut mereka. Ini seperti berita dari mulut ke mulut di dunia media digital dan ini adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk pemilik bisnis dan wirausahawan di setiap tahap perkembangan mereka.

Saat ini, para penggelut dunia pemasaran influencer adalah kelompok tertentu yang dikenal sebagai micro influencer. Pemasaran dengan influencer terbukti sama suksesnya dengan kampanye influencer selebriti besar-besaran.

Jadi, apa itu micro influencer dan mengapa Anda harus menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda? Dalam artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang micro influencer dan bagaimana mereka dapat menjadi aset makro untuk merek Anda.

Apa Itu Micro Influencer?

Micro influencer adalah individu yang memiliki pengikut sedikit di atas rata-rata di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook dan Twitter, kita berbicara dalam kisaran 1.000-10.000 pengikut.

Meskipun definisi numerik bervariasi di antara para ahli, hal yang penting untuk dipahami adalah influencer sangat berharga karena pengetahuan, semangat, dan keaslian mereka. Mereka mengetahui apa yang sedang tren di industri dan dengan pengikut yang banyak, mereka dapat membagikan trend yang ada.

Mengapa Menggunakan Micro Influencer?

Seorang micro influencer dapat memberikan pengaruh yang kuat pada target pasar mereka karena mereka dianggap ahli bonafide di bidangnya. Tapi inilah pertanyaan yang jelas: mengapa menggunakan seseorang dengan pengikut media sosial yang lebih kecil untuk mempromosikan merek Anda? Nah, ternyata kalau bicara soal pemasaran media sosial , menjadi terlalu populer tidak selalu menjadi aset terbaik.

Karena micro influencer terhubung dengan basis penggemar yang erat dibandingkan dengan banyak pengikut makro influencer dan selebriti, mereka dapat berhubungan dengan audiens mereka pada tingkat yang lebih dalam dengan lebih sering terlibat dengan konten yang dipersonalisasi dan otentik.

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa pemasaran mikro influencer bisa menjadi strategi sukses untuk merek Anda:

Artikel terkait  8 Bisnis Online yang Laris Manis di Indonesia Saat Ini

Audiens yang Ditargetkan

Berbeda dengan rekan selebritas mereka, micro influencer menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan pengikut tepercaya yang jatuh cinta dengan konten dan keahlian mereka. Mereka telah melakukan sebagian besar pekerjaan dalam hal menargetkan pemirsa. Jadi, apakah bidang keahlian mereka adalah makanan, perjalanan, seni, olahraga, dll. Anda dapat yakin bahwa audiens micro influencer sudah memiliki minat khusus di bidangnya, kemewahan yang tidak dijamin saat bekerja dengan makro influencer.

Lebih Banyak Keterlibatan

Pengguna media sosial menghargai interaksi yang sering dengan influencer. Karena audiens micro influencer dapat dikelola, tingkat keterlibatan dengan pengikut mereka tinggi. Dan keterlibatan adalah emas dalam hal mengukur kinerja pemasaran media sosial.

Dalam satu kasus, individu dengan 1.000 pengikut menghasilkan keterlibatan 85% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki 100.000 pengikut. Seorang influencer yang berinteraksi dengan audiens mereka dengan berkomentar, menyukai, dan berbagi konten akan tampak lebih tersedia daripada influencer makro tanpa mengorbankan esensi otoritatif mereka.

Akibatnya, mikro influencer akan memiliki hubungan yang lebih tepercaya dengan pengikut mereka, yang berarti mereka (ergo, Anda) akan menerima beberapa pengakuan sebagai balasannya.

Keaslian

Influencer adalah orang biasa dan Anda berhubungan dengan orang biasa jauh lebih banyak daripada Anda berhubungan dengan influencer selebriti seperti Kardashians, bukan? Karena influencer membangun pemirsanya satu per satu dan memanfaatkan hubungan setia dengan pemirsanya, pengikut cenderung menganggap diri mereka sebagai rekan, bukan penggemar.

Ini sangat berarti dalam hal psikologi konsumen dan tingkat konversi. Saat melakukan pembelian, kebanyakan orang akan lebih terpengaruh oleh rekomendasi atau konten media sosial teman dan keluarga, daripada konten influencer selebriti.

Dengan menunjukkan kualitas asli dan memanusiakan merek yang mereka promosikan, influencer dipandang sebagai pengguna asli di mata publik.

Keterjangkauan

Tak perlu dikatakan lagi bahwa memilih bekerja dengan micro influencer adalah keputusan yang lebih terjangkau daripada menggunakan makro influencer selebriti untuk mempromosikan bisnis Anda di media sosial.

Sebagian besar mikro influencer akan bekerja dengan imbalan produk atau layanan gratis, sementara yang lain mengenakan biaya. Namun, itu akan menjadi sebagian kecil dari biaya dukungan selebriti.

Cara Menemukan Micro Influencer yang Tepat untuk Bisnis Anda

Menggali influencer yang tepat untuk bekerja membutuhkan waktu dan upaya, tetapi ini bisa menjadi penelitian yang menyenangkan dan mencerahkan untuk dilakukan sebagai pemilik bisnis. Sebagian besar bisnis cenderung menemukan influencer sendiri dengan menjelajahi saluran media sosial mereka sendiri.

Berikut beberapa faktor strategis yang perlu diperhatikan saat mencari superstar mikro influencer yang tepat untuk bisnis Anda:

Target Audiens Serupa

Menentukan audiens target Anda adalah dasar dari pemasaran yang baik. Lakukan riset pasar Anda dan luangkan waktu untuk menentukan detail audiens ideal Anda, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pekerjaan, kebiasaan belanja, dan minat. Setelah itu, Anda bisa mencari influencer yang memiliki target pasar yang sama sehingga pesan Anda sampai ke orang yang tepat.

Artikel terkait  Cara Iklan di Instagram Gratis Setiap Bulan

Platform Sosial yang Tepat

Influencer menjalankan keseluruhan dunia media sosial, terkonsentrasi di Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, Twitter, dan lainnya. Kenali platform sosial ini dan pikirkan platform mana yang paling cocok untuk mempromosikan bisnis Anda. Baik Anda mempromosikan produk, restoran, blog, atau layanan, coba bayangkan di mana konten Anda akan terlihat paling baik, buat dampak terbesar, dan di mana Anda dapat menemukan audiens target Anda.

Konten yang Layak

Ketika Anda telah memutuskan audiens target mana yang Anda tuju, dan ke mana Anda ingin dipromosikan, Anda akan mulai mencari influencer mikro yang gaya pemasaran konten dan visinya sejalan dengan Anda. Pilih-pilih dan pilih mikro influencer yang menggunakan visual menarik, bahasa menawan, dan secara keseluruhan menghibur dan informatif.

Bekerja dengan Mikro Influencer

Anda telah melakukan riset, dan sekarang Anda memiliki daftar keinginan micro influencer yang ingin Anda ajak kerja sama. Bagaimana Anda mulai bekerja bersama dari sini?

Menjangkau Mikro Influencer Potensial

Hubungi orang-orang di daftar Anda satu per satu dan tanyakan tentang minat mereka untuk bekerja dengan Anda. Usulkan rencana yang masuk akal bagi Anda berdua dalam hal tujuan, konten, dan kompensasi.

Beberapa influencer mungkin memposting tentang merek Anda dengan imbalan layanan atau produk gratis (sebuah nasihat: jangan pernah meminta mikro influencer untuk membayar produk yang mereka promosikan), sementara yang lain akan mengharapkan kompensasi uang untuk pekerjaan mereka.

Menetapkan Tujuan Bersama

Tetapkan tujuan untuk kolaborasi Anda bersama. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan? Apakah Anda ingin mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda ? Mungkin Anda ingin mendapatkan pengikut di akun Instagram Anda sendiri atau lebih banyak pelanggan saluran YouTube Anda ? Apa pun tujuan pemasaran Anda, pastikan mikro influencer Anda ada di halaman yang sama. Dengan cara ini, mereka dapat menyesuaikan konten dan ajakan bertindak mereka , dan Anda berdua dapat dengan jelas mendiskusikan kemajuan kampanye Anda.

Membuat Konten

Terkait konten, biarkan influencer “melakukan tugas mereka”. Perlu diingat bahwa mikro influencer sangat menyukai dan percaya pada produk yang mereka promosikan. Di atas semua itu, mereka adalah pakar di bidangnya dan tahu cara membuat konten yang cerdas dan orisinal. Langkah paling bijak adalah memberikan kebebasan kreatif kepada pemberi pengaruh mikro untuk menceritakan kisah merek Anda dalam bahasa yang dipercaya dan dipahami oleh audiens mereka.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya