Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Apakah Influencer Marketing akan Membantu Bisnismu?

Apakah Influencer Marketing akan Membantu Bisnismu?

-

Artikel ini akan memberikan panduan kepada Anda untuk melakukan kampanye influencer marketing yang efektif dan cara bekerja sama dengan influencer media sosial yang tepat. Influencer marketing adalah sebuah bisnis dengan konsep kolaborasi dengan orang yang berpengaruh untuk mempromosikan sesuatu. Ini bisa berupa produk, layanan, atau kampanye.

Di dunia digital saat ini, influencer dengan audiens khusus sering kali dapat menawarkan nilai lebih kepada brand. ‘Mereka’ memiliki kelompok pengikut yang berdedikasi dan terlibat di media sosial.

Jika Anda merasa tidak yakin terhadap Influencer marketing, ada sebuah survei dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa 34% pengguna Instagram harian AS membeli sesuatu karena seorang blogger atau influencer merekomendasikannya.

Maka tak heran, kini sudah banyak pelaku bisnis mulai dari bisnis kuliner, kecantikan hingga saham yang menggunakan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Instagram adalah platform pilihan untuk pemberi pengaruh sosial. 89% pemasar mengidentifikasinya sebagai salah satu saluran terpenting untuk influencer marketing.

Artikel terkait  Big Data Adalah? | Perkembangan dan Pentingnya Big Data dalam Bisnis

Apa Itu Influencer Media Sosial?

influencer-media-sosial

Sederhananya, influencer adalah seseorang yang dapat memengaruhi orang lain. Influencer media sosial adalah seseorang yang menggunakan pengaruh itu melalui media sosial. Bentuk pengaruh bisa berbeda-beda dan tidak ada dua influencer yang sama.

Sekitar sepertiga dari konten influencer di Instagram muncul di Stories. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah terus menerus. Fitur swipe-up untuk ditautkan dari Instagram Stories sekarang tersedia untuk akun yang hanya memiliki 10.000 pengikut.

Hal ini menjadikan Stories tempat yang bagus untuk berbagi dan ditautkan ke konten merek. Tapi jangan abaikan platform lain seperti Facebook karena seperempat penggunanya Facebook setiap hari melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi blogger atau influencer.

Influencer yang tepat dapat menjangkau audiens target Anda, membangun kepercayaan, dan mendorong keterlibatan. Mereka membuat konten asli dan menarik. Mereka tidak akan tertarik untuk mengikuti gaya iklan template yang disediakan oleh merek Anda.

Jadi, sangat penting untuk bekerja hanya dengan influencer media sosial yang visinya sejalan dengan visi Anda. Influencer dapat memiliki jutaan pengikut. Mungkin influencer paling terkenal di dunia adalah Kylie Jenner.

Dia memiliki 197 juta followers di Instagram dan secara teratur mendapatkan jutaan like di pos bermereknya. Tapi tidak semua influencer adalah tipe Hollywood. Di Indonesia sendiri ada banyak influencer yang kini sudah mempunyai jutaan followers, meliputi:

Karin Novilda (@awkarin)

Awkarin adalah influencer muda yang masuk sebagai jajaran influencer papan atas di Indonesia ini sudah bermitra dengan banyak merek. Followersnya kini sudah hampir mencapai 6 juta di Instagram.

Tasya Farasya (@tasyafarasya)

Influencer kecantikan ini juga sudah pernah bekerjasama dengan berbagai brand kecantikan. Followersnya di Instagram kini sudah mencapai 4.1 juta dan Ia sendiri juga mempunyai Channel Youtube dengan 3.67 juta subscriber yang khusus membahas mengenai produk-produk kecantikan seperti makeup dan skincare.

Trinity (@trinitytraveller)

Trinity yang mengawali karirnya sebagai seorang penulis blogger, Ia juga sudah berhasil menerbitkan buku yang berjudul “The Naked Traveller” yang menceritakan perjalanan travellingnya dan sudah diadaptasi ke film dengan judul yang sama. Followersnya kini mencapai 106 ribu di Instagram.

Cara Menemukan Influencer Media Sosial yang Tepat dalam 8 Langkah Mudah

influencer-medsos

Ada lebih dari 500.000 influencer aktif di Instagram saja. Itu berarti Anda memiliki banyak peluang potensial untuk kolaborasi influencer. Ini juga berarti Anda harus bekerja keras untuk menemukan influencer yang tepat.

Keyakinan pemasar terhadap kemampuannya untuk menemukan influencer yang tepat sangat bervariasi menurut negara. Berikut 8 cara utama untuk menemukan dan terhubung dengan influencer yang tepat untuk kampanye Anda.

Artikel terkait  Cara Bikin Iklan di Google Terbaru

Pertimbangkan Tiga R Pengaruh

Relevansi

Influencer yang relevan membagikan konten yang relevan dengan bisnis dan industri Anda. Mereka perlu memiliki audiens yang selaras dengan target pasar Anda.

Reach

Jangkauan adalah jumlah orang yang berpotensi dapat Anda jangkau melalui basis pengikut influencer.

Resonansi

Ini adalah tingkat keterlibatan potensial yang dapat dibuat oleh influencer dengan audiens yang relevan dengan merek Anda.

Ketahui Siapa yang Anda Coba Pengaruhi

Kampanye influencer Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Strategi yang efektif mengharuskan Anda berbicara dengan orang yang tepat menggunakan alat yang tepat.

Langkah pertama adalah menentukan siapa audiens Anda untuk kampanye khusus ini. Mengembangkan persona audiens adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda memahami siapa yang ingin Anda jangkau. Setelah Anda selesai melakukannya, buat sekumpulan persona influencer yang cocok. Ini akan membantu Anda memahami kualitas yang Anda cari dari influencer Anda.

Carilah Keterlibatan dan Kepercayaan dengan Audiens yang Tepat

Kuncinya adalah kepercayaan. Audiens Anda harus mempercayai dan menghormati pendapat influencer yang menjadi mitra Anda. Tanpa komponen kepercayaan, hasil apa pun akan terlihat dangkal. Anda akan kesulitan untuk melihat dampak bisnis yang nyata dari upaya Anda.

Bagaimana Anda mengetahui apakah influencer potensial Anda dipercaya? Keterikatan. Anda ingin melihat banyak tampilan, suka, komentar, dan berbagi. Secara khusus, Anda ingin melihatnya dari segmen pengikut yang tepat yang ingin Anda jangkau.

Pilih Tampilan, Nuansa, Nada, dan Nilai yang Konsisten.

Anda perlu menemukan seseorang yang memproduksi konten dengan tampilan dan nuansa yang melengkapi milik Anda. Nadanya juga harus sesuai dengan cara Anda ingin menampilkan merek Anda kepada calon pelanggan. Ini akan memastikan segala sesuatunya tidak terputus-putus di postingan media sosial salah satu pihak.

Perhatikan Saturasi Sponsorship

Lihatlah apa yang diposkan oleh pemberi pengaruh potensial Anda. Seberapa sering mereka membagikan konten bersponsor? Jika mereka sudah mencapai pengikut dengan banyak posting berbayar, tingkat keterlibatan mereka mungkin tidak bertahan lama. Cari banyak konten organik dan tidak berbayar untuk membuat pengikut tetap tertarik, antusias, dan terlibat.

Meneliti dan Belajar

Influencer dalam permintaan mendapatkan banyak penawaran. Saat pertama kali mendekati influencer, Anda harus menunjukkan bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang mereka lakukan. Cari tahu tentang saluran mereka dan siapa pemirsanya.

Lebih baik lagi, mulailah pendekatan Anda secara perlahan dengan berinteraksi secara organik dengan postingan influencer target Anda. Suka isinya. Beri komentar jika perlu. Bersikaplah apresiatif, bukan penjualan.

Artikel terkait  6 Alat Promosi untuk Pemasaran Konten yang Sukses

Rencanakan Anggaran Anda

Influencer dengan jangkauan luas berhak mengharapkan bayaran untuk pekerjaan mereka. Produk gratis mungkin bekerja dengan nano-influencer, tetapi kampanye influencer yang lebih besar membutuhkan anggaran.

Pikirkan tentang jenis struktur pembayaran yang paling masuk akal untuk sasaran Anda. Namun, pertimbangkan juga kebutuhan influencer. Misalnya, struktur afiliasi atau komisi mungkin menjadi pilihan daripada biaya tetap, atau untuk mengurangi biaya tetap.

Jangkau secara Pribadi dan Pribadi

Pesan langsung adalah tempat yang bagus untuk memulai. Jika Anda dapat menemukan alamat email, coba juga. Tetapi jangan mengirim email massal atau DM umum. Mungkin perlu waktu lebih lama untuk menulis pesan pribadi kepada setiap influencer. Tapi, ini akan menunjukkan bahwa Anda serius tentang kemungkinan kemitraan. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai kesepakatan.

Kiat Pemasaran Influencer

pemasaran-influencer

Ikuti Aturan

Sebelum Anda terjun ke pemasaran influencer, penting untuk memahami aturannya. Di Amerika Serikat, aturan tersebut berasal dari Federal Trade Commission (FTC). FTC menangani pengungkapan dengan sangat serius. Pastikan Anda membuat pedoman pengungkapan ke dalam perjanjian Anda dengan influencer.

Influencer harus mengidentifikasi postingan bersponsor. Namun, Truth In Advertising menemukan bahwa banyak yang tidak melakukannya. Beberapa memang mengungkapkan, tetapi tidak dengan cara yang memenuhi persyaratan FTC. Berikut beberapa poin penting dari FTC:

  1. Ulasan video harus menyertakan pengungkapan kemitraan secara tertulis dan verbal. Itu harus ada di dalam video itu sendiri (bukan hanya deskripsi).
  2. Alat bawaan pada platform media sosial tidak cukup.
  3. #ad dan #sponsor adalah hashtag yang bagus untuk digunakan dalam pengungkapan. Tapi pastikan mereka sangat terlihat dan tidak hanya terpaku pada kebutuhan string tag yang panjang.

Poin terakhir itu penting. Beberapa pemberi pengaruh mungkin berhati-hati dalam mencantumkan #ad atau #sponsor hashtag di depan.

Bersedia Melepaskan Kendali Kreatif

Seorang influencer media sosial yang telah bekerja keras untuk membangun pengikut tidak akan menerima kesepakatan yang membuat merek pribadi mereka tampak tidak konsisten. Bagaimanapun, influencer adalah ahli pembuatan konten. Anda akan mendapatkan nilai terbaik dari pekerjaan mereka dengan memungkinkan mereka menunjukkan keahlian tersebut.

Tingkatkan Kredibilitas dengan Pesan Influencer di Saluran Anda Sendiri

Anda juga dapat membagikan atau memposting silang konten dari influencer di saluran Anda sendiri. Ini membantu menyoroti kolaborasi dan menguntungkan merek Anda dan influencer. Canon pernah bekerja dengan mikro-influencer Katja Gaskell (AKA @globetotting) untuk mencoba salah satu kamera mereka.

Dia memposting salah satu foto dan menyebutkan kemitraan di profil Instagram-nya. Tapi itu baru permulaan. Katja membagikan lebih banyak foto di Instagram Stories-nya, bersama dengan tautan ke entri blog tentang pengalamannya di situs Canon.

Artikel terkait  Konten Marketing Adalah? | Pengetahuan Dasar & Praktiknya

Ukur Hasil Anda

Saat Anda meluncurkan kampanye influencer, Anda mungkin tergoda untuk fokus pada metrik kesombongan seperti suka dan komentar. Jika influencer Anda memiliki pengikut yang jauh lebih banyak daripada Anda, Anda mungkin merasa sedikit terpesona dengan banyaknya suka yang dapat dikumpulkan. Tetapi untuk mengukur efektivitas kampanye, Anda harus memahami nilainya dalam hal laba atas investasi.

Parameter UTM adalah salah satu cara untuk melacak pengunjung yang dikirim influencer ke situs web Anda. Mereka juga dapat membantu mengukur seberapa banyak keterlibatan yang diterima kampanye. Saat Anda menetapkan setiap influencer tautan unik mereka sendiri dengan kode UTM, Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang hasilnya.

Itu memungkinkan Anda menghitung dampaknya pada keuntungan Anda. Memberi influencer kode diskon mereka sendiri adalah cara mudah lain untuk melacak penjualan yang mereka kirimkan kepada Anda.

Alat Influencer Marketing

Sekarang setelah Anda siap memulai pemasaran influencer, berikut beberapa alat untuk membuatnya lebih mudah.

Followerwonk

Alat dari Moz ini memungkinkan Anda mencari pemberi pengaruh yang relevan di Twitter berdasarkan kata kunci dan lokasi. Ini adalah alat pertama yang hebat untuk digunakan saat membuat daftar pemberi pengaruh potensial untuk terlibat dan bermitra.

Hootsuite

Aliran pencarian Hootsuite dapat membantu Anda menemukan pemberi pengaruh dengan memantau percakapan yang relevan dengan industri Anda di berbagai saluran. Setelah Anda memikirkan kumpulan influencer awal, tambahkan mereka ke aliran untuk melacak apa yang mereka bagikan dan dengan siapa mereka terlibat. Ini akan membantu Anda memahami relevansinya dengan audiens Anda sambil menyoroti pemberi pengaruh potensial lainnya untuk diajak bekerja sama.

Mesin Rekomendasi Influencer Fourstarzz

Aplikasi ini memberikan rekomendasi influencer khusus. Ini membantu memprediksi perkiraan jangkauan, keterlibatan, dan hasil kampanye lainnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya