Last Updated on January 6, 2024 by APPKEY-YOGI
Setelah artikel sebelumnya membahas mengenai slogan dan kata kata iklan menarik yang dapat meningkatkan ketertarikan orang lain terhadap produk atau jasa Anda, sekarang kita akan mengetahui apa itu content marketing. Konten disini tidak hanya difokuskan untuk promosi produk atau jasa Anda saja, tapi ada unsur untuk menghibur dan menyediakan informasi yang relevan untuk audiens. Selengkapnya yuk simak dibawah ini!
Image by Rawpixel on Freepik
Daftar Isi
Apa Itu Content Marketing?
Content marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang berfokus pada pendistribusian konten yang bernilai, relevan, menarik juga memperoleh dan melibatkan target audience yang jelas dan dipahami dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.
Konten dalam content marketing dapat berupa berbagai bentuk misalnya seperti artikel blog, ebook, video, infografis, podcast atau lainnya. Konten tersebut haruslah dibuat dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah bagi audiens, bukan hanya sekadar untuk menjual produk atau jasa.
Tujuan Menggunakan Content Marketing
Tujuan utama menggunakan content marketing adalah untuk melakukan promosi dan menambah banyak pelanggan. Biasanya dengan melakukan promosi secara hard selling orang-orang pasti akan bosan dengan konten tersebut, oleh karena itu menggunakan promosi dengan soft selling dan dikemas dengan menarik tanpa menghilangkan tujuan utama untuk promosi diharapkan akan lebih ampuh untuk menggugah hati audiens.
Selain yang disebutkan diatas, tujuan melakukan content marketing adalah:
Investasi Jangka Panjang
Konten yang telah diupload atau dipublikasikan tidak hanya akan berlaku atau tayang dengan batas tertentu (kecuali karena kebijakan tersendiri) sehingga konten bisnis Anda akan dapat dilihat oleh orang lain kapan saja atau dimana saja saat mereka membutuhkannya.
Meningkatkan Traffic
Konten yang dikemas dengan unik dapat menarik banyak audiens untuk melihatnya. Selain itu konten yang mudah untuk dipahami, lengkap, informatif juga adanya penjelasan tentang barang atau jasa yang Anda tawarkan menjadikan audiens Anda lebih tertarik dan tidak sungkan untuk datang ke situs dan konten Anda.
Mempertahankan Pelanggan
Ketika Anda sudah mendapatkan pelanggan dengan content marketing, Anda hanya perlu untuk mempertahankan dan meningkatkannya dengan cara menjaga konten Anda tetap berkualitas.
Meningkatkan Kepercayaan
Citra yang dibangun dengan berbagai konten yang menarik dapat menjadikan bisnis Anda semakin dipercaya oleh audiens.
Image by Freepik
Jenis Content Marketing
Content marketing ada banyak jenisnya, tidak hanya berupa video saja atau berupa tulisan saja. Berikut adalah ulasannya.
Blog
Bisa dikatakan blog merupakan salah satu jenis konten marketing yang paling banyak dan umum untuk digunakan. Hal ini dikarenakan blog dapat digunakan untuk mengekspresikan apapun ke dalam bentuk tulisan sehingga selain berisi mengenai promosi produk, juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
Sosial Media
Content Marketing melalui sosial media saat ini mulai melejit. Entah itu melalui Instagram, Facebook, X ataupun TikTok. Konten hampir selalu dikemas dalam video dengan unsur komedi ataupun drama pendek sehingga menghibur audiens yang menontonnya. Diselipkan juga berbagai informasi penting dan berguna untuk kehidupan sehari-hari dengan tanpa lupa untuk tetap mempromosikan produk atau jasa.
Misalnya produk handphone. Mereka tidak dengan serta merta langsung mengarah ke harga handphone atau produk baru. Mereka membuat drama dulu seperti seorang customer yang datang dengan keluhan handphonenya dalam keadaan layar nge freeze atau tidak bisa dipencet untuk membuka aplikasi. Penjaga toko memberikan tips untuk mengatasinya dengan mudah dan dengan begini informasi yang diberikan tentu akan sangat bermanfaat bagi penonton.
Setelah itu baru customer ceritanya iseng menanyakan harga-harga handphone yang ada sekaligus penjaga toko mencuri kesempatan untuk memperkenalkan produk baru. Sehingga disini terjadilah kegiatan promosi. Setelah adegan promosi, bisa diselipkan sedikit humor untuk membuat akhirnya menjadi menarik.
Itu hanya sekedar contoh saja, Anda bisa mengemasnya lebih unik lagi. Luangkan waktu sejenak untuk mencari ide yang sekiranya disukai audiens dan ingat, jangan menjiplak karya orang lain karena untuk membuat dan mencari ide bukanlah suatu hal yang mudah.
Melakukan content marketing melalui email juga merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan, lumayan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Melalui email kita juga dapat langsung terhubung dengan resmi ke perusahaan lain sehingga ada peluang untuk bekerja sama.
Tapi ingat, jangan melakukan spam agar orang lain tidak terganggu serta gunakan bahasa yang baik dan benar. Jangan lupa untuk mengisi subjek, salam pembuka, isi dan penutup yang baik.
Webinar
Mungkin Anda sudah mengetahui istilah webinar bukan? Kata ini sering muncul ketika masa pandemi dimana semuanya serba online. Webinar merupakan istilah yang merujuk pada seminar namun dilakukan melalui web atau media meeting online.
Keuntungan melakukan content marketing melalui webinar adalah Anda akan mendapatkan audiens yang banyak dalam waktu yang singkat. Selain itu, Anda dapat mengetahui langsung audiens Anda dan dapat terhubung secara langsung sehingga kemungkinan Anda untuk membuat audiens terdorong membeli produk atau menggunakan jasa lebih tinggi.
Iklan Berbayar
Iklan berbayar atau paid ads adalah salah satu jenis content marketing yang menggunakan iklan secara berbayar untuk menjangkau audiens. Ini dapat dipasang atau didistribusikan melalui berbagai macam platform seperti website, media sosial dan mesin pencari.
Beberapa keuntungan menggunakan paid ads adalah dapat menjangkau audiens yang besar dengan berdasarkan perilaku online mereka, minat dan demografi. Dengan menggunakan paid ads, Anda juga dapat mengukur apakah iklan Anda efektif atau tidak. Paid ads juga dapat ditargetkan secara spesifik berdasarkan lokasi, waktu dan kata kunci.
E-Book
Ebook bisa menjadi cara yang efektif untuk memberikan informasi mendalam dan bermanfaat kepada audiens. Ebook juga dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens.
Berikut adalah beberapa keuntungan jika menggunakan e-book sebagai content management:
- Ebook dapat memberikan informasi yang lebih mendalam daripada konten jenis lainnya, seperti artikel blog, video atau sosial media.
- Mudah untuk dibagikan.
- Ebook dapat dimonetisasi dengan menjualnya atau menawarkannya secara gratis dengan syarat tertentu, seperti memasukkan alamat email audiens.
Kesimpulan
Demi mewujudkan bisnis untuk terus berkembang, melakukan promosi adalah salah satu cara yang ditempuh agar produk atau jasa lebih dikenal dan dipercaya oleh orang lain. Selain sebelumnya kita dapat menggunakan slogan dan kata kata iklan menarik untuk menarik audiens, melakukan teknik content marketing juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menarik perhatian audiens.
Tujuan melakukan content marketing adalah untuk investasi jangka panjang, meningkatkan traffic, mempertahankan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan. Ada banyak jenis dari media content marketing, diantaranya adalah blog, sosial media, email, webinar, paid ads dan e-book.
Semangat terus untuk berkarya, melakukan inovasi dan ide-ide kreatif lainnya agar bisnis Anda tetap lancar jaya!
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by Rawpixel on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.