Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog

Ulasan Brainstorming dan Pentingnya Untuk Bisnis

0
brainstorming

Dalam sebuah bisnis, ide-ide kreatif sangat diperlukan untuk pengembangan usaha atau bisnis ke arah yang lebih baik. Biasanya, Ide-ide tersebut bisa muncul secara spontan. Saat seseorang berpikir, tanpa disengaja sebuah ide yg kreatif akan muncul tiba-tiba. Namun, saat ide tersebut tidak muncul, apa yang bisa dilakukan? Nah, solusinya adalah dengan melakukan brainstorming.

Metode ini sangat berguna sekali untuk memunculkan sebuah pembaruan saat bisnis yang kita jalankan sedang buntu atau stagnan. Kebetulan sekali, kali ini kami akan membahas tentang pengertian metode ini, mengapa penting untuk bisnis dan cara untuk melakukannya dengan efektif. Jadi, tunggu apa lagi? Mari simak pembahasan berikut ini hingga akhir!

brainstorming

Apa itu Brainstorming?

Brainstorming adalah suatu cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang muncul dengan sebuah solusi kreatif. Kata ini dalam bahasa indonesia sendiri bisa disebut sebagai “curah pendapat”. Sesuai dengan arti kata tersebut, brainstorming bisa diartikan sebagai wadah untuk menampung kumpulan pendapat yang telah diutarakan. Namun, sebenarnya kata ini sendiri tidak memiliki definisi yang baku atau pasti.

Istilah ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1942 oleh Alex Faickney Osborn selaku pendiri perusahaan periklanan BBOD. Osborn mencetuskan istilah ini dari hasil pengamatannya pada suasana kerja di kantornya. ia melihat minimnya ide dan solusi kreatif yang muncul saat rapat. Kemudian, ia pun menerapkan cara baru karena Osborn percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi orang yang kreatif.

Dari berbagai definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa brainstorming berarti sebuah teknik yang digunakan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang muncul dengan cara mengumpulkan ide kreatif yang diutarakan secara spontan. Teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang, terutama dalam bisnis. Dengan menerapkannya dalam bisnis, seluruh tim dalam perusahaan bisa berkreasi untuk membantu mengembangkan usaha.

Pentingnya Brainstorming Dalam Bisnis

Adanya ide baru untuk menjalankan bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan bisnis. Ide baru melahirkan inovasi dan menjadikan bisnis terus berkembang semakin pesat. Ide baru dan inovasi bisa datang dari siapa saja jadi bagi Anda para pemilik bisnis, jangan batasi bawahan Anda untuk memberikan pemikiran mereka kepada Anda. Berikut adalah pentingnya brainstorming dalam bisnis.

Lahirnya Inovasi Baru

Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda, hal inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari inovasi baru, apalagi jika Anda memiliki bawahan tentu mereka akan lebih tahu titik lemah dan titik unggul dari perusahaan Anda karena mereka yang terjun langsung untuk bisnis Anda. Mungkin ide-ide mereka akan terdengar konyol atau mustahil tapi cobalah dengar dan pertimbangkan.

Memecahkan Masalah Bisnis

Dengan saling tukar pandangan dan pemikiran, Anda bisa menemukan jawaban atas masalah-masalah dalam bisnis yang dihadapi. Semakin mengasah pikiran untuk lebih kritis, tentu jawaban yang diperlukan akan datang semakin cepat. Mungkin perlu waktu untuk menemukan jawabannya, namun dengan berpikir bersama, lambat laun akan ditemukan jawabannya.

Saling Mengetahui Kesulitan Masing-Masing

Dalam suatu pemecahan, tentu akan dicari terlebih dahulu apa saja poin-poin yang menghambat suatu divisi atau poin yang menghambat pekerjaan bisnis sehingga semua anggota akan mengetahui apa kesulitan masing-masing dari semua anggota dalam suatu tim. Sehingga lahirlah kerjasama dan pengutaraan ide kreatif bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut.

Menjadi Lebih Dekat Satu Sama Lain

Dengan melakukan curah pendapat ini, tentu kita akan semakin sering untuk berbicara dan bertukar pikiran sehingga rasa “tidak enakan” atau “canggung” akan hilang. Dengan begitu, dalam pekerjaan pun akan semakin cepat untuk dilaksanakan.

brainstorming

Cara Melakukan Brainstorming

Melakukan brainstorming yang tepat akan lebih terasa manfaatnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

Tentukanlah Tujuan

Dalam melakukan brainstorming, sangat perlu adanya tujuan. Dalam satu sesi tentu kita tidak bisa untuk memecahkan semua masalah sekaligus apalagi masalah yang lumayan besar dan pemecahannya perlu waktu yang lama. Oleh karena itu dalam satu sesi perlu adanya tujuan untuk bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan maksimal. Misalnya “bagaimana cara membranding produk dengan baik?” atau “bagaimana cara masyarakat agar membeli produk terus menerus?”

Persiapkan Tim

Jika perusahaan besar tentu tidak semua akan Anda ajak untuk melakukan brainstorming bukan? setelah menentukan tujuan, pilihlah siapa yang sekiranya dibutuhkan. Misalnya tentang pemasaran, tentu Anda sebaiknya melibatkan orang marketing atau sales. Tapi bukan berarti dilarang untuk memasukkan orang yang tidak berhubungan ya, tentu boleh, siapa tahu mereka juga punya ide kreatif yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Tentukan Tempat dan Waktu

Setiap orang tentu memiliki kesibukan masing-masing sehingga penting untuk menentukan waktu yang baik agar semua berjalan lancar. Penentuan tempat pun juga harus dipertimbangkan agar nyaman dan bisa berpikir dengan jernih.

Pilih Pemimpin

Agar berjalan dengan teratur, harus dipilih salah satu orang yang dapat memimpin jalannya diskusi. Orang yang dipilih haruslah orang yang mampu memimpin jalannya diskusi, memahami kondisi, merumuskan pertanyaan, mendorong orang untuk mengemukakan pendapat dan lainnya.

Melakukan Diskusi

Inti dari kegiatan ini adalah melakukan diskusi untuk ide-ide kreatif. Sediakanlah waktu untuk mengumpulkan ide dan waktu untuk mendiskusikan ide-ide yang telah terkumpul.

Jangan Mengkritik

Selama proses brainstorming hindari untuk melakukan kritik, ini akan membuat anggota yang lain jadi mengurungkan niatnya untuk mengeluarkan idenya serta terciptanya batasan.

Catat Semua Ide

Jangan sampai ada satupun ide yang telah dilontarkan terlewat, catatlah dengan rapi agar dapat menyimpulkan semuanya dengan mudah, dengan begitu Anda akan dapat menarik kesimpulan dan menyusun rencana dari kegiatan brainstorming tersebut.

Kesimpulan

Brainstorming adalah salah satu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengajak tim untuk curah pendapat dengan mengutarakan ide-ide kreatif. Cara ini awalnya ditemukan oleh Alex Faickney Osborn pada tahun 1942 karena ia melihat minimnya ide dan solusi kreatif saat rapat kemudian ia mencetuskan ide ini karena ia percaya setiap orang itu memiliki pemikiran yang kreatif.

Mengapa brainstorming penting dalam bisnis? Itu karena dapat melahirkan inovasi baru, dapat memecahkan masalah dalam berbisnis, saling mengetahui kesulitan masing-masing dan menjadi dekat satu sama lain.

Cara melakukan brainstorming adalah pertama Anda harus menetapkan tujuan dari brainstorming tersebut, mempersiapkan tim, menentukan tempat dan waktu untuk melakukan brainstorming, pilih seseorang untuk memimpin jalannya diskusi, melakukan diskusi, jangan mengkritik karena bisa saja dengan mendengar banyak kritikan anggota lain jadi enggan untuk mengeluarkan pendapatnya dan terakhir catat semua ide yang telah dikeluarkan oleh para anggota.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pikisuperstar on Freepik

Apa Itu Google Business Profile: Tingkatkan Penjualan Anda

0
Google Business Profile

Bagi Anda pemilik bisnis, apakah Anda sudah mendaftarkan bisnis Anda pada Google Business Profile? Jika belum mungkin sekaranglah saatnya untuk itu. Google Business Profile adalah alat yang dapat memudahkan Anda untuk mengatur kehadiran secara online di google. Bisnis Anda akan dapat dengan mudah diketahui sehingga nantinya Anda akan mendapatkan banyak audiens dan otomatis pelanggan Anda akan bertambah. Penasaran selengkapnya? Yuk simak!

Google Business Profile

Apa Itu Google Business Profile?

Google profil bisnis adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengelola kehadiran di Internet pada Google. Biasanya digunakan oleh organisasi atau untuk bisnis. Dengan memakai ini, Anda dapat mengelola tampilan bisnis Anda di seluruh google seperti penelusuran dan maps.

Jika Anda melayani pelanggan hanya di lokasi tertentu, bisnis profile akan memudahkan orang lain untuk menemukan lokasi bisnis Anda.

Bisnis yang telah terverifikasi akan lebih dianggap memiliki reputasi dibandingkan dengan yang tidak, sehingga bisnis Anda akan memungkinkan mengalami kenaikan dua kali lipat.

Manfaat Google Business Profile

Berikut adalah beberapa manfaat dari Google Bussiness Profile.

Promosi Bisnis Secara Gratis

Google Business Profile gratis untuk digunakan. Tentu saja sangat menguntungkan sekali bukan? Ke-gratis-an nya tidak terbatasi, baik untuk kepemilikan pribadi, korporasi, perseroan terbatas ataupun kemitraan. Mendaftar dan menggunakannya pun juga sangat mudah karena Anda akan mendapatkan petunjuk secara detail.

Menambahkan Bisnis ke Google Maps

Salah satu manfaat lainnya adalah Anda dapat menambahkan lokasi bisnis Anda ke google Maps. Keuntungannya adalah pelanggan akan menemukan alamat bisnis Anda tanpa harus membuka situs resmi web Anda.

Mengelola Informasi

Anda dapat mengelola informasi yang ditemukan pengguna saat menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan dan saat menelusuri bisnis yang Anda kelola. Saat pengguna google menemukan bisnis Anda, mereka dapat dengan mudah menemukan informasi seperti jam buka, alamat dan situs Anda.

Berinteraksi dengan Pelanggan

Anda dapat menanggapi berbagai ulasan yang dikirim oleh pelanggan Anda. Dengan memposting foto yang memperlihatkan apa yang bisnis Anda tawarkan, dapat meningkatkan permintaan sebanyak 42% di google maps dan 35% lebih banyak ketika mengklik situs Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda dapat membaca dan merespon ulasan dari pelanggan Anda. Dengan cara ini orang-orang juga akan mempertimbangkan keyalakan bisnis Anda dari bagaimana cara Anda merespon, apakah sopan atau tidak, solutif atau tidak dan lainnya.

Jika Anda merespon dengan kata-kata yang baik dan sopan, tentu para pelanggan akan merasa percaya bahwa layanan bisnis Anda sangat baik. Jika sebaliknya, tentu saja mereka tidak akan mau menerima layanan bisnis Anda karena merasa jengkel dan “tidak niat” untuk membuka bisnis.

Respon kepada pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan, jadi berhati-hatilah dengan kata yang Anda ucapkan atau Anda ketik karena itu sangat mempengaruhi.

Memahami dan Memperluas Kehadiran Bisnis Anda

Pahami cara pelanggan menelusuri bisnis Anda dan dari mana pelanggan Anda berasal. Ketahui seberapa banyak seseorang menelpon bisnis Anda dari nomor telepon yang terpampang di Maps dan lainnya.

Google Business Profile

Cara Menggunakan dan Mendaftarkan Google Business Profile

Menggunakan google business profile, tentu akan sangat membantu sekali untuk perkembangan bisnis Anda., apalagi sekarang kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan google business profile, berikut adalah beberapa caranya.

Masuk ke Google Business Profile

Jika Anda telah memiliki akun google, Anda hanya perlu masuk ke Google Business Profile Manager secara otomatis. Jika Anda belum punya akun google, disarankan untuk membuatnya terlebih dahulu.

Mulai Tambahkan Bisnis Anda

Masukkan nama bisnis Anda dengan mengklik “Add your Business to Google” lalu selanjutnya pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda setelah itu klik Next.

Masukkan Lokasi

Setelah memasukkan informasi nama bisnis dan kategori, mulai masukkan lokasi yang dapat dikunjungi oleh pelanggan. Pilih “ya” atau “yes”. Mungkin Anda juga akan diminta untuk menambahkan penanda untuk lokasi bisnis Anda di peta. Jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi fisik tapi menawarkan layanan berupa pengiriman, Anda bisa membubuhkan area layanan bisnis Anda. Setelah itu klik next.

Informasi Kontak

Masukkan nomor telepon bisnis agar mudah untuk dihubungi saat pelanggan ingin menanyakan sesuatu mengenai bisnis Anda. Juga jangan lupa untuk mencantumkan alamat situs web bisnis Anda agar pelanggan dapat memiliki gambaran tentang bisnis apa yang Anda jalankan, selain itu agar dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh pelanggan. Setelah selesai, klik next.

Masukkan Physical Address Bisnis Anda

Physical Adress tidak akan ditampilkan pada google business profile Anda ataupun terlihat di publik, jadi isi dengan sebenar-benarnya. Tujuannya hanya untuk memverifikasi bisnis Anda, jika sudah lengkap, Anda bisa meng-klik next dan akan masuk ke verify your business.

Physical Business mendapatkan postcard melalui mail untuk memverifikasi lokasi, sedangkan service-area business dapat terkirim melalui alamat email. Setelah itu Anda akan mendapat kode verifikasi lima digit dan masukkan kode tersebut di halaman berikutnya. Lalu Anda akan mendapatkan konfirmasi.

Sesuaikan Profil Bisnis

Setelah semuanya selesai, Anda dapat melengkapi profil bisnis Anda. Isi jam kerja, deskripsi, foto bisnis Anda dan lainnya. Aturlah agar dapat memberikan penjelasan lengkap mengenai bisnis Anda. Lalu klik “lanjutkan” atau “continue” setelah itu Anda akan beralih ke halaman dasbor pengelola profil bisnis.

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, profil bisnis Anda akan muncul pada hasil pencarian di google.

Kesimpulan

Google Business Profile dapat dikatakan adalah salah satu cara yang mudah untuk meningkatkan nilai bisnis Anda dan dapat menambah pelanggan yang datang. Membuat akunnya pun cukup simple dan Anda hanya perlu untuk mengisi informasi-informasi mengenai bisnis Anda dengan rinci.

Google Business Profile biasanya digunakan untuk organisasi atau bisnis yang bertujuan untuk memudahkan mengelola kehadiran Anda di internet. Jika Anda hanya melayani pelanggan di tempat tertentu, bisnis profile akan memudahkan orang lain untuk menemukan bisnis Anda.

Beberapa manfaat dari Google Business Profile adalah dapat mempromosikan bisnis secara gratis, menambahkan bisnis ke google maps, mengelola informasi, berinteraksi dengan pelanggan, memahami dan memperluas jaringan bisnis Anda.

Cara menggunakan dan mendaftarkan Google Business Profile adalah masuk ke google business profile, mulai tambahkan bisnis Anda berupa nama perusahaan dan pilih kategori bisnis Anda, masukkan lokasi bisnis dan penanda lokasi bisnis Anda, menambahkan informasi berupa kontak bisnis Anda, masukkan alamat fisik Anda dan terakhir sesuaikan profil bisnis Anda.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pikisuperstar on Freepik

Simak Tips Hemat Biaya Sewa Kantor Berikut!

0

Memulai bisnis tentu saja tidak mudah, apalagi jika ingin memilih lokasi yang strategis di pusat kota. Di satu sisi memulai bisnis juga butuh yang namanya kantor, mana jika ingin membeli sebuah kantor maka biayanya tidak murah. Maka dari itu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyewa kantor untuk menekan biaya dan bisa mendapatkan ruang kantor yang baik dan ideal untuk kenyamanan para karyawan.

Salah satu pilihan gedung kantor yang nyaman untuk disewa area Jakarta Selatan, maka kamu bisa pilih sewa kantor Tebet. Kamu akan mendapatkan fasilitas kantor yang nyaman dan juga berada di lokasi strategis. Memilih sewa kantor saja sudah menguntungkan karena biaya sewanya jauh lebih murah, namun apakah kamu tahu bahwa ada beberapa cara lagi untuk semakin menghemat biaya sewa kantor terutama bagi yang memiliki budget terbatas.

Tips Hemat Sewa Kantor

sewa kantor tebet

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya sewa kantor.

1. Riset Lokasi Kantor

Terlebih dahulu kamu bisa riset lokasi kantor dengan cara mengunjungi berbagai platform atau website yang menghadirkan kemudahan untuk memilih sewa kantor di area yang tepat. Lokasi kantor terbaik adalah mudah diakses dan dekat dengan berbagai fasilitas publik untuk kenyamanan para karyawan dan juga pelanggan.

2. Manfaatkan Teknologi

Agar lebih hemat biaya, kamu tentu bisa memanfaatkan teknologi saat sewa kantor. Bisa memanfaatkan teknologi video conference dan teleconference agar kebutuhan untuk memiliki kantor besar yang mahal bisa terpenuhi.

Bisa juga memanfaatkan aplikasi kolaborasi yang efektif untuk tim jadi tidak perlu berkumpul di satu ruangan.

3. Sharing Kantor

Maksudnya adalah dengan memilih sewa kantor lalu berbagi kantor dengan bisnis lainnya. Seperti diketahui, sewa kantor adalah sistem di mana kamu memilih sewa bangunan siap pakai yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya. Saat sewa kantor kamu akan diberikan satu gedung tanpa berbagi dengan orang lain.

Sehingga jika kamu ingin melakukan sharing kantor dengan bisnis lain tentu dapat menghemat biaya sewa dan juga di satu sisi dapat memperluas jaringan bisnis. Kamu bisa sharing dengan memilih mitra bisnis jadi saling menguntungkan satu sama lain.

4. Sewa Kantor Jangka Panjang

Memilih sewa kantor jangka panjang tentu saja dapat menghemat biaya sewa. Namun hal ini terbilang cukup riskan bagi kamu yang baru memulai bisnis. Kamu bisa memilih sewa kantor jangka panjang jika memang yakin bahwa bisnis tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jangan coba-coba untuk bisnis baru karena  akan sangat merugikan jika bisnis macet, sementara waktu sewa kantor masih panjang.

5. Manfaatkan Diskon

sewa kantor tebet

Diskon tidak hanya bisa kamu dapatkan jika belanja pakaian atau barang elektronik. Ketika kamu sewa kantor juga bisa mendapatkan diskon, bahkan kamu bisa langsung meminta diskon khusus bagi penyewa. Biasanya diskon berlaku dengan beberapa ketentuan seperti biaya diskon jika memilih untuk sewa dalam jangka waktu yang panjang.

Diskon juga bisa kamu dapatkan ketika memperpanjang kontrak atau membayar uang muka yang besar. Untuk menghemat biaya, tentu kamu tidak boleh sungkan menanyakan diskon atau tawaran khusus yang menarik.

6. Pahami Kontrak Sewa

Saat menyewa kantor pastikan kamu harus deh tahu isi dari kontrak sewa sebelum tanda tangan. Baca secara detail dan teliti setiap klausul dalam kontrak jangan sampai ada yang merugikan kamu secara sepihak. Apalagi jika sampai ada biaya tersembunyi yang harus kamu bayarkan, hanya karena kamu terlalu sepele dengan isi kontrak sewa.

Jika kamu merasa ada hal-hal yang merugikan dari sisi kamu sebagai penyewa maka bisa langsung negosiasi dengan pemilik gedung untuk mengurangi biaya ataupun meminimalisir tingkat kerugian.

7. Tidak Boleh Terjebak Merk

Artinya bahwa dalam memilih sewa kantor tidak boleh selalu terjebak dalam merek kantor yang terkenal dan mahal. Maka dari itu disebutkan sebelumnya bahwa kamu harus lakukan survei agar bisa mempertimbangkan dan menemukan merek area gedung kantor yang kurang dikenal namun punya fasilitas yang bagus dan sama bagusnya dengan merek mahal.

Umumnya sewa kantor pada merek yang kurang terkenal akan menghemat biaya, karena harganya tentu tidak semahal gedung-gedung kantor yang sudah populer di area tersebut.

8. Pertimbangkan Mobilitas Karyawan

Di era digital seperti sekarang sangat memungkinkan untuk para karyawan bekerja dari jarak jauh. Ini merupakan solusi tepat untuk mengurangi jumlah karyawan yang perlu datang ke kantor setiap hari. Pada akhirnya kamu bisa menghemat biaya sewa kantor karena tidak perlu ruangan kantor yang begitu luas. Setiap gedung kantor yang disewa tentu punya ukuran masing-masing di mana semakin luas gedung yang disewa maka biaya sewa juga akan lebih mahal.

Apalagi didukung dengan banyaknya karyawan yang saat ini lebih suka bekerja dari rumah atau tempat lain. Karena dirasa lebih fleksibel dan bisa mengurangi rasa jenuh akibat berada di kantor selama sehari penuh. 

Sekarang kamu tentu sudah tahu apa saja cara yang bisa dicoba untuk mengurangi biaya sewa kantor. Bagi yang sedang bingung untuk mencari kantor yang ingin disewa maka bisa memanfaatkan SewaKantorCBD yang merupakan konsultan penyewaan kantor. Kamu sebagai penyewa akan dihubungkan dengan ruang kantor yang tepat di manapun berada sesuai kebutuhan terutama di area Jakarta.

SewaKantorCBD punya lebih dari 500 gedung perkantoran di databasenya dengan data terkini untuk melayani kebutuhan para penyewa dan pemilik gedung. Kunjungi sewakantorcbd.com sekarang juga untuk into lebih lengkap.

Bisnis Skincare: Tips dan Cara Bagaimana Untuk Memulai

0
bisnis skincare

Skincare merupakan salah satu komponen dalam kehidupan yang penting, terutama bagi para kaum hawa. Hampir semua orang menggunakan skincare dalam kesehariannya apalagi Indonesia memiliki cuaca yang sangat panas dan paparan sinar matahari serta debu jalanan yang menghiasi kota jika tidak menggunakan skincare, kulit akan terasa kusam dan kering. Oleh karena itu bisnis skincare menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan akan skincare tidak akan pernah putus.

Lalu bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis skincare, yuk simak pembahasan artikel ini sampai habis!

Apa Itu Skincare?

Skincare adalah perawatan kulit yang menggunakan serangkaian produk pendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Tujuannya adalah menjaga kulit agar selalu terjaga dan terawat. Selain itu dapat memperbaiki masalah pada kulit seperti jerawat, bintik hitam, bekas jerawat dan lainnya. Contoh dari skincare seperti pembersih wajah, tabir surya, pelembab, toner wajah, serum dan masih banyak lainnya.

Untuk memilih skincare yang bagus dan cocok untuk kulit Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu Anda harus mengetahui apa jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda sensitif, normal atau berminyak karena itu sangat berpengaruh. Kedua, lihat apakah Anda juga memiliki masalah pada kulit Anda. Apakah Anda berjerawat, memiliki pori-pori yang besar, bekas jerawat dan lainnya. Tujuannya adalah agar Anda bisa menentukan produk mana yang sesuai untuk kulit Anda. Jangan nanti niatnya menjaga dan merawat malah tambah merusak.

Lalu perhatikan komposisi produk dan kegunaan produk. Apakah produk itu diperuntukan untuk kulit berminyak atau lainnya. Terakhir pastikan produk skincare Anda sudah ber BPOM, jangan asal memilih skincare dengan harga yang murah tapi malah membuat wajah Anda makin rusak karena wajah adalah salah satu aset yang penting.

bisnis skincare

Keuntungan Bisnis Skincare

Selain karena skincare adalah komponen penting penunjang kegiatan sehari-hari dan pasti dibutuhkan, berikut adalah beberapa keuntungan dari bisnis skincare.

Cenderung Memiliki Keuntungan yang Tinggi

Bahan baku yang digunakan untuk membuat skincare biasanya relatif murah dan harga jualnya yang biasanya tinggi. Hal ini bisa memungkinkan bisnis skincare menghasilkan keuntungan.

Produk Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Tidak hanya fashion yang memiliki tren, skincare pun juga memiliki tren. Ketika ada suatu tren skincare, Anda bisa menyesuaikan produk Anda dengan tren tersebut.

Diminati Pria maupun Wanita

Skincare memiliki tujuan untuk menjaga dan memelihara kulit sehingga bukan hanya wanita saja yang minta terhadap skincare, pria pun juga minat.

bisnis skincare

Tips dan Cara Memulai Bisnis Skincare

Berikut adalah tips dan cara untuk memulai bisnis Skincare Anda.

Lakukan Riset

Sebelum memulai, tentunya kita harus tahu apa saja tren dan kebutuhan masyarakat terhadap skincare. Selain itu kenali para pesaing Anda agar Anda bisa memberikan pelayanan dan kualias yang lebih dari pesaing Anda. Analisis produk yang beredar di pasaran, lihat kelemahan dan kekurangan dari produk tersebut agar Anda bisa memberikan kelebihan pada produk Anda.

Tentukan Niche Bisnis Skincare

Skincare merupakan salah satu industri yang luas, jadi Anda harus menentukan segmen pasar atau niche yang spesifik untuk bisnis Anda. Bisa fokus pada jenis produk yang khusus seperti perawatan kulit sensitif, skincare organik, anti-aging dan sebagainya.

Dengan cara seperti ini Anda akan dapat memfokuskan upaya pemasaran dan dapat menarik minat pelanggan. Cobalah untuk mencari niche yang memiliki minat tinggi tapi sedikit persaingan.

Buat Rencana Bisnis Skincare

Membuat rencana yang rinci bisa mendatangkan Anda pada kesuksesan bisnis skincare Anda. Rencana bisnis akan mengatur panduan dan kerangka kerja yang jelas. Jangan lupa juga untuk memberikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang agar Anda dapat dengan mudah untuk menilai keberhasilan bisnis Anda.

Buat Produk yang Berkualitas

Kualitas adalah salah satu kunci penting dalam berbisnis. Buatlah produk dengan bahan-bahan yang memiliki kualitas tinggi, aman dan melalui uji coba yang tepat sebelum Anda meluncurkan produk ke pasaran. Jangan ragu untuk meminta saran pada ahli kosmetik untuk membimbing bagaimana caranya untuk mengembangkan produk Anda.

Dan pastikan Anda sudah mengikuti peraturan dalam industri skincare seperti nilai dan identitas bisnis, label yang jelas dan pastinya ber-BPOM.

Branding yang Kuat

Memiliki branding yang kuat merupakan salah satu faktor yang dapat membuat produk Anda dapat berbeda dari pesaing. Masalah branding tidak hanya penting bagi perusahaan besar, sebagai perintis, Anda juga perlu membangun branding. Buatlah nama merk yang unik, logo yang menarik dan desain yang ramah di mata.

Gunakan Media Untuk Mempromosikan Produk Anda

Di zaman teknologi yang serba canggih ini, semua dapat dipermudah. Manfaatkanlah media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer atau bisa juga beauty vlogger yang memiliki pemirsa atau audiens relevan dengan produk Anda.

Selain dengan media sosial, Anda juga bisa memasarkan secara tradisional seperti dengan menggunakan brosur, pameran skincare, iklan cetak dan lainnya. Mungkin Anda sangsi dengan cara seperti ini, tapi ketahuilah tidak semua orang melek teknologi juga tidak semua orang memiliki waktu untuk bermain sosial media.

Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Layani pelanggan dengan sepenuh hati dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ketika pelanggan telah membeli produk Anda. Pertimbangkan juga untuk memberikan diskon untuk pelanggan setia Anda atau ketika pembeli membeli barang Anda dengan jumlah yang banyak. Tentu pelanggan akan merasa istimewa dan memiliki keinginan yang tinggi untuk kembali memberi produk Anda.

Jika ada pembeli yang bertanya mengenai produk Anda, layanilah dan jawab dengan baik agar dapat meninggalkan kesan ramah. Dengarkan dengan baik feedback yang diberikan oleh pelanggan agar Anda bisa meningkatkan produk Anda menjadi lebih baik.

Rangkumlah testimoni dari setiap pelanggan yang membeli produk Anda karena akan memperluas jaringan bisnis.

Kesimpulan

Skincare merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari untuk mejaga dan merawat kulit setiap hari. Masalah seperti jerawat, bitnik hitam, bekas jerawat akan bisa diatasi dengan menggunakan skincare. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memiliki skincare. Pertama kenali jenis kulit wajah, lalu pahami masalah kulit Anda, komposisi produk dan pastikan apakah produk sudah memiliki sertifikat BPOM atau belum.

Ada beberapa keuntungan bisnis skincare yaitu keuntungan yang tinggi, produk bisa disesuaikan dengan kebutuhan, diminati pria maupun wanita. Tips untuk memulai bisnis skincare adalah lakukan riset, menentukan niche, buat rencana bisnis, buat produk yang berkualitas, branding kuat, gunakan media untuk promosi dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pch.vector on Freepik

Cara Membuat Email Newsletter Untuk Bisnis Anda

0
newsletter

Cara untuk menjangkau pelanggan saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan promosi lewat iklan, promosi di media sosial, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua cara tersebut dapat menjangkau pelanggan secara langsung. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjangkau pelanggan secara langsung adalah dengan newsletter

Apakah Anda pernah mendapatkan email tentang informasi terkait perusahaan? Nah, email itulah yang disebut dengan newsletter. Cara ini dianggap efektif dalam marketing karena performanya yg baik dan dapat meningkatkan ROI dari perusahaan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara membuatnya dengan baik dan benar. Mengetahui cara membuat jenis email marketing satu ini sangat penting untuk bisnis perusahaan Anda.

Jangan khawatir karena kali ini kami akan menyajikan ulasan lengkap tentang pengertian, manfaat dan cara membuat salah satu jenis email marketing dengan performa tinggi ini. Jadi, tunggu apa lagi, langsung saja simak pembahasannya hingga akhir dibawah ini!

Apa itu Newsletter?

newsletter

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, newsletter didefinisikan sebagai sebuah lembaran cetak yang berupa pamflet atau surat kabar. Ini biasanya berisi informasi terkait informasi terbaru dari perusahaan. Selain pengertian tersebut, email ini juga dikatakan sebagai media informasi berupa siaran berita singkat yang ditujukan untuk pelanggan. Pelanggan yang dituju biasanya pelanggan yang sibuk dan tak sempat membaca berita panjang.

Dari kedua pengertian diatas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan pengertian dari jenis email marketing satu ini. Jadi, Newsletter adalah siaran berita singkat yang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan untuk berbagi berita terbaru dan menarik seputar perusahaan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menggunakan tools ini dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan secara langsung. Dengan tools ini, konten-konten menarik mengenai marketing dapat dikirim dengan mudah. Konten tersebut dapat berupa promosi produk dan event, engaging content, ataupun survei untuk mengetahui minat dari pelanggan.

Newsletter biasanya berbentuk sebuah email campaign. Hal tersebut membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan evaluasi. Melalui email yang dikirim ke seluruh pelanggan, perusahaan dapat mengkategorikan jenis pelanggan. Terdapat dua kategori pelanggan, pertama adalah kategori pelanggan yang rutin membuka email. Sementara, kategori kedua adalah pelanggan yang tidak membuka email.

Manfaat Penggunaan Newsletter

Terdapat berbagai manfaat yang bisa diambil oleh perusahaan dan bisnis. Manfaat tersebut dapat membantu meningkatkan performa bisnis dari perusahaan. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil oleh perusahaan ketika menggunakan toos ini.

Mampu Menjangkau Audiens Lebih Banyak

Jika Anda ingin perusahaan terhubung secara langsung dengan pelanggan, maka newsletter adalah jawaban yang tepat. Email jenis ini dapat dikirim pada semua pelanggan dari perusahaan secara rutin. Seluruh pelanggan potensial, baik itu pelanggan baru maupun lama dapat dikirimkan email ini tanpa terkecuali.

Para pelanggan tidak selalu memiliki waktu untuk membuka dan mengecek informasi terbaru dari website tertentu setiap hari. Sehingga, menggunakan jenis email marketing satu ini akan membuat pelanggan mengetahui seluruh info terbaru. Informasi tersebut biasanya berupa promo terbaru, event, produk baru dirilis, dan lainnya. 

Memudahkan Pelanggan Mengetahui Update Terbaru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi paling utama dari tools ini adalah membantu pelanggan untuk tidak ketinggalan semua informasi terbaru. Pelanggan yang telah dikirimkan email tersebut merupakan pelanggan potensial yang setia. Hal itu karena perusahaan tidak mungkin memiliki email dari pelanggan tanpa adanya transaksi dari pelanggan tersebut.

Selain adanya transaksi, pelanggan yang mensubscribe perusahaan juga menjadi faktor yang membuat perusahaan mengetahui email pelanggan. Untuk tetap terhubung dengan pelanggan tersebut, peran dari newsletter sangat penting untuk mewujudkan promosi yang tepat sasaran.

Membantu Menentukan Segmentasi dan Profil Pelanggan

Selain sebagai media promosi, tools ini juga dapat digunakan sebagai media untuk survei. Survei disini dilakukan untuk mengetahui minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, hasil dari survei yang dilakukan dapat menjadi sumber data untuk personalisasi perusahaan.

Meningkatkan Hubungan Pelanggan

Relasi atau hubungan yang baik dengan pelanggan adalah hal yang paling penting. Oleh karena itu, newsletter dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Tool ini dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan. Dengan membaca email dari perusahaan, pelanggan akan senantiasa ingat dengan perusahaan tersebut dan engagement perusahaan akan bertambah.

Membantu menambah Konversi Penjualan

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh perusahaan adalah meningkatnya konversi penjualan. Hal tersebut karena elemen seperti Call to Action akan membantu mengarahkan pelanggan pada pembelian. Biasanya, CTA pada email akan mengarah pada laman yang berisi produk dari perusahaan.

Cara Membuat Newsletter yang Baik Untuk Perusahaan

newsletter

Saat ini banyak perusahaan yang telah menggunakan fitur ini untuk melakukan promosi. Namun, tidak semua perusahaan mengetahui bagaimana bentuk newsletter yang baik dan benar. Nah, maka dari itu, berikut beberapa cara untuk membuat jenis email marketing ini dengan baik dan benar.

Pilih Alat Untuk Membuat Newsletter

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih alat untuk membuat email marketing ini. Ada banyak alat yang bisa dipilih untuk digunakan oleh perusahaan. Namun, agar dapat berjalan dengan baik, sesuaikan alat dengan kebutuhan perusahaan. Kebutuhan mendasar seperti tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan sangatlah penting.

Selain tujuan, menyesuaikan dana yang dimiliki perusahaan saat memilih alat yang digunakan juga tak kalah penting. Jika dana perusahaan cukup besar, maka Anda bisa memilih alat yang canggih dengan banyak fitur. Namun sebaliknya, ketika dana yang dimiliki tidak terlalu besar, Anda dapat memilih alat yang sesuai dengan jumlah budget itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang dialami perusahaan.

Jika alat yang dipilih sudah sesuai dengan tujuan dan budget, jangan lupa untuk memperhatikan faktor teknis dalam memilihnya. Sesuaikan skill teknis dari SDM yang dimiliki perusahaan agar output yang dihasilkan dapat maksimal. 

Cari Tahu Tujuan Newsletter

Sebelum Anda mulai menyusun kata-kata, pastikan untuk mengetahui tujuan dari email tersebut. Sesuaikan dengan strategi konten yang telah ada pada perusahaan agar tidak melenceng. Setelah mengetahui tujuan dan mengambil keputusan, catat indikator kinerja dari sasaran yang ditetapkan dan kaitkan dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Untuk mengetahui bagaimana kinerja dari email, Anda bisa melihat jumlah pelanggan yang membuka email yang Anda kirim. Hal tersebut akan menunjukan tingkat kinerja dari email tersebut. Semakin tinggi jumlah keterbukaan email, maka email yang Anda kirimkan telah sukses.

Pilih dan Personalisasikan Template Newsletter

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih dan mengatur template email yg akan Anda gunakan. Pilih template yang menarik dan sesuai dengan preferensi perusahaan Anda. Dengan menggunakan template yang menarik, pelanggan akan tertarik dan membuka email yang telah Anda kirimkan.

Setelah memilih template mana yang akan Anda gunakan, mulailah mengatur template tersebut agar sesuai dan tak berlebihan. Sesuaikan semua bagian pada template seperti header, body, ukuran,  serta jangan lupa untuk memaksimalkan CTA pada email Anda. Setelah semua selesai, jangan lupa untuk menyimpan template tersebut agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

Maksimalkan Body Email

Setelah mengatur template, Anda dapat mulai mengatur isi dari email Anda. Maksimalkan konten pada body email Anda. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat tertarik dengan penawaran dalam email yang dikirimkan.Usahakan menggunakan bahasa marketing yang sopan dan tepat. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan gambar agar email Anda semakin menarik.

Pilih Subject dan Nama Pengirim

Sebelum mulai mengirimkan email ke seluruh pelanggan, jangan lupakan hal terpenting dalam sebuah email yaitu subject. Pilihlah subject yang tepat untuk email Anda.Gunakan subject yang menarik dan bisa mengundang pelanggan untuk mengklik dan membaca email Anda. Hal tersebut akan membuat kinerja email Anda menjadi semakin baik.

Selain memilih subject, tambahkan juga email pengirim pada newsletter yang akan dikirim. Gunakan email pengirim dengan nama sebenarnya agar tidak menimbulkan kecurigaan pada pelanggan Anda. Dengan menggunakan nama pengirim yg benar, kepercayaan pelanggan dapat meningkat dan hubungan dengan pelanggan akan semakin baik.

Lakukan Testing di Device Berbeda

Setelah semua siap, lakukan testing pada beberapa device dan platform yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar tampilan email Anda sesuai pada semua device maupun platform. Anda dapat melakukan testing pada penyedia layanan email seperti Gmail, Outlook dan lainnya dan pastikan semua sudah baik dan sesuai.

Kirim Email

Nah, setelah melakukan testing, tahap selanjutnya adalah mengirimkan email ke seluruh pelanggan. Pastikan Anda mengecek kembali daftar pelanggan yang akan dikirimkan email tersebut. Usahakan agar tidak ada yang terlewat saat proses mengirim dilakukan.

Lakukan Analisa Kembali

Tahapan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan analisis secara berulang terhadap email yang telah Anda kirim. Cek performa dari email yang telah Anda kirim mulai dari jumlah klik dan jumlah balasan yang didapatkan melalui email tersebut. Lakukan hal ini secara berulang dan terus menerus untuk melihat efektifitas kinerja dari email tersebut.

Kesimpulan

Nah, itu dia ulasan mengenai newsletter yang perlu Anda ketahui. Jenis email marketing yg satu ini merupakan siaran berita yang digunakan untuk menghubungkan perusahaan dengan pelanggan yang berisi informasi terbaru terkait perusahaan. Penerapannya pada bisnis Anda dapat membantu untuk meningkatkan kinerja dari perusahaan. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan selamat mencoba!

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Market Positioning, Manfaat dan Cara Kerja

0
market positioning

Anda pasti sering melihat beberapa produk atau barang yang sejenis beredar di pasaran bukan? Seperti mobil, yang diproduksi tidak hanya dari satu brand saja namun ada banyak brand-brand mobil yang bertebaran. Diantara banyaknya mobil yang ada di pasaran, pasti hanya ada beberapa brand yang memiliki “nama” di masyarakat ‘bukan? Hal ini berkaitan dengan salah satu strategi dalam pemasaran yaitu market positioning. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

market positioning

Apa Itu Market Positioning?

Market positioning adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk membuat persepsi pelanggan tentang produk yang dimiliki perusahaan yang sama dengan kompetitor. Atau lebih mudahnya bagaimana suatu perusahaan dapat membuat identitas dari produk mereka sehingga bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki produk serupa.

Dengan memakai strategi ini, akan membantu sebuah perusahaan untuk memiliki produk yang kualitasnya bisa mengalahkan kompetitor. Kemenangan itu bisa dicapai dengan meneliti tren di pasaran secara kontinu.

Contoh dari market positioning ini adalah seperti air Le Minerale yang membangun citra sebagai air yang kaya akan mineral, ditandai dengan rasa air yang ada manis-manisnya. Atau seperti produk smartphone Xiaomi yang membangun citra sebagai smartphone murah merakyat dengan kualitas setara dengan smartphone mahal.

Contoh lainnya lagi yaitu Apple yang memposisikan produk-produknya sebagai produk yang inovatif dan stylish. Nike memposisikan produk-produknya sebagai produk yang sporty, fashionable dan unggul. Mercedes-Benz yang membangun citra pada produknya sebagai produk yang mewah dan elegan.

Manfaat Market Positioning

Market Positioning dilakukan dengan tujuan memberikan kesan kepada masyarakat terhadap produk yang dijual. Berikut adalah beberapa manfaat dari market positioning.

  1. Menyampaikan Manfaat

Dengan market positioning, perusahaan dapat dan memiliki kesempatan untuk menyampaikan manfaat apa yang dimiliki pada jasa atau produk perusahaan.

  1. Komunikasi Efektif

Perusahaan dapat dengan mudah mendorong komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

  1. Target Pasar Lebih Jelas

Strategi ini memungkinkan untuk menentukan target pasar yang jelas karena ada beberapa manfaat yang dapat dinikmati pelanggan dari produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat dengan mudah untuk memfokuskan produk atau layanannya pada target pasar secara khusus.

  1. Meningkatkan Penjualan

Dengan membangun citra tertentu, membuat pelanggan akan semakin yakin pada produk dari perusaahaan Anda. Orang yang bingung untuk memilih pun akan terdorong untuk mencoba produk Anda atas citra yang telah terbentuk tersebut sehingga Anda akan mendapat pelanggan baru. Tentu ini akan meningkatkan penjualan.

  1. Perusahaan Menjadi Unggul

Dengan membangun citra yang bagus, perusahaan dapat menjadi lebih unggul dan produknya akan dicintai dan dibutuhkan oleh pasar secara kontinu.

market positioning

Cara Kerja Market Positioning

Setelah Anda mengetahui manfaatnya, mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara kerja dari market positioning. Yuk simak dibawah ini!

  1. Identifikasi Keunggulan dari Kompetitor

Agar Anda bisa membuat produk yang lebih unggul dari kompetitor, cari tahu lebih dahulu apa saja keunggulan dari kompetitor tersebut. Tidak mungkin ‘kan Anda ingin membuat produk yang lebih unggul tapi Anda sendiri tidak tahu apa saja keunggulan produk yang dimiliki kompetitor. Oleh karena itu Anda harus bisa mengidentifikasi dengan cermat.

  1. Analisis Posisi

Tahapan ini sangat dibutuhkan karena akan membantu untuk mendapatkan informasi terkait tren pasar, kompetitor, pergeseran ekonomi dan kecenderungan pembelian para pelanggan di luar sana. Manfaat dari analisis ini adalah dapat membantu perusahaan untuk menetapkan keputusan yang tepat.

  1. Analisis Kompetitor

Anda perlu menganalisis posisi kompetitor dalam pasar. Ini penting karena akan membantu perusahaan dalam menemukan kekuatan dan kelemahan kompetitor di pasar. Dengan cara ini perusahaan akan dapat menemukan lubang yang belum ditempati oleh perusahaan lain sehingga dapat diisi oleh perusahaan Anda.

  1. Buat Strategi dan Tentukan Apa yang Pelanggan Butuhkan

Langkah ini dapat dilakukan dengan mengembangkan strategi setelah mendapatkan informasi tentang posisi, kekuatan dan peluang dari perusahaan. Memahami kebutuhan pelanggan adalah salah satu langkah cerdas agar proses membentuk citra perusahaan menjadi mudah.

Kesalahan yang Biasa Terjadi

Namanya belajar pasti akan ada saja kesalahan yang tidak dapat diprediksi atau mungkin tidak mengetahui bahwa yang sedang dilakukan itu merupakan kesalahan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang biasa terjadi pada saat menerapkan strategi bisnis ini.

  1. Belum Membangun Citra yang Baik

Terkadang ada beberapa orang yang ingin cepat-cepat untuk memasarkan produknya tanpa meneliti lebih jelas kondisi pasar sehingga produk yang ditawarkan belum terbangun citranya dengan baik. Anda harus benar-benar melakukan riset agar tidak salah langkah.

  1. Cakupan yang Sempit

Perusahaan malah membangun citra produk pada ruang lingkup yang sempit sehingga membuat pelanggan menjadi kurang berminat walaupun pelanggan tersebut masuk ke dalam kategori target pasar.

  1. Tidak Didukung dengan Bukti

Salah satu hal yang dapat membuat produk Anda dipercaya adalah adanya pembuktian. Misalnya Anda membangun produk detergen dengan citra “dapat membunuh kuman dan menghilangkan noda dengan cepat”. Anda harus dapat membuktikannya pada produk Anda agar tidak meninggalkan kesan meragukan.

Jangan pula terlalu dilebih-lebihkan atau menambah atribut tertentu pada produk, itu justru akan menimbulkan pertanyaan dan membuat pelanggan bertanya-tanya “masa hanya dengan produk itu saja bisa sih”, bukannya dipercaya malah justru diragukan dan akhirnya tidak ada yang akan mencoba membeli produk Anda.

Kesimpulan

Menjadikan bisnis sukses adalah suatu hal yang tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi ketika kita akan menciptakan suatu produk baru. Terkadang kita akan berlabuh pada produk yang tentunya sebenarnya sudah ada tapi ingin menciptakan produk sama dengan kualitas yang berbeda. Barang dengan merk baru tentu saja tidak langsung mendapat hati dari pelanggan, apalagi jika belum ada yang mencobanya. Ibarat ketika kita bertemu dengan teman baru, kita tidak akan secepat itu percaya dengannya ‘bukan?

Untuk membuat barang atau jasa Anda menjadi dikenal banyak orang, Anda perlu membangun citra yang baik pada produk atau jasa. Anda dapat menerapkan market positioning untuk itu. Market positioning adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk membuat persepsi pelanggan tentang produk yang dimiliki perusahaan yang sama dengan kompetitor.

Manfaat dari market positioning adalah perusahaan dapat menyampaikan manfaat produk atau jasa, membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, target pasar lebih jelas, meningkatkan penjualan dan perusahaan menjadi unggul. Cara kerjanya ada empat yaitu mengindentifikasi keunggulan dari kompetitor, analisis posisi, analisis kompetitor, buat strategi dan tentukan apa yang pelanggan butuhkan.

Dalam menjalankannya ada beberapa kesalahan yang biasa terjadi, diantaranya adalah belum membangun citra yang baik, cakupan yang sempit dan keunggulan produk tidak didukung dengan bukti.

Ingin tahu lebih banyak strategi jitu berbisnis online? Ikuti terus MARKEY karena kami punya ratusan update tips dan trik bisnis menarik khusus untuk Anda! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga. Sampai bertemu lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Talent Management? Buat Bisnis Anda Makin Sukses

0
talent management

Karyawan atau talent adalah salah satu komponen atau aset penting dalam perusahaan. Mungkin ada diantara Anda yang memiliki karyawan namun selalu melakukan kesalahan dalam bekerja atau tidak semangat bekerja dengan posisinya saat ini? Mungkin bisa saja hal yang dia kerjakan tidak sesuai dengan kemampuannya atau tidak sesuai dengan posisinya sehingga kinerja perusahaan tidak meningkat, oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa itu talent management.

talent management

Apa Itu Talent Management

Talent Management adalah proses atau suatu pendekatan untuk merekrut, mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas dan berbakat. Hal ini mencakup pengembangan keterampilan, pengelolaan kinerja, identifikasi bakat dan pengakuan atas pencapaian kerja. Tujuannya adalah memastikan karyawan sudah ditempatkan di posisi yang tepat sehingga kinerjanya akan menjadi lebih baik.

Selain itu arti lain dari talent management adalah metode untuk menilai setiap orang dengan akurat di suatu perusahaan. Penilaiannya akan digunakan sebagai pertimbangan apakah orang itu dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan targetnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) perusahaan tersebut.

Tujuan Talent Management

Ada banyak tujuan dari adanya talent management ini, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Pengembangan Skill Karyawan

Dengan adanya manajemen bakat, skill karyawan menjadi terasah. Sehingga kinerja karyawan akan menjadi lebih baik.

  1. Meningkatnya Interaksi Antara Karyawan dan Atasan

Sistem ini dapat memfasilitasi komunikasi yang baik antara karyawan dan atasan sehingga karyawan dapat lebih produktif dalam bekerja dan terbuka pada atasannya.

  1. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Tim yang Efektif

Kerja tim merupakan hal yang sangat krusial pada suatu perusahaan. Bayangkan saja jika satu tim tidak bisa berkomunikasi yang efektif atau mungkin salah satu anggotanya tidak bisa berkomunikasi yang baik, ini akan menyebabkan runtuhnya satu kesatuan tim dan membuat pekerjaan menjadi kacau. Ujungnya tujuan perusahaan tidak dapat tercapai dengan baik.

  1. Prosedur Rekrutmen Tanpa Salah Sasaran

Talent management dapat membantu HRD untuk menemukan SDM yang berbakat dan prospektif sehingga harapannya akan menjadi karyawan yang produktif, berkualitas dan berdedikasi dalam bidang masing-masing.

  1. Mempertahankan Karyawan yang Berbakat

Dengan adanya management training, Anda dapat mempertahankan karyawan Anda yang yang memiliki bakat dan performa yang bagus. HRD dapat dimudahkan untuk memantau ulasan dan kontribusi kerja karyawan. Memberikan promosi untuk jenjang karir dapat Anda lakukan sebagai penghargaan untuk karyawan yang memiliki kinerja yang baik tersebut.

Manfaat Talent Management

Setelah mengetahui tujuan dari talent management tersebut, yuk kita beralih ke manfaat dari adanya talent management. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan dengan adanya talent management ini, berikut adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Bagi Perusahaan

Berikut adalah beberapa manfaat talent management bagi perusahaan.

  1. Mengoptimalkan prosedur seleksi dan rerukment perusahaan.

Dengan adanya manajemen talenta, perusahaan akan mudah untuk merekrut kandidat.

  1. Meningkatkan partisipasi karyawan

Dengan ditempatkan pada posisi yang sesuai, karyawan akan mudah untuk berpatisipasi untuk memajukan perusahaan.

  1. Mengurangi biaya untuk mencari staf

Tentu dengan betahnya karyawan pada perusahaan, perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan biaya dan waktu untuk mencari staf baru.

  1. Meningkatnya produktivitas perusahaan

Meningkatnya skill dan bakat karyawan menjadikan perusahaan semakin produktif

  1. Menganalisis risiko

Jika ada karyawan yang minggat dari perusahaan, Anda dapat menganalisis risiko jika karyawan tersebut tidak ada.

Manfaat Bagi Karyawan

Manfaat talent management juga tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, namun juga dirasakan oleh para karyawan. Berikut adalah beberapa manfaat talent management bagi karyawan.

  1. Peluang dalam jenjang karir dan pengalaman

Semakin bagus kinerja karyawan tidak akan menutup kemungkinan untuk jenjang karir dan otomatis pengalaman yang diterima dapat lebih banyak.

  1. Meningkatkan skill dan bakat karyawan

Belajar tidak hanya di bangku sekolah dan kuliah saja, diluar itupun karyawan bisa belajar berbagai macam hal yang tentunya sangat berguna untuk diri sendiri baik ketika masih di dalam perusahaan tersebut atau ketika sudah keluar nantinya.

  1. Meningkatnya dedikasi dan termotivasi

Dengan pelatihan yang baik, kinerja semakin baik, tentunya karyawan akan termotivasi untuk terus melakukan yang terbaik juga dapat berdedikasi pada perusahaan.

  1. Jenjang karir yang jelas

Sangat bermanfaat untuk karyawan agar mendapatkan kehidupan yang semakin baik.

talent management

Proses Talent Management

Talent management tidak dapat serta merta dikerjakan tanpa adanya proses. Demi meningkatkan kualitas karyawan ada beberapa proses dalam talent management, berikut adalah diantaranya.

  1. Perencanaan

Pada tahap ini ada banyak hal yang perlu untuk diidentifikasi, seperti membuat jobdesk berdasarkan posisi yang saat ini dibutuhkan, persyaratan lamaran kerja dan sebagainya.

  1. Menarik Pelamar

Pada tahap ini yang ditarik adalah minat pelamarnya. Jika perusahaan sangat butuh orang dari luar perusahaan untuk mengisi suatu posisi dalam arti kekurangan karyawan, HRD perlu untuk membuat informasi lowongan di platform media sosial atau website perusahaan.

Tidak jarang ‘kan melihat lowongan pekerjaan dengan rate gaji tertentu misalnya dari 3,5 juta sampai 4,5 juta untuk mengisi posisi sebagai staf. Tentu bagi pelamar sangat tergoda dengan ‘kemungkinan’ gaji 4,5 juta tersebut. Walau sebenarnya nanti ujung-ujungnya akan dibayar hanya dengan 3 juta saja. Tapi ini juga tergantung pintar-pintarnya pencari kerja untuk bernegosiasi. Mungkin tidak semua juga perusahaan seperti itu namun kebanyakan seperti itu.

Setelah mendapat beberapa talent yang masuk, talent tersebut akan diidentifikasi dan dengan pendekatan branding perusahaan, akan sangat mudah untuk mengetahui potensi dari pelamar secara keseluruhan.

  1. Seleksi

Tahap ini terdiri dari serangkaian tes juga pemeriksaan untuk menemukan kandidat atau talent yang memenuhi persyaratan. Biasanya akan terdiri dari tes wawancara, tes tulis, diskusi kelompok dan lainnya.

  1. Mengembangkan Karyawan

Tahap ini dapat membantu karyawan untuk mengembangkan diri sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk perusahaan. Selain itu pada tahap ini karyawan akan difasilitasi dengan pengembangan loyalitas dari karyawan juga meningkatkan partisipasi karyawan dalam semua operasional bisnis.

  1. Mempertahaan Karyawan

Untuk mencapai kesuksesan, perusahaan harus dapat mempertahankan karyawan terbaik yang bekerja saat ini. Misalnya dengan peluang jenjang karir atau melalui promosi.

  1. Transisi

Proses talent management harus berfokus pada kemajuan perusahaan dan transformasi kolektif melalui pertumbuhan karyawan secara individual. Dengan demikian, karyawan akan merasa sebagai bagian penting dari organisasi. Wawancara keluar, perencanaan karir, dan tunjangan pensiun adalah bagian dari proses transisi ini.

Kesimpulan

Tanpa karyawan, perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik, itulah sebabnya karyawan merupakan aset yang sangat berharga. Untuk mencapai karyawan yang memiliki kinerja yang bagus, cobalah untuk melakukan talent management. Talent managemet adalah proses untuk menilai, merekrut, mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas.

Tujuan dari talent management adalah pengembangan skill karyawan, meningkatnya interaksi antara karyawan dan atasan, mengembangkan kemampuan komunikasi tim yang efektif, prosedur rekrutmen tanpa salah sasaran dan mempertahankan karyawan yang berbakat.

Manfaatnya terbagi menjadi dua yaitu manfaat bagi perusahaan dan karyawan. Manfaat bagi perusahaan yaitu mengoptimalkan prosedur seleksi dan rerukment perusahaan, meningkatkan partisipasi karyawan, mengurangi biaya untuk mencari staf, meningkatnya produktivitas perusahaan dan menganalisis risiko.

Lalu manfaat bagi karyawan yaitu peluang dalam jenjang karir, meningkatkan skill dan bakat dan meningkatnya dedikasi dan motivasi. Proses talent management meliputi perencanaan, menarik pelamar, seleksi, mengembangkan karyawan, mempertahankan karyawan dan transisi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by katemangostar on Freepik

Inilah Alasan Mengapa Bisnis Properti Sangat Menguntungkan

0
bisnis properti

Bisnis properti dapat dikatakan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi saat ini harga serba naik sehingga pendapatan dari bisnis inipun kemungkinan akan semakin naik. Saat mendengar nama bisnis properti pasti Anda langsung terbayang dengan rumah juga tanah ‘bukan? Rumah yang mewah atau tanah yang tersebar dimana-mana.

Secara umum arti properti adalah tanah, bangunan atau sarana prasarana yang tidak terpisahkan dari tanah atau bangunan hak milik yang dimaksud. Rumah biasa dan tanah sepetakpun sudah bisa dianggap sebagai properti. Jadi tidak mesti rumah yang mewah atau tanah yang berhektar-hektar.

Jika dalam bisnis, properti yang dipakai harus sudah jelas kepemilikannya, sebab jika kepemilikannya belum jelas tidak akan menutup kemungkinan aset atau properti tersebut akan kena sengketa dan terjadi perselisihan. Memang mengurusi segala macam dokumennya membuat kepala akan menjadi pusing. Tapi akan lebih baik dan tenang jika segalanya telah terurus.

Properti merupakan barang atau aset yang mahal sehingga Anda harus bisa memastikan semuanya legal dan jelas.

bisnis properti

Contoh Properti Untuk Bisnis Properti

Berikut adalah contoh properti yang biasanya dimanfaatkan untuk bisnis.

Bangunan Khusus

Merupakan sebuah gedung atau bangunan dengan tujuan pembangunannya adalah untuk fasilitas umum seperti tempat hiburan, terminal, sekolah, bandara dan sebagainya.

Bangunan Komersil

Merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk bisnis atau perusahaan. Biasanya pemilik akan menyewakan bangunannya untuk rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, perkantoran, ruko dan lainnya. Biasanya bangunan ini terletak di tengah kota.

Bangunan Residen

Seperti namanya, bangunan ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat tinggal atau hunian. Contohnya seperti apartemen, kost, asrama, villa, perumahan, rumah tinggal dan lain sebagainya. Pastinya kita pernah menjumpai orang yang memiliki jumlah rumah lebih dari satu di berbagai wilayah di Indonesia. Kebanyakan selain ditinggali, rumah tersebut dijadikan sebagai investasi.

Semakin hari tanah semakin sempit sehingga berpotensi meningkatkan harga properti dari tahun ke tahun. Tapi pertimbangkan juga dengan kemampuan daya beli masyarakat saat ini. Bisa saja harga meningkat namun jika daya beli masyarakat makin menurun, pastinya harga properti mau tidak mau mengikuti harga yang mampu untuk dibeli oleh masyarakat.

Bangunan Industri

Bangunan ini adalah bangunan yang digunakan untuk pengembangan industri seperti pabrik, laboratorium, pergudangan dan lain sebagainya. Biasanya bangunan jenis ini berada sangat jauh dari pemukiman warga.

Manfaat Memiliki Properti

Dengan harganya yang lumayan mahal, tentu memiliki properti sangat bermanfaat dengan nilai yang besar. Berikut adalah beberapa manfaat dari memiliki properti:

Dijadikan Jaminan Bank

Saat kita meminjam uang kepada bank, biasanya bank akan meminta jaminan dengan nilai yang serupa dengan pinjaman yang kita inginkan. Properti merupakan salah satu jaminan yang paling dipertimbangkan bank untuk menerima atau menyetujui pinjaman nasabahnya.

Penghasilan yang Relatif Tetap

Properti merupakan aset yang sangat ideal untuk disewakan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Hal inilah yang dapat membuat Anda mendapatkan penghasilan pasif yang tetap.

Tidak Terlalu Terpengaruh Pada Inflasi

Properti adalah aset yang sangat kebal terhadap inflasi. Harga properti akan naik setiap tahunnya.

bisnis properti

Keuntungan Bisnis Properti

Setelah kita mengetahui manfaat dari memiliki properti, mari kita lihat apa sajakah manfaat dari bisnis properti.

Risiko yang Rendah

Untuk memulai bisnis properti tentu harus memiliki modal yang lumayan besar. Tapi berbicara soal risiko, bisnis properti punya risiko yang rendah. Ini dikarenakan harga properti tidak mudah jatuh. Meski begitu Anda harus dengan benar merawat properti Anda dengan baik agar tetap berkualitas dan bernilai.

Sangat Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Untuk Anda yang sangat memikirkan masa depan karena banyaknya keperluan, bisnis ini sangat cocok untuk itu. Tentunya untuk dapat membuat aset Anda tetap bernilai, Anda harus merawat aset Anda seperti mengecat rumah, membenarkan genteng yang bocor, plafon yang koyak, kelancaran aliran air, listrik, kebersihan yang tentunya Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan tersebut.

Tidak Terpengaruh Inflasi

Inflasi tentunya akan terus selalu ada. Lihat saja pada jajanan yang dulu sangat banyak atau besar dengan harga lima ratus rupiah, menjadi sangat kecil ukurannya meskipun dengan harga yang sama. Lalu juga harga bensin yang naik terus menerus hingga hampir sebagian besar gaji hanya ditujukan untuk membeli bensin demi dapat pergi bekerja setiap harinya.

Properti adalah salah satu aset yang tidak terlalu terpengaruh terhadap inflasi, bahkan setiap tahun akan selalu bisa naik melebihi persentase inflasi dengan bentuk atau ukuran yang tetap sama. Dapat dikatakan properti akan menyelamatkan Anda dari inflasi yang terus menerus menggerogoti kondisi keuangan.

Minat Terhadap Properti yang Masih Besar

Salah satu keuntungan dari bisnis properti adalah masih banyaknya masyarakat yang berminat pada properti dan akan selalu ada. Tentunya dengan jumlah masyarakat yang terus meningkat dan angka kelahiran yang terus menerus ada, memiliki rumah menjadi sangat penting. Begitu juga untuk para pengusaha yang memerlukan kantor untuk melakukan kegiatan bisnisnya.

Meskipun harga properti semakin mahal, tidak akan membuat para pengincar properti untuk patah semangat. Seperti katanya, sandang pangan papan adalah tiga hal yang sangat krusial untuk kehidupan seseorang. Jadi setiap saat banyak orang yang menginginkan bangunan sebagai tempat untuk berteduh dan berkeluarga atau berbisnis.

Aset Produktif

Kenapa dapat dikatakan sebagai aset yang produktif? Hal ini karena fungsi dan ketahanan aset tersebut dapat bertahan lama. Juga perawatannya yang mudah sehingga tetap dalam kondisi baik dan harga sewanya pun tetap stabil.

Kesimpulan

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang tampak menjanjikan jika berbicara mengenai pendapatan. Mungkin ketika mendengar nama properti Anda akan langsung terbayang dengan rumah mewah dan tanah yang banyak padahal rumah biasa dan tanah sepetakpun sudah dapat dikatakan sebagai properti.

Contoh bangunan yang biasanya dijadikan bisnis properti yaitu bangunan khusus seperti terminal, rumah sakit, sekolah, bandara dan sebagainya. Bangunan komersil yang biasa digunakan untuk bisnis atau perusahaan. Bangunan residen untuk hunian seperti kost, villa, apartemen dan lainnya. Bangunan industry seperti pabrik atau pergudangan.

Manfaat memiliki properti antara lain dapat dijadikan jaminan sangat meminjam uang di bank. Penghasilan yang relatif tetap dan tidak terpengaruh pada inflasi. Dari manfaat memiliki properti kita jadi tahu kalau keuntungan dari bisnis properti adalah risiko yang rendah karena harga properti selalu naik, tentunya ini dibarengi dengan usaha untuk merawat properti.

Sangat cocok untuk investasi jangka panjang, hal ini dikarenakan properti merupakan aset yang kuat dan tahan lama. Tidak terpengaruh inflasi, minat terhadap properti yang masih besar, ini dikarenakan setiap tahunnya semakin banyak orang yang membutuhkan tempat untuk tinggal atau berbisnis. Terakhir dari keuntungan bisnis properti adalah aset yang produktif.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik