Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 187

Ulasan Lengkap Strategi Pemasaran Hingga Implementasinya

0
Versi Untuk Disimpan] Rangkuman Seluruh Metode Strategi Pemasaran Internet yang Dapat Dipahami dalam Waktu 10 Menit

Dalam melakukan pemasaran melalui internet, diperlukan startegi pemasaran untuk menarik perhatian dan minat pelanggan agar mengunjungi situs Anda. Saat seseorang berkata “ Tolong jelaskan seluruh strategi pemasaran internet untuk menarik pelanggan! ”, bukankah hanya sedikit dari Anda yang dapat langsung menjawab?

Walaupun pemasaran internet dikatakan dapat dilakukan dengan mudah, namun, hanya beberapa orang yang dapat membayangkan keseluruhan dari strategi pemasaran dengan jelas. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasilnya, pertama-tama setelah Anda mengetahui tentang pemasaran internet secara luas, Anda perlu membentuk strateginya dengan baik.

Perbedaan Pemasaran Biasa dan Pemasaran Internet

strategi pemasaran

Pertama-tama sebagai dasarnya, mari kita susun karateristik dari ‘pemasaran internet’ yang terdapat dalam pemasaran atau marketing. Pemasaran internet memiliki karakteristik yaitu tingkat efisiensi dapat diukur, kecepatan tinggi, biaya rendah dan pendekatan pribadi. Mari kita lihat dan bahas satu persatu.

1. Tingkat efisiensi dapat diukur

Anda dapat memverifikasi strategi yang telah dilakukan karena dalam pemasaran internet Anda dapat mengetahui data kuantitatif dari biaya dan tingkat efisiensi dari strategi pemasaran tersebut.

2. Kecepatan tinggi

Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda tentukan dalam pemasaran internet. Oleh karena itu, kecepatan implementasi dari strategi terasa berbeda dari metode pemasaran tradisional atau pemasaran biasa.

3. Biaya rendah

Pemasaran internet dapat dimulai dari skala yang sangat kecil. Bahkan perusahaan dengan anggaran rendah dapat memulai dengan menggunakan strategi pemasaran yang mudah untuk memperoleh hasil.

4. Pendekatan pribadi

Anda dapat melakukan strategi pemasaran yang berbeda pada setiap target dalam pemasaran internet. Ini dapat mengurangi hal yang sia-sia dan membuat pemasaran internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional.

Berdasarkan dasar tersebut, kami akan memperkenalkan seluruh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran internet.

Bagaimana Gambaran Luas dari Pemasaran Internet?

Langkah-langkah dalam pemasaran internet secara garis besar dibagi menjadi ‘strategi menarik pelanggan’, ‘strategi pelayanan’, dan ‘strategi kunjungan kembali’. Berikut ulasan lengkapnya yang harus Anda ketahui.

● Strategi menarik pelanggan: strategi untuk menarik pengguna internet untuk berkunjung ke situs internet
● Strategi pelayanan: strategi untuk membuat pengguna internet melakukan kegiatan (pembelian, permintaan dokumen, pertanyaan, dan lain-lain) saat berada di situs internet. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengguna internet dan mendorong terjadinya kegiatan tersebut.
● Strategi kunjungan kembali: strategi untuk menjaga hubungan dengan pengguna internet yang pernah berkunjung dan membuatnya berkunjung kembali.

Daftar Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Pelanggan

Dalam pemasaran internet, terdapat beragam strategi yang bisa diterapkan. Kami akan menjelaskan setiap strategi untuk menarik pelanggan secara mendasar. Berikut penjelasan daftar strategi untuk menarik pelanggan.

SEO (Search Engine Optimization)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆

Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Pada dasarnya strategi ini tidak memiliki efek langsung, tetapi dalam jangka panjang arus keluar-masuk akan meningkat secara alami. jadi dapat dikatakan bahwa strategi ini sangat diperlukan untuk menarik pengguna internet.

Jaringan Iklan atau Networsk Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆

Ini adalah jaringan yang dapat mengirim iklan yang berbentuk teks atau spanduk ke berbagai macam media di internet. Iklan ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna internet daripada iklan listing. Contoh yang terkenal adalah Google Adsense dan Yahoo! Display Ads Network.

Iklan Listing atau Listing Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Karena iklan akan segera tampil pada bagian atas jika Anda membayar, iklan ini dapat dikatakan memiliki efek yang lebih dicari dari SEO, tetapi iklan ini memerlukan pengoperasian dan manajemen yang mendetail. Contohnya adalah Google Ads (nama sebelumnya:Google Adwords), Yahoo! Promotional Ads, dan REMORA Listing.

SMM (Social Media Marketing)

Biaya ★☆☆☆☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆

Metode ini dilakukan dengan membuat akun media sosial seperti Facebook dan Twitter perusahaan Anda untuk menarik perhatian pengguna internet dan mendapatkan pelanggan. Postingan populer akan menyebar dengan sendirinya melalui komentar antar pengguna internet. Tetapi, Anda perlu untuk mengelola merk Anda dan terus melakukan hubungan langsung dengan pengguna internet secara bersamaan.

Iklan Afiliasi atau Affiliate Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆

Saat ada pengguna internet yang berkunjung dan melakukan pembelian, pendaftaran, pertanyaan, atau permintaan dokumen melalui link yang dilampirkan pada blog, situs internet, atau majalah email, Anda perlu membayar jasa kepada media (afiliasi) yang telah melampirkan link Anda, inilah yang disebut dengan iklan afiliasi.

Walaupun sistem pembayarannya baik karena berdasarkan tingkat efisiensi, iklan ini memiliki resiko merugikan merk Anda karena jumlah parameter menarik pelanggannya relatif kecil.

Pemasaran email

strategi pemasaran

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada pengguna internet agar kembali berkunjung. Untuk mendapatkan kunjungan kembali, Anda tidak mengirimkan email yang sama kepada seluruh pengguna internet yang pernah berkunjung, tetapi Anda hanya perlu mengirimkan email atau kupon kepada pengguna yang sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan.

Iklan Media Sosial

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah iklan yang dikirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter. Walaupun iklan ini memerlukan biaya berbeda dengan SMM, iklan ini dapat segera ditampilkan pada halaman media sosial seperti iklan listing. Strategi ini juga memerlukan manejemen yang detail agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Strategi pemasaran offline

Biaya ★★★★★
Efektifitas langsung ★★★★☆

Strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda tidak hanya dapat dilakukan melalui internet. Walaupun memerlukan biaya, Anda dapat menarik pengguna internet untuk mengakses situs internet Anda dalam jumlah yang sangat besar sesuai dengan strategi yang Anda gunakan.

Salah satu kunci mengundang pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda dengan mudah adalah dengan menggunakan kode QR.

LPO (Landing Page Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi halaman yang menjadi pintu masuk situs Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman yang sesuai dengan aliran masuk iklan internet atau melakukan percobaan dengan membuat beberapa halaman dan mengujinya untuk mengetahui halaman mana yang lebih baik.

Alat pelayanan dalam situs internet

Biaya ★★★☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah alat yang dapat membuat kupon dan mengirim chat kepada pengguna internet yang berkunjung secara langsung. Banyak yang memperhatikan alat ini walaupun hanya beberapa situs internet yang menggunakannya. Contoh yang terkenal adalah flipdesk dan KARTE.

Pengiriman iklan kepada media lain

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan akses dari pengguna internet dengan menaruh iklan pada situs internet atau aplikasi yang sudah memiliki banyak akses.

Karena sudah banyak media yang dapat mencantumkan iklan dan memiliki ‘data media’ tentang berapa banyak, pengguna yang seperti apa, dan seberapa jauh jangkauan yang akan diterima, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dan membuat gambaran secara garis besar.

Strategi Kunjungan Kembali

Iklan target ulang
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★★☆

Strategi ini dilakukan untuk mendorong kunjungan kembali dengan mengirimkan iklan kepada pengguna internet yang pernah berkunjung ke situs Anda. Walaupun membutuhkan biaya, strategi ini efektif karena pengguna internet yang pernah berkunjung memiliki minat yang tinggi terhadap situs Anda.

Tetapi, strategi ini tidak dapat dilakukan pada situs internet yang memiliki jumlah akses yang sangat kecil. Untuk meningkatkan jumlah target pengguna yang akan dikirimkan iklan, Anda juga perlu melakukan strategi untuk menarik pelanggan secara bersamaan.

EFO (Entry Form Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi formulir situs Anda. Walaupun Anda berhasil menarik minat pengguna internet (memuaskan pengguna internet), terkadang ada pengguna internet yang keluar dari situs internet saat akan mengisi formulir.

Optimasi formulir diperlukan untuk memberikan efektifitas langsung karena pengisian formulir berada dekat dengan tahap sukses untuk pendaftaran, pembelian, pertanyaan, dan permintaan dokumen.

Rangkuman: Apa Tugas dari Pemasar Internet atau Web Marketer?

Terakhir, kami akan memberikan tambahan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tugas dari pemasar internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut.

Hal terpenting dari pemasaran internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut, melainkan menekan biaya dengan mengetahui seluruh karakteristik strategi dan memilih strategi yang sekiranya paling banyak mengumpulkan calon pelanggan yang akan menjadi target perusahaan Anda.

Pemasar internet bukanlah orang yang melakukan strategi internet secara khusus, tetapi harus seorang generalist yang memilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika Anda mencoba untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pemasaran internet perusahaan Anda dengan mencoba untuk menggunakan strategi yang belum Anda lakukan?

Itu dia ulasan kami mengenai strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda membangun strategi yang baik pada perusahaan Anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi!

Internet Marketing (Sejarah, Pengertian, Strategi)

0
Pengetahuan Dasar dan Kebijakan Tentang Internet Marketing

Pemasaran dan periklanan yang dilakukan melalui atau menggunakan media online atau internet sering disebut dengan internet marketing. Melalui internet marketing, pesan-pesan promosi suatu produk atau jasa dapat disebarkan kepada konsumen.

Saat ini merupakan era dimana informasi yang awalnya diperoleh dari televisi dan koran sudah dapat diperoleh melalui internet. Banyak wirausaha maupun pebisnis yang mulai melirik internet marketing karena kepentingan beriklan melalui internet sangat tinggi.

Daftar Isi “ Pengetahuan Dasar dan Kebijakan Tentang Internet Marketing ”

・Sejarah Internet Marketing
・Apa itu internet marketing?
・Pentingnya Internet Marketing
・Menarik Minat Pelanggan Melalui Internet Marketing
・Cara Mengurangi Penarikan, Menambah Tingkat Kunjungan dan Konversi Pengunjung

Sejarah Internet Marketing

Sejarah tentang internet marketing dimulai lebih sejak 20 tahun yang lalu. Iklan banner yang dibuat oleh perusahaan telepon terbesar di Amerika yang bernama AT&T pada tahun 1994 dalam sebuah majalah online menjadi titik awal berkembangnya internet marketing.

Tetapi, sebagian besar orang harus mengakses website dengan memasukan alamat website yang tertulis di majalah karena saat itu belum ada mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Sejarah internet marketing yang seperti saat ini dimulai sejak pertengahan tahun 1990 saat dibentuknya mesin pencari.

Mesin pencari saat itu disebut dengan ‘mesin pencari jenis direktori’, dimana pemilik website harus mendaftarkan websitenya agar bisa terlihat saat dicari menggunakan mesin pencari tersebut. Tetapi, pada tahun 1998, Google mengumumkan ‘mesin pencari jenis robot’ yang secara otomatis dapat mencari dan menampilkan hasil pencarian situs yang relevan di internet.

Hal itu menyebabkan munculnya metode internet marketing yang bernama SEO (Search Engine Optimization), yaitu metode untuk menampilkan sebuah website pada bagian atas hasil pencarian.

Selain itu, pada tahun 2002 Google dan Yahoo! menciptakan layanan periklanan bernama listing ads dengan menggunakan mesin pencari. Hal ini juga dikenal sebagai “ periklanan berbasis pencarian ” yang menyediakan tampilan hasil pencarian dan produk drta layanan yang terkait dengan kata kunci pada pencarian.

Saat memasuki tahun 2000, situs online shop seperti Rakuten Ichiba dan Amazon mulai terkenal, selain itu pemakaian blog dan majalah email secara pribadi juga semakin meningkat, hal itu menyebabkan pemasangan iklan pada media pribadi dan affiliation ads (iklan afiliasi) untuk mengundang pelanggan mengakses situs online shop juga mulai banyak digunakan. Kalau dilihat dari sudut pandang internet marketing, media untuk menarik minat pelanggan pun menjadi semakin luas.

Lalu pada tahun 2007 lahirlah ‘sesuatu’ yang menyebabkan perubahan revolusioner cara berpikir tentang internet marketing. ‘Sesuatu’ tersebut adalah “ iPhone ” yang merupakan pelopor dari ponsel pintar (smartphone). Kemudian pemakaian smartphone di seluruh dunia pun meningkat. Cara masyarakat untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi pun berubah seiring dengan munculnya sosial media seperti Twitter dan Facebook (keduanya mulai digunakan oleh publik pada tahun 2006) bersamaan dengan iPhone.

Internet marketing berkembang dengan sangat pesat setelah ditemukan cara-cara baru untuk menarik minat pelanggan, seperti membuat akun perusahaan atau merek sendiri di media sosial untuk membentuk ikatan dengan user lain (pelanggan) dan juga menyediakan aplikasi untuk ponsel pintar.

Sementara itu, pada awal tahun 2000 mulai dibentuk alat untuk menentukan langkah-langkah dan mengukur pengaruh internet marketing seperti alat untuk menganalisis akses, LPO (Landing Page Optimization), dan EFO (Entry Form Optimization). Berikut akan dijelaskan lebih rinci mengenai teknologi internet marketing.

Baca juga : Marketing Adalah ? (Pengertian dan Dasar-Dasarnya)

Secara sederhana, internet marketing merupakan kegiatan menarik minat pelanggan agar membeli produk atau layanan yang dijual melalui website toko online atau layanan website lainnya. “ Kegiatan periklanan ” untuk menarik minat pelanggan seperti iklan televisi atau iklan majalah dan “ kegiatan berjualan ” untuk menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan yang datang, semuanya dilakukan dalam bentuk online.

Pada dasarnya “ marketing ” adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjual produk atau layanan sebanyak-banyaknya. Mulanya pelanggan perlu mengetahui produk atau layanan yang tersedia dan tempat pembeliannya, setelah itu kita perlu menarik minat pelanggan dengan menyesuaikan produk atau layanan sesuai selera dan gaya hidup mereka.

Setelah melakukan langkah tersebut, tujuan utama internet marketing adalah membuat pelanggan berpikir “ Aku ingin membeli produk atau layanan ini! ” dan membeli produk atau layanan tersebut. Internet marketing ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas periklanan dan penjualan pada website.

Periklanan pada website atau layanan website lainnya dilakukan dengan metode mesin pencari, listing ads, affiliate ads, dan iklan melalui sosial media. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika cara memilih iklan atau cara pengetikan iklan salah, periklanan tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu, walaupun kita berhasil mengundang pelanggan untuk mengunjungi website, mungkin saja pelanggan tidak tertarik dengan produk atau layanan yang tersedia. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui “ Cara Menyebarkan Informasi ” di website atau “ Cara Membujuk ” pelanggan agar dapat menemukan informasi yang diingankannya dalam website. Dengan memikirkan hal-hal tersebut, internet marketing dapat dilakukan untuk bisnis maupun pemasaran.

Hal yang sulit dilakukan dalam internet marketing adalah memastikan dengan rincian data seperti berapa tingkat keberhasilan masing-masing iklan dalam menarik minat pelanggan dan siapa dan berapa banyak orang yang telah melihat halaman-halaman tersebut.

Selain itu seberapa sering dan berapa banyak orang yang telah melihat halaman-halaman tersebut. Kualitas periklanan dan penjualan dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan pada cara membujuk pelanggan dan cara memperlihatkan informasi berdasarkan hasil data yang telah didapat.

Dapat dikatakan bahwa internet marketing adalah kegiatan untuk meningkatkan penjualan pada suatu website.


Pentingnya Internet Marketing

Bisnis belanja online (online shopping), BtoC (business to consumen) dan E-Commerce telah meramaikan pasar serta diperkirakan akan meningkat secara terus menerus. Karena kebutuhan untuk belanja secara online dapat meringkan beban ketika berbelanja banyak diperkirakan akan terus meningkat.

Meningkatnya pemakaian ponsel pintar (smartphone) dan media sosial, membuat generasi saat ini menyadari kemudahan berbelanja online yang memudahkan pelanggan mendapatkan barang yang stoknya telah habis di toko dan mudah mendapatkan barang yang hanya dapat dibeli di tempat yang jauh, hal inilah yang akan memperluas pasar. Website seperti online shop dan layanan website lainnya, memiliki potensi yang besar di masa depan.

Tetapi, meningkatnya pemakaian belanja melalui internet juga menyebabkan persaingan sengit antara online shop yang jumlahnya juga semakin meningkat. Bagaimana caranya agar pelanggan dapat menemukan iklan perusahaan kita dari sekian banyak iklan yang beredar? Lalu bagaimana agar pelanggan lama mengunjungi website kita dan menemukan produk atau layanan yang mereka inginkan.

Dan yang terakhir, bagaimana caranya agar pelanggan mau membeli produk atau layanan tersebut. Berdasarkan analisis tentang kunjungan pelanggan, tugas internet marketing semakin diperlukan untuk mengatur pelanggan agar mendapatkan layanan sesuai keinginan mereka seperti halnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Menarik Minat Pelanggan Melalui Internet Marketing

Hal paling pertama yang perlu dilakukan dalam internet marketing adalah menarik minat pelanggan untuk mengunjungi website sebuah perusahaan atau online shop. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menarik perhatian pelanggan.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara menarik perhatian pelanggan yang dilakukan ketika seorang pelanggan mencari kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan dari perusahaan/online shop tertentu melalui mesin pencari, hal tersebut akan mendorong peningkatan jumlah akses ke halaman situs perusahaan/online shop tersebut sehingga akan menempatkan mereka pada posisi paling atas mesin pencarian. Agar dapat ditampilkan pada halaman awal, perlu dilakukan analisis terhadap aturan mesin pencari dan perlu mengatur kata kunci yang digunakan pada halaman website.

Listing Advertisement

Listing Ads merupakan metode penempatan iklan melalui teks di ruang iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian mesin pencari. Karena dapat menampilkan iklan yang sesuai dengan kata kunci hasil pencarian, hasil akses yang diterima dapat memiliki jumlah yang sama seperti menggunakan metode SEO atau lebih dari itu. Urutan hasil pencarian kata kunci ditentukan dengan cara pelelangan lalu diurutkan dari harga yang paling tinggi.

Affiliate Advertising

Afiliasi memiliki arti yang sama dengan ‘kerja sama’. Affiliate Ads merupakan metode menarik minat pelanggan yang dilakukan dengan menampilkan iklan pada blog atau majalah email yang bersedia untuk diajak bekerja sama. Sebagian besar dari blog atau majalah email akan mendapatkan bayaran sesuai dengan hasil periklanan tersebut. Contohnya adalah jumlah pelanggan yang berkunjung untuk bertanya mengenai produk atau melakukan transaksi melalui iklan pada blog atau majalah email tersebut.

Advertising Network (Ad Network)

Ad Network adalah layanan yang dapat mengirimkan iklan ke beberapa media iklan internet. Dengan menggunakan layanan jaringan iklan, kita tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menaruh iklan satu per satu di setiap website dan tidak perlu mencari website yang bagus untuk menaruh iklan. Karena iklan langsung dikirim dan ditampilkan di banyak tempat, dapat diperkirakan bahwa jumlah akses akan terus bertambah.

Iklan Media Sosial

Iklan media sosial adalah metode yang dilakukan dengan menaruh iklan pada sosial media seperti Twitter atau Facebook. Kita dapat menentukan target iklan pengguna internet berdasarkan usia, wilayah, atau minat.

Retargeting Ads

Retargeting Ads merupakan metode menampilkan iklan secara berturut-turut berdasarkan halaman website yang pernah dikunjungi oleh pengguna internet tersebut. Metode ini juga disebut “ iklan pelacakan ”. Pengguna internet yang pernah mengunjungi website kita kemungkinan tinggi memiliki ketertarikan dengan produk atau layanan yang ditampilkan, oleh karena itu kita perlu melakukan pendekatan berkali-kali.

Email Marketing

Tidak hanya mengirimkan majalah email begitu saja, metode ini juga mengirim dengan memperkirakan waktu dan isi berdasarkan riwayat pemakaian pengguna internet tersebut. Contohnya dengan mengirimkan sekali lagi informasi tentang produk yang ingin dibeli oleh pengguna internet itu saat mengunjungi website.

Langkah Menggunakan Media Sosial

Metode ini dilakukan dengan membentuk akun resmi media sosial perusahaan atau merek sendiri untuk berhubungan dengan pengguna internet lainnya dan mengajaknya untuk mengakses website kita.

Fase untuk menarik pelanggan dapat dibagi menjadi ‘pengetahuan’ → ‘ketertarikan’ → ‘pertimbangan’ → ‘pembelian’ masing-masing produk atau layanan yang tersedia.

Contohnya, pertama-tama kita bisa menggunakan jaringan iklan atau iklan media sosial agar pengguna internet dapat mengetahui produk dan layanan yang tersedia untuk memenuhi fase pertama yaitu ‘pengetahuan’. Lalu, setelah pengguna internet mengetahui produk atau layanan yang tersedia, kita perlu membuat mereka tertarik untuk memenuhi fase kedua yaitu ‘ketertarikan’. Metode SEO atau Listing Ads dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut.

Berikutnya, kita perlu untuk membuat pengguna internet memilih produk atau layanan kita setelah tertarik dan membandingkan dengan produk atau layanan perusahaan lain untuk memenuhi fase ketiga yaitu ‘pertimbangan’ dan fase keempat yaitu ‘pembelian’. Email Marketing atau Retargeting Ads juga perlu dilakukan untuk mendorong pelanggan agar membeli produk atau layanan yang tersedia. Internet marketing akan berjalan sukses dengan melakukan langkah-langkah sesuai dengan fase yang telah disebutkan tadi.

Cara Mengurangi Penarikan, Menambah Tingkat Kunjungan dan Konversi Pengunjung

Ada beberapa pengunjung yang datang melalui iklan dan hasil pencarian tetapi langsung mengklik tombol ‘kembali’ tanpa membaca informasi yang sudah ada. Ini disebut dengan ‘langsung kembali’ dan persentase pengunjung yang langsung kembali disebut dengan ‘tingkat langsung kembali’.

Penyebab pengunjung langsung kembali walaupun baru saja sampai mungkin saja karena isi dari halaman yang dikunjungi tidak memiliki daya tarik yang cukup. Metode LPO (optimasi halaman awal) perlu dilakukan agar pengunjung yang mau berdiam lama di website kita bertambah.

LPO dilakukan untuk meningkatkan daya tarik dari halaman awal (disebut landing page dalam istilah internet marketing) yang dikunjungi oleh pengguna internet pada website kita. Penyebab pengunjung langsung kembali dari landing page kemungkinan karena mereka tidak berhasil menemukan halaman yang dicari dan tidak mendapatkan informasi yang lebih detail setelah berkunjung melalui iklan atau hasil pencarian. Jika setelah melakukan analisis akses pada website dan diketahui banyak pengunjung yang langsung kembali, kita perlu mencari tahu penyebabnya dan melakukan perbaikan.

Selain pengunjung yang langsung kembali, ada juga pengunjung yang hanya mengakses beberapa halaman dan langsung kembali tanpa mengakses halaman selanjutnya. Ini bukan hanya disebabkan oleh isi dari halaman tersebut, tetapi juga dapat disebabkan oleh tombol ‘selanjutnya’ yang susah untuk ditemukan.

Jika jumlah rata-rata halaman yang diakses setiap satu kali kunjungan atau ‘tingkat migrasi kunjungan dalam website’ rendah, kita perlu mempertimbangkan apakah tempat untuk mengklik tombol ‘kembali’ dan ‘selanjutnya’ dapat dicari dengan mudah atau apakah isi dan desain untuk setiap halaman sudah menarik atau tidak.

Selain ‘tingkat langsung kembali’ di halaman awal, ‘tingkat migrasi kunjungan’ di pertengahan, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ‘tingkat konversi’. Konversi berarti pengalihan, hal yang dimaksud dalam internet marketing adalah bagaimana cara agar pengunjung melakukan sesuatu pada website sesuai harapan perusahaan.

Misalnya, kita harus membuat pengunjung benar-benar berbelanja jika kita membuat website dengan tujuan agar pengunjung ‘mau berbelanja’ dan membuatnya benar-benar mendaftar jika tujuannya ‘agar semuanya mendaftar’, inilah yang disebut konversi. Rasio konversi adalah persentase jumlah orang yang dialihkan ke jumlah total pengunjung.

Pada umumnya keberhasilan konversi ditentukan dari jumlah pengunjung yang berbelanja atau pengunjung yang mengisi formulir untuk mendaftar menjadi anggota, tetapi ada juga kasus dimana pengunjung tidak sampai mengisi formulir pendaftaran karena tidak tahu cara mengisi dan pembagian yang terlalu banyak.

Di saat inilah kita perlu mempertimbangkan metode yang disebut EFO (optimasi formulir masuk). Waktu yang diperlukan untuk mengisi formulir pendaftaran dapat dikurangi dan dibuat agar menjadi lebih mudah dengan menggunakan metode terdebut.

Hal ini memungkinkan pengunjung untuk memasukkan formulir tanpa merasa kesulitan, tingkat konversi akan meningkat dan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan awal dari pengoperasian website.

Simak lebih banyak tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore).

Selamat mencoba!

Rangkuman Cara Membuat Website

0
5 cara membuat website
Berikut beberapa tips dan rangkuman cara bikin website, baik berbayar maupun gratis. Artikel ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi tambahan ketika ingin membuat sebuah website.
Artikel ini menjelaskan tentang cara membuat website melalui lima halaman artikel yang dapat dibaca dalam waktu singkat.

Bagian 5

Apabila Anda membeli software yang tersedia secara komersial dan membuatnya sendiri

  • Dijual berbagai jenis software untuk mencoba cara bikin website.
  • Software jenis apapun itu tetap memiliki fungsi maupun kegunaan yang sama.
  • Pada akhirnya, jika tidak memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS, Anda mungkin tidak akan dapat melakukan manajemen terhadap sistem dari sebuah situs.

Berikut merupakan beberapa jenis software berbayar.

>> Microsoft FrontPage
>> Adobe Dreamweaver
>> Microsoft Expression Web
 

Apabila mengunduh software gratis dan cara bikin website sendiri

  • Meskipun dapat diunduh secara gratis, tetap memiliki performa cukup baik.
  • Karena gratis, maka perlu mempersiapkan diri untuk banyak belajar dan berusaha.
  • Pada akhirnya, jika tidak memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS, Anda mungkin tidak akan dapat melakukan manajemen terhadap sistem dari sebuah situs.
  • Server dan FTP harus ditempatkan secara terpisah.

Untuk para pemula, situs-situs berikut ini akan sangat membantu.

>> Microsoft Expression

Apabila meminta bantuan kepada seseorang yang ahli untuk proses pembuatan

  • Cara tercepat untuk bisa menyelesaikan permasalahan dalam cara bikin website.
  • Memerlukan biaya. Bahkan jika murah, kualitasnya akan menjadi rendah.
  • Bandingkanlah hasil dan penawaran pembuatannya dengan beberapa perusahaan.

 

Apabila meminta teman yang ahli untuk proses pembuatan melalui laptop

  • Hubungan Anda dengan teman-teman Anda saat ini sangatlah penting.
  • Setelah website selesai dibuat, bukan berarti sudah selesai. Masih diperlukan proses update
  • Meskipun seorang teman, tidak ada kemungkinan untuk membantu melakukan update sesuai dengan permintaan Anda secara berkala.
  • Ada kemungkinan hubungan pertemanan Anda menjadi tidak baik karena hal ini.

 

Apabila menggunakan CMS saat membuat website

  • Pada dasarnya metode ini sangat direkomendasikan.
  • Anda dapat membuat sebuah homepage tanpa perlu pengetahuan khusus mengenai HTML ataupun server.
  • Terdapat layanan berbayar yang menyediakan CMS dengan melakukan setting terhadap server terlebih dahulu.
  • Ada juga layanan dengan harga setara sebuah ponsel.

Misalnya, terdapat juga layanan yang sudah satu paket dengan CMS dan server, sebagai berikut:

>> WordPress
>> Joomla!
>> Drupal

TOP

[website-about]

Tabel Isi Website

TOP
5 Halaman Informasi Cara Membuat Website Bagi Anda yang ingin membuat website tapi tidak tahu caranya, tidak mengerti harus mulai dari mana, dan tidak yakin apakah bisa mencoba cara membuat website sendiri? Di sinilah jawabannya!
Bagian

 

1

 

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Bikin Website Berikut dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum membuat website. Daripada memulainya secara tiba-tiba, dengan membaca artikel berikut, akan dijelaskan mengenai isi kecepatan perubahan serta tingkat pemahaman terhadap sebuah website.
Bagian

 

2

 

Berbagai Cara Buat Website Terdapat berbagai macam cara membuat website. Selain menggunakan software berbayar maupun gratis, Anda juga dapat menggunakan jasa dari perusahaan vendor dalam membuat website. Di sini, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya masing-masing secara sederhana.
Bagian

 

3

 

Cara Buat Website Berdasarkan Tujuannya Cara membuat, pengetahuan dan teknologi yang diperlukan dalam membuat website tergantung dari kegunaan website itu sendiri. Website untuk situs perusahaan, online shop, hobi, situs komersil, dan sebagainya memiliki konten data masing-masing. Di sini, kami akan menjelaskan cara yang tepat sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
Bagian

 

4

 

Cara Membuat Website Gratis Website dapat dibuat dan dibuka untuk umum secara gratis. Namun, merupakan hal yang penting untuk mempelajarinya sendiri dan berlatih untuk membuat website secara gratis sehingga dapat digunakan oleh publik.
Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat website tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Bagian

 

5

 

Rangkuman Cara Bikin Website Cara membuat website sangat bermacam-macam. Membuat website dapat dilakukan kapanpun, dan dengan siapapun. Kami beserta staff editor kami menyarankan Anda untuk segera membuat website Anda! Dengan ini, kami akan menyampaikan ringkasan informasi dalam membuat sebuah website.

 

5 Halaman Informasi Cara Membuat Website

0
cara membuat website
Isi sudah dibuat sesederhana mungkin dan hanya memakan waktu 10 menit untuk membaca

Artikel ini menjelaskan tentang cara membuat website melalui lima halaman artikel yang dapat dibaca dalam waktu singkat.

Bagi Anda yang ingin membuat website tapi tidak tahu caranya, tidak mengerti harus mulai dari mana, dan tidak yakin apakah bisa mencoba cara membuat website sendiri? Di sinilah jawabannya! Webite yang ingin dibuat tentunya beragam, mulai dari website untuk toko sendiri, tentang hobi, dsb. Melalui situs ini, akan dijelaskan berbagai pengetahuan dasar mengenai cara membuat website bagi pemula.

Pastinya Anda memiliki alasan khusus dalam cara membuat website. Pada umumnya, tujuan orang-orang membuat website adalah untuk memperkenalkan perusahaan atau tokonya. Di sisi lain, ada juga yang membuat sebagai wadah konten pribadi seperti hobi atau aktivitas-aktivitas klub.

Selain itu, ada juga yang ingin mengetahui cara membuat website untuk bisnis seperti bisnis online shop dan bisnis lainnya.

Tentu saja, hal-hal seperti tujuan dan kegunaan yang jelas harus dimiliki saat ingin membuat website.

Sangat perlu bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu tingkat kesulitan, metode pembuatan, software yang digunakan, dan lain-lain saat membuat website.

Bagi pemula, sangat penting untuk memahami pengetahuan tentang HTML dan CSS dari awal, sehingga hal tersebut kemungkinan akan menyulitkan mereka dan lama-kelamaan menjadi beban.

Situs mengenai “Cara Membuat Website Bagi Pemula” ini tidak bertujuan untuk menjelaskan informasi mengenai HTML dan CSS, cara membuat website yang menarik, dan sebagainya. Namun, artikel yang terdiri dari lima halaman ini berisi penjelasan tentang hal-hal dasar yang perlu diketahui oleh pemula dan dapat dibaca dalam waktu 10 menit.

Saat ini, kita tengah memasuki era dimana kita tidak memerlukan pengetahuan secara mendalam mengenai cara membuat website.

Sebelum Anda memutuskan cara-cara membuat website secara pribadi dengan beberapa bantuan seperti software yang berkualitas, buku-buku petunjuk, atau langsung meminta pada ahli IT untuk membuatnya, mari kita baca artikel ini agar Anda terbayang seperti apa website yang Anda ingin buat.

Seandainya Anda bermaksud ingin membuat website mulai dari sekarang, kami harap pengalaman kami dapat bermanfaat bagi Anda.

Homepage adalah halaman depan atau awal ketika membuka sebuah website. Namun, terkadang banyak yang menganggap bahwa istilah homepage sama dengan ‘website’, dan seringkali digunakan secara berbeda dari pengertian aslinya.


Dalam pembuatan website, perangkat yang diperlukan hanya PC atau laptop

Perangkat yang diperlukan dalam menjelaskan cara membuat website kali ini hanyalah sebuah personal computer (PC). Anda tidak perlu repot-repot membeli software berbayar seperti Homepage Builder atau semacamnya.

Cara-cara membuat website terbilang sangat bermacam-macam. Oleh karena itu, di sini kami telah merangkum rekomendasi cara membuat website berdasarkan kegunaannya masing-masing.


Perbedaan Website dan Blog

Dalam pembuatan website, website dengan jenis blog lebih mudah dilakukan karena link-link internal yang ada di dalam suatu blog terbuat secara otomatis sehingga mudah di-update. Selain itu, melalui cara membuat blog dan kustomisasi blog, pengguna pemula dengan menggunakan PC, dapat memperdalam pengetahuan dalam pembuatan website seperti HTML, CSS, SEO, dan sebagainya bisa dimulai dengan menggunakan sebuah situs blog.

Artikel ini dibuat bagi mereka yang seorang pemula dan ingin tahu cara membuat website ataupun membuat website untuk layanan sendiri.

Penjelasan ini telah dibuat sederhana mungkin tentang metode ototidak cara membuat website dalam waktu yang singkat, tanpa perlu menjelaskan secara teknisnya.

NEXT

Tabel Isi Website

TOP
5 Halaman Informasi Cara Membuat Website Bagi Anda yang ingin membuat website tapi tidak tahu caranya, tidak mengerti harus mulai dari mana, dan tidak yakin apakah bisa mencoba cara membuat website sendiri? Di sinilah jawabannya!
Bagian

 

1

 

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Bikin Website Berikut dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum membuat website. Daripada memulainya secara tiba-tiba, dengan membaca artikel berikut, akan dijelaskan mengenai isi kecepatan perubahan serta tingkat pemahaman terhadap sebuah website.
Bagian

 

2

 

Berbagai Cara Buat Website Terdapat berbagai macam cara membuat website. Selain menggunakan software berbayar maupun gratis, Anda juga dapat menggunakan jasa dari perusahaan vendor dalam membuat website. Di sini, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya masing-masing secara sederhana.
Bagian

 

3

 

Cara Buat Website Berdasarkan Tujuannya Cara membuat, pengetahuan dan teknologi yang diperlukan dalam membuat website tergantung dari kegunaan website itu sendiri. Website untuk situs perusahaan, online shop, hobi, situs komersil, dan sebagainya memiliki konten data masing-masing. Di sini, kami akan menjelaskan cara yang tepat sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
Bagian

 

4

 

Cara Membuat Website Gratis Website dapat dibuat dan dibuka untuk umum secara gratis. Namun, merupakan hal yang penting untuk mempelajarinya sendiri dan berlatih untuk membuat website secara gratis sehingga dapat digunakan oleh publik.
Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat website tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Bagian

 

5

 

Rangkuman Cara Bikin Website Cara membuat website sangat bermacam-macam. Membuat website dapat dilakukan kapanpun, dan dengan siapapun. Kami beserta staff editor kami menyarankan Anda untuk segera membuat website Anda! Dengan ini, kami akan menyampaikan ringkasan informasi dalam membuat sebuah website.