Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 185

10 Website Untuk Belajar PHP dari Dasar Secara Gratis

0
belajar php, belajar php dasar, cara belajar php dengan cepat

PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website secara dinamis. Berikut ini akan dijelaskan mengenai layanan dan situs gratis yang dapat digunakan untuk belajar PHP.

Banyak situs yang dijadikan referensi dan digunakan oleh beberapa orang untuk pekerjaan mereka, namun, berikut ini akan dipaparkan situs-situs yang bermanfaat untuk seorang pemula. Cara-cara serta layanan situs yang dapat dipahami melalui artikel ini akan dibagi secara terpisah dengan layanan situs yang dapat Anda pelajari sambil menuliskan source code, sehingga Anda dapat memilih cara-cara dalam belajar PHP sesuai dengan pilihan Anda.

PHP digunakan untuk mengembangkan layanan website maupun game dan lainnya, hingga beberapa tahun lalu, banyak dikembangkan dan dikombinasikan dengan perangkat lunak yang disebut sebagai LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP).

Dewasa ini, juga berkembang dengan sangat pesat perangkat lunak atau software seperti CakePHP, Symfony, dll, yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi website dengan cepat.

Facebook juga dulunya dikembangkan dengan menggunakan PHP. Saat ini, Facebook dibuat dalam bahasa pemrograman yang lebih kompatibel dan bagian dari PHP yaitu Hack.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang penting untuk pengembangan layanan website dan game. Namun, tentunya banyak diantara Anda yang baru mulai belajar PHP ingin juga mengetahui bagaimana sebaiknya mempelajari programming dengan baik. Selain itu, bagi seorang pemula, tentunya ingin belajar programming secara gratis dan tidak terlalu membuang-buang waktu.

Berikut ini dijelaskan 10 website untuk belajar PHP dengan biaya yang murah, bermanfaat dan menyenangkan bagi pemula dan programmer.

10 Website Untuk Belajar PHP dari Dasar Secara Gratis

■ Bagi orang-orang yang ingin mempelajari PHP

Berikut ini adalah situs-situs yang dapat dijadikan referensi untuk belajar PHP dan dijelaskan hal-hal mengenai database dan sistem informasi seperti perangkat lunak, sistem kerja, dll.

Pertama-tama, berikut ini situs-situs yang direkomendasikan bagi orang-orang yang ingin memahami konsep PHP melalui animasi maupun penjelasan melalui kalimat. Meskipun telah dipelajari melalui buku teori, namun ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk memahami teori-teori tersebut sehingga memerlukan gambaran yang lebih luas.

Codecademy

Codecademy, belajar php, belajar php dasar, cara belajar php dengan cepat

 

Codecademy merupakan layanan pembelajaran pemrograman secara online yang memungkinkan Anda dapat dengan cepat melakukan eksekusi terhadap coding yang Anda buat tanpa harus membuat sistem eksekusi sebelumnya atau execution environment. Saat Anda melakukan sign in, Anda dapat dengan mudah mempelajari cara melakukan coding dan dapat berpindah dengan cepat tanpa perlu melakukan pengaturan yang rumit atau membuat sistem informasi lainnya.

Artikel tentang pemrograman bagi pemula yang ingin mencoba belajar PHP dengan Codecademy sebelumnya telah diposting pada blog ini! Bahkan seorang pemula dapat mempelajari Array secara otodidak seperti menggunakan ifelse atau Loop, dsb.

PHP Manual

 PHP Manual, belajar php, belajar php dasar, cara belajar php dengan cepat

 

Ketika Anda dapat melakukan coding hingga batas tertentu, apa yang belum dipahami perlu Anda ketahui lebih lanjut melalui manual resmi PHP. PHP Manual memiliki sampel fungsi souce code yang komprehensif.  Ini biasanya dapat sering digunakan bagi mereka yang memutuskan ingin membuat layanan website sendiri ataupun bagi mereka yang ingin menggunakan PHP untuk latihan.

Udemy

Siapa yang tidak tahu website satu ini? Udemy adalah platform belajar PHP dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya dengan pengguna terbanyak saat ini. Udemy begitu populer dan sering menjadi rekomendasi bagi pemula maupun coder profesional  yang ingin mengasah skillnya.

Menariknya, Udemy menyediakan  banyak cara belajar dengan cepat. Mulai dari tutorial video, kelas seminar, mentoring, hingga paket-paket bootcamp khusus. Kelas belajar PHP dasar Udemy tersedia secara gratis dan berbayar yang bebas dipilih sesuai kemauan/level belajar.

Codecourse

Keunggulan Codecourse sebagai media belajar terletak pada penyajian materinya yang berupa video interaktif. Anda juga tidak perlu cemas soal biaya, pasalnya, kelas-kelas belajar PHP dasar di Codecourse 100% gratis siap tonton.

Sebagian user juga lebih memilih Codecourse karena koleksi video tutorial gratisnya lebih banyak ketimbang platform lain. Tak cuma PHP, di sini juga ada tutorial belajar JavaScript, MySQL, CSS dan JQuery yang lengkap.

■ Bagi orang-orang yang ingin mencoba coding menggunakan PHP

Berikutnya merupakan situs-situs yang digunakan untuk mempelajari kontruksi/komposisi saat melakukan coding sambil memahami permasalahan yang mungkin saja muncul.

Situs ini disarankan bagi mereka yang ingin belajar sambil melakukan coding secara langsung, karena coding dapat dilakukan langsung melalui situs. Silahkan gunakan situs berikut bagi Anda yang lebih mudah mengingat sambil melakukan coding.

paiza.IO

.paiza.IO, belajar php, belajar php dasar, cara belajar php dengan cepat

Biaya : Gratis
https://paiza.io/en

 

Setelah melakukan registrasi member, Anda dapat berlatih sambil mengomentari animasi dan coding dari menu ‘pembelajaran video’. (Layanan berbayar) : Terdapat sistem seperti Anda dapat memeriksa kemampuan Anda saat ini, atau menerima penawaran dari perusahaan lain berdasarkan kinerja Anda dalam layanan tersebut.

Paiza.IO merupakan sistem pemrograman online yang memungkinkan Anda melakukan coding di browser dan langsung melakukan eksekusi terhadap hasil coding yang Anda buat secara langsung. Anda dapat menjalankan coding, memeriksa hasil coding yang dilakukan oleh orang lain dalam internet, melihat hasilnya secara online, dll tanpa kesulitan saat menjalankan sistem informasi. Anda dapat menggunakan layanan ini sebagai bagian dari layanan blog atau GitHub (Gist), jadi silahkan cobalah menggunakan paiza.IO saat melakukan coding!

PHP Sandbox

PHP Sandbox, belajar php, belajar php dasar, cara belajar php dengan cepat

 

Meskipun digunakan untuk Windows, situs ini merupakan situs yang memberitahu Anda tentang cara membangun sistem informasi PHP, cara melakukan coding dan pengaturan awal, hal-hal apa saja yang dapat Anda lakukan dengan PHP, dll.

Bagi Anda yang ingin dapat menguasai keseluruhan sistem ini secara otodidak, situs ini akan sangat direkomendasikan untuk Anda.

Ilmuwebsite.com

Ingin belajar PHP dasar tapi tidak begitu fasih bahasa Inggris? Tenang, Anda bisa mencoba belajar di Ilmuwebsite.com. Tidak seperti platform belajar coding lain, Ilmuwebsite menyediakan seluruh materinya dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami.

Semua programmer pun bisa memperdalam ilmu coding masing-masing secara gratis di sini. Anda bebas memilih pembelajaran PHP untuk level pemula/beginner; menengah; ataupun lanjutan/expert. Materi dan tugas latihan coding telah dirangkum lengkap dalam berbagai format sesuai kemauan Anda: video, artikel, maupun ebook.

■Bagi orang-orang yang telah mendapatkan peringkat D atau lebih dengan paiza

CodinGame

CodinGame, belajar php, belajar php dasar, cara belajar php dengan cepat

 

CodinGame memungkinkan pembelajaran programming melalui game, yang terdiri dari gambar dan konten yang tidak dapat dianggap sebagai sebuah situs pembelajaran.

Bahasa pemrograman yang digunakan selain PHP yaitu seperti ava, JavaScript, Go, C, C++, C#, ObjectiveC, PHP, Perl, Python, Ruby, dan lain-lain yang menyediakan hingga 20 bahasa pemrograman.

Tentu saja tidak akan terjadi masalah dan masalah yang ditemukan di awal masih bersifat mudah jika dimulai dari level pertama. Akan tetapi, seiring meningkatkatnya level, maka tingkat kesulitan dalam memecahkan permasalahan pun akan semakin tinggi sehingga perlu bagi pemula untuk dapat terus belajar dan coba untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Learn-PHP.org

Referensi cara belajar dengan cepat selanjutnya adalah di Learn-PHP.org. Materi belajar PHP dasar di situs ini terangkum dengan lengkap dan terstruktur, sehingga mempermudah user untuk memahami setiap bagiannya.

Anda juga bisa belajar dengan gratis; cukup siapkan koneksi internet saja. Bahkan Anda tidak perlu repot menginstal software coding PHP di laptop karena halaman Learn-PHP.org sudah didesain seinteraktif mungkin. User dapat langsung mengustomisasi dan menjalankan kode dari laman materi yang sedang dibaca. Canggih sekali, bukan?

Fitur menarik lain yang hanya ada di Learn-PHP.org adalah menu kontributor. Seluruh user Learn-PHP bisa membagi ilmu/tutorial terkait PHP yang mereka kuasai kepada pelajar-pelajar lainnya. Jadi Anda tidak perlu bingung mencari sosok mentor di forum coding yang berbeda.

Codeacademy

Rekomendasi web belajar PHP dasar yang terakhir adalah Codeacademy. Di sini pun Anda bisa mempraktekkan cara belajar dengan cepat karena ada banyak materi latihan coding yang bisa dicoba.

Fitur tutorial PHP Codeacademy juga terbilang komplit. Setiap materinya sudah memuat artikel penjelasan, video tutorial, panel editor kode hingga tampilan hasil akhir program yang dibuat. Script PHP hasil pembelajaran pun dapat dijalankan langsung memakai browser dan koneksi internet, tidak perlu lagi menginstal webserver di localhost komputer Anda. Selamat mencoba!

Rangkuman

Hal-hal yang telah dipaparkan di atas merupakan layanan situs yang digunakan untuk belajar PHP.

Banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan PHP dan PHP diposisikan sebagai bahasa ortodoks di antara bahasa pemrograman lainnya. Konsepnya sendiri dapat bermanfaat ketika digunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya, jadi ada baiknya jika sesekali mempelajari hal ini.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang diperlukan dalam pengembangan berbagai layanan website dan game, dan akan sangat bermanfaat kedepannya untuk pengembangan dan pengoperasian berbagai jenis layanan jika Anda dapat menguasainya. Bagi Anda yang memiliki minat belajar PHP, Anda dapat mulai mencoba mempelajarinya melalui situs-situs di internet, buku-buku, maupun melalui media lainnya yang Anda sukai.

Marketing Adalah ? (Pengertian dan Dasar-Dasarnya)

0
marketing adalah

Untuk para pebisnis dan wirausahawan, apakah pernah berpikir mengenai apa itu marketing? Kata ini sering digunakan dalam dunia bisnis, namun apakah Anda memahami dan mengetahui esensi dari istilah marketing itu sendiri? Nah, mengetahui istilah marketing adalah hal yang sangat penting untuk Anda.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai definisi marketing hingga penjelasan mengenai branding. Langsung saja simak ulasannya hingga akhir dibawah ini!

Definisi dan Metode Marketing Adalah

Banyak orang yang berpikir bahwa pengertian dari marketing adalah bagian dari promosi riset pasar, promosi produk dan layanan. Namun, sebenarnya hal-hal tersebut hanya salah satu bagian dari marketing.

Pengertian yang lebih sederhana dari marketing adalah ‘sebuah cara atau mekanisme dalam berjualan’ atau ‘cara agar terus dapat menghasilkan uang’.

Selain itu, metode dalam marketing adalah hal-hal seperti manajemen kerja (project management), strategi terhadap biaya, promosi & komunikasi, marketing research, pemasaran langsung (direct marketing), dan sebagainya.

Kegiatan dan Proses Marketing

marketing adalah

Mulai melakukan survei terhadap pasar

Proses kegiatan marketing dimulai dengan melakukan survei atau riset terhadap pasar. Penting untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan dan dicari oleh konsumen untuk dapat mengembangkan produk yang akan dijual. Pada umumnya, akan dilakukan survei melalui angket untuk konsumen dan penelitian melalui data statistik oleh lembaga publik.

Melakukan promosi iklan

Jika telah membuat sebuah produk yang berkualitas, maka hal selanjutnya adalah melakukan promosi melalui iklan. Pada umumnya, cara yang dilakukan untuk beriklan adalah menyebarkan promosi melalui televisi atau media masa dan iklan di internet.

Memastikan hasil yang diperoleh

Hal terakhir yang dilakukan adalah memastikan rangkaian kegiatan marketing yang dilakukan dapat berkontribusi pada peningkatan dalam penjualan produk. Hitung pengeluaran untuk semua kegiatan marketing dan penjualan yang dihasilkan serta ketahui efektivitas dari biaya yang telah dikeluarkan.

Strategi dan Taktik dalam Marketing Adalah

Strategi marketing adalah ?

Pertama-tama, strategi mengacu pada kebijakan dan alur untuk dapat mencapai sebuah target atau tujuan. Ketika berbicara mengenai strategi marketing, hal-hal yang terkait seperti kebijakan-kebijakan untuk membedakan penilaian seperti apa, kepada siapa, dan bagaimana pemasaran dilakukan.

Misalnya seperti, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para produsen makanan saat mereka akan mempopulerkan produk terbaru mereka adalah mempersiapkan konsep produk mereka, menentukan siapa target produk mereka dan kapan mereka akan memperjual-belikan produk mereka.

Taktik dalam marketing adalah?

Di lain sisi, taktik dalam marketing adalah cara dan metode yang digunakan untuk mencapai target yang telah ditentukan dalam strategi marketing. Berikut akan dijelaskan dengan menggunakan contoh spesifik yang erat kaitannya dengan pemasaran atau marketing.

Kegiatan promosi yang dilakukan ketika misalnya meluncurkan produk makanan manis seperti permen dengan target konsumennya adalah karyawan wanita yang masih lajang dan berusia 20 tahunan. Taktik marketing yang perlu direncanakan untuk hal tersebut seperti misalnya media seperti apa yang digunakan untuk melakukan promosi iklan dan bagaimana memastikan agar promosi yang dilakukan dapat mencapai target.

Perbedaan Branding dan Marketing Adalah

Peran marketing adalah?

Peran marketing adalah bagaimana menyampaikan gambaran dari sebuah produk dan layanan dari sebuah perusahaan. Melalui marketing, Anda perlu memikirkan bagaimana cara memperlihatkan produk ataupun layanan dari perusahaan agar dapat memperoleh pelanggan setia.

Sebagai tambahan, marketing tidak hanya berperan untuk mendekati pelanggan yang sudah ada sebelumnya, tetapi juga memperoleh pelanggan baru dengan menciptakan dan mengembangkan pasar-pasar baru.

Peran branding adalah?

Branding adalah hubungan yang dilakukan secara langsung untuk meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan. Nilai perusahaan disini berarti sesuatu yang tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain, dan sulit diwakili dengan nilai melalui angka maupun uang.

Seperti contohnya, ketika perusahaan Toyota meluncurkan sebuah informasi produk baru bernama Prius, pemesanan terhadap produk tersebut bahkan dapat dengan segera dilakukan oleh para pelanggan mereka. Para pelanggan melakukan hal tersebut karena mereka telah memiliki gambaran terhadap perusahaan Toyota.

Teknik Marketing yang Dilakukan Oleh Pemasar

marketing adalah

Content Marketing

Content Marketing merupakan teknik pemasaran dengan mendistribusikan artikel maupun video ke dalam situs layanan terhadap konsumen. Hal ini mampu menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan atau konsumen perusahaan.

Influencer Marketing

Influencer Marketing adalah teknik pemasaran melalui seorang influencer yang memiliki pengaruh besar di media sosial. Selain itu, influencer ini juga menjadi seorang PR untuk memasarkan produk dari suatu perusahaan.

Marketing Automation

Marketing Automation merupakan teknik yang memungkinkan para marketers atau pemasar untuk mengotomatisasi dan mempersingkat cara kerja mereka dengan menggunakan alat atau sarana seperti software marketing. Di Jepang, layanan yang dikembangkan di seluruh dunia dan diperkenalkan kepada perusahaan-perusahaan adalah seperti ‘Marketo’ dan ‘b→dash’ dari perusahaan From Scratch.

Omni Channel

Omni Channel adalah pendekatan oleh para peritel dengan berfokus pada pendekatan dengan pelanggan melalui lebih dari satu saluran penjualan. Ini dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Umumnya, metode pemasaran ini dilakukan dengan menghubungkan beberapa saluran seperti melalui televisi, radio, katalog, dan Direct Message (DM) melalui internet tanpa interupsi.

Rangkuman

Marketing sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Anda telah memahami definisi marketing, perbedaan marketing dan branding, dan metode dalam marketing.

Di dalam dunia bisnis modern, akan menjadi sangat sulit untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam perusahaan tanpa adanya marketing. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan kegiatan marketing atau pemasaran sehari-hari agar dapat mencapai target dan tujuan dari perusahaan.

Yuk ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan trik bisnis online paling manjur gratis setiap hari untuk Anda! Atau bisa juga download aplikasinya di Google Play dan Apple Store.

Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, ya!

Baca juga

Pengertian Marketing Serta Strategi & Pendekatannya

[ Dasar-Dasar Service Marketing ] Apa Itu Marketing Mix 7p?

Marketing Mix : Pengertian, Konsep, Fungsi dan Contohnya

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran (Marketing)?

4 Bauran Pemasaran | Pengertian, Komponen dan Konsepnya

Pengertian Bauran Pemasaran 7P dan 4P

Pengertian Marketing dan Pengenalan Web Marketing

Internet Marketing (Sejarah, Pengertian, Strategi)

Poin-Poin Penting dalam Internet Marketing

Terkuak! 8 Contoh Content Marketing yang Akan Viral di Tahun Ini

Teori Marketing : Konsep 7 Ps Marketing Mix Untuk Kelancaran Bisnis Anda!

Marketing Niche : 5 Langkah Memilih Niche Market

Direct Marketing adalah : Konsep, Manfaat dan Tujuannya

Mengapa Anda Membutuhkan Influencer? Bingkai Perekrutan dengan Followers!

Mengapa Anda Membutuhkan Digital Marketing? Manfaat dan Panduan Lengkapnya

Virtual Marketing Adalah [Arti, Contoh & Tips Pemakaiannya]

Mobile Marketing Adalah : 7 Cara Optimalkan Bisnis lewat HP

4 Perubahan Besar Mobile Marketing Terbaru, Segera Terapkan!

Dasar-Dasar Strategi Promosi dan Jenis-Jenisnya

0
Dasar-Dasar Strategi Promosi dan Jenis-Jenisnya

Strategi promosi merupakan langkah-langkah yang perlu diperhitungkan dalam melakukan kegiatan manajemen pemasaran. Berikut merupakan penjelasan mengenai dasar-dasar strategi promosi beserta jenis-jenisnya dan terbagi dalam 4 poin.

Mempelajari Dasar-Dasar Strategi Promosi

Di dalam istilah pemasaran, terdapat beberapa hal yang mungkin tidak dapat Anda uraikan dengan baik ketika Anda diminta untuk menjelaskan istilah tersebut, meskipun Anda sedikit memahami tentang isitilah-istilah asing di dalamnya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai strategi promosi yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.

Metode Promosi Pada Umumnya

Metode promosi pada umumnya adalah berupa kegiatan periklanan, pengiriman promosi melalui e-mail kepada pelanggan menggunakan internet, panduan ke sebuah situs website, kegiatan PR (Public Relation), dan sebagainya. Kegiatan promosi memiliki peranan untuk menarik perhatian orang-orang agar terdorong untuk membeli produk yang dijual oleh suatu perusahaan.

Promosi merupakan salah satu tujuan dari sebuah perusahaan, namun, perlu adanya komunikasi yang baik di dalamnya agar promosi yang dilakukan dapat dengan mudah dipahami.

Misalnya, ada kemungkinan diperlukannya komunikasi dengan para pelanggan melalui sebuah email untuk tujuan promosi.

Perlahan-lahan mulai muncul kebutuhan untuk melakukan promosi melalui media sosial seperti Twitter sehingga komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan dengan mudah.

Hal yang paling penting dari apapun adalah bahwa sangat sulit untuk memperoleh sebuah produk agar dibeli oleh pelanggan.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang paling dicari oleh pelanggan, apakah hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan perlu diketahui bahwa apakah orang-orang ada di dalam dua kondisi tersebut.

Karena beberapa poin yang disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa kegiatan promosi dan komunikasi merupakan dua hal penting yang dianggap sebagai seperangkat sarana dalam strategi pemasaran.

Penjualan yang dilakukan kemungkinan akan mengalami peningkatan tergantung pada penggabungan dua hal tersebut saat melakukan strategi promosi.

Pengertian Strategi Promosi

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah tentang strategi promosi? Secara sederhana, strategi promosi mengacu pada perencanaan mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah produk agar sampai ke tangan para pelanggan.

Untuk membuat produk dan layanan menjadi dikenal oleh masyrakat luas, ‘komunikasi dalam pemasaran’ merupakan hal yang sangat efektif untuk hal tersebut, namun, tidak banyak hasil yang dapat diharapkan jika melakukannya secara asal dan tanpa perencanaan sebelumnya.

Dalam strategi promosi, perlu direncanakan secara rinci mengenai bagaimana, kapan, kepada siapa, dan waktu seperti apa yang tepat untuk melakukan pemasaran atau promosi terhadap sebuah produk/layanan. Strategi pemasaran memang sangat penting untuk sebuah perusahaan, namun strategi promosi lebih penting daripada hal tersebut.

Tentang Komunikasi dalam Pemasaran

Kegiatan pemasaran dibagi menjadi ke dalam empat (4) kerangka kerja, diantaranya, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Komunikasi dalam pemasaran terdapat diantara salah satu dari empat kerangka kerja pemasaran tersebut. Kerangka kerja yang mengacu pada komunikasi dalam pemasaran adalah Promotion (Promosi).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap perusahaan memiliki sebuah strategi pemasaran untuk produk-produk dan layanan yang mereka miliki dan hal tersebut berdasarkan dari cara komunikasi yang dilakukan dalam pemasaran. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran juga dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing dari mereka akan disesuaikan dengan strategi promosi dan akan digabungkan agar secara efektif dapat membuat produk menjadi lebih menarik.

Jenis-Jenis Strategi Promosi

Setiap perusahaan berusaha mengembangkan produk yang dapat memuaskan pelanggan dan mempersiapkan strategi promosi untuk membuat pelanggan mengetahui produk mereka yang telah jadi. Strategi promosi sangat penting agar pelanggan dapat mengetahui keberadaan dan kualitas dari sebuah produk, dan kegiatan promosi tersebut akan meningkatkan penjualan.

Terdapat berbagai jenis komunikasi dalam pemasaran. Secara garis besar terbagi menjadi empat (4), yaitu iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat (public relation).

1. Iklan

Iklan merupakan promosi yang dilakukan melalui media seperti televisi, radio, koran, majalah, brosur dan selebaran, atau langsung melalui e-mail. Media tersebut digunakan agar produk dapat diketahui oleh masyarakat luas, meningkatkan merk atau brand, dan lainnya yang dapat mengesankan masyarakat luas terhadap suatu produk.

2. Penjualan Perorangan (Personal Selling)

Personal Selling merupakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi langsung (tatap muka), layanan customer service dan follow-up service. Tenaga personal selling ini melakukan hal-hal seperti misalnya, melayani pelanggan yang ingin melakukan konsultasi di bagian cosmetic counter, sehingga pelanggan membeli produk kosmetik tersebut. Keuntungan diperoleh ketika para tenaga personal selling ini mampu mendengar dan membantu secara langsung para pelanggan mereka. Selain itu, ada kemungkinan pelanggan setia akan terus datang dan membeli suatu produk/layanan dengan adanya layanan konsultasi di bagian depan kantor/perusahaan karena pengaruh dari tenaga personal selling ini.

3. Promosi Penjualan

Pada promosi penjualan, hal ini merupakan cara agar produk dapat diketahui oleh khalayak umum dengan melakukan start-up seperti uji coba terhadap produk, memberikan hadiah atau tiket kupon untuk setiap pembelian produk, diskon produk, dan lain-lain. Biasanya uji coba atau pengambilan sampel terhadap produk dilakukan di jalan-jalan. Dibandingkan dengan beriklan, hal ini dikatakan lebih sebagai kegiatan promosi penjualan.

4. PR (Public Relation)

Hal umum yang berkaitan dengan ini biasanya adalah siaran pers atau press release. Selain itu, PR juga memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas perusahaan dan produk melalui sponsorship serta untuk meningkatkan keandalan dan ketertarikan terhadap suatu produk. Tujuan penyebaran informasi ke publik dibagi secara terpisah karena tujuan dan metode yang dimiliki berbeda-beda, seperti iklan dengan menggunakan media seperti TV dan berbagai media lainnya.

Dengan cara ini, maka terdapat berbagai jenis dan metode komunikasi pemasaran. Tidak dapat dikatakan mana metode dan cara yang terbaik dan tidak baik untuk digunakan karena hal tersebut tergantung pada karakteristik barang dan jasa, citra perusahaan, dan sebagainya.

Tentu saja, cara dan metode tersebut dapat digabungkan agar dapat meningkatkan ketertarikan terhadap suatu produk secara efektif. Semua hal di atas dapat dilakukan dengan strategi promosi yang dilakukan secara hati-hati dan terencana. Kegiatan promosi yang didasarkan pada strategi yang terencana dengan pasti akan menghasilkan respon yang positif.

 

Proposal Usaha dan Model Usaha Internet Lengkap

0
Bagaimana Cara Menghasilkan Pendapatan dengan Layanan Internet? 5 Proposal Usaha Internet

Saat ini, teknologi TI berkembang pesat, berbagai layanan internet telah muncul dengan titik monetization mereka masing-masing. Titik monetization berbeda-beda sesuai dengan masing-masing layanan, dan sekarang yang mana model usaha baru muncul satu demi satu, ada kemungkinan bahwa usaha dalam bidang apapun dapat melakukan monetization di internet.

Di bagian berikut ini, akan dijelaskan model usaha utama dan proposal usaha yang menggunakan internet.

Anda perlu menyiapkan dan memastikan proposal usaha terlebih dahulu, jika Anda berencana untuk memulai usaha menggunakan internet tetapi tidak tahu cara menghasilkan pendapatan di internet.

Proposal atau model usaha internet secara garis besar dibagi menjadi 5 poin

5 tren model atau proposal usaha yang dilakukan melalui internet saat ini adalah sebagai berikut.
  • Model pendapatan penjualan toko online
  • Model layanan (biaya) pencocokkan
  • Model pendapatan iklan
  • Model penagihan ISP/Operator Jaringan Seluler
  • Model penagihan layanan/konten

Di bawah ini kami akan menjelaskan setiap model usaha dengan mencontohkan perusahaan terkait.

(Mengenai layanan yang memiliki beberapa model usaha, kami akan fokus pada poin-poin yang dianggap sebagai poros utama).

 

1. Model Pendapatan Penjualan Toko Online

Ini adalah model yang menghasilkan pendapatan dengan menjual barang di internet.

Bentuk penjualannya dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu membuka toko online perusahaan Anda dan menggunakan platform toko online seperti Amazon untuk melakukan penjualan secara pribadi.

Meskipun lebih mudah bagi pelanggan untuk menarik minat pelanggan dengan membuka toko di Amazon karena memiliki jalur yang banyak, tetapi hal itu memerlukan biaya tambahan dan perlu memikirkan solusi untuk menghadapi perbedaan dengan pesaing lainnya, sedangkan toko online pribadi tidak memerlukan biaya tambahan, tetapi harus menarik minat pelanggan melalui sistem kenalan. Setiap jenis proposal usaha ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saat membuka toko online, Anda perlu memilih platform setelah mempertimbangkan berbagai faktor seperti kisaran harga produk dan target pengguna.

2. Model Layanan (Biaya) Pencocokkan

Ini adalah model yang menghasilkan pendapatan dari sisi penerbit dengan mencocokan B2C, B2B, C2C, dan lain-lain.

Poin pendapatan model pencocokkan dibagi menjadi dua.

  • Berdasarkan basis pelanggan (panduan situs, permintaan informasi, formulir pertanyaan, pertanyaan dari dial eksklusif, dan lain-lain).
  • Berdasarkan basis kontrak (persetujuan perdagangan barang dan lain-lain).

Situs perbandingan produk dan lain-lain dibuat berdasarkan basis pelanggan, sedangkan platform seperti Mercury dan Frill akan mendapatkan bayaran saat persetujuan perdagangan dibentuk.

Program afiliasi yang dapat dilakukan secara individu juga dapat dikatakan sebagai model pencocokkan berdasarkan basis pelanggan.

 

3. Model Pendapatan Iklan

Ini adalah model yang menghasilkan pendapatan dari pemilik iklan dengan mengumpulkan pengguna dan memasang iklan.

Model bisnis yang digunakan di berbagai media internet seperti situs portal dan media curation memiliki biaya yang berbeda tergantung pada volume jual-beli dan ketepatan target pengguna, selain itu biaya penerbitan dapat menjadi lebih tinggi jika menggunakan media yang sangat berpengaruh.

Hingga saat ini, bentuk periklanan yang umum adalah iklan seperti spanduk dan iklan dalam halaman internet, tetapi ‘iklan native’ yang didistribusikan dalam bentuk yang dapat beradaptasi dengan konten media akan menjadi populer.

4. Model Penagihan ISP/Operator Jaringan Seluler

Ini adalah model usaha yang melakukan penagihan dari penggunaan dan sambungan saluran itu sendiri.

Ada dua jenis penagihan, yaitu berbasis penggunaan dan berbasis tarif tetap, penagihan dibagi berdasarkan jumlah data yang digunakan pengguna.

Dibandingkan dengan model atau proposal usaha lainnya, pasar usaha ini memiliki rintangan yang lebih tinggi untuk dimulai oleh pengusaha baru karena sudah ada banyak perusahaan yang memiliki infrastruktur seperti operator jaringan seluler dan layanan penyedia internet.

 

5. Model Penagihan Layanan/Konten

Sama seperti surat kabar dan majalah, yang disebut dengan penagihan konten adalah pengguna dibebankan biaya untuk konten itu sendiri, sedangkan model penagihan layanan itu adalah biaya yang perlu dibayar untuk layanan itu sendiri.

Penagihan konten dan penagihan layanan dapat digunakan secara gratis sampai batas waktu tertentu, pengguna akan dikenakan biaya dengan model premium jika ingin menggunakan lebih banyak fungsi.

Konten dan layanan berkualitas tinggi yang ingin Anda gunakan bahkan jika Anda membayar uang sangat diperlukan jika Anda menempatkannya pada poin monetisasi di website yang merupakan hal dasar bahwa Anda dapat menggunakan sebagian besar layanan dan konten secara gratis.

Jika Anda ingin membuat titik monetization di internet yang sudah umum menyediakan sebagian besar konten atau layanan secara gratis ini, Anda memerlukan konten atau layanan yang memiliki kualitas tinggi dan dapat membuat pengguna ingin menggunakannya walaupun harus mengeluarkan uang.

Dibutuhkan waktu lama untuk mendapatkan pelanggan tetap, tetapi ini adalah model usaha yang mudah untuk mengamankan pendapatan yang stabil jika jumlah pengguna meningkat.
 

Rangkuman

5 model usaha atau proposal usaha yang tercantum di atas adalah tren model atau proposal usaha utama, dan setiap pemilik usaha mengembangkan satu atau lebih model bisnis sesuai dengan layanan mereka sendiri.

Tidak semua usaha sesuai dengan kerangka ini.

Titik monetization pada internet dapat dibentuk sesuai dengan ide masing-masing.

Pertama-tama, Anda perlu memahami model usaha yang saat ini menjadi tren utama, dan mempertimbangkan pendekatan seperti apa yang dapat dilakukan untuk perusahaan Anda.

 
[business-about]
 

Google Ads Indonesia : Ulasan Lengkap Platform Iklan Google

0
google ads indonesia, google ads adalah

Google Ads Indonesia adalah halaman hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google yang menyediakan tampilan iklan berbayar terkait dengan kata kunci yang dicari.

dapat disebut juga sebagai iklan yang berkaitan dengan kata kunci atau iklan yang berkaitan dengan pencarian, karena iklan tersebut ditampilkan berdasarkan hasil pencarian oleh pengguna.

Artikel ini akan dijelaskan mengenai Google Iklan Indonesia dari pengertian dasar hingga bagaimana cara pengaplikasiannya.

Google Ads Indonesia Adalah

google ads indonesia, google ads adalah

Google Ads adalah Layanan Iklan Google yang ditampilkan berdasarkan hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci tertentu di mesin pencari, seperti Google. Iklan-iklan ini muncul di bagian atas atau bagian bawah hasil pencarian organik dan sering memiliki label “Iklan” untuk membedakannya. Mereka muncul berdasarkan kata kunci yang Anda pilih dan pembayaran yang Anda terapkan dalam kampanye iklan Anda.

Pentingnya terletak pada kemampuannya untuk mencapai audiens yang tepat pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan menarik, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Hal ini membuat Iklan Google menjadi alat pemasaran yang sangat efektif dalam mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web atau bisnis Anda.

google ads indonesia, google ads adalah

Iklan Berdasarkan Kata Kunci

Google ads adalah iklan yang ditampilkan bersamaan dengan kata kunci yang dicari pada mesin pencari. Oleh karena itu, biasa disebut sebagai ‘iklan yang berkaitan dengan pencarian’ dan pengguna ingin mendapatkan informasi tentang kata kunci terkait dengan hal yang mereka cari.

Selain itu, jika ingin mendapatkan meskipun hanya 1% dari total pengguna untuk mengunjungi situs website Anda, maka menggunakan layanan Iklan adalah pilihan yang tepat.

Karena merupakan iklan berbasis kata kunci, Anda dapat menargetkan minat pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka masukan. Anda dapat menarik pengguna untuk berkunjung ke situs Anda dengan memanfaatkan setelah mempertimbangkan kebutuhan pengguna yang mencari sebuah kata kunci.

Baca juga : Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda

Google sebagai media publikasi utama

Media utama sebagai tempat dimana Iklan dipublikasikan adalah Google. Pertama-tama, pahamilah mengenai media tersebut.

Google AdWords

Google AdWords akan muncul pertama kali pada halaman hasil pencarian melalui mesin pencari seperti Google dan mesin pencari lainnya.

Memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

90%-nya berasal dari mesin pencari yang digunakan di Indonesia.

Perbedaannya Dengan SEO

Meskipun SEO dan Google Ads Indonesia memiliki tujuan serupa dalam menarik pengunjung melalui hasil pencarian, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam cara mereka beroperasi. Salah satu perbedaan utama adalah bahwa SEO adalah upaya yang lebih organik dan memerlukan waktu untuk membangun peringkat yang kuat dalam hasil pencarian. 

Ini mencakup pemahaman mendalam tentang algoritma mesin pencari dan strategi konten yang efektif untuk meningkatkan peringkat Anda secara alami. Disisi lain, Penggunaan Iklan Google adalah solusi berbayar yang lebih cepat dalam memberikan hasil yang instan, tetapi memerlukan alokasi anggaran yang sesuai.

Selain itu, SEO memiliki potensi untuk memberikan hasil jangka panjang yang berkelanjutan, sedangkan Google Ad Indonesia memberikan hasil yang lebih instan namun memerlukan anggaran berkelanjutan untuk mempertahankan kampanye iklan Anda. Dengan memahami perbedaan-perbedaan ini, Anda dapat memutuskan bagaimana memanfaatkan keduanya dalam strategi pemasaran Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Perbedaan yang paling besar adalah kemungkinan untuk mengelola tampilan.

Peringkat pencarian pada Google Ads Indonesia diurutkan berdasarkan kata kunci yang ditawarkan dan kualitas iklan, sehingga Anda dapat menampilkannya di bagian teratas hasil pencarian berdasarkan biaya yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut. Pengaturan sistem nya pun tidak memerlukan banyak waktu, sehingga Anda dapat dengan segera memperoleh hasilnya.

Di sisi lain, karena sistem pada SEO bekerja berdasarkan tingkat hasil pencarian yang ditentukan berdasarkan algoritma mesin pencari, sehingga dibutuhkan banyak waktu, usaha serta biaya untuk memunculkan situs website Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Penting untuk memperoleh persetujuan dari mesin pencari yang menyediakan informasi yang paling dibutuhkan oleh pengguna untuk ditampilkan pada urutan teratas.

Baik penggunaan Ads maupun SEO merupakan pilihan yang tepat untuk menarik minat pengguna agar mengunjungi situs website Anda. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan Google Ad Indonesia sebagai tahap permulaan untuk beriklan.

Hal-hal lain yang dapat dikelola melalui Google Ads Indonesia

Google Ads Indonesia memberikan fleksibilitas yang tinggi kepada pengiklan. Anda dapat menentukan sendiri dengan bebas penawaran harga yang sesuai dengan anggaran Anda. Selain itu, Anda dapat memulai kampanye iklan dengan biaya yang relatif rendah, sehingga cocok untuk bisnis kecil dan menengah yang mungkin memiliki anggaran terbatas. 

Hal ini memungkinkan berbagai jenis bisnis untuk mengakses platform periklanan online yang efektif. Selain itu, Anda memiliki kendali penuh atas peringkat tampilan iklan Anda dalam jangka waktu tertentu, yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan biaya yang Anda alokasikan.

Anda juga dapat mengatur tautan iklan Anda sendiri dan menentukan apakah iklan tersebut akan ditampilkan atau tidak. Semua ini membuat Iklan Google menjadi layanan iklan yang sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pemasaran Anda.


Sistem Pembayaran Google Ads Indonesia

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai sistem pembayaran.

Sistem PPC (Pay Per Click)

Google Ads Indonesia memiliki sistem penetapan biaya yang disebut cost-per-click. Hal ini berarti jika iklan tidak diklik, maka keuntungan tidak akan bisa diperoleh dari iklan tersebut. Ada juga beberapa kasus dimana Anda perlu membayar iklan tersebut tanpa perlu melakukan klik, seperti pada iklan banner, namun Anda tidak perlu khawatir jika meng-klik iklan berdasarkan cost-per-click tersebut.

Google Ads adalah iklan PPC (Pay Per Click) yang berarti biaya yang dikenakan bukan karena iklan tersebut ditampilkan melainkan karena di-klik.

Biaya iklan akan muncul apabila iklan di-klik berdasarkan harga setiap kliknya dan kualitas dari iklan itu sendiri. Sistem perhitungan dari iklan cost-per-click ini adalah (harga per klik X jumlah klik).

Biaya Iklan

Biaya sebuah iklan di Google Ad ditentukan berdasarkan sistem penawaran yang berlaku. Pengiklan akan menentukan berapa banyak mereka bersedia membayar untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengguna pada iklan mereka. 

Penawaran ini berkisar mulai dari Rp. 100 hingga lebih dari Rp. 1 juta per kata kunci, tergantung pada kualitas iklan, persaingan kata kunci, dan jumlah penawar. Ini berarti bahwa pengiklan memiliki kendali penuh atas seberapa besar biaya yang akan mereka keluarkan untuk kampanye iklan mereka.

Selain itu, biaya penawaran dapat dipengaruhi oleh seberapa sering kata kunci yang dipilih dicari oleh pengguna. Kata kunci yang lebih populer dan sering dicari biasanya akan memiliki persaingan yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan penawaran yang lebih tinggi untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian. 

Oleh karena itu, pengiklan harus mempertimbangkan dengan cermat kata kunci yang mereka pilih dan anggaran yang mereka alokasikan untuk memaksimalkan efektivitas kampanye iklan mereka di Google Ad.

Penempatan Iklan

Penempatan Iklan di Google Ads adalah hal yang penting. Apabila terdapat beberapa penawaran untuk satu kata kunci, maka penempatan iklan Anda ditentukan berdasarkan ‘peringkat iklan’ yang berasal dari ‘penawaran harga’ X ‘kualitas iklan’ (jumlah klik, dll).

Iklan yang ditampilkan dari peringkat tertinggi.

Sebagai contoh, anggaplah bahwa perusahaan A menawarkan biaya sebesar Rp 20.000-, untuk sebuah kata kunci dan perusahaan B menawarkan biaya sebesar Rp 30.000-, untuk satu kata kunci.

Nama Perusahaan Perusahaan A Perusahaan B
Biaya maksimal per klik Rp. 20.000,- Rp.30.000,-
Nilai kualitas 8 4
Peringkat iklan Rp. 20.000×8 = Rp. 160.000 Rp. 30.000×4= Rp. 120.000
Posisi tampilan Pertama Kedua

Berdasarkan pada tabel di atas, karena kualitas yang dimiliki perusahaan A memiliki nilai 8, peringkat iklan yang diperoleh berada di posisi pertama dengan biaya Rp. 160.000,-. Sedangkan, perusahaan B memiliki nilai 4, sehingga peringkat iklannya berada di posisi kedua dengan biaya Rp. 120.000,-.

Hal-Hal yang Dapat Dilakukan dengan Google Ads Indonesia

google ads indonesia, google ads adalah

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan ketika menggunakan Google Ad Indonesia.

Membuat teks iklan

Google Ad merupakan alat yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda di lingkungan online yang kompetitif. Untuk mengoptimalkan hasilnya, penting untuk menggunakan kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna. Dengan memilih kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda, Anda dapat meningkatkan peluang iklan Anda muncul di depan audiens yang tepat. 

Selain itu, menulis kalimat yang mencerminkan rasa simpati dan empati Anda terhadap kebutuhan pelanggan potensial dapat membantu Anda memikat minat mereka. Dalam dunia iklan online yang cepat berubah, memahami cara memanfaatkan Google Ad dengan baik dapat menjadi kunci kesuksesan pemasaran bisnis Anda.

Teks iklan tersebut memiliki batasan karakter untuk setiap bagiannya.

Judul : 15 karakter

Penjelasan : 19 karakter x 2 paragraf

Tampilan URL : 29 karakter

Tautan URL : 1024 karakter

Sebagai tambahan, terdapat beberapa batasan dalam menggunakan beberapa karakter atau simbol khusus.

Oleh karena itu, periksalah informasi terbaru dari masing-masing website resmi.

Menganalisis dan memperbaiki data

Google Ads Indonesia memiliki kemampuan analisis data yang sangat efektif karena platform ini dapat mengumpulkan data yang luas dan mengukur berbagai metrik, termasuk jumlah iklan yang ditampilkan, tingkat klik, dan biaya kampanye, serta banyak faktor lainnya.

Dengan memiliki akses ke data yang mendalam ini, pengiklan dapat memantau dan mengevaluasi kinerja kampanye mereka dengan lebih baik, serta membuat perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan hasil iklan mereka. Dalam dunia pemasaran digital yang sangat kompetitif, kemampuan untuk menganalisis data dengan tepat adalah aset berharga untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan Anda.

Menambah efisiensi dengan mengacu pada middle word dan small word

Kata kunci pencarian dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu big word, middle word, dan small word. Big word merupakan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak. Disisi lain, jika posisi big word ditukar menjadi small word maka tingkat konversi akan semakin tinggi.

Jenis Contoh keyword Rata-rata pencarian dalam sebulan
Big keyword makanan 100,000~1,000,000
Middle keyword warung 10,000~100,000
small keyword warung bali 100~10000

Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Google Ads Indonesia

Menggunakan kata kunci yang digunakan oleh banyak pesaing, maka akan memerlukan biaya tinggi.

Google Ad bekerja dengan sistem penawaran, jadi kata kunci yang sering dipakai dengan tingkat konversi yang tinggi tentunya memiliki biaya yang sangat mahal.

Sebagai contoh, kata kunci seperti ‘situs cari kerja online’ yang memiliki tingkat konversi sangat jelas sehingga memiliki biaya Rp. 300.000 per klik.

Meskipun Anda berniat untuk menggunakan kata kunci yang mudah digunakan, akan sangat sulit memberikan efek apabila ada perusahaan besar yang telah dikenal masyarakat luas menggunakan kata kunci tersebut.

Pengoperasiannya membutuhkan tenaga dan waktu

Listing juga termasuk iklan operasional, sehingga saat Anda mulai menggunakannya, Anda akan membutuhkan usaha untuk mengoperasikannya.

Mengukur efeknya secara langsung merupakan keuntungan tersendiri dan di sisi lain, Anda juga dapat mengubah isinya secara langsung walaupun memerlukan waktu dan tenaga.

Untuk memahami hal tersebut, memang diperlukan sedikit pengetahuan. Anda harus mengetahui beberapa hal seperti; cara mengoperasikan manajemen admin serta mempelajari kriteria penawaran.

Perusahaan yang Memiliki Spesialis di Bidang Google Ads Indonesia

Sebagian perusahaan memiliki tim spesialis untuk mengelola Google Ad Indonesia. Dengan anggaran di bawah Rp. 5 juta, Anda dapat mempelajari dan mengelola sendiri kampanye Anda dengan pemahaman yang tepat tentang platform ini untuk mengoptimalkan hasil iklan Anda. 

Namun, dengan anggaran lebih besar, pertimbangkan mempekerjakan profesional berpengalaman dalam mengoperasikan Google Ads Indonesia. Ini mengurangi risiko dan memastikan kampanye Anda dikelola dengan efektif oleh ahlinya, yang akan membantu mencapai tujuan pemasaran Anda dengan efisien.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Cara Kerja Ojek Online (Mekanisme Go-jek dan Grab)

0
6 Elemen yang menjadi kekuatan bisnis ojek online seperti Go-jek dan Grab dan 2 hal yang melatar belakanginya

Cara kerja Go-jek dan Grab: Wawasan model bisnis dan pendapatan

Gojek and Grab adalah On Demand Transfer Service yang merevolusi industri taksi di Indonesia. Model bisnis Gojek dan Grab memudahkan orang untuk memanggil taksi secepat mungkin ke tempat pelanggan menggunakan smartphone mereka.

Aplikasi ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat karena kehadirannya hampir bersamaan dengan meningkatnya popularitas smartphone. Apa sih rahasia layanan ojek online ini hingga menarik perhatian masyarakat.

Mekanisme monetisasi Gojek dan Grab sangat sederhana

Pertama, Gojek dan Grab memberikan pengalaman penggunaan yang luar biasa. Gojek dan Grab dapat memberikan layanan taksi atau ojek secara online kepada pengguna  hanya dengan 2 ketukan dari smartphone.

Jika kita memesan mobil favorit Anda menggunakan aplikasi, mobil akan menjemput Anda pada waktu dan tempat yang tepat. Dengan menggunakan fungsi GPS (informasi lokasi) pada smartphone, kita dapat menemukan taksi di peta yang lokasinya terdekat dengan lokasi real time kita.

Setelah memesan, kita juga akan mendapatkan pemberitahuan tentang perkiraan waktu kedatangan taxi dan perkiraan ongkosnya. Selain pembayaran tunai, sistem ojek online ini juga menyediakan sistem pembayaran online dengan kartu kredit, sehingga bagi kita yang sedang terburu-buru tidak perlu repot menyiapkan uang tunai saat turun dari ojek. Pembayaran menggunakan kartu kredit ini disediakan bukan hanya untuk kenyamanan pelanggan. Layanan ojek online ini telah menciptakan sistem yang dapat menghindari terjadinya transaksi langsung antara driver ojek dan penumpang, dengan demikian perusahaannya dapat memperoleh keuntungan.

Selain itu Go-jek dan Grab juga dilengkapi dengan fitur dimana penumpang dapat mengevaluasi pengemudi dan pelayanannya setelah naik ojek online ini. Di satu sisi, pengemudi juga dapat mengambil penumpang berdasarkan informasi pelanggan yang sudah dinilai oleh pengemudi lain sebelumnya. Dengan cara ini, mereka secara konsisten dapat mengelola layanan, transaksi hingga evaluasi yang diterima sehubungan dengan layanan yang mereka sediakan serta terus meningkatkan kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan.

6 Faktor yang menjadi kekuatan bisnis ojek online

Jika hal-hal berikut ini dapat dilakukan dengan maksimal, maka kita bisa membuat model bisnis yang dapat bersaing. Gojek dan Grab dapat tumbuh secara eksplosif sebagai startupp dengan memasukkan 6 elemen ini dengan baik ke dalam bisnis mereka.

・1.Margin tinggi
・2.Sumber daya yang melimpah
・3.Pelanggan tetap
・4.Skala diperbesar
・5.Bisa mendukung banyak tempat
・6.Cakupan pemasaran luas

Ongkos taksi yang tinggi mungkin sudah umum, tetapi Gojek dan Grab dapat memperoleh lebih banyak manfaat karena mereka memberikan layanan menggunakan kendaraan pribadi si pengemudi, hal inilah yang membedakannya dengan perusahaan taksi pada umumnya. Dalam layanan ini, pengemudi tidak diharuskan memiliki motor atau mobil dari Go-jek/Grab, namun dapat menggunakan kendaraan pribadi. Karena banyaknya keperluan mobilisasi, menjadikan banyak orang menggunakan layanan ini. Bisnis ini dapat tumbuh dengan pesat karena penggunanya bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan jumlah investasi yang terjangkau. Dengan model yang sama, jenis layanan ini bahkan dapat digunakan di bidang lain. Besarnya pangsa pasar taksi online karena banyaknya pengguna layanan ini.

Pengguna dapat menghindari ketidaknyamanan ketika menggunakan taksi biasa, karena dalam menggunakan ojek online ini kita hanya menekan 1 tombol, tidak ada cancel, tidak perlu bernegosiasi dan banyak lagi kenyamanan lainnya. Ketika jumlah driver meningkat, penumpang akan dapat menemukan mobil lebih cepat, karena jumlah penumpang bertambah, efek jaringan yang dikumpulkan oleh pengendara juga bekerja, demikianlah layanan taksi dan ojek online tumbuh dalam waktu singkat dan menghancurkan industri taksi.

2 latar belakang yang menjadikan bisnis ojek online kuat

2-1. Populer di era sharing economy, apa itu model layanan ride sharing?

Faktor kedua yang membuat model bisnis Gojek dan Grab berhasil adalah tren era ekspansi ekonomi berbagi.

Gojek dan Grab adalah layanan “Gerakan Ekonomi Berbagi” yang cocok dengan pengguna yang ingin bepergian lebih efisien dengan mobil dan pengemudi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan menggunakan mobil dalam waktu yang bersamaan.

Ekonomi berbagi didefinisikan sebagai “mekanisme ekonomi pasar yang ditetapkan dengan berbagi pengguna dan layanan yang dimiliki oleh penyedia.” Meminjam barang dan layanan saat pemilik tidak menggunakan akan menguntungkan baik pemilik maupun pengguna. Pemilik dapat memperoleh uang dari biaya penggunaan, dan pengguna dapat mengoptimalkan anggaran dengan membayar sebanyak yang mereka perlukan.

Dalam hal ini, layanan yang sangat khas adalah layanan yang mengangkut penumpang menggunakan mobil pribadi. Ini adalah “Ride Sharing” yang lahir dari tren ekonomi berbagi, yaitu untuk menyediakan layanan berkendara bersama penumpang. Tidak seperti taksi pada umumnya, bentuk dari layanan ini adalah menjadikan warga sipil sebagai pengemudi dan kendaraan pribadinya sebagai armada.

2-2. Perkembangan smartphone sebagai latar belakang lahirnya layanan ojek online

Salah satu alasan berkembangnya bisnis Go-jek dan Grab adalah bisa dibilang karena banyaknya orang yang merasa “percuma membeli kendaraan pribadi jika tidak begitu sering digunakan”.

Dan lahirnya sistem ekonomi berbagi ini adalah karena berkembangnya teknologi smartphone. Model peminjaman seperti ini sebenarnya sudah lama ada, namun masih memiliki ruang lingkup yang terbatas. Namun, dengan menggunakan smartphone dan media sosial, menjadi mungkin untuk berbagi informasi dengan banyak orang secara real time. Kini perkembangan teknologi tersebut telah mempermudah komunikasi antara orang yang ingin meminjamkan atau menjual barang dan orang yang memerlukannya.

Menuju dunia yang bisa menggerakan produk dan layanan melalu smartphone

Kekuatan terbesar yang dimiliki Gojek dan Grab adalah “membangun jaringan transportasi”. Ada banyak kendaraan yang bergabung dengan mereka. Jika situasi seperti itu dapat terwujud, Gojek dan Grab dapat menangani tidak hanya pekerjaan taksi tetapi juga transportasi perkotaan dan infrastruktur logistik seperti layanan pengiriman ke rumah-rumah penduduk.

Kini bisnis Go-jek dan Grab sudah tidak terbatas pada pengiriman angkutan saja. Visi mereka jauh melampaui itu, yaitu untuk membangun infrastruktur yang menangani permasalahan transportasi semua orang dan barang, dengan membangun mekanisme pengiriman yang cepat.


Rangkuman

Layaknya layanan berbagi tumpangan dari Go-jek dan Grab, berbagi barang melalui alat IT seperti smartphone adalah kesempatan yang baik untuk merevitalisasi ekonomi pasar.

Biaya yang rendah, tingkat kebutuhan dan kenyamanan yang tinggi, diperkirakan layanan berbagi ini akan menjadi lebih populer di masa depan. Akibatnya, perubahan waktu dan struktur industri akan menjadi lebih kuat, industri yang ada akan dihilangkan, dan model bisnis baru yang tidak pernah ada dapat dikembangkan.

 

Apakah Anda ingin mengembangkan aplikasi seperti Go-jek atau Grab?(keyword : cara membuat aplikasi seperti gojek)

Di PT APPKEY, kami menjual dengan harga murah paket aplikasi seperti Go-jek dan Grab.

Mulai dari aplikasi untuk driver dan pengguna, back end admin, server, dapat Anda diskusikan di sini walaupun Anda tidak begitu paham IT.

Bagi Anda yang mempertimbangkan model bisnis seperti ini, silahkan berkonsultasi dengan APPKEY.

 

[business-about]

Alur dan Peran Layanan Jasa Pembuatan Website

0
Orang-Orang yang Terlibat dalam Jasa Pembuatan Website

Pada kesempatan ini, akan dipaparkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti; apa yang dilakukan seorang Web Designer untuk mengatasi permasalahan dalam memberikan layanan jasa pembuatan website? Atau pertanyaan seperti; pada umumnya, apa yang dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai Web Designer?

Orang-Orang yang Terlibat dalam Jasa Pembuatan Website

Sebelum berbicara mengenai profesi seorang Web Designer, mari coba perhatikan orang-orang seperti apa yang terlibat dengan jasa pembuatan website selain daripada seorang Web Designer. Diperkirakan terdapat 4 jenis tipe orang yang bekerja dalam proses pembuatan website.

Jenis Pekerjaan yang Terkait dengan Jasa Pembuatan Website

Web Director
Web Designer
Front End Engineer
Back End Engineer

Tergantung dari volume pekerjaan/proyek, ada banyak jenis pekerjaan seperti misalnya manajer proyek, perencana, dan art director untuk membuat pekerjaan menjadi lebih terorganisir dan dikerjakan sesuai dengan spesialisasi masing-masing. Namun, ada juga kasus ketika proyek yang dikerjakan berskala kecil hingga menengah, sehingga seorang Web Director merangkap juga sebagai seorang Web Designer atau Front End Engineer yang secara bersamaan juga mengambil alih pekerjaan sebagai Back End Engineer.

Penjelasan mengenai cara kerja orang-orang yang berkaitan dengan proyek pembuatan website.


Web Director

Web Director berasal dari kata ‘direction’, merupakan seseorang yang mengatur dan mengelola pengembangan pembuatan website secara keseluruhan. Apabila proyek yang dikerjakan berskala kecil, Web Director yang akan berinteraksi kepada pelanggan sekaligus mengelola seluruh jadwal proyek. Profesi ini secara sederhana dapat diungkapkan sebagai orang yang berperan dalam mengelola semua hal yang berkaitan dengan orang-orang, barang, maupun keuangan dalam proyek.

Sebelum menerima pesanan, hal-hal yang menjadi utama adalah opini dari masyarakat luas, penawaran harga, jadwal, dan pembuatan proposal untuk sebuah proyek. Setelah menerima pesanan, akan dilakukan proses pembuatan wireframes dan kantor umum mulai beroperasi termasuk untuk klien dan mitra luar, serta pengembangan dan seluruh pengelolaan terhadap kualitas sebelum website dirilis.

Pekerjaan dengan jenis pekerjaan paling beragam.

Front End Engineer

Merupakan seseorang yang ahli terutama dalam PHP, HTML, CSS, JavaScript dan membuat tampilan yang dibuat oleh desainer dalam bentuk yang dapat ditampilkan pada browser website.

Pekerjaan seorang Front End Engineer adalah mengimplementasikan animasi saat menggerakkan kursor mouse, mengatur fungsi pull-down dan modal windows, serta membuat tampilan layar yang dinamis dan interaktif.

Front’ berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti ‘bagian depan’ dan ‘reception’, namun, hal tersebut merujuk pada seluruh tempat dimana pengguna menggunakan situs website tersebut.

Back End Engineer

Sesuai dengan kata ‘back’ yang merujuk pada seseorang yang membuat mekanisme dan bekerja untuk bagian belakang sebuah website. Misalnya, setelah menulis dan mengirimkan konten melalui formulir e-mail, merupakan pekerjaan seorang Back End Engineer untuk mengimplementasikan bagian yang mengirim pesan ke alamat e-mail yang telah tercantum.

Oleh karena itu, banyak sistem operasi yang akan diperlukan jika membuat halaman membership dengan mypage atau membuat layanan website terbaru. Selain itu, mempertimbangkan rancangan sistem dan syarat yang diperlukan untuk menyediakan server juga merupakan tugas dari Back End Engineer.

Alur dari Layanan Jasa Pembuatan Website

Mendengarkan permintaan pelanggan

Mendengarkan secara detail dan memahami permintaan yang datang dari klien (pelanggan).

Kemudian, pastikan tujuan dari membuat sebuah situs seperti misalnya untuk apa situs tersebut dan dibuat dan target apa yang ingin dicapai jika situs tersebut selesai dibuat.

Survei dan analisis terhadap pasar

Untuk mencapai target yang diinginkan klien, perlu untuk melakukan analisis dan survei terhadap pasar dari berbagai sudut untuk memeriksa apa yang harus dibedakan dari pesaing dan mengetahui apa yang paling menarik khususnya bagi pelanggan.

Saat melakukan survei dan analisis menggunakan sarana yang ada, anggota proyek mengumpulkan dan meninjau informasi yang diperoleh dari klien.

Proposal

Menentukan konsep untuk situs yang akan dibuat berdasarkan permintaan pelanggan dan informasi yang diperoleh dari hasil survei dan analisis terhadap pasar.

Saat mengumpulkan bahan-bahan untuk menentukan konsep sebuah situs, perlu mempertimbangkan hal-hal seperti apa yang menjadi daya tarik perusahaan Anda atau perusahaan seperti apa yang diinginkan oleh pengunjung website Anda.

Untuk itu, sangat penting untuk menentukan konsep berdasarkan apa jenis industri yang sedang dikelola oleh pelanggan saat ini dan apa daya tarik dari perusahaan lain dalam industri yang sama. Mengetahui dan membandingkan daya tarik perusahaan lain, sehingga akan mengarah ke daya tarik klien yang lebih spesifik.

Selain itu, meskipun dalam waktu yang terbatas, penting untuk berdiskusi dengan klien mengenai tujuan dibuatnya website dan memperdalam pemahaman mereka tentang bagaimana meningkatkan daya tarik untuk sebuah website. Untuk dapat mengembangkan konsep yang meyakinkan, lebih baik jika berkonsultasi langsung dengan bagian director.

Kami akan mempertimbangkan bagan untuk situs website sesuai dengan konsep, dan mengusulkannya kepada klien. Ada 2 jenis konten yang diusulkan untuk konsep yaitu, syarat dan ketentuan serta desain tampilan.

Syarat dan Ketentuan

Merupakan bagian untuk menentukan fungsi pada website dan sejauh mana sebuah website dapat dikembangkan. Misalnya, semua konten berikut merupakan ketentuan syarat yang diperlukan.

Jumlah halaman dan isi

Memperoleh naskah dari pihak klien.

Naskah ditulis oleh anggota pembuat naskah.

Mengedit ulang situs konten saat ini

Terhubung dengan media sosial

・Menambahkan fungsi tombol ‘share’

・Mencantumkan timeline media sosial

・Menampilkan gambar yang diposting pada media sosial di situs website

Gambar yang akan digunakan pada situs website

・Membeli dari situs yang menyediakan material-material gambar

・Desainer yang berperan sebagai fotografer untuk mengambil gambar

・Meminta fotografer professional untuk mengambil gambar

Penggabungan sistem

Apa yang dapat dilakukan dengan menggabungkan sistem?

Informasi apa yang dihasilkan secara dinamis oleh sistem?

 

Tampilan Desain

Bagian ini biasa disebut dengan wireframe. Menyesuaikan draft desain gambar sebelum melakukan desain untuk digunakan sebagai unsur-unsur yang akan ditampilkan pada tampilan website (reaksi yang berikan kepada pengguna ketika melakukan sebuah tindakan di website).

Misalnya, jika terdapat tombol bertuliskan ‘Lihat selengkapnya’ di bagian bawah artikel pada sebuah situs berita, maka besar kemungkinan pengunjung website akan menekan tombol tersebut.

・Transisi ke halaman lain

・Memuat pada halaman yang sama (halaman melebar ke bawah)

・Perlu login

・Login cepat melalui modal window

・Transisi ke halaman login

Untuk memungkinkan pengguna agar dapat memahami apa yang terjadi apabila tombol diklik/ditekan, maka terdapat beberapa fungsi pilihan tombol seperti ketika memilih sejumlah teks dan beberapa daftar artikel. Sebaliknya, menurut konsep situs, ada kejadian dimana lebih baik membuat pengunjung penasaran mengenai apa yang terjadi saat tombol-tombol pilihan tersebut diklik/ditekan.

Hal-hal tersebut merupakan yang harus dipikirkan saat mendesain konsep tampilan situs.

Alat seperti prototyping dapat digunakan agar pengguna dapat melihat tampilan yang sebenarnya pada situs website, namun sarana yang paling banyak digunakan adalah wireframe karena memiliki tampilan yang sederhana.

Pembuatan desain

Pada dasarnya, pembuatan desain akan dilanjutkan berdasarkan desain tampilan (wireframe). Desain ditentukan berdasarkan konsep dari situs website. Selanjutnya, membuat top page atau halaman utama, lalu membentuk tone dan manner (citra atau kepribadian dari sebuah produk).

Berikut adalah contoh-contoh yang dibuat oleh seorang desainer.

  • Desain dasar (bagian utama)
  • Lower page design atau desain untuk bagian paling bawah
  • Logo
  • Ikon
  • Ilustrasi
  • Dan lain-lain

 

Pengembangan Sistem

Secara garis besar, pengembangan sistem dibagi ke dalam kategori berikut.

  • Pengembangan sistem Front End
  • Pengembangan sistem Back End

Front End

Dalam pengembangan sistem Front End, dilakukan implementasi terhadap fitur-fitur yang dilihat oleh pengguna, termasuk desain, pembuatan mark-up berupa HTML/CSS dan implementasi JavaScript. Terutama pada bagian animasi dalam jasa pembuatan situs website, Front End Engineer dan Designer perlu bekerja sama dalam hal ini. Dalam beberapa tahun terakhir, seorang designer dan front end engineer memang melakukan pekerjaan sesuai spesialisasi masing-masing, namun, terkadang seorang designer juga bekerja sebagai front end engineer untuk proyek-proyek kecil ataupun perusahaan.

Back End

Dalam pengembangan sistem Back End, sistem yang dikembangan akan menjadi bagian dasar yang tidak dapat dilihat. Meskipun hal ini merupakan hal yang tidak dapat dijangkau oleh seorang desainer, namun, jika memiliki sebuah situs dengan sistem yang digunakan untuk menambah serta membagikan informasi, maka perlu diperhatikan bahwa volume pekerjaan yang dilakukan pada Back End akan berubah tergantung pada desain proposal yang diberikan oleh klien.

Verifikasi

Pastikan untuk memverifikasi sebelum melakukan pengiriman. Periksa dengan beberapa orang apakah persyaratan yang diperlukan sudah berfungsi dengan baik dan pastikan bahwa tidak terdapat masalah meskipun telah dicoba melalui beberapa browser.

Setelah situs website yang didesain dapat benar-benar ditampilkan pada browser, kemudian cobalah memastikan tampilan serta sistem pengoperasiannya dengan menggunakan berbagai browser. Hal ini merupakan langkah untuk menjamin agar situs website dapat ditampilkan sesuai desain dan animasi dapat berjalan dengan baik. Apabila situs website dibuat responsif, karena lebar layar juga mempengaruhi banyaknya jumlah pola yang tidak dapat diikuti, maka perlu diperiksa melalui berbagai jenis perangkat.

 
[website-about]
 

Jiwa Usaha dan Kebiasaan Wirausaha Sukses

0
3 Jiwa wirausaha yang dilakukan oleh orang-orang sukses dan 11 kebiasaan yang pantang untuk dilakukan jika ingin sukses

1. Bagaimana memperoleh kebiasaan orang sukses??

Mungkin sering terbersit di pikiran kita, “apa sih yang dilakukan orang itu  hingga bisa sukses?”. Apa bedanya kebiasaanku dengannya, hingga kami mendapatkan hasil yang berbeda?”. Seperti dua sisi mata uang, disaat ada orang yang berhasil, disaat yang bersamaan juga ada orang yang gagal.

Sebenarnya, kegagalan itu sendiri mengarah pada pada suatu kesuksesan, seperti kata pepatah, “kegagalan adalah awal dari kesuksesan”. Namun ada kalanya kita gagal karena merasa telah sukses melakukan suatu usaha, tetapi pada kenyataanya usaha itu belum benar-benar rampung untuk disebut sukses.

Dalam artikel ini kita akan membahas kebiasaan yang dilakukan oleh orang sukses dan kebiasaan yang tidak boleh dilakukan jika ingin berhasil dalam berwirausaha.

Jika Anda ingin berhasil dalam wirausaha maupun dalam hal lainnya, silakan luangkan sedikit waktu Anda untuk membaca artikel ini.

Karena kita akan membahas 3 jiwa kewirausahaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses.

 

2. 3 semangat wirausaha yang dilakukan orang sukses

2-1.  Bertanggung jawab

Orang-orang sukses bertanggung jawab ketika mereka gagal. Tanggung jawab itu tidak mereka limpahkan kepada orang lain. Suatu kesalahan akan mereka renungkan, bahkan ketika orang-orang mereka gagal, kegagalan itu adalah kesalahan mereka.

Daripada menyerahkan tanggung jawab kepada bawahan, mereka akan membenahi keterampilan manajemennya sendiri. Mereka yang berada di posisi masih di bawah juga tidak melemparkan tanggung jawab pada atasan, mereka menyadari bahwa mereka tidak memiliki kekuatan untuk memengaruhi atasannya.

Mereka yang bisa memikirkan hal-hal seperti itu, adalah orang-orang luar biasa yang akan melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk masyarakat.

2-2.  Menghargai orang yang membantunya

Orang-orang sukses menghargai orang-orang yang mendukungnya. Baik itu anggota keluarga, teman, guru, maupun rekan satu tim.

Hal ini membuktikan bahwa tidak perlu untuk memamerkan apa yang kita lakukan, kita hanya perlu bekerja dengan kekuatan kita sendiri. Karena semakin kita berusaha untuk memuaskan keinginan agar mendapatkan pengakuan, kekuatan kita akan berkurang.

Jangan lupa juga untuk berterima kasih, karena seseorang yang dapat mengatakan “Terima kasih” adalah penerus nyata dan meninggalkan nama dalam sejarah.

2-3. Bersemangat

Orang yang sukses memiliki gairah dan semangat serta berbicara tentang visi besar. Namun, banyak orang melupakan hal yang benar-benar diinginkannya dan memilih untuk melakukan saja pekerjaan yang diinginkannya.

“Saya ingin bekerja di bawah orang ini”, orang yang merasa seperti itu adalah orang yang termotivasi dari ejekan lawan bisnis mereka. Hal ini menjelaskan dari struktur pemikiran manusia bahwa pemikiran seperti ini sangatlah penting.

 

3. Apa itu 11 pantangan agar bisa meraih sukses?

Berikut ini adalah kebiasaan yang pantang untuk dilakukan oleh orang-orang sukses. Apa saja itu? Mari kita lanjutkan membaca.

3-1. Membuat alasan

Orang yang sukses tidak akan pernah membuat alasan. Daripada membuat alasan, mereka akan mencoba memperbaiki dan menganalisis masalah yang ada. Mereka akan menganalisis masalah menjadi penyebab kegagalan..

Kebanyakan orang cenderung terlalu percaya pada kekuatan mereka, jadi ketika mereka gagal, mereka pasti akan ingin menyalahkan orang lain di sekitar mereka. Bahkan berusaha membuat suatu alasan, mengapa usaha mereka tidak berhasil.

Agar berhasil, Anda perlu mengubah PDCA agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

3-2. Memiliki tujuan yang ambigu

Orang yang sukses tidak ragu-ragu, ia akan tegas memutuskan antara  “Ya” dan “Tidak”. Saya pernah bertemu seorang WNA asal Jepang. Menurutnya, dalam bisnis orang Jepang cenderung membuat kejelasan fakta sebagai kebiasaan budaya mereka dan merasa harus menegaskan antara Ya atau Tidak.

Karena memberikan instruksi ambigu kepada bawahan akan menyebabkan kesalahan besar nantinya, apalagi jika bawahan tidak dapat melakukan tugas dengan benar.

3-3. Membanggakan kekuatan sendiri

Orang-orang sukses tidak membanggakan kekuatan mereka sendiri. Ketika kekuatan kita tidak diakui oleh orang lain, kita mungkin saja akan menjadi arogan dengan kekuatan yang kita miliki.

Baru-baru ini ada banyak sistem yang memenuhi keinginan kita untuk mendapatkan pengakuan. Contoh umum adalah SNS seperti Twitter dan Facebook. Dengan segala cara, kita berusaha agar banyak yang menyukai postingan kita, tapi ini hanya akan membuat kita terbelunggu didalamnya.

Jika kita adalah orang yang benar-benar sukses, kita tidak perlu repot-repot memposting ke SNS, karena orang lain yang akan memposting tentang kita sebagai gantinya.

3-4. Berpikiran negative

Orang-orang sukses tidak berpikiran negatif. Mereka memiliki keyakinan bahwa semuanya benar-benar akan berjalan dengan baik. Sangat penting bagi kita untuk tidak berpikiran buruk kepada sesuatu yang sedang kita lakukan. Sangatlah penting untuk mengatakan bahwa semuanya akan berjalan dengan baik.

Contohnya adalah pada saat melakukan penjualan. Dalam persaingan untuk menjual produk yang sama, orang dengan pemikiran negative akan mengatakan “Barang ini tidak dapat dijual” dan orang yang positif mengatakan “Produk ini luar biasa”.  Percaya atau tidak, pemikiran kita akan mempengaruhi keputusan pembeli terhadap barang dagangan kita.

Jika mereka membeli, saya pikir banyak orang akan membeli barang dari orang yang positif.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk sesuatu yang kita tahu jelas akan gagal. Oleh karena itu, rencana yang matang juga diperlukan.

3-5. Terperangkap di masa lalu

Orang-orang sukses dalam wirausaha tidak terjebak di masa lalu. Sebagai contoh, mereka tidak akan membanggakan kesuksesan secara berlebihan dan melarikan diri dari pengalaman akan kegagalan.

Masa lalu adalah masa lalu. Dan, kita wajib membentuk diri kita dengan pengalaman di masa lalu.

Jika kita terjebak di masa lalu, apakah akan berpengaruh buruk terhadap di masa depan? Ya, benar.

Yang dapat kita lakukan adalah menerima kenyataan di masa lalu, dan mengubah masa depan. Cara berpikir yang berorientasi pada masa depan akan sangat penting bagi masyarakat di masa mendatang.

 

3-6. Menghindari kegagalan

Orang yang sukses selalu mengalami kegagalan. Ukurannya bervariasi untuk setiap orang, tidak ada yang tidak  pernah mengalami kegagalan. Saya tidak bisa berhasil jika takut gagal.

Pernahkah Anda berlatih untuk mengendarai sepeda? Dan pasti pernah jatuh, bukan? tidak akan ada orang yang bisa naik sepeda dari awal tanpa pernah terjatuh. Kemudian, orang tua juga tidak boleh mengatakan bahwa anak mereka tidak boleh mengendarai sepeda karena mereka masih dapat berlari daripada berusaha belajar mengendarai sepeda dengan resiko akan jatuh.

Apa yang dapat Anda lihat dari contoh ini adalah bahwa kegagalan adalah sumber kesuksesan. Tentu saja, tidak masuk akal untuk terus gagal. Penting untuk berpikir tentang bagaimana untuk berhasil.

3-7. Tertekan karena gagal

Orang-orang sukses tidak pernah merasa tertekan karena mereka gagal. Karena itu lebih baik bagi kita untuk menerapkan langkah-langkah baru agar berhasil jika kita punya waktu untuk merasa tertekan.

Di sini kita banyak menggunakan sepeda sebagai contoh. Pada saat berlatih, banyak orang berusaha mematahkan semangat kita sehingga membuat kita tertekan. Namun kita tidak  menyerah untuk berusaha mengendarainya. Dengan kata lain, keinginan kita untuk menguasainya di masa depan membuat kita tidak menyerah untuk berusaha.

Hal ini dapat kita jadikan contoh dalam kegiatan wirausaha. Jika memiliki waktu untuk jatuh pada kegagalan, lebih baik kita gunakan waktu itu untuk memikirkan tentang sesuatu yang baru atau tantangan baru lagi.

Karena berpikir positif itu penting dalam segala hal.

3-8. Takut bertindak

Orang yang sukses dalam wirausaha tidak takut bertindak. Kita tidak perlu memikirkan apakah ide-ide kita akan berguna pada dunia bisnis atau tidak, kita hanya perlu berusaha. Karena sekecil apapun usaha kita tetap akan mendatangkan hasil di kemudian hari.

Selain itu Juga, memiliki psikologi yang menarik menentukan kebahagiaan. Di antara faktor-faktor yang menentukan kebahagiaan seseorang, 50% adalah DNA, 40% adalah perilaku, dan 10% adalah lingkungan.

Dengan kata lain, jika Anda menginginkan kebahagiaan, mengubah prilaku adalah pilihan yang tepat. DNA tidak dapat diubah dengan mudah, dan dibutuhkan banyak biaya dan waktu untuk mengubah lingkungan.

Aksi tidak hanya terkait langsung dengan hasil, namun ini  juga merupakan faktor terbesar untuk membuat Anda bahagia.

 

3-9. Berorientasi pada stabilitas

Orang yang berhasil dalam wirausaha tidak mencari stabilitas. Mereka akan bertindak untuk mengubah sesuatu. Karena bagi mereka perubahan terjadi seiring berjalannya waktu.

Banyak orang menginginkan stabilitas pada jenjang karir mereka, tetapi banyak orang yang berhasil memulai bisnis tidak pernah mengambil pekerjaan. Bahkan jika mereka mendapatkan pekerjaanpun, mereka biasanya cenderung tidak cocok dengan  stabilitas, kemudian meninggalkan perusahaan dan kemudian mulai membuat startup bisnis mereka sendiri.

Banyak perusahaan besar Jepang kini menjadi berorientasi pada stabilitas, namun Akibatnya, akan dikalahkan oleh gelombang baru seperti Cina, Korea Selatan dan bahkan India yang selalu mencoba tantangan baru. Peralatan rumah tangga adalah ciri khas mereka.

Memang penting untuk melindungi bagian terkuat dari usaha kita. Namun, tidak ada gunanya melindungi semuanya. Jika kita tidak terus menghasilkan sesuatu yang baru, popularitas kita akan ditelan oleh gelombang era baru yang akan datang berikutnya.

3-10. Tidak berani mengambil resiko

Orang yang sukses dalam bisnis berani mengambil resiko. Dalam beberapa kasus mungkin kita tidak perlu mengambil resiko. Namun, jika sama sekali tidak mengambil resiko, kita tidak akan pernah berhasil.

Kita tidak akan dapat maju jika kita hanya melakukan hal-hal yang hanya biasa kita lakukan saja. Ini tidak berarti kita bisa nekat mempertaruhkan apapun, kita hanya perlu mengambil resiko yang masuk akal, namun tidak jauh dari zona aman.

Selain itu juga, orang yang sukses juga memikirkan tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin, mereka tidak memikirkan sesuatu tanpa memikirkan bagaimana cara mencapainya.

Dengan mengambil resiko dan bertindak untuk mencapai tujuan, kita  bisa lebih dekat dengan kesuksesan.

3-11. Mengabaikan studi

Orang yang berhasil dalan usaha adalah orang yang terus belajar.

Membaca adalah contoh yang bagus. Pengetahuan adalah apa yang menentukan arah perilaku dan memaksimalkan perilaku. Jika tidak ada kecerdasan, Anda dapat melangkah satu langkah ke arah yang salah atau satu langkah ke arah yang lebih kecil.

Sebenarnya pemilik Microsoft, Bill Gates juga senang membaca selama 1 jam setiap hari. Pengetahuan dapat diperoleh dari buku-buku dll. Mungkin banyak dari kita menganggap bahwa belajar tidak lagi diperlukan setelah seseorang terjun ke masyarakat. Namun, hal itu adalah hal yang keliru. Karena sebagian besar pengusaha yang aktif di dunia adalah pekerja keras dan orang-orang yang rajin belajar.

Yang penting adalah belajar dan tidak menunda-nunda untuk berusaha.