Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling...

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

-

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

Saat berkecimpung di dunia digital marketing dan mempelajari segala seluk-beluk di dalamnya, pernahkah Anda mendengar seseorang menasehati Anda dengan wejangan seperti, “Cobalah gunakan trik SEO untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website.”

Faktanya, kalimat ini sangat familiar dan hampir selalu diperdengarkan kepada para pebisnis pemula, terlepas dari apapun referensi media belajar digital marketing Anda.

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses mengoptimalkan tingkat eksposur atau visibilitas website Anda dalam hasil penelusuran pengguna di search engine (mesin pencari). Dari definisi ini pun, SEO juga dikenal sebagai “Search Engine Optimization” alias “Proses Optimalisasi Hasil Penelusuran Search Engine”.

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa cara kerja SEO? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kebanyakan pemula mungkin termasuk Anda juga memutuskan menelusuri sendiri kata kunci “SEO” di internet untuk memperoleh jawaban dengan cepat. Cara ini memang pilihan terbaik, mengingat internet menyediakan aneka ragam informasi secara gratis untuk Anda akses dan pelajari.

Namun sayangnya, browser Anda jadi menampilkan ratusan hingga ribuan website dan blog yang membahas metode-metode SEO. Jika sudah begini kejadiannya, lantas artikel SEO mana yang terbaik untuk dibaca pertama kali sebagai pembuka? Bagaimana kita bisa mengetahui website mana yang menawarkan ilmu dan trik SEO yang paling efektif untuk pemula?

Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan lagi! Kabar baiknya, artikel yang tengah Anda baca saat ini sudah merangkum semua ilmu dasar dan trik yang dibutuhkan seorang pemula untuk memahami dunia SEO. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai dari pembahasan pertama mengenal apa itu SEO. Selamat membaca!

Daftar Isi

Apa Itu SEO?

seo

SEO (Search Engine Optimization) adalah istilah yang sudah familiar di dunia digital marketing. Namun apa pengertian SEO sesungguhnya? SEO adalah kumpulan cara-cara efektif guna meningkatkan tingkat eksposur atau visibilitas website bisnis Anda dalam hasil penelusuran pengguna di search engine.

Trik ini juga dikenal dengan nama lain yakni proses optimalisasi hasil penelusuran search engine (mesin pencari). Adapun beberapa contoh dari search engine tak lain adalah Google dan Yahoo.

Sesungguhnya masih ada cara lain agar website Anda bisa ditampilkan di hasil penelusuran user pada search engine, yakni dengan menggunakan iklan (ads). Namun pemanfaatan SEO dan iklan tentunya akan memiliki dampak yang berbeda, mengingat tujuan penggunaan keduanya sudah berbeda.

Salah satunya adalah dari segi biaya dan kepastian kemunculan website Anda ke browser masyarakat. Jika menggunakan iklan, Anda harus memenuhi syarat utama membayar tarif penanyangan iklan dalam kurun waktu tertentu.

Meskipun harus merogoh kocek, tindakan ini sepadan dengan kepastian 100% bahwa nama website Anda akan muncul di posisi teratas browser masyarakat ketika mereka melakukan penelusuran.

Berbeda dengan SEO. Trik SEO jauh lebih murah, sebab Anda tidak perlu membayar sama sekali. Akan tetapi, trik SEO tidak menjamin posisi website Anda akan selalu berada di posisi teratas hasil penelusuran.

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan SEO saat menyortir dan meletakkan website ke dalam berbagai peringkat, seperti faktor tipe search engine yang digunakan user dalam melakukan penelusuran.

Setiap search engine memiliki aturan SEO masing-masing. Alhasil, masuk akal jika berbeda search engine, maka akan berbeda pula hasil penelusuran yang diperoleh oleh user. Untuk memperjelas pemahaman Anda, berikut ini kami paparkan lebih rinci perbedaan hasil penelusuran SEO untuk search engine yang berbeda:

SEO adalah Sistem Perankingan Website Milik Google

Apa search engine terkenal di negara Anda? Hampir seluruh negara di dunia akan menjawab Google sebagai search engine terpopuler yang digunakan oleh masyarakat.
Namun tidak demikian dengan Jepang.

Di negara ini, search engine yang terkenal adalah Yahoo! Jadi, Anda bisa melakukan percobaan kecil untuk membandingkan sistem SEO Google dan Yahoo.

Namun ada fakta yang lebih hebat lagi yang bisa Anda lakukan. Sesungguhnya, mesin pencari Yahoo! adalah mesin dan sistem “pinjaman” dari Google. Alhasil, Anda bisa langsung mengaplikasikan trik SEO yang sama untuk Google dan Yahoo! sekaligus! Canggih, bukan?

Namun masih ada hal-hal penting yang harus Anda ketahui terkait Yahoo! sebelum mengaplikasikan SEO lebih lanjut untuk website Anda di search engine yang satu ini.

Salah satunya adalah Yahoo! cenderung menampilkan hasil penelusuran yang berkaitan dengan sistemnya sendiri, termasuk konten-konten dan informasi dari pihak-pihak yang bermitra dengan Yahoo!.

Jenis Informasi dan Keyword yang Muncul di Hasil Penelusuran Yahoo!

Berdasarkan jenis penelusuran yang dibuat, tipe-tipe informasi yang muncul di hasil penelusuran Yahoo! dapat dibedakan menjadi berikut:

1. Ringkasan NAVER

Artikel-artikel ringkasan dari NAVER ini sering dimunculkan di antara hasil penelusuran. Biasanya, ringkasan NAVER memuat keyword-keyword dengan volume penelusuran tinggi oleh masyarakat sehingga mampu memperoleh view yang tinggi. Oleh sebab itu, sebagian penulis mempublikasikan artikel mereka dalam sistem NAVER dan mendapatkan traffic dari sana.

2. Yahoo! Chiebukuro (Main Page)

Yahoo! Chiebukuro juga dimunculkan dalam halaman hasil penelusuran Yahoo!. Jika dikaitkan dengan konteksnya, kata “Chiebukuro” berarti halaman utama, main page, atau hasil penelusuran utama dari Yahoo! itu sendiri.

Namun hasil penelusuran yang ditampilkan tentu tetap mengacu pada kata kunci penelusuran yang digunakan oleh user. Hanya artikel yang memuat bahasan terkait keyword sajalah yang akan ditampilkan oleh sistem kepada browser user.

3. Yahoo! Shopping

Sesuai namanya, hasil penelusuran Yahoo! Shopping hanya muncul untuk pencarian dengan kata-kata kunci yang berkaitan dengan aktivitas belanja, seperti belanja online di Yahoo!.

4. Yahoo! Auction (Lelang)

Berikutnya adalah Yahoo! Auction (Yahoo! khusus untuk lelang). Penelusuran yang ini mirip dengan Yahoo! Shopping. Bedanya, hasil penelusuran yang muncul hanyalah artikel-artikel atau website yang berkaitan dengan aktivitas pelelangan barang secara online.

5. Yahoo! News

Penelusuran news (berita) dimunculkan jika artikel berita tersebut memiliki keterkaitan dengan kata kunci yang digunakan user.

Perbandingan Tingkat Penggunaan dan Persaingan Pasar antara Yahoo VS Google: Yahoo 30%, Google 60%

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, mesin pencari utama yang digunakan masyarakat Jepang adalah Yahoo! dan Google. Oleh sebab itu, penting untuk Anda memahami tingkat penggunaan kedua situs ini di masyarakat.

Seperti pada tabel berikut ini yang memuat tingkat penggunaan search engine per 17 Juni 2018. Didapatkan persentase yang berbeda-beda untuk setiap jenis search engine:

1st Google 70.32%
2nd Yahoo! 23.51%
3rd MSN 4.35%
4th Docomo 1.57%
5th Naver 0.22%

Dari tabel di atas, terlihat jelas bahwa Yahoo! dan Google menguasai pembagian pasar umum penggunaan search engine hingga lebih dari 90% dibandingkan search engine lainnya.

6. Perbedaan Penelusuran Pengguna dari Aspek Karakteristik dan Demografis

Perbedaan kecenderungan penelusuran user juga dapat ditinjau dari aspek karakteristik dan demografis. Meskipun faktanya kedua aspek ini tidak terlalu berpengaruh besar terhadap SEO, namun tidak ada salahnya untuk tetap mengetahuinya.

Faktanya, data demografis user pengguna internet selalu berbeda-beda. Seperti pada data survey penggunaan internet di Jepang oleh Spire berikut ini (catatan penting: data ini dipublikasikan cukup lawas yakni pada tahun 2011 silam):

Sebagian besar – hampir dua kali lipat – masyarakat Jepang sekaligus pengguna internet adalah wanita. Google dan Yahoo! dapat digunakan untuk kedua jenis gender (pria dan wanita), namun semakin muda usia pengguna internet, terdapat kecenderungan mereka lebih memilih untuk menggunakan Google.

Hanya pria dalam rentang usia 20 tahunan yang lebih sering menggunakan Google, di mana 22.5% responden mengaku menggunakan Google untuk keperluan penelusuran terkait 13 poin dari total pertanyaan yang diajukan.

Artikel terkait  Pengertian Strategi Pemasaran dan Analisisnya

Sejarah Perkembangan SEO

seo

Sekarang kita akan melihat bagaimana proses perkembangan SEO dari masa lalu hingga saat ini.

SEO di Masa Lalu

Berbeda dengan konsep dan kegunaan SEO di masa sekarang, pada masa lalu, SEO dipandang sebagai sesuatu yang bersifat “spam” oleh sistem mesin pencari.

Dari dulu sampai sekarang, Google memakai banyak sekali jenis, strategi, dan metode untuk mengevaluasi dan meranking website dari posisi 1 sampai terakhir.

Tujuannya tak lain untuk menampilkan konten dan hasil penelusuran yang berkualitas kepada pengguna yang melakukan pencarian keyword.

Sayangnya, algoritma dan sistem logika untuk proses evaluasi ini dulu lebih susah untuk dipahami dan mengakibatkan terjadinya banyak “kekeliruan” dan “gap” dalam sistem tersebut.

Salah satu kekeliruan yang terkenal dalam dunia SEO lama adalah “semakin banyak link yang dimiliki oleh sebuah website, maka akan semakin tinggi posisinya (ranking) di search engine”.

Kekeliruan ini terjadi karena dulu, logika Google sempat dirancang untuk menilai tingkat kepopuleran sebuah website dari banyaknya link eksternal yang dimiliki. Semakin banyak link eksternal yang tertaut ke sebuah website, Google akan otomatis menilai bahwa website tersebut terkenal dan pantas mendapat ranking atas.

Namun sistem penilaian tersebut sekarang sudah tidak sesederhana itu lagi. Asumsi populer pada sistem SEO lama adalah segalanya cenderung dipandang sebagai sebuah “teknik”.

Sebagai contoh, banyak orang meyakini, “Semakin banyak link yang Anda miliki, maka otomatis semakin tinggi ranking website Anda” atau “Semakin banyak kata pada artikel Anda, maka akan semakin baik kualitas website”.

Trik-trik dominasi SEO seperti ini kemudian mendapat istilahnya tersendiri yakni “black hat SEO (SEO topi hitam)” yang merupakan cara-cara negatif untuk “meyakinkan” Google bahwa kualitas website tersebut bagus, padahal sejatinya tidak.

Semisal dengan melakukan spamming keyword, atau spam backlink dengan harapan Google akan memandang website tersebut berkualitas karena memiliki lebih banyak link dibanding website lain.

Namun seiring berjalannya waktu, Google terus memperbaharui aturannya dan mengambil tindakan pencegahan terhadap trik-trik curang ini. Kami pun menyarankan Anda untuk menghindari pemakaian trik black hat SEO ini karena algoritma terbaru Google akan otomatis memblokir dan mengeliminasi website Anda dari daftar pencarian.

Sistem SEO Pada Masa Kini

Banyak ahli meyakini bahwa sistem SEO pada masa kini memuat banyak hal yang lebih esensial, terbarukan dan secara umum lebih baik dibandingkan dari SEO versi lama. Yang dimaksud dengan “memuat hal esensial” adalah hasil perankingan menurut SEO menjadi semakin sempurna dan akurat dalam proses pencocokan artikel dengan keyword dari user.

Google sendiri berkomitmen dalam selalu mengedepankan kebutuhan dan kenyamanan penggunanya. Untuk mewujudkan visi misi dan impiannya, Google memiliki 10 prinsip pelayanan yang masih mereka pegang sampai hari ini. Kesepuluh prinsip tersebut antara lain:

10 Prinsip Google

1. Fokus kepada kebutuhan pengguna, kemudian hal-hal lainnya akan otomatis mengikuti di belakang.
2. Fokus selesaikan satu hal dengan sangat rinci dan mengerahkan yang terbaik.
3. Utamakan menjadi lebih cepat dalam mengerjakan tugas.
4. Terapkan sistem demokrasi dalam kinerja website.
5. Proses pencarian informasi tidak terbatas pada momen ketika Anda berada di depan komputer.
6. Jangan lakukan kejahatan hanya demi uang.
7. Masih ada begitu banyak informasi di dunia ini.
8. Kebutuhan akan informasi melampaui segala batas dan sekat yang ada (semua orang membutuhkan informasi).
9. Anda tidak butuh seragam formal untuk melakukan pekerjaan penting dan bersikap serius.
10. Menjadi “hebat” masih belum tentu cukup.

Pada dasarnya, pelayanan Google dibuat dan dilaksanakan berdasarkan kesepuluh prinsip di atas. Sebagai contoh, Google otomatis memberikan ranking teratas pada konten-konten yang dirasa bermanfaat dan mudah dipahami oleh masyarakat (pengaplikasian prinsip “1” dan “2”).

Google juga rutin mengevaluasi website-website yang beroperasi secara lamban dan mengeluarkan mereka dari ranking tertinggi (prinsip “3”). Anda sendiri pun bisa menggunakan fitur PageSpeed Insights milik Google untuk mengecek sendiri performa loading halaman-halaman website milik Anda.

Sehingga, Anda bisa mengetahui secara pasti jika ada halaman dari website yang membutuhkan optimalisasi. Cara pakainya pun sangat mudah. Anda hanya perlu untuk memasukkan link URL website pada kolom yang disediakan dan mengecek tombol check.

Prinsip no “4” dari Google sering digunakan untuk mengecek validasi dari sebuah link website. Dulu, Google menggunakan sistem pengukuran metriks bernama “PageRank”. Dengan alat ukur metriks ini, Google bisa dengan mudah mengecek dan memvalidasi link-link website yang memang berkulitas.

Sebuah konten yang bagus tentunya akan otomatis tertaut atau ditautkan pada konten-konten lainnya (menjadi referensi atau backlink). Akhirnya, dengan memahami bagaimana prinsip kerja Google dalam melayani kebutuhan user, kita bisa lebih mudah menganalisa dan menilai sendiri apakah trik SEO yang selama ini diaplikasikan ke website sudah berjalan dengan efektif atau belum.

Google Ingin Hasil Penelusuran Konten Berkualitas Tinggi

Google ingin senantiasa meningkatkan tingkat kepuasan pengguna dengan memberikan hasil penelusuran terbaik pada browser. Yang dimaksud dengan “terbaik” di sini tak lain adalah daftar rekomendasi website dan artikel yang memuat penjelasan sesuai dengan keyword pencarian.

Semisal Anda menelusuri keyword “restoran dan cafe terdekat”, maka Google memberikan hasil penelusuran akurat berupa tempat makan yang berada di domisili Anda, bukan restoran yang berada di kota lain.

Untuk selalu memastikan sistem penelusuran mereka bekerja dengan baik sesuai harapan user, maka Google selalu mengevaluasi konten setiap website dan mengimprovisasi sistem pecarian mereka dengan dua mekanisme canggih:
• Panda Update
• RankBrain
Untuk Anda yang masih bingung, berikut ini kami paparkan beberapa contoh mendetail:

Konten yang Bagus Otomatis Mendatangkan Backlink

Sedari dulu, link selalu disebut-sebut sebagai elemen penting dalam SEO. Namun saat ini, banyak orang meyakini bahwa mengandalkan performa link saja tidak cukup efektif untuk memaksimalkan website menurut SEO. Pertanyaannya, pendapat manakah yang benar dan fakta?

Sejatinya, kehadiran dan peranan link masih penting sampai detik ini. Namun perlu digarisbawahi, cara simpel meningkatkan ranking website dengan spamming link sudah tidak berlaku lagi.

Saat ini, hanya link-link yang memiliki kualitas baik sajalah yang efektif mampu meningkatkan ranking website menurut SEO. Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan link berkualitas baik ini?

Caranya tidak begitu rumit. Pertama, Anda harus memahami bahwa secara alamiah, konten website yang bagus akan secara otomatis mengundang lebih banyak orang untuk mencantumkannya di halaman website mereka sendiri (menjadi referensi atau backlink).

Jika konten tersebut ternyata tidak original (plagiat), maka sudah pasti konten tidak akan dijadikan referensi oleh artikel-artikel yang lain.

Kesimpulannya, jika konten-konten website Anda sering dijadikan rujukan oleh artikel lain, maka dengan sendirinya kualitas link website Anda sudah meningkat baik.

Pentingkah Jumlah Karakter dan Keyword pada Tulisan?

Dulu, ada trik dan metode SEO yang memungkinkan pencapaian ranking website tinggi dengan cara mudah. Cara mudah tersebut tak lain adalah menambah sebanyak mungkin karakter dan jumlah keyword pada artikel website.

Sayangnya, seperti pada hal yang sudah dijelaskan di atas, sistem SEO Google sekarang sudah tidak berfokus pada kuantitas melainkan kualitas konten. Sehingga, menambah karakter atau jumlah keyword pada artikel saat ini tidak akan berpengaruh banyak pada ranking artikel di mata Google.

Namun fakta ini tetap tidak berarti Anda tidak perlu mempertimbangkan jumlah ideal karakter ataupun keyword yang bisa digunakan dalam artikel.

Google tetap akan kesulitan untuk menempatkan website Anda di posisi teratas jika konten-konten artikel di website hanya mempunyai 200 kata yang bersifat saduran (tidak original). Sementara website lain di posisi ranking 1 rajin memposting artikel 3000 karakter dengan topik-topik dan pembahasan original.

Bagaimana dengan keyword? Untuk keyword, utamakan untuk menggunakan keyword-keyword natural dan hanya diselipkan pada bagian-bagian tertentu di artikel saat diperlukan.

Selain itu, penting untuk Anda melakukan riset terlebih dahulu guna mengetahui informasi apa yang sekiranya dicari oleh user, beserta informasi-informasi apa saja yang sudah tersedia banyak di internet, khususnya oleh website yang menduduki peringkat teratas untuk sebuah keyword. Selebihnya, Anda bisa mulai membuat artikel dengan jumlah karakter dan keyword yang optimal.

Apa Itu SEO Konten?

Ilmu digital marketing nyatanya selalu berkembang. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan istilah baru SEO yang lebih spesifik yakni “SEO Konten”. Mungkin sampai di sini Anda bertanya-tanya, apa itu SEO Konten?

SEO Konten adalah trik SEO untuk meningkatkan arus traffic dari pencarian search engine sekaligus tingkatan eksposur website dengan cara rajin memposting konten berkualitas.

Akan tetapi kembali lagi pada poin yang telah kita bahas sebelumnya, jika konten website kita tidak cukup menarik, bagus atau bermanfaat menurut user, maka otomatis website Anda tidak akan mampu menduduki ranking tinggi.

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa SEO konten adalah trik khusus untuk meningkatkan traffic dan keuntungan dari sistem search engine dengan cara rajin mempublikasikan konten website yang bagus.

Rentang Waktu SEO dengan Perkembangan Smartphone

1. Indeks Pertama Seluler (MFI)

Ketika membahas SEO, Anda harus turut mengetahui salah satu aspek penting yakni “Mobile First Index atau Indeks Pertama Seluler (MFI)”. Pengindeksan Pertama Mobile adalah sebuah aturan yang menentukan ranking website di daftar hasil pencarian berdasarkan sistem halaman smartphone, alih-alih konten apa yang muncul terlebih dahulu berdasarkan sistem halaman PC.

Pada bulan Maret 2018, Google membuat pengumuman resmi di Blog Resmi Webmasters bahwa mereka akan mendukung pengindeksan berbasis sistem mobile-first ini mengingat cukup banyak penelusuran browser kekinian dilakukan menggunakan smartphone.

Misalnya, Anda memiliki website yang bisa tampil baik di halaman PC dan smartphone untuk URL yang sama. Menurut sistem PC, website Anda bisa menempati peringkat lebih tinggi.

Akan tetapi tidak demikian halnya pada sistem laman smartphone. Bisa saja menurut perspektif UI smartphone, ada konten website Anda yang tidak tersedia atau tidak bisa diakses.

Dalam kasus ini, peringkat website untuk smartphone ditentukan dengan faktor-faktor dan pertimbangan yang berbeda dari PC. Jadi, jelas bukan hal yang mustahil untuk user gagal menemukan konten atau memperoleh hasil yang berbeda total karena semata-mata menggunakan perangkat yang berbeda untuk melakukan penelusuran. Hal ini pun lantas menjadi masalah serius karena faktanya, jumlah orang yang melakukan penelusuran dari smartphone kini melebihi jumlah pengguna setia PC.

Tingkat pencarian Google yang berlangsung di perangkat seluler lebih banyak daripada di PC , hal tersebut terbukti di 10 negara di dunia, termasuk AS dan Jepang.”

Google pun lantas meyakini bahwa saat ini, akan lebih sehat dan adil untuk menentukan peringkat pencarian berdasarkan halaman smartphone karena mayoritas masyarakat melakukan penelusuran di smartphone.

Alhasil Anda pun perlu untuk berusaha menjadikan situs website Anda menjadi lebih smartphone friendly mulai dari sekarang. Bagaimana caranya? Mari lanjutkan membaca untuk mengetahuinya.

2. Poin Pertama SEO adalah: Mengetahui Alasan Penelusuran atau Penggunaan dari Keyword

seo-keywords (1)

Anda sudah memahami bahwa Anda perlu membuat konten berkualitas untuk memperoleh ranking artikel , tetapi mengandalkan hal itu saja tidak cukup. Anda perlu meneliti dan memahami arti dari setiap keyword atau kata kunci pencarian terlebih dahulu. Dengan meneliti istilah-istilah pencarian, Anda dapat mengetahui hal-hal penting seperti:
1. Kebutuhan pengguna dalam melakukan penelusuran.
2. Memprioritaskan tindakan SEO terbaik.
3. Mengestimasi jumlah akses masuk dan traffic ketika situs mendapat peringkat tinggi di search engine
4. Memperkirakan jumlah penjualan yang diharapkan ketika situs berada di peringkat tertinggi.

Sekarang, mari kita lihat proses riset kata kunci atau keyword artikel secara rinci berikut ini:

3. Memahami Kebutuhan Dasar Pengguna terhadap Keyword

Pemilihan kata kunci yang tepat sangat penting dalam dunia SEO. Sebab, kata kunci pencarian adalah representasi visual dari kebutuhan penelusuran pengguna. Jadi, jelas tidak ada gunanya memilih kata kunci pencarian yang tidak relevan dengan topik bahasan artikel Anda.

Lalu bagaimana Anda mencocokkan topik bahasan dan kebutuhan utama pengunjung website dalam artikel? Kemudian, bagaimana cara terbaik untuk memprioritaskan beberapa keyword di antara banyak kebutuhan user?

Caranya cukup mudah. Anda bisa memakai dua cara khusus berikut ini untuk meriset sekaligus memahami kebutuhan user terhadap keyword:
1. Gunakan kata kunci yang disarankan oleh mesin analisa (pilih keyword dengan volume tertinggi).
2. Gunakan SEO tools khusus untuk merumuskan kata kunci baru.

4. Gunakan Saran Keyword untuk Memahami Kebutuhan User

Anda bisa menggunakan fitur saran keyword untuk mendapatkan rekomendasi keyword terbaik. Fitur saran keyword ini dapat bekerja otomatis memberikan rekomendasi keyword tergantung pada topik yang diinginkan beserta volume penggunaan masing-masing.

Misalnya, Anda mencari keyword “dokter gigi” pada mesin keyword riset. Kemudian Anda akan menemukan sejumlah rekomendasi keyword yang mana masing-masing keyword mempunyai latar belakang tujuan penggunaan masing-masing

Dokter gigi → saya ingin membuat janji dengan dokter gigi.
Anestesi Dokter Gigi → saya mencari dokter gigi yang menerima bedah mulut
Dokter gigi bahasa Inggris → saya ingin tahu apa istilah dokter gigi dalam bahasa Inggris.
Dokter gigi Whitening → saya mencari dokter gigi yang dapat memutihkan gigi saya.
Harga Dokter gigi → saya ingin tahu harga dokter gigi.
Bagaimana memilih dokter gigi → saya ingin tahu bagaimana memilih dokter gigi yang baik.

Seperti yang Anda lihat di atas, orang-orang yang mencari topik yang sama “dokter gigi” pun memiliki kebutuhan yang berbeda di baliknya. Jika Anda ingin artikel mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci “janji dokter gigi,” maka Anda harus membuat konten khusus untuk kata kunci itu.

Namun jika Anda ingin artikel menduduki peringkat tinggi untuk kata kunci “dokter gigi” yang bersifat general, maka Anda perlu membuat konten yang mencakup bahasan cukup luas karena Google tidak memiliki cara untuk mengetahui secara spesifik apakah user ingin membuat janji temu, ingin tahu cara memilih dokter, atau apakah mereka ingin mengetahui harga pasaran dokter gigi.

Alhasil, diperlukan cukup banyak ide yang relevan dengan topik untuk untuk meningkatkan konten yang mencakup kebutuhan pencarian dengan basis keyword geneal. Seperti yang Anda sudah lihat, ada banyak kebutuhan tersembunyi yang bisa dimiliki oleh 1 kata kunci pencarian, jadi Anda harus berpikir dengan hati-hati dan merinci sebanyak mungkin kemungkinan sebelum mulai menulis.

Gunakan Software Riset dan Planner Keyword untuk Menganalisa Kebutuhan User
Software keyword planner sama saja seperti fitur saran keyword di poin sebelumnya.

Bedanya, keyword planner software memungkinkan Anda untuk melihat secara rinci performa dari setiap keyword, seperti volume penggunaan keyword dari waktu ke waktu. Contoh keyword planner software yang populer adalah Ubersuggest.

Artikel terkait  Sebelum Menulis! Raih Peringkat Teratas dengan Alat Analisis Kompetitif SEO

5. Analisa Jumlah Penelusuran Keyword SEO Anda

Untuk mengetahui jumlah penelusuran atau penggunaan kata kunci, cara terbaik adalah memakai software bantuan eksternal, seperti “Keyword Planner” untuk mengetahui jumlah pasti pencarian sebuah keyword di Google.

Atau, software “Keyword Advice” untuk mengetahui jumlah pencarian keyword di Yahoo!. Ada juga alat lain seperti Keyword Watcher, tetapi menggunakan Keyword Planner dan Keyword Advice Tool sesungguhnya sudah cukup.

6. Keyword Advice Tool (Yahoo)

Ini adalah alat rekomendasi keyword yang disediakan oleh Yahoo! yang berfungsi mirip dengan Keyword Planner milik Google.

Dengan tools ini, Anda dapat mengetahui jumlah pencarian kata kunci secara periodik bulanan, daya saing antar kata kunci, perkiraan harga untuk setiap klik dengan keyword tersebut, perkiraan berapa kali keyword sebaiknya ditampilkan di artikel, dan perkiraan jumlah klik artikel.

Mulai Menghitung Perkiraan Pemasukan dan Perkiraan Jumlah Penjualan

Meskipun perhitungan ini hanyalah sebatas perkiraan (bukan hasil yang pasti 100% didapat), namun Anda tetap dapat menggunakan strategi perumusan keyword beserta software-software bantuan keyword planner di atas untuk memperkirakan jumlah pencarian keyword tersebut oleh user per bulannya. Kemudian Anda bisa mencari tahu jumlah akses, traffic, dan jumlah penjualan yang mungkin didapat dari sebuah kata kunci.

Biasanya, semakin tinggi hasil pencarian keyword oleh user, maka akan semakin banyak klik yang akan Anda dapatkan dan semakin banyak traffic yang akan didapatkan. Jika Anda mengetahui jumlah pencarian keyword per bulan, selanjutnya Anda dapat menghitung berapa banyak akses yang akan website Anda dapatkan jika artikel sukses muncul di bagian atas hasil penelusuran (ranking 1 search engine).

Rumus penghitungan perkiraan keuntungan di atas dapat dirangkum menjadi:
Angka pencarian keyword sebulan x CTR (Click Through Rate; berdasarkan ranking website) = Hasil Perkiraan akses website dalam setiap bulan

Click-Through Rate (CTR) untuk Artikel Ranking 1 SEO
Berikut adalah beberapa data CTR untuk hasil pencarian sejumlah keyword yang diteliti oleh Internet Marketing Ninjas.

Rank Click Rate
1st 21.12%
2nd 10.65%
3rd 7.57%
4th 4.66%
5th 3.42%
6th 2.56%
7th 2.69%
8th 1.74%
9th 1.74%
10th 1.64%

Ada sekitar selisih 13 kali lipat dalam pertumbuhan laju klik antara posisi pesentase pertama dan terakhir. Meski demikian, tabel di atas masih hanya berupa data yang bisa berubah mengikuti perubahan trend dan kebutuhan penelusuran keyword. Intinya, poin ini dapat Anda jadikan sebagai pedoman referensi untuk membangun artikel yang baik.

Pengukuran dan Strategi Internal SEO Juga Penting

Untuk mencapai peringkat tinggi artikel dan website melalui trik SEO, Anda perlu menerapkan aneka strategi dan pengukuran internal, eksternal, dan strategi khusus konten.

Baru-baru ini, konten menjadi komponen penting dalam SEO. Akan tetapi sistem pengukuran dan strategi internal secara konsisten pun tak boleh untuk diabaikan.

Bahkan, jika Anda tidak melaksanakan tindakan internal dengan benar, maka Anda tidak akan dapat menyajikan konten secara akurat, berbobot dan tepat ke Google. Alhasil, sangat penting untuk melakukan tindakan internal dengan benar dan akurat untuk membuat sekaligus mempertahankan keuntungan jangka panjang dari website bisnis.

Pengukuran Konten: Membuat konten yang Mudah Memperoleh Peringkat Tinggi

seo-3

Setelah Anda memutuskan kata kunci terbaik untuk konten strategi SEO Anda, langkah selanjutnya adalah membuat konten yang akan memuaskan keingintahuan orang-orang yang mencari kata kunci tersebut. Anda perlu membuat konten berdasarkan pemahaman tentang tujuan pencarian mereka dan hal-hal yang ingin mereka pecahkan.

Berikut adalah beberapa referensi strategi pembuatan konten

Mengambil Materi Konten dari Situs QA (Tanya Jawab) seperti Yahoo
Situs QA (Question and Answer; Tanya Jawab) seperti Yahoo! memiliki banyak pertanyaan menarik dan jawaban terbaik atas pertanyaan-pertanyaan itu.

Saat Anda mengetikkan kata kunci untuk SEO di situs QA, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang kebutuhan orang-orang yang mencari kata kunci itu lengkap dengan saran jawaban terbaik, sehingga Anda bisa mendapatkan petunjuk tentang jenis konten apa yang dapat Anda buat untuk menyelesaikan masalah dan keingintahuan user.

Mengambil Materi Konten dari Kata Kunci yang Disarankan

Pernahkah Anda mendengar tentang “Kata Kunci yang Disarankan” dari Google? Fitur ini memungkinkan Anda mengetikkan kata kunci ke dalam kotak pencarian Yahoo atau Google, kemudian merekomendasikan kata kunci untuk referensi silang.

Dalam sistem Google, kata kunci yang disarankan ini biasanya muncul dengan tulisan “Mungkin Anda Tertarik untuk Menelusuri”

Kehadiran saran keyword ini menunjukkan kepada Anda bahwa ada keyword yang lebih sering dicari oleh user dan keyword tersebut pun berkaitan juga dengan keyword yang Anda masukkan.

Menyelidiki halaman situs lain yang peringkatnya lebih tinggi

Halaman situs lain yang sudah berperingkat tinggi menurut SEO mempunyai konten yang selalu dievaluasi dengan baik. Anda pun bisa belajar dari halaman situs kompetitor ini.

Apakah ada konten kompetitor yang memiliki halaman yang tidak dimiliki web perusahaan Anda?
Konten apa yang mereka punya dan Anda tidak?

Karena halaman seperti ini pun turut dinilai oleh Google, jadi kemungkinan halaman yang web Anda tidak miliki ini mempunyai informasi yang berguna bagi user. Selain itu, Anda harus sadar untuk membuat konten dengan informasi yang akan dihargai pengguna di luar zona nyaman utama Anda.

Google selalu menghargai konten yang dihargai oleh user, jadi kalau Anda bisa memberikan kontribusi lebih seperti ini, maka peluang website Anda untuk menduduki peringkat tinggi akan terbuka lebih lebar!

Beri Penekanan Pada Cuplikan Artikel (Snippet)

Cuplikan adalah deskripsi singkat yang ditampilkan di bagian atas hasil pencarian bersama dengan judul dan nama website. Sebelum mengklik artikel lebih lanjut, pengguna akan lebih memperhatikan cuplikan artikel.

Untuk itulah, cuplikan artikel yang disorot terkadang disebut sebagai “peringkat pencarian 0” karena muncul di bagian atas situs dengan peringkat pencarian tertinggi. Jadi, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada bagian cuplikan ini.

Cara termudah agar artikel bisa mendapat cuplikan khusus adalah dengan membuat konten dengan pengembangan ringkas, logis dan memuat keyword utama.

Gunakan alat SEO untuk strategi yang efisien

Ada banyak alat SEO di luar sana, dan dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat memeriksa tautan, status strategi internal, dan meneliti halaman yang menduduki peringkat tertinggi.

Google Tools

Ini adalah alat yang melakukan pemeriksaan kesehatan situs web Anda. Dulu disebut Google Webmaster Tools.

Google Search Console

Google Search Console dapat digunakan untuk mengetahui istilah penelusuran yang disembunyikan dan untuk mengetahui bagaimana situs web Anda ditampilkan di hasil penelusuran Google.

Google Analytics

Ini adalah alat analisis akses yang dapat digunakan secara gratis dan memiliki banyak fungsi untuk mengoptimalkan perkembangan web bisnis Anda.

PageSpeed Insight

Alat untuk memeriksa kecepatan tampilan halaman karena kecepatan halaman penting dari perspektif UX dan perspektif SEO.

Artikel terkait  Cara Menemukan Waktu Terbaik untuk Memposting di Instagram

Riset kata kunci

Google Keyword Planner

Anda dapat melihat jumlah penelusuran di Google untuk kata kunci yang ditentukan. Anda juga dapat melihat kata kunci yang dicari bersama dengan kata kunci tersebut, yang berguna untuk membuat konten.

(Yahoo!) Keyword Adviser

Ini adalah keyword planner versi Yahoo!. Anda tidak hanya dapat menghitung anggaran untuk iklan, tetapi juga bisa mendapatkan gambaran kompetisi dan volume pencarian untuk kata kunci tertentu.

Google Trend

Ini adalah tools terbaik. Anda dapat melihat peningkatan dan penurunan jumlah pencarian keyword dalam grafik, sehingga Anda dapat melihat kapan Anda perlu menyiapkan konten.

Google Advice Keyword

Sangat berguna untuk penelitian dan Anda dapat mengunduh daftar keyword dalam format CSV.

Pengecek peringkat website

SEO Gyro-n (SEO Gyron)

Gyro-n SEO adalah pemeriksa peringkat SEO yang luar biasa. Alat ini bisa mendeteksi judul yang ditulis ulang dan mendeteksi halaman-halaman website kompetitor yang mencopy tulisan Anda. Anda juga dapat mengecek performa keyword secara berkala di website ini.

Pengecek tautan

Ahrefs

Ini adalah alat pengecekan tautan yang dibuat oleh perusahaan di Singapura dan Ukraina. Tools ini gratis dan dapat digunakan sampai batas tertentu. Ahrefs banyak digunakan di luar negeri untuk memeriksa tautan dan memeriksa peringkat web.

SEO Checker

Alat ini tak jauh berbeda dengan rekomendasi sebelumnya. SEO Checker bisa dengan mudah mengecek aneka tautan eksternal secara efektif dan praktis dalam hitungan menit.

Open Site Explorer

Open Site Explorer adalah alat pengecekan tautan yang sangat terkenal, dan Anda dapat menggunakannya secara gratis hingga tiga kali sehari. Alat ini tidak hanya menghitung autan, tetapi juga status daya setiap domain dan halaman, yang berguna untuk membandingkan situs Anda dengan pesaing.

Testing Smartphone

Mobile Friendly

Ini adalah alat untuk memeriksa apakah situs Anda sudah mobile friendly. Jika situs Anda tidak mobile friendly, maka alat ini akan memberikan laporan perbaikan yang akurat untuk Anda.

Langkah Eksternal: Kumpulkan Link Secara Efisien

Dulu, step by step eksternal hanya fokus pada pengumpulan tautan. Meski demikian, sesungguhnya link pun masih penting dalam dunia SEO sampai hari ini. Seperti yang telah dijelaskan di poin 2.2 sebelumnya, konten yang baik dan berkualitas akan secara alami meningkatkan kualitas dari link website Anda (menjadi backlink untuk website lain).

Anda tidak perlu cemas. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tautan bagus seefisien mungkin:

Menganalisis tautan yang Anda terima

Ketahui jenis konten apa yang mungkin menjadi backlink dengan Ahrefs checker. Anda dapat menganalisis beberapa konten dengan Ahrefs memakai akun gratis. Semakin tinggi angka pada laporan analisis konten, maka itu artinya semakin banyak domain yang menautkan situs Anda.

Menganalisis konten yang sedang dibagikan

Selanjutnya adalah lakukan analisis konten yang ramai dishare masyarakat. Google pernah secara resmi menyatakan bahwa tidak ada efek SEO jika konten tersebar di Facebook dan Twitter.

Namun bukan berarti Anda tidak harus peduli tentang hal ini karena persebaran konten juga masih membawa keuntungan yakni mempromosikan website dan artikel Anda ke lebih banyak calon pembaca.

Artikel terkait  Backlink Generator (Aman dan Gratis) untuk SEO

Mengatur OGP

Di zaman sekarang, banyak orang mengumpulkan informasi di luar pencarian Google. Contoh sederhananya adalah media sosial. Sosial media berpotensi menarik minat masyarakat melihat isi konten.

Penting untuk menarik perhatian pembaca atau target konten sebanyak mungkin untuk menunjang jumlah traffic. Di sinilah judul OGP dan pengaturan gambar OGP pada website berperan, sebab judul dan gambar adalah 2 elemen pertama yang akan mampu menarik perhatian calon pembaca sebelum mengklik isi artikel.

Artikel yang menggugah dari segi judul dan gambar luarnya pun akan lebih efektif untuk mendapatkan jumlah share dan menjadi backlink di kalangan warganet.

Dengan judul dan gambar yang menarik dan “tidak biasa” pun, artikel Anda sudah bisa menonjol dan mengalahkan artikel pesaing lalu menduduki peringkat 1 search engine.

Kesimpulannya, SEO adalah sebuah strategi kompleks untuk menghadapi persaingan antar website. SEO adalah cara-cara terbaik untuk menghadapi masyrakat digital dan merebut perhatian mereka. Dengan menguasai SEO, otomatis website bisnis Anda akan dengan mudah meraih keuntungan dalam persaingan digital marketing.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini, semoga informasinya bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya dari kami!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya