Last Updated on September 16, 2022 by
Kabar baik untuk Anda yang merupakan seorang pemilik sebuah usaha yang ingin mengetahui hal-hal seperti; ‘apa saja yang dilakukan para pesaing sebelum jualan online’, ‘apa saja yang diperlukan agar tidak gagal menjalankan bisnis jualan online’, dan ‘hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan bisnis jualan online menjadi gagal’.
Berikut ini akan diulas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan maupun kegagalan ketika melakukan bisnis jualan online.
Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat mulai menjalankan bisnis jualan online atau toko online dengan aman! Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu apakah Anda telah atau belum melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan kegagalan ketika jualan online.
Daftar Isi
Hal-Hal Umum dalam Keberhasilan Ketika Jualan Online
Sebagai hasil dari survei menyeluruh dari pola keberhasilan suatu bisnis jualan online, diketahui bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi dan digolongkan menjadi 3 bagian utama, antara lain sebagai berikut.
* Toko yang disurvei : 500 toko dengan keuntungan bulanan di atas Rp. 100 juta.
Keamanan yang dirasakan pembeli ketika berbelanja
Toko online yang menampilkan panduan belanja
Presentase penjualan pada toko online yang menampilkan panduan belanja (berisi kumpulan informasi, syarat, dan ketentuan) pada laman utama lebih tinggi 126% daripada toko yang tidak menampilkannya.
Sangat disarankan untuk menampilkan informasi seperti metode pengiriman dan pembayaran pada layar transisi agar pembeli dapat dengan mudah mengetahuinya dan penjualan pun berjalan dengan lancar.
Toko online yang menampilkan metode pembayaran
Presentase penjualan pada toko online yang menampilkan metode pembayaran lebih tinggi 111% daripada toko yang tidak menampilkannya.
Dengan menampilkan metode pembayaran yang tersedia, pembeli dapat lebih mempercayai toko online yang bersangkutan karena metode pembayaran sudah tidak perlu diragukan lagi.
Menyediakan layanan pembayaran di muka
Presentase penjualan pada toko online yang menyediakan layanan pembayaran di muka 395% lebih tinggi daripada toko yang tidak menyertakannya.
Saat berbelanja untuk pertama kalinya, pembeli cenderung enggan membeli sesuatu yang dibayar secara prabayar atau dengan kartu kredit.
Melalui layanan pasca bayar (pembayaran di muka), pembayaran dapat dilakukan setelah barang sampai melalui minimart, transfer bank, maupun pengirimin uang melalui pos. Dengan ini, pembeli dapat berbelanja dengan aman dan nyaman karena tidak perlu khawatir terhadap ketidaksesuaian barang pesanan yang diterima.
Tetapi, jika dilakukan terlalu sering, hal tersebut dapat menyebabkan kerugian bagi toko online Anda. Oleh karena itu, cara mengatasinya adalah dengan memberlakukan metode pembayaran melalui transfer bank atau kartu kredit.
Menampilkan nomor telepon
Presentase penjualan pada toko online yang menampilkan nomor telepon pada laman utama atau laman produk yang dijual lebih tinggi 223% daripada toko yang tidak menampilkannya.
Ketika melakukan bisnis jualan online, kegiatan penjualan tidak akan berlangsung apabila pembeli merasa khawatir terhadap pelayanan yang kurang nyaman. Oleh karena itu, dengan menampilkan nomor telepon maka kekhawatiran pembeli pun dapat dikurangi sehingga menambah minat belanja pembeli.
Ada juga pembeli yang memilih untuk melakukan transaksi melalui telepon ketimbang website toko online itu sendiri. Jenis-jenis telepon yang umum digunakan ialah 19,8% telepon bebas pulsa, 77% telepon berbayar, dan 2% telepon VOIP.
Pada umumnya, jenis telepon yang digunakan tidak mempengaruhi tingkat penjualan suatu toko online sehingga direkomendasikan agar menyediakan beberapa nomor telepon terlepas dari apapun jenis telepon yang dimiliki.
Di sisi lain, banyak orang berpikiran bahwa menyediakan layanan telepon akan menambah beban kerja terlalu banyak. Namun, panggilan yang diperoleh dari pelanggan dapat menjadi masukan demi mengembangkan suatu toko online terutama bagi toko online baru sehingga diharapkan efek yang didapat sepadan dengan jam kerja.
Jika ingin mengurangi jumlah panggilan yang diperlukan melalui layanan telepon, hal ini dapat diatasi dengan menyertakan laman FAQ (frequently asked questions).
Menampilkan foto wajah pengurus toko
Presentase penjualan pada toko online yang menampilkan foto wajah pemilik toko tersebut, manajer, dan staff toko pada laman utama lebih tinggi 125% daripada toko yang tidak menampilkannya.
Dengan begitu, pembeli tidak akan merasa khawatir ketika berbelanja karena dapat mengenali wajah pengurus toko itu dengan mudah sehingga tingkat penjualan pun meningkat. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk menampilkan wajah para pengurus toko Anda pada website toko online Anda.
Selain itu, dengan menampilkan wajah pengurus toko, Anda dapat menambahkan efektivitas seperti mengurangi bagian-bagian kosong yang ditampilkan pada website.
Perencanaan Pemasaran untuk Bisnis Jualan Online
2-1. Menampilkan produk lain dalam laman pembayaran
Ketika pembeli mulai memasuki laman metode pengiriman, ada baiknya juga menampilkan penanda berupa produk lainnya di bagian atas laman demi mempertahankan kemenarikan laman produk dan menghindari pembeli untuk membatalkan produk yang telah dipilih sebelumnya.
Menjelaskan langkah-langkah dengan tampilan gambar pada laman pembayaran
Presentase penjualan pada toko online yang menjelaskan langkah-langkah dengan tampilan gambar pada laman pembayaran cenderung lebih tinggi daripada toko yang tidak melakukannya.
Langkah tersebut berguna bagi pembeli agar tidak mengalami kebingungan saat memasukkan beberapa informasi. Oleh karena itu, penjelasan harus disampaikan dengan jelas.
Menyertakan fitur tombol keranjang belanja
Frekuensi dikliknya tombol keranjang belanja dipengaruhi oleh ukuran dan warna dari tombol keranjang belanja itu sendiri.
Apabila tombol berukuran kecil, karena pembeli kerap kali tidak tertarik atau bahkan tidak menyadari keberadaan tombol tersebut sehingga direkomendasikan untuk menggunakan tombol yang lebih besar.
Selain itu, fungsi pengaturan tombol dapat disesuaikan. Misalnya, apabila toko hanya memungkinkan untuk membeli satu (1) barang setiap waktu, maka sediakanlah tombol ‘beli sekarang’. Sedangkan, apabila toko memungkinkan untuk membeli banyak barang setiap waktu, gunakanlah fungsi ‘masukkan keranjang sekarang’. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat penjualan pada toko online Anda.
Mengubah ukuran font, ukuran tampilan, dan warna pada laman pembayaran
Presentase penjualan cenderung meningkat apabila Anda mengubah ukuran tampilan, ukuran font, dan warna pada laman pembayaran.
Memperlebar dan menambah ukuran laman pembayaran akan memudahkan untuk melihat tampilan laman website Anda.
Selain itu, pengubahan yang tidak tepat dapat menyebabkan pelanggan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap menggunakan warna yang berdasarkan pada warna utama toko online Anda agar mengurangi tingkat ketidaktertarikan pelanggan.
Pengaturan dan Cara Menarik Minat Pelanggan (berhubungan dengan SEO)
Penting untuk mengatur kata kunci untuk SEO saat jualan online
Presentase penjualan toko online yang mengatur kata kunci SEO terutama mengatur kata kunci tersebut di judul lebih tinggi 166% daripada toko yang tidak melakukannya.
Meskipun SEO sangat berpengaruh dalam menarik pelanggan, efektivitas dan hasil peningkatan dalam penjualan akan segera diperoleh jika melakukannya dengan tepat, dan menambahkan kata kunci yang mudah langsung dikenali oleh orang-orang.
SEO cenderung diabaikan karena sulit untuk diterapkan. Namun, hal tersebut hanya membutuhkan pengaturan kata kunci yang tepat untuk dapat melihat hasil yang diperoleh.
Poin penting dalam hal ini adalah Anda perlu memikirkan siapa pelanggan Anda, bagaimana minat yang mereka miliki terhadap produk Anda, dan kata kunci yang seperti apa yang paling sering dicari oleh pelanggan.
Semakin Anda memahami pelanggan Anda, maka semakin Anda tahu apa yang pelanggan Anda inginkan.
Pengaturan sitemap SEO untuk toko online
Presentase penjualan toko online yang memiliki pengaturan sitemap (salah satunya dengan XML Sitemap) lebih tinggi 115% daripada toko yang tidak menggunakan pengaturan tersebut.
Sejak awal, dengan membuat atau memperbarui sitemap dapat mempersingkat waktu dalam proses peningkatan hasil pencarian, sehingga tingkat hasil pencarian toko dapat naik dengan cepat.
Ketika toko baru dibuka, pemilik tentunya ingin agar banyak pelanggan yang datang secepat mungkin.
Agar hal tersebut dapat terwujud, disarankan untuk mengatur sitemap pada toko online Anda.
Jumlah produk dan penjualan terkait pada bisnis jualan online
Toko yang jumlah produknya sedikit (di bawah 100) memiliki penjualan 5 kali lebih sedikit dibandingkan dengan toko yang jumlah produknya berada di tingkat menengah (di atas 100, di bawah 1000). Namun, toko yang produknya menengah tersebut memiliki penjualan 43 kali lebih sedikit dibandingkan dengan toko yang menjual produk dengan jumlah di atas 1000.
Jika dibandingkan dengan toko dengan jumlah produk di tingkat menengah, toko yang menjual banyak produk hanya mengalami kerugian sebanyak 3.5% namun berpotensi meningkatkan lebih banyak keuntungan karena barang yang dijual menjadi lebih banyak.
Berdasarkan pembahasan tersebut, jumlah produk dan penjualan terhadap produk bersifat sepadan sehingga untuk meningkatkan presentase penjualan, maka perlu juga untuk meningkatkan pemilihan produk.
Jika toko Anda menyediakan sedikit produk, disarankan agar Anda menambah produk tersebut dan membuat perencanaan penjualan untuk produk Anda.
Lebih jauh lagi, semakin banyak persediaan produk dapat membawa pengaruh-pengaruh positif untuk menarik pelanggan dan menaikkan tingkat penjualan seperti yang dijelaskan berikut ini.
・ Jumlah laman bertambah, kemungkinan pelanggan berkunjung pun bertambah.
・Evaluasi yang baik dari pencarian di halaman terakhir yang dikumpulkan di dalam homepage dengan tautan yang ada dalam situs, sehingga tingkat penelusuran pada situs meningkat dan SEO semakin kuat.
・Dengan bertambahnya jumlah atau jenis produk, maka variasi pelanggan yang datang juga bertambah sehingga tingkat penjualan meningkat.
Keuntungan-keuntungan tersebut merupakan sesuatu yang umum terjadi apabila menambah jumlah produk.
Hal-Hal Umum yang Sering Terjadi Ketika Gagal dalam Bisnis Jualan Online
Tidak ada satupun orang yang ingin gagal dalam bisnis jualan online. Kira-kira apa saja hal yang dapat menyebabkan kegagalan tersebut?
Melihat dari toko-toko yang gagal karena produknya tidak laku di pasaran, berikut tiga hal yang dapat menyebabkan kegagalan dalam bisnis jualan online.
Simaklah informasi berikut agar Anda tidak telanjur memulai bisnis jualan online namun gagal karena tidak dapat bersaing di pasaran.
Tidak tahu cara menarik pelanggan dalam bisnis berjualan online
Akhir-akhir ini, banyak orang yang memulai bisnis sampingan dan ada pembicaraan yang seringkali dikeluhkan oleh orang-orang yang baru saja memulai bisnisnya. Seperti misalnya, ada beberapa orang yang tidak tahu bahwa menarik minak pelanggan itu merupakan hal yang penting dan ada beberapa orang yang berniat menarik pelanggan di akhir-akhir saja karena itu tidak penting.
Toko fisik (offline) tidak boleh disamakan dengan toko online. Toko fisik yang terletak di jalan yang ramai akan mudah ditemukan oleh banyak orang, sedangkan toko online tidak mudah ditemukan oleh orang lain.
Toko yang memperoleh kenaikan dalam penjualannya tentu saja membuat berbagai perencanaan dan menggunakan sebagian waktu mereka untuk menarik minat pelanggan.
Apabila Anda tidak paham cara menarik pelanggan yang baik, ada baiknya Anda segera mencari tahu karena toko online sangat bergantung pada kehadiran pelanggan. Beberapa contohnya telah disebutkan sebelumnya dan mulailah dari yang bisa Anda lakukan sekarang.
Tidak berusaha memperoleh pelanggan tetap
Salah satu penyebab gagalnya jualan online adalah tidak memiliki pelanggan tetap.
Sebagai contoh, anggaplah toko online Anda sebuah gelas yang berlubang dan pelanggan Anda adalah air. Jika air dituang ke gelas tersebut dan didiamkan, maka air akan keluar melalui lubang dan gelas pun lama-lama akan mengosong. Intinya adalah jika Anda tidak berusaha memperoleh pelanggan tetap pada toko online Anda, maka pelanggan hanya akan datang sekali dan tidak pernah kembali lagi. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh juga tidak akan meningkat.
Toko online terus beroperasi (tak terbatas), namun orang dan waktu tentu memiliki batasan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mungkin tidak dapat ditangani secara langsung.
Jika kasusnya seperti demikian, ada baiknya apabila setelah penjualan sudah mulai stabil atau terkendali, pekerjakanlah karyawan untuk mengelola toko online Anda dan berfokuslah untuk memikirkan cara memperoleh lebih banyak pelanggan atau pelanggan tetap.
Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut, pikirkanlah cara menarik pelanggan terlebih dahulu. Buatlah perencanaan untuk pelanggan-pelanggan baru Anda dan terapkan langkah-langkah selanjutnya untuk pelanggan tetap.
Untuk lebih detailnya, bukalah artikel yang lain mengenai cara dasar memperoleh pelanggan tetap.
Hanya semata-mata membuka toko online (tanpa dasar tertentu)
Dewasa ini, membuat toko online sudah menjadi semakin mudah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Fitur-fitur yang diperlukan pun dapat diisi tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
Karena hal tersebut, banyak toko online yang dibuka tanpa didasari oleh pemikiran ‘barang seperti apa yang dijual dan siapa yang akan membeli barang tersebut?’.
Tanpa menyiapkan konsep yang matang, kira-kira apa yang akan terjadi pada toko yang seperti demikian?
Memang ada beberapa toko online yang sukses dan banyak pelanggannya, namun tanpa disadari itu hanyalah beberapa dari semua toko online yang ada di internet. Kenyataannya, ada banyak sekali toko online yang dibuka namun tidak menjual satupun produk.
Dengan memikirkan konsep untuk toko online terlebih dahulu memungkinkan pemilik untuk mengetahui siapa yang akan menjadi pelanggan yang dituju. Selain itu, memungkinkan juga untuk mengetahui seperti apa sudut pandang pelanggan sehingga daya tarik tersendiri bagi toko online itu pun sesuai.
Sebagai tambahan, konsep juga dapat menjadi ‘poros’ terhadap tampilan toko online itu sendiri. Tampilan tersebut dapat berupa desain (warna), arahan komunikasi, dan pembuatan produk.
Itulah pentingnya memikirkan konsep secara matang.
Rangkuman
Bagaimana?
Sekarang Anda mengerti apa saja kunci sukses membuka sebuah toko online.
Bukalah toko online Anda dengan jadikan toko-toko online yang sudah sukses sebagai acuannya!
Kami senantiasa mengharapkan yang terbaik bagi toko Anda!
Pelajari lebih banyak seputar dasar-dasar berbisnis online atau kiat-kiat rahasia digital marketing secara gratis di MARKEY. Baca gratis ratusan artikel terbaru di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.