Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 186

Pengertian Strategi Pemasaran dan Analisisnya

0
Bab 1 Kata Pengantar: Kursus dasar pengertian strategi pemasaran
  1. Memperjelas jenis layanan yang ditawarkan

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang memperjelas dan mengatur layanan perusahaan dengan mempertimbangkan kerangka kerja ” Siapa, apa dan bagaimana ” dalam memahami bisnis perusahan pada saat merencanakan strategi pemasaran.

  1. Menganalisa pasar dengan analisis 3C

Dasar pemasaran Web juga merupakan dasar bisnis. Ketika membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, ada banyak kasus menggunakan metode analisis 3C. Analisis 3C adalah kerangka kerja (metode) yang memikirkan perusahaan, pesaing dan pelanggan.

  1. Memahami bisnis perusahaan melalui analisis SWOT

Untuk perencanaan strategi perusahaan, kita telah membahas tentang kerangka kerja. Di sini kita akan mempelajari tentang ” analisis SWOT ” yang merupakan kerangka utama yang digunakan untuk membangun fondasi dan hipotesisi strategi pemasaran dan manajemen yang sedang digunakan.

  1. Memperjelas pengguna target dengan membuat persona

Persona sering dikatakan sebagai sesuatu yang penting dalam kegiatan pemasaran saat ini. Namun, orang-orang yang paham mengapa persona ini harus dibuat? dan kelebihan yang didapat, sepertinya tidak banyak. Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kelebihan persona dan cara membuatnya.

  1. Menetapkan tujuan dan mengatur KGI dan KPI

Jika sebelumnya kita sudah membicarakan tentang biaya pembuatan web dan hasil yang diharapkan, maka kali ini kita akan membahas tentang KGI dan KPI untuk menetapkan tujuan dan target berdasarkan biaya dan hasil penjualan.


Daftar Isi

1) Memperjelas bentuk layanan yang ditawarkan

Ketika merencanakan strategi pemasaran, kita perlu mengatur dan memahami dan memastikan kerangka dasar ” siapa, apa dan bagaimana ” dari layanan perusahaan yang akan kita tawarkan. Penjualan produk dan penyediaan layanan umumnya tidak hanya untuk situs web, namun juga ke toko nyata di mana mereka memiliki tujuan yang sama untuk ” menyelesaikan masalah seseorang “. Yang harus kita pikirkan untuk menyelesaikan masalah seperti ini adalah mempertimbangkan tentang ” siapa (target) “, ” apa (masalah yang dihadapi) ” dan ” bagaimana (metode penjualan) “,   baru kemudian merumuskan konsep pemasarannya.

Untuk dapat menerapkan kerangka kerja (frame work) seperti ini di dalam bisnis, pertama-tama sangat baik jika kita bisa menyediakan bisnisnya terlebih dahulu, kemudian menggunakannya sebagai alat klarifikasi. Kemudian dengan menentukan 3 poin utama tersebut, kita bisa melanjutkan kinerja bisnis ke depannya.

Apa itu “ siapa, apa dan bagaimana ”?

” Siapa, apa, bagaimana ” adalah kerangka kerja yang digunakan untuk pemecahan masalah dalam bisnis, dan mengatur bagaimana penanganannya di dalam perusahaan.

Yang terpenting pada saat memikirkan target (siapa) adalah untuk menentukan kelompok usia, jenis kelamin dan minat pengguna.

Dengan ” Apa? ” masalah didefinisikan secara konkret berdasarkan penemuan dan peningkatan masalah target yang ditentukan oleh ” Siapa? “.

Dengan ” Bagaimana? ” kita dapat menetapkan solusi untuk ” Siapa dan apa? “.

Target:Targetnya siapa
Apa:Permasalahan
Bagaimana:Metode penyediaan barang, penjualan dan pemecahan masalah

 

Sebagian besar masalah bisnis sepertti restoran, produsen dan lain-lain dapat dipahami dengan menggunakan 3 poin ini. Bahkan ketika mengembangkan strategi pemasaran web, penting bagi kita untuk mempertimbangkan tempat untuk memasang iklan setelah mempersiapkan produk atau layanan menggunakan kerangka kerja.

Manfaat pengorganisasian

Pertama-tama, mengapa kita perlu melakukan pengorganisasian sesuai dengan kerangka kerja? Yang pertama adalah untuk mengklarifikasi target penjualan seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain. Menetapkan target adalah langkah pertama dalam strategi pemasaran. Sehingga perlu mengaturnya sedetail mungkin

Kedua, klarifikasi target akan memperjelas masalah kelompok target. Kita akan dapat melihat apa yang dicari oleh kelompok target tersebut.

Terakhir, setelah mengklarifikasi target (siapa) dan masalahnya (apa), kita bisa mempersiapkan fondasi untuk solusi sebagai sebuah tim. Fondasi yang solid memungkinkan kita untuk melakukan penerapan tanpa mengganggu pengembangan dan aktivitas pemasaran.

Contoh kasus 1

Siapa (target): Orang yang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk bisa melakukan pemasaran web dan bertemu dengan pelanggan baru.

Apa (Pokok permasalahan):Tidak mengetahui langkah selanjutnya karena tidak mengerti pemasaran web

Bagaimana (Solusi):Mengetahui alat yang praktis dan solusi untuk dilakukan menggunakan konten pembelajaran dan sudut pandang pihak ketiga.

Dengan menelaah seperti ini, mari kita memberi pengguna yang ” pemula yang tidak tahu apa yang harus dilakukan ” nilai bahwa ” pemasaran menggunakan Web dapat mudah dimengerti dan untuk menemukan pelanggan baru ” dengan ” mengisi konten pembelajaran dan sudut pandang pihak ketiga “.

Menyiapkan dan mencoba mengisi catatan praktis

Kemudian mari kita mencoba menerapkan layanan ke dalam kerangka kerja dengan memulai catatan praktis. Apa yang telah kita masukkan ke dalam catatan praktis akan dapat menjadi petunjuk bagaimana perusahaan harus membangun strategi.


Catatan praktis:Siapa, apa dan bagaimana

Cobalah mencatat tentang “ siapa ”, “ apa ” dan “ bagaimana ” untuk memahami layanan yang disediakan perusahaan.

Siapa(Target)

Orang yang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk bisa melakukan pemasaran web dan bertemu dengan pelanggan baru

Siapa(Target)

Tidak mengetahui langkah selanjutnya karena tidak mengerti pemasaran web

Siapa(Target)

Mengetahui alat yang praktis dan solusi untuk dilakukan menggunakan konten pembelajaran dan sudut pandang pihak ketiga.

 


Ringkasan 1

Memikirkan tentang ” Siapa, apa dan bagaimana ” adalah hal yang penting untuk dipikirkan dalam menyusun strategi pemasaran. Memutuskan hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan fondasi produk dan layanan bagi perusahaan yang bergerak dalam tim.

Kita wajib mengatur layanan kita sendiri dengan 3 poin tersebut baik dalam pemasaran web maupun toko nyata.

2) Apa itu analisis 3C?   Mari kita pelajari dasar-dasar pemasaran, analisis pesain dan analisis pasar

Dasar pemasaran Web juga merupakan dasar bisnis. Ketika membangun hubungan baik dengan pelanggan, kita akan menemukan banyak kasus yang menggunakan metode analisis 3C. Pengertian analisis 3C adalah kerangka kerja(metode) yang mempelajari setiap aspek pemasaran seperti perusahaan, pesaing, dan pelanggan serta memikirkan strategi pemasaran itu sendiri.

 

Ngomong-ngomong, bisakah Anda menjelaskan tentang aspek 3C di bawah ini dalam bisnis Anda?

Customer:Pasar / pelanggan

Competitor:Konflik

Company:Perusahaan kita

Analisa 3C yang disebutkan di atas、adalah kerangka kerja yang sering digunakan untuk memahami pasar dalam melakukan bisnis. Membuat website bukanlah titik akhir dalam pemasaran, melainkan sebagai perantara untuk menciptakan relasi dengan pelanggan. Selain itu, website adalah salah satu media untuk membangun hubungan bahkan hanya dengan satu email. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan secara spesifik bagaimana melakukan pemasaran melalui web dan membangun hubungan dengan pelanggan di internet.

Apa itu analisis 3C?

Analisis 3C digunakan untuk memandu KSF (Key Success Factors: Faktor kesuksesan) bisnis dari lingkungan eksternal dan situasi persaingan, serta untuk membuat suatu proyek berhasil.

Customer:Pasar/pelanggan

Competitor:Konflik

Company:Perusahaan sendiri

Istilah ini diambil dari 3 aspek analisa tersebut diatas yang kemudian sering disebut “ Analisis 3C ”.

 

Apa itu analisis 3C?

Konsep analisis 3C ini mulai dikenal luas mulai dari tahun 1982 melalui buku ” The Mind of the Strategyist “.

Terlepas dari apapun yang kita rencanakan sebagai strategi manajemen, kita harus mempertimbangkan 3 poin tersebut sebagai pemeran utama. Dan ketiga poin tersebut adalah pelaku bisnis/ Perusahaan sendiri (Company), Pelanggan (customer) dan pesaing (competitor).

 

Mengapa analisis 3C sering digunakan terlebih dahulu? Pertama-tama mari kita cermati.

Kebutuhan akan analisis 3C

When 3C analysis is carried out, the direction of progress of the project will be visible.

Inti dari pemasaran adalah memusatkan sumber daya pada cara yang paling efisien dari sejumlah ukuran yang ada untuk terus dipilih oleh pelanggan dan menciptakan mekanisme untuk mencapai penjualan dan tujuan.

Untuk itu, hubungan dari ketiga poin berikut ini:

Customer:Pasar/pelanggan
Competitor:Pesaing
Company:Perusahaan sendiri

 

Sangatlah penting untuk diperjelas.  Dengan membandingkan faktor eksternal yaitu pasar/pelanggan dengan faktor internal yaitu perusahaan, kita akan bisa mengetahui apa kekuatan dan kelemahan perusahaan kita. Dalam melakukan analisis 3C, penting untuk memperjelas hal-hal berikut pada setiap C-nya:

Customer:Perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan
Competitor:Bagaimana pesaing menangani perubahan pelanggan
Company : Menemukan faktor yang dapat mensukseskan perusahaan berdasarkan ” customer ” dan ” competitor “
Dengan menentukan tujuan melakukan analisis 3C kita dapat mencegah rentang analisis yang terlalu luas sehingga arahnya menjadi buram.

 

Untuk itu, Mari kita benar-benar mencoba menggunakan analisis 3C. Sebagai kerangka kerja bisnis, saya rasa Anda pasti akan dapat melihat keteraturan ide dan informasi yang didapatkan.

Cara melakukan analisis 3C

Customer: Cara menganalisa pasar dan pelanggan

Pertama-tama kita bisa memulai dengan menganalisa pasar dan pelanggan.

Karena tanpa mengetahui kondisi pasar, kita tidak akan bisa menilai kelebihan dan kekurangan perusahaan kita.

Dalam hal ini, dengan memiliki 3 cara di bawah ini, kita bisa melakukan analisa yang efektif.

Analisis makro
Analisis mikro
Analisis pelanggan

Analisis makro

Analisis makro dilakukan untuk menemukan perubahan sosial seperti fluktuasi ekonomi, revisi hukum, aliran populasi dan tren. Untuk menemukan perubahan konkret, analisis PEST juga harus dilakukan.

Analisis mikro

Dalam analisis mikro, kita akan memeriksa pengaruh pada bisnis perusahaan dari perubahan struktural industri. Itu karena kita perlu memahami secara menyeluruh tingkat persaingan lingkungan industri dan menemukan kemungkinan mendapatkan keuntungan. Analisis Five force akan sangat efektif di sini

Analisis pelanggan

Dalam analisis pelanggan, kita dapat mengetahui seberapa besar pengaruh informasi yang diperoleh dari analisis makro dan analisis mikro terhadap kebutuhan pelanggan. Mari kita menganalisis tren pelanggan umum yang terkait dengan barang dan jasa dan memahami perilaku pembelian / penggunaan konkrit mereka. Dalam hal ini survei kuesioner adalah salah satu cara efektif yang dapat digunakan. Mengenai cara membuat survei kuesioner, dapat menggunakan artikel berikut sebagai referensi.

Competitor:Cara menganalisa pesaing

Selanjutnya, kita akan melakukan analisis kompetisi. Di sinilah kesempatan baik kita untuk mengetahui bagaimana pesaing merespon terhadap perubahan pasar.

Dengan demikian, kita akan bisa menganalisa dari 2 sudut pandang yaitu ” hasil bisnis dari perusahaan pesaing ” dan ” bagaimana hasil tersebut diperoleh “.

Hasil bisnis dari perusahaan pesaing

Dalam menganalisa hasil bisnis, kita bisa fokus pada dua hal berikut:

Hasil itu sendiri
Sumber daya yang mendatangkan hasil

 

Dalam hasil itu sendiri, kita dapat menyelidiki beberapa hal seperti manajemen biaya dan penjualan dari pesaing, margin keuntungan, biaya iklan dan sebagainya.

Namun karena informasi tersebut biasanya tidak dirilis secara umum, kita mungkin akan kesulitan mengumpulkannya. Namun, kita bisa mengupayakan untuk mendapatkan informasi tersebut sebanyak mungkin.

Kemudian untuk aspek sumber daya, kita dapat menyelidiki seberapa efisien modal yang digunakan. Untuk melaksanakan langkah ini, kita dapat menyelidiki kondisi penjualan per karyawan (per toko) dan penjualan per pelanggan.

Mengapa hasil itu bisa didapatkan

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bagaimana konflik bisa mengeluarkan hasil. Dengan ini kita akan memperjelas bagaimana kita meningkatkan efisiensi penjualan dan sumber daya. Mempertimbangkan dari semua aspek seperti pengembangan produk, rute penjualan, metode penjualan akan mempermudah kita untuk menemukan Metode yang bisa digunakan dalam perusahaan sendiri dan poin untuk mengukur perbedaan yang dimiliki.

Company:Cara menganalisa perusahaan sendiri

Setelah itu, kita akan merangkum analisi pasar dan analisis persaingan yang telah dilakukan dan mempertimbangkan metode apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan. 「Kemudian kita bisa bandingkan dengan perusahaan kita ” bagaimana mereka menanggapi konflik dan perubahan tersebut “.

Dalam hal ini, saya ingin Anda menggunakan analisis VRIO.

Analisis VRIO

・Nilai ekonomi(Value)
・Rarity/keanehan(Rarity)
・Kesulitan imitasi(Inimitability)
・Organisasi(Organization)

 

Pengertian Analisis VRIO dalam strategi pemasaran adalah metode analisis yang berfokus pada sumber daya manajemen kita. Karena analisis ini memiliki hubungan komplementer dengan analisis 5F Mr Michael Porter, kita diharapkan untuk menganalisis setiap karakteristik dengan menekan karakteristik mereka.

Analisis simultan dari bagian internal dan eksternal

Sejauh ini kita telah menganalisis masing-masing aspek eksternal (Pesaing & Pelanggan) dan internal (Perusahaan). Namun, kita tidak akan dapat memahami analisis 3C dengan jelas kecuali dianalisis dalam 2 sudut pandang yang berbeda.

Sebagai analisis yang efektif, disini kita dapat menggunakan analisis SWOT

Dalam analisis SWOT kita dapat menggunakan 4 sudut Pandang berikut.

Strengths:Kelebihan/kekuatan perusahaan sendiri
Weaknesses:Kekurangan/kelemahan perusahaan sendiri
Opportunities:Kesempatan/peluang
Threats:Ancaman

Template analisis 3C

Analisis 3C sering dibuat menggunakan format di atas.

Kasus: Catatan Praktis: Analisis 3C

Analisis 3C adalah kerangka yang umum digunakan untuk memahami hubungan pasar saat kita melakukan bisnis. Membandingkan faktor eksternal seperti pasar, persaingan, dan faktor internal, dimana kita dapat melihat apa kekuatan dan kelemahan perusahaan kita.


Customer:Pasar / pelanggan

Pertama-tama, kita akan melakukan analisis pasar dan pelanggan.   Jika kita tidak tahu pasar, kita tidak dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kita.

Di sini, Kita dapat melanjutkan analisis dengan lebih efektif dengan menggunakan tiga metode berikut.

▼Pelanggan

Contoh:Karyawan, Ibu rumah tangga teman sebaya dan siswa yang minum kopi.

▼Kebutuhan pelanggan

Contoh:   Saya ingin minum kopi yang enak.   Saya ingin tetap santai.   Saya ingin ruang yang nyaman.


Competitor: Pesaing

Ini adalah objek besar untuk mengetahui bagaimana pesaing merespon perubahan pasar.

Oleh karena itu, diharapkan untuk menganalisis dari dua sudut pandang ” hasil bisnis perusahaan pesaing ” dan ” alasan mengapa hasilnya diperoleh “.

▼▼ Di mana persaingannya?   Apa pangsa pasarnya?

Contoh:Toko dengan jumlah merchant paling banyak: Starbuck. Grup local: Toko XXXX, J.CO Dounuts & Coffee dengan jumlah toko sekian, dan Dunkin Donuts dengan jumlah toko sekian.

▼ Kekuatan / kelemahan pesaing

Misal:Kekuatan Starbucks:brand power, Cita rasa stylist, Pengetahuannya tentang kopi

Kelemahan Starbucks:Harga yang mahal

▼ Apa karakteristik pesaing

Misal:Starbucks:” Bukan hanya tempat untuk Ngopi ”, Terdapat menu minuman yang lainnya dan fasilitas Free Wifi


Perusahaan: Perusahaan

Di sini kita dapat merangkum analisis pasar dan analisis persaingan yang telah dilakukan sejauh ini dan mempertimbangkan jenis metode pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan.

Kemudian bandingkan perusahaan kita dan ” bagaimana pesaing menanggapi dengan perubahan pasar dan pesaingnya “.

Kekuatan dan Kelemahan Perushan Sendiri:

Misalnya:(Kekuatan) layanan penuh dari pramuniaga, kenyamanan, suasana yang santai dan, family restoran dengan makanan yang enak.

(Kelemahan) Tidak banyak dikenal karena masih dalam lingkup lokal

Jenis evaluasi apa yang diterima:

Misalnya:Waktu buka yang panjang, tempat yang nyaman untuk bersantai sambil membaca koran dan buku serta makanan yang murah dan enak.


Ringkasan no.2

Walaupun menggunakan pemasaran web, jika kita memikirkan tentang bagaimana membuat hubungan dengan pelanggan, pastinya banyak dari kita yang merasa terbebani.

Untuk menghadapi situasi seperti ini, kita dapat menggunakan metode analisis 3C. Dengan ini kita bisa mengatur informasi secara efisien sehingga mempermudah kita untuk mencari penyelesaian masalah. Kemudian web itu sendiri dapat kita gunakan sebagai alat pemasaran untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba melakukan web marketing. Karena itu sudah pasti akan mendatangkan koneksi-koneksi baru antara perusahaan dengan pelanggan.

3) Memahami analisis SWOT mengenali perusahaan sendiri

Untuk menjelaskan strategi pemasaran untuk perusahaan, saya telah menjelaskan tentang kerangka kerja.   Mari kita pelajari tentang ” analisis SWOT ” yang merupakan kerangka utama yang digunakan untuk membangun fondasi dan hipotesis strategi pemasaran seperti analisis strategi saat ini dan strategi manajemen saat ini.

Bisnis dipengaruhi tidak hanya oleh bagian yang dapat dikendalikan oleh perusahaan tetapi juga berbagai hal seperti lingkungan pasar dan persaingan.

Jika Anda memahami sebelumnya apa yang bisa terjadi, akan lebih mudah untuk mengambil tindakan.

Kali ini saya akan menjelaskan analisis SWOT untuk mengatur bisnis kita dan lingkungan sekitarnya.

Apa itu analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode mengevaluasi dan menganalisis perusahaan menggunakan empat poin yaitu ” S = Strength “, ” W = Weakness “, ” O = Oportunity (peluang) ” dan ” T = Threat (Ancaman).   Menganalisis lingkungan internal sehubungan dengan ” kekuatan ” dan ” kelemahan ” perusahaan, dan lingkungan eksternal yaitu ” peluang ” dan ” ancaman ” secara terpadu, untuk membantu kita untuk memahami masalah dan kebutuhan masa depan, dan untuk membangun strategi.

Lingkungan internal SWOT adalah faktor dari sisi perusahaan seperti ukuran pemasaran dan urusan keuangan.   Di sisi lain, lingkungan eksternal menunjukkan faktor makro seperti tren politik, ekonomi, tren sosial, lingkungan alam, lingkungan pasar mikroekonomi dan perubahan kebutuhan pengguna. Setelah mencatat poin-poin tersebut, kita akan membuat kriteria penilaian untuk jenis peristiwa apa yang harus dialokasikan perusahaan sebagai sumber daya.

Strength:Kekuatan Perusahaan

Ini adalah kekuatan lingkungan internal.   Kita menganalisis kekuatan perusahaan kita dari sudut pandang tingkt kemampuan teknis dari produk, pengalaman operasional, merek, sumber daya manusia, dan organisasi.   Kita harus memikirkan mengapa pengguna menggunakan layanan dan produk kita.

Weakness:Kelemahan Perusahaan

Di sini kita bisa menganalisis kelemahan bisnis kita.   Mengekstrak bagian yang tidak baik untuk perusahaan , seperti bagian yang tidak cukup bersaing karena biaya, sumber daya, dll.

Opportunity:Faktor eksternal yang bisa menjadi peluang

Kita akan menganalisis perubahan dalam lingkungan yang akan menjadi peluang bisnis bagi perusahaan kita dan pergerakan pesaing terhadap perubahan.   Sangat penting untuk mengumpulkan data secara menyeluruh dan bahkan satu faktor kecil yang dapat menjadi peluang bisnis.

Threat:Ancaman

Menganalisa perubahan lingkungan beresiko melemahkan kekuatan perusahaan dibandingkan perusahaan pesaing. Dalam menghadapi faktor eksternal, ada banyak ancaman yang tidak dapat ditangani oleh perusahaan untuk mengetahui peluang bisnis baru.

Sama halnya dengan menemukan peluang, kita dapat mengekstrak semua hal yang dapat menjadi ancaman bahkan hal yang sepele sekalipun.

Mari Kita Benar-benar Menganalisa

Mari Kita Benar-benar Menganalisa

Mulailah membuat catatan praktis dan masukkan kekuatan dan kelemahan yang ada.   Dengan menuliskan faktor positif dan faktor negatif perusahaan kita, masalah dan risiko bisnis perusahaan akan dapat divisualkan.


Catatan Praktik: Mulai melakukan analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah   kerangka kerja metode analitis   untuk menganalisis status terkini dari strategi dan rencana manajemen.   Diperlukan untuk menganalisis lingkungan internal perusahaan dan lingkungan eksternal secara terpadu dan menemukan peluang untuk memajukan bisnis perusahaan.


Kekuatan Perusahaan – Strength –

Kita akan menganalisis kekuatan perusahaan kita seperti tingkat kekuatan teknis dan pengalaman operasional jangka panjang.   Mari kita pikirkan mengapa pengguna menggunakan layanan dan produk kita.

※ ex. Di bidang yang mengkhususkan pada tema, niche adalah hal yang no.1

Kelemaham – Weakness –

Menganalisis kelemahan perusahaan kita.   Meng ekstrak bagian yang tidak baik untuk diri sendiri, seperti bagian yang tidak cukup untuk persaingan karena biaya, sumber daya, cara meluncurkan informasi, dll.

※Contoh: Ada beberapa pai karena ini adalah bidang ceruk

Kesempatan yang dapat menjadi peluang – Opportunity –

Kita akan menganalisis perubahan dalam lingkungan yang akan menjadi peluang bisnis bagi perusahaan kita, dan jenis gerakan apa yang dibuat pesaing dalam menghadapi perubahan.   Sangat penting untuk mengumpulkan data secara menyeluruh dan untuk mengekstrak sebanyak mungkin faktor yang dapat menjadi peluang terlepas dari seberapa kecilnya itu.

※ Karena ini adalah bidang khusus, efek iklan perusahaan dan produk yang Anda inginkan untuk mendekati kelompok pengguna yang jelas lebih mudah menaikkan tarif daripada media yang berhubungan dengan bidang kinerja yang luas.

Ancaman -Threat-

Kita akan menganalisis perubahan dalam lingkungan di mana ada bahaya yang dapat mengacaukan kekuatan perusahaan kita dan pergerakan pesaing.   Karena itu adalah faktor eksternal, ada bagian yangtidak dapat ditutupi hanya dengan usaha perusahaan sendiri, tetapi dengan mengetahui ancaman peluang bisnis hal ini baru dapat diekstraksi.

※Perusahaan besar dengan nilai nama di bidang ceruk yang sama akan membawa pengguna dengan cepat memanfaatkan sepenuhnya dana yang mereka miliki


Ringkasan no.3

Dengan memahami lingkungan internal dan lingkungan eksternal, analisis SWOT akan mengarah pada visualisasi perusahaan kita, perusahaan lain, industri, dan lingkungan pasar.   Perlu dipikirkan bagaimana membangun lingkungan internal secara strategis sebagai tindakan untuk menghadapi perubahan lingkungan eksternal.

Adanya kerangka kerja ” analisis lintas SWOT ” dan ” analisis 5 kekuatan ” yang berasal dari analisis SWOT, dan ” analisis PEST ” untuk menganalisis lingkungan makro.   Kita juga juga dapat menangani beberapa kursus pemasaran web, silahkan pelajari lebih lanjut.

Pertama-tama, Anda harus membuat analisis SWOT dan menggunakannya ketika membangun strategi yang lebih dalam.

4)   Membuat persona dan memastikan pengguna target

Persona dikatakan penting dalam kegiatan pemasaran.   Namun, tidak banyak orang yang dapat memahami mengapa persona ini harus dibuat dan apa manfaat yang akan didapatkan.  Kali kita akan membahas kelebihan Persona dan cara membuatnya.

Persona memiliki banyak kelebihan yang mendukung proses pemasaran, namun tampaknya ada banyak kasus orang-orang masih memiliki pemahaman secara ambigu.

Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan membuat persona, dan berikut ini adalah cara membuatnya.

Pengertian Persona

Persona adalah citra pelanggan yang ideal dalam bisnis atau layanan yang kita miliki. Dengan membuat persona dalam melakukan pemasaran,  sasaran kita akan menjadi lebih jelas, seperti “ Pelanggan apa yang Anda inginkan untuk dating ” dan “ Apa yang diinginkan oleh orang-orang tersebut ”.

Alasan mengapa kita harus membuat persona

Secara garis besar, alasan mengapa kita perlu membuat persona dapat dibagi menjadi 3 hal berikut:

1.Sudut pandang member

Dengan menciptakan persona, Anda dapat ” menyamakan sudut pandang ” di dalam perusahaan atau dengan anggota yang berpartisipasi.

Jika Anda melakukan aktivitas pemasaran sendirian, sudut pandang yang Anda miliki tidak akan goyah, tetapi jika kita melakukannya dengan banyak orang, target akan cenderung mengalami pergeseran.   Misalnya, dalam perusahaan IT, ketika designer program menganggap bahea desain “ pop ” lebih disukai pelanggan, sementara programmer mengganggap bahwa desain yang berkesan tajam akan lebih cocok dengan produk yang sedang dibuat.

Dengan kita membuat persona, kita akan dapat mencegah pergeseran yang diakibatkan oleh hal tersebut.

2.Pemasaran yang efisien

Dengan kita membuat persona, akan menjadi jelas metode pemasaran apa yang dapat kita gunakan sesuai dengan tipe pelanggan. Jika ini tidak diperjelas, akan ada pemborosan dalam menggunakan biaya iklan karena salah memperkirakan target dan membuat konten.

Karena jika anggaran iklan tidak besar, biaya iklan tidak boleh terbuang percuma. Kita harus mengatur persona terlebih dahulu untuk membuat pemasaran lebih efisien.

3.Membuat keputusan menjadi lebih cepat ketika terjadi keragu-raguan

Ketika melakukan kegiatan pemasaran, ada banyak kasus dimana kita harus memutuskan suatu tindakan. Dengan membuat persona, kita akan segera dapat membuat keputusan  “Yang mana yang akan memberikan pengaruh kepada target “.

Kita akan bisa memikirkkan dengan sudut pandang persona, yang mana yang lebih disukai oleh pelanggan.

Cara membuat persona

Silahkan simak penjelasan berikut

1.Mengumpulkan informasi

Mengklasifikasikan pelanggan yang ada

” Pelanggan yang ideal ” adalah mereka yang bersimpati dengan produk, dengan kata lain, telah menggunakannya untuk waktu yang lama.   Pertama-tama, kita dapat meminta pendapat karyawan perusahaan tentang ” pelanggan yang ideal “.

Jika Anda sedang mengelola online shop, gunakan analisis RFM untuk mengklasifikasikan pelanggan yang sudah ada dengan ” tanggal pembelian terbaru “, ” frekuensi pembelian “, ” harga beli “, dll. Kemudian mengklasifikasikan mereka ke dalam jenis “ pelanggan yang baik ”, “ Pelanggan yang potensial ” dan “ Pelanggan yang pergi ”.

Melihat data analisis akses

Jika Anda sudah menginstal alat analisis akses, Anda dapat mengambil keuntungan karena bisa memeriksa perilaku pembelian pengguna dan barang apa yang sering dibeli.

Kita bahkan dapat melihat data lain seperti ” kapan (waktu) ” ” browser apa yang digunakan ” dan ” di mana(tempat) ” sehubungan dengan transaksi yang dilakukan oleh pengguna

Data ini adalah data berharga untuk dapat membuat persona.

Mendengarkan pendapat pengguna melalui wawancara

Jika kita dapat mengetahui pendapat pengguna yang benar-benar menggunakan produk atau layanan kita melalui wawancara pengguna, hal ini wajib kita lakukan untuk mendapatkan response yang lebih pasti.

Dalam wawancara dengan, yang penting adalah bahwa kita harus mendengarkan secara obyektif dan adil.

Hal-hal yang perlu kita perhatikan ketika melakukan wawancara pengguna dijelaskan secara detail pada halaman berikut.

Melihat data riset pasar

Data riset pasar sangat diperlukan setelah kita mengetahui tren industri dan data demografi pengguna.   Data- data lainnya yang dikeluarkan oleh kementerian dan lembaga masyarakat memiliki keakuratan yang tinggi dengan volume yang tinggi.   Ada banyak data yang dirangkum berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin, dan itu sangat berguna untuk pembuatan persona.

2.Mengklasifikasikan data yang telah terkumpul

Hal-hal serupa kemudian dirangkum dan dikelompokkan. Misalnya ke dalam kategori seperti di bawah ini.

  • Informasi dasar
  • Pekerjaan
  • Informasi pribadi (kepribadian, hobi, dll.)

Atau bisa juga menambahkan kategori lainnya apabila dianggap perlu.

3.Meringkas ke dalam 1 persona

Terakhir kita bisa merangkum ke dalam 1 persona berdasarkan informasi yang telah dikelompokkan.

Ringkasan no.4

Persona yang telah kita buat selanjutnya harus diperbaiki.

Bisa dibilang, “ Bagi persona, bukan merilis konten yang dianggap bagus ”. Update bentuk persona setelah mempertimbangkan baik-baik mengapa tidak begitu. Kemudian bentuk persona bisa disempurnakan secara bertahap

Pada awalnya memang sulit, tapi setelah jadi persona akan memberikan banyak keuntungan. Jadi pastikan untuk membuatnya.


5) Menetapkan tujuan dan mengatur KGI dan KPI

Sejauh ini kita telah membahas tentang biaya yang dikeluarkan untuk membuat Web dan hasil yang ingin dicapai.   Selanjutnya adalah menetapkan tujuan dan target berdasarkan biaya dan penjualan dan menjelaskan KGI dan KPI untuk mengukur hasilnya.

Pengaturan KGI dan KPI sangatlah penting karena ini adalah area di mana ” tujuan dan pencapaian yang diharapkan dapat menjadi ambigu ” seperti halnya pengoperasian homepage.

Hal ini sangat dianjurkan untuk dipahami oleh orang-orang yang mengalami kesulitan dalam memahami perbedaan keduanya atau orang yang sekedar pernah menggunakannya.

Tentang hubungan KGI dan KPI

Tentang hubungan KGI dan KPI

KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator dan juga disebut sebagai indikator kinerja utama.

KGI(Key Goal Indicator)indikator untuk mengukur apakah tujuan akhir telah dicapai atau juga disebut indikator pencapaian tujuan terpenting.

KPI merupakan indikator menengah untuk mencapai tujuan akhir, KGI.

Untuk mencapai KGI, kita harus menjalani berbagai proses.   Di sinilah fungsi KPI untuk mengukur proses yang sangat diperlukan untuk mencapai tujuan akhir dan mengukur seberapa jauh proses yang telah dilakukan dan mengindikasikan apakah semua proses itu sudah benar-benar diselesaikan dalam KPI

Menentukan KGI yang terikat dengan tujuan / sasaran

Karena KGI tidak sesuai dengan indeks ambigu, pada dasarnya untuk mengatur waktu dan nilai-nilai numerik tertentu sehingga siapa pun dapat menilai secara adil dan menjadikannya kriteria yang jelas untuk penilaian.

Misalnya, ” meningkatkan kepuasan pelanggan ” merupakan tujuan yang tidak jelas bagi KGI. Jadi jika tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan, maka yang tercatat di dalam KGI adalah ” akan meningkatkan penjualan dari 20% menjadi 40% per tahun ” dam ” harga unit 3.000 Rupiah akan ditingkatkan menjadi 4.000 Rupiah ” sebagai nilai numerik yang konkret.

Memutuskan KPI mana yang terkait dengan KGI

Aturlah KPI setelah menetapkan KGI sebagai tujuan.   KPI dapat ditentukan dengan membuat KGI dan ditampilkan dalam bentuk diagram pohon.   Salah satu yang menunjukkan hal ini adalah ” pohon KPI ” di bawah ini.  Kita dapat menggunakan KGI sebagai simpul pohon dan menambahkan KPI di bawahnya.

Memutuskan KPI mana yang terkait dengan KGI

Misalkan jika kita menjadikan “ hasil penjualan ” sebagai KGI, maka ” harga unit pelanggan “, ” jumlah pengunjung “, dan lain-lain dapat dibuat KPI di bawahnya.  Misalnya, jika ” penjualan ” adalah KGI, maka ” harga unit pelanggan “, ” jumlah pengunjung “, dll. Dapat dibuat KPI di bawahnya.   Buatlah KPI dan juga KGI sebagai nilai numerik konkret. Jika diperlukan silahkan unduh kerangka pohon KPI dan masukkan KGI, KPI sesuai analisa Anda.

Setelah selesai memasukkan KGI dan KPI yang terkorelasi dalam pohon KPI, kita bisa  mulai membuat catatan praktis dan menyimpannya sebagai inputan.


Catatan Praktis:Mencatat KPI, KGI dan Tujuan akhir

Setelah menghubungkan tujuan akhir dengan KGI dan KPI menggunakan pohon KPI, kita bisa mulai mengerjakan catatan praktis.

Tujuan Akhir

Mari masukkan tujuan akhir yang ingin kita capai.

Contoh: Kemenangan pada liga 1

Indeks pencapaian tujuan akhir (KGI)

Harap masukkan indikator pencapaian tujuan akhir yang mengarah ke tujuan akhir.

Misal:Total skor tahunan

Misal:Menciptakan 60 goal

Indikator kinerja utama (KPI)

Harap masukkan kunci indikator kinerja (KPI) yang mengarah ke indeks pencapaian tujuan akhir (KGI).

Misal:▼Performa keseluruhan pertandingan

Tembakan: 300 atau lebih

Tingkat keberhasilan rata-rata: 80% atau lebih

Tingkat keberhasilan silang: 200 kali atau lebih


Ringkasan no.5

KGI dan KPI adalah indikator linguistik dan kuantitatif sehingga siapa pun dapat mengenali tujuan dan proses untuk mencapainya.

Ketika KGI dan KPI menjadi lebih jelas, mudah bagi anggota untuk menyatukan niat mereka dan untuk mengevaluasi tim secara adil.

Jika KPI tercapai tetapi KGI tidak dapat dicapai, ada kemungkinan besar bahwa pengaturan KPI di awalnya salah, jadi kita perlu mempertimbangkan baik-baik metode tersebut.

Ulasan Lengkap Strategi Pemasaran Hingga Implementasinya

0
Versi Untuk Disimpan] Rangkuman Seluruh Metode Strategi Pemasaran Internet yang Dapat Dipahami dalam Waktu 10 Menit

Dalam melakukan pemasaran melalui internet, diperlukan startegi pemasaran untuk menarik perhatian dan minat pelanggan agar mengunjungi situs Anda. Saat seseorang berkata “ Tolong jelaskan seluruh strategi pemasaran internet untuk menarik pelanggan! ”, bukankah hanya sedikit dari Anda yang dapat langsung menjawab?

Walaupun pemasaran internet dikatakan dapat dilakukan dengan mudah, namun, hanya beberapa orang yang dapat membayangkan keseluruhan dari strategi pemasaran dengan jelas. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasilnya, pertama-tama setelah Anda mengetahui tentang pemasaran internet secara luas, Anda perlu membentuk strateginya dengan baik.

Perbedaan Pemasaran Biasa dan Pemasaran Internet

strategi pemasaran

Pertama-tama sebagai dasarnya, mari kita susun karateristik dari ‘pemasaran internet’ yang terdapat dalam pemasaran atau marketing. Pemasaran internet memiliki karakteristik yaitu tingkat efisiensi dapat diukur, kecepatan tinggi, biaya rendah dan pendekatan pribadi. Mari kita lihat dan bahas satu persatu.

1. Tingkat efisiensi dapat diukur

Anda dapat memverifikasi strategi yang telah dilakukan karena dalam pemasaran internet Anda dapat mengetahui data kuantitatif dari biaya dan tingkat efisiensi dari strategi pemasaran tersebut.

2. Kecepatan tinggi

Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda tentukan dalam pemasaran internet. Oleh karena itu, kecepatan implementasi dari strategi terasa berbeda dari metode pemasaran tradisional atau pemasaran biasa.

3. Biaya rendah

Pemasaran internet dapat dimulai dari skala yang sangat kecil. Bahkan perusahaan dengan anggaran rendah dapat memulai dengan menggunakan strategi pemasaran yang mudah untuk memperoleh hasil.

4. Pendekatan pribadi

Anda dapat melakukan strategi pemasaran yang berbeda pada setiap target dalam pemasaran internet. Ini dapat mengurangi hal yang sia-sia dan membuat pemasaran internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional.

Berdasarkan dasar tersebut, kami akan memperkenalkan seluruh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran internet.

Bagaimana Gambaran Luas dari Pemasaran Internet?

Langkah-langkah dalam pemasaran internet secara garis besar dibagi menjadi ‘strategi menarik pelanggan’, ‘strategi pelayanan’, dan ‘strategi kunjungan kembali’. Berikut ulasan lengkapnya yang harus Anda ketahui.

● Strategi menarik pelanggan: strategi untuk menarik pengguna internet untuk berkunjung ke situs internet
● Strategi pelayanan: strategi untuk membuat pengguna internet melakukan kegiatan (pembelian, permintaan dokumen, pertanyaan, dan lain-lain) saat berada di situs internet. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengguna internet dan mendorong terjadinya kegiatan tersebut.
● Strategi kunjungan kembali: strategi untuk menjaga hubungan dengan pengguna internet yang pernah berkunjung dan membuatnya berkunjung kembali.

Daftar Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Pelanggan

Dalam pemasaran internet, terdapat beragam strategi yang bisa diterapkan. Kami akan menjelaskan setiap strategi untuk menarik pelanggan secara mendasar. Berikut penjelasan daftar strategi untuk menarik pelanggan.

SEO (Search Engine Optimization)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆

Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Pada dasarnya strategi ini tidak memiliki efek langsung, tetapi dalam jangka panjang arus keluar-masuk akan meningkat secara alami. jadi dapat dikatakan bahwa strategi ini sangat diperlukan untuk menarik pengguna internet.

Jaringan Iklan atau Networsk Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆

Ini adalah jaringan yang dapat mengirim iklan yang berbentuk teks atau spanduk ke berbagai macam media di internet. Iklan ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna internet daripada iklan listing. Contoh yang terkenal adalah Google Adsense dan Yahoo! Display Ads Network.

Iklan Listing atau Listing Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Karena iklan akan segera tampil pada bagian atas jika Anda membayar, iklan ini dapat dikatakan memiliki efek yang lebih dicari dari SEO, tetapi iklan ini memerlukan pengoperasian dan manajemen yang mendetail. Contohnya adalah Google Ads (nama sebelumnya:Google Adwords), Yahoo! Promotional Ads, dan REMORA Listing.

SMM (Social Media Marketing)

Biaya ★☆☆☆☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆

Metode ini dilakukan dengan membuat akun media sosial seperti Facebook dan Twitter perusahaan Anda untuk menarik perhatian pengguna internet dan mendapatkan pelanggan. Postingan populer akan menyebar dengan sendirinya melalui komentar antar pengguna internet. Tetapi, Anda perlu untuk mengelola merk Anda dan terus melakukan hubungan langsung dengan pengguna internet secara bersamaan.

Iklan Afiliasi atau Affiliate Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆

Saat ada pengguna internet yang berkunjung dan melakukan pembelian, pendaftaran, pertanyaan, atau permintaan dokumen melalui link yang dilampirkan pada blog, situs internet, atau majalah email, Anda perlu membayar jasa kepada media (afiliasi) yang telah melampirkan link Anda, inilah yang disebut dengan iklan afiliasi.

Walaupun sistem pembayarannya baik karena berdasarkan tingkat efisiensi, iklan ini memiliki resiko merugikan merk Anda karena jumlah parameter menarik pelanggannya relatif kecil.

Pemasaran email

strategi pemasaran

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada pengguna internet agar kembali berkunjung. Untuk mendapatkan kunjungan kembali, Anda tidak mengirimkan email yang sama kepada seluruh pengguna internet yang pernah berkunjung, tetapi Anda hanya perlu mengirimkan email atau kupon kepada pengguna yang sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan.

Iklan Media Sosial

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah iklan yang dikirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter. Walaupun iklan ini memerlukan biaya berbeda dengan SMM, iklan ini dapat segera ditampilkan pada halaman media sosial seperti iklan listing. Strategi ini juga memerlukan manejemen yang detail agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Strategi pemasaran offline

Biaya ★★★★★
Efektifitas langsung ★★★★☆

Strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda tidak hanya dapat dilakukan melalui internet. Walaupun memerlukan biaya, Anda dapat menarik pengguna internet untuk mengakses situs internet Anda dalam jumlah yang sangat besar sesuai dengan strategi yang Anda gunakan.

Salah satu kunci mengundang pengguna internet untuk mengunjungi situs Anda dengan mudah adalah dengan menggunakan kode QR.

LPO (Landing Page Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi halaman yang menjadi pintu masuk situs Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman yang sesuai dengan aliran masuk iklan internet atau melakukan percobaan dengan membuat beberapa halaman dan mengujinya untuk mengetahui halaman mana yang lebih baik.

Alat pelayanan dalam situs internet

Biaya ★★★☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah alat yang dapat membuat kupon dan mengirim chat kepada pengguna internet yang berkunjung secara langsung. Banyak yang memperhatikan alat ini walaupun hanya beberapa situs internet yang menggunakannya. Contoh yang terkenal adalah flipdesk dan KARTE.

Pengiriman iklan kepada media lain

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Ini adalah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan akses dari pengguna internet dengan menaruh iklan pada situs internet atau aplikasi yang sudah memiliki banyak akses.

Karena sudah banyak media yang dapat mencantumkan iklan dan memiliki ‘data media’ tentang berapa banyak, pengguna yang seperti apa, dan seberapa jauh jangkauan yang akan diterima, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dan membuat gambaran secara garis besar.

Strategi Kunjungan Kembali

Iklan target ulang
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★★☆

Strategi ini dilakukan untuk mendorong kunjungan kembali dengan mengirimkan iklan kepada pengguna internet yang pernah berkunjung ke situs Anda. Walaupun membutuhkan biaya, strategi ini efektif karena pengguna internet yang pernah berkunjung memiliki minat yang tinggi terhadap situs Anda.

Tetapi, strategi ini tidak dapat dilakukan pada situs internet yang memiliki jumlah akses yang sangat kecil. Untuk meningkatkan jumlah target pengguna yang akan dikirimkan iklan, Anda juga perlu melakukan strategi untuk menarik pelanggan secara bersamaan.

EFO (Entry Form Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆

Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi formulir situs Anda. Walaupun Anda berhasil menarik minat pengguna internet (memuaskan pengguna internet), terkadang ada pengguna internet yang keluar dari situs internet saat akan mengisi formulir.

Optimasi formulir diperlukan untuk memberikan efektifitas langsung karena pengisian formulir berada dekat dengan tahap sukses untuk pendaftaran, pembelian, pertanyaan, dan permintaan dokumen.

Rangkuman: Apa Tugas dari Pemasar Internet atau Web Marketer?

Terakhir, kami akan memberikan tambahan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tugas dari pemasar internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut.

Hal terpenting dari pemasaran internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut, melainkan menekan biaya dengan mengetahui seluruh karakteristik strategi dan memilih strategi yang sekiranya paling banyak mengumpulkan calon pelanggan yang akan menjadi target perusahaan Anda.

Pemasar internet bukanlah orang yang melakukan strategi internet secara khusus, tetapi harus seorang generalist yang memilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika Anda mencoba untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pemasaran internet perusahaan Anda dengan mencoba untuk menggunakan strategi yang belum Anda lakukan?

Itu dia ulasan kami mengenai strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda membangun strategi yang baik pada perusahaan Anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi!

Internet Marketing (Sejarah, Pengertian, Strategi)

0
Pengetahuan Dasar dan Kebijakan Tentang Internet Marketing

Pemasaran dan periklanan yang dilakukan melalui atau menggunakan media online atau internet sering disebut dengan internet marketing. Melalui internet marketing, pesan-pesan promosi suatu produk atau jasa dapat disebarkan kepada konsumen.

Saat ini merupakan era dimana informasi yang awalnya diperoleh dari televisi dan koran sudah dapat diperoleh melalui internet. Banyak wirausaha maupun pebisnis yang mulai melirik internet marketing karena kepentingan beriklan melalui internet sangat tinggi.

Daftar Isi “ Pengetahuan Dasar dan Kebijakan Tentang Internet Marketing ”

・Sejarah Internet Marketing
・Apa itu internet marketing?
・Pentingnya Internet Marketing
・Menarik Minat Pelanggan Melalui Internet Marketing
・Cara Mengurangi Penarikan, Menambah Tingkat Kunjungan dan Konversi Pengunjung

Sejarah Internet Marketing

Sejarah tentang internet marketing dimulai lebih sejak 20 tahun yang lalu. Iklan banner yang dibuat oleh perusahaan telepon terbesar di Amerika yang bernama AT&T pada tahun 1994 dalam sebuah majalah online menjadi titik awal berkembangnya internet marketing.

Tetapi, sebagian besar orang harus mengakses website dengan memasukan alamat website yang tertulis di majalah karena saat itu belum ada mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Sejarah internet marketing yang seperti saat ini dimulai sejak pertengahan tahun 1990 saat dibentuknya mesin pencari.

Mesin pencari saat itu disebut dengan ‘mesin pencari jenis direktori’, dimana pemilik website harus mendaftarkan websitenya agar bisa terlihat saat dicari menggunakan mesin pencari tersebut. Tetapi, pada tahun 1998, Google mengumumkan ‘mesin pencari jenis robot’ yang secara otomatis dapat mencari dan menampilkan hasil pencarian situs yang relevan di internet.

Hal itu menyebabkan munculnya metode internet marketing yang bernama SEO (Search Engine Optimization), yaitu metode untuk menampilkan sebuah website pada bagian atas hasil pencarian.

Selain itu, pada tahun 2002 Google dan Yahoo! menciptakan layanan periklanan bernama listing ads dengan menggunakan mesin pencari. Hal ini juga dikenal sebagai “ periklanan berbasis pencarian ” yang menyediakan tampilan hasil pencarian dan produk drta layanan yang terkait dengan kata kunci pada pencarian.

Saat memasuki tahun 2000, situs online shop seperti Rakuten Ichiba dan Amazon mulai terkenal, selain itu pemakaian blog dan majalah email secara pribadi juga semakin meningkat, hal itu menyebabkan pemasangan iklan pada media pribadi dan affiliation ads (iklan afiliasi) untuk mengundang pelanggan mengakses situs online shop juga mulai banyak digunakan. Kalau dilihat dari sudut pandang internet marketing, media untuk menarik minat pelanggan pun menjadi semakin luas.

Lalu pada tahun 2007 lahirlah ‘sesuatu’ yang menyebabkan perubahan revolusioner cara berpikir tentang internet marketing. ‘Sesuatu’ tersebut adalah “ iPhone ” yang merupakan pelopor dari ponsel pintar (smartphone). Kemudian pemakaian smartphone di seluruh dunia pun meningkat. Cara masyarakat untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi pun berubah seiring dengan munculnya sosial media seperti Twitter dan Facebook (keduanya mulai digunakan oleh publik pada tahun 2006) bersamaan dengan iPhone.

Internet marketing berkembang dengan sangat pesat setelah ditemukan cara-cara baru untuk menarik minat pelanggan, seperti membuat akun perusahaan atau merek sendiri di media sosial untuk membentuk ikatan dengan user lain (pelanggan) dan juga menyediakan aplikasi untuk ponsel pintar.

Sementara itu, pada awal tahun 2000 mulai dibentuk alat untuk menentukan langkah-langkah dan mengukur pengaruh internet marketing seperti alat untuk menganalisis akses, LPO (Landing Page Optimization), dan EFO (Entry Form Optimization). Berikut akan dijelaskan lebih rinci mengenai teknologi internet marketing.

Baca juga : Marketing Adalah ? (Pengertian dan Dasar-Dasarnya)

Secara sederhana, internet marketing merupakan kegiatan menarik minat pelanggan agar membeli produk atau layanan yang dijual melalui website toko online atau layanan website lainnya. “ Kegiatan periklanan ” untuk menarik minat pelanggan seperti iklan televisi atau iklan majalah dan “ kegiatan berjualan ” untuk menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan yang datang, semuanya dilakukan dalam bentuk online.

Pada dasarnya “ marketing ” adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjual produk atau layanan sebanyak-banyaknya. Mulanya pelanggan perlu mengetahui produk atau layanan yang tersedia dan tempat pembeliannya, setelah itu kita perlu menarik minat pelanggan dengan menyesuaikan produk atau layanan sesuai selera dan gaya hidup mereka.

Setelah melakukan langkah tersebut, tujuan utama internet marketing adalah membuat pelanggan berpikir “ Aku ingin membeli produk atau layanan ini! ” dan membeli produk atau layanan tersebut. Internet marketing ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas periklanan dan penjualan pada website.

Periklanan pada website atau layanan website lainnya dilakukan dengan metode mesin pencari, listing ads, affiliate ads, dan iklan melalui sosial media. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika cara memilih iklan atau cara pengetikan iklan salah, periklanan tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu, walaupun kita berhasil mengundang pelanggan untuk mengunjungi website, mungkin saja pelanggan tidak tertarik dengan produk atau layanan yang tersedia. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui “ Cara Menyebarkan Informasi ” di website atau “ Cara Membujuk ” pelanggan agar dapat menemukan informasi yang diingankannya dalam website. Dengan memikirkan hal-hal tersebut, internet marketing dapat dilakukan untuk bisnis maupun pemasaran.

Hal yang sulit dilakukan dalam internet marketing adalah memastikan dengan rincian data seperti berapa tingkat keberhasilan masing-masing iklan dalam menarik minat pelanggan dan siapa dan berapa banyak orang yang telah melihat halaman-halaman tersebut.

Selain itu seberapa sering dan berapa banyak orang yang telah melihat halaman-halaman tersebut. Kualitas periklanan dan penjualan dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan pada cara membujuk pelanggan dan cara memperlihatkan informasi berdasarkan hasil data yang telah didapat.

Dapat dikatakan bahwa internet marketing adalah kegiatan untuk meningkatkan penjualan pada suatu website.


Pentingnya Internet Marketing

Bisnis belanja online (online shopping), BtoC (business to consumen) dan E-Commerce telah meramaikan pasar serta diperkirakan akan meningkat secara terus menerus. Karena kebutuhan untuk belanja secara online dapat meringkan beban ketika berbelanja banyak diperkirakan akan terus meningkat.

Meningkatnya pemakaian ponsel pintar (smartphone) dan media sosial, membuat generasi saat ini menyadari kemudahan berbelanja online yang memudahkan pelanggan mendapatkan barang yang stoknya telah habis di toko dan mudah mendapatkan barang yang hanya dapat dibeli di tempat yang jauh, hal inilah yang akan memperluas pasar. Website seperti online shop dan layanan website lainnya, memiliki potensi yang besar di masa depan.

Tetapi, meningkatnya pemakaian belanja melalui internet juga menyebabkan persaingan sengit antara online shop yang jumlahnya juga semakin meningkat. Bagaimana caranya agar pelanggan dapat menemukan iklan perusahaan kita dari sekian banyak iklan yang beredar? Lalu bagaimana agar pelanggan lama mengunjungi website kita dan menemukan produk atau layanan yang mereka inginkan.

Dan yang terakhir, bagaimana caranya agar pelanggan mau membeli produk atau layanan tersebut. Berdasarkan analisis tentang kunjungan pelanggan, tugas internet marketing semakin diperlukan untuk mengatur pelanggan agar mendapatkan layanan sesuai keinginan mereka seperti halnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Menarik Minat Pelanggan Melalui Internet Marketing

Hal paling pertama yang perlu dilakukan dalam internet marketing adalah menarik minat pelanggan untuk mengunjungi website sebuah perusahaan atau online shop. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menarik perhatian pelanggan.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara menarik perhatian pelanggan yang dilakukan ketika seorang pelanggan mencari kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan dari perusahaan/online shop tertentu melalui mesin pencari, hal tersebut akan mendorong peningkatan jumlah akses ke halaman situs perusahaan/online shop tersebut sehingga akan menempatkan mereka pada posisi paling atas mesin pencarian. Agar dapat ditampilkan pada halaman awal, perlu dilakukan analisis terhadap aturan mesin pencari dan perlu mengatur kata kunci yang digunakan pada halaman website.

Listing Advertisement

Listing Ads merupakan metode penempatan iklan melalui teks di ruang iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian mesin pencari. Karena dapat menampilkan iklan yang sesuai dengan kata kunci hasil pencarian, hasil akses yang diterima dapat memiliki jumlah yang sama seperti menggunakan metode SEO atau lebih dari itu. Urutan hasil pencarian kata kunci ditentukan dengan cara pelelangan lalu diurutkan dari harga yang paling tinggi.

Affiliate Advertising

Afiliasi memiliki arti yang sama dengan ‘kerja sama’. Affiliate Ads merupakan metode menarik minat pelanggan yang dilakukan dengan menampilkan iklan pada blog atau majalah email yang bersedia untuk diajak bekerja sama. Sebagian besar dari blog atau majalah email akan mendapatkan bayaran sesuai dengan hasil periklanan tersebut. Contohnya adalah jumlah pelanggan yang berkunjung untuk bertanya mengenai produk atau melakukan transaksi melalui iklan pada blog atau majalah email tersebut.

Advertising Network (Ad Network)

Ad Network adalah layanan yang dapat mengirimkan iklan ke beberapa media iklan internet. Dengan menggunakan layanan jaringan iklan, kita tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menaruh iklan satu per satu di setiap website dan tidak perlu mencari website yang bagus untuk menaruh iklan. Karena iklan langsung dikirim dan ditampilkan di banyak tempat, dapat diperkirakan bahwa jumlah akses akan terus bertambah.

Iklan Media Sosial

Iklan media sosial adalah metode yang dilakukan dengan menaruh iklan pada sosial media seperti Twitter atau Facebook. Kita dapat menentukan target iklan pengguna internet berdasarkan usia, wilayah, atau minat.

Retargeting Ads

Retargeting Ads merupakan metode menampilkan iklan secara berturut-turut berdasarkan halaman website yang pernah dikunjungi oleh pengguna internet tersebut. Metode ini juga disebut “ iklan pelacakan ”. Pengguna internet yang pernah mengunjungi website kita kemungkinan tinggi memiliki ketertarikan dengan produk atau layanan yang ditampilkan, oleh karena itu kita perlu melakukan pendekatan berkali-kali.

Email Marketing

Tidak hanya mengirimkan majalah email begitu saja, metode ini juga mengirim dengan memperkirakan waktu dan isi berdasarkan riwayat pemakaian pengguna internet tersebut. Contohnya dengan mengirimkan sekali lagi informasi tentang produk yang ingin dibeli oleh pengguna internet itu saat mengunjungi website.

Langkah Menggunakan Media Sosial

Metode ini dilakukan dengan membentuk akun resmi media sosial perusahaan atau merek sendiri untuk berhubungan dengan pengguna internet lainnya dan mengajaknya untuk mengakses website kita.

Fase untuk menarik pelanggan dapat dibagi menjadi ‘pengetahuan’ → ‘ketertarikan’ → ‘pertimbangan’ → ‘pembelian’ masing-masing produk atau layanan yang tersedia.

Contohnya, pertama-tama kita bisa menggunakan jaringan iklan atau iklan media sosial agar pengguna internet dapat mengetahui produk dan layanan yang tersedia untuk memenuhi fase pertama yaitu ‘pengetahuan’. Lalu, setelah pengguna internet mengetahui produk atau layanan yang tersedia, kita perlu membuat mereka tertarik untuk memenuhi fase kedua yaitu ‘ketertarikan’. Metode SEO atau Listing Ads dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut.

Berikutnya, kita perlu untuk membuat pengguna internet memilih produk atau layanan kita setelah tertarik dan membandingkan dengan produk atau layanan perusahaan lain untuk memenuhi fase ketiga yaitu ‘pertimbangan’ dan fase keempat yaitu ‘pembelian’. Email Marketing atau Retargeting Ads juga perlu dilakukan untuk mendorong pelanggan agar membeli produk atau layanan yang tersedia. Internet marketing akan berjalan sukses dengan melakukan langkah-langkah sesuai dengan fase yang telah disebutkan tadi.

Cara Mengurangi Penarikan, Menambah Tingkat Kunjungan dan Konversi Pengunjung

Ada beberapa pengunjung yang datang melalui iklan dan hasil pencarian tetapi langsung mengklik tombol ‘kembali’ tanpa membaca informasi yang sudah ada. Ini disebut dengan ‘langsung kembali’ dan persentase pengunjung yang langsung kembali disebut dengan ‘tingkat langsung kembali’.

Penyebab pengunjung langsung kembali walaupun baru saja sampai mungkin saja karena isi dari halaman yang dikunjungi tidak memiliki daya tarik yang cukup. Metode LPO (optimasi halaman awal) perlu dilakukan agar pengunjung yang mau berdiam lama di website kita bertambah.

LPO dilakukan untuk meningkatkan daya tarik dari halaman awal (disebut landing page dalam istilah internet marketing) yang dikunjungi oleh pengguna internet pada website kita. Penyebab pengunjung langsung kembali dari landing page kemungkinan karena mereka tidak berhasil menemukan halaman yang dicari dan tidak mendapatkan informasi yang lebih detail setelah berkunjung melalui iklan atau hasil pencarian. Jika setelah melakukan analisis akses pada website dan diketahui banyak pengunjung yang langsung kembali, kita perlu mencari tahu penyebabnya dan melakukan perbaikan.

Selain pengunjung yang langsung kembali, ada juga pengunjung yang hanya mengakses beberapa halaman dan langsung kembali tanpa mengakses halaman selanjutnya. Ini bukan hanya disebabkan oleh isi dari halaman tersebut, tetapi juga dapat disebabkan oleh tombol ‘selanjutnya’ yang susah untuk ditemukan.

Jika jumlah rata-rata halaman yang diakses setiap satu kali kunjungan atau ‘tingkat migrasi kunjungan dalam website’ rendah, kita perlu mempertimbangkan apakah tempat untuk mengklik tombol ‘kembali’ dan ‘selanjutnya’ dapat dicari dengan mudah atau apakah isi dan desain untuk setiap halaman sudah menarik atau tidak.

Selain ‘tingkat langsung kembali’ di halaman awal, ‘tingkat migrasi kunjungan’ di pertengahan, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah ‘tingkat konversi’. Konversi berarti pengalihan, hal yang dimaksud dalam internet marketing adalah bagaimana cara agar pengunjung melakukan sesuatu pada website sesuai harapan perusahaan.

Misalnya, kita harus membuat pengunjung benar-benar berbelanja jika kita membuat website dengan tujuan agar pengunjung ‘mau berbelanja’ dan membuatnya benar-benar mendaftar jika tujuannya ‘agar semuanya mendaftar’, inilah yang disebut konversi. Rasio konversi adalah persentase jumlah orang yang dialihkan ke jumlah total pengunjung.

Pada umumnya keberhasilan konversi ditentukan dari jumlah pengunjung yang berbelanja atau pengunjung yang mengisi formulir untuk mendaftar menjadi anggota, tetapi ada juga kasus dimana pengunjung tidak sampai mengisi formulir pendaftaran karena tidak tahu cara mengisi dan pembagian yang terlalu banyak.

Di saat inilah kita perlu mempertimbangkan metode yang disebut EFO (optimasi formulir masuk). Waktu yang diperlukan untuk mengisi formulir pendaftaran dapat dikurangi dan dibuat agar menjadi lebih mudah dengan menggunakan metode terdebut.

Hal ini memungkinkan pengunjung untuk memasukkan formulir tanpa merasa kesulitan, tingkat konversi akan meningkat dan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan awal dari pengoperasian website.

Simak lebih banyak tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore).

Selamat mencoba!

Rangkuman Cara Membuat Website

0
5 cara membuat website
Berikut beberapa tips dan rangkuman cara bikin website, baik berbayar maupun gratis. Artikel ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi tambahan ketika ingin membuat sebuah website.
Artikel ini menjelaskan tentang cara membuat website melalui lima halaman artikel yang dapat dibaca dalam waktu singkat.

Bagian 5

Apabila Anda membeli software yang tersedia secara komersial dan membuatnya sendiri

  • Dijual berbagai jenis software untuk mencoba cara bikin website.
  • Software jenis apapun itu tetap memiliki fungsi maupun kegunaan yang sama.
  • Pada akhirnya, jika tidak memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS, Anda mungkin tidak akan dapat melakukan manajemen terhadap sistem dari sebuah situs.

Berikut merupakan beberapa jenis software berbayar.

>> Microsoft FrontPage
>> Adobe Dreamweaver
>> Microsoft Expression Web
 

Apabila mengunduh software gratis dan cara bikin website sendiri

  • Meskipun dapat diunduh secara gratis, tetap memiliki performa cukup baik.
  • Karena gratis, maka perlu mempersiapkan diri untuk banyak belajar dan berusaha.
  • Pada akhirnya, jika tidak memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS, Anda mungkin tidak akan dapat melakukan manajemen terhadap sistem dari sebuah situs.
  • Server dan FTP harus ditempatkan secara terpisah.

Untuk para pemula, situs-situs berikut ini akan sangat membantu.

>> Microsoft Expression

Apabila meminta bantuan kepada seseorang yang ahli untuk proses pembuatan

  • Cara tercepat untuk bisa menyelesaikan permasalahan dalam cara bikin website.
  • Memerlukan biaya. Bahkan jika murah, kualitasnya akan menjadi rendah.
  • Bandingkanlah hasil dan penawaran pembuatannya dengan beberapa perusahaan.

 

Apabila meminta teman yang ahli untuk proses pembuatan melalui laptop

  • Hubungan Anda dengan teman-teman Anda saat ini sangatlah penting.
  • Setelah website selesai dibuat, bukan berarti sudah selesai. Masih diperlukan proses update
  • Meskipun seorang teman, tidak ada kemungkinan untuk membantu melakukan update sesuai dengan permintaan Anda secara berkala.
  • Ada kemungkinan hubungan pertemanan Anda menjadi tidak baik karena hal ini.

 

Apabila menggunakan CMS saat membuat website

  • Pada dasarnya metode ini sangat direkomendasikan.
  • Anda dapat membuat sebuah homepage tanpa perlu pengetahuan khusus mengenai HTML ataupun server.
  • Terdapat layanan berbayar yang menyediakan CMS dengan melakukan setting terhadap server terlebih dahulu.
  • Ada juga layanan dengan harga setara sebuah ponsel.

Misalnya, terdapat juga layanan yang sudah satu paket dengan CMS dan server, sebagai berikut:

>> WordPress
>> Joomla!
>> Drupal

TOP

[website-about]

Tabel Isi Website

TOP
5 Halaman Informasi Cara Membuat Website Bagi Anda yang ingin membuat website tapi tidak tahu caranya, tidak mengerti harus mulai dari mana, dan tidak yakin apakah bisa mencoba cara membuat website sendiri? Di sinilah jawabannya!
Bagian

 

1

 

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Bikin Website Berikut dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum membuat website. Daripada memulainya secara tiba-tiba, dengan membaca artikel berikut, akan dijelaskan mengenai isi kecepatan perubahan serta tingkat pemahaman terhadap sebuah website.
Bagian

 

2

 

Berbagai Cara Buat Website Terdapat berbagai macam cara membuat website. Selain menggunakan software berbayar maupun gratis, Anda juga dapat menggunakan jasa dari perusahaan vendor dalam membuat website. Di sini, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya masing-masing secara sederhana.
Bagian

 

3

 

Cara Buat Website Berdasarkan Tujuannya Cara membuat, pengetahuan dan teknologi yang diperlukan dalam membuat website tergantung dari kegunaan website itu sendiri. Website untuk situs perusahaan, online shop, hobi, situs komersil, dan sebagainya memiliki konten data masing-masing. Di sini, kami akan menjelaskan cara yang tepat sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
Bagian

 

4

 

Cara Membuat Website Gratis Website dapat dibuat dan dibuka untuk umum secara gratis. Namun, merupakan hal yang penting untuk mempelajarinya sendiri dan berlatih untuk membuat website secara gratis sehingga dapat digunakan oleh publik.
Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat website tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Bagian

 

5

 

Rangkuman Cara Bikin Website Cara membuat website sangat bermacam-macam. Membuat website dapat dilakukan kapanpun, dan dengan siapapun. Kami beserta staff editor kami menyarankan Anda untuk segera membuat website Anda! Dengan ini, kami akan menyampaikan ringkasan informasi dalam membuat sebuah website.

 

5 Halaman Informasi Cara Membuat Website

0
cara membuat website
Isi sudah dibuat sesederhana mungkin dan hanya memakan waktu 10 menit untuk membaca

Artikel ini menjelaskan tentang cara membuat website melalui lima halaman artikel yang dapat dibaca dalam waktu singkat.

Bagi Anda yang ingin membuat website tapi tidak tahu caranya, tidak mengerti harus mulai dari mana, dan tidak yakin apakah bisa mencoba cara membuat website sendiri? Di sinilah jawabannya! Webite yang ingin dibuat tentunya beragam, mulai dari website untuk toko sendiri, tentang hobi, dsb. Melalui situs ini, akan dijelaskan berbagai pengetahuan dasar mengenai cara membuat website bagi pemula.

Pastinya Anda memiliki alasan khusus dalam cara membuat website. Pada umumnya, tujuan orang-orang membuat website adalah untuk memperkenalkan perusahaan atau tokonya. Di sisi lain, ada juga yang membuat sebagai wadah konten pribadi seperti hobi atau aktivitas-aktivitas klub.

Selain itu, ada juga yang ingin mengetahui cara membuat website untuk bisnis seperti bisnis online shop dan bisnis lainnya.

Tentu saja, hal-hal seperti tujuan dan kegunaan yang jelas harus dimiliki saat ingin membuat website.

Sangat perlu bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu tingkat kesulitan, metode pembuatan, software yang digunakan, dan lain-lain saat membuat website.

Bagi pemula, sangat penting untuk memahami pengetahuan tentang HTML dan CSS dari awal, sehingga hal tersebut kemungkinan akan menyulitkan mereka dan lama-kelamaan menjadi beban.

Situs mengenai “Cara Membuat Website Bagi Pemula” ini tidak bertujuan untuk menjelaskan informasi mengenai HTML dan CSS, cara membuat website yang menarik, dan sebagainya. Namun, artikel yang terdiri dari lima halaman ini berisi penjelasan tentang hal-hal dasar yang perlu diketahui oleh pemula dan dapat dibaca dalam waktu 10 menit.

Saat ini, kita tengah memasuki era dimana kita tidak memerlukan pengetahuan secara mendalam mengenai cara membuat website.

Sebelum Anda memutuskan cara-cara membuat website secara pribadi dengan beberapa bantuan seperti software yang berkualitas, buku-buku petunjuk, atau langsung meminta pada ahli IT untuk membuatnya, mari kita baca artikel ini agar Anda terbayang seperti apa website yang Anda ingin buat.

Seandainya Anda bermaksud ingin membuat website mulai dari sekarang, kami harap pengalaman kami dapat bermanfaat bagi Anda.

Homepage adalah halaman depan atau awal ketika membuka sebuah website. Namun, terkadang banyak yang menganggap bahwa istilah homepage sama dengan ‘website’, dan seringkali digunakan secara berbeda dari pengertian aslinya.


Dalam pembuatan website, perangkat yang diperlukan hanya PC atau laptop

Perangkat yang diperlukan dalam menjelaskan cara membuat website kali ini hanyalah sebuah personal computer (PC). Anda tidak perlu repot-repot membeli software berbayar seperti Homepage Builder atau semacamnya.

Cara-cara membuat website terbilang sangat bermacam-macam. Oleh karena itu, di sini kami telah merangkum rekomendasi cara membuat website berdasarkan kegunaannya masing-masing.


Perbedaan Website dan Blog

Dalam pembuatan website, website dengan jenis blog lebih mudah dilakukan karena link-link internal yang ada di dalam suatu blog terbuat secara otomatis sehingga mudah di-update. Selain itu, melalui cara membuat blog dan kustomisasi blog, pengguna pemula dengan menggunakan PC, dapat memperdalam pengetahuan dalam pembuatan website seperti HTML, CSS, SEO, dan sebagainya bisa dimulai dengan menggunakan sebuah situs blog.

Artikel ini dibuat bagi mereka yang seorang pemula dan ingin tahu cara membuat website ataupun membuat website untuk layanan sendiri.

Penjelasan ini telah dibuat sederhana mungkin tentang metode ototidak cara membuat website dalam waktu yang singkat, tanpa perlu menjelaskan secara teknisnya.

NEXT

Tabel Isi Website

TOP
5 Halaman Informasi Cara Membuat Website Bagi Anda yang ingin membuat website tapi tidak tahu caranya, tidak mengerti harus mulai dari mana, dan tidak yakin apakah bisa mencoba cara membuat website sendiri? Di sinilah jawabannya!
Bagian

 

1

 

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Bikin Website Berikut dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum membuat website. Daripada memulainya secara tiba-tiba, dengan membaca artikel berikut, akan dijelaskan mengenai isi kecepatan perubahan serta tingkat pemahaman terhadap sebuah website.
Bagian

 

2

 

Berbagai Cara Buat Website Terdapat berbagai macam cara membuat website. Selain menggunakan software berbayar maupun gratis, Anda juga dapat menggunakan jasa dari perusahaan vendor dalam membuat website. Di sini, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya masing-masing secara sederhana.
Bagian

 

3

 

Cara Buat Website Berdasarkan Tujuannya Cara membuat, pengetahuan dan teknologi yang diperlukan dalam membuat website tergantung dari kegunaan website itu sendiri. Website untuk situs perusahaan, online shop, hobi, situs komersil, dan sebagainya memiliki konten data masing-masing. Di sini, kami akan menjelaskan cara yang tepat sesuai dengan kegunaannya masing-masing.
Bagian

 

4

 

Cara Membuat Website Gratis Website dapat dibuat dan dibuka untuk umum secara gratis. Namun, merupakan hal yang penting untuk mempelajarinya sendiri dan berlatih untuk membuat website secara gratis sehingga dapat digunakan oleh publik.
Di sini, kami akan menjelaskan cara membuat website tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.
Bagian

 

5

 

Rangkuman Cara Bikin Website Cara membuat website sangat bermacam-macam. Membuat website dapat dilakukan kapanpun, dan dengan siapapun. Kami beserta staff editor kami menyarankan Anda untuk segera membuat website Anda! Dengan ini, kami akan menyampaikan ringkasan informasi dalam membuat sebuah website.