Last Updated on June 14, 2022 by
Strategi promosi merupakan langkah-langkah yang perlu diperhitungkan dalam melakukan kegiatan manajemen pemasaran. Berikut merupakan penjelasan mengenai dasar-dasar strategi promosi beserta jenis-jenisnya dan terbagi dalam 4 poin.
Daftar Isi
Mempelajari Dasar-Dasar Strategi Promosi
Di dalam istilah pemasaran, terdapat beberapa hal yang mungkin tidak dapat Anda uraikan dengan baik ketika Anda diminta untuk menjelaskan istilah tersebut, meskipun Anda sedikit memahami tentang isitilah-istilah asing di dalamnya.
Berikut ini akan dijelaskan mengenai strategi promosi yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.
Metode Promosi Pada Umumnya
Metode promosi pada umumnya adalah berupa kegiatan periklanan, pengiriman promosi melalui e-mail kepada pelanggan menggunakan internet, panduan ke sebuah situs website, kegiatan PR (Public Relation), dan sebagainya. Kegiatan promosi memiliki peranan untuk menarik perhatian orang-orang agar terdorong untuk membeli produk yang dijual oleh suatu perusahaan.
Promosi merupakan salah satu tujuan dari sebuah perusahaan, namun, perlu adanya komunikasi yang baik di dalamnya agar promosi yang dilakukan dapat dengan mudah dipahami.
Misalnya, ada kemungkinan diperlukannya komunikasi dengan para pelanggan melalui sebuah email untuk tujuan promosi.
Perlahan-lahan mulai muncul kebutuhan untuk melakukan promosi melalui media sosial seperti Twitter sehingga komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan dengan mudah.
Hal yang paling penting dari apapun adalah bahwa sangat sulit untuk memperoleh sebuah produk agar dibeli oleh pelanggan.
Sangat penting untuk mengetahui apa yang paling dicari oleh pelanggan, apakah hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan perlu diketahui bahwa apakah orang-orang ada di dalam dua kondisi tersebut.
Karena beberapa poin yang disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa kegiatan promosi dan komunikasi merupakan dua hal penting yang dianggap sebagai seperangkat sarana dalam strategi pemasaran.
Penjualan yang dilakukan kemungkinan akan mengalami peningkatan tergantung pada penggabungan dua hal tersebut saat melakukan strategi promosi.
Pengertian Strategi Promosi
Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah tentang strategi promosi? Secara sederhana, strategi promosi mengacu pada perencanaan mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah produk agar sampai ke tangan para pelanggan.
Untuk membuat produk dan layanan menjadi dikenal oleh masyrakat luas, ‘komunikasi dalam pemasaran’ merupakan hal yang sangat efektif untuk hal tersebut, namun, tidak banyak hasil yang dapat diharapkan jika melakukannya secara asal dan tanpa perencanaan sebelumnya.
Dalam strategi promosi, perlu direncanakan secara rinci mengenai bagaimana, kapan, kepada siapa, dan waktu seperti apa yang tepat untuk melakukan pemasaran atau promosi terhadap sebuah produk/layanan. Strategi pemasaran memang sangat penting untuk sebuah perusahaan, namun strategi promosi lebih penting daripada hal tersebut.
Tentang Komunikasi dalam Pemasaran
Kegiatan pemasaran dibagi menjadi ke dalam empat (4) kerangka kerja, diantaranya, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Komunikasi dalam pemasaran terdapat diantara salah satu dari empat kerangka kerja pemasaran tersebut. Kerangka kerja yang mengacu pada komunikasi dalam pemasaran adalah Promotion (Promosi).
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap perusahaan memiliki sebuah strategi pemasaran untuk produk-produk dan layanan yang mereka miliki dan hal tersebut berdasarkan dari cara komunikasi yang dilakukan dalam pemasaran. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran juga dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing dari mereka akan disesuaikan dengan strategi promosi dan akan digabungkan agar secara efektif dapat membuat produk menjadi lebih menarik.
Jenis-Jenis Strategi Promosi
Setiap perusahaan berusaha mengembangkan produk yang dapat memuaskan pelanggan dan mempersiapkan strategi promosi untuk membuat pelanggan mengetahui produk mereka yang telah jadi. Strategi promosi sangat penting agar pelanggan dapat mengetahui keberadaan dan kualitas dari sebuah produk, dan kegiatan promosi tersebut akan meningkatkan penjualan.
Terdapat berbagai jenis komunikasi dalam pemasaran. Secara garis besar terbagi menjadi empat (4), yaitu iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat (public relation).
1. Iklan
Iklan merupakan promosi yang dilakukan melalui media seperti televisi, radio, koran, majalah, brosur dan selebaran, atau langsung melalui e-mail. Media tersebut digunakan agar produk dapat diketahui oleh masyarakat luas, meningkatkan merk atau brand, dan lainnya yang dapat mengesankan masyarakat luas terhadap suatu produk.
2. Penjualan Perorangan (Personal Selling)
Personal Selling merupakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi langsung (tatap muka), layanan customer service dan follow-up service. Tenaga personal selling ini melakukan hal-hal seperti misalnya, melayani pelanggan yang ingin melakukan konsultasi di bagian cosmetic counter, sehingga pelanggan membeli produk kosmetik tersebut. Keuntungan diperoleh ketika para tenaga personal selling ini mampu mendengar dan membantu secara langsung para pelanggan mereka. Selain itu, ada kemungkinan pelanggan setia akan terus datang dan membeli suatu produk/layanan dengan adanya layanan konsultasi di bagian depan kantor/perusahaan karena pengaruh dari tenaga personal selling ini.
3. Promosi Penjualan
Pada promosi penjualan, hal ini merupakan cara agar produk dapat diketahui oleh khalayak umum dengan melakukan start-up seperti uji coba terhadap produk, memberikan hadiah atau tiket kupon untuk setiap pembelian produk, diskon produk, dan lain-lain. Biasanya uji coba atau pengambilan sampel terhadap produk dilakukan di jalan-jalan. Dibandingkan dengan beriklan, hal ini dikatakan lebih sebagai kegiatan promosi penjualan.
4. PR (Public Relation)
Hal umum yang berkaitan dengan ini biasanya adalah siaran pers atau press release. Selain itu, PR juga memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas perusahaan dan produk melalui sponsorship serta untuk meningkatkan keandalan dan ketertarikan terhadap suatu produk. Tujuan penyebaran informasi ke publik dibagi secara terpisah karena tujuan dan metode yang dimiliki berbeda-beda, seperti iklan dengan menggunakan media seperti TV dan berbagai media lainnya.
Dengan cara ini, maka terdapat berbagai jenis dan metode komunikasi pemasaran. Tidak dapat dikatakan mana metode dan cara yang terbaik dan tidak baik untuk digunakan karena hal tersebut tergantung pada karakteristik barang dan jasa, citra perusahaan, dan sebagainya.
Tentu saja, cara dan metode tersebut dapat digabungkan agar dapat meningkatkan ketertarikan terhadap suatu produk secara efektif. Semua hal di atas dapat dilakukan dengan strategi promosi yang dilakukan secara hati-hati dan terencana. Kegiatan promosi yang didasarkan pada strategi yang terencana dengan pasti akan menghasilkan respon yang positif.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.