Last Updated on August 26, 2022 by
Ada empat perubahan baru dalam strategi mobile marketing yang terbukti mendatangkan lebih banyak pembeli. Apa sajakah tren dan inovasi tersebut?
Mobile marketing adalah metode pemasaran yang paling banyak diterapkan saat ini. Keberhasilan taktik marketing ini tentu disebabkan oleh tingginya jumlah penggunaan smartphone di masyarakat.
Iklan-iklan yang disebar via smartphone punya peluang lebih besar untuk dilihat konsumen. Namun sekadar memposting iklan saja terbukti belum cukup. Anda wajib berinovasi dengan empat taktik marketing mobile berikut ini agar brand makin disukai konsumen.
Apa saja kiat-kiatnya? Yuk langsung simak jawaban selengkapnya di bawah ini!
Daftar Isi
4 Inovasi Baru Mobile Marketing Online Shop : Bikin Konsumen Makin Loyal
Bentuk pemasaran mobile saat ini bermacam-macam. Mulai dari SMS marketing, notifikasi A2P (Application to Person; aplikasi ke pengguna), sosial media, bluetooth marketing, dan masih banyak lagi.
Meski tampaknya banyak perusahaan memakai strategi marketing mobile, tapi ternyata, tidak sedikit juga ritel yang ragu-ragu menjalankan model iklan ini. Terutama pemasaran mobile dengan metode A2P.
Penyebabnya adalah metode A2P dan website mobile friendly yang masih menggunakan sistem cookies. Cookies dapat mengumpulkan dan menyimpan data penting pengunjung toko online Anda.
Biasanya, data-data cookies dikelola untuk keperluan marketing. Namun faktanya tidak semua konsumen senang datanya dikumpulkan oleh perusahaan. Bagaimana dengan bisnis Anda saat ini? Apakah strategi pemasaran online Anda masih menggunakan cookies?
Nah, sekarang sudah bukan zamannya mengandalkan perangkat sejenis cookies dalam pemasaran mobile karena bisa menurunkan kepercayaan konsumen. Masih ada banyak kiat marketing mobile yang bernilai positif menurut konsumen.
Inilah empat strategi inovatif mobile marketing yang menambah loyalitas konsumen Anda:
1. Meminta Persetujuan Konsumen
Selalu minta persetujuan konsumen sebelum melakukan pemasaran mobile. Konsumen harus diberi kesempatan memilih “iya” atau “menerima, dan “tidak” atau “menolak” segala bentuk aktivitas marketing dari perusahaan.
Bayangkan misalnya diri Anda sendiri yang menerima iklan-iklan tak sesuai kebutuhan. Rasanya pasti menjengkelkan, bukan? Konsumen Anda juga merasakan hal yang sama.
Hampir semua orang ingin memilih iklan produk/jasa apa yang ingin mereka tonton. Biasanya pun, konsumen hanya mau menerima penawaran sesuai kebutuhan atau minat mereka.
Meminta persetujuan seperti ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi hubungan brand dengan komunitas. Pelanggan dapat mengetahui data-data apa saja yang bisa diberikan atau diambil oleh perusahaan, lalu digunakan untuk apa. Mereka tidak perlu khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan terkait data.
Tak sampai di situ saja, Anda juga harus memaparkan feedback positif yang bisa diperoleh konsumen atas partisipasi mereka. Hal ini sering disebut sebagai “pertukaran nilai pemasaran mobile” dan efektif meningkatkan loyalitas sekaligus kepercayaan pembeli.
Tips tambahan:
Gunakanlah fitur-fitur mobile marketing canggih yang Anda miliki untuk melaksanakan seluruh aktivitas di atas. Misalnya:
- Menampilkan pop up berisi syarat dan ketentuan transaksi pada konsumen.
- Menyematkan barcode pada sisi-sisi strategis toko untuk meningkatkan
- Menginformasikan info-info penting pada konsumen melalui push notifications real time.
- Dan masih banyak lagi
2. Menjalin Interaksi yang Real Time dengan Konsumen
Cara menciptakan pemasaran mobile yang efektif dan meyakinkan selanjutnya adalah menjalin interaksi real time dengan konsumen.
Pemakaian chatbot dan pesan instan yang marak akhir-akhir ini justru menimbulkan efek negatif. Konsumen zaman now bisa dengan mudah membedakan mana pesan otomatis serta pesan asli yang ditulis dari hati-ke-hati.
Terlalu sering melayani konsumen dengan pesan bot dapat menurunkan antusiasme pelanggan pada brand Anda. Mereka akan berpikir bahwa toko Anda enggan melayani mereka dengan tulus. Apalagi, bot tidak mempunyai emosi dan tidak bisa menanggapi keluhan yang spesifik.
Jadi sebisa mungkin jalinlah interaksi yang real time dan “hangat” dengan konsumen Anda secara rutin. Seimbangkan pemakaian chatbot dengan berbalas pesan langsung pada konsumen di jam-jam operasional. Manfaatkan juga fitur chat mobile untuk mempermudah komunikasi.
Tips tambahan:
Cari tahu waktu terbaik mengirim pesan dengan memantau jam-jam konsumen mengecek ponsel mereka. Seseorang cenderung langsung mengecek pesan yang mereka terima saat sedang aktif menggunakan ponsel. Otomatis, pesan Anda tidak akan di-skip.
3. Ciptakan Pemasaran yang Loyal
Gabungkan unsur loyalitas ke dalam trik mobile marketing Anda. Cara ini ampuh supaya pelanggan tidak mudah berpaling ke penawaran lainnya.
Setiap brand punya cara sendiri untuk menumbuhkan loyalitas konsumen masing-masing. Salah satunya – sekaligus yang paling populer – adalah mengadakan program membership atau loyalti.
Strategi ini sangat mudah dilakukan dengan pemasaran via smartphone. Namun ternyata, mengandalkan program membership saja masih belum cukup menjadikan seseorang setia pada brand Anda.
Konsumen tetap mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membeli produk/jasa apa. Seperti bagaimana cara pelayanan yang mereka terima, tingkat kepuasan berbelanja pelanggan sebelumnya, harga, diskon yang tersedia, dan lain-lain.
Tapi Anda bisa menyiasati hal ini dengan menciptakan pemasaran yang sepenuhnya berorientasi pada konsumen. Strategi ini lebih ampuh“mendorong” orang-orang agar mau datang ke toko Anda tanpa banyak pertimbangan lain.
Selipkan lebih banyak perhatian pada kebutuhan konsumen melalui fitur-fitur mobile marketing. Misalnya:
- Mengirimkan survey kepuasan pelanggan.
- Melayani keluhan lewat chat secara personal.
- Memberi bonus program membership.
- Mendorong engagement lewat aneka postingan seru bermanfaat.
- Dan masih banyak lagi.
Meski sederhana, cara-cara seperti inilah yang lebih efektif menumbuhkan perasaan “dihargai” dalam benak konsumen. Akibatnya, mereka akan lebih loyal pada brand Anda.
4. Menjadi Ahlinya Pelanggan
Inovasi pemasaran mobile yang terakhir adalah: Anda harus mampu menjadi ahlinya pelanggan. Apa maksudnya?
Pemasar dituntut untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Minimal, Anda harus tahu permasalahan mereka diikuti rekomendasi produk atau jasa yang sesuai.
Konsumen akan lebih puas jika Anda selalu bisa menjawab pertanyaan mereka. Begitu juga sebaliknya. Pembeli pasti akan menilai kualitas bisnis Anda buruk kalau sering menjawab “tidak tahu”.
Mengenali jati diri pelanggan juga tidak sulit dengan memanfaatkan aplikasi smartphone untuk riset marketing gratis. Kumpulkan seluruh data yang diperlukan dengan konsen (persetujuan) konsumen, lalu olah supaya Anda tahu apa yang menjadi kebutuhan utama pembeli.
Era Baru Mobile Marketing di Masa Depan
Strategi marketing mobile masih sangat relevan untuk diterapkan pada bisnis saat ini. Lebih dari 90% orang berinteraksi dengan produk atau jasa menggunakan smartphone mereka. Maka dari itu, tugas Anda sejatinya ialah mengoptimalkan iklan mobile yang sudah disebar saat ini.
Ambil contoh pemasaran SMS marketing. Studi digital marketing menemukan bahwa SMS penawaran mempunyai tingkat keterbacaan 90%. Pun para pengguna smartphone selalu mengklik SMS yang mereka terima dalam kurun waktu 90 detik.
SMS juga termasuk strategi marketing mobile yang paling sukses karena bisa menjangkau semua jenis konsumen mulai dari muda-mudi hingga orang tua, semua tahu bagaimana cara membaca atau mengirim SMS.
Tingkat konversinya juga tinggi, bisa mencapai 45% kalau Anda menggunakan call to action yang memikat. Pun selain SMS, trik marketing mobile lain juga tidak kalah menjanjikan.
Demikianlah pembahasan empat inovasi terbaru mobile marketing. Yuk segera aplikasikan keempat poin di atas agar taktik pemasaran Anda menjadi lebih berkembang!
Temukan lebih banyak kiat sukses bisnis online lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis sekarang juga via website https://markey.id/ atau MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore).
Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.