Media Bisnis Online | by APPKEY

Teknologi AI Manfaat Chatbot untuk Pelayanan Prima Customer Online Anda

Manfaat Chatbot untuk Pelayanan Prima Customer Online Anda

-

Memiliki bisnis yang laris manis adalah keinginan semua orang. Anda yang memiliki bisnis online pun tentunya ingin mempunyai jumlah pengunjung yang banyak, bukan? Sayangnya bisnis yang ramai juga bisa menyebabkan kewalahan. Bayangkan jika ada lebih dari 50 orang secara bersamaan mengontak akun bisnis Anda menanyakan seputar produk, pengiriman, ataupun mengajukan komplain paket yang ia terima.

Jika Anda bekerja seorang diri, tentunya situasi ini akan menjadi sangat merepotkan. Bahkan bisa juga Anda jadi bingung untuk menangani permasalahan yang muncul bersamaan. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada perkembangan teknologi terbaru yang bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas pelayanan konsumen via chat ini.

Teknologi tersebut bernama chatbot artificial intelligence. Apa itu chatbot artificial intelligence? Bagaimana pula cara menggunakan dan keuntungannya untuk bisnis Anda? Mari cari tahu jawaban secara lengkapnya pada artikel edisi kali ini!

Mengenal Chatbot: Inovasi Artificial Intelligence Kekinian untuk Olshop

chatbot-adalah-2

Anda yang sering menghubungi platform e-commerce mungkin pernah berhadapan dengan chatbot. Kehadiran chatbot dapat diindikasi dengan mudah ketika kita membuka layanan livechat 24 jam, dan mendapatkan pesan pembuka otomatis atau balasan pesan secara instan.

Chatbot adalah fitur yang banyak diterapkan oleh pemilik toko online, khususnya mereka yang sudah melek akan kecanggihan teknologi. Penerapan chatbot artificial intelligence memiliki banyak keuntungan untuk bisnis online Anda, lho! Berikut ini kita akan membahas terkait chatbot secara lebih rinci. Disimak, ya!

Apa itu chatbot? Chatbot adalah sebuah fitur penjawab pesan yang sengaja dipasang untuk membalas setiap pesan masuk secara otomatis. Nama chatbot sendiri diambil dari kata chat dan bot. Chat berarti pesan sedangkan bot adalah robot. Jadi dapat disimpulkan bahwa chatbot adalah robot atau sosok virtual yang memiliki kecerdasan buatan untuk meladeni obrolan manusia.

Dengan chatbot, Anda tetap bisa merasakan sensasi mengobrol dengan orang lain, meskipun sesungguhnya Anda sedang mengobrol bersama teknologi komputer. Chatbot adalah solusi kekinian bagi para pemilik toko untuk mempermudah mengelola usahanya. Semisal toko Anda kebanjiran chat dari konsumen yang menanyakan perihal produk, pengiriman, ataupun menyampaikan keluhan atas barang yang ia beli. Permasalahan ini mungkin masih dapat teratasi jika diterima secara satu persatu, namun tidak halnya jika chat dari konsumen yang masuk langsung dalam jumlah banyak seperti ratusan.

Jika tidak menggunakan bantuan chatbot, Anda pasti sudah kebingungan menangani permasalahan di atas. Tetapi, jika Anda menyerahkan permasalahan customer service ini kepada chatbot, maka Anda cukup duduk santai memantau proses chat yang sedang berlangsung. Sistem manajemen toko anda pun akan jadi jauh lebih praktis mudah dan hemat tenaga.

Contoh penerapan chatbot adalah “Vira” dari Bank BCA dan customer service Shopee. Di official akun LINE BCA, terdapat sebuah chatbot berbasis artificial intelligence bernama Vira. Vira ditugaskan oleh BCA untuk melayani pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dilontarkan para nasabah. Selain itu, chatbot ini sering memberikan update berupa tips aman menabung di bank, promo-promo menarik BCA dan informasi lainnya.

Lalu di Shopee, Anda bisa menemukan chatbot pada bagian customer service 24 jam. Ikon chabot yang dimiliki shopee berbentuk seperti anak ayam dengan baju berwarna orange. Chatbot ini siap membantu kapanpun Anda memiliki masalah atau pertanyaan terkait Shopee. Jika masalah dirasa belum selesai, maka chatbot dapat mengarahkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan customer service.

Canggih sekali bukan sistem chatbot ini? Kira-kira bagaimana, ya, cara kerja sistem chatbot sehingga bisa melayani pertanyaan dari para konsumen? Mari cari tahu pembahasannya pada bagian selanjutnya!

Artikel terkait  Malware Adalah? Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasinya

Mendalami Sistem Kerja Chatbot & Cara Pakainya untuk Bisnis

Inovasi artificial intelligence memberikan banyak kemudahan dalam pengelolaan di bidang teknologi. Chatbot adalah salah satunya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, chatbot adalah mesin virtual dengan kecerdasan sendiri yang bisa menangani beragam permasalahan manusia via chat. Hal ini lantas membuat kita bertanya-tanya, bagaimana caranya sebuah teknologi virtual mampu menanggapi obrolan dan memberikan solusi atas pertanyaan kita?

Jawabannya ternyata sederhana! Chatbot bekerja dengan cara menelaah keyword yang diberikan oleh lawan bicaranya. Dengan kecerdasan buatan yang ditanamkan kepada chatbot, sistem ini bisa mendeteksi keyword yang Anda ketikkan di ruang chat dan memberikan penjelasan yang paling sesuai. Sehingga, semua pertanyaan Anda dapat dijawab dengan cepat dan tepat.

Kini ada juga chatbot yang bekerja menggunakan sistem deep learning, machine learning dan natural language processing. Ketiga pengembangan teknologi ini mampu meningkatkan kemampuan chatbot, memungkinkan mesin menjawab pertanyaan Anda dengan lebih natural.

Perkembangan ini dinilai menguntungkan bagi para pebisnis online, sebab dengan chatbot, mereka dapat melakukan pelayanan konsumen secara 24 jam penuh tanpa perlu bersusah payah. Konsumen pun dapat merasa puas karena bisa mendapatkan penanganan masalah secara cepat dalam hitungan detik

Untuk bisa menggunakan chatbot, Anda harus menghubungi pihak developer yang menyediakan jasa pemasangan chatbot. Nantinya mereka akan membantu Anda memasangkan sistem kecerdasan buatan pada forum chat yang dimiliki platform website ataupun aplikasi e-commerce Anda. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan chatbot di aplikasi atau website e-commerce Anda?

Artikel terkait  Manfaat Artificial Intelligence untuk Optimalkan Startup Anda

Kelebihan dan Kelemahan Chatbot

chatbot-adalah-3

Sebagai sebuah teknologi buatan manusia, chatbot tentunya masih memiliki sejumlah kekurangan maupun kelebihannya tersendiri. Sebelum memutuskan hendak menggunakan chatbot untuk pengelolaan bisnis online, ada baiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangan chatbot.

Adapun beberapa kelebihan dari chatbot adalah:

Siap Siaga 24 Jam

Keuntungan pertama chatbot adalah siap siaga selama 24 jam. Dibandingkan dengan manusia yang memerlukan waktu istirahat, teknologi chatbot bisa terus beroperasi tanpa merugikan dirinya sendiri ataupun orang lain.

Alhasil kapan pun konsumen Anda mengirimkan pertanyaan, chatbot akan selalu siap sedia menjawabnya. Pegawai customer service Anda pun bisa tetap bekerja sesuai jam yang telah ditetapkan saja.

Interaksi Instan dengan Konsumen

Keuntungan kedua chatbot adalah bisa melakukan interaksi yang instan dengan konsumen. Saat anda mengetikkan pertanyaan kepada chatbot, detik itu juga jawabannya akan langsung dipaparkan kepada Anda. Jadi, layanan chatbot tidak akan memberikan jawaban yang bertele-tele. Anda bisa langsung mendapatkan solusi dari permasalahan yang tengah dihadapi. Mudah, bukan?

Menaikkan Kualitas Layanan Konsumen

Keuntungan lainnya dari chatbot adalah menaikkan kualitas customer service perusahaan Anda. Ambil contoh lagi pada kasus chatbot Vira milik Bank BCA. Selain tanggap dan interaktif terhadap permasalahan konsumen, chatbot Vira rutin mengirimkan informasi serta update promosi terbaru ke masyarakat. Banyak pengusaha pun menilai cara ini efektif untuk meningkatkan kualitas layanan customer service sekaligus pengalaman konsumen dengan brand anda.

Selain itu masih terdapat pula kekurangan dari chatbot. Kekurangan-kekurangan dari chatbot adalah:

Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Secara Mendalam

Kekurangan pertama chatbot adalah ketidakmampuannya menjawab pertanyaan ataupun mengatasi permasalahan Anda secara mendalam. Chatbot hanya diprogram untuk menjawab pertanyaan yang bersifat frequently asked question atau pertanyaan yang sering diajukan konsumen.

Semisal Anda mengeluh kepada layanan chatbot terkait pengiriman paket yang lama. Chatbot hanya akan memberikan jawaban template saja, seperti meminta Anda untuk menunggu dan mengecek perkembangan resi. Kadangkala jawaban seperti ini masih dirasa kurang memuaskan sebab belum memberikan titik terang kepada konsumen.

Matinya Profesi Customer Service

Kekurangan lainnya dari chatbot adalah potensi teknologi ini mematikan profesi customer service. Jika suatu hari chatbot sukses dikembangkan menjadi lebih pintar dalam menjawab permasalahan manusia secara natural dan mendalam, maka bukan tidak mungkin posisi chatbot akan mematikan profesi customer service. Hal ini akan merugikan para pekerja yang telah lama berkecimpung di dunia customer service. Dengan adanya chatbot, jasa mereka otomatis tidak akan diperlukan lagi.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait chatbot untuk memajukan pelayanan customer pada perusahaan online Anda. Sebelum menggunakan chatbot, pertimbangkanlah dengan baik apakah penggunaan teknologi ini dapat membantu kebutuhan bisnis Anda atau tidak.

Selain itu, jika Anda sudah menggunakan aplikasi ini, jangan lupa untuk melatih bot agar bisa merespon pertanyaan serta keluhan konsumen dengan baik.

Sekian pembahasan kali ini. Terima kasih sudah mengikuti sampai akhir! Jangan lupa cari tahu lebih banyak artikel informatif menarik lainnya dari kami, ya! Sampai jumpa di artikel edisi berikutnya.

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya