Last Updated on April 30, 2022 by appkey
WhatsApp chatbot adalah aplikasi yang sangat berguna bagi bisnis online kekinian. Aplikasi ini membantu Anda jadi lebih mudah dan cepat menanggapi banyak pesan konsumen di WhatsApp. Seperti apa kecanggihannya?
Chatbot adalah mesin pembalas pesan otomatis yang banyak digunakan olshop dan e-commerce. Kepraktisan aplikasi ini sukses menjadikan penggunaan chatbot diperluas untuk sosmed lainnya, seperti WhatsApp Business.
Inilah kabar gembira bagi Anda yang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan konsumen! Sekarang Anda bisa membuat bot chat WhatsApp yang simpel, gratis dan super canggih dengan mengikuti tutorial berikut ini. Yuk disimak!
Daftar Isi
Apa Itu WhatsApp Chatbot?
WhatsApp chatbot (dikenal juga dengan nama “aplikasi bot chat WhatsApp”) adalah aplikasi berteknologi AI (kecerdasan buatan) yang dipasang pada sistem WhatsApp.
Bot ini mampu mendeteksi isi pesan konsumen, serta memilih kalimat balasan terbaik secara otomatis. Dengan kata lain, bot chat WhatsApp dapat menggantikan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pembeli.
Aplikasi ini sangat bermanfaat jika toko Anda menerima banyak pesan dari konsumen. Cukup aktifkan chatbot, lalu ia akan membalas setiap pesan masuk secara real-time, tanpa peduli seberapa banyak sekaligus. Praktis, bukan?
4 Fitur WhatsApp Chatbot untuk Bisnis Online
Keunikan aplikasi bot chat WhatsApp adalah turut dilengkapi sejumlah fitur untuk memaksimalkan kinerjanya. Fitur-fitur dari WA bot ini tidak dimiliki oleh chatbot-chatbot biasa.
Berikut 4 fitur utama chatbot WhatsApp yang bermanfaat bagi akun olshop Anda:
1. Perlindungan End to End
WhatsApp adalah aplikasi chatting yang terkenal sangat menjaga privasi obrolan penggunanya. Maka dari itu, tak heran fitur chatbotnya pun turut dilengkapi perlindungan enkripsi end to end.
Enkripsi ini berguna untuk menjaga kerahasiaan pesan antara Anda dan konsumen. Jadi, tidak mungkin ada pihak lain yang dapat menyusup dan menyalin isi pesan, termasuk bot WA sendiri.
2. Broadcast Pesan (Blast)
Ingin mengirimkan info promosi, pengumuman atau voucher ke banyak orang sekaligus? Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Broadcast dan Blast yang dikelola oleh bot.
Broadcast dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan yang sama ke seluruh kontak konsumen. Sedangkan Blast berguna untuk mempromosikan item tertentu pada pelanggan dengan minat yang sama.
3. Konfigurasi Isi Pesan
Kemudian, Anda juga dapat menyesuaikan isi pesan dari bot chat WhatsApp. Banyak olshop sengaja memodifikasi kembali pesan sambutan chatbot mereka, supaya tampak lebih personal dan hangat di mata pelanggan.
4. Menambah Daftar Menu pada Pesan
Anda bisa memodifikasi menu informasi pada pesan chatbot, sehingga konsumen bisa memilih sendiri informasi yang mereka ingin ketahui.
Isi menu dapat berupa apa saja, seperti FAQ (Frequently Asked Question), katalog, info harga, pengiriman, pemesanan, join reseller, dan lain-lain. Contoh penyajian daftar menu pesan bot WA:
5 Keuntungan WhatsApp Chatbot bagi Olshop
Lalu apa saja manfaat pemakaian aplikasi bot chat WhatsApp ini? Mengapa Anda harus mulai menggunakannya sebagai alat pendukung bisnis?
Secara umum, WhatsApp bot sangat ampuh untuk meningkatkan produktivitas serta keuntungan usaha. Inilah 5 keuntungan dan manfaat penting dari aplikasi bot WA untuk olshop:
1. Membantu Konsumen Lebih Mudah Berbelanja
Manfaat pemakaian bot WA untuk bisnis yang pertama adalah membantu mempermudah konsumen berbelanja di toko Anda.
Cukup tampilkan daftar menu katalog dan tata cara pemesanan dengan pesan bot, lalu konsumen bisa memilih sendiri produk. Pembeli tidak perlu repot mengecek katalog dari web atau aplikasi ecommerce lain.
2. Mengumpulkan Feedback Konsumen
Chatbot juga dapat digunakan untuk mengumpulkan feedback dari pembeli. Anda bisa mengirimkan link survey simpel pada seluruh konsumen memakai fitur broadcast WhatsApp bot.
3. Memaksimalkan Profit
Semua fitur chatbot WhatsApp tersedia lengkap, gratis dan siap pakai. Jadi Anda tidak perlu merogoh modal untuk memaksimalkan profit bisnis!
4. Membalas Pesan 24 Jam Non Stop
Kita tidak pernah tahu kapan konsumen akan mengirimkan kita pesan. Bisa saja mereka menanyakan pesanan ketika Anda sedang sibuk atau sedang beristirahat.
Nah, dalam situasi seperti inilah aplikasi bot chat WhatsApp sangat berguna. Ia dapat bekerja membalas pesan konsumen kapan saja selama 24 jam tanpa jeda. Alhasil pembeli akan selalu terlayani dengan baik.
5. Mengumpulkan Insight Pembeli
Terakhir, bot WhatsApp juga bisa merekam data-data seperti minat dan kebutuhan konsumen. Informasi ini akan sangat bermanfaat dalam proses riset buyer persona, serta merancang taktik pemasaran yang tepat sasaran.
5 Cara Membuat Bot Chat WhatsApp Gratis 100%
Tertarik memasang aplikasi WhatsApp chatbot API pada bisnis sendiri? Tidak perlu khawatir, berikut ini kami punya cara membuat bot chat WhatsApp gratis dan mudah untuk pemula – tidak perlu coding sama sekali!
1. Gabung ke WhatsApp Business API
Tool chatbot WhatsApp tersedia untuk pengguna yang bergabung ke WhatsApp Business API. Bisnis menengah dan skala besar dari industri manapun dapat bergabung secara gratis, cukup dengan mengakses https://www.whatsapp.com/business/api.
Anda wajib menyertakan nama bisnis, link web bisnis, dan informasi-informasi penting lainnya dalam sebuah dokumen proposal. Seluruh informasi akan ditinjau dan diverifikasi oleh tim WhatsApp Business. Kalau sudah, Anda sekarang bisa mengakses WhatsApp chatbot API.
2. Kustomisasi Pesan Bot Chat WhatsApp
Mulailah mendesain pesan atau dialog chatbot WA. Proses ini bertujuan untuk memastikan robot chat bisa menjawab pertanyaan, atau memberikan solusi terbaik ke konsumen.
Anda juga dapat menyusun daftar menu informasi, pesan pembuka, hingga kata-kata kunci yang tidak bisa dijawab lewat bot dan memerlukan pengalihan penanganan ke customer service asli.
3. Menyusun Program Chatbot WA
Menyusun dan melengkapi program chatbot akan membutuhkan sedikit skill IT khusus. Tetapi Anda tidak perlu cemas, sebab ada banyak aplikasi pembuat chatbot otomatis yang dapat dimanfaatkan, seperti:
- Qontak Omnichannel.
- Qiscus WA Bot Provider.
- Dan masih banyak lagi.
4. Tes Chatbot Baru
Jika sudah selesai, jangan lupa lakukan tes pada chatbot guna menemukan kekurangan yang perlu diperbaiki. Jangan sampai Anda memasang bot yang belum siap bekerja, karena akan sangat memengaruhi penilaian brand Anda di mata konsumen.
5. Optimalisasi WhatsApp Chatbot
Terakhir, lakukan optimalisasi berkala ketika bot chat WhatsApp sudah digunakan secara aktif. Ada banyak optimalisasi sederhana yang bisa dilakukan, seperti:
- Mengembangkan jawaban untuk FAQ.
- Mereview dan mengupdate kata kunci yang sering digunakan konsumen.
- Mengetes sensitivitas serta tingkat kecepatan bot merespon pesan.
- Cek fitur bot yang paling banyak memberi keuntungan, Anda dapat memaksimalkan penggunaannya.
- Cari tahu promosi apa yang paling relevan, menarik dan disukai konsumen.
Contoh Penerapan Chatbot WA Terbaik pada Bisnis
Anda telah mengetahui apa saja kegunaan chatbot WhatsApp bagi bisnis online. Kira-kira, bisnis apa sajakah yang sudah sukses meningkatkan produktivitasnya dengan aplikasi ini? Ini dia jawabannya:
Snap Travel
“Snap Travel” adalah perusahaan agen wisata yang menggunakan chatbot WA Business untuk memberi rekomendasi promo eksklusif, personal dan real time pada konsumennya. Konsumen hanya perlu mengetik layanan wisata yang mereka inginkan, seperti “bus dengan fasilitas WiFi”, lalu bot akan mengirimkan link rekomendasi.
Nice Hop
Agen perjalanan “Nice Hop” juga memakai bot WA untuk memanjakan konsumennya. Pelanggan dapat mengakses berbagai tawaran tiket wisata dan akodomodasi terbaru lengkap dengan diskon-diskonnya semudah melakukan chat di WhatsApp.
Hey Patch
Dari industri pendidikan, kursus bahasa Inggris –Spanyol online “Hey Patch” memanfaatkan teknologi WhatsApp chatbot free. Calon siswa bisa melihat, membaca, hingga memilih sendiri katalog paket kursus yang mau diambil lewat chat saja.
Kids DXB
Terakhir, toko produk kebutuhan anak-anak “Kids DXB” memiliki robot chat WhatsApp sendiri untuk menyambut para pelanggannya. Bot akan membantu merekomendasikan aktivitas hiburan anak terbaik, lengkap dengan produk-produk pendukungnya sesuai kemauan konsumen. Sangat praktis, bukan?
Empat contoh bisnis di atas dapat menjadi inspirasi cara pemakaian WhatsApp chatbot free pada bisnis. Yuk segera dicoba!
Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar apa itu bot chat WA dan cara membuatnya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera lengkapi fitur WhatsApp Business Anda dengan bot pembalas pesan otomatis demi memaksimalkan pelayanan konsumen!
Temukan lebih banyak tips, trik dan rekomendasi kiat sukses berbisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis setiap hari artikel-artikel terbarunya hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.