Last Updated on December 8, 2023 by APPKEY-HERI
Strategi digital berfokus pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Hal tersebut bisa berarti menciptakan produk baru atau menata ulang proses saat ini. Ini menentukan arah yang akan diambil organisasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif baru. Keunggulan tersebut menggunakan teknologi serta taktik untuk mencapai perubahan.
Ini biasanya mencakup perubahan pada model bisnis. Karena teknologi baru memungkinkan perusahaan inovatif untuk menyediakan layanan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.
Daftar Isi
Pengertian Strategi Digital
Saat ini, teknologi telah terintegrasi dengan bisnis. Hal ini menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar perangkat keras atau perangkat lunak. Seiring meluasnya teknologi digital, perusahaan akan bergerak lebih jauh dalam perjalanan transformasi digital. Saat itu, strategi digital dan strategi bisnis akan menjadi hal yang sama.
Untuk saat ini, menggunakan istilah tersebut untuk memfokuskan upaya di balik inisiatif digital masih berguna. Strategi digital adalah penerapan teknologi digital ke model bisnis untuk membentuk kemampuan bisnis baru yang berbeda. Nantinya, semua strategi bisnis akan menjadi strategi tersebut.
Penting untuk diingat bahwa strategi digital adalah konsep dan benda. Sehingga, strategi ini pada akhirnya harus mengarah pada pembuatan rencana atau peta jalan yang konkret. Meskipun Anda dapat terus mengubah taktik yang telah Anda putuskan untuk dikejar, harus ada juga komitmen yang jelas untuk pemahaman Anda tentang arti digital bagi perusahaan Anda.
Baca juga : Perbedaan Utama SEO dan SEM Adalah | Tips Digital Marketing
Strategi Digital Perusahaan yang Harus Diterapkan Saat Ini
Dengan pandemi yang dihadapi saat ini, banyak perusahaan yang tentunya bingung untuk menggunakan strategi apa yang cocok untuk menumbuhkan serta memajukan bisnis mereka.
Tetapi pandemi tidak memperlambat peralihan ke digital. Hal ini malah akan mempercepatnya. Ada beberapa strategi digital perusahaan yang tidak perlu Anda tunggu untuk diterapkan. Berikut beberapa strategi yang harus diterapkan tersebut.
1. Meningkatkan dan memperluas layanan mandiri
Jauh sebelum virus Corona mengancam, banyak pelanggan yang bisa menghargai akses layanan yang dilakukan oleh penyedia mereka. Dengan budaya yang menciptakan berbagai macam pekerjaan dan lingkungan rumah yang berbeda, mereka senang dapat secara mandiri menangani kebutuhan mereka sendiri sesuai permintaan dan nyaman.
Pada saat yang sama, ekspektasi mereka terhadap apa yang dapat mereka lakukan secara online telah berubah. Mereka berharap dapat melakukan lebih banyak hal tanpa perlu menghubungi pusat dukungan.
Layanan mandiri atau swalayan saat ini telah menjadi usaha yang biasanya dilakukan dalam industri-industri besar. Pandemi hanya mempercepat penggunaan swalayan oleh konsumen dan banyak lokasi offline atau fisik yang mengurangi staf mereka.
Ini membuat adanya physical ataupun social distancing untuk protokol keamanan, penutupan sementara, hingga menjadikannya online secara penuh. Pelanggan kemungkinan akan menjadi lebih nyaman dengan swalayan dan terus menuntutnya untuk ada setelah virus hilang.
Untuk mengatur permintaan yang meningkat, rencanakan ulang operasi dan proses Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih sederhana dan lancar. Layanan Anda harus memungkinkan pembeli untuk mencari, memilih, membeli produk atau layanan, dan mengembalikan atau menukar dengan satu sentuhan tombol.
Mempercayakan pelanggan untuk memantau akun mereka sendiri akan membantu membangun hubungan penuh kepercayaan yang Anda inginkan dengan mereka. Strategi digital perusahaan ini bisa dimulai saat ini.
Baca juga : Cloud Marketing Adalah: Pemasaran Online Tersukses Abad Ini
2. Integrasikan pembayaran nirsentuh untuk jangka panjang
Pandemi telah membuat orang waspada saat menyentuh tempat penjualan tradisional dan mentransfer uang tunai. Mereka sekarang lebih condong untuk menggunakan pembayaran tanpa kontak karena masalah keamanan dan kebersihan.
Jadi, pembayaran tanpa sentuhan dimulai di pasar yang kurang berkembang dan diperkuat di pasar yang lebih matang. Dengan pertimbangan bahwa ini memiliki kecepatan 10x lipat lebih cepat dibandingkan dengan pilihan yang ada.
Dengan fokus yang diperluas pada satu cara pembayaran yang cepat, mereka kemungkinan akan terus menggunakannya setelah pandemi selesai. Perubahan sistem pembayaran ke dalam sistem nirsentuh akan memastikan pelanggan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik ke depannya tanpa kecemasan lebih jauh. .
3. Buat aplikasi
Aplikasi khusus bermanfaat bagi pembeli dan bisnis. Ini bisa menjadi strategi digital yang tepat. Misalnya, mereka dapat menawarkan pengalaman yang lebih konsisten untuk pembeli.
Dengan mengirimkan pemberitahuan push, perusahaan dapat memastikan bahwa produk, layanan, atau pembaruan mereka selalu berada di benak konsumen. Membuat aplikasi menjadi sebuah standar seperti memiliki situs web yang hebat.
Dengan pandemi yang terus merajalela, aplikasi menjadi jalur kehidupan yang lebih penting antara pembeli dan bisnis. Berkat adanya jarak sosial dan pembatasan, orang-orang menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan lebih dari sebelumnya.
Teknologi seluler menjadi saluran yang dominan atau berkembang bagi pelanggan. Hal ini membuat aplikasi Anda sendiri akan memungkinkan Anda untuk memperluas strategi digital Anda. Selain itu, ini dapat menjangkau konsumen yang tidak dapat melakukan interaksi langsung dengan Anda.
Baca juga : Apa Itu CRM Marketing? Arti & Contoh Close Range Marketing
4. Bandingkan bisnis Anda dengan pesaing sebelum pelanggan melakukannya
Sebelum pandemi melanda, orang-orang bersemangat menjelajahi penawaran bisnis untuk mendapatkan penawaran terbaik. Banyak orang pergi online untuk meneliti berbagai macam produk sebelum membeli produk dengan cara mengunjungi toko fisik.
Namun, seiring berlanjutnya pandemi, pembeli berhati-hati dalam berbelanja. Ribuan orang kehilangan pekerjaan, diberhentikan, atau harus menjadi pengangguran. Selain itu, orang-orang yang takut akan virus itu akan menyebabkan resesi besar-besaran.
Selanjutnya, keinginan untuk menemukan nilai berdasarkan fitur dan biaya juga berkaitan dengan kehati-hatian dan kebutuhan yang tulus. Jadi, bantulah pelanggan Anda dan lakukan perbandingan untuk menambah nilai pada penawaran Anda.
Disamping menawarkan persaingan harga, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mendatangkan pelanggan baru. Tingkatkan juga pesan dan penawaran sebagai akomodasi selama pandemi serta setelah pandemi.
5. Pikirkan kembali keterlibatan digital pelanggan
Kebutuhan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda tidak terhenti hanya karena virus. Anda masih harus mencari tahu bagaimana perilaku pelanggan berubah dan seberapa cepat Anda dapat beradaptasi dengan perubahan itu. Tetapi, karena pelanggan saat ini tidak dilibatkan secara langsung, semua komunikasi patut diubah menjadi online. Inilah strategi digital Anda selanjutnya.
Untuk memulai, buat survei dan bekerja sama dengan para ahli untuk mengidentifikasi cara agar tetap terhubung dengan pelanggan melalui Internet untuk memahami prioritas mereka. Pengalaman virtual harus ditingkatkan untuk bisa menggantikan minimnya tatap muka dengan pelanggan.
Dengan menghubungkan pengalaman digital ke dalam pengalaman fisik, Anda bisa membangun aktivitas yang lebih interaktif secara nyata. Persiapan ini akan membuat Anda dalam kondisi yang baik untuk mengakomodasi peningkatan keterlibatan digital yang pasti akan hadir di dunia pasca-COVID.
Strategi digital perusahaan telah mendorong penggunaan alat dan infrastruktur yang lebih baik untuk sementara waktu sekarang. Konsekuensi positif dari pandemi ini adalah bisnis akhirnya berada pada posisi di mana menerapkan lebih banyak strategi yang masuk akal dan kompetitif.
Jika Anda bisa memulai lebih cepat saat ini, penerapan strategi digital akan bisa dinikmati secepatnya dan bahkan untuk strategi jangka panjang Anda ke depannya.
Butuh lebih banyak artikel tips sukses bisns online gratis? Sekarang semuanya tersedia di MARKEY. Yuk follow https://markey.id/
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.