Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Model bisnis 5 Strategi Digital Yang Harus Diterapkan Setiap Perusahaan Bisnis...

5 Strategi Digital Yang Harus Diterapkan Setiap Perusahaan Bisnis Saat Ini

-

Strategi digital berfokus pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan kinerja bisnis, apakah itu berarti menciptakan produk baru atau menata ulang proses saat ini.

Ini menentukan arah yang akan diambil organisasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif baru dengan teknologi, serta taktik yang akan digunakan untuk mencapai perubahan ini.

Ini biasanya mencakup perubahan pada model bisnis. Karena teknologi baru memungkinkan perusahaan inovatif untuk menyediakan layanan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Pengertian Strategi Digital

Saat ini, teknologi telah terintegrasi dengan bisnis menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar perangkat keras atau perangkat lunak.

Seiring teknologi digital menjadi lebih luas dan perusahaan bergerak lebih jauh dalam perjalanan transformasi digital, strategi digital dan strategi bisnis akan menjadi hal yang sama.

Untuk saat ini, masih berguna untuk menggunakan istilah strategi digital untuk memfokuskan upaya di balik inisiatif digital.

Strategi digital adalah penerapan teknologi digital ke model bisnis untuk membentuk kemampuan bisnis baru yang membedakan. Ke depannya, semua strategi bisnis akan menjadi strategi digital.

Penting untuk diingat bahwa strategi digital adalah konsep dan benda – yaitu, strategi digital pada akhirnya harus mengarah pada pembuatan rencana atau peta jalan yang konkret.

Meskipun Anda dapat terus mengubah taktik tertentu yang telah Anda putuskan untuk dikejar, harus ada juga komitmen yang jelas untuk pemahaman Anda tentang arti digital bagi perusahaan Anda.

Strategi Digital Perusahaan Yang Harus Diterapkan Saat Ini

strategi-digital-1

Dengan pandemi yang dihadapi saat ini, banyak perusahaan yang tentunya bingung untuk menggunakan strategi apa yang cocok untuk menumbuhkan serta memajukan bisnis mereka.

Tetapi pandemi tidak memperlambat peralihan ke digital jika ada, itu malah mempercepatnya. Dan ada beberapa strategi digital perusahaan yang tidak perlu Anda tunggu untuk diterapkan.

1. Meningkatkan dan memperluas layanan mandiri

Jauh sebelum virus Corona mengancam, banyak pelanggan yang bisa menghargai akses layanan yang dilakukan oleh penyedia mereka. Dengan budaya yang menciptakan berbagai macam pekerjaan dan lingkungan rumah yang berbeda, mereka senang dapat secara mandiri menangani kebutuhan mereka sendiri sesuai permintaan dan nyaman.

Pada saat yang sama, ekspektasi mereka terhadap apa yang dapat mereka lakukan secara online telah berubah, mereka berharap dapat melakukan lebih banyak hal tanpa perlu menghubungi pusat dukungan.

Layanan mandiri atau swalayan saat ini telah menjadi usaha yang biasanya dilakukan dalam industri-industri besar. Dan pandemi hanya mempercepat penggunaan swalayan oleh konsumen, dengan begitu banyak lokasi offline atau fisik yang mengurangi staf mereka.

Membuat physical ataupun social distancing untuk protokol keamanan, penutupan sementara, hingga menjadikannya online secara penuh. Pelanggan kemungkinan akan menjadi lebih nyaman dengan swalayan melalui sisa pandemi dan terus menuntutnya setelah virus hilang.

Untuk mengatur permintaan yang meningkat, kerjakan ulang operasi dan proses Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih sederhana dan lebih lancar.

Layanan Anda harus memungkinkan pembeli untuk mencari, memilih, membeli produk atau layanan, dan mengembalikan atau menukar dengan satu sentuhan tombol. Mempercayakan pelanggan untuk memantau akun mereka sendiri, akan membantu membangun hubungan penuh kepercayaan yang Anda inginkan dengan mereka. Strategi digital perusahaan ini bisa dimulai saat ini.

Artikel terkait  Panduan Lengkap Tentang FTP : Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Integrasikan pembayaran nirsentuh untuk jangka panjang

Pandemi telah membuat orang waspada saat menyentuh tempat penjualan tradisional dan menangani/mentransfer uang tunai. Dan mereka sekarang lebih condong untuk menggunakan pembayaran tanpa kontak karena masalah keamanan dan kebersihan.

Jadi, pembayaran tanpa sentuhan berakar di pasar yang kurang berkembang dan diperkuat di pasar yang lebih matang. Dengan pertimbangan apabila ini memiliki kecepatan 10x lipat lebih cepat dibandingkan dengan pilihan yang ada.

Dengan fokus yang diperluas pada satu cara pembayaran yang cepat, mereka kemungkinan akan terus menggunakannya setelah pandemi selesai. Perubahan sistem pembayaran ke dalam sistem nirsentuh akan memastikan pelanggan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik ke depannya, yang tentu saja tanpa kecemasan lebih jauh. .

3. Buat aplikasi

strategi-digital-2

Aplikasi khusus bermanfaat bagi pembeli dan bisnis. Ini bisa menjadi strategi digital yang tepat. Misalnya, mereka dapat menawarkan pengalaman yang lebih konsisten untuk pembeli.

Dan dengan mengirimkan pemberitahuan push, perusahaan dapat memastikan bahwa produk, layanan, atau pembaruan mereka selalu berada di depan benak konsumen. Membuat aplikasi menjadi standar contoh seperti memiliki situs web yang hebat.

Dengan pandemi yang terus merajalela, aplikasi menjadi jalur kehidupan yang lebih penting antara pembeli dan bisnis. Berkat tindakan jarak sosial dan penguncian, orang-orang menggunakan program ini untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan lebih dari sebelumnya.

Teknologi seluler menjadi saluran yang dominan atau berkembang bagi pelanggan, membuat dan mendistribusikan aplikasi Anda sendiri akan memungkinkan Anda untuk memperluas strategi digital Anda dan dapat menjangkau konsumen yang tidak dapat melakukan interaksi langsung dengan Anda.

4. Bandingkan bisnis Anda dengan pesaing sebelum pelanggan melakukannya

Sebelum pandemi melanda, orang-orang dengan bersemangat menjelajahi penawaran bisnis untuk mendapatkan penawaran terbaik. Banyak orang pergi online untuk meneliti elektronik, komputer, buku, musik, perjalanan, film, dan berbagai macam barang lainnya sebelum membeli produk dengan cara mengunjungi toko fisik.

Namun, seiring pandemi berlanjut, pembeli berhati-hati dalam berbelanja. Ribuan orang kehilangan pekerjaan, diberhentikan, atau harus menjalani pengangguran. Dan orang-orang yang takut akan virus itu akan menyebabkan resesi besar-besaran.

Selanjutnya, keinginan untuk menemukan nilai berdasarkan fitur dan biaya juga terkait dengan kehati-hatian dan kebutuhan yang tulus.

Jadi, bantulah pelanggan Anda dan lakukan perbandingan sebelumnya untuk menambah nilai pada penawaran Anda.

Disamping menawarkan persaingan harga, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mendatangkan pelanggan baru. Juga tingkatkan pesan dan penawaran sebagai akomodasi selama pandemi serta setelah pandemi.

Artikel terkait  Contoh Artificial Intelligence dalam Industri Digital

5. Pikirkan kembali keterlibatan digital pelanggan

Kebutuhan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda tidak terhenti hanya karena virus. Anda masih harus mencari tahu bagaimana perilaku pelanggan berubah dan seberapa cepat Anda dapat beradaptasi dengan perubahan itu.

Tetapi, oleh karena pelanggan saat ini tidak dilibatkan secara langsung, semua komunikasi patut diubah menjadi online. Inilah strategi digital Anda selanjutnya.

Untuk memulai, buat survei dan bekerja dengan para ahli untuk mengidentifikasi cara agar tetap terhubung dengan pelanggan melalui Internet untuk memahami prioritas mereka. Pengalaman virtual harus ditingkatkan untuk bisa menggantikan minimnya tatap muka dengan pelanggan.

Dengan menghubungkan pengalaman digital ke dalam pengalaman fisik. Juga, Anda bisa membangun aktivitas yang lebih interaktif secara nyata. Persiapan ini akan membuat Anda dalam kondisi yang baik untuk mengakomodasi peningkatan keterlibatan digital yang pasti akan hadir di dunia pasca-COVID.

Strategi digital perusahaan telah mendorong penggunaan alat dan infrastruktur yang lebih baik untuk sementara waktu sekarang.

Dan satu konsekuensi positif dari pandemi ini adalah bahwa bisnis akhirnya berada pada posisi di mana menerapkan lebih banyak strategi digital masuk akal dan kompetitif.

Jika Anda bisa memulai lebih cepat saat ini, penerapan strategi digital akan bisa dinikmati secepatnya – bahkan untuk strategi jangka panjang Anda ke depannya.

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya