Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategyCloud Marketing Adalah : Pemasaran Online Tersukses Abad Ini

Cloud Marketing Adalah : Pemasaran Online Tersukses Abad Ini

-

Last Updated on July 11, 2023 by appkey

 

Sudah menerapkan banyak strategi pemasaran online tapi belum ada yang sukses? Sudah waktunya beralih mencoba strategi pemasaran online cloud marketing.

Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa Anda coba untuk meningkatkan omset jualan. Salah satunya adalah cloud marketing. Apa itu cloud marketing? Seperti apa cara kerja dan keuntungannya?

Mari langsung temukan jawaban selengkapnya pada review contoh digital marketing di Indonesia “Cloud Marketing” berikut ini!

Contoh-Contoh Digital Marketing di Indonesia

Kemajuan teknologi saat ini membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis online. Tidak hanya memudahkan transaksi secara virtual, teknologi modern juga melahirkan banyak contoh digital marketing yang sukses, seperti:

Cloud Marketing

cloud-marketing. pemasaran online

Cloud marketing adalah strategi pemasaran online secara digital sekaligus disesuaikan secara personal mengikuti target pasar. Cloud marketing adalah taktik pemasaran paling dasar yang wajib dikuasai.

Email Marketing

Strategi pemasaran (iklan) yang dilakukan menggunakan media email promosi atau newsletter dikenal sebagai email marketing.

Online Marketing

Online marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan sepenuhnya melalui media internet, seperti website online shop, konten sosial media, email, iklan online, dan lain sebagainya.

Social Media Marketing

Salah satu turunan yang spesifik dari trik online marketing adalah social media marketing. Sosmed marketing berisi upaya promosi dan pembangunan image brand melalui sosmed, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Content Marketing

Salah satu contoh digital marketing di Indonesia dengan jumlah peminat yang tinggi. Anda bisa mempromosikan usaha lewat artikel, video, foto, atau infografis yang dibuat sendiri.

Search Engine Marketing (SEM)

Sesuai namanya, Search Engine Marketing berfokus pada peningkatan visibilitas, kunjungan dan pembelian pada situs Anda yang terdaftar di Google.

Inbound Marketing

Berbeda dari jenis-jenis digital marketing lainnya, inbound marketing berfokus menciptakan kesan positif dalam pelayanan konsumen.

Nah, strategi pemasaran online mana yang pernah Anda terapkan dari semua contoh digital marketing di Indonesia? Jika taktik marketing olshop Anda saat ini belum membuahkan hasil sesuai harapan, tidak ada salahnya mencoba taktik pemasaran cloud marketing.

Apa yang Dimaksud Pemasaran Online Cloud Marketing?

Cloud marketing adalah aktivitas marketing digital dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Taktik pemasaran digital ini akan membantu Anda lebih mudah menjangkau banyak konsumen dari berbagai sumber mulai dari website, Google, sosial media, email dan lain sebagainya.

Ketika menjalankan cloud marketing, seluruh aset bisnis, sumber daya, serta komponen marketing lainnya akan diintegrasikan ke sistem online. Jadi Anda dapat mengelola pemasaran dan transaksi secara virtual.

Keunggulan lain dari cloud marketing adalah sistem personalisasinya. Ketika menerapkan strategi pemasaran online ini, Anda akan lebih fokus menciptakan teknik marketing yang sesuai karakter konsumen. Alhasil produk Anda jadi lebih cepat laku di pasaran!

Artikel terkait  #SuksesDenganHashtag: Maksimalkan Potensi Media Sosial dengan Hashtag!

4 Keunggulan Pemasaran Online Cloud Marketing

cloud-marketing.. pemasaran online

Cloud marketing jauh lebih unggul dari berbagai aspek jika dibandingkan dengan taktik marketing lainnya. Inilah 4 keunggulan utama dari pemasaran cloud marketing:

1. Bisa Dikerjakan Dimana Saja Kapan Saja

Anda tidak perlu repot berpanas-panasan menghampiri calon pembeli hanya untuk menawarkan produk atau jasa. Seluruh aktivitas pemasaran dilakukan secara online dengan laptop, smartphone dan koneksi internet. Jadi, Anda bebas mengelola bisnis kapan saja dan dimana saja.

2. Murah dan Bisa Tanpa Biaya

Ingin berpromosi tapi belum punya budget? Tenang, strategi cloud marketing bisa dijalankan dengan sedikit, atau bahkan tanpa modal sama sekali!

Anda dapat memulai pemasaran online cloud marketing dengan mengandalkan sumber daya gratis yang dimiliki. Semisal membuat akun sosial media bisnis, konten artikel, foto katalog, dan relasi grup-grup sosmed yang diikuti.

3. Proses Pertumbuhan yang Cepat dan Signifikan

Bisnis Anda dapat bertumbuh lebih cepat dan signifikan memakai cloud marketing. Ada banyak perusahaan lokal maupun internasional yang mencapai kesuksesan kurang dari 10 tahun melalui pemasaran digital.

Pertumbuhan bisnis yang “kilat” seperti ini memang sangat mungkin terjadi, mengingat kemajuan teknologi yang juga pesat setiap tahunnya.

4. Lebih Gampang Branding Produk atau Jasa

Keunggulan terakhir dari pemasaran online cloud adalah memudahkan proses branding produk dan jasa di masyarakat. Cukup sekali posting artikel, foto atau video promosi saja ke internet, maka produk Anda sudah dapat dijangkau banyak orang dari berbagai wilayah. Praktis, bukan?

5 Manfaat Pemasaran Online Cloud Marketing

Sejumlah manfaat menerapkan cloud marketing adalah:

1. Mudah Memperkirakan Hasil Bisnis

Pertama, cloud marketing bisa langsung memberi gambaran ‘kasar’ seputar hasil penerapan trik marketing. Anda dapat memprediksi nilai bisnis di mata konsumen dengan mudah, begitu pula jumlah omset yang akan didapat.

Inilah mengapa perusahaan populer dunia sekelas Google juga mengandalkan pemasaran online cloud.

2. Mudah Memasarkan Produk secara Internasional

Siapa yang tidak mau produknya diburu banyak konsumen? Cloud marketing mampu mendobrak seluruh sekat-sekat batas wilayah dan waktu yang membatasi ruang gerak bisnis Anda.

Akibatnya, siapapun kini bisa menjadi calon pembeli toko Anda, baik konsumen lokal, nasional dan global internasional.

3. Mudah Menggali Customer Journey

Setiap bisnis pastilah memiliki customer journey yang khas dan beragam. Memahami customer journey terhadap bisnis merupakan hal penting, sebab mampu meningkatkan pelayanan dan kepuasan konsumen secara signifikan.

Sayangnya tidak semua pebisnis bisa melacak customer journey usahanya dengan tepat. Kabar baiknya, cloud marketing dapat turut membantu mengukur customer journey usaha Anda dari nol sampai hari ini.

4. Mudah Akrab dengan Pembeli

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bisnis Anda bisa lebih “dekat” dengan pembeli lewat cloud marketing.

Setelah memahami data customer journey pengunjung toko Anda, kini waktunya memanfaatkan informasi tersebut ke dalam berbagai interaksi hangat dengan pembeli – misalnya interaksi di sosial media, konten email marketing, memberi penawaran produk favorit, dan lain-lain.

5. Mudah Memberi Produk Favorit Konsumen

Faktanya, setiap konsumen di toko online Anda pasti memiliki item favoritnya masing-masing. Ada yang suka buku novel remaja, fashion ala Korea, makanan ringan pedas, skincare, dan sebagainya. Di sinilah Anda perlu memahami kesukaan setiap konsumen agar produk yang ditawarkan cepat laku.

Tidak perlu bingung, strategi cloud marketing bisa membantu Anda meriset profil setiap konsumen dengan gampang. Jadi tidak perlu pusing menebak produk apa yang diminati pembeli saat ini!

4 Kiat Pemasaran Online Cloud Marketing yang Simpel dan Gratis

Tertarik mencoba strategi pemasaran online dengan cloud marketing? Anda bisa langsung mulai dengan mempraktekkan 4 kiat pemasaran online sederhana di bawah ini:

1. Kenali dan Pahami Pembeli Anda

Mula-mula, kenali dan pahami dulu siapa target konsumen Anda. Tahapan ini sangat penting supaya pemasaran online yang dipraktekkan membuahkan hasil sesuai cita-cita.

Memahami karakteristik dari target market Anda juga akan membantu peningkatan kualitas produk maupun pelayanan toko online saat ini. Pun apabila optimasi dilakukan secara berkala, bisnis Anda dipastikan akan banjir pembeli dengan sendirinya.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan saat mempelajari konsumen target:

  • Apa produk atau jasa yang paling banyak dicari konsumen?
  • Mengapa konsumen mencari produk atau jasa tersebut?
  • Apa saja hal-hal yang disukai konsumen dari toko Anda?
  • Apa saja hal-hal yang tidak disukai mereka (bisa ditingkatkan kembali)?
  • Dari kalangan mana saja konsumen yang datang ke toko Anda (gender, pendidikan, daerah asal, usia, pekerjaan)?
  • Apa produk atau jasa yang paling banyak dibeli konsumen?
  • Mengapa konsumen membeli produk atau jasa tersebut?
  • Dan masih banyak pertanyaan lain yang bisa Anda riset sesuai kebutuhan.

2. Menentukan Target Penjualan

Setiap pemasaran online yang baik pasti memiliki target yang jelas di baliknya. Banyak bisnis online yang gagal berkembang karena tidak punya target penjualan yang pasti.

Target penjualan bisa mendorong pertumbuhan bisnis Anda ke arah yang lebih baik. Semisal pemasukan bisnis Anda di bulan ini mencapai 5 juta rupiah. Maka Anda bisa mengatur target penjualan untuk bulan depan sebesar 7-8 juta rupiah.

Target penjualan pun tidak melulu harus berupa omset pemasukan. Anda bisa membuat target untuk hal lain, seperti jumlah subscriber newsletter web bisnis, followers sosmed olshop, level eksposur brand, dan sebagainya.

Sejumlah pertanyaan penting dalam menentukan target penjualan:

  • Berapa angka penjualan bisnis saat ini?
  • Berapa angka penjualan yang mau diraih berikutnya?
  • Bagaimana cara terbaik untuk mewujudkan target penjualan tersebut?
  • Apa saja kekurangan yang menjadi penyebab tidak tercapainya target di masa lalu?
  • Apa inovasi baru yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pencapaian target?

3. Jalankan Marketing dengan Konten Berkualitas

Sekarang waktunya mengeksekusi rencana cloud marketing yang telah dibuat! Nah, ketika menjalankan cloud marketing, ingatlah untuk selalu menggunakan konten-konten promosi berkualitas. Tujuannya tak lain agar pemasaran online berjalan lancar.

Kualitas konten sangat memengaruhi minat belanja dari calon konsumen. Pernahkah Anda tergiur ingin mencoba produk usai melihat foto/video katalognya? Inilah kekuatan konten promosi yang jarang disadari pebisnis.

Konten promosi berkualitas tinggi sangat ampuh menciptakan ekspektasi dan gambaran terbaik dari produk. Akibatnya, audiens jadi ingin memakai barang tersebut dan membelinya.

Selain itu, konten marketing berkualitas dapat sekaligus membangun kepercayaan masyarakat pada brand. Pastinya tidak ada yang mau berbelanja di toko yang konten promosinya tidak jelas, meragukan atau asal-asalan.

Tips membuat konten marketing berkualitas:

  • Gunakan gambar foto atau video yang jelas dan HD (high definition).
  • Jangan mengedit foto atau video secara berlebihan (seperti menambahkan filter dan kontras terlalu tinggi) karena dapat mengubah tampilan asli produk.
  • Sertakan caption menarik dengan trik copywriting cerdas.
  • Bebaskan daya kreasi Anda ketika membuat konten yang menarik.
  • Sertakan logo bisnis, nama atau warna utama brand supaya konten Anda punya ciri khasnya tersendiri.
Artikel terkait  iSeller adalah : Jalankan Online Store Anda Hanya dalam Satu Dashboard!

4. Pilih Media Pemasaran Online yang Tepat

Tips terakhir, unggah konten pemasaran online Anda di media yang tepat. Jangan buat 1 konten untuk diunggah ke berbagai media, sebab setiap platform mempunyai ketentuan yang berbeda.

Misalnya Anda mempunyai konten marketing berupa video. Kemana Anda mau mengunggahnya? Saat ini ada banyak platform sosial media video yang bisa menjadi opsi, seperti:

  • YouTube: cocok untuk video-video berdurasi panjang seperti vlog dan review.
  • TikTok: media terbaik untuk video pendek kurang dari 1 menit.
  • Instagram: wadah bagi banyak tipe video, mulai dari video panjang (IGTV), video feeds, hingga video pendek kekinian (Stories dan Reels).

Sekarang Anda hanya perlu menyesuaikan video konten dengan media unggahannya. Jika video Anda berdurasi pendek, maka lebih baik mengunggahnya ke Instastories, IG Reels atau TikTok alih-alih YouTube.

Mengunggah konten marketing ke platform yang benar akan mempercepat proses penyebaran informasi ke masyarakat. Untuk itu, selalu pilih dan pertimbangkan media promosi yang mau digunakan, ya!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar pemasaran online cloud marketing. Ingin tahu lebih banyak trik memaksimalkan omset bisnis yang simpel dan gratis? Tenang, semuanya kini bisa Anda dapatkan di MARKEY.

Jangan lewatkan ratusan update tips digital marketing terbaru hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (PlayStore dan AppStore) sekarang juga. Sampai bertemu lagi di artikel informatif selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya