Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Serba-Serbi Update Aturan dan Tata Cara Beriklan Google Ads...

Serba-Serbi Update Aturan dan Tata Cara Beriklan Google Ads Terbaru 2021

-

Di dunia modern yang sudah melek teknologi internet ini, mustahil rasanya jika ada orang yang tidak mengenal Google. Google adalah search engine (mesin pencari) terbesar nomor 1 dunia dengan jumlah akses miliaran di setiap bulannya.

Tingginya arus lalu lintas di Google ini pun lantas membuka peluang baru, khususnya dalam dunia bisnis dengan beriklan di Google.

Para pebisnis cerdas yang sudah menyadari kepraktisan teknologi sering memanfaatkan Google untuk mempromosikan usahanya dengan cara membuat iklan di Google. Seperti yang Anda sudah ketahui, fungsi utama Google adalah untuk mencari informasi. Baik itu informasi umum, informasi tentang perusahaan maupun informasi tentang suatu barang dan jasa.

Oleh karena itu, banyak yang sudah memanfaatkan mesin pencarian yang satu ini untuk mempromosikan bisnis masing-masing. Harapannya, konsumen bisa menemukan konten yang diiklankan dengan lebih cepat dan merasa tertarik untuk mencoba produk atau jasa.

Promosi di Google dikenal dengan nama Google Ads. Meski bukan hal baru lagi, faktanya Google Ads selalu memperbaharui sistem, aturan dan juga tata cara beriklan pada platform mereka di setiap tahunnya. Jadi, kalau Anda ingin mempromosikan bisnis di Google Ads khusus pada tahun 2021 ini, maka Anda wajib menyimak tuntas ulasannya berikut ini terlebih dahulu.

Update Pedoman Google Ads 2021: Hal-Hal yang Wajib Anda Simak

google-ads-1

Sama seperti trend yang selalu berubah menyesuaikan dengan kondisi di lingkungan nyata, pihak Google turut menyadari bahwa aturan-aturan serta mekanisme yang mereka aplikasikan harus selalu disesuaikan dengan aneka perubahan dari waktu ke waktu. Penyesuaian selalu dilakukan oleh Google untuk setiap produknya—termasuk Google Ads—demi selalu menjaga kenyamanan para pengguna.

Di tahun 2021 ini pun, ada 6 aturan baru terkait Google Ads yang wajib Anda simak dan pahami supaya iklan dapat terpasang dengan baik. Aturan-aturan tersebut adalah:

Deskripsi Iklan Wajib Sejelas Mungkin

Aturan ini dipublikasikan oleh Google pada Januari 2021. Melalui aturan ini, Google menegaskan bahwa semua bisnis tanpa terkecuali wajib menyatakan atau mengklarifikasi informasi terkait produk, layanan serta hal-hal lain yang dipromosikan sejelas mungkin. Apabila hal tersebut tidak dipenuhi, maka Google tidak akan menerbitkan iklan Anda.

Poin-poin yang wajib ada dalam deskripsi iklan Anda di Google Ads 2021 adalah:

  • Nama aplikasi dan sumber download (khusus untuk Anda yang mempromosikan atau menjual produk software).
  • Nama produk yang dijual.
  • Nama perusahaan.
  • URL atau link website perusahaan.
  • Logo perusahaan.
  • Konten-konten promosi (video, gambar pamflet, atau deskripsi tulisan lainnya) yang dipromosikan juga harus memuat identitas berupa nama produk, nama perusahaan, link website dan logo perusahaan.

Aturan Verifikasi Identitas Pengiklan

Kemudian terdapat pula aturan verifikasi identitas pengiklan di Google Ads yang berlaku dari tanggal 22 Februari 2021. Google mengupdate kebijakan verifikasi identitas dari pengiklan ini dengan menambahkan 18 negara yang masih belum lengkap atau tuntas dalam melakukan verifikasi identitas untuk pengiklan dari wilayah masing-masing. Kedelapanbelas negara tersebut adalah:

  • Bulgaria
  • Belgia
  • Denmark
  • Republik Ceko
  • Swiss
  • Finlandia
  • Swedia
  • Jerman
  • Slovenia
  • Hungaria
  • Slovakia
  • Islandia
  • Rumania
  • Latvia
  • Portugal
  • Norwegia
  • Liechtenstein
  • Belanda

Konten Iklan Untuk Anak-Anak dan YouTube Kids

Dimulai dari tanggal 16 Maret 2021 mendatang, Google akan resmi menetapkan aturan baru terkait konten iklan khusus untuk anak-anak dan YouTube Kids. Google Ads juga seringkali dipasang pada YouTube (Adsense), sehingga pembaharuan juga bisa mencapai platform video populer yang satu itu.

Jika Anda ingin iklan bisa terpasang hingga YouTube Adsense Google, maka Anda wajib mematuhi aturan berikut:

  • Promosi atau klaim menyesatkan atau berupa aksi penipuan yang tidak berdasar. Semua pernyataan atau klaim dalam iklan harus bisa dipertanggungjawabkan atau dibuktikan dalam tayangan video.
  • Iklan tidak boleh memberi isyarat kepada audiens bahwa produk mampu menjanjikan privilese atau status sosial yang lebih tinggi.
  • Paksaan dorongan untuk membeli item atau wajib berlangganan.
  • CTA yang diizinkan harus benar-benar dapat berfungsi 100%, bukan CTA palsu alias abal-abal yang tidak jelas arah tujuannya.

Konten Dewasa Tidak Diperbolehkan

Sedari dulu Google Ads sudah melarang adanya iklan berupa produk-produk dewasa, akan tetapi kebijakan yang satu ini terus diperbaharui demi alasan penyempurnaan. Hal ini dikarenakan pada beberapa periode lalu, masih ada banyak iklan bermuatan konten dewasa yang lolos dan beredar di Google.

Per Februari 2021, konten-konten berbau dewasa, kekerasan dan hal-hal negatif lainnya yang termuat dalam iklan akan dipindahkan ke bagian khusus bernama “Kebijakan Konten Tidak Pantas”. Beberapa kategori dewasa yang dilarang keras dalam sistem Google Ads 2021 adalah:

  • Ajakan kencan dengan kompensasi berupa imbalan, uang, hadiah atau sejenisnya.
  • Iklan dengan tema-tema dewasa.
  • Gambar pelecehan seksual khususnya terhadap anak kecil (di bawah umur).
  • Konten iklan vulgar.
  • Iklan layanan pijat plus, situs kencan dan jasa berpelukan (cuddling).
  • Iklan bertema “pengantin” atau pasangan pesanan (layanan pendampingan, escort dan ‘bispak’).

Apabila melanggar ketentuan ini, maka akun Google Anda akan mendapat peringatan, denda dan juga penangguhan akun 7 hari setelah peringatan diberikan.

Kebijakan Produk serta Layanan Keuangan

Perubahan kebijakan Google Ads 2021 juga mencakup aturan kebijakan produk serta layanan keuangan. Per 1 1 Januari 2021 kemarin, pengiklan yang mempromosikan produk layanan keuangan diwajibkan untuk lolos sertifikasi terlebih dahulu oleh Google. Untuk bisa lolos sertifikasi, maka Anda harus memenuhi ketentuan berikut:

  • Mematuhi syarat hukum yang relevan (termasuk syarat yang berkaitan dengan produk keuangan yang ditawarkan).
  • Memastikan iklan mematuhi semua aturan Google Ads.
  • Memperoleh lisensi dari otoritas layanan keuangan di negara target (semisal Anda beriklan di Indonesia, maka Anda harus sudah mengantongi lisensi dari OJK).

Kemudian untuk bisa mengajukan sertifikasi Google, Anda bisa me-request formulir permohonan kepada pihak Google terlebih dahulu. Nantinya Anda akan memperoleh masa tenggang akun 60 hari yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaharui status sertifikasi.

Perubahan Jasa dan Service Ads

Terakhir, terdapat pula perubahan kebijakan terkait jasa dan service dari Google Ads. Aturan yang berubah adalah adanya penjelasan bahwa tidak ada layanan tukang kunci Google untuk iklan di darah Belgia, Swedia, Jerman dan Belgia.

Jadi seharusnya tidak ada masalah yang berarti jika Anda toko Anda tidak beroperasi atau menargetkan promosi di negara-negara tersebut.

Cara Membuat Iklan di Google : Serba Serbi Tentang Google Ads

Setelah memahami aturan-aturan baru pada Google Ads 2021, kini tiba waktunya untuk melihat bagaimana cara membuat iklan di Google Ads. Meskipun ada sejumlah aturan yang berbeda atau diperbaharui pada tahun 2021, namun kenyataannya serba-serbi teknis terkait memasang Google Ads itu sendiri tidak banyak yang berubah.

Google Ads atau Google Adwords adalah layanan Google di mana Anda bisa mengiklankan bisnis Anda ke seluruh dunia melalui platform Google Search. Anda bisa mengatur di mana negara atau wilayah target pasar yang akan dituju, bahasa, dan juga penempatan iklan di Google Search.

Ini bisa menjadi solusi terbaik Anda untuk memasarkan produk Anda secara online dengan target yang lebih luas lagi alias berskala internasional.

Di Google Ads pun Anda bisa menyesuaikan aneka fitur-fitur promosi yang ada dengan kemampuan keuangan Anda. Untuk Anda yang baru memulai dan kebetulan memiliki budget terbatas, tidak perlu cemas! Anda bisa memulai dengan anggaran Rp 50.000 saja. Setelah itu, Anda tinggal menentukan waktu, lokasi, keyword, topik dan lain-lain.

Cara Membuat Iklan di Google: Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Masuk ke Langkah-Langkah Pembuatan Iklan

Hanya ada dua syarat utama yang harus dipenuhi supaya bisa mulai membuat iklan di Google, yakni akun Gmail dan saldo minimal 50 ribu rupiah.

Harus memiliki Gmail

Hal pertama yang wajib Anda miliki sebelum membuat Google Ads untuk mempromosikan jasa atau produk Anda adalah harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Hal ini karena akun Gmail merupakan syarat paling utama untuk membuat Google Ads. Jika Anda belum memilikinya, akan lebih baik jika membuatnya terlebih dahulu di www.gmail.com.

Memiliki Saldo Untuk Membayar Ads Minimal Rp 50.000

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan saldo Anda. Google Ads biasanya akan membebankan Anda dengan sejumlah biaya. Biaya yang harus dibayar juga tergantung dengan kemampuan Anda. Ada beberapa pilihan mekansime iklan di dalam Google Ads:

  • Pertama, bayar setiap iklan mencapai 1000 impresi. Opsi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun awarenessatau agar orang-orang tahu usaha Anda di dunia maya.
  • Kedua adalah bayar setiap iklan diklik (Pay Per Click; PPC). Di jenis yang kedua ini, Anda akan membayar setiap kali ada orang yang mengklik iklan, namun apabila orang tersebut hanya menontonnya saja, Anda tidak perlu membayar. Dengan kata lain, saldo akan tetap utuh.
  • Ketiga adalah opsi membayar setiap goal Di dalam memasang iklan, tentu Anda memiliki goal atau tujuan yang ingin dicapai, bukan? Di cara yang ketiga ini, Anda harus membayar saat goalAnda tercapai misalnya jumlah kunjungan, jumlah penjualan dan lain-lain. Goals pun bisa disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan bisnis.

Pedoman Cara Membuat Iklan di Google dengan Google Ads Untuk Pemula

google-ads-2

Bagaimana, sudah siap untuk beriklan di Google Ads? Jika sudah, ayo langsung simak tata cara lengkap beriklan di Google Ads berikut ini:

Buatlah Situs Blogspot Atau Website

Cara pertama dalam mempromosikan barang atau jasa Anda dengan Google Ads adalah memiliki blog atau website terlebih dahulu. Jika Anda ingin mengiklankan sesuatu tentu harus memiliki media terlebih dahulu. Karena Anda akan beriklan di Google, maka media yang Anda gunakan adalah dengan menemukan domain yang cocok dan membuat situs.

Jika Anda ingin membuat situs yang gratis dan simple, maka Google Bisnisku bisa jadi solusinya. Dengan membuat halaman di Google Bisnisku, iklan Anda tidak hanya muncul di Google saja melainkan di Google Maps juga. Untuk memulai, Anda bisa mengunjungi http://adwords.google.com/

Jika Anda sudah memiliki situs atau halaman di Google Bisnisku, saatnya untuk memulai langkah awal untuk mendaftar Google Ads. Setelah sudah mendaftar dengan akun Gmail Anda, waktunya untuk masuk ke langkah selanjutnya.

Tentukan Jaringan Penelusuran Anda

Klik tombol ‘Campaign’ di layar. Tombol Campaign akan membawa Anda untuk menentukan target jaringan Anda. Di sana akan ada beberapa pilihan jaringan seperti Search Network Only dan Display Network Only.

Search Network Only memungkinkan Anda menampilkan iklan di Google Search saja. Jaringan ini cocok untuk Anda yang ingin agar orang-orang mengetahui bisnis barang atau jasa Anda.

Sedangkan untuk Display Network Only cakupannya lebih luas. Dengan memasang ini, iklan Anda akan muncul di situs-situs yang sudah bekerja sama dengan Google. Jaringan ini cocok untuk Anda yang ingin memperluas jangkauan iklan dan meningkatkan branding usaha.

Menentukan Target Iklan Anda

Setelah memilih jaringan yang sesuai untuk keperluan Anda, maka saatnya untuk menentukan target audience. Di dalam menentukan target iklan ada 3 opsi. Opsi pertama iklan akan dipasarkan ke semua negara. Biasanya yang ini target marketnya sangat luas sampai semua negara di dunia.

Yang kedua yakni seluruh penduduk Indonesia. Untuk target iklan ini, ditujukan untuk Anda yang memiliki produk lokal Indonesia dan ingin memasarkan ke masyarakat Indonesia sendiri.

Yang ketiga adalah kota atau daerah tertentu. Anda juga perlu mengatur bahasa iklan Anda. Jika targetnya merupakan negara Indonesia maka disarankan untuk mengatur bahasanya ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Pilih Bid Sesuai Budget Anda

Sudah menentukan audiens atau pemirsa iklan? Sekarang saatnya untuk memilih Bid yang sesuai dengan kemampuan! Sebenarnya, memasang Google Ads tidak perlu mengeluarkan anggaran yang banyak untuk hasil yang maksimal asal Anda tahu target pasarnya. Oleh karena itu, Anda memerlukan strategi yang matang.

Ada dua macam bid di Google Ads. Pertama Maximize Klick, yaitu bid yang memiliki biaya lebih besar karena Anda akan mendapatkan banyak sekali pengunjung di website Anda menggunakan bid ini. Kedua yakni Manual Bid, inilah yang lebih ringan di kantong. Karena Anda bisa menentukan sendiri nominal di setiap kata kunci.

Anda juga harus menentukan berapa nilai maksimal klik yang bisa Anda keluarkan untuk budget perhari atau perbulan. Tentu semakin banyak nominalnya maka Google Ads juga semakin optimal. Walaupun begitu, bid ini sangat cocok untuk yang memiliki budget terbatas.

Membuat Ad Grup dan Menentukan Kata Kunci (Keyword)

Langkah berikutnya dalam membuat Google Ads adalah dengan membuat Ad Grup. Ad Grup ini merupakan bagian dari kampanye iklan Anda. Masukkan alamat URL landing page website Anda kemudian masukkan kata kunci.  Tipsnya, gunakan kata kunci yang berhubungan dengan landing page yang telah Anda isi.

Membuat Teks Iklan Yang Menarik

Langkah berikutnya setelah Anda membuat Ad Grup dan kata kunci adalah membuat teks iklan yang menarik. Di sinilah kreatifitas Anda diuji. Iklannya harus yang persuasif artinya menarik banyak orang untuk mengkliknya. Namun jangan lupa juga untuk tetap nyambung dengan produk Anda.

Di langkah ini Anda akan mengisi nama URL website Anda, headline dan description. Headline berkaitan dengan judul atau inti barang dan jasa yang Anda iklankan. Sedangkan description berkaitan dengan rangkuman singkat manfaat barang atau jasa Anda dan bagaimana menghubungi Anda.

Mengisi Detail Penagihan Google Ads

Langkah terakhir setelah Anda menyelesaikan semua formulir yang harus diisi yaitu membayar iklan. Di detail penagihan ini harus Anda isi sesuai dengan kondisi Anda seperti zona waktu, alat pembayaran dan lain-lain.

Pada bagian negara dan zona waktu, Anda harus memilih Indonesia jika target pasarnya adalah Indonesia dan zona waktu sesuai dengan yang ada di daerah Anda. Hal ini agar iklan bisa ditayangkan sesuai dengan zona waktu Anda. Berbeda jika Anda ingin membayar iklan dengan dolar, maka pilihlah negara yang memiliki mata uang dolar.

Anda juga harus mengisi info pelanggan. Pilihlah akun individu jika usaha Anda milik perseorangan. Informasi pajak juga harus pribadi dan apabila Anda memiliki NPWP maka isi juga nomor wajib pajak Anda. Jangan lupa juga untuk mengisi biodata seperti nama, alamat dan kode pos.

Cara pembayarannya ada dua yakni otomatis dan manual. Jika Anda memilih manual maka Anda bisa membayar melalui ATM dan transfer bank. Sedangkan jika Anda membayar otomatis, Anda perlu memiliki kartu kredit. Namun, sangat disarankan untuk membayar Google Ads menggunakan transfer ATM saja karena kalau menggunakan kartu kredit, biaya yang kita keluarkan bisa kebablasan.

Jika Anda memilih melalui ATM atau transfer bank maka Anda akan diberikan nomor rekening sendiri untuk mentransfer sejumlah biaya yang sudah Anda ajukan sebelumnya. Biasanya uang akan masuk ke akun Anda selama 2 sampai 5 hari. Namun jika menggunakan kartu kredit, uang akan masuk saat itu juga di akun Google Ads Anda.

Langkah paling terakhir sebelum Google Ads Anda benar-benar siap untuk diproses adalah mencentang persetujuan. Kemudian akan muncul detail pembayaran nominal biaya dan akun rekening tujuan transfer. Detail tersebut diusahakan langsung di screenshot atau difoto agar tidak hilang. Karena setiap akun berbeda biaya dan nomor rekeningnya.

Setelah semua beres, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard Google Ads. Di sana akan ada banyak fitur yang bisa Anda lihat dan pelajari. Jika serangkaian cara membuat iklan di Google di atas sudah Anda laksanakan semua. Berikut hal yang harus Anda perhatikan setelah mendaftar Google Ads.

Cara Membuat Iklan di Google: Hal Penting yang Harus Diperhatikan Setelah Mendaftar Google Ads

adsense-3

Selamat, iklan Anda kini sudah beredar di Google Ads! Namun tugas Anda belum berakhir. Pasca iklan diterbitkan, Anda harus memerhatikan hal-hal berikut ini:

Memastikan Status Iklan yang Anda Ajukan Sudah Disetujui

Caranya adalah dengan menekan menu dashboard kemudian klik iklan dan ekstensi. Di sana akan ditayangkan status Google Ads yang Anda ajukan. Ada 3 jenis status iklan yang muncul. Pertama, iklan sedang dalam peninjauan, artinya iklan yang Anda ajukan sedang dalam analisis pihak Google. Kedua iklan sudah disetujui dan berhasil terpasang. Ketiga iklan ditolak.

Mengapa iklan ditolak? Mungkin ada beberapa peraturan Google Ads yang Anda langgar. Anda juga bisa melihat alasan mengapa iklan tersebut ditolak dengan menekan tombol status iklan yang ditolak dan Anda tinggal mengikuti instruksi yang tertera.

Memastikan Saldo Iklan Sudah Masuk Ke Akun Google Ads

Sayangnya iklan akan berjalan ketika saldo Anda sudah masuk. Jika Anda memilih pembayaran melalui transfer bank atau ATM maka tunggulah selama 2 sampai 5 hari kerja. Anda akan diberitahu lewat notifikasi gmail jika saldo iklan Anda sudah masuk.

Demikian langkah-langkah untuk membuat Google Adwords dan cara membuat iklan di Google Ads sedetail mungkin. Mungkin masih ada beberapa orang yang ragu untuk menjalankan Google Ads karena belum melihat langsung manfaatnya. Padahal dengan Google Ads, iklan Anda bisa menjadi nomor satu di Google. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Iklan di Google Agar Bisa Mendapat Nomor Satu

Sudah memasang iklan di Google tapi tidak mendapat peringkat pertama? Inilah faktor sebuah iklan Google Ada bisa mendapat peringkat satu dalam mesin pencarian Google. Peringkat iklan adalah hasil dari skor kualitas ditambah penawaran dan ditambah lagi dengan perkiraan pengaruh pada ekstensi. Cara meningkatkan iklan pada dasarnya Anda harus menaikkan skor kualitas kata kunci.

Kampanye Iklan Berisi Grup yang Spesifik

Bagaimana maksudnya?

Kampanye yang Anda tulis di tahap terakhir langkah membuat Google Ads di atas haruslah spesifik. Jadi ketika orang mencari produk tertentu maka diusahakan ketika melihat iklan Anda orang tersebut langsung mendapat apa yang ia cari. Misalnya produk Anda adalah pembersih jerawat maka kampanye dan kata kunci Anda benar-benar pembersih jerawat bukan pembersih muka.

Pencocokan Kata Kunci yang Lebih Spesifik

Di sinilah kata kunci bermain amat penting di Google Ads. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa memilih kata kunci haruslah yang spesifik. Kata kunci juga harus relevan dengan website Anda.

Selain itu, target Anda juga harus tepat, jadi iklan Anda bisa tayang ke orang-orang yang benar-benar sedang membutuhkan. Walaupun mungkin saldo iklan yang Anda keluarkan sedikit, namun apabila target sudah pas, maka hasil iklan akan maksimal.

Menggunakan Kata Kunci pada Teks Iklan

Di instruksi dalam membuat iklan di Google, Anda tadi akan disuruh mengetik beberapa baris teks iklan yang persuasif. Ternyata teks iklan ini juga berpengaruh dalam rangking iklan Anda. Letakkan kata kunci dalam teks iklan yang Anda buat terutama pada judul iklan. Tunjukkan bahwa iklan Anda adalah produk yang sedang mereka cari.

Misalnya Anda ingin mengiklankan produk penggemuk badan. Maka teks iklan haruslah mengandung kata kunci tersebut. Sisipkan juga tulisan “produk penggemuk badan” di judul iklan yang Anda buat.

Teks Iklan Haruslah Menarik dan Meyakinkan

Teks iklan memang harus mengandung kata kunci. Namun ada yang lebih dari itu yakni teks iklan harus menarik. Cantumkan perbedaan produk Anda dengan produk orang lain. Misalnya bahan herbal, ada promo atau gratis ongkos kirim untuk wilayah tertentu. Biasanya iklan yang persuasif akan mendapat banyak klik daripada iklan yang datar saja.

Tambahkan juga call to action, yaitu jika ada orang yang sudah membaca iklan Anda dan tertarik untuk membelinya, maka di sana ada tombol yang jelas untuk menghubungi Anda. Biasanya call to action yang tertera adalah nomor telepon, pesan langsung, keterangan produk lebih lanjut atau beli tergantung barang atau jasa Anda.

Situs Anda Mudah Diakses Dan Mudah Dinavigasi

Google Ads juga akan mengukur seberapa baik website Anda dalam memberikan iklan produk yang dicari orang. Pengalaman yang Anda berikan ke orang lain tersebut akan mempengaruhi peringkat iklan. Jika pengalaman mereka buruk, misalnya website Anda tidak bisa dibuka, tidak mudah diakses di mobile maka peringkat Anda tidak akan tinggi.

Akibat terburuk dan fatal, iklan yang sudah Anda pasang akan jarang ditayangkan dan bahkan diberhentikan tayang oleh Google jika kualitas pengalamannya buruk. Oleh karena itu, perbaiki performa website Anda untuk memperoleh peringkat iklan nomor satu.

Demikianlah pembahasan terkait serba-serbi cara membuat iklan di Google Ads 2021, lengkap dengan cara agar iklan Anda mendapat peringkat nomor satu. Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini, selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat! Sampai jumpa lagi di artikel menarik informatif lainnya dari Markey, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya