Last Updated on April 4, 2022 by
Pernah melihat iklan saat mengakses WiFi publik? Ini adalah contoh dari CRM marketing, alias Close Range Marketing. CRM adalah taktik pemasaran online unik yang bisa membantu mendongkrak popularitas toko Anda!
Lebih dari 90% orang mengandalkan media-media mainstream untuk mempromosikan bisnisnya, seperti sosial media, situs olshop, dan aplikasi ecommerce. Pastinya Anda sendiri juga sudah pernah mempromosikan usaha lewat media-media tersebut.
Sosmed, web dan aplikasi olshop memang opsi terbaik untuk menjangkau konsumen yang jauh. Akan tetapi, performa mereka belum tentu efektif dalam aktivitas promosi jarak dekat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengandalkan strategi CRM (Close Range Marketing).
Mari langsung cari tahu apa itu CRM marketing beserta contoh-contohnya pada ulasan selengkapnya berikut ini!
Daftar Isi
Apa Itu CRM Marketing?
Sudah pernah mendengar apa itu CRM marketing? CRM marketing adalah singkatan dari Close Range Marketing, yang juga merupakan salah satu jenis digital marketing.
Strategi CRM mungkin tidak seterkenal jenis-jenis pemasaran online lainnya, seperti sosial media marketing, Search Engine Marketing (SEM), Call To Action, dan seterusnya. Namun jangan salah, Close Range Marketing punya sifat khusus yang menjadikannya unik dan ampuh menggaet konsumen.
CRM adalah pilihan terbaik, terutama kalau Anda ingin menarik keuntungan dari konsumen terdekat di sekitar Anda. Sesuai namanya, “close range” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “dalam jangkauan (dekat)”.
Cara Kerja CRM Marketing Adalah
Lalu seperti apa cara kerja dari strategi Close Range Marketing? Mirip seperti pemasaran online pada umumnya, strategi CRM bekerja dengan perangkat digital (gadget) plus koneksi internet.
Bedanya, di sini Anda hanya memanfaatkan alat-alat yang bisa bekerja, atau dilengkapi fasilitas koneksi WiFi dan Bluetooth. Contohnya seperti laptop, tablet dan smartphone. Mengapa? Dalam CRM, marketer akan menggunakan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk mengirimkan konten promosi pada konsumen.
WiFi dan Bluetooth menjadi media yang paling diandalkan dalam Close Range Marketing karena sifatnya sebagai saluran digital jarak dekat dan terbatas (hanya dalam hitungan meter). Iklan baru bisa tersebar ketika ada gadget yang terhubung ke saluran WiFi atau Bluetooth yang Anda aktifkan.
Semisal, konsumen A menyambungkan smartphonenya pada layanan free WiFi dari toko Anda. Kemudian mereka bisa melihat sejumlah iklan produk terpampang di halaman landing koneksi begitu sinyal WiFi terhubung ke perangkat.
Contoh lainnya, konsumen menerima pesan berisi penawaran yang masuk ketika ponsel terhubung ke Bluetooth. Mereka bisa menerima semua iklan Anda setelah mengklik tombol ‘oke’ untuk mengizinkan pesan masuk.
2 Contoh CRM Marketing Adalah
Ada dua jenis sekaligus contoh CRM marketing, yaitu WiFi marketing dan Bluetooth marketing. Berikut penjelasan dari setiap tipe Close Range Marketing selengkapnya.
1. WiFi Marketing
Siapa bilang kita tidak bisa memanfaatkan WiFi untuk marketing? WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Pun umumnya, orang-orang mengenal WiFi sebagai salah satu bentuk koneksi internet tanpa kabel.
Ternyata WiFi juga bisa bermanfaat dalam agenda pemasaran bisnis online kita melalui “WiFi marketing”. WiFi marketing merupakan inovasi baru mempromosikan layanan atau produk ke konsumen secara real time. Taktik CRM ini mulai populer karena terbukti ampuh membangun kedekatan brand dengan pembeli secara langsung dengan mudah via smartphone.
Nah, Anda bisa turut meningkatkan sejumlah aspek penting dalam bisnis memakai WiFi marketing, seperti:
- Mengetahui insight dan karakteristik konsumen yang datang ke toko Anda.
- Menggali lebih banyak informasi baru perihal persona customer Anda (perilaku konsumen, minat, latar belakang identitas, dan lain-lain).
- Menambah kualitas pelayanan secara langsung yang dapat turut meningkatkan frekuensi kunjungan mereka ke toko.
- Membantu mengumpulkan data lebih lengkap untuk proses analisis audiens.
- Bisa mengiklankan berbagai kampanye bisnis lewat landing page
Cara memulai WiFi marketing pun sangat gampang! Semisal Anda sudah memiliki toko fisik sendiri saat ini. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasang jaringan WiFi dan membuka free akses bagi konsumen. Strategi WiFi marketing ini sudah sangat banyak dilakukan oleh bisnis-bisnis seperti restoran, kafe, dan coworking space.
Nantinya Anda bisa mengumpulkan data konsumen atau melakukan beragam trik marketing yang sudah dijelaskan di atas untuk memaksimalkan pendapatan.
2. Bluetooth Marketing
Contoh CRM marketing yang kedua adalah Bluetooth marketing. Bluetooth sudah lama menjadi fitur unggulan pada telepon genggam, dan masih cukup populer saat ini. Bahkan laptop dan komputer tablet kekinian pun turut dilengkapi sistem koneksi Bluetooth.
Bluetooth marketing adalah strategi promosi CRM antar 2 gadget atau lebih dengan media perantara koneksi Bluetooth. Melalui sambungan tersebut, kita bisa mengirimkan beragam konten promosi sejenis pesan teks iklan, foto banner penawaran, video marketing, dan lain-lain kepada orang lain.
Keunggulan utama Bluetooth marketing terletak pada sifatnya yang berlandaskan persetujuan pengguna. Tidak seperti iklan online biasa yang muncul begitu saja, di sini audiens punya kendali penuh menentukan apakah mereka mau menerima iklan atau tidak.
Jika calon konsumen penasaran dengan penawaran Anda, mereka bisa mengklik ‘oke’ ketika notifikasi Bluetooth menyampaikan ada pesan iklan yang masuk dari toko. Begitu juga sebaliknya.
Cara ini memastikan iklan yang Anda buat sepenuhnya bermakna dan tak ‘sekadar angin lalu’ bagi konsumen. Sebab, orang-orang yang memilih menerima iklan biasanya memang tertarik dengan produk atau jasa, sekaligus merupakan calon pembeli serius.
Keuntungan lainnya, brand Anda tidak akan dicap negatif akibat terlalu sering menampilkan iklan yang mengganggu aktivitas pengunjung.
Keunggulan dan Kekurangan CRM Marketing
Close Range Marketing merupakan strategi yang menarik dan unik. Namun di baliknya tetap ada sejumlah keunggulan dan kekurangan yang harus Anda waspadai.
Keunggulan menerapkan Close Range Marketing adalah:
- Memaksimalkan penjualan dari konsumen sekitar dengan mudah.
- Peluang keberhasilan iklan sangat tinggi karena sasaran audiensnya lebih spesifik.
- Mengutamakan persetujuan audiens dan menghindari bentuk spam.
- Menjaga kenyamanan pembeli yang berkunjung, karena konten iklan muncul pada laman khusus yang tak menutupi isi konten penting seperti pada iklan website.
- Meminimalisir kemunculan kesan negatif pada brand.
Di sisi lain, kekurangan utama dari Close Range Marketing sudah tentu daya jangkaunya yang sempit. Kembali lagi, konsep dari strategi CRM memang berfokus pada konsumen lokal sekitar saja. Jadi, sangat tidak tepat mengandalkan strategi promosi ini untuk menggaet konsumen dalam cakupan luas.
Sangat disarankan untuk menggabungkan taktik CRM dengan metode pemasaran online jarak jauh lain seperti sosial media marketing, website, SEM / SEO, dan lain-lain guna memperoleh omset bisnis maksimal. Anda juga dapat mengoptimalkan penjualan lokal bisnis memakai beragam tips SEO lokal terbaru.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar apa itu CRM marketing. Semoga ulasan di atas mampu menambah wawasan, inspirasi maupun inovasi marketing bagi usaha Anda saat ini!
Ingin tahu lebih banyak kiat-kiat unik sukses berbisnis online? Yuk dapatkan semuanya hanya di MARKEY! Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), dan langsung temukan berbagai artikel digital marketing terbaru spesial hanya untuk Anda.
Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.