Last Updated on May 27, 2022 by appkey
SEO masih menjadi kunci utama bagi setiap pebisnis untuk mengoptimalkan performa website e-commercenya. Dengan SEO, web bisnis Anda dapat dengan lebih mudah menduduki peringkat teratas di halaman pencarian Google.
Semakin tinggi ranking website Anda pun akan semakin baik, sebab web Anda akan lebih mudah untuk memperoleh traffic dan conversion.
Lantas bagaimana cara termudah untuk memaksimalkan SEO tersebut? Tidak perlu pusing-pusing! Sebagai pemula, Anda bisa memulai optimisasi ini dengan mencoba menerapkan trend local SEO. Apa sajakah tren local SEO tersebut? Yuk langsung simak pembahasannya berikut ini – selamat membaca!
Daftar Isi
7 Trend Local SEO yang Anda Wajib Tahu
Local SEO adalah salah satu aspek dalam dunia optimalisasi website yang tidak boleh Anda lewatkan. Local SEO adalah sebuah trik optimalisasi search engine untuk mencari dan menampilkan bisnis lokal sesuai domisili masyarakat (user).
Semisal Anda melakukan penelusuran seperti “Villa murah di Kuta, Bali”. Keyword “Kuta, Bali” adalah penunjuk local SEO yang akan membantu search engine menampilkan hasil penelusuran berdasar lokasi yang diminta.
Beruntunglah Anda, sebab di tahunini nanti local SEO diprediksi akan lebih banyak digunakan dalam proses optimalisasi usaha online. Hal ini dikarenakan user merasa lebih cepat terbantu jika berhasil menemukan agen usaha produk atau jasa lokal yang dibutuhkan. User yang menelusuri agen-agen bisnis lokal dipastikan memiliki potensi lebih besar untuk melakukan pembelian.
Anda pun bisa memaksimalkan performa website dengan mengaplikasikan 7 trend local SEO berikut ini:
1. Budaya Google My Business (Google Bisnisku)
Menggunakan Google My Business atau Google Bisnisku mulai menjadi sebuah ‘budaya’ bagi para pegiat bisnis lokal. Pasalnya, Google My Business dapat membantu user/masyarakat umum untuk lebih mudah menemukan agen-agen bisnis dalam daerah tempat tinggalnya.
Dengan memakai Google My Business, bisnis Anda dapat langsung muncul di halaman pertama penelusuran Google kapanpun user menelusuri bisnis dengan keyword yang sesuai dengan usaha Anda. Profile bisnis yang ditampilkan pun sangat lengkap, mulai dari alamat yang terhubung langsung ke Maps, informasi bisnis, jam buka, dan testimoni dari pengunjung sebelumnya.
2. Local SEO Mobile Friendly
Pastikan website Anda sudah mobile friendly, alias bisa dibuka dan berjalan cepat sekaligus baik dari smartphone. Saat ini dan tahun-tahun berikutnya masyarakat lebih senang mencari aneka informasi dari smartphone masing-masing ketimbang gadget yang lebih besar seperti PC.
Smartphone dirasa lebih simpel, kecil dan praktis dibuka dimana saja untuk menelusuri sebuah informasi. Oleh karena itu, di tahun ini, Google akan lebih memprioritaskan website-website bisnis lokal yang bersifat mobile friendly.
3. Berfokus pada Keinginan Penelusuran User
Selanjutnya, pastikan usaha optimalisasi SEO local web Anda sudah berfokus pada keinginan user. Setiap user tentunya melakukan penelusuran untuk mengetahui atau mendapatkan sesuatu secara spesifik. Semisal user yang menelusuri keyword ‘Jasa pasang WiFi murah Jakarta’, bisa jadi karena ia ingin memasang WiFi atau ingin survey biaya pemasangan WiFi terlebih dahulu.
Semakin fokus website Anda pada keinginan dan kebutuhan user, maka akan semakin besar kesempatan bagi website bisnis lokal Anda untuk tampil menonjol pada Google Search.
Setelah Anda mampu meriset aneka kebutuhan user dan alasan mengapa user melakukan penelusuran tertentu, maka akan semakin mudah bagi tim konten creator website Anda untuk mengarahkan konten-konten web agar sesuai dengan keinginan user.
Strategi ini pun dapat membantu mengatasi permasalahan perubahan keinginan pasar yang dinamis dari waktu ke waktu.
4. Trend Voice Search
Jangan lupakan soal voice search! diprediksi menjadi masa kejayaan dari trend voice search alias penelusursan berbasis suara. Penelusuran berbasis suara ini menjadi populer di masyarakat berkat kehadiran Google Voice Assistant. Dengan sistem ini, user bisa melakukan penelusuran apa saja dengan lebih mudah melalui ucapan. Tidak perlu repot mengetik keyword lagi!
Ada perbedaan yang signifikan antara penelusuran berbasis keyword dengan voice. Biasanya, saat membuat konten berbasis keyword, Anda akan melakukan penelusuran kata kunci yang singkat, padat jelas. Contohnya: ‘WiFi murah Jakarta’.
Sementara penelusuran berbasis voice bisa memakai keyword yang lebih panjang selayaknya saat user bertanya ke sesama manusia biasa. Contoh keyword voice search: ‘Dimana bisa pasang WiFi murah Jakarta?’.
Yuk perdalam lagi seputar berbisnis dengan voice assistant melalui artikel khusus Markey: “Mudah Berbisnis dengan Voice Assistant | Pengertian, Manfaat, Contoh Penerapan”.
5. Perbanyak Sistem Otomatis (Automatisasi)
Meskipun bisnis Anda masih dalam ranah lokal, Anda tetap harus mengedepankan sistem-sistem yang bersifat otomatis pada website. Di tahun 2020 sendiri sudah mulai banyak pekerjaan SEO lokal yang bisa berjalan secara otomatis. Jadi mengapa tidak mengoptimalkannya di tahun ini ?
Memakai sistem yang serba otomatis tentu akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis online Anda. Salah satunya adalah menggunakan sistem konten berbasis kecerdasan buatan (AI) agar konten-konten website Anda lebih mudah ditemukan pengunjung sekaligus melindunginya dari berbagai spam.
Semakin banyak sistem otomatis yang bisa Anda aplikasikan pada website bisnis lokal untuk mendorong performanya, maka akan semakin baik peringkat SEO web Anda.
6. Artikel Panjang Sedang Diminati
Ya, 2022 bukanlah masanya bagi artikel-artikel pendek. Kini, artikel panjang dinilai lebih baik untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) dan posisi ranking web menurut SEO. Artikel dengan jumlah kata sekitar 3.000 diprediksi lebih berpotensi meraih jumlah traffic yang lebih besar serta backlink.
Namun hal ini bukan berarti Anda boleh dengan sengaja membuat konten asal-asalan agar panjang saja. Tidak. Artikel Anda tetap harus berkualitas dan mengulas banyak hal menarik secara mendetail agar pembaca bisa merasa puas membaca informasi yang Anda sajikan.
Selain itu, Anda juga harus cermat dalam menyajikan konten artikel yang panjang agar pengunjung tidak bosan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membagi konten artikel ke dalam sejumlah headings. Headings juga bermanfaat bagi pembaca untuk langsung memilih sub-topik dari artikel yang ingin ia baca dan ketahui.
Untuk Anda yang belum menguasai cara menggunakan tag heading pada konten, bisa langsung simak artikel mendalam perihal heading dari Markey: “Bagaimana Metode Pemasangan Tag Judul (Tag h) yang Tepat?”
7. Memaksimalkan Penggunaan Core Web Vital dan Page Experience
Tren terakhir untuk local SEO adalah penggunaan` core web vital untuk mengoptimalkan page experience user. Google secara resmi memperkenalkan sistem core web vital sebagai salah satu penentu ranking local SEO di tahun ini. Dengan adanya sistem ini, diharapkan setiap pengelola website bisa lebih fokus menganalisa dan berpegangan kepada page experience metrics website masing-masing.
Kedua poin ini sesungguhnya mengacu pada persoalan yang sama, yakni pengalaman yang bisa didapatkan oleh pengunjung website ketika berada di toko online Anda. Web bisnis lokal Anda harus selalu mempertimbangkan efek emosional yang mungkin dibangkitkan oleh halaman website saat dikunjungi user.
Dengan kata lain, Anda sudah selangkah di depan dari persoalan klasik apakah website sudah bisa loading dengan baik dan bisa dideteksi oleh crawler index Google?
Beberapa hal yang bisa mulai Anda perhatikan dan fokuskan dari laman website bisnis untuk memaksimalkan pengalaman user seperti:
- Tingkat mobile friendly website dan optimalisasi tampilan gambar pada website saat diakses berbagai device.
- Seberapa cepat dan mulus tampilan halaman web ketika diloading user?
- Tingkat kemudahan website dinavigasi oleh user melalui aneka device.
- Kecepatan waktu yang dibutuhkan oleh website untuk merespon terhadap interaksi dari user.
- Seberapa tingkat keamanan dari koneksi website ketika diakses user?
Dengan mulai memerhatikan serta memaksimalkan aspek-aspek di atas, dijamin website bisnis lokal Anda akan lebih bagus, menarik dan lebih disukai user dibandingkan website bisnis skala besar! Bagaimana, sudah siap untuk mencoba mengoptimisasi website bisnis lokal Anda dari sekarang?
Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang trend dan tips untuk memaksimalkan optimalisasi web bisnis lokal di tahun ini. Semoga pembahasan tren local SEO di atas mampu menambah wawasan Anda, ya!
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Baca juga
SEO adalah : Google Maps vs Google Local Finder, Mana yang Terbaik untuk SEO Lokal?
Pencarian Semantik SEO Adalah? | Strategi Trend SEO Terbaru
11 Tips SEO Google Featured Snippet : Bikin Olshop Laris!
Apa Itu Microformat? Inilah Format Kode Khusus Optimalisasi SEO
Yuk Kenali SEO Blog untuk Pemasaran di Blog Anda!
Konten Berbasis Voice Search Google? Begini 4 Trik SEO untuk Optimalisasi!
6 Tools SEO Marketing Gratis Terbaik untuk Blog Bisnis
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.