Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Bersiap Dari Sekarang, Trend Local SEO Sudah Tiba!

Bersiap Dari Sekarang, Trend Local SEO Sudah Tiba!

-

SEO masih menjadi kunci utama bagi setiap pebisnis untuk mengoptimalkan performa website e-commercenya. Dengan SEO, web bisnis Anda dapat dengan lebih mudah menduduki peringkat teratas di halaman pencarian Google.

Semakin tinggi ranking website Anda pun akan semakin baik, sebab web Anda akan lebih mudah untuk memperoleh traffic dan conversion.

Lantas bagaimana cara termudah untuk memaksimalkan SEO tersebut? Tidak perlu pusing-pusing! Sebagai pemula, Anda bisa memulai optimisasi ini dengan mencoba menerapkan trend local SEO. Apa sajakah tren local SEO tersebut? Yuk langsung simak pembahasannya berikut ini – selamat membaca!

7 Trend Local SEO yang Anda Wajib Tahu

local-seo

Local SEO adalah salah satu aspek dalam dunia optimalisasi website yang tidak boleh Anda lewatkan. Local SEO adalah sebuah trik optimalisasi search engine untuk mencari dan menampilkan bisnis lokal sesuai domisili masyarakat (user).

Semisal Anda melakukan penelusuran seperti “Villa murah di Kuta, Bali”. Keyword “Kuta, Bali” adalah penunjuk local SEO yang akan membantu search engine menampilkan hasil penelusuran berdasar lokasi yang diminta.

Beruntunglah Anda, sebab di tahunini nanti local SEO diprediksi akan lebih banyak digunakan dalam proses optimalisasi usaha online. Hal ini dikarenakan user merasa lebih cepat terbantu jika berhasil menemukan agen usaha produk atau jasa lokal yang dibutuhkan. User yang menelusuri agen-agen bisnis lokal dipastikan memiliki potensi lebih besar untuk melakukan pembelian.

Anda pun bisa memaksimalkan performa website dengan mengaplikasikan 7 trend local SEO berikut ini:

1. Budaya Google My Business (Google Bisnisku)

Menggunakan Google My Business atau Google Bisnisku mulai menjadi sebuah ‘budaya’ bagi para pegiat bisnis lokal. Pasalnya, Google My Business dapat membantu user/masyarakat umum untuk lebih mudah menemukan agen-agen bisnis dalam daerah tempat tinggalnya.

Dengan memakai Google My Business, bisnis Anda dapat langsung muncul di halaman pertama penelusuran Google kapanpun user menelusuri bisnis dengan keyword yang sesuai dengan usaha Anda. Profile bisnis yang ditampilkan pun sangat lengkap, mulai dari alamat yang terhubung langsung ke Maps, informasi bisnis, jam buka, dan testimoni dari pengunjung sebelumnya.

2. Local SEO Mobile Friendly

Pastikan website Anda sudah mobile friendly, alias bisa dibuka dan berjalan cepat sekaligus baik dari smartphone. Saat ini dan tahun-tahun berikutnya masyarakat lebih senang mencari aneka informasi dari smartphone masing-masing ketimbang gadget yang lebih besar seperti PC.

Smartphone dirasa lebih simpel, kecil dan praktis dibuka dimana saja untuk menelusuri sebuah informasi. Oleh karena itu, di tahun ini, Google akan lebih memprioritaskan website-website bisnis lokal yang bersifat mobile friendly.

3. Berfokus pada Keinginan Penelusuran User

Selanjutnya, pastikan usaha optimalisasi SEO local web Anda sudah berfokus pada keinginan user. Setiap user tentunya melakukan penelusuran untuk mengetahui atau mendapatkan sesuatu secara spesifik. Semisal user yang menelusuri keyword ‘Jasa pasang WiFi murah Jakarta’, bisa jadi karena ia ingin memasang WiFi atau ingin survey biaya pemasangan WiFi terlebih dahulu.

Semakin fokus website Anda pada keinginan dan kebutuhan user, maka akan semakin besar kesempatan bagi website bisnis lokal Anda untuk tampil menonjol pada Google Search.

Setelah Anda mampu meriset aneka kebutuhan user dan alasan mengapa user melakukan penelusuran tertentu, maka akan semakin mudah bagi tim konten creator website Anda untuk mengarahkan konten-konten web agar sesuai dengan keinginan user.

Strategi ini pun dapat membantu mengatasi permasalahan perubahan keinginan pasar yang dinamis dari waktu ke waktu.

Artikel terkait  3 Cara Memasarkan Produk Online Shop

4. Trend Voice Search

Jangan lupakan soal voice search!  diprediksi menjadi masa kejayaan dari trend voice search alias penelusursan berbasis suara. Penelusuran berbasis suara ini menjadi populer di masyarakat berkat kehadiran Google Voice Assistant. Dengan sistem ini, user bisa melakukan penelusuran apa saja dengan lebih mudah melalui ucapan. Tidak perlu repot mengetik keyword lagi!

Ada perbedaan yang signifikan antara penelusuran berbasis keyword dengan voice. Biasanya, saat membuat konten berbasis keyword, Anda akan melakukan penelusuran kata kunci yang singkat, padat jelas. Contohnya: ‘WiFi murah Jakarta’.

Sementara penelusuran berbasis voice bisa memakai keyword yang lebih panjang selayaknya saat user bertanya ke sesama manusia biasa. Contoh keyword voice search: ‘Dimana bisa pasang WiFi murah Jakarta?’.

Yuk perdalam lagi seputar berbisnis dengan voice assistant melalui artikel khusus Markey: Mudah Berbisnis dengan Voice Assistant | Pengertian, Manfaat, Contoh Penerapan”.

5. Perbanyak Sistem Otomatis (Automatisasi)

Meskipun bisnis Anda masih dalam ranah lokal, Anda tetap harus mengedepankan sistem-sistem yang bersifat otomatis pada website. Di tahun 2020 sendiri sudah mulai banyak pekerjaan SEO lokal yang bisa berjalan secara otomatis. Jadi mengapa tidak mengoptimalkannya di tahun ini ?

Memakai sistem yang serba otomatis tentu akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis online Anda. Salah satunya adalah menggunakan sistem konten berbasis kecerdasan buatan (AI) agar konten-konten website Anda lebih mudah ditemukan pengunjung sekaligus melindunginya dari berbagai spam.

Semakin banyak sistem otomatis yang bisa Anda aplikasikan pada website bisnis lokal untuk mendorong performanya, maka akan semakin baik peringkat SEO web Anda.

6. Artikel Panjang Sedang Diminati

Ya, 2022 bukanlah masanya bagi artikel-artikel pendek. Kini, artikel panjang dinilai lebih baik untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) dan posisi ranking web menurut SEO. Artikel dengan jumlah kata sekitar 3.000 diprediksi lebih berpotensi meraih jumlah traffic yang lebih besar serta backlink.

Namun hal ini bukan berarti Anda boleh dengan sengaja membuat konten asal-asalan agar panjang saja. Tidak. Artikel Anda tetap harus berkualitas dan mengulas banyak hal menarik secara mendetail agar pembaca bisa merasa puas membaca informasi yang Anda sajikan.

Selain itu, Anda juga harus cermat dalam menyajikan konten artikel yang panjang agar pengunjung tidak bosan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membagi konten artikel ke dalam sejumlah headings. Headings juga bermanfaat bagi pembaca untuk langsung memilih sub-topik dari artikel yang ingin ia baca dan ketahui.

Untuk Anda yang belum menguasai cara menggunakan tag heading pada konten, bisa langsung simak artikel mendalam perihal heading dari Markey: “Bagaimana Metode Pemasangan Tag Judul (Tag h) yang Tepat?” 

Artikel terkait  8 Affiliate Marketing Indonesia Omset Besar [List Terbaru]

7. Memaksimalkan Penggunaan Core Web Vital dan Page Experience

Tren terakhir untuk local SEO adalah penggunaan` core web vital untuk mengoptimalkan page experience user. Google secara resmi memperkenalkan sistem core web vital sebagai salah satu penentu ranking local SEO di tahun ini. Dengan adanya sistem ini, diharapkan setiap pengelola website bisa lebih fokus menganalisa dan berpegangan kepada page experience metrics website masing-masing.

Kedua poin ini sesungguhnya mengacu pada persoalan yang sama, yakni pengalaman yang bisa didapatkan oleh pengunjung website ketika berada di toko online Anda. Web bisnis lokal Anda harus selalu mempertimbangkan efek emosional yang mungkin dibangkitkan oleh halaman website saat dikunjungi user.

Dengan kata lain, Anda sudah selangkah di depan dari persoalan klasik apakah website sudah bisa loading dengan baik dan bisa dideteksi oleh crawler index Google?

Beberapa hal yang bisa mulai Anda perhatikan dan fokuskan dari laman website bisnis untuk memaksimalkan pengalaman user seperti:

  • Tingkat mobile friendly website dan optimalisasi tampilan gambar pada website saat diakses berbagai device.
  • Seberapa cepat dan mulus tampilan halaman web ketika diloading user?
  • Tingkat kemudahan website dinavigasi oleh user melalui aneka device.
  • Kecepatan waktu yang dibutuhkan oleh website untuk merespon terhadap interaksi dari user.
  • Seberapa tingkat keamanan dari koneksi website ketika diakses user?

Dengan mulai memerhatikan serta memaksimalkan aspek-aspek di atas, dijamin website bisnis lokal Anda akan lebih bagus, menarik dan lebih disukai user dibandingkan website bisnis skala besar! Bagaimana, sudah siap untuk mencoba mengoptimisasi website bisnis lokal Anda dari sekarang?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang trend dan tips untuk memaksimalkan optimalisasi web bisnis lokal di tahun ini. Semoga pembahasan tren local SEO di atas mampu menambah wawasan Anda, ya!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Baca juga


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya