Last Updated on February 19, 2022 by
Perkembangan teknologi untuk bisnis online seolah tidak ada habisnya, khususnya dari pemanfaatan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.
Setelah sempat ramai inovasi teknologi artificial intelligence berupa chatbot, kini hadir teknologi voice assistant android bahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis online dan SEO.
Mayoritas pebisnis saat ini menggunakan peralatan digital untuk melancarkan perkembangan usahanya. Anda pun tidak boleh ketinggalan!
Yuk maksimalkan bisnis Anda menggunakan teknologi AI voice assistant. Cari tahu bagaimana cara menggunakan voice assistant android bahasa Indonesia pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!
Daftar Isi
Mengenal Definisi dan Sejarah Voice Assistant
Pernahkah Anda melihat orang lain berbicara sendiri kepada perangkat smartphonenya? Tidak seperti saat sedang menelepon, orang lain yang Anda lihat itu sedang memerintahkan smartphonenya untuk melakukan sebuah aktivitas. Sekarang Anda akan bertanya-tanya, “Memangnya bisa menjalankan smartphone dengan suara?”.
Jawabannya adalah “iya”. Teknologi terkini tersebut bernama voice assistant, atau voice command. Inovasi teknologi ini hadir sebagai salah satu turunan dari artificial intelligence komputer. Kini, fitur voice assistant telah diaplikasikan pada beragam aplikasi gadget kekinian, seperti smartphone.
Meskipun mulai banyak dipakai oleh masyarakat untuk melakukan penelusuran atau mengoperasikan perintah sederhana, masih banyak orang tidak tahu bahwa fitur voice assistant bisa dipakai untuk mengoptimalkan pengoperasian bisnis online.
Voice assistant dapat dipakai untuk membantu Anda menelusuri search engine, membalas e-mail hingga mengingatkan jadwal-jadwal penting saat berbisnis seperti penandatanganan kontrak atau meeting dengan klien penting.
Selain itu, voice assistant dapat dimanfaatkan untuk mempermudah Anda mencatat proses meeting karena semua suara akan otomatis terekam, lalu diubah menjadi bentuk catatan tulis. Bekerja dengan voice assistant jadi lebih praktis, cepat, serta irit tenaga dan waktu!
Sebelum menjadi seterkenal sekarang, teknologi voice command telah mengalami perkembangan yang cukup panjang. Jauh sebelum di Indonesia bermunculan teknologi voice assistant android bahasa Indonesia, di Amerika sudah ada fitur teknologi berbasis suara ini dengan nama Siri (milik Apple), Alexa (milik Amazon) dan Cortana (milik Microsoft).
Teknologi voice assistant muncul pada era 1960-an, dicetuskan oleh IBM. Fitur pengenal suara pertama ini disematkan pertama kali pada produk jualan IBM bernama Shoebox. Fitur voice command pada Shoebox masih memiliki kemampuan pengenalan suara yang terbatas yakni 9 digit angka dan 16 jenis huruf.
Setahun berikutnya, teknologi ini berkembang pesat sampai era 1990. Saat itu, Harpy Program mengembangkan teknologi voice command hingga bisa mengenali sampai 1000 kata. Meski sudah jauh lebih canggih, produk Harpy Program saat itu masih dibuat hanya untuk kepentingan internal perusahaan saja. Baru di tahun 1990-an muncul produk voice assistant yang dijual bebas dan luas ke masyarakat. Produk ini berwujud dalam aplikasi bernama Dragon.
Dibandingkan dua leluhurnya, Dragon bisa mengenali aneka suara dan membuat transkrip ucapan manusia. Kemudian muncul Clippy, software asisten virtual suara yang bisa menerjemahkan, melacak teks dan menjadi basis mengecek feedback. Namun baik Dragon dan Clippy sama-sama tidak bertahan di pasar umum karena fiturnya yang terbatas.
Pengaplikasikan voice command baru trending lagi di tahun 2011 saat Apple meluncurkan Siri, asisten virtual dengan fitur voice assistant yang menjadi fitur bawaan produk-produk Apple. Tak lama berselang, Google turut mengeluarkan fitur yang serupa bernama Google Now dan Microsoft yang merilis Cortana.
Hingga akhirnya pemanfaatan voice command untuk bisnis online umum dipelopori oleh Amazon, e-commerce terbesar sedunia pada tahun 2014. Asisten virtual berbasis suara milik Amazon ini dikenal dengan nama Alexa, dan cukup populer di masyarakat sampai saat ini sebab bisa memudahkan konsumen menemukan produk.
Tindakan Amazon ini sukses menjadi inspirasi bahwa kita bisa mengembangkan usaha online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti voice command. Apa sajakah kira-kira manfaat dari penggunaan voice assistant untuk bisnis? Berikut jawabannya:
Manfaat Voice Command untuk Perkembangan Bisnis
Jadilah unggul di antara persaingan bisnis online lainnya dengan menggunakan voice command. Mengapa perusahaan Anda harus memakai fitur bantuan suara ini? Berikut adalah sejumlah manfaat voice command untuk mendorong perkembangan bisnis Anda.
Menjadi Pertimbangan dalam SEO
Siapapun yang menjalankan bisnis online menggunakan website tentunya ingin agar websitenya sukses menduduki peringkat teratas menurut SEO. Oleh sebab itu, tak heran banyak perusahaan berlomba-lomba meningkatkan traffic website-nya dengan beragam tools serta jasa peningkatan SEO. Kini, Anda bisa menjuarai rangking SEO semudah mengaplikasikan voice asisten dalam sistem bisnis online Anda.
Di era saat ini, pencarian berbasis suara mulai bertumbuh ke angka yang signifikan. Jumlah masyarakat yang melakukan pencarian website via suara pun meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu studi yakni stonetemple.com berhasil menemukan fakta 50% orang merasa nyaman menggunakan voice search ketimbang mengetik. Bahkan ada 25% orang sudah menganggap voice asisten sebagai tangan kanan digital mereka.
Dengan voice asisten, orang-orang bisa lebih mudah menelusuri beragam hal di dunia maya tanpa perlu mengetik. Alhasil, bukan tidak mungkin search engine akan mempertimbangkan pencarian berbasis voice search sebagai perhitungan ranking SEO website.
Meningkatkan Keuntungan di Era Kekinian
Manfaat fitur voice command berikutnya adalah memberikan keuntungan yang signifikan dalam era bisnis saat ini. Tren pencarian berbasis suara menggeser gaya hidup masyarakat yang dulunya selalu mengetik, kini menjadi lebih praktis dengan menyebutkan apa saja yang ingin mereka telusuri.
Sebagian besar masyarakat menggunakan fitur voice search untuk menelusuri produk-produk yang ingin mereka beli secara online. Bayangkan jika seandainya calon konsumen mendatangi website atau aplikasi bisnis Anda dan tidak menemukan fitur voice search di dalamnya. Konsumen yang sudah terbiasa memakai voice search bisa langsung mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko Anda hanya karena aplikasi Anda tidak dilengkapi dengan fitur teknologi kekinian.
Begitu pula dengan calon konsumen yang baru mengenal kecanggihan teknologi voice search. Menyediakan fitur voice search di aplikasi bisnis Anda akan secara tidak langsung mengajak konsumen mencoba model penelusuran gaya baru yang lebih nyaman dan praktis dipakai. Dengan begini, konsumen Anda akan jadi lebih betah berbelanja di toko online Anda.
Toko Anda Lebih Mudah Ditemukan di Google
Semakin mudah toko Anda ditemukan pada penelusuran Google, maka dapat dipastikan jumlah penjualan toko online Anda akan semakin baik. Biasanya, para konsumen online tidak mau repot-repot scroll sampai ke bawah halaman hanya untuk menemukan sebuah toko online. Mereka cenderung langsung menjatuhkan pilihan pada hasil pertama di halaman penelusuran.
Jika toko Anda berada di posisi paling atas, maka konsumen akan langsung mengklik toko Anda dan melupakan toko-toko yang lain. Bagaimana caranya agar toko Anda bisa lebih mudah ditemukan di Google? Selain menggunakan keyword konten produk, Anda bisa mendongkrak posisi dan visibilitas website memakai fitur voice command untuk meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap pelayanan toko.
Google biasanya akan mencatat setiap respon kepuasan dari konsumen yang didapatkan toko Anda. Jadi, semakin banyak testimoni baik dalam situs website Anda, maka Google akan menaikkan peringkat dan visibilitas toko Anda di halaman pencariannya.
Mendulang Lebih Banyak Calon Konsumen
Manfaat fitur voice command terakhir adalah mampu mendulang lebih banyak calon konsumen dari seluruh wilayah dunia. Penelitian resmi dari Google dan Amazon memperkirakan bahwa jumlah pengguna voice command akan bertambah secara signifikan dari tahun 2020.
Hal ini berarti akan ada lebih banyak masyarakat dengan kebiasaan melakukan penelusuran via suara. Lambat laun, bukan tidak mungkin pemanfaatan fitur voice search akan menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh bisnis online jika ingin bertahan dan unggul dalam kompetisi persaingan.
Contoh Penerapan Voice Speech dalam Bisnis
Anda telah melihat sejarah perkembangan fitur voice command dan manfaatnya untuk mendukung perkembangan bisnis online. Ada banyak contoh nyata penerapan fitur suara ini, termasuk dalam mengoperasikan bisnis online, beberapa di antaranya adalah:
- Membantu multitasking sebab Anda tidak harus turun mengetik atau mengklik tombol-tombol pada gadget. Cukup gunakan fitur voice command, maka gadget Anda bisa menerima perintah yang diberikan.
- Menjadi alarm untuk beragam notes, seperti jadwal meeting, bertemu klien, atau mengecek performa website bisnis.
- Mencatat semua hasil diskusi tim kerja saat meeting tanpa ada yang terlewat karena suara Anda akan diubah otomatis ke dalam bentuk tulisan.
- Memudahkan konsumen menemukan produk yang mereka ingin beli secara cepat dengan menyebutkan keyword atau merk brand.
- Memikat hati konsumen karena layanan berbasis suara dapat difungsikan sebagai asisten pribadi yang bisa membantu konsumen kapanpun dimanapun.
Demikianlah pembahasan kali ini terkait penggunaan voice command untuk bisnis online. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda dalam memajukan bisnis online, ya! Ingin lebih cerdas dalam berbisnis online? Yuk temukan lebih banyak wawasan dari artikel informatif menarik lainnya hanya dari website kami. Sampai jumpa!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.