Mempertahankan ranking website di search engine adalah hal penting. Pasalnya, ranking yang berhasil menduduki peringkat pertama penelusuran search engine berpotensi mendulang traffic dan keuntungan terbanyak dibandingkan website bisnis milik pesaing lainnya. Sayangnya, mempertahankan ranking website adalah persoalan yang susah-susah gampang.
Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik-turunnya posisi sebuah website di laman pencarian, salah satunya adalah trend SEO. Trend SEO selalu bergonta-ganti di setiap tahun, jadi Anda wajib untuk selalu up-to-date dengan trend SEO terkini.
Sudah tahu trend SEO terbaru di 2021? Kalau belum, maka Anda tidak boleh melewatkan artikel edisi kali ini karena kami punya jawabannya!
Berbeda dengan tahun sebelumnya, strategi pencarian semantik SEO adalah trend SEO di 2021. Apa itu strategi pencarian semantik SEO? Seperti apa cara kerjanya untuk memaksimalkan ranking website Anda di search engine tahun ini?
Untuk menjawab semua rasa penasaran Anda, berikut ini kami sajikan artikel lengkap terkait semantik SEO, cara kerja, manfaat dan juga contoh-contohnya. Tanpa berbasa-basi lagi, yuk kita simak penjelasannya bersama-sama berikut ini!
Daftar Isi
Pengertian Semantik Web dan Contohnya
Mari kita mulai dengan memahami pengertian semantik web dan contohnya. Para pakar SEO profesional mungkin sudah familiar dengan semantik SEO, namun tentu tidak demikian halnya dengan masyarakat awam.
Semantik SEO adalah istilah yang diturunkan dari bahasa Inggris ‘semantic search’. Semantik SEO juga dikenal dengan nama lain yakni pencarian semantik.
Secara teoritis, pengertian semantik SEO adalah proses mesin pencari (Google) memahami keyword dari pengguna senatural mungkin untuk menemukan konten-konten yang relevan.
Ada pula yang mendefinisikan semantik SEO adalah proses penelusuran mesin Google berdasarkan makna dari keyword.
Tidak seperti penelusuran Google versi lawas, aplikasi menggunakan konsep semantik ini memungkinkan Google menemukan semua konten terbaik dengan mempelajari keyword dan daftar riwayat penelusuran pengguna.
Sehingga dapat dikatakan penelusuran semantik SEO ini adalah cara terpintar Google untuk menemukan konten.
Contoh aplikasi menggunakan konsep semantik adalah seperti berikut:
Pengguna A mengetikkan keyword “Kedai Kopi” di Google. Google memahami keyword tersebut. Namun, Google juga mencari tahu keyword apa yang pernah ditelusuri oleh pengguna A pada bagian history penelusurannya. Diketahui bahwa keyword dari laman history penelusuran pengguna A adalah “Kota Denpasar”.
Alhasil, Google akan memunculkan hasil penelusuran berupa “Kedai Kopi di Kota Denpasar”. Hal ini dikarenakan Google memahami secara semantik kalau user berada di kota Denpasar.
Sehingga, lebih masuk akal jika user ingin menemukan aneka kedai kopi yang berada di sekitarnya.
Melihat Lebih Dalam Cara Kerja Semantik SEO
Anda sudah melihat sekilas pengertian semantik web dan contohnya. Selanjutnya, bagaimanakah cara kerja semantik SEO ini secara lebih rinci?
Inti utama kinerja semantik SEO adalah mempelajari keyword baru dan keyword lama yang pernah ditelusuri user. Namun dari segi proporsi, Google lebih banyak mempertimbangkan unsur keyword yang pernah ditelusuri user untuk menentukan maksud dari keyword baru.
Semisal pada contoh berikut:
- Pengguna B sering menelusuri seputar informasi hewan liar di Google. Kemudian, ia melakukan penelusuran baru dengan keyword “Jaguar”. Otomatis, Google akan menampilkan hasil penelusuran hewan “Jaguar”.
- Pengguna C sering menelusuri informasi otomotif, seperti jenis-jenis variasi mobil dan harganya. Alhasil, ketika user C menelusuri keyword “Jaguar”, maka Google akan menampilkan brand mobil Jaguar alih-alih hewan Jaguar.
- Sama halnya ketika pengguna D sering menelusuri informasi artis pemeran film Avenger “Tony Stark” di Google. Mengingat Google semantik sudah memahami daftar riwayat penelusuran user D, maka ketika ia menginput keyword “Tony” di Google, hasil penelusuran yang muncul otomatis adalah berita terkait “Tony Stark” sang pemeran Iron Man di Avenger.
Dari ketiga contoh kasus di atas, dapat disimpulkan bahwa proses aplikasi menggunakan konsep semantik berfokus pada daftar keyword di riwayat penelusuran user dipadukan dengan keyword terkini dari user. Hanya dengan melalui 2 unsur itulah Google bisa menemukan konten yang paling sesuai dengan keinginan Anda.
Beginilah Pengaruh Pencarian Semantik Pada Trend SEO 2021
Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya bagaimana proses dan konsep pencarian semantik bisa berpengaruh pada SEO dan juga ranking website Anda.
Tahukah Anda, bahwa pencarian semantik kini memiliki pengaruh luar biasa dalam dunia SEO seiring dengan meroketnya trend penggunaan voice search dan voice assistant?
Voice search adalah metode penelusuran berbasis suara. User hanya perlu mengucapkan apa yang ingin mereka telusuri, dan sistem AI pada mesin pencari akan bekerja menampilkan informasi yang diminta.
Trend pemakaian voice search sedang meroket di tahun 2020 sampai 2021 karena lebih praktis dan akurat dibanding proses penelusuran ketik keyword tradisional.
Untuk mengetahui lebih banyak seputar kegunaan voice assistant search dalam bisnis, silahkan simak selengkapnya di: Mudah Berbisnis dengan Voice Assistant | Pengertian, Manfaat, Contoh Penerapan
Kembali pada sistem penelusuran semantik. Saat seorang user memakai sistem voice search, maka otomatis ia akan mengatakan keyword pencarian dalam bahasa natural / bahasa sehari-hari.
Jika kecerdasan buatan Google tidak cepat beradaptasi, maka singkatnya, Google akan kelimpungan mengartikan permintaan user dengan tepat. Alhasil, Google harus melahirkan metode penelusuran yang lebih canggih, yakni metode pencarian semantik.
Dengan mengaplikasikan metode pencarian semantik, Google dapat lebih mudah memahami keyword dari user, meskipun keyword yang dipakai tidak formal (memakai bahasa sehari-hari).
Namun hal tersebut tentunya akan berdampak pada konten-konten website Anda. Berubahnya strategi penelusuran Google, maka otomatis akan berubah pula jenis konten terbaik menurut Google.
Dengan kata lain, konsep penelusuran semantik berdampak langsung pada tipe konten website Anda. Penyesuaian ulang pada konten mungkin akan diperlukan demi mempertahankan posisi website Anda di urutan nomor 1 Google Search.
Cara Gampang Buat Konten Web Terbaik dan Sesuai dengan Penelusuran Semantik
Merujuk pada pembahasan sebelumnya, Anda perlu melakukan penyesuaian konten website agar bisa mudah ditemukan Google melalui penelusuran semantik. Anda tidak perlu cemas, sebab membuat konten website yang sesuai dengan konsep penelusuran semantik ternyata tidak rumit.
Konten website yang baik menurut trend SEO 2021 adalah konten-konten yang memenuhi 2 unsur utama yakni relevansi (relevance) dan kepercayaan (trust). Kedua unsur ini pun sering disebut juga dengan nama ‘2 Pilar Utama SEO’.
Relevansi adalah hal terpenting pertama dalam SEO. Tentunya Google hanya akan menampilkan konten-konten yang sesuai dengan keyword dari user saja. Selain itu, unsur kepercayaan (trust) juga akan terlibat dalam hal pembuatan konten yang akurat dan relevan.
Konten yang bersifat ‘menipu’ seperti menampilkan judul A namun membahas informasi B akan otomatis tereliminasi dari halaman pertama Google Search.
Siapa yang tidak kesal saat tertipu oleh artikel yang judul dan isinya tidak sesuai? Oleh sebab itu, usahakanlah untuk tidak membuat konten yang mengecoh seperti itu. Ingat, sekarang Google sudah pintar menilai bounce rate website guna mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap website hasil penelusuran yang dikunjungi.
Jika Google menilai bounce rate website Anda tinggi, maka web Anda akan otomatis dikeluarkan dari peringkat first page.
Untuk mengetahui lebih banyak seputar bounce rate, simak selengkapnya di: Apa Itu Visitor, Pageview, Unique Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blog?
Selain membuat konten yang relevan dan jujur, Anda bisa mempraktekkan tips berikut untuk menghasilkan konten website yang oke menurut penelusuran semantik:
- Menyusun dan memposting konten baru secara berkala / rutin.
- Membuat konten dengan tema yang sesuai dengan domain atau niche website: IT, kesehatan, otomotif, dunia satwa, pendidikan, dan lain-lain.
- Buat pembahasan konten yang rinci atau mendetil.
- Hindari typo atau kesalahan pengetikan agar Google bisa lebih mudah menemukan konten Anda
- Jangan melakukan keyword stuff atau spam keyword. Buat konten yang natural dan enak dibaca oleh pengguna (manusia).
- Pastikan konten kredibel, berkualitas dan juga menyertakan backlink berkualitas. Backlink memiliki peranan penting untuk meningkatkan nilai relevansi dan kepercayaan (trust) terhadap konten Anda, terlebih jika konten backlink ditulis oleh penulis ternama dan original 100%.
- Menyusun konten dan elemen-elemen lain website dalam tampilan user interface yang utuh, padu sekaligus mudah dinavigasi.
Bagaimana, sudah siap untuk mencoba menyesuaikan konten website agar tembus penelusuran semantik Google?
Kesimpulan
Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar trend terbaru SEO 2021 yang patut Anda waspadai yakni penelusuran semantik. Sekali lagi, kunci utama dari penelusuran semantik adalah sifat natural dari keyword user dan riwayat penelusurannya terdahulu.
Pencarian semantik lebih menekankan pada kualitas dari konten ketimbang kuantitas atau jumlah konten. Ganti mekanisme memposting banyak artikel yang tidak berkualitas dalam sehari. Lebih baik fokus memposting 1-2 konten berkualitas secara berkala. Google lebih ‘mengapresiasi’ mekanisme tersebut di tahun ini.
Semakin baik kualitas, relevansi dan keaslian dari konten Anda, maka akan semakin besar peluang website Anda ditemukan dalam sistem pencarian semantik Google. Yuk tinjau lagi artikel-artikel di website Anda mulai dari hari ini! Sudahkah artikel Anda sesuai dengan kriteria penelusuran semantik di atas?
Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Butuh bantuan untuk mengembangkan website agar performanya lebih optimal dalam SEO?
Jangan ragu untuk menghubungi APPKEY sekarang juga dan dapatkan konsultasi pengembangan website plus aplikasi bersama tenaga IT profesional gratis! Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak paket murah meriah pengembangan website dan aplikasi dari https://appkey.co.id/website/.
Tunggu apa lagi, segera klik linknya sekarang dan raih promo terbatasnya! Kesempatan baik tidak akan datang dua kali, lho.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.