Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Apa Itu Microformat? Inilah Format Kode Khusus Optimalisasi SEO

Apa Itu Microformat? Inilah Format Kode Khusus Optimalisasi SEO

-

Saat Anda terjun ke dunia programming website dan optimalisasi SEO, maka ada baiknya Anda menguasai microformats Google. Ada banyak sekali cara untuk menaikkan ranking website dengan trik SEO, dan microformat HTML Google adalah salah satunya.

Sayangnya, masih tidak banyak pengelola website bisnis yang memahami apa itu microformat HTML Google dan juga cara menggunakannya.

Apakah Anda juga baru pertama kali ini mendengar istilah microformat HTML Google? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir sebab artikel kali ini akan membahas apa itu microformats Google dan seperti apakah microformat example (contohnya) dalam dunia digital marketing.

Yuk langsung saja kita simak bersama-sama penjelasannya berikut ini – Selamat membaca!

Apa Itu Microformats Google?

seo-blog-1

Microformats Google adalah salah satu tool dan trik untuk mengoptimalisasi peringkat website menurut cara SEO (Search Engine Optimalization). Dalam bahasa Indonesia, microformat dikenal dengan julukan ‘mikroformat’ atau ‘format mikro’.

Microformats Google pun memiliki banyak fungsi penting untuk menyukseskan perkembangan website e-commerce Anda di dunia maya.

Menurut konsep sederhananya, microformats Google berisi sekumpulan kode yang bermanfaat untuk proses input informasi ke dalam aneka program. Lebih lanjut, sekumpulan kode tersebut bisa menjadi pedoman khusus bagi data search engine Google.

Ada cukup banyak penjelasan dan definisi terkait microformats Google menurut para ahli IT dari berbagai sumber. Microformats Google dikenal juga dengan nama microformat HTML karena microformat memuat pola-pola sederhana HTML yang mewakili komponen-komponen umum dari sebuah website e-commerce.

Contoh perwakilan microformat example pada website semisal halaman label, kategori, person, blog posts, activity dan view.

Microformats adalah bentuk standar kode yang kerap dipakai oleh programmer dan praktisi SEO website e-commerce untuk menyematkan aneka bentuk data terstruktur dalam HTML, menandai entitas data seputar informasi mendasar dan domain tertentu (semisal event, organization, location, person), hingga menyematkan data semantik pada struktur pemrograman website e-commerce.

Microformats Google juga memungkinkan user untuk melakukan publikasi aneka informasi pada website e-commerce mereka dengan cara yang lebih akurat, sederhana/simpel, dan lebih cepat.

Sehingga dengan microformat, sistem feeds dan APIs dari website bisa lebih mudah dan cepat untuk menerima aneka informasi terbaru dari website e-commerce Anda.

Oleh sebab itulah, bukan hal yang aneh atau mengejutkan lagi ketika seorang programmer memakai microformat untuk menyediakan API khusus agar website bisa lebih mudah dikenali aggregator, search engine dan peralatan lainnya.

Artikel terkait  SEO dan Iklan Pay Per Click, Mana yang Lebih Baik? Alasan Mengapa Keduanya Tidak Perlu Dibandingkan

Bagaimana Cara Kerja Microformat?

Microformat bekerja memakai kosakata pendukung untuk melancarkan proses deskripsi objek serta pasangan nilai (value) dan nama untuk menentukan nilai ke properti data.

Nantinya, properti data ini akan dibawa dan digunakan dalam atribut kelas untuk ditambahkan ke elemen HTML apa saja milik website e-commerce.

Dari sini, tingkat visibilitas website dan konten-konten e-commerce Anda akan lebih mudah untuk discan oleh mesin pencari dan ditampilkan dalam laman hasil pencarian.

Sementara nilai data bisa memakai kembali atribut semantik dan konten-konten elemen HTML yang telah dipakai sebelumnya. Sehingga, performa dan efektifitasan website dapat menjadi lebih maksimal.

Keuntungan Microformat untuk Website E-Commerce

ecommerce

Apa keuntungan microformats untuk website e-commerce Anda? jawabannya ada banyak sekali! Banyak praktisi SEO meyakini bahwa microformats sangat cocok dipakai di semua search engine. Dengan microformat, webste e-commerce dan search engine bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan melalui akses langsung ke data yang tersaji.

Pemakaian microformat dalam konten website e-commerce memungkinkan search engine lebih mudah memahami informasi yang tertuang dalam halaman web serta memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan tepat sasaran pada user.

Itulah alasan utama mengapa Google akhirnya mempertimbangkan pemakaian microformat dalam konten website e-commerce untuk menentukan ranking SEO.

Apa saja keuntungan lain dari pemakaian microformat untuk website e-commerce? Jawabannya adalah sebagai berikut:

  • Mudah dibaca oleh mesin dan juga user manusia karena formatnya dirancang agar mudah terbaca.
  • Dapat lebih mudah meningkatkan kualitas dan visibilitas website e-commerce perusahaan online Anda di daftar halaman hasil penelusuran user di search engine.
  • Cara efektif dan terbaik untuk memberikan lebih banyak informasi terkait konten website Anda ke Google. Sehingga, user dapat lebih gampang menemukan konten Anda.
  • Memudahkan pembuatan website secara semantik.
  • Meningkatkan visibilitas ulasan website e-commerce Anda di kalangan masyarakat (user).
  • Meningkatkan daya tarik dan performa listing website bisnis sehingga web Anda lebih menonjol dari web kompetitor.
  • Merupakan salah satu cara praktis untuk mengoptimalisasi SEO.

4 Jenis Microformat Example

Ada banyak jenis microformat example (contoh) yang bisa dimanfaatkan oleh pengelola website e-commerce. Setiap jenis microformat tentunya mempunyai fungsi dan tujuan penggunaan yang berbeda.

Alhasil, kalau Anda salah memilih microformat maka program website e-commerce yang Anda gunakan tidak akan dapat beroperasi dengan optimal sesuai harapan.

Berikut ini adalah 4 jenis microformat yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalisasi website e-commerce:

1. hReview

Pertama adalah hReview, microformat kode terbuka yang sekaligus sudah terdistribusi cocok untuk melakukan beraneka jenis penyematan seperti (X) HTML, XML arbitrer, RSS dan Atom. Microformat hReview bisa dipakai dalam web e-commerce pada format konten testimonial, ulasan produk dan jasa, acara atau event, layanan e-commerce dan lain sebagainya.

2. hAtom

Tipe microformat kedua adalah hAtom. Microformat hAtom adalah format kode mikro untuk dipasang pada konten yang bisa disindikasi secara primer dalam website. hAtom bekerja dengan mekanisme dasar subset dari format sindikasi Atom untuk SEO. Namun microformat hAtom tidak dapat dipasang eksklusif untuk postingan artikel blog.

3. XFN

XFN juga dikenal dengan nama XHTML Friends Network. XFN merupakan mekanisme sederhana untuk menggabarkan hubungan user dengan website memakai hyperlink khusus yang dikembangkan oleh perusahaan Global Multimedia Protocols Group.

Apa kegunaan XFN? Dengan XFN, penulis konten di website e-commerce Anda bisa menunjukkan relasi para admin dengan followers di blogroll semudah menambahkan atribut rel ke tag khusus <a href>.

4. hCalendar

Tipe microformat terakhir adalah hCalendar. Sesuai namanya, microformat ini merupakan kode format untuk acara dan kalender sederhana, terdistribusi dan terbuka bagi user. Dalam pengaplikasiannya, microformat hCalendar cocok disematkan dengan unsur lain yakni RSS, (X) HTML, XML arbitrer, Atom dan RSS.

Artikel terkait  Apa Itu Jasa SEO? Layanan Jasa SEO Murah dan Profesional di Indonesia

Microformat 2: Inovasi Baru Microformat

Saat ini sudah ada Microformat 2 yang merupakan inovasi terbaru dari microformat. Mcroformat 2 dipandang sebagai mekanisme dan metadata yang lebih canggih ketimbang versi pendahulunya yang memakai microdata dan juga RDFa.

Pada Microformat 2, banyak aneka inovasi dan terobosan baru dari sistem mikroformat sebelumnya. Jika Anda tertarik menggunakan sistem microformat untuk website e-commerce, kami sarankan Anda menggunakan microformat 2.

Hal ini dikarenakan microformat 2 menyediakan beragam cara yang lebih sederhana untuk melakukan kosakata terstruktur di HTML dan anotasi sintaksis.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap terkait microformats Google untuk memaksimalkan performa dan jangkauan website e-commerce Anda di laman pencarian search engine. Ingat pada dasarnya, format kode microformat ini akan sangat bermanfaat bagi programmer dan praktisi SEO untuk membuat website dan platform e-commerce yang ramah sistem SEO.

Setiap website e-commerce dapat memilih salah satu jenis microformat terbaik untuk memaksimalkan peforma masing-masing web di SEO. Bagaimana, tertarikkah Anda untuk mencoba mengembangkan website berbasis microformat demi mendulang keuntungan maksimal dari sekarang?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar microformats Google untuk mengoptimalkan ranking SEO website bisnis Anda.

Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik, informatif dan kaya wawasan lainnya hanya dari Markey. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya