Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Iklan digital menjadi pilihan utama dalam dunia periklanan modern, ditunjang oleh peningkatan jumlah pengguna perangkat digital. Dari survei yang dibuat di Amerika, lebih dari 60% responden mengalokasikan setidaknya setengah dari anggaran iklan terprogram mereka untuk kampanye mobile. Angka-angka ini menunjukkan potensi besar bagi pengiklan untuk memaksimalkan belanja iklan mereka di media digital. Dilansir dari influencermarketinghub.com, berikut adalah penjelasan tentang programmatic advertising atau periklanan terprogram dan bagaimana AI membantu prosesnya, serta alat terbaik dalam bidang ini. Yuk disimak!
Daftar Isi
Apa Itu Programmatic Advertising dan Bagaimana AI Meningkatkannya?
Programmatic advertising adalah pendekatan otomatis dalam pembelian dan penjualan ruang iklan digital, biasanya dilakukan melalui lelang real-time. Proses ini lebih efisien dan hemat biaya daripada metode tradisional. Salah satu alat yang memperhalus proses ini adalah kecerdasan buatan (AI).
AI dalam programmatic advertising berfungsi untuk memproses konten dan data pelanggan untuk hasil yang optimal. Penggunaan AI dalam pemasaran dan periklanan bukanlah konsep baru, tetapi masih banyak orang yang belum menyadari potensi maksimal AI dalam hal ini.
Manfaat AI dalam Programmatic Advertising
AI mampu membantu pengiklan menargetkan pelanggan dengan kategori yang lebih spesifik, dan mengumpulkan data penting untuk membuat segmen pelanggan yang lebih khusus. Selain itu, AI juga dapat membantu mengoptimalkan konten dan penyesuaian konten, serta memberikan wawasan dan analisis yang lebih dalam untuk memahami pelanggan. Namun, meski AI memiliki banyak keuntungan, penelitian dan persiapan tetap menjadi kunci dalam suksesnya kampanye iklan.
Alat Programmatic Advertising AI Terbaik
Berikut ini adalah beberapa alat AI terbaik untuk programmatic advertising:
1. MarketMuse
Jika kita ingin menonjol di antara para pesaing kita, kita juga harus mempertimbangkan strategi periklanan konten kita. MarketMuse mengkhususkan diri dalam pembuatan konten yang menghasilkan konversi. Tidak hanya melakukan audit konten, tetapi juga menganalisis topik dan konten pesaing kita dan memeriksa untuk melihat apa yang mereka lewatkan.
AI merupakan inti dari semua yang dilakukan MarketMuse. Perangkat lunaknya memberi kita data yang berguna yang memberi tahu kita tentang jenis konten dan salinan iklan apa yang akan dikonversi.
Kelemahan dari MarketMuse adalah setelah paket gratis, tingkat berikutnya agak mahal. Jika keterbatasan paket gratis menjadi masalah bagi kita, kita harus mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan paket standar untuk membuka lebih banyak fitur.
Harga: Ada tiga paket-Gratis, standar ($600/bulan), dan Premium ($12.000/tahun).
2. SEMrush
Sebuah perangkat all-in-one, Semrush menggunakan AI untuk menyediakan kita dengan rangkaian lengkap layanan pemasaran digital. Dari peringkat kata kunci hingga periklanan hingga SEO, Semrush memiliki lebih dari 40 peralatan untuk membantu mempermudah pemasaran. Analisis kompetitornya merupakan salah satu yang terbaik, dan kita bisa melakukan riset kata kunci yang mendalam untuk mengetahui bagaimana posisi kata kunci kita dalam penelusuran online dibandingkan dengan kompetitor kita.
Tetapi karena banyaknya peralatan yang tersedia, mungkin agak sulit untuk memulai, tetapi hal yang baik tentang platform yang menawarkan hampir semua hal adalah kita bisa melakukan semua pekerjaan pemasaran kita pada satu dasbor. Ditambah lagi, salah satu ulasan umum tentang Semrush adalah harganya relatif murah untuk sesuatu yang menawarkan banyak hal.
Harga: kita bisa mengunjungi situs webnya untuk mengetahui semua paket dan harga yang berbeda yang dimilikinya.
3. Optimove
Pada tahun 2016, perusahaan platform data pelanggan Optimove mengembangkan Optibot, bot pengoptimalan pemasaran bertenaga AI pertama. Optibot memindai kampanye kita dan mengeluarkan data yang relevan dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. kita kemudian dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi poin-poin perbaikan dalam strategi iklan kita, termasuk salinan iklan, konten, dan bahkan penargetan pelanggan. Sesuai dengan namanya, Optibot akan membantu kita mengoptimalkan kampanye pemasaran dan periklanan kita, sehingga uang iklan kita tidak terbuang percuma.
Optimove memiliki kampanye pengoptimalan mandiri yang secara otomatis memberikan konten terbaik untuk setiap pelanggan. Seiring waktu, algoritmanya memantau tindakan yang bersaing, kemudian menyesuaikannya sehingga pelanggan mendapatkan iklan yang kemungkinan besar akan mereka ikuti dan tanggapi.
Harga: Tidak ada paket tetap. Hubungi Optimove untuk penawaran harga yang sesuai dengan kebutuhan kita.
4. Albert
Albert adalah salah satu platform AI peringkat teratas saat ini. Mencakup “90% dari alam semesta yang dapat ditawar,” Albert adalah alat bertenaga AI yang terhubung dengan upaya pemasaran digital perusahaan yang sudah ada – penelusuran berbayar, sosial, dan programmatic advertising. Alat ini melakukan semua yang dilakukan mesin dengan baik. Alat ini bisa membantu kita merencanakan variasi iklan, membangun grup iklan dan audiens, mengoptimalkan anggaran dan tawaran kita, dan melakukan pendalaman pada laporan dan wawasan. Ini adalah sekutu AI menyeluruh yang dapat digunakan pengiklan untuk membuat hidup lebih mudah.
Perangkat lunak Albert dapat belajar sendiri, sebuah ciri khas kecerdasan buatan. Ini adalah alat yang cukup kuat yang dapat mengambil tindakan dengan sendirinya – AI otonom untuk pemasaran digital yang mampu bertindak berdasarkan sejumlah besar data yang dikumpulkan dan diprosesnya. Juga mampu menghasilkan analisis data yang mendalam, sehingga kita bisa menjalankan kampanye yang dioptimalkan dan meningkatkan ROAS kita.
Harga: Hubungi perusahaan untuk mengetahui paket harganya.
5. Basis Technologies
Sebelumnya dikenal sebagai Centro, Basis Technologies memanfaatkan kekuatan AI dan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan kampanye dan tawaran kita pada iklan terprogram. Basis menggunakan pemodelan prediktif untuk menargetkan pemirsa yang tepat untuk iklan kita pada waktu yang tepat dan di situs web yang tepat.
Basis bertujuan untuk mengotomatiskan operasi media digital, termasuk programmatic, pencarian, sosial, dan penerbit-langsung.
Harga: Kunjungi situs webnya untuk mendapatkan penawaran khusus.
6. GumGum
Tujuan GumGum adalah mencocokkan konten yang tepat dengan orang yang tepat menggunakan AI untuk mendorong penjualan. Platform merek dagangnya, Verity, adalah teknologi kecerdasan kontekstual yang menganalisis konten, sehingga iklan kita hanya muncul di tempat yang relevan dan tepat. Media Rating Council (MRC) memberikan akreditasi tingkat konten kepada Verity untuk analisis kontekstual, keamanan merek, dan kesesuaian, menjadikan GumGum penyedia teknologi iklan independen pertama dengan perbedaan ini.
Harga: Seperti penyedia lainnya dalam daftar kami, kita harus menghubungi perusahaan untuk meminta penawaran.
Masa Depan Periklanan Digital: Apakah AI Akan Menggantikan Pengiklan?
Programmatic advertising dan ketakutan akan mesin menggantikan pekerjaan manusia selalu menjadi perhatian para pekerja. Hal ini dapat dimengerti-mesin melakukan pekerjaan yang jauh lebih efisien dalam beberapa tugas dan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Namun, terlepas dari kapasitas AI untuk memproses data dalam jumlah besar, sentuhan manusia masih tidak tergantikan dalam pemasaran dan periklanan. Industri ini membutuhkan elemen manusiawi seperti kasih sayang, empati, dan bercerita. Singkatnya, industri ini membutuhkan emosi manusia, yang dinamis dan memiliki tingkat ketidakpastian yang belum dapat dipahami oleh AI.
AI menjalankan angka dan membuat keputusan berdasarkan logika dan akal sehat-pikiran manusia, seperti yang kita ketahui, tidak selalu seperti itu. Kita masih membutuhkan manusia untuk menganalisis apa yang diberikan oleh mesin, dan untuk mempertimbangkan nuansa yang muncul ketika berhadapan dengan spektrum emosi manusia yang penuh warna.
Tugas-tugas biasa dan berulang yang tidak membutuhkan pemikiran yang lebih tinggi biasanya didelegasikan ke AI. Strategi dan kreativitas masih berada di luar jangkauan AI dalam periklanan. Dan jika mesin melakukan semua pekerjaan yang membosankan, maka hal ini akan membebaskan keahlian dan waktu pengiklan dan pemasar untuk berpikir secara strategis dan kreatif. Jika ada, AI hanya akan memperkuat dan menambah pekerjaan pengiklan dan pemasar, membuat mereka lebih berharga.
Kesimpulan
Masa depan periklanan digital sangat menarik. Kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami-semua hal ini hanya berfungsi untuk membantu manusia dalam pekerjaan kita. Beberapa tugas mungkin akan sepenuhnya diambil alih oleh bot dan mesin, tetapi masih ada pekerjaan yang membutuhkan otak manusia. Iklan digital telah menjadi penopang utama dalam dunia periklanan modern, seiring meningkatnya penggunaan perangkat digital dan konsumsi media digital. Dalam skenario ini, programmatic advertising terlihat menonjol, khususnya di Amerika Serikat, yang memiliki pasar terbesar di dunia untuk jenis periklanan ini. Teknologi AI berperan penting dalam iklan programmatic, membantu meningkatkan efisiensi, hemat biaya, dan memungkinkan penargetan yang lebih spesifik serta mengumpulkan data penting untuk pengiklan. Banyak alat berbasis AI, seperti MarketMuse, SEMrush, Optimove, Albert, Basis Technologies, dan GumGum telah dikembangkan untuk memanfaatkan potensi AI dalam iklan terprogram. Semoga saja, kita sedang menuju masa depan yang baik di mana AI dan manusia dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik. Semoga info ini berguna ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.