Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategyGamification Marketing: Strategi Bisnis Efektif!

Gamification Marketing: Strategi Bisnis Efektif!

-

Last Updated on October 3, 2023 by appkey

Sudah menjadi sifat manusia untuk mencintai permainan dan tantangan. Inilah sebabnya mengapa gamifikasi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran modern. Data menunjukkan bahwa 93% pemasar merasa gamifikasi membantu dalam strategi mereka. Apakah Anda salah satu dari mereka? Jika belum, baca artikel ini dan Anda mungkin akan terkejut bagaimana gamifikasi bisa mempengaruhi kehidupan kita sebagai konsumen. Dilansir dari similarweb.com, artikel ini akan memandu Anda mengeksplorasi gamification marketing – definisi, mekanisme kerja, dan beberapa contoh inspiratifnya. Yuk disimak!

gamification

Gamification Marketing, Apa Itu?

Gamifikasi adalah pendekatan kreatif untuk menarik dan memotivasi orang dengan menggunakan konsep permainan. Banyak perusahaan kini merangkul gamifikasi dalam strategi penjualan dan pemasaran mereka karena kemampuannya dalam:

  • Membangun prospek
  • Mengakuisisi pelanggan baru
  • Meningkatkan performa situs web
  • Memperbaiki pengalaman pengguna
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menjaga retensi pelanggan

Tak heran jika 50% startup telah menerapkan gamifikasi. Pendekatan ini menarik perhatian orang dan membuat mereka penasaran, bahkan tanpa harus tahu detail tentang perusahaan yang berinteraksi dengan mereka.

Psikologi di Balik Gamification Marketing

Jadi, apa yang membuat gamifikasi begitu efektif dalam strategi pemasaran? Jawabannya terletak pada psikologi. Dengan menggunakan gamifikasi dalam pemasaran, Anda bermain dengan rasa kompetisi, kecintaan terhadap pengakuan, dan kesadaran bahwa semakin pelanggan terlibat, semakin besar keuntungan untuk bisnis Anda.

Ini bisa berarti pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, peningkatan penjualan, lebih banyak referensi, atau aspek lain yang menguntungkan bisnis Anda dan membantu mencapai tujuan metrik Anda.

Artikel terkait  PDB Adalah : Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Manfaat Gamification Marketing

Jika diterapkan dengan efektif, gamifikasi dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda, antara lain:

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna 

Permainan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna hingga 48%. Gamifikasi yang interaktif membuat tingkat keterlibatan lebih tinggi dan lebih efektif daripada kampanye lainnya. Faktanya, gamifikasi situs web Anda dapat meningkatkan waktu penjelajahan (atau waktu di halaman) sekitar 30%.

Mengumpulkan Data Pelanggan 

Dengan gamifikasi, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang perilaku pembeli, lokasi, preferensi, dan apakah mereka sesuai dengan target audiens Anda.

Membangun Kesadaran Merek dan Loyalitas Pelanggan 

Gamifikasi dalam pemasaran dapat membuat orang terlibat, berinteraksi, dan menjadi loyal terhadap merek Anda tanpa perlu tim penjualan melakukan panggilan telepon atau email. Ini berarti Anda bisa membangun kesadaran merek dan memperoleh prospek, tanpa harus mengedukasi secara langsung. Anda hanya perlu menarik mereka dengan petualangan permainan Anda. Selain itu, gamifikasi juga bisa digunakan untuk membuat pelanggan Anda tetap terlibat dan mendapatkan informasi terbaru, yang bisa meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Strategi Gamification Marketing, Bagaimana Caranya?

Mengintegrasikan gamifikasi dalam strategi pemasaran tidak berarti Anda harus menciptakan game baru seperti Super Mario. Anda hanya perlu memasukkan elemen-elemen permainan yang menarik, yang bisa menggabungkan merek Anda, produk Anda, tujuan Anda, dan sedikit unsur kesenangan. Berikut ini beberapa cara memasukkan gamifikasi ke dalam strategi pemasaran Anda:

  • Permainan interaktif di situs: Ciptakan permainan yang menarik sehingga pengguna merasa terdorong untuk membagikannya ke orang lain.
  • Tantangan reguler: Dorong kunjungan rutin dan keterlibatan pengguna dengan tantangan rutin.
  • Kalkulator: Jika Anda berada di industri yang memerlukan perhitungan rumit, tawarkanlah kalkulator untuk membantu pengguna.
  • Papan peringkat: Manfaatkan sifat kompetitif manusia dan buatlah sistem penilaian atau poin.
  • Lencana dan penghargaan: Berikan lencana atau penghargaan virtual sebagai bentuk pengakuan.
  • Hitung mundur: Gunakan hitungan mundur untuk menciptakan rasa urgensi dan mendorong tindakan.

gamification

Contoh-contoh Sukses Gamification Marketing

Berikut adalah lima contoh brilian gamification marketing yang telah mencuri perhatian kami, dan mungkin Anda juga:

1. Progress Bar LinkedIn

LinkedIn, dengan bilah kemajuannya yang dinamis, adalah contoh yang bagus. Bilah ini mendorong Anda untuk memaksimalkan profil Anda – melengkapi semua detail mulai dari nama dan jabatan hingga latar belakang profesional dan pendidikan. Satu hal yang menarik, bilah LinkedIn tidak pernah mulai dari nol. Hal ini adalah sesuatu yang cerdas, karena memulai dari nol bisa terasa menjauh dan menakutkan.

Konsep bilah kemajuan mendorong pengguna untuk mencapai tujuan dan menciptakan target, yang dapat menguatkan pengalaman pengguna. Lebih jauh lagi, semakin detail informasi yang Anda masukkan, semakin bermanfaat profil Anda bagi pengguna lain. Seperti bagaimana perekrut dapat mencari kandidat dengan kualifikasi spesifik, atau bagaimana orang lain bisa menemukan profesional dengan kemampuan bahasa tertentu. Jadi, mau kita sadari atau tidak, LinkedIn telah berhasil melibatkan kita dalam strategi gamifikasinya.

2. Leaderboard Peloton

Peloton, yang populer dalam industri kebugaran, menggunakan papan peringkat untuk memicu semangat kompetitif penggunanya. Misalnya, pada sepeda Peloton, papan peringkat menampilkan semua orang yang berada dalam kelas yang sama, baik secara langsung maupun on-demand, serta papan peringkat sepanjang masa.

Strategi ini dirancang untuk mendorong Anda bekerja lebih keras. Semakin keras Anda bekerja, semakin baik hasil yang Anda dapatkan. Ini sangat sejalan dengan misi Peloton: mencapai kesehatan dan kebugaran yang lebih baik. Ini memberikan kepuasan bagi pelanggan yang telah berolahraga dengan keras.

3. Streak Duolingo

Bagi mereka yang pernah mencoba belajar bahasa baru dengan Duolingo, mereka pasti familiar dengan notifikasi harian yang mendorong mereka untuk menjaga streak (rangkaian). Streak merefleksikan berapa hari berturut-turut Anda telah menyelesaikan pelajaran. Semakin panjang streak Anda, semakin banyak pelajaran yang Anda selesaikan, dan semakin banyak pengetahuan bahasa yang Anda peroleh. Semakin banyak pelajaran yang Anda selesaikan, semakin banyak bahasa yang Anda pelajari, dan semakin tinggi kepuasan Anda sebagai pengguna – yang memperbesar peluang Anda untuk kembali sebagai pelanggan yang membayar.

4. Quiz Il Makiage 

Il Makiage, brand make-up online, menggunakan kuis untuk memandu pembeli dalam mencari alas bedak yang paling cocok untuk mereka. Dalam era e-commerce yang pesat, kuis adalah cara yang efektif untuk melibatkan pembeli online dan membantu mereka memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa perlu keluar rumah. Kuis ini dirancang dengan durasi yang cukup untuk tetap melibatkan pengguna, namun tidak berlebihan sehingga membuat pengguna bosan. Bahkan, mereka menjanjikan bahwa kuis tersebut hanya membutuhkan waktu 90 detik.

5. Loyalty Rewards Starbucks

Siapa yang tidak suka bermain dan memenangkan hadiah? Apalagi jika hadiah tersebut berbentuk nyata dan gratis! Starbucks, dengan skema hadiahnya, adalah contoh sukses lainnya dalam gamification marketing. Skema ini dirancang sedemikian rupa sehingga Anda mendapatkan hadiah untuk pembelian yang sering. Ini membuat para penikmat kopi tertarik untuk membeli lebih sering, bahkan dalam situasi ekonomi yang sulit. Karena, yah, siapa yang tidak ingin mengumpulkan bintang dan mendapatkan hadiah ‘gratis’, bukan?

Artikel terkait  10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan

Kesimpulan

Gamification marketing telah membuktikan diri sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, mengumpulkan data pelanggan, membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. Dengan berbagai pendekatan, dari permainan interaktif di situs web, tantangan rutin, hingga pemberian lencana dan penghargaan, gamifikasi mampu menciptakan pengalaman yang memikat dan membantu bisnis mencapai tujuan mereka. Jadi, sudah siap untuk memasukkan gamifikasi dalam strategi pemasaran Anda? Dengan sedikit kreativitas dan pemahaman tentang audiens Anda, gamifikasi bisa menjadi senjata pemasaran yang ampuh. Selamat bermain dan meraih keuntungan!

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya