Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Sudah menjadi sifat manusia untuk mencintai permainan dan tantangan. Inilah sebabnya mengapa gamifikasi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran modern. Data menunjukkan bahwa 93% pemasar merasa gamifikasi membantu dalam strategi mereka. Apakah Anda salah satu dari mereka? Jika belum, baca artikel ini dan Anda mungkin akan terkejut bagaimana gamifikasi bisa mempengaruhi kehidupan kita sebagai konsumen. Dilansir dari similarweb.com, artikel ini akan memandu Anda mengeksplorasi gamification marketing – definisi, mekanisme kerja, dan beberapa contoh inspiratifnya. Yuk disimak!
Daftar Isi
Gamification Marketing, Apa Itu?
Gamifikasi adalah pendekatan kreatif untuk menarik dan memotivasi orang dengan menggunakan konsep permainan. Banyak perusahaan kini merangkul gamifikasi dalam strategi penjualan dan pemasaran mereka karena kemampuannya dalam:
- Membangun prospek
- Mengakuisisi pelanggan baru
- Meningkatkan performa situs web
- Memperbaiki pengalaman pengguna
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
- Menjaga retensi pelanggan
Tak heran jika 50% startup telah menerapkan gamifikasi. Pendekatan ini menarik perhatian orang dan membuat mereka penasaran, bahkan tanpa harus tahu detail tentang perusahaan yang berinteraksi dengan mereka.
Psikologi di Balik Gamification Marketing
Jadi, apa yang membuat gamifikasi begitu efektif dalam strategi pemasaran? Jawabannya terletak pada psikologi. Dengan menggunakan gamifikasi dalam pemasaran, Anda bermain dengan rasa kompetisi, kecintaan terhadap pengakuan, dan kesadaran bahwa semakin pelanggan terlibat, semakin besar keuntungan untuk bisnis Anda.
Ini bisa berarti pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, peningkatan penjualan, lebih banyak referensi, atau aspek lain yang menguntungkan bisnis Anda dan membantu mencapai tujuan metrik Anda.
Manfaat Gamification Marketing
Jika diterapkan dengan efektif, gamifikasi dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda, antara lain:
Meningkatkan Keterlibatan Pengguna
Permainan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna hingga 48%. Gamifikasi yang interaktif membuat tingkat keterlibatan lebih tinggi dan lebih efektif daripada kampanye lainnya. Faktanya, gamifikasi situs web Anda dapat meningkatkan waktu penjelajahan (atau waktu di halaman) sekitar 30%.
Mengumpulkan Data Pelanggan
Dengan gamifikasi, Anda dapat mengumpulkan informasi tentang perilaku pembeli, lokasi, preferensi, dan apakah mereka sesuai dengan target audiens Anda.
Membangun Kesadaran Merek dan Loyalitas Pelanggan
Gamifikasi dalam pemasaran dapat membuat orang terlibat, berinteraksi, dan menjadi loyal terhadap merek Anda tanpa perlu tim penjualan melakukan panggilan telepon atau email. Ini berarti Anda bisa membangun kesadaran merek dan memperoleh prospek, tanpa harus mengedukasi secara langsung. Anda hanya perlu menarik mereka dengan petualangan permainan Anda. Selain itu, gamifikasi juga bisa digunakan untuk membuat pelanggan Anda tetap terlibat dan mendapatkan informasi terbaru, yang bisa meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.
Strategi Gamification Marketing, Bagaimana Caranya?
Mengintegrasikan gamifikasi dalam strategi pemasaran tidak berarti Anda harus menciptakan game baru seperti Super Mario. Anda hanya perlu memasukkan elemen-elemen permainan yang menarik, yang bisa menggabungkan merek Anda, produk Anda, tujuan Anda, dan sedikit unsur kesenangan. Berikut ini beberapa cara memasukkan gamifikasi ke dalam strategi pemasaran Anda:
- Permainan interaktif di situs: Ciptakan permainan yang menarik sehingga pengguna merasa terdorong untuk membagikannya ke orang lain.
- Tantangan reguler: Dorong kunjungan rutin dan keterlibatan pengguna dengan tantangan rutin.
- Kalkulator: Jika Anda berada di industri yang memerlukan perhitungan rumit, tawarkanlah kalkulator untuk membantu pengguna.
- Papan peringkat: Manfaatkan sifat kompetitif manusia dan buatlah sistem penilaian atau poin.
- Lencana dan penghargaan: Berikan lencana atau penghargaan virtual sebagai bentuk pengakuan.
- Hitung mundur: Gunakan hitungan mundur untuk menciptakan rasa urgensi dan mendorong tindakan.
Contoh-contoh Sukses Gamification Marketing
Berikut adalah lima contoh brilian gamification marketing yang telah mencuri perhatian kami, dan mungkin Anda juga:
1. Progress Bar LinkedIn
LinkedIn, dengan bilah kemajuannya yang dinamis, adalah contoh yang bagus. Bilah ini mendorong Anda untuk memaksimalkan profil Anda – melengkapi semua detail mulai dari nama dan jabatan hingga latar belakang profesional dan pendidikan. Satu hal yang menarik, bilah LinkedIn tidak pernah mulai dari nol. Hal ini adalah sesuatu yang cerdas, karena memulai dari nol bisa terasa menjauh dan menakutkan.
Konsep bilah kemajuan mendorong pengguna untuk mencapai tujuan dan menciptakan target, yang dapat menguatkan pengalaman pengguna. Lebih jauh lagi, semakin detail informasi yang Anda masukkan, semakin bermanfaat profil Anda bagi pengguna lain. Seperti bagaimana perekrut dapat mencari kandidat dengan kualifikasi spesifik, atau bagaimana orang lain bisa menemukan profesional dengan kemampuan bahasa tertentu. Jadi, mau kita sadari atau tidak, LinkedIn telah berhasil melibatkan kita dalam strategi gamifikasinya.
2. Leaderboard Peloton
Peloton, yang populer dalam industri kebugaran, menggunakan papan peringkat untuk memicu semangat kompetitif penggunanya. Misalnya, pada sepeda Peloton, papan peringkat menampilkan semua orang yang berada dalam kelas yang sama, baik secara langsung maupun on-demand, serta papan peringkat sepanjang masa.
Strategi ini dirancang untuk mendorong Anda bekerja lebih keras. Semakin keras Anda bekerja, semakin baik hasil yang Anda dapatkan. Ini sangat sejalan dengan misi Peloton: mencapai kesehatan dan kebugaran yang lebih baik. Ini memberikan kepuasan bagi pelanggan yang telah berolahraga dengan keras.
3. Streak Duolingo
Bagi mereka yang pernah mencoba belajar bahasa baru dengan Duolingo, mereka pasti familiar dengan notifikasi harian yang mendorong mereka untuk menjaga streak (rangkaian). Streak merefleksikan berapa hari berturut-turut Anda telah menyelesaikan pelajaran. Semakin panjang streak Anda, semakin banyak pelajaran yang Anda selesaikan, dan semakin banyak pengetahuan bahasa yang Anda peroleh. Semakin banyak pelajaran yang Anda selesaikan, semakin banyak bahasa yang Anda pelajari, dan semakin tinggi kepuasan Anda sebagai pengguna – yang memperbesar peluang Anda untuk kembali sebagai pelanggan yang membayar.
4. Quiz Il Makiage
Il Makiage, brand make-up online, menggunakan kuis untuk memandu pembeli dalam mencari alas bedak yang paling cocok untuk mereka. Dalam era e-commerce yang pesat, kuis adalah cara yang efektif untuk melibatkan pembeli online dan membantu mereka memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa perlu keluar rumah. Kuis ini dirancang dengan durasi yang cukup untuk tetap melibatkan pengguna, namun tidak berlebihan sehingga membuat pengguna bosan. Bahkan, mereka menjanjikan bahwa kuis tersebut hanya membutuhkan waktu 90 detik.
5. Loyalty Rewards Starbucks
Siapa yang tidak suka bermain dan memenangkan hadiah? Apalagi jika hadiah tersebut berbentuk nyata dan gratis! Starbucks, dengan skema hadiahnya, adalah contoh sukses lainnya dalam gamification marketing. Skema ini dirancang sedemikian rupa sehingga Anda mendapatkan hadiah untuk pembelian yang sering. Ini membuat para penikmat kopi tertarik untuk membeli lebih sering, bahkan dalam situasi ekonomi yang sulit. Karena, yah, siapa yang tidak ingin mengumpulkan bintang dan mendapatkan hadiah ‘gratis’, bukan?
Kesimpulan
Gamification marketing telah membuktikan diri sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, mengumpulkan data pelanggan, membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. Dengan berbagai pendekatan, dari permainan interaktif di situs web, tantangan rutin, hingga pemberian lencana dan penghargaan, gamifikasi mampu menciptakan pengalaman yang memikat dan membantu bisnis mencapai tujuan mereka. Jadi, sudah siap untuk memasukkan gamifikasi dalam strategi pemasaran Anda? Dengan sedikit kreativitas dan pemahaman tentang audiens Anda, gamifikasi bisa menjadi senjata pemasaran yang ampuh. Selamat bermain dan meraih keuntungan!
Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.