Last Updated on March 15, 2023 by
Business Facebook masih menjadi ladang uang yang menjanjikan sampai hari ini. Apalagi kalau Anda memanfaatkan 10 tren Facebook marketing yang viral di tahun ini!
Siapa yang tidak kenal Facebook? Platform besar ini tidak cuma untuk sekadar hiburan sosial media, tetapi juga bisa menjadi sumber rejeki Anda, lho. Ada banyak sekali cara jualan di Facebook biar laris manis. Salah satunya dengan mengolah 10 tren business Facebook terbaru sebagai trik promosi.
Lalu apa saja 10 tren bisnis Facebook yang viral di tahun ini? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!
Daftar Isi
10 Tren Facebook Marketing yang Wajib Diterapkan
Mau agar bisnis Facebook Anda laris manis kebanjiran pembeli? Tidak perlu repot mencari cara jualan di Facebook laris manis. Cukup aplikasikan tips jualan di Facebook dengan 10 tren facebook marketing ini:
Baca juga : Strategi Facebook Marketing untuk Menggaet Konsumen via Chat Facebook
1. Live Shopping dengan Fitur Facebook Live
Cara jualan di Facebook biar laris pertama adalah rajin mengadakan sesi live shopping memakai fitur Facebook Live. Ini adalah fitur video siaran langsung untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan penonton.
Facebook Live mirip dengan fitur Instagram Live yang kita kenal selama ini. Cukup pencet tombol Live di aplikasi, lalu semua followers Facebook Anda akan mendapat notifikasi siaran. Mereka juga bisa langsung bergabung menonton sesi live shopping dengan akun masing-masing.
Live shopping Facebook diyakini akan menjadi tren karena menawarkan segudang keuntungan:
- Media promosi yang praktis dan aman karena difasilitasi resmi oleh Facebook.
- Bisa digunakan gratis, sangat cocok untuk promosi tanpa modal.
- Bisa menjangkau audiens sebanyak mungkin dari berbagai wilayah, dalam dan luar negeri.
- Memiliki tingkat engagement tertinggi 178% lebih tinggi dari postingan FB feed.
- Berpotensi menambah konsumen baru ada lebih dari 100 juta user FB yang menonton siaran live setiap hari.
Beberapa tips jualan di Facebook termudah dengan live shopping adalah
- Gunakan akun Facebook bisnis Anda agar tampak profesional dan terpercaya.
- Pastikan mengatur siaran ke mode publik supaya bisa dijangkau siapa saja, baik pengikut atau bukan.
- Pastikan memakai sinyal internet yang bagus, stabil dan kuat agar sesi live tidak macet dan mengganggu kenyamanan penonton.
- Promosikan barang-barang best-seller atau unik dari toko Anda saat sesi live. Anda juga bisa mengadakan sesi lelang kecil-kecilan selama live.
- Aktiflah menjawab komentar maupun pertanyaan audiens saat live berlangsung.
2. Gunakan FB untuk Customer Service
Kebanyakan orang menggunakan halaman business Facebook mereka untuk promosi produk saja. Tapi, tahukah Anda bahwa akun Facebook bisnis juga berpotensi menjadi tempat customer service?
Pemanfaatan Facebook sebagai media customer service turut menjadi tren di saat ini. Semakin banyak online shop, mulai dari yang kecil sampai ternama, membuka layanan bantuan konsumen via Facebook. Mengapa?
Bisnis Anda bisa mendulang keuntungan lebih lewat strategi ini seperti:
- Mendapat kepercayaan di mata masyarakat.
- Memuaskan konsumen karena segala keluhan maupun pertanyaan bisa diatasi dengan lebih cepat, praktis dan to the point.
- Taktik termudah untuk meningkatkan nilai kredibilitas brand.
- Media baru menumbuhkan loyalitas konsumen lama maupun baru.
Anda dapat langsung membuat layanan customer service dengan praktis memakai Facebook Messenger. Caranya:
- Lakukan komunikasi customer service dengan akun Facebook bisnis Anda untuk menghindari penipuan atau penyalahgunaan layanan. Manfaatkan semua tools yang ada di fitur FB Messenger.
- Buat pengumuman kepada konsumen yang menyatakan seluruh keluhan atau pertanyaan bisa ditanyakan lewat chat.
- Jika perlu, tuliskan di profil bio bisnis bahwa layanan customer service tersedia langsung di chat FB.
- Segera jawab setiap chat yang masuk dengan ramah, baik dan mendetil. Usahakan memakai pendekatan personal supaya konsumen merasa dirinya betul-betul diperhatikan.
- Apabila Anda merasa kelabakan menerima banyak chat sekaligus, tidak ada salahnya menambahkan chatbot atau pesan jawaban otomatis (umumnya digunakan untuk pertanyaan-pertanyaan umum atau FAQ).
3. Maksimalkan Postingan Business Facebook dengan Foto Produk
Tips jualan di Facebook tergampang lainnya adalah menyelipkan foto produk ke dalam postingan business Facebook Anda. Banyak studi menyebutkan, media visual (foto dan video) menarik lebih banyak perhatian ketimbang sekadar teks.
Ini karena kebanyakan orang lebih cepat memproses informasi berupa gambar ketimbang teks. Audiens juga lebih menyukai konten-konten visual yang mudah dimengerti dalam hitungan detik. Maka dari itu, banyak brand memaksimalkan promosi mereka dalam bentuk foto.
Sudahkah postingan Facebook marketing Anda dilengkapi foto pendukung yang kuat? Jika belum, jangan cemas! Langsung aplikasikan cara jualan di Facebook biar laris dengan foto berikut:
- Pilih foto-foto ilustrasi atau foto produk yang mendukung target promosi.
- Usahakan tidak mengedit foto terlalu banyak untuk menjaga orisinalitas, atau kemiripan foto dan barang asli.
- Gunakan foto-foto berkualitas HQ (High Quality) untuk mencegah penurunan kualitas (foto buram) ketika disimak audiens.
- Untuk foto-foto yang diunggah ulang dari referensi lain, pastikan ukuran resolusinya 2.084 pixel. Ukuran ini direkomendasikan langsung oleh pihak Facebook.
- Pakai alternatif share link foto ke postingan jika ilustrasi yang Anda pilih berasal dari postingan FB lain. Cara ini juga ampuh supaya kualitas foto tidak menurun.
4. Jangan Pakai Banyak Hashtag
Hashtag memang membantu postingan kita lebih mudah ditemukan orang lain. Tapi khusus di platform business Facebook, hashtag justru tidak membantu menambah eksposur postingan.
Kebanyakan postingan bisnis Facebook yang viral justru tidak memakai banyak hashtag. Justru postingan bisnis Facebook tanpa hashtag bisa mendapat lebih banyak engagement dan view.
Postingan bisnis Facebook marketing yang kaya hashtag terbukti merugikan. Konsumen tidak bisa fokus menyimak isi konten atau mengenali call to action karena terhalang hashtags.
Itulah mengapa sebaiknya Anda mengurangi pemakaian hashtag pada postingan business Facebook untuk kedepannya.
Memakai hashtag tetap diperbolehkan, tapi hanya seperlunya saja. Pilih 1 sampai 2 kata kunci yang paling cocok menunjang konten, lalu bubuhkan di akhir tulisan.
5. Buat Iklan Pendek di Facebook Reels
Sukseskan juga kampanye bisnis Facebook marketing Anda dengan iklan-iklan atau konten pendek di Facebook Reels.
Tidak cuma Instagram, baru-baru ini Facebook turut menghadirkan fitur spesial Reels. Tampilannya sama seperti beranda TikTok atau Instagram Reels. Jadi Anda bisa membuat 1 konten video promosi untuk disebar ke tiga platform sekaligus agar lebih banyak ditonton!
Facebook Reels tak kalah ampuh untuk mempromosikan produk atau jasa lewat video pendek hitungan detik. Saking banyaknya pengguna FB Reels, fitur ini terbukti sukses menambah nilai jangkau, discovery dan mendatangkan peminat baru pada bisnis.
Belum lagi pada tahun ini Facebook Reels sedang dalam pengembangan penambahan fitur monetisasi, share dan iklan online (ads). Dijamin fitur ini akan semakin ampuh mendukung pertumbuhan usaha Anda.
Tips cara jualan di Facebook biar laris dengan menu Reels:
- Pastikan memakai aplikasi Facebook versi terbaru untuk mendapatkan fitur Reels.
- Lakukan perekaman video selama 3-30 detik. Anda bisa meringkas konten bahasan atau mempercepatnya dengan alat bantu editing video.
- Tambahkan musik latar belakang, bisa pilih musik-musik yang sedang tren kekinian.
- Bebas lakukan editing tambahan lain untuk mempercantik video seperti filter, teks, stiker, dan lain-lain.
6. Manfaatkan Business Facebook Stories
Cara jualan di Facebook biar laris terakhir adalah memakai fitur Stories. Stories sekarang berkembang di berbagai platform sosial media, termasuk Facebook. Keunggulannya pun mirip dengan Stories Instagram, WhatsApp maupun Snapchat.
Sampai saat ini ada lebih dari 1 miliar Stories yang beredar dan dinikmati di Facebook. Angka yang fantastis, bukan? Bayangkan berapa banyak calon pembeli yang bisa Anda raih jika rajin memposting iklan di Facebook Stories!
Sejumlah manfaat Stories Facebook marketing untuk mendorong penjualan:
- Media promosi gratis yang cepat, bisa diupdate kapan saja semaunya.
- Konten gampang dibuat dengan foto atau video pendek.
- Memungkinkan Anda menghadirkan konten interaktif, semisal melakukan polling atau tanya jawab dengan audiens lewat Stories.
- Membangun loyalitas konsumen lewat sharing konten UGC di Stories, dan masih banyak lagi.
Membuat Stories Facebook yang bagus tidak jauh berbeda dengan saat membuat IG Stories promosi. Anda pun dapat mengunggah ulang Stories Instagram bisnis ke Facebook untuk menghemat waktu kerja.
7. Mencoba Trend Facebook Metaverse
Tahukah Anda bahwa Facebook berganti nama menjadi Meta pada tahun 2021 silam? Hal ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, perusahaan Facebook kini sedang gencar mengembangkan teknologi Metaverse.
Tentunya perubahan ini membawa angin segar bagi brand-brand yang mengandalkan Facebook marketing. Kelak Anda bisa meningkatkan produktivitas marketing dan transaksi olshop di dunia Metaverse yang lebih canggih ketimbang World Wide Web atau smart apps.
Sedikit tentang Metaverse, teknologi ini adalah dunia virtual tiga dimensi yang memungkinkan orang-orang untuk saling terhubung persis seperti di kehidupan nyata. Jika saat ini kita melakukan interaksi online dari layar gadget, maka di Metaverse, kita justru bisa “masuk” ke dalam dunia tersebut.
Alhasil proses jual beli online di Metaverse akan lebih mudah lagi nantinya. Konsumen dan penjual bisa saling bertemu di ruang maya lalu mencoba produk-produk dagangan sebagaimana aslinya.
8. Bergabung ke Grup-Grup Komunitas Facebook
Salah satu fitur unggulan Facebook adalah grup-grup komunitasnya. Jadi, mengapa kita tidak mencoba belajar Facebook marketing di grup-grup tersebut?
Strategi grup Facebook marketing adalah taktik promosi yang dilakukan dalam grup atau forum FB. Anda bisa join ke forum yang memuat target konsumen atau sesuai dengan niche bisnis. Lalu, buatlah konten marketing yang halus (soft selling) dan menarik untuk mencuri perhatian member grup.
Namun tidak semata-mata menjadi ladang promosi saja, ada lebih banyak benefit menarik yang bisa kita peroleh dari strategi belajar Facebook marketing satu ini. Pertama, Anda bisa memperluas koneksi dengan orang-orang di forum tersebut. Siapa tahu kelak Anda bisa berkolaborasi sebagai partner bisnis dengan mereka.
Kedua, Anda akan lebih mudah mengumpulkan aneka trend Facebook marketing terbaru, memantau perubahan pasar, serta menemukan ide-ide inovasi bisnis. Diskusi-diskusi di grup FB dapat menambah wawasan Anda terkait aneka strategi marketing terkini.
9. Marketing Personal dengan Facebook Messenger
Salah satu materi belajar Facebook marketing yang penting kita terapkan adalah strategi marketing personal. Sesuai namanya, marketing personal adalah teknik pemasaran dengan penawaran yang dibuat sespesifik mungkin sesuai karakter tiap konsumen.
Contohnya adalah penggunaan nama sapaan konsumen dalam pesan marketing; penawaran dan rekomendasi item favorit konsumen; pemberian diskon yang disukai pembeli; dan masih banyak lagi.
Nah, mempraktekkan strategi Facebook marketing personal ini pun kian mudah menggunakan fitur Messenger. Anda dapat menyusun pesan-pesan marketing semenarik mungkin, lalu mengirimkannya secara personal lewat FB Messenger.
Pesan marketing tersebut juga mempunyai peluang dibuka yang lebih besar karena notifikasinya akan langsung masuk ke ponsel/gadget pengguna.
Tips tambahan untuk melakukan messenger Facebook marketing adalah:
- Lakukanlah riset terlebih dahulu supaya Anda dapat memahami kebutuhan, minat dan gaya interaksi setiap konsumen dengan baik.
- Lakukan follow up secara berkala agar konsumen tidak melupakan penawaran spesial Anda. Namun jangan terlalu sering karena pesan bisa berakhir dianggap sebagai spam.
- Balas pesan konsumen dengan baik untuk mendorong dan memotivasi mereka berbelanja.
- Sertakan link, foto, GIF atau emoji untuk memoles tampilan pesan.
- Pakai strategi copywriting yang menggugah rasa penasaran konsumen terhadap isi pesan.
10. Mengaktifkan Fitur Tawar-Menawar
Trend terakhir yang tak kalah menarik dari Facebook marketing adalah menyediakan fitur tawar-menawar atau negosiasi harga. Salah satu kelemahan online shop adalah mematok harga pas bagi konsumen. Padahal, banyak konsumen justru suka melakukan tawar-menawar harga–khususnya bagi barang-barang preloved.
Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur negosiasi harga yang memang tersedia di lapak Facebook Business atau Marketplace. Daya tarik dan peluang transaksi di toko Anda justru bisa bertambah karena konsumen diperbolehkan menawar produk idaman mereka.
Namun dengan catatan, tetapkan juga batas penawaran yang sekiranya bisa diterima supaya Anda tetap menerima untung. Jangan ragu untuk menolak angka negosiasi yang “sadis” memakai bahasa yang sopan dan santun.
Alternatif lainnya, Anda bisa menyediakan langsung harga asli dan batasan harga nego yang bisa diperoleh konsumen pada deskripsi item.
Itulah dia tips jualan di Facebook sukses dengan 10 tren bisnis Facebook marketing hits. Tidak sulit untuk dipraktekkan bukan? Jadi selamat mencoba cara jualan di Faceook biar laris ini, ya!
Ingin mendapat lebih banyak rekomendasi tren, insight marketing dan tips mengelola olshop sukses? Sekarang semuanya tersedia gratis di MARKEY! Follow websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan AppStore.
Sampai bertemu lagi di ulasan inspiratif berikutnya, sayonara.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.