Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Wajib Dicoba! 5 Cara Baru Menciptakan Loyalitas Pelanggan E-Commerce

Wajib Dicoba! 5 Cara Baru Menciptakan Loyalitas Pelanggan E-Commerce

-

9 dari 10 pebisnis ketika ditanya “Apa strategi Anda untuk menjaga loyalitas pelanggan?” pasti akan menjawab dengan “Memberikan hadiah kepada konsumen.” Anda mungkin juga menerapkan taktik yang sama untuk di toko sendiri. Tetapi bagaimana jadinya kalau strategi tersebut tidak berhasil maksimal?

Faktanya, memberikan poin loyalti dan hadiah kepada pelanggan setia tetap tidak menjadikan mereka sering berbelanja di toko Anda. Banyaknya toko online yang hadir saat ini menjadikan konsumen lebih mudah penasaran dan berpaling ke lain hati.

Namun Anda tidak perlu risau, sebab sekarang ada banyak cara baru yang efektif menciptakan nilai kepuasan dan loyalitas pelanggan online shop Anda. Menerapkan cara-cara ini juga bisa membantu Anda mengungguli trik dari pesaing bisnis lainnya dalam merebut hati konsumen.

Apa sajakah cara-cara baru menciptakan nilai kepuasan dan loyalitas pelanggan ini? Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Fakta Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Online yang Belum Anda Ketahui

loyalitas-konsumen-1

Loyalitas konsumen adalah kunci penting menuju kesuksesan bisnis. Tidak peduli sebagus apa kualitas produk yang dijual, bisnis Anda bisa bangkrut jika gagal mendapat loyalitas konsumen. Oleh sebab itu, meningkatkan dan selalu menjaga kesetiaan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan.

Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen. Sederhananya, sebuah toko yang memiliki kualitas pelayanan buruk pasti akan sepi pembeli. Contohnya seperti pelayanan yang tidak ramah, tidak cepat tanggap, stok produk tidak pernah diperbaharui, dan seterusnya.

Begitu juga sebaliknya. Jika toko Anda mampu menghadirkan pelayanan konsumen terbaik, secara otomatis konsumen akan selalu mau datang lagi dan lagi ke toko Anda. Namun sebelum Anda melangkah lebih jauh lagi, ada beberapa hal yang mesti diketahui terkait strategi meningkatkan loyalitas konsumen abad ini.

Strategi Membership Sudah Tidak Laku Lagi

Adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan menjadikan semua bisnis berlomba-lomba menerapkan beragam cara untuk memanjakan konsumen. Salah satu cara terpopuler untuk menumbuhkan rasa loyalitas pelanggan adalah dengan menawarkan keanggotaan (membership) dan memberikan hadiah.

Penjual sengaja menawarkan konsumen baru untuk menjadi member di tokonya dengan iming-iming hadiah menarik. Konsumen yang bergabung member berkesempatan untuk mendapat poin di setiap transaksi dan bisa ditukar dengan hadiah gratis.

Strategi di atas sudah diterapkan oleh banyak bisnis online maupun toko biasa. Akibatnya, taktik membership mulai kehilangan daya tariknya. Hasil survey di bidang bisnis menunjukkan 75% konsumen sudah tidak antusias lagi dengan penawaran hadiah usai transaksi.

Konsumen kekinian juga sudah banyak yang cerdas mengetahui trik-trik marketing dari perusahaan. Mereka sudah bisa “membaca” maksud dan tujuan Anda memberikan poin loyalti, sehingga konsumen kini sering kali tidak tertarik mencoba tawaran Anda.

Artikel terkait  Cara Membangun Kerangka Strategi Konten Marketing

Trend E-Commerce Menjadikan Konsumen Tidak Setia

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan menjadi semakin kuat di era bisnis online. Survey dari perusahaan bisnis online “Facebook IQ” menunjukkan bahwa di masa pandemi 2020-2021, konsumen rata-rata “tidak setia” pada 1 toko saja. Fakta ini menjadi tantangan sekaligus ancaman serius bagi banyak bisnis online.

Pandemi menuntut masyarakat untuk menghabiskan banyak waktu di rumah, akibatnya, mereka mempunyai lebih banyak kesempatan untuk mencoba berbelanja di banyak toko online baru. Rasa penasaran akan sebuah produk dari toko online baru ini menjadikan orang-orang gemar mencoba belanja di berbagai tempat alih-alih menjadi pelanggan loyal 1 toko.

Di sinilah Anda perlu menjaga loyalitas konsumen agar mereka tidak mudah kabur. Memberikan pelayanan maksimal dan cekatan bisa menjadi cara ampuh untuk membuat konsumen betah dan tak ingin lagi pergi berpindah-pindah toko. Selain itu, Anda bisa berinovasi berjualan dengan cara-cara baru yang bisa membuat konsumen penasaran.

5 Cara Baru Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Online yang Harus Segera Dipraktekkan

loyalitas-konsumen

Konsumen tahun ini menginginkan sesuatu yang “baru” dan “segar” dari brand Anda. Nah, Anda beruntung karena bisa langsung mencoba 5 kiat baru menciptakan nilai kepuasan dan loyalitas pelanggan berikut ini:

1. Maksimalkan Semua Aspek dari Toko Online Anda

Cara pertama meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memaksimalkan semua aspek toko online Anda. Studi menunjukkan selama pandemi di tahun 2020-2021, lebih dari 60% konsumen memilih untuk mencoba berbelanja di toko-toko yang baru dikenal. Sedangkan 58% masyarakat mencoba berbelanja di toko-toko online baru karena tertarik mencoba fitur-fitur yang disediakan.

Lebih mengejutkannya lagi, konsumen tahun ini mengaku tidak ingin terlalu loyal terhadap sebuah toko online ataupun offline. Tantangan inilah yang menuntut Anda untuk mencoba strategi baru demi menggaet hati konsumen ketimbang sekadar menawarkan membership dan hadiah.

Anda tidak perlu panik. Mulailah dengan mengoptimalkan semua fitur bisnis online Anda. Calon pembeli saat ini lebih tertarik untuk belanja di toko yang menawarkan pelayanan maksimal kepada mereka, contohnya:

  • Ketersediaan produk yang baik. Pastikan stok di toko online Anda selalu tersedia dan cepat diisi kembali ketika habis.
  • Kemudahan pembeli untuk menghubungi Anda melalui layanan customer service. Anda bisa menyediakan fitur chat customer service, layanan keluhan via e-mail atau nomor WhatsApp aktif yang siap menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen kapan saja.
  • Nilai-nilai positif bisnis yang bisa menunjukkan kepedulian usaha terhadap masyarakat. Setelah mengalami cobaan berat pandemi, masyarakat lebih mengapresiasi bisnis yang memiliki kepedulian terhadap sesama ketimbang usaha yang hanya fokus mencari untung.
  • Keamanan berbelanja. Konsumen tidak akan mau berbelanja di toko yang rawan kebobolan data oleh hacker. Pastikan sistem toko online Anda bekerja dengan baik dan aman.
  • Kecepatan loading dan respon dari website atau aplikasi toko online. Semakin cepat web dan aplikasi toko online Anda memberi respon terhadap permintaan konsumen (seperti menekan tombol untuk membayar), maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan konsumen.

Jika semua poin di atas sanggup untuk Anda penuhi, maka dijamin konsumen Anda akan lebih senang berbelanja di toko Anda!

2. Rangkul Konsumen Lokal dan Internasional

Trik kedua, mulailah merangkul konsumen lokal dan juga internasional. Jangan fokuskan untuk meraih hati salah satu tipe konsumen saja. Usahakan agar bisnis Anda diminati oleh keduanya: konsumen lokal dan internasional.

Faktanya, konsumen kekinian tidak suka membatasi pilihan belanjanya hanya untuk 1 wilayah tertentu saja. Berbekalkan kecanggihan teknologi aplikasi bisnis online shop, konsumen dari berbagai wilayah bisa berbelanja di toko manapun yang mereka mau—baik toko lokal ataupun internasional. Yang terpenting mereka bisa mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan.

Walaupun di saat yang sama, ada cukup banyak konsumen yang setia mendukung toko-toko lokal di sekitar wilayah mereka. Orang-orang ini sengaja mengutamakan toko-toko lokal sebagai tempat belanja kebutuhan. Namun mereka tetap saja bisa berpindah ke toko lain jika tidak menemukan produk yang dibutuhkan dari toko lokal.

Jadi, Anda wajib untuk merangkul konsumen-konsumen lokal dan internasional sebaik-baiknya. Manfaatkanlah teknologi bisnis online yang sudah banyak tersedia saat ini untuk menarik minat pembeli dari berbagai lokasi. Beberapa cara yang bisa Anda coba antara lain:

  • Memaksimalkan trik SEO lokal. Optimalkan iklan atau promosi bisnis Anda untuk pasar lokal memakai kata kunci dengan nama daerah. Semisal “Café modern Jakarta”, “Toko buku murah Jogja”, “Villa asri Seminyak” dan masih banyak lagi.
  • Tampilkan informasi detil terkait produk, seperti deskripsi, harga, kualitas.
  • Lakukan riset dan survey sederhana untuk mengetahui produk yang paling diminati oleh masyarakat lokal.
  • Sediakan berbagai pilihan metode pembayaran agar konsumen bebas memilih cara membayar yang nyaman sesuai kemampuan.
  • Hadirkan beberapa opsi pengiriman barang semisal pengiriman ekspedisi nasional/internasional untuk pembeli antar pulau, dan COD atau pengiriman 1 hari untuk pembeli lokal. Supaya semakin lengkap, tawarkan juga fitur gratis ongkos kirim kepada pembeli.

Ingat, masyarakat kekinian lebih mudah tertarik dengan bisnis online juga bukan tanpa sebab. Melalui sistem online masyarakat bisa lebih praktis menemukan produk dalam berbagai harga, kualitas dan stok yang tidak terbatas. Dengan selalu menawarkan produk terbaik bagi mereka, maka secara otomatis Anda sudah bisa mendapatkan loyalitas konsumen.

Artikel terkait  Apa itu Margins? | Pengertian Omset, Margins, dan Profit

3. Ciptakan Pengalaman Konsumen dalam Setiap Transaksi

Bagi konsumen, momen berbelanja tidak hanya sebatas transaksi jual-beli dan mendapat barang. Nyatanya konsumen mendapatkan beragam pengalaman baru dari setiap pembelian yang mereka lakukan di toko Anda.

Jangan sepelekan pengalaman konsumen dalam transaksi ini. Sebab, pengalaman inilah yang akan menentukan keinginan konsumen untuk berbelanja lagi di toko Anda lain kali. Jika pengalaman belanja yang didapat konsumen cukup buruk, mereka tentu tidak mau lagi datang ke toko Anda.

Pengalaman belanja konsumen toko online dan toko biasa juga jelas berbeda. Saat berbelanja ke toko, konsumen bisa melihat, meraba dan menilai kualitas asli produk secara langsung. Sementara dalam sistem belanja online, konsumen mengecek kualitas produk melalui ulasan pembeli sebelumnya, serta foto dan deskripsi produk.

Sekarang tugas Anda adalah mampu menghadirkan pengalaman konsumen yang baik di setiap transaksi. Menciptakan pengalaman konsumen baik untuk bisnis online bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebagai pedoman awal, berikut beberapa tips yang kami rekomendasikan:

  • Memastikan aplikasi dan website bisnis Anda bisa dipakai dengan baik oleh setiap konsumen. Cek kembali apakah website dan aplikasi bisnis online shop Anda bisa dibuka dan berjalan dengan optimal di beragam jenis perangkat (smartphone, laptop, tablet hingga TV digital).
  • Hadirkan foto dan video produk yang jelas dan berkualitas baik.
  • Sediakan bantuan customer service untuk membantu konsumen menemukan produk atau menjawab pertanyaan mereka.
  • Tawarkan garansi untuk pengembalian produk yang tidak sesuai dengan katalog, rusak, bermasalah dan tidak orisinal.
  • Minimalisir berbagai faktor yang mungkin menghambat transaksi konsumen. Semisal proses check-out yang berbelit-belit, fitur toko online yang tidak berfungsi/rusak, dan proses loading aplikasi dan web yang terlalu lama.

4. Selalu Kenali Ekspektasi Konsumen

loyalitas-konsumen-2

Setiap orang yang datang berbelanja mempunyai ekspektasi masing-masing terhadap toko Anda. Ada yang berharap bisa mendapatkan produk bagus dengan harga terjangkau. Ada juga yang ingin mendapat banyak diskon dan dilayani dengan baik.

Namun 70% konsumen online mengaku paling mengutamakan ketersediaan produk yang dicari di toko tersebut. Mereka ingin produk idaman tersedia di toko Anda. Jika tidak, maka mereka akan segera berpaling ke toko lain yang menyediakannya.

Untuk menyiasatinya, Anda tidak punya pilihan selain mengenali beragam ekspektasi konsumen tersebut. Lakukan survey sendiri guna mengetahui apa saja produk yang sedang dibutuhkan atau diminati masyarakat. Anda juga bisa mengumpulkan jawaban, kritik dan saran konsumen terkait hal-hal yang belum optimal dari toko Anda.

Mengenali ekspektasi dan harapan konsumen ini juga bisa menjadi strategi ampuh untuk membenahi toko online Anda sehingga menjadi lebih baik ke depannya.

Artikel terkait  4 Aplikasi Utama yang Wajib Dimiliki Bisnis Franchise Anda

5. Pakai Aplikasi Bisnis Online Shop Terbaik

Tips terakhir memaksimalkan loyalitas pelanggan adalah dengan memakai aplikasi bisnis online shop terbaik. Berbisnis dengan aplikasi yang lelet dan tidak lengkap fiturnya hanya akan membuat konsumen tidak senang dan pergi meninggalkan toko Anda.

Sekarang Anda bisa lebih mudah dan tenang berbisnis dengan memakai aplikasi e-commerce tercanggih baru dari APPKEY! Aplikasi E-commerce APPKEY didesain khusus untuk memudahkan pebisnis yang tidak familiar dengan teknologi agar bisa berjualan online dengan praktis. Hebatnya, aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan ciri khas dari toko Anda.

Aplikasi E-commerce APPKEY juga dilengkapi dengan fitur-fitur toko online yang sering digunakan oleh brand populer. Sebut saja seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan seterusnya. Tim APPKEY siap membuatkan aplikasi online shop Anda sesuai keinginan.

Caranya pun mudah! Anda hanya cukup menghubungi APPKEY sekarang di https://appshop.co.id/appshopping/ dan langsung mulai sesi konsultasi gratis dengan tim profesional kami. Jangan buang-buang waktu lagi, kami tunggu kehadiran Anda di APPKEY ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya