Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategy2 Kunci Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Omset Olshop

2 Kunci Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Omset Olshop

-

Last Updated on September 1, 2022 by

Ingin mendapat hasil penjualan online shop yang lebih banyak? Gampang sekali, Anda hanya perlu mengoptimalkan dua kunci rahasia manajemen pemasaran berikut ini!

Banyak orang penasaran bagaimana cara meningkatkan omset online shop dengan cepat. Jawabannya ternyata cukup sederhana, yakni dengan menerapkan ilmu manajemen marketing atau pemasaran.

Akan tetapi Anda tidak perlu mempelajari banyak trik sekaligus. Cukup terapkan 2 poin terpenting dari manajemen pemasaran ini saja dan omset bisnis Anda sudah bisa melejit bak kilat!

Penasaran apa saja kiat-kiatnya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Marketing adalah bidang keilmuan yang kompleks. Ada banyak teknologi, taktik, dan alat-alat yang diklaim bisa mempercepat kesuksesan bisnis setiap orang.

Namun banyak orang telah membuktikan bahwa menguasai manajemen pemasaran jauh lebih ampuh untuk meraup omset besar dengan cepat.

Manajemen marketing adalah komponen penting yang wajib dijalankan setiap bisnis. Pengertian manajemen pemasaran adalah aktivitas mengukur, menganalisis, dan mengoptimalkan strategi marketing sebuah perusahaan demi meraih target pasar yang sesuai.

Maka dari itu, bisnis akan lebih cepat maju jika Anda menguasai manajemen marketing yang tepat begitu pula sebaliknya.

2 Strategi Manajemen Pemasaran untuk Menambah Omset dengan Cepat

manajemen-pemasaran

Semua orang tentu ingin meraup keuntungan bisnis dengan mudah, banyak, dan cepat. Kabar gembiranya, sekarang Anda benar-benar bisa mendapat omset tinggi dengan cepat lewat 2 trik management pemasaran berikut ini :

1. Eksperimen Manajemen Pemasaran

Tips manajemen marketing sukses yang pertama adalah memberanikan diri untuk bereksperimen.

Eksperimen yang dimaksud di sini adalah aktivitas menguji, mencoba, dan mengukur hasil dari strategi pemasaran yang Anda buat. Strategi ini wajib dicoba karena sangat ampuh khususnya untuk mengefektifkan kinerja bisnis.

Mengapa begitu? Sebab faktanya, kita tidak pernah tahu strategi pemasaran mana yang akan sungguh-sungguh berhasil.

Tim Anda mungkin sudah berjuang merancang trik pemasaran yang kreatif saat ini. Namun apakah ada jaminan 100% bahwa strategi tersebut akan berhasil saat dijalankan? Jawabannya tetap “tidak”.

Mulai dari tim Anda, vendor, agensi, mitra, influencer, hingga mentor bisnis Anda sekalipun tidak ada yang bisa memprediksi situasi pasti di lapangan. Itulah mengapa uji coba dan penilaian menjadi hal yang penting.

Selain karena unsur “ketidakpastian” tersebut, masih ada lebih banyak faktor yang menentukan berhasil-tidaknya sebuah strategi pemasaran. Sebut saja perubahan kebiasaan konsumen, inovasi teknologi, tingkat kompetisi antar penjual, bahkan budaya dan tren sehari-hari di masyarakat.

Seluruh perubahan tersebut sangat mungkin untuk menjungkirbalikkan laju marketing Anda. Namun eksperimen akan membantu Anda mengungkap caraa promosi mana yang memberikan hasil terbaik pada perusahaan.

Hasil eksperimen juga akan memberikan banyak data yang akurat terkait kondisi target konsumen. Dengan begini, Anda tidak perlu “menebak-nebak” kebutuhan konsumen dan isi materi iklan terbaik untuk disampaikan.

Beberapa aspek yang bisa Anda uji dalam manajemen marketing antara lain:

  • ROI (Return On Investment).
  • Tingkat konversi (conversion rate).
  • Persentase traffic dan sumber kunjungan konsumen ke website olshop.
  • Biaya pemasangan iklan online dan keuntungannya.
  • Dan masih banyak lagi.

2. Optimalisasi Pemasaran

Selain eksperimen, optimalisasi pada management pemasaran juga merupakan hal yang penting dilakukan. Pengoptimalan akan membantu bisnis Anda bertumbuh lebih pesat.

Optimalisasi adalah proses membuat peningkatan usaha secara konstan dan bertahap. Melalui proses teratur ini, pemasaran dapat berjalan lebih efektif alias mendatangkan untung besar dan sedikit modal.

Inilah mengapa banyak bisnis kekinian memilih fokus pada optimalisasi pemasaran mereka. Bisnis akan lebih cepat tenggelam jika tidak dioptimalkan pemasarannya. Namun di sisi lain, tidak semua marketer memahami maksud optimalisasi pemasaran yang benar.

Ada banyak sekali tim yang mengoptimalkan promosi mereka dengan cara memposting konten iklan terus-menerus. Cara ini nyatanya belum tentu efektif untuk mendatangkan pembeli ke toko kita.

Optimalisasi manajemen pemasaran tidak semata-mata memposting lebih banyak promosi. Sejumlah studi di bidang marketing membuktikan taktik ini justru menghabiskan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga untuk hasil yang tak seberapa.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan management pemasaran yang tepat?

Pertama, kumpulkan data-data yang tepat. Data akan memberitahu Anda peluang untuk memaksimalkan promosi supaya iklan berhasil menggaet konsumen.

Kedua, fokuskan proses optimalisasi pemasaran Anda. Banyak orang sering kebingungan memilih aspek mana yang harus dimaksimalkan dalam usaha mereka. Namun Anda bisa langsung mulai dari dua area ini:

  • Bagian yang mempunyai dampak tertinggi (alias, poin yang paling memikat konsumen untuk bertransaksi).
  • Bagian yang bisa direalisasikan oleh tim marketing Anda.

Ketiga, manfaatkan hasil eksperimen untuk memulai optimalisasi. Kedua poin management pemasaran ini sejatinya saling berkaitan.

Ini karena kadang kala, kita tidak tahu persis bagian yang benar-benar memerlukan peningkatan. Misalnya landing page Anda tidak mendatangkan pengunjung sebanyak kompetitor, padahal bentuk desain laman Anda sudah mirip dengan miliknya.

Dari masalah inilah kita harus segera mengevaluasi diri. Uji coba akan mengungkap kenapa ide-ide pemasaran Anda gagal atau berhasil. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengaplikasikan poin-poin yang positif untuk menyempurnakan iklan. Cukup mudah, bukan?

Keempat, lakukan optimalisasi secara menyeluruh. Hal ini juga terbukti membantu meningkatkan kualitas usaha di mata konsumen.

Semisal Anda menemukan strategi email marketing baru yang sukses menciptakan banyak pesanan. Cobalah untuk mengembangkan trik yang sama pada konten sosial media, landing page, dan iklan-iklan Anda yang lain lalu review hasilnya.

Siapa tahu langkah kecil ini justru memperbesar peluang bisnis Anda meraup omset hingga melampaui target!

Terakhir, selalu konsisten dalam mengoptimalkan bisnis Anda. Seluruh ide marketing brilian Anda akan terbuang sia-sia tanpa upaya yang konsisten. Kerahkan juga sikap-sikap positif dalam tim seperti rajin bekoordinasi, berkolaborasi dan berkomunikasi yang baik agar implementasi pemasaran berjalan sesuai harapan.

Artikel terkait  Hati-Hati Brand Switching! Ini Penyebab & Cara Mencegahnya

Strategi Manajemen Pemasaran yang Terbaik

Mungkin Anda bertanya-tanya, manakah yang lebih baik antara melakukan “eksperimen” dan “optimalisasi”? Strategi mana yang sebaiknya digalakkan demi mencapai kemajuan usaha?

Sebagian besar pebisnis masih lebih menekankan pada optimalisasi marketing. Mereka berpegang teguh pada prinsip “semakin banyak promosi sama dengan semakin besar profitnya”.

Tak jarang juga, pebisnis-pebisnis ini lupa melakukan evaluasi karena terlalu fokus berpromosi. Akibatnya hasil yang diperoleh tetap tidak sesuai target.

Maka dari itu, sebisa mungkin seimbangkan porsi antara optimalisasi dengan eksperimen atau penilaian strategi. Anda boleh menerapkan berbagai inovasi baru ke dalam iklan, namun jangan sampai lupa untuk mengukur hasilnya.

Apabila strategi baru tersebut tidak begitu menguntungkan, maka cepat-cepatlah untuk mengganti dengan yang lain. Namun jika hasilnya positif, segera aplikasikan trik yang sama pada seluruh channel marketing Anda.

Itulah dia dua kunci rahasia manajemen pemasaran yang bisa Anda coba untuk meningkatkan hasil penjualan. Yuk segera aplikasikan tipsnya mulai dari sekarang!

Mau mendapat lebih banyak tips jualan online yang bermanfaat? Baca MARKEY solusinya! Ikuti terus update info dan tips sukses bisnis hanya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya