Last Updated on August 20, 2022 by
Membuat iklan digital yang bagus tidak harus mahal, lho. Cukup ikuti tiga langkah berikut ini untuk membuat iklan digital yang efektif, menarik, tapi tetap low budget!
Pemasaran digital menjadi kebiasaan baru dewasa ini. Aktivitas promosi online terbukti ampuh menarik lebih banyak konsumen, namun di sisi lain, hal ini juga cukup banyak menguras budget modal.
Riset digital marketing oleh Statista menemukan 76% bisnis menambah budget iklan video mereka; 70% olshop memfokuskan modal untuk iklan Stories; dan 68% lainnya berinvestasi untuk memaksimalkan iklan feeds.
Meningkatnya level persaingan online juga ikut memperbesar resiko penghabisan budget iklan digital secara berlebihan. Di sinilah Anda perlu waspada.
Namun jangan khawatir, sebab kami punya 3 langkah jitu untuk membuat iklan digital yang efektif sekaligus hemat anggaran. Yuk langsung kita simak tips-tipsnya di bawah ini!
Daftar Isi
3 Cara Mudah Membuat Iklan Digital yang Menarik dan Low Budget
Sampai hari ini masih banyak orang percaya kalau iklan yang bagus harus menelan banyak modal. Padahal ada cara agar iklan promosi bisnis Anda tetap menarik tanpa mengalokasikan modal berlebih.
Salah satunya adalah dengan mengarahkan iklan online Anda ke sasaran dan channel promosi yang tepat. Promosi yang tepat otomatis memperbesar peluang konsumen potensial menemukan jasa dan produk Anda.
Selengkapnya, Anda bisa mencoba 3 cara sederhana pembuatan iklan digital yang efektif di bawah ini:
1. Evaluasi dan Pahami Masalah Promosi Anda
Sudahkah Anda mengevaluasi strategi dan performa iklan bisnis secara berkala? Jika belum, jangan buang-buang waktu lagi dan segeralah meninjau sistem promosi Anda!
Memantau dan mengevaluasi kinerja iklan adalah hal yang penting. Menurut survei marketing global oleh eMarketer, ada rata-rata 26% anggaran modal bisnis yang terbuang sia-sia akibat pemasaran iklan yang tidak efektif.
Persentase tersebut dapat semakin membesar jika pebisnis tidak cepat menyadari permasalahan dalam strategi promosi mereka. Nah, salah satu langkah simpel untuk mencegahnya adalah dengan rutin melakukan penilaian usaha.
Hasil evaluasi iklan dapat memberi tahu Anda jenis strategi dan konten yang berhasil maupun tidak, serta hal-hal yang sebaiknya dihindari atau dimaksimalkan. Aktivitas ini mungkin terdengar sepele, namun sangat efektif untuk menjaga budget iklan agar tidak membengkak.
Mari ambil contoh kerugian lain akibat jarang mengevaluasi kinerja iklan :
Hasil studi dari ROI Hunter menemukan bahwa bisnis kekinian hanya memperoleh 1% keuntungan (return) dari 50% jumlah penayangan iklan mereka di sosial media. Itupun mereka sudah mengeluarkan budget hingga miliaran dolar untuk membuat materi promosi saja.
Selain itu, perusahaan cenderung tidak pernah tahu asal-usul kedatangan untung 1% tersebut. Pebisnis tidak yakin iklan produk mana yang benar-benar mendatangkan konsumen ke lapak mereka.
Akibatnya, mereka memilih untuk terus fokus memposting promosi dan menambah lebih banyak budget. Padahal aksi pemborosan tersebut masih bisa dihindari jika marketer mau rutin memantau laju pengeluaran dan pemasukan iklan mereka.
2. Manfaatkan Data-Data Kinerja Produk
Tips kedua untuk membuat iklan digital yang efektif adalah selalu menggunakan data-data kinerja produk sebagai landasan konten.
Salah satu kesalahan umum pebisnis online adalah mengandalkan asumsi mereka untuk banyak hal – termasuk saat beriklan. Anda hanya menebak-nebak jenis konten yang disukai audiens, trend populer, maupun kebutuhan konsumen.
Akibatnya, iklan sering tidak tepat sasaran dan berujung menghabiskan modal sia-sia. Untuk menghindari kegagalan ini, ada baiknya bagi Anda mulai mengubah kebiasaan “tebak-tebakan” tersebut dengan melakukan riset data yang valid mencakup:
- Mengidentifikasi produk atau jasa terlaris (best seller) di toko Anda.
- Menilai jumlah pendapatan dan transaksi setiap produk atau jasa.
- Mengetahui keunggulan, spesifikasi, dan inovasi yang terdapat pada produk atau jasa.
- Memperdalam pengenalan manfaat produk atau jasa bagi konsumen.
- Meriset target konsumen yang tepat, bisa dengan cara menggali kebutuhan, minat, maupun permasalahan mereka saat ini.
- Membandingkan produk atau jasa milik kompetitor dari segi fitur, manfaat, kandungan, kelebihan, kekurangan, harga dan lain-lain.
Kemudian data-data tersebut dapat Anda olah untuk nantinya gunakan sebagai dasar penyusunan materi iklan. Dengan begini isi iklan Anda pasti terasa lebih meyakinkan dan pas sesuai kebutuhan konsumen.
Jangan ragu juga untuk memakai alat-alat riset marketing gratis supaya proses analisis data jadi lebih gampang. Beberapa tool riset produk gratis yang direkomendasikan misalnya AutoBoost, Markin, Stats, dan Dimia.
3. Maju Selangkah di Depan dengan Inovasi
Terakhir, jadilah selangkah lebih maju dengan berinovasi pada iklan produk atau jasa Anda.
Berinovasi kini bukanlah hal yang sulit dengan bantuan teknologi. Dengan catatan Anda harus bisa senantiasa menemukan inspirasi pembaharuan dari produk atau jasa yang ditawarkan.
Ide-ide inovatif juga bisa Anda gali dari data-data yang sudah dianalisis pada poin sebelumnya. Ruang kosong (gap) antara masalah konsumen dengan solusi saat ini (dari produk atau jasa lain) bisa menjadi sumber inovasi yang bagus untuk iklan Anda.
Semisal, Anda mengiklankan produk skincare dan masalah utama konsumen target Anda adalah jerawat. Setelah melakukan riset, Anda tahu bahwa produk kompetitor belum mengandung kandungan aktif pembasmi jerawat.
Di sinilah Anda bisa membuat inovasi iklan dengan menekankan kandungan produk yang lebih efektif dan cepat mengusir jerawat konsumen.
Demikianlah serangkaian tips dan trik membuat iklan digital yang murah tapi tetap ampuh untuk menarik pembeli. Bagaimana, sangat mudah bukan cara-caranya?
Menjaga pemakaian modal adalah salah satu hal penting untuk melestarikan kestabilan usaha. Jangan sampai bisnis Anda terancam bangkrut hanya karena terlalu over budget di iklan pemasaran.
Setelah mengefisiensikan dana promosi, kini Anda bisa mengalihkan biaya yang tersisa untuk aspek-aspek penting lainnya di toko Anda. Selamat mencoba!
Jangan lupa untuk ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ karena ada banyak tips dan trik bermanfaat bagi bisnis online. Sampai bertemu lagi di artikel lainnya, ya.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.