Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketing3 Cara Membuat Iklan Digital yang Efektif dan Minim...

3 Cara Membuat Iklan Digital yang Efektif dan Minim Modal

-

Last Updated on August 20, 2022 by

Membuat iklan digital yang bagus tidak harus mahal, lho. Cukup ikuti tiga langkah berikut ini untuk membuat iklan digital yang efektif, menarik, tapi tetap low budget!

Pemasaran digital menjadi kebiasaan baru dewasa ini. Aktivitas promosi online terbukti ampuh menarik lebih banyak konsumen, namun di sisi lain, hal ini juga cukup banyak menguras budget modal.

Riset digital marketing oleh Statista menemukan 76% bisnis menambah budget iklan video mereka; 70% olshop memfokuskan modal untuk iklan Stories; dan 68% lainnya berinvestasi untuk memaksimalkan iklan feeds.

Meningkatnya level persaingan online juga ikut memperbesar resiko penghabisan budget iklan digital secara berlebihan. Di sinilah Anda perlu waspada.

Namun jangan khawatir, sebab kami punya 3 langkah jitu untuk membuat iklan digital yang efektif sekaligus hemat anggaran. Yuk langsung kita simak tips-tipsnya di bawah ini!

3 Cara Mudah Membuat Iklan Digital yang Menarik dan Low Budget

iklan-digital-2

Sampai hari ini masih banyak orang percaya kalau iklan yang bagus harus menelan banyak modal. Padahal ada cara agar iklan promosi bisnis Anda tetap menarik tanpa mengalokasikan modal berlebih.

Salah satunya adalah dengan mengarahkan iklan online Anda ke sasaran dan channel promosi yang tepat. Promosi yang tepat otomatis memperbesar peluang konsumen potensial menemukan jasa dan produk Anda.

Selengkapnya, Anda bisa mencoba 3 cara sederhana pembuatan iklan digital yang efektif di bawah ini:

1. Evaluasi dan Pahami Masalah Promosi Anda

Sudahkah Anda mengevaluasi strategi dan performa iklan bisnis secara berkala? Jika belum, jangan buang-buang waktu lagi dan segeralah meninjau sistem promosi Anda!

Memantau dan mengevaluasi kinerja iklan adalah hal yang penting. Menurut survei marketing global oleh eMarketer, ada rata-rata 26% anggaran modal bisnis yang terbuang sia-sia akibat pemasaran iklan yang tidak efektif.

Persentase tersebut dapat semakin membesar jika pebisnis tidak cepat menyadari permasalahan dalam strategi promosi mereka. Nah, salah satu langkah simpel untuk mencegahnya adalah dengan rutin melakukan penilaian usaha.

Hasil evaluasi iklan dapat memberi tahu Anda jenis strategi dan konten yang berhasil maupun tidak, serta hal-hal yang sebaiknya dihindari atau dimaksimalkan. Aktivitas ini mungkin terdengar sepele, namun sangat efektif untuk menjaga budget iklan agar tidak membengkak.

Mari ambil contoh kerugian lain akibat jarang mengevaluasi kinerja iklan :

Hasil studi dari ROI Hunter menemukan bahwa bisnis kekinian hanya memperoleh 1% keuntungan (return) dari 50% jumlah penayangan iklan mereka di sosial media. Itupun mereka sudah mengeluarkan budget hingga miliaran dolar untuk membuat materi promosi saja.

Selain itu, perusahaan cenderung tidak pernah tahu asal-usul kedatangan untung 1% tersebut. Pebisnis tidak yakin iklan produk mana yang benar-benar mendatangkan konsumen ke lapak mereka.

Akibatnya, mereka memilih untuk terus fokus memposting promosi dan menambah lebih banyak budget. Padahal aksi pemborosan tersebut masih bisa dihindari jika marketer mau rutin memantau laju pengeluaran dan pemasukan iklan mereka.

2. Manfaatkan Data-Data Kinerja Produk

Tips kedua untuk membuat iklan digital yang efektif adalah selalu menggunakan data-data kinerja produk sebagai landasan konten.

Salah satu kesalahan umum pebisnis online adalah mengandalkan asumsi mereka untuk banyak hal – termasuk saat beriklan. Anda hanya menebak-nebak jenis konten yang disukai audiens, trend populer, maupun kebutuhan konsumen.

Akibatnya, iklan sering tidak tepat sasaran dan berujung menghabiskan modal sia-sia. Untuk menghindari kegagalan ini, ada baiknya bagi Anda mulai mengubah kebiasaan “tebak-tebakan” tersebut dengan melakukan riset data yang valid mencakup:

  • Mengidentifikasi produk atau jasa terlaris (best seller) di toko Anda.
  • Menilai jumlah pendapatan dan transaksi setiap produk atau jasa.
  • Mengetahui keunggulan, spesifikasi, dan inovasi yang terdapat pada produk atau jasa.
  • Memperdalam pengenalan manfaat produk atau jasa bagi konsumen.
  • Meriset target konsumen yang tepat, bisa dengan cara menggali kebutuhan, minat, maupun permasalahan mereka saat ini.
  • Membandingkan produk atau jasa milik kompetitor dari segi fitur, manfaat, kandungan, kelebihan, kekurangan, harga dan lain-lain.

Kemudian data-data tersebut dapat Anda olah untuk nantinya gunakan sebagai dasar penyusunan materi iklan. Dengan begini isi iklan Anda pasti terasa lebih meyakinkan dan pas sesuai kebutuhan konsumen.

Jangan ragu juga untuk memakai alat-alat riset marketing gratis supaya proses analisis data jadi lebih gampang. Beberapa tool riset produk gratis yang direkomendasikan misalnya AutoBoost, Markin, Stats, dan Dimia.

Artikel terkait  2 Kunci Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Omset Olshop

3. Maju Selangkah di Depan dengan Inovasi

Terakhir, jadilah selangkah lebih maju dengan berinovasi pada iklan produk atau jasa Anda.

Berinovasi kini bukanlah hal yang sulit dengan bantuan teknologi. Dengan catatan Anda harus bisa senantiasa menemukan inspirasi pembaharuan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Ide-ide inovatif juga bisa Anda gali dari data-data yang sudah dianalisis pada poin sebelumnya. Ruang kosong (gap) antara masalah konsumen dengan solusi saat ini (dari produk atau jasa lain) bisa menjadi sumber inovasi yang bagus untuk iklan Anda.

Semisal, Anda mengiklankan produk skincare dan masalah utama konsumen target Anda adalah jerawat. Setelah melakukan riset, Anda tahu bahwa produk kompetitor belum mengandung kandungan aktif pembasmi jerawat.

Di sinilah Anda bisa membuat inovasi iklan dengan menekankan kandungan produk yang lebih efektif dan cepat mengusir jerawat konsumen.

Demikianlah serangkaian tips dan trik membuat iklan digital yang murah tapi tetap ampuh untuk menarik pembeli. Bagaimana, sangat mudah bukan cara-caranya?

Menjaga pemakaian modal adalah salah satu hal penting untuk melestarikan kestabilan usaha. Jangan sampai bisnis Anda terancam bangkrut hanya karena terlalu over budget di iklan pemasaran.

Setelah mengefisiensikan dana promosi, kini Anda bisa mengalihkan biaya yang tersisa untuk aspek-aspek penting lainnya di toko Anda. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ karena ada banyak tips dan trik bermanfaat bagi bisnis online. Sampai bertemu lagi di artikel lainnya, ya.

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya