Last Updated on August 19, 2022 by
Relationship marketing adalah cara mudah mendapatkan pelanggan setia bagi toko Anda. Pasalnya, taktik ini mempunyai kiat-kiat khusus membangun hubungan emosional yang kuat dengan pembeli.
Selain itu, ada 5 tren relationship marketing yang bisa mendongkrak kualitas hubungan dan pelayanan bisnis di masyarakat. Jadi Anda wajib mencoba taktik pemasaran ini karena sudah terbukti ampuh pula mendatangkan konsumen.
Lantas seperti apa 5 tren relationship marketing terbaik ini? Yuk langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya di sini.
Daftar Isi
Apa Itu Relationship Marketing?
Relationship marketing adalah salah satu jenis metode pemasaran yang berorientasi pada hubungan brand dan konsumen.
Strategi marketing ini berfungsi untuk meningkatkan kepuasan konsumen, memperdalam loyalitas, dan menjaga hubungan bermakna antara toko dan masyarakat untuk jangka panjang.
Hubungan antara pembeli dan toko selalu dipercaya sebagai salah satu kunci sukses berbisnis. Semakin erat kepercayaan beserta loyalitas masyarakat pada produk/jasa Anda, maka tentu saja semakin besar pula peluang transaksi yang bisa digapai.
Teori tersebut juga telah dibuktikan dalam laporan perusahaan eConsultancy bersama Cheetah Digital. Menurut mereka, terdapat 5 tren kunci yang bisa menyukseskan kampanye marketing relationship.
5 Tren Relationship Marketing untuk Bisnis Online : Lebih Mudah Gaet Konsumen!
Pernahkah Anda mencoba taktik pemasaran berbasis relationship? Jika iya, maka ada baiknya Anda turut mencoba 5 tren baru relationship marketing berikut ini untuk memperlancar promosi.
Adapun kelima tren tersebut mencakup: personalisasi ROI, modifikasi sistem web cookies, apresiasi konsumen, pendekatan email, dan trial-error.
1. Personalisasi ROI (Return of Investment)
Siasat pertama, cobalah untuk sebisa mungkin mempersonalisasi sasaran ROI (return of investment) Anda. Pendekatan yang personal terbukti menghasilkan ROI sekaligus kepuasan pembeli yang lebih besar serta dalam jangka waktu lebih panjang.
Peningkatan omset dan loyalitas konsumen terbukti mencapai 110% ketika bisnis mampu memoles trik marketing mereka dengan pendekatan individu. Hal ini terjadi karena perubahan cara pandang masyarakat itu sendiri.
Kebutuhan akan pengakuan dan apresiasi melonjak tajam pasca pandemi dan perkembangan bisnis online. Masyarakat ingin lebih diakui, yang dalam hal ini, mereka mau diapresiasi atas kesetiaan dan loyalitasnya terhadap brand.
Pendekatan personal juga menghapus “sekat kaku” antara brand dan konsumen. Alhasil, mereka akan merasa lebih nyaman dan tergerak memberi tahu data-data diri pada perusahaan.
Namun hubungan ini sebaiknya bersifat dua arah dan menguntungkan. Anda juga wajib memenuhi ekspektasi konsumen dengan memberikan penawaran sesuai kebutuhan mereka.
2. Modifikasi Sistem Web Cookies
Hampir semua website bisnis online menggunakan cookies untuk mengenali asal-muasal para pengunjungnya. Teknologi ini juga membantu mencatat data-data konsumen online yang mampir.
Sayangnya, metode penjelajahan samaran (incognito) melonjak drastis hingga 50% akhir-akhir ini. Peningkatan tersebut adalah angin buruk, mengingat cookies tidak bisa mencatat data konsumen yang datang via incognito.
Namun di sisi lain, metode browsing rahasia ini dipandang sebagai “penyelamat” oleh konsumen. Mereka memilih melakukannya karena tidak mau data-datanya dipakai sebagai materi marketing.
Maka dari itu, Anda harus mengubah gaya pemasaran dengan cara yang lebih humanis. Akan lebih baik untuk membangun rasa percaya konsumen kepada Anda terlebih dahulu, supaya mereka suka rela membagi data-data diri masing-masing.
Penyimpanan data oleh cookies sesungguhnya telah menjadi permasalahan selama bertahun-tahun. Bahkan pihak Google sendiri turut memperbaiki sistemnya dan mengedepankan proteksi data pengguna dari cookies.
Saat ini sebagian besar website olshop mulai turut bergerak ke arah yang sama. Mereka kini menawarkan pilihan pada konsumen untuk bersedia menerima cookies atau tidak.
Tak lupa, informasi terkait pemanfaatan data juga turut dilampirkan pada audiens untuk meningkatkan kesepahaman bersama.
3. Apresiasi Konsumen
Tren marketing relationship selanjutnya adalah pemberian apresiasi konsumen dari brand.
Melansir dari laporan Cheetah Digital, keinginan masyarakat untuk menjadi bagian sebuah komunitas sangatlah tinggi. 54% orang memilih berlangganan pada brand yang aktif mengapresiasi konsumennya.
Kelompok tersebut juga mempercayai data-data mereka untuk dikelola oleh perusahaan pilihan. Dengan kata lain, mereka dengan senang hati menerima penawaran yang sesuai dengan karakter maupun kebutuhan masing-masing.
Untungnya, kini juga ada banyak cara kreatif untuk memberi apresiasi lebih pada konsumen, seperti:
- Menciptakan forum online bagi pelanggan setia brand. Di sini mereka dapat aktif berkomunitas, mengenal satu sama lain, hingga saling memberikan testimoni.
- Aktif berinteraksi dengan konsumen, seperti membalas pesan, komentar, hingga me-repost konten UGC.
- Mengucapkan terima kasih atas kesetiaan konsumen. Apabila memungkinkan, Anda bisa memberikan hadiah tambahan, bonus spesial, atau mengadakan program membership.
- Senantiasa mengedepankan kebutuhan konsumen dalam pelayanan.
- Berikan pelayanan yang humanis, bukan hanya sekadar untuk meraup keuntungan monetisasi saja. Tempatkan diri di posisi yang setara dengan konsumen agar Anda dapat lebih mudah memahami mereka.
4. Gunakan Pendekatan Email Marketing
Trik email marketing juga sangat membantu dalam aktivitas promosi ini. Penjualan dengan email marketing mampu meningkatkan omset hingga 128% sehingga dinilai sangat efektif oleh para pengamat bisnis.
Ini karena email marketing memuat unsur-unsur dasar dalam marketing relationship, yakni “personalisasi”, “kedekatan” dan “relevansi”.
Pertama, Anda bisa mengustomisasi isi email agar tampak personal sesuai karakter konsumen. Misalnya seperti menyebut nama panggilan konsumen, menyesuaikan gaya bahasa dengan usia dan status target, dan lain-lain.
Kedua, pesan email biasanya dikirim satu per satu sehingga menimbulkan perasaan “dekat”, “eksklusif” dan “spesial” di hati pembaca. Lalu terakhir, Anda bisa menawarkan produk, jasa atau diskon yang relevan sesuai kebutuhan dan kesukaan audiens.
5. Uji Coba Trial and Error
Setiap praktek marketing relationship pasti mempunyai serangkaian uji coba trial and error.
Berani mencoba dan gagal adalah kunci utama yang dapat menumbuhkan bisnis Anda di masyarakat. Kembali lagi, setiap bisnis memiliki nilai, visi dan misi yang unik sehingga metode pendekatannya ke konsumen tidak mungkin 100% sama.
Jadi tidak perlu khawatir kalau sampai sekarang Anda belum menemukan implementasi relationship marketing dengan hasil terbaik. Yang penting, selalu kedepankan kejujuran, keramah-tamahan, dan originalitas karya supaya konsumen mempercayai bisnis Anda.
5 Manfaat Relationship Marketing bagi Bisnis
Selain menarik dan fresh, strategi marketing relationship ini juga menawarkan 5 manfaat khusus bagi bisnis Anda, lho.
Berikut 5 manfaat penerapan taktik promosi berbasis relationship bagi usaha Anda:
- Bisnis lebih banyak direkomendasikan di masyarakat. Pelanggan yang puas atau sudah setia berbelanja di toko Anda akan cenderung merekomendasikan layanan/produk Anda pada rekan-rekan mereka.
- Bisnis lebih eksis dalam jangka waktu panjang. Toko-toko yang punya tempat spesial di hati masyarakat akan selalu diminati. Otomatis, usaha Anda akan eksis dalam jangka waktu lama.
- Mudah dapat banyak feedback dari pembeli. Feedback ini bisa berupa testimoni, opini, maupun data-data dari pelanggan yang bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan. Konsumen merasa “peduli” pada brand sehingga mereka bersedia membantu meningkatkan bisnis Anda lewat berbagai masukan dan saran.
- Lebih gampang mengubah harga produk atau jasa. Banyak pebisnis “terpaksa” mempertahankan harga layanan karena takut kehilangan pembeli. Namun, konsumen setia tidak akan gampang berpaling meski ada perubahan harga sebab mereka lebih mengedepankan nilai positif dari brand.
- Mengungguli kompetitor. Faktanya, tidak semua bisnis menyadari kegunaan dari trik marketing relationship. Inilah peluang emas Anda untuk mempererat hubungan dengan konsumen dan mengungguli persaingan.
Bagaimana, jadi semakin tertarik untuk mencoba trik marketing hubungan (relationship) ini, bukan? Jadi jangan buang-buang waktu lagi. Langsung coba terapkan 6 tren dan strategi marketing relationship untuk memaksimalkan keuntungan usaha jangka panjang, selamat mencoba!
Ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ atau download MARKEY APP karena ada banyak tips sukses bisnis online serta berita terbaru dari dunia digital marketing. Sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.