Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Apa itu Direct Marketing? Konsep, Manfaat dan Tujuannya

Apa itu Direct Marketing? Konsep, Manfaat dan Tujuannya

-

Ada banyak cara untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, mulai dari menghubungi customer menggunakan telepon, mempromosikan dari pintu kepintu, hingga berkomunikasi secara langsung dengan para target pasar.

Lalu, apakah Anda sadar bahwa tipe promosi tersebut tergolong sebagai direct marketing atau pemasaran langsung? Tentunya Anda akan semakin penasaran dengan informasi yang satu ini bukan?

Berikut ini akan dibahas pengertian direct marketing officer adalah, serta konsep, manfaat sekaligus tujuan direct marketing. Tentu informasi dapat memperdalam wawasan Anda mengenai teknik marketing atau promosi!

Pengertian dan Konsep Direct Marketing

pengertian

Secara sederhana, pemasaran langsung atau direct marketing adalah suatu proses atau sistem pemasaran dimana orang atau organisasi melakukan kontak langsung dengan calon pelanggan atau calon pelanggan potensial untuk mengiklankan suatu produk atau jasa.

Sementara menurut opencolleges.edu.au, direct marketing officer adalah seseorang atau institusi yang dibayar untuk mempromosikan sebuah perusahaan atau produk klien atau layanan, sekaligus mengatur urusan stock atau inventory untuk periklanan.

Direct marketing officer juga memastikan bahwa brand yang mereka bawa konsisten dan kampanye mereka dibuat sesuai dengan petunjuk atau instruksi perusahaan yang membayar mereka.

Tentunya hal ini berbeda sekali dengan sifat iklan yang tidak fokus. Direct marketing adalah teknik yang dapat membuat pakar pemasaran atau pemasaran dapat mencapai tujuan secara lebih spesifik sekaligus menyampaikan pesan pribadi. Beberapa respon dari target konsumen yang dibidik agar dapat dihasilkan oleh direct marketing adalah, diantaranya:

Penyelidikan (Inquiry)

Inqury adalah sebuah respon dari target konsumen yaitu memberikan informasi penting, untuk melakukan suatu observasi dan eksperimen demi menemukan solusi terhadap suatu masalah.

Dukungan (Support)

Dukungan atau support adalah respon berupa bentuk dukungan seorang konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Pembelian (Purchasing)

Pembelian atau purchasing adalah respon dari konsumen yang berminat dengan produk atau layanan yang diberikan dan kemudian melakukan pembelian.

Berdasarkan pemaparan diatas, tentu direct marketing adalah hal yang sangat berharga, dikarenakan dapat membidik calon pelanggan atau calon pelanggan pontensial secara langsung. Apabila hal ini dilakukan dengan benar, maka direct marketing adalah teknik yang dapat menghasilkan penjualan tinggi dengan biaya yang relatif rendah.

Kegiatan direct marketing adalah jenis kegiatan yang dapat dilakukan secara langsung tanpa adanya perantara sehingga dapat memangkas biaya promosi sekaligus menghasilkan keuntungan yang besar. Pentingnya direct marketing, tentu terdapat konsep yang berkaitan dengan hal ini yang dipaparkan oleh para ahli ekonomi dan pemasaran!

Artikel terkait  Panduan Membangun Brand untuk Bisnis Online Anda!

 

Pentingnya Direct Marketing Dipaparkan oleh Para Ahli Ekonomi

Para-Ahli-Ekonomi

Menurut Duncan, dalam Principle of Advertising & IMC

Menurut ahli yang satu ini, konsep direct marketing adalah jenis pemasaran dimana suatu perusahaan menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen.

Strategi berupa berkomunikasi secara langsung dianggap lebih efektif dikarenakan dapat berinteraksi sekaligus membuat database yang dapat dipergunakan untuk mengaktifkan komunikasi pemasaran dengan menggunakan berbagai media demi mendorong respon dari konsumen.

Menurut Kotler – Gary Amstrong, dalam Principles of Marketing

Pemasaran langsung adalah suatu sistem pemasaran yang menggunakan atau memanfaatkan berbagai media komunikasi dimasa kini sekaligus iklan untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen yang menjadi sasaran.

Pada umumnya, interaksi terjadi melalui telepon, email, atau bahkan bertemu konsumen secara langsung demi mendapatkan tanggapan secara langsung.

Menurut Suyanto, dalam Marketing Strategy

Direct marketing adalah, menurut ahli ini, suatu sistem pemasaran yang menggunakan atau memanfaatkan saluran langsung untuk menjangkau konsumen sekaligus menyediakan barang atau jasa kepada konsumen, tanpa menggunakan perantara untuk mendapatkan suatu tanggapan atau transaksi yang tentunya dapat diukur pada suatu tempat.

Artikel terkait  Tips Cara Memilih Brand Ambassador Dengan Benar | Perbedaannya Dengan Brand Advocate dan Influencer

 

Manfaat Direct Marketing

Direct marketing tentunya memiliki beberapa manfaat. Manfaat tersebut dibagi menjadi beberapa macam, sesuai dengan jenis penggunanya. Manfaatnya direct marketing adalah sebagai berikut:

Manfaat Direct Marketing bagi Penjual

Manfaatnya adalah memberikan direct marketing officer kesempatan untuk memilih alternatif yang berbeda sekaligus tes pasar demi mendapatkan metode pemasaran paling efektif. Tidak hanya efektif, tetapi juga hemat.

Dengan menggunakan direct marketing, seorang direct marketing officer dapat memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dalam hal memilih metode yang tepat, waktu sekaligus sarana yang tepat untuk menjangkau konsumen.

Hal ini juga bermanfaat untuk membantu seorang marketer dapat membuat penawaran sekaligus strategi yang sulit ditiru oleh pesaing lain.

Manfaat Direct Marketing bagi Pembeli atau Konsumen

Banyak sekali manfaat dari direct marketing, khususnya dalam hal pelayanan untuk memiliki suatu produk atau menikmati suatu layanan diantaranya:

  • Dapat memiliki kesempatan untuk terlebih dahulu mengetahui suatu spesifikasi produk, melalui katalog, email, dan sebagainya. Demi mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.
  • Merasa lega karena dapat mengenali sekaligus menemukan kelebihan dan kekurangan suatu produk.
  • Mendapatkan kenyamanan sekaligus kebebasan dikarenakan banyak pilihan dalam suatu katalog produk.
  • Merasa lega karena dapat membeli produk secara langsung dilokasi tanpa harus khawatirkan meninggalkan rumah mereka.

Manfaat direct marketing dapat dirasakan konsumen berdasarkan jenis produknya, yaitu produk eceran sekaligus produk industry.

Manfaat Direct Marketing bagi Konsumen Produk Eceran

  • Kegiatan belanja menjadi lebih mudah sekaligus hemat waktu karena dapat dilakukan dirumah.
  • Konsumen dapat melihat harga melalui katalog atau website sehingga dapat memiliki kebebasan dalam memilih barang sesuai dengan kebutuhan.
  • Konsumen dapat melakukan pembelian barang, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Manfaat Direct Marketing bagi Konsumen Produk Industri

Manfaat terakhir bagi konsumen produk industri adalah konsumen dapat mempelajari produk atau jasa yang ditawarkan secara lebih seksama. Hal ini membuat konsumen dapat menghemat waktu dikarenakan tidak perlu bertemu dengan para wiraniaga untuk menjelaskan produk yang dijual.

Adapun tujuan direct marketing khususnya bagi penjual adalah, adanya kemudahan dalam mengukur tanggapan atas promosi yang dilakukan, sekaligus dapat mengetahui jenis promosi yang paling efektif. Hal lainnya adalah, dapat mengkhususkan sekaligus menyesuaikan pesanan, sesuai dengan kebutuhan kelompok yang disasar.

Artikel terkait  Apa itu Customer Retention? Serta Tips Cara Mempertahankan Pelanggan

Tujuan Direct Marketing

tujuan

Adapun tujuan direct marketing adalah, secara umum, memasarkan produk atau suatu layanan kepada konsumen dengan biaya pemasaran yang tentu lebih rendah. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena pemasaran langsung adalah proses pemasaran dengan menjalin kontak secara langsung kepada konsumen yang menjadi target sasaran.

Kontak ini tidak harus bersifat pribadi, tetapi dapat menggunakan media tertentu, tergantung dengan perkembangan teknologi. Sebagai contoh, email marketing, telemarketing, direct email atau catalog, dan lain sebagainya.Yang paling penting adalah, bagaimana Anda memilih media dan metode paling efektif dengan biaya efisien. Tentu penjelasan diatas akan menjawab mengapa harus menggunakan direct marketing.

Sebab, pemasaran langsung akan menciptakan respon pelanggan secara langsung (targeted customer). Hal ini membuat sebuah small business dapat memfokuskan sumber daya yang dimiliki yang sifatnya terbatas demi untuk dapat melakukan aktivitas pemasaran atau penjualan dengan hasil maksimal.

Strategi kampanye yang menggunakan strategi pemasaran langsung, menggunakan tindakan cepat, juga dapat mendongkrak penjualan sekaligus menciptakan pelanggan yang loyal. Selain itu dapat mempertahankan pelanggan lama dan mengenerate pelanggan baru.

Demikian informasi menarik mengenai direct marketing, yang dilengkapi dengan konsep dari para ahli, sekaligus manfaat dan tujuannya dalam marketing. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda untuk dapat mengembangkan teknik pemasaran produk atau layanan Anda.

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya