Last Updated on July 31, 2023 by
Apa yang dimaksud dengan pemasaran (marketing)? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Anda perlu mengetahui tentang pasar terlebih dulu. Pemasaran dan pasar adalah dua kata yang memiliki arti berbeda dengan tujuan yang sama.
Pemasaran adalah suatu kegiatan atau aktivitas menyeluruh yang menyangkut tentang perencanaan dalam bidang penjualan produk/jasa. Sedangkan pasar sendiri didefinisikan sebagai tempat terjadinya proses jual-beli.
Daftar Isi
Pasar dan Pemasaran
Sebelum mengetahui secara mendalam tentang apa yang dimaksud dengan pemasaran (marketing), perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pasar. Pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Keduanya seringkali membuat rancu orang-orang dalam mendefinisikannya. Berikut ini beberapa hal terkait dengan pasar itu sendiri.
Pasar sudah ada dan berdiri dari zaman dahulu kala. Dulunya, proses jual beli di pasar menggunakan sistem barter, yaitu saling tukar menukar barang yang berbeda wujud, namun memiliki nilai atau harga yang sama. Seiring berjalannya waktu dan peradaban, saat ini uang digunakan sebagai alat penukaran dalam proses jual beli di pasar.
Pada dasarnya sebuah pasar dapat muncul secara spontan atau memang sengaja dibangun sebagai pusat dilakukannya kegiatan jual-beli. Dalam prosesnya, pasar terbagi menjadi beberapa bagian, sehingga antara pasar yang satu dengan pasar yang lain terdapat perbedaan. Jenis-jenis pasar dibedakan berdasarkan hal berikut.
Baca juga : Marketing Adalah ? (Pengertian dan Dasar-Dasarnya)
Klasifikasi Pasar
Berdasarkan klasifikasi, pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah tempat bertemunya antara satu orang dengan orang yang lain secara langsung dan ditandai dengan adanya transaksi untuk mencapai kesepakatan harga.
Pasar Modern
Pasar modern tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional, hanya saja pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Pembeli bisa mengetahui harga pada label harga yang tertera.
Klasifikasi Pasar Berdasarkan pada Luas Jangkauan
Pasar Daerah
Pasar daerah pada pasar ini proses jual beli atau tawar menawar suatu produk hanya terjadi pada satu atau daerah tertentu saja.
Pasar Lokal
Pasar lokal pada pasar ini jual beli produk terjadi di satu kota dimana produk tersebut dibuat dan dihasilkan.
Pasar Nasional
Pasar nasional pada pasar nasional transaksi jual beli terjadi dan dilakukan di sebuah negara dimana produk yang diminati dihasilkan.
Pasar Internasional
Pasar internasional tawar-menawar pada pasar ini bisa terjadi di satu negara dimana produk itu dihasilkan atau dapat terjadi jual beli di negara lainnya dimana produk itu dipasarkan.
Klasifikasi Pasar Menurut Wujudnya
Pasar Konkret
Pasar konkret adalah pasar dimana penjual dan pembelinya bertemu secara langsung. contohnya adalah toko-toko, atau kios-kios yang ada.
Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar yang tidak memiliki wujud. pasar ini biasanya terjadi melalui internet, brosur, atau telepon.
Klasifikasi Pasar Menurut Barang yang Diperjual-Belikan
Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi, pasar ini adalah pasar yang pada umumnya memperjualbelikan barang-barang yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga. misalnya sembako, sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian dan lain sebagainya.
Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang produksi. pada pasar ini juga diperjualbelikan sumber daya produksi. Barang-barang yang dijual pada pasar ini seperti mesin, pasar uang, pasar tenaga kerja dan yang lainnya.
Klasifikasi Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang proses transaksinya terjadi setiap hari, biasanya pada suatu desa atau kota.
Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual beli barangnya hanya terjadi satu kali dalam seminggu. Misalnya pasar pagi yang diadakan pada hari Minggu saat car free day.
Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang aktivitasnya terjadi hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Misalnya pasar hewan.
Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang proses kegiatannya hanya dapat terjadi satu kali dalam satu tahun. Misalnya adalah Pekan Raya Jakarta.
Pasar Temporer
Pasar temporer merupakan pasar yang diselenggarakan oleh sebuah instansi atau organisasi pada sebuah acara tertentu. Pasar ini biasanya diadakan pada event-event tertentu saja.
Baca juga : 5 Elemen Wajib Marketing Website: 100% Buat Konsumen Betah
Klasifikasi Pasar Menurut Strukturnya
Apabila dilihat dari strukturnya pasar dapat dikelompokkan dan dibagi menjadi beberapa bentuk pasar.
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli sama-sama sudah mengetahui keadaan dari sebuah pasar. Barang-barang yang diperjual-belikan di pasar ini hanya sejenis saja atau bersifat homogen. Penjual dan pembeli di pasar ini tidak bebas menentukan harga karena sudah ditentukan oleh mekanisme pasar itu sendiri.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana antara penjual dan pembelinya sangatlah bebas untuk menentukan jumlah dan harga dari produk yang dijual. Selain itu jenis dan sifat dari produk yang diperjualbelikan bersifat lebih dari satu jenis atau heterogen.
Pasar persaingan tidak sempurna sendiri dapat dibedakan dan dibentuk menjadi tiga kelompok pasar yaitu.
Pasar monopoli dan pasar monopsoni
Pada pasar monopoli hanya terdapat satu penjual untuk satu jenis produk. Sedangkan, pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh satu pembeli untuk satu jenis produk yang bersifat mendunia.
Pasar persaingan monopolistik
Pasar ini adalah pasar yang di dalamnya terdapat banyak sekali penjual dan pembeli. Penjual bebas melakukan monopoli atas keunggulan dari produk-produk yang ditawarkan, dan pembeli sangat diberi kebebasan untuk menentukan produk-produk yang ingin mereka beli.
Pasar oligopoli dan pasar oligopsoni
Pasar oligopoli adalah pasar yang di dalamnya hanya terdapat beberapa penjual saja. Jumlah penjual yang ada di dalam pasar ini tidak terlalu banyak. Hal ini menyebabkan pengaruh dari penjual sangatlah kecil.
Kebalikan dari pasar oligopoli, pada pasar oligopsoni hanya terdapat beberapa pembeli saja. Pada pasar ini pengaruh dari penjual cukup besar.
Tentunya berbagai bentuk pasar sangatlah mempengaruhi kegiatan dan aktivitas yang terjadi baik antara penjual dan pembeli. Pasar sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.
Pasar juga mempunyai banyak manfaat bagi setiap orang yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Manfaat yang dapat dirasakan dari pasar adalah mempermudah dalam mencari barang konsumsi, merasakan manfaat dari barang atau produk yang dibeli, memberikan kesempatan untuk berinvestasi, serta dapat menambah lapangan pekerjaan bagi orang lain.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran?
Setelah mengetahui penjelasan mengenai pasar, maka perlu diketahui pula tentang pemasaran. Seperti yang telah dijelaskan bahwa pemasaran adalah aktivitas menyeluruh tentang perencanaan dalam bidang penjualan produk/jasa. Pemasaran menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah pasar. Keduanya sangat berhubungan erat.
Sejarah pemasaran sudah terjadi pada masa peradaban Yunani dan Romawi Kuno, serta pada negara-negara lainnya. Namun, pemasaran modern yang dikenal hingga sekarang terjadi pada revolusi industri atau lebih tepatnya ada abad ke-18 hingga abad ke-19. Pemasaran modern muncul dengan ditandainya perubahan-perubahan sosial pada masyarakat dikarenakan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.
Pemasaran modern muncul seiring dengan dibangunnya industri-industri yang menghasilkan barang konsumsi secara besar-besaran. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh moda transportasi dan datangnya media massa yang menyebabkan produsen untuk dapat menemukan sebuah cara mengelola distribusi dari sebuah produk.
Saat revolusi industri, produk-produk barang konsumsi masih terbilang cukup langka, sehingga produsen dapat dengan leluasa memasarkan produknya kepada tiap konsumen, selama konsumen tersebut mampu membelinya. Karena faktor itulah, industri pada jaman itu berfokus pada pengembangan produksi dan pendistribusian dengan menekan biaya seminimal mungkin.
Hal ini juga sangat mempengaruhi pada ilmu pemasaran yang berfokus pada efisiensi biaya distribusinya sendiri. Dari awal abad 20 hingga pada masa akhir perang dunia kedua, persaingan dari bisnis sangat meningkat dan tujuan utama dari ilmu pemasaran mulai beralih produksi ke pemasaran secara langsung. Komunikasi, merek, hingga iklan menjadi bagian penting bagi perusahaan dalam menjual produk mereka.
Beberapa ahli juga memiliki pandangan dan pendapat tersendiri mengenai apa yang dimaksud dengan pemasaran, sebagai berikut.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Philip Kotler
Menurut philip kotler pemasaran adalah sebuah kegiatan sosial yang dilakukan individu atau orang lain untuk mendapatkan tujuan mereka melalui cara membuat dan menjual sebuah produk, serta menukarnya dengan nilai tertentu kepada pihak-pihak yang lain.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut John Westwood
Menurut John Westwood, pemasaran adalah usaha yang terpadu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta memberi keuntungan kepada sebuah perusahaan yang membuat produk.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Tung Desem Waringin
Menurut Waringin, pemasaran adalah sebuah media yang digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah dari sebuah produk yang lebih tinggi lagi.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Jay Abraham
Menurut Jay Abraham, apa yang dimaksud dengan pemasaran adalah sebuah tempat yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap konsumennya.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut William J. Stanton
Menurut William, pemasaran adalah sebuah sistem dari usaha atau kegiatan bisnis dan ditujukan untuk merancang, dan menentukan harga dari sebuah produk barang atau jasa kemudian melakukan promosi, distribusi dan memberikan kepuasan kepada konsumen.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Hair dan Mc. Daniel
Menurut Hair dan Mc. Daniel, pemasaran sendiri adalah kegiatan perencanaan dalam mengelola sebuah produk barang atau jasa, penetapan dari harga produk tersebut, perancangan promosi dan pendistribusian barang, demi memuaskan konsumen dan agar dapat tercapai tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi.
Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Hani dan Basu
Menurut Hani dan Basu, pemasaran adalah suatu aktivitas yang membuat perencanaan barang dan jasa hingga sampai pada promosi dan distribusi dari sebuah produk. Dimana nantinya hasil dari semuanya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta demi mendapatkan keuntungan bagi sebuah perusahaan.
Dalam pemasaran (marketing), terdapat kegiatan dan proses dari marketing yang harus diketahui dan dipelajari terlebih dahulu. Hal ini menjadi sangat penting, agar dalam memasarkan produk, sebuah perusahaan dapat meminimalisir kemungkinan mendapatkan kerugian dari produk barang dan jasa yang dijual.
Kegiatan dan Proses Pemasaran (Marketing)
Melakukan survei pasar
Hal mendasar yang harus dilakukan dalam proses pemasaran adalah melakukan survei. Survei dilakukan untuk membaca situasi serta kemungkinan apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat mengembangkan produk. Survei bisa dilakukan dengan memberikan kuisioner atau dengan mengambil data statistik.
Mempromosikan iklan
Apabila produk yang dihasilkan dirasa telah memenuhi standar dan dapat membuat konsumen berminat untuk membeli, maka selanjutnya adalah melakukan promosi iklan. Hal ini bertujuan untuk semakin menarik minat konsumen untuk dapat menggunakan produk yang sebuah perusahaan tawarkan. Promosi iklan produk bisa dilakukan melalui radio, koran, televisi maupun media yang lainnya.
Memastikan hasil yang dapat diperoleh
Langkah terakhir yang dilakukan sebelum memasarkan produk adalah memastikan seluruh kegiatan marketing dapat ambil kontribusi untuk meningkatkan jumlah penjualan produk. Ada baiknya untuk dapat menghitung laba rugi dari kegiatan pemasaran (marketing) yang dilakukan.
Setelah diketahui langkah awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemasaran, langkah berikutnya adalah menentukan teknik pemasaran (marketing). Teknik dalam melakukan pemasaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok berikut ini.
Teknik-Teknik dalam Pemasaran
Content Marketing
Teknik ini adalah teknik marketing yang dilakukan dengan cara mendistribusikan artikel atau video kepada konsumen, agar konsumen melihat dan tertarik dengan keunggulan produk barang dan jasa yang ditawarkan pembeli.
Influencer Marketing
Teknik pemasaran ini adalah teknik pemasaran melalui orang yang memiliki pengaruh besar kepada orang lain. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara memberikan sebuah pernyataan atau testimoni, bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang sangat bagus.
Marketing Automation
Teknik ini adalah teknik yang memungkinkan pemasar atau marketers untuk mempersingkat dan mengefesiensikan pekerjaan mereka yang dilakukan dengan bantuan media atau alat yang lebih mudah digunakan seperti software marketing.
Omni Channel
Teknik ini dilakukan dengan cara pendekatan kepada konsumen atau pelanggan melalui saluran penjualan, yang memungkinkan pembelinya agar dapat lebih mudah membeli barang pilihannya. Biasanya, metode ini dilakukan dengan cara menghubungkan ke saluran televisi, radio, brosur atau katalog dan pesan melalui internet.
Selain teknik pemasaran, diperlukan juga strategi pemasaran. Ini adalah hal yang paling penting dalam melakukan pemasaran (marketing). Strategi pemasaran sendiri diartikan sebagai usaha yang dilakukan sebuah perusahaan dalam tujuan perusahaan untuk menjual produk dalam batas dan jumlah yang tertentu.
Dalam strategi pemasaran, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran dan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu; produksi, kemasan, dan konsumsi.
Agar pemasaran semakin maju dan berkembang, diperlukan sebuah strategi atau yang dikenal dengan strategi pemasaran. Strategi pemasaran dapat diartikan sebagai logika pemasaran yang sangat disarankan untuk mencapai target pemasarannya.
Strategi pemasaran merupakan alat yang sangat fundamental, yang dirancang untuk mencapai tujuan dari perusahaan dengan mengembangkan sebuah produk barang dan jasa, dan menguasai pasar tersebut.
Roda pemasaran tentu tidak akan berjalan tanpa adanya seorang pemasar atau marketeers. Agar produk yang dihasilkan bisa dipasarkan, diperlukan tenaga pemasar dengan kemampuan yang bagus dan layak untuk dapat memasarkan produk barang atau jasa dari suatu perusahaan.
Tugas Seorang Pemasar
Berikut ini adalah tugas-tugas seorang pemasar yang perlu diketahui diantaranya adalah sebagai berikut ini.
Aktif mencari target
Seorang tenaga pemasar harus selalu aktif mencari peluang yang diperlukan, mengunjungi lokasi-lokasi yang dirasa cocok untuk dapat memasarkan produk.
Merekap data hasil penjualan
Hasil penjualan harus tersusun rapi, dan juga detail. hal ini agar dapat memudahkan pihak lain, baik itu pihak perusahaan maupun pihak konsumen untuk mengetahui jenis serta harga dari produk yang dijual.
Menjamin kepuasan pelanggan
Kepuasan dari pelanggan akan terwujud apabila, produk yang dibeli sesuai dengan produk yang ditawarkan seorang tenaga pemasar.
Mencari mitra kerja
Membangun kerjasama dengan pihak lain, menjadi tugas seorang tenaga pemasar. Degan membangun sebuah kerja sama, maka dapat dipastikan bahwa produk yang dijual dapat lebih mudah untuk ditawarkan kepada konsumen.
Menyusun strategi lanjutan
Strategi lanjutan diperlukan apabila strategi yang diberikan dari perusahaan kurang membuahkan hasil. Strategi lanjutan adalah hasil perkembangan atau modifikasi dari strategi sebelumnya.
Demikianlah apa yang dimaksud dengan pemasaran, secara umum dan menurut ahli serta strategi apa saja yang diperlukan dalam pemasaran. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara tenaga pemasar melakukan penjualan agar produk yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi konsumen.
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.