Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 5 Elemen Wajib Marketing Website : 100% Buat Konsumen...

5 Elemen Wajib Marketing Website : 100% Buat Konsumen Betah

-

Bagaimana cara supaya konsumen betah berbelanja di toko online Anda? Kuncinya ternyata sederhana,  pastikan trik marketing website Anda sudah memuat 5 komponen berikut ini.

Banyak penelitian terkait digital marketing membuktikan bahwa emosi dan perasaan konsumen lah yang mendorong mereka berbelanja online. Semakin dalam kedekatan emosional atau kenyamanan pembeli dengan brand Anda, otomatis semakin besar peluang transaksi terjadi.

Kabar baiknya, menjalin keakraban dengan calon konsumen cukup mudah dilakukan memakai trik website marketing. Yuk langsung ikuti 5 cara marketing website sederhana untuk menggaet pelanggan di bawah ini, dijamin bikin mereka ketagihan check out produk Anda!

5 Trik Marketing Website untuk Mendorong Penjualan

marketing-website

Studi tahunan dari agensi MBLM di Amerika Serikat menemukan fakta yang menarik. Menurut mereka, koneksi emosional masyarakat dengan layanan perusahaan menjadi penyebab utama pesatnya pertumbuhan brand-brand online kekinian.

Maka dari itu, website kini dijadikan sarana untuk memaksimalkan kedekatan dengan audiens. Trik website marketing dipilih lantaran kebiasaan masyarakat mengakses banyak informasi dari web (Google).

Pertanyaan utamanya sekarang adalah: sudahkah situs toko online Anda dinilai bagus oleh konsumen? Nah, Anda bisa menjawabnya sendiri dengan mengecek kehadiran 5 komponen penting dalam trik marketing website di bawah ini:

1. Tampilkan Sisi Humanis Brand

Pertama-tama, sering-seringlah menampilkan sisi humanis brand Anda dalam kampanye marketing website.

Menurut studi psikologi, manusia (konsumen) selalu lebih mudah membangun hubungan emosional dengan sesamanya ketimbang hal lain. Jadi, ubahlah visi misi perusahaan yang “abstrak” dengan sisi humanis yang lebih konkret dan mudah dimengerti.

Strategi marketing ini dapat diaplikasikan pada semua jenis usaha, tanpa terkecuali. Salah satu perusahaan yang sukses berkat penonjolan sisi humanisnya adalah Apple.

Selama bertahun-tahun, Steve Jobs selalu memastikan produk-produk Apple mampu memenuhi kebutuhan penggunanya baik dari segi fungsi, finansial, maupun emosional.

Menampilkan sisi humanis brand pada marketing website juga cukup mudah. Cukup cantumkan info-info dasar sederhana seperti pendiri perusahaan, anggota tim, kisah latar belakang, dan testimoni yang dimiliki.

Tapi, jangan terlalu fokus memaparkan kualifikasi tim perusahaan Anda. Lebih baik kemas info dengan cara yang “membumi tanpa sekat”, seperti turut menampilkan minat dan visi dari orang-orang di balik layar perusahaan Anda.

2. Tumbuhkan Kepercayaan dengan Originalitas

Strategi marketing website Anda harus mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen. Ini karena kepercayaan adalah unsur vital mendasar dari semua hubungan emosional, termasuk antara konsumen dan brand.

Kepercayaan dapat tumbuh ketika pelanggan tahu dan yakin bahwa produk atau layanan Anda bersifat original, jujur dan asli. Menumbuhkan kepercayaan mungkin agak sedikit sulit, mengingat saat ini banyak produk dan servis palsu yang dipasarkan persis seperti aslinya.

Tapi jangan cemas, karena ada sejumlah cara mudah untuk menanamkan keyakinan pada konsumen, seperti:

  • Memasang testimoni asli dari pembeli sebelumnya. Testimoni bisa berupa artikel ulasan, kolom review khusus, kolase foto (galeri) atau video pendek.
  • Info “Behind The Screen”. Banyak konten‘di balik layar’ produksi sengaja diposting untuk memperkenalkan proses pembuatan produk atau persiapan layanan ke calon konsumen.
  • Fitur “Tour”. Minta bantuan pada tim IT Anda untuk melengkapi website dengan menu tour virtual ke perusahaan. Konsepnya mirip dengan behind the screen, tetapi lebih eksklusif dan rinci.
  • Selalu aktif merespon pertanyaan atau komentar konsumen secara terbuka, kecuali untuk permasalahan yang bersifat privasi. Cara ini akan memperlihatkan betapa brand Anda jujur, kompeten, dan bertanggung jawab kepada masyarakat.
  • Mencantumkan watermark logo pada konten sebagai bukti bahwa konten asli buatan sendiri dan tak bisa diplagiat orang lain.

Terakhir, pastikan juga bahwa Anda selalu konsisten memenuhi hal-hal yang dijanjikan sebelumnya ke pembeli. Misalnya Anda mengklaim menjual produk yang “ramah lingkungan”, jadi, komposisinya harus tidak mengandung zat-zat penyebab polusi.

Untuk itu hindarilah sikap hiperbola saat menjelaskan khasiat produk/jasa ke audiens. Promosi yang cenderung melebih-lebihkan kini sering dipandang sebagai omong kosong palsu.

3. Gunakan Pemantik Perasaan atau Emosi

Memanfaatkan kata-kata, objek, atau hal-hal lain yang bisa memicu perasaan konsumen. Unsur pembangkit emosi ini wajib ada dalam pesan atau konten-konten website Anda!

Para psikolog meyakini bahwa objek pemantik emosi sangat ampuh untuk mengembangkan ikatan emosional calon pembeli dan mendorong penjualan produk atau jasa. Semakin kuat pemicunya, maka semakin besar pula usaha konsumen untuk mendapatkan keinginan mereka.

Inilah sejumlah pemicu emosional yang sering dipakai dalam konten promosi:

  • Rasa takut. Contoh terbaik dari pemanfaatan rasa takut calon buyer adalah ketika memasarkan produk asuransi. Atau yang lebih sering dilakukan, pemberian bayang-bayang menakutkan kelewatan diskon atau promo fantastis. Namun rasa takut tergolong sebagai salah satu emosi negatif, sehingga Anda harus hati-hati memanfaatkannya.
  • Rasa bersalah. Pemanfaatan emosi ini banyak dilakukan oleh badan amal. Nyatanya, banyak orang sadar dan merasa bersalah tentang dampak dari gaya hidup mereka terhadap lingkungan sekitar. Anda juga bisa mencari “celah” dari perasaan ini dan menyelipkannya dalam promosi.
  • Rasa ingin memiliki. Perasaan ingin memiliki, atau menjadi bagian dari sesuatu bisa memotivasi kuat seseorang untuk membeli produk Anda. Misalnya orang-orang ingin beli iPhone, tas Gucci, dan mobil Tesla karena prestise “kelas atas” dari produk-produk tersebut.
  • Rasa aspirasi. Hal ini sering berkaitan dengan cita-cita seseorang untuk hidup dalam lifestyle Banyak brand memelintir kebutuhan pujian dengan kalimat senada, “Jadi yang paling update di tongkrongan dengan pakai produk terbaru A sekarang!”
  • Kepuasan yang instan. Siapa yang tidak ingin mendapat kesuksesan instan? Emosi ini banyak dimanfaatkan oleh produk atau jasa yang sifatnya menghibur, seperti permainan lotere, alkohol, bahkan makanan manis.
  • Rasa kesejahteraan dan pembebasan diri. Dua emosi ini sangat positif dan mulai sering dijajal para marketer. Mereka akan menggunakan kata-kata seperti “Bebaskan dirimu dari masalah bersama layanan X” untuk meyakinkan para konsumennya.

Anda tentu bebas memilih unsur pemicu perasaan mana untuk melengkapi kampanye marketing website. Namun ingat, sesuaikan perasaan yang ingin dibangkitkan dengan motivasi belanja sasaran supaya hasilnya efektif.

Semisal pembeli Anda selalu termotivasi belanja saat ada promo. Otomatis, bangkitkan rasa takut ketinggalan dengan cara menawarkan promo khusus di waktu tertentu.

Artikel terkait  Inilah Cara Lengkap Membuat Hashtag IG yang Memikat Audiense Bisnis

4. Kembangkan Rasa Empati Dua Arah

Komponen penting dalam jurus marketing di website berikutnya adalah empati dua arah. Empati dua arah adalah aspek penting dari setiap hubungan emosional, sekaligus merupakan tanggung jawab setiap brand untuk mengembangkannya.

Bagaimana cara mengembangkan rasa kepedulian dua arah ini? Pertama, mulailah dengan memahami karakteristik, kebutuhan, dan masalah dari calon konsumen Anda. Cari tahu lalu pahami seluk-beluk diri mereka dengan baik.

Lalu berbekalkan pemahaman inilah nantinya Anda bisa berkomunikasi mereka dengan cara terbaik. Anda akan tahu dengan sendirinya bagaimana bentuk simpati yang perlu diberikan atas masalah konsumen; juga cara komunikasi dan gaya bahasa yang tepat.

Hasilnya, konsumen merasa bahwa Anda memahami mereka dengan baik. Cara ini akan menempatkan konsumen dan brand dalam satu sisi yang sama.

Eits tapi belum berakhir sampai di sana saja. Sekarang lanjutkan hubungan Anda dan konsumen dengan menyediakan layanan atau produk sesuai kebutuhan mereka. Dari sini Anda dapat menyesuaikan bentuk servis dengan cara unik masing-masing.

Contohnya, web streaming film dengan algoritma khusus yang mampu merekomendasikan tontonan sesuai preferensi audiens. Atau, website ecommerce yang otomatis menyarankan produk berdasar riwayat transaksi pembeli.

5. Jelaskan Brand Lewat Cerita (Storytelling)

Mendongeng (storytelling) telah berhasil membentuk ikatan batin antar sesama manusia sejak dahulu kala. Maka dari itu, menceritakan kisah dengan aspek emosional dapat memperbesar peluang perusahaan menarik konsumen dan menciptakan hubungan yang hangat dengan pembeli.

Ada banyak bentuk storytelling brand yang bisa Anda gagas; seperti misalnya menceritakan kisah pendirian perusahaan, sepak terjang jatuh bangun founder dan anggota tim, termasuk kisah keberhasilan pelanggan setia brand Anda dari sebelum dan sesudah memakai produk atau jasa.

Cerita pun dapat dikemas dengan artikel (tulisan), atau video berdurasi singkat dengan gaya sesuai persona brand masing-masing. Konten dapat diposting pada laman About Us di website.

Yang penting, konten storytelling memuat unsur-unsur pembangkit perasaan, sehingga audiens dapat termotivasi mengenal bisnis Anda lebih jauh.

Demikianlah 5 komponen pendukung marketing website yang wajib dioptimalkan.

Kini Anda sudah tahu apa saja kunci rahasia brand online yang laris-manis. Yuk lanjutkan dengan mengecek dan mengoptimalisasi kelima poin di atas pada situs olshop sendiri! Selamat mencoba!

Ikuti terus MARKEY untuk mendapat lebih banyak insight mendalam seputar dunia bisnis online. Follow dan baca artikel-artikelnya gratis hanya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP. Sampai bertemu lagi!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya