Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Dasar Pemasaran Mengapa Anda Membutuhkan Digital Marketing? Manfaat dan Panduan Lengkapnya

Mengapa Anda Membutuhkan Digital Marketing? Manfaat dan Panduan Lengkapnya

-

Di zaman sekarang ini, dunia tanpa internet tidak terbayangkan. Dengan lebih dari 4,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, web telah menjadi pusat utama untuk berbagi dan menyebarkan informasi baik itu pembaruan tentang keluarga, berita dalam sains dan politik, atau hiburan yang disebarkan antar teman.

Dalam panduan ini, kita akan mendalami apa itu digital marketing dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan merek Anda. Artikel ini juga akan menguraikan berbagai jenis digital marketing sehingga Anda dapat mempelajari tentang praktik spesifik yang akan menguntungkan bisnis Anda.

Transisi ke dunia online ini juga telah mengubah cara bisnis mempromosikan produk dan layanan mereka. Seperti kebanyakan hal, bidang pemasaran telah berputar di sekitar web – dengan pembuatan situs web , media sosial, dan iklan online sebagian besar menggantikan papan reklame, panggilan telepon, dan iklan cetak.

Apa Itu Digital Marketing?

apa-itu-digital-marketing

Digital marketing didefinisikan sebagai penggunaan saluran digital untuk mempromosikan produk atau layanan. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk terhubung dengan pelanggan secara online, tempat mereka menghabiskan paling banyak waktu untuk mencari informasi atau hiburan.

Digital marketing adalah praktik yang luas, hanya karena ada begitu banyak saluran online yang tersedia. Posting di media sosial adalah salah satu bentuk digital marketing, seperti halnya pemasaran email dan blog.

Bersama-sama, konten promosi di berbagai platform ini membentuk strategi pemasaran online yang kohesif. Setelah kita memahami apa itu digital marketing, lalu bagaimana dengan manfaatnya?

Artikel terkait  Konsep Pemasaran dan Pendekatannya

Manfaat Digital Marketing

Setiap perusahaan dari organisasi internasional besar hingga toko fisik independen – dapat memperoleh keuntungan dari mengiklankan diri mereka sendiri secara online. Berikut adalah beberapa cara digital marketing dapat menguntungkan bisnis Anda:

  • Membangun kesadaran merek dengan meletakkan cap Anda di web
  • Melibatkan calon pelanggan dan menghasilkan prospek
  • Memperdalam hubungan pelanggan dan membangun basis pelanggan setia
  • Memandu pelanggan melalui corong pemasaran, dari titik kontak pertama hingga penjualan

Jenis Digital Marketing

jenis-digital-marketing

Digital marketing bukanlah praktik tunggal tetapi, sebagai gantinya, adalah jumlah dari beberapa elemen. Beberapa contoh pemasaran digital yang paling umum meliputi:

Search Engine Optimization

SEO sebagai elemen dasar internet marketing merupakan teknik untuk mengoptimalkan situs web Anda agar mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Ketika situs web Anda muncul sebagai hasil teratas di Google dan mesin telusur lainnya, orang-orang cenderung mengklik tautan Anda, mempelajari merek Anda, dan bahkan mungkin menjadi pelanggan.

Tiga Cara Umum untuk Meningkatkan SEO Situs Web Anda

SEO On Page

Melibatkan pengoptimalan halaman di situs Anda dengan melakukan research keyword. Ketika Anda memasukkan keyword strategis di seluruh situs Anda, Anda dapat memperoleh peringkat tinggi pada halaman hasil mesin pencari dan memandu pelanggan melalui saluran penjualan dengan konten yang relevan.

SEO Off Page

Tentang meningkatkan SEO Anda dengan melihat halaman-halaman di luar situs web Anda. Tautan masuk ke situs web Anda dikenal sebagai tautan balik adalah komponen penting dari SEO di luar halaman. Berjejaring dengan penerbit, menulis, dan menyediakan konten yang kaya informasi di blog Anda dapat membantu meningkatkan SEO off-page Anda.

SEO Teknis

Berhubungan dengan elemen backend situs Anda seperti pengkodean, data terstruktur, kompresi gambar, dan lainnya. Mengoptimalkan elemen-elemen ini dapat mempermudah mesin pencari untuk “membaca” situs Anda dan meningkatkan kecepatan halaman Anda.

Konten Marketing

Terkait erat dengan SEO, konten marketing juga merupakan komponen inti dari digital marketing. Ini melibatkan pembuatan dan promosi konten dengan tujuan membangun kesadaran merek, meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, menghasilkan arahan, dan mengubah pelanggan.

Artikel terkait  Saluran Distribusi : Pengertian, Macam - Macam dan Fungsinya

Entri Blog

Memulai blog – dan menggunakan long tail keyword yang strategis di artikel Anda – adalah cara yang bagus untuk mendatangkan lalu lintas ke situs Anda dan melibatkan pelanggan Anda.

E-Book dan Whitepaper

Menambahkan konten yang mendalam dan panjang ke situs web Anda akan membangun keahlian Anda dalam industri dan membangun kepercayaan di antara audiens Anda. Anda juga dapat menawarkan konten ini untuk diunduh dengan imbalan informasi kontak pembaca Anda, membantu Anda menghasilkan arahan.

Video

Konten situs web tidak perlu dalam bentuk tertulis. Menambahkan video ke situs web Anda adalah cara yang menarik untuk memberikan informasi berharga kepada audiens Anda.

Infografis

Bentuk lain dari konten visual, infografik adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membuat informasi lebih mudah bagi pembaca untuk dikonseptualisasikan. Penjelasan dan statistik yang rumit sangat cocok untuk format konten ini.

Podcast

Format konten bersuara ini adalah cara yang berguna untuk memperkuat hubungan Anda dengan audiens dan membangun komunitas setia di sekitar merek Anda. Untuk memulai podcast , coba gunakan kembali konten situs web yang ada, seperti posting blog, dan sesuaikan untuk audio.

Webinar

Penggabungan “web” dan “seminar”, webinar semakin melibatkan audiens Anda, membangun otoritas Anda, dan menyenangkan pelanggan dengan nilai ekstra yang mereka berikan.

Format konten apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk fokus pada materi pelajaran yang relevan dan berharga bagi audiens Anda dan itu akan membantu meningkatkan SEO situs web Anda.

Sosial Media Marketing

Jenis lain dari strategi digital marketing adalah media sosial marketing. Ini melibatkan mempromosikan merek Anda di saluran media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, dan menangkap prospek. Anda dapat melakukan ini dengan membuat posting di saluran media sosial populer seperti:

  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube
  • Pinterest
  • LinkedIn

Postingan Anda dapat mencakup apa saja mulai dari artikel blog yang berwawasan hingga video dari produk Anda. Pilih saluran tempat pemirsa Anda paling aktif; seringkali, ini adalah faktor demografi mereka, seperti usia dan lokasi, serta minat mereka.

Artikel terkait  Pengertian Marketing Serta Strategi & Pendekatannya

Pay Per Click (PPP)

Beberapa metode, seperti blogging, SEO, dan posting media sosial bersifat organik artinya metode tersebut menarik lalu lintas “secara alami” ke bisnis Anda daripada mengharuskan Anda mengeluarkan uang secara langsung. Praktik lain, bagaimanapun, datang dengan label harga.

PPC, singkatan dari pay per click, adalah bentuk periklanan online berbayar yang sangat kuat. Seperti SEO, PPC adalah jenis pemasaran mesin pencari, atau SEM. Jika Anda terbiasa dengan posting berlabel “Iklan” di bagian atas dan bawah halaman hasil pencarian Google, Anda telah melihat PPC beraksi.

Dengan model ini, pengiklan membayar biaya setiap kali link mereka diklik. Seperti bentuk pemasaran digital lainnya, tujuan PPC adalah mengarahkan lalu lintas ke situs web untuk menghasilkan arahan dan melakukan penjualan.

Umumnya, PPC digunakan di mesin pencari atau platform media sosial:

  • Google: PPC pemasaran mesin telusur paling sering dikaitkan dengan Google Ads.
  • Facebook: Anda selanjutnya dapat menggunakan model bayar per klik untuk beriklan di Facebook. Membuat postingan Facebook berbayar membantu Anda memperluas jangkauan Anda, memperlihatkan konten Anda kepada orang-orang yang tidak mengikuti Anda.
  • LinkedIn: Anda juga dapat melakukan PPC di LinkedIn, membantu Anda tampil di depan audiens profesional.
  • Twitter: Anda juga dapat menggunakan Iklan Twitter untuk menargetkan audiens yang relevan dan memperluas jangkauan Anda.

Afiliasi Marketing

Affiliate marketing adalah praktik marketing di mana satu pihak, seperti influencer atau merek, menerima komisi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain. Untuk bisnis, praktik ini menguntungkan karena memungkinkan mereka menjangkau pengikut audiens tertentu.

Dengan model pemasaran afiliasi, sebuah perusahaan menyediakan pihak tersebut (disebut afiliasi) dengan tautan khusus, biasanya mengarah ke halaman untuk membeli produk mereka. Afiliasi, pada gilirannya, akan memposting tentang produk itu (biasanya di blog atau halaman media sosial mereka), mempromosikan tautan yang diberikan di konten mereka.

Ketika pengguna mengklik tautan itu dan membeli, itu sama-sama menguntungkan bagi merek dan afiliasi: perusahaan melakukan penjualan, dan afiliasi mendapatkan komisi atas penjualan itu.

Merek dapat terhubung dengan afiliasi menggunakan platform seperti ShareASale atau CJ Affiliate, atau dengan menjangkau influencer secara langsung.

Artikel terkait  Penerapan Teknik Bundling Untuk Ciptakan Penjualan yang ‘Wah’ untuk Bisnis Anda!

Email Marketing

Anda hampir pasti pernah mengalami pemasaran email dalam beberapa bentuk – pada kenyataannya, Anda mungkin memiliki email bermerek yang ada di kotak masuk Anda sekarang. Strategi ini cukup populer, melibatkan komunikasi dengan audiens target Anda melalui email dengan tujuan meningkatkan keterlibatan, mempromosikan produk, dan mendorong konversi dan penjualan.

Secara garis besar, ada empat jenis email pemasaran yang dapat Anda kirim ke prospek dan pelanggan:

  • Kampanye email mempromosikan produk, memberikan penawaran atau diskon khusus, atau mendorong orang untuk mendaftar produk atau layanan.
  • Buletin email dikirim secara konsisten untuk memberikan pembaruan rutin kepada pelanggan, seperti entri blog baru, berita industri, atau acara mendatang.
  • Email pemasaran otomatis dikirim berdasarkan pemicu yang telah ditentukan, dan itu termasuk email selamat datang, email ulang tahun, dan email pengingat.
  • Email transaksional otomatis mencakup konfirmasi pesanan otomatis, pembaruan pengiriman, dan pengingat janji temu.

Seluler Marketing

Seringkali, mengubah pelanggan melalui layar laptop mereka tampak seperti tujuan akhir. Namun, penting agar kami juga memanfaatkan sepenuhnya perangkat yang lebih kecil tetapi sama pentingnya smartphone. Ini sangat penting mengingat penggunaan internet seluler mencakup lebih dari 50% lalu lintas online di seluruh dunia.

Pemasaran seluler melibatkan adaptasi praktik digital marketing standar agar sesuai dengan pengalaman seluler. Ini termasuk:

  • Mengoptimalkan kecepatan halaman seluler Anda: Google menggunakan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat untuk pencarian seluler dan desktop. Selain itu, pengguna dengan cepat keluar dari situs dengan waktu buka yang lambat. Untuk meningkatkan kecepatan situs seluler Anda, cobalah untuk menjaga agar situs Anda tetap ringan – misalnya, hindari gambar yang berat, dan minimalkan pengalihan.
  • Merancang situs web Anda untuk seluler: Situs Anda adalah alat pemasaran dasar yang mewakili merek Anda, menampilkan produk atau layanan Anda, dan membujuk orang untuk membeli. Karena itu, cara tampilannya di perangkat seluler memainkan peran penting dalam menentukan apakah audiens Anda akan berkonversi atau tidak.
  • Membuat email ramah seluler: Penelitian menunjukkan bahwa akun seluler untuk hampir setengah dari semua email terbuka. Dengan pemikiran ini, kampanye email Anda harus dirancang untuk layar seluler. Itu berarti baris subjek pendek, teks ringkas, dan CTA yang jelas dan menonjol.
  • Bereksperimen dengan iklan dalam aplikasi: Jangan batasi iklan Anda pada situs web dan mesin telusur. Beriklan dalam aplikasi seluler yang relevan juga merupakan praktik berharga yang dapat memperluas jangkauan Anda lebih jauh.

Meskipun ini mungkin tampak banyak, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menerapkan masing-masing dan semua praktik ini. Namun, penting bagi Anda untuk membiasakan diri dengan mereka sehingga Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang metode mana yang harus dimasukkan ke dalam strategi pemasaran Anda sendiri.

Akhirnya, Mengapa Anda Membutuhkan Digital Marketing?

butuh-digital-marketing

Secara keseluruhan, digital marketing adalah konsep luas yang mencakup berbagai praktik dan menggunakan berbagai saluran online. Namun, yang mendasari elemen-elemen yang berbeda ini adalah tema umum kemampuan untuk memanfaatkan pasar besar calon pelanggan online.

Baik Anda memutuskan untuk mengembangkan blog, membuat buletin email, atau beriklan di Google, Anda akan dapat mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda, membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, dan melacak serta mengukur hasil Anda.

Ini tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan pelanggan dalam jangka pendek, tetapi juga akan membantu Anda membangun strategi jangka panjang yang berkelanjutan untuk peningkatan dan pertumbuhan di masa depan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya