Marketing Niche : 5 Langkah Memilih Niche Market

Target pasar memang merupakan hal yang harus Anda tentukan sebelum memproduksi sebuah produk untuk dipasarkan. Ini bertujuan agar Anda tidak salah memasarkan produk yang akhirnya bisa mengakibatkan kerugian untuk usaha Anda. Jangan sampai produk Anda memiliki kualitas oke tetapi malah tidak laku karena salah menentukan target pasar atau malah tidak menentukannya sama sekali.

Ditambah dengan kehadiran marketplace yang telah menguasai hasil pencarian di Google dan iklan di social media yang dapat dilakukan oleh siapapun, akhirnya membuat pemilik bisnis besar ikut merambah dunia bisnis online. Sehingga menambah tantangan dan menjadi kesulitan tersendiri bagi Anda untk bersaing.

Namun ada cara dan staregi yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat bersaing dan eksis di dunia bisnis, terutama bisnis online. Pada artikel sebelumnya kita sudah memahami apa itu target pasar terkait pengertian sampai cara menentukan target pasar. Kali ini, kita akan membahas hal yang lebih spesifik.

Kali ini kami akan menyajikan informasi terkait marketing niche. Istilah ini memang cukup asing bagi pemula dalam dunia bisnis. Namun Anda harus memahami marketing niche guna mempermudah usaha meningkatkan penjualan produk perusahaan Anda. Jadi, ikuti artikel ini sampai akhir ya.

Definisi Marketing Niche

marketing

Tentunya untuk memahami sesuatu kita harus mulai dengan memahami definisinya. Marketing niche definition atau pengertian dari marketing niche adalah segmen pasar yang fokus pada jenis layanan tertentu yang memiliki peranan sangat penting dalam upaya mengembangkan bisnis. Agar lebih memahami pengertian marketing niche ini sepertinya akan lebih mudah jika dengan contoh.

HP, merupakan salah satu produsen printer yang memproduksi printer all-in-one yang ditujukan khusus untuk pebisnis rumahan, UKM, dan freelancer. Produk yang mereka buat memang khusus atau hanya untuk memenuhi kriteria pasar tersebut. Printer ini dapat digunakan dengan mudah dengan harga yang murah, hemat listrik, serta tidak dengan kemampuan menge-print dalam jumlah besar.

Bahkan beberapa tipe memang dibuat hanya untuk mencetak hasil hitam putih saja. Namun kendati demikian, dengan fungsi terbatas tersebut, target pasar yang mereka tuju terbukti memang membutuhkan printer dengan fitur-fitur tersebut sehingga printer ini sangat laku di segmen pasar tersebut.

Marketing Niche Strategy

marketing

Saat ini dengan kemudahan yang Anda dapatkan melalui adanya layanan internet memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang sangat spesifik dengan jangkauan yang sangat luas di seluruh dunia. Kumpulan pasar kecil dan spesifik ini dapat berkembang menjadi sebuah pasar besar yang sangat potensial. Bagaimana marketing niche strategy yang tepat memulai memasarkan produk niche market Anda? Ini dia 5 langkah yang harus Anda lakukan.

1. Temukan Niche Market Potensial

Marketing niche strategy pertama yang harus Anda lakukan ialah melakukan riset terkait produk, baik barang ataupun jasa, yang telah Anda jual saat ini dan memiliki niche yang potensial. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan bergabung dalam berbagai forum seperti Groups Facebook atau milis, yang di mana group itu dibangun dan diisi oleh orang-orang yang memiliki hobi atau passion yang sama. Misalnya komunitas gamer, fashion, kesehatan, dan banyak lainnya. Lalu pelajarilah cara mereka melakukan interaksi maupun berkomunikasi antar satu sama lain.

Namun memang perlu disadari tidak semua niche market potensial tersebut memiliki sebuah komunitas yang aktif. Jika demikian, maka Anda dapat menggunakan cara lain seperti dengan meriset kata kunci melalui media sosial seperti twitter untuk mengetahui tingkat akan permintaan suatu produk dalam sebuah niche.

2. Tawarkan Produk Sesuai Kebutuhan Market Niche Unik

Meskipun setiap niche market memiliki karakteristik berbeda, pasti ada sebuah benang merah yang menghubungkan mereka, yaitu keunikan. Nah, biasanya niche market ini terdiri atas mereka yang memiliki permintaan yang sangat spesifik terhadap sebuah produk. Berdasarkan kenyataan tersebut, Anda sudah memiliki clue untuk marketing niche strategy berikutnya.

Jangan menawarkan produk yang sangat umum dan mudah dijumpai ke pasar niche ini. Sebab calon konsumen ini mengetahui dengan jelas dan spesifik apa yang mereka minati. Contohnya, orang tidak mencari laptop, melainkan laptop gaming, orang tidak akan mencari baju, tapi orang akan mencari baju tidur.

Orang juga tidak akan mencari sepatu wanita, seseorang akan menulis spesifik sepatu wedges berdasarkan tingginya. Atau contoh terakhir ini, orang tidak akan mencari sayuran, mereka akan mengetikkan wortel. Begitulah, orang-orang akan mencari dengan kata yang unik sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Ubah Cara Komunikasi

Marketing niche strategy berikutnya yang tidak kalah penting ialah mengubah cara Anda berkomunikasi dengan konsumen untuk menjangkau pasar yang niche. Contohnya, saat ini Anda menjual produk berupa baju, maka ubahlah cara Anda mendefinisikan toko Anda agar lebih detail. Jika sebelumnya definisinya berbunyi “Toko Fashion King Menjual Segala Kebutuhan Pakaian Anda,” ubahlah menjadi “Toko Fashion King Menyediakan Kebutuhan Pakaian Kantor Anda.” Dengan melakukan ini, Anda telah melakukan sebuah strategi yang sangat baik untuk menjaring pasar yang Anda targetkan.

Selain cara tersebut, Anda yang berjualan secara online dapat melakukan perubahan kecil dengan mulai menggunakan sebuah kata kunci yang lebih detail atau spesifik untuk produk atau toko online Anda. Lakukan juga pengoptimalan SEO untuk toko online serta produk Anda untuk pasar niche. Anda juga dapat lebih mendetailkan kata kunci produk Anda dengan memanjangkan kata kunci. Daripada menuliskan “laptop murah”, sepertinya akan lebih baik untuk membuat dengan “laptop game lengkap dengan aksesoris”.

4. Jadilah Seorang Pakar Untuk Niche Anda

Strategi yang satu ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk niche market Anda. salah satu daya tarik sebuah niche market ialah harus informasi tekait apapun yang merupakan minat mereka. Maka, hadirlah ditengah niche tersebut sebagai penyedia atau sumber informasi.

Anda dapat melakukannya dengan membuat sebuah blog sebagai media penyedia informasi yang konsumen butuhkan. Jadilah penyedia informasi terdepan dan terpercaya. Umumnya niche market sangat menyukai opini pakar yang menguasai bidangnya, sehingga akan rela untuk setia mengunjungi blog dan toko online yang Anda miliki terus-menerus. Ketahuilah bahwa di dunia internet dan social media, pasar tidak melakukan interkasi dengan brand, melainkan orang yang berada di belakang brand tersebut.

5. Jaga Komunitas Anda

Niche market hampir selalu akan membentuk sebuah komunitas tersendiri. Jikapun belum ada, biasanya mereka akan membangun komunitas tersebut, atau akan lebih bagus jika Anda yang mempelopori pembangunan komunitas niche market terkait. Jagalah dan bangunlah komunitas tersebut agar menjadi semakin besar dan diikuti banyak orang, jangan menjadikan profit orientasi utama Anda.

Sebab dalam kasus ini, niche market merupakan investasi jangka panjang yang akan membantu Anda di masa mendatang. Mereka yang tergabung dalam komunitas Anda merupakan brand ambassador yang tulus serta akan membela dan mendukung Anda dibelakang.

Pentingnya Melakukan Marketing Niche

Melakukan marketing niche sangat bermanfaat bagi kelangsungan dan perkembangan usaha Anda sebab tidak hanya meningkatkan pendapatan namun juga berbagai aspek lain. Berikut ulasan lengkapnya.

Peluang Pendapatan Tinggi

Tentunya Anda sudah memahami trend yang berkembang di masyarakat. Masyarakat saat ini menyukai dan lebih berminat untuk menggunakan produk yang tengah trend atau hits. Produk dengan tipe ini akan memiliki permintaan yang sangat tinggi serta harganya akan cenderung menjadi lebih mahal. Jika produk Anda dapat menjadi hits di kalangan masyarakat maka pesanan atau permintaan produk Anda akan meningkat drastis.  Sehingga, pendapatan Anda dengan sendirinya akan turut meningkat.

Lebih Menikmati Pekerjaan

Niche market akan memberikan Anda keleluasaan dalam menjalankan usaha Anda yang sesuai dengan passion Anda. Dengan menekuni bisnis berdasarkan passion Anda, Anda akan lebih mudah dalam menentukan tipe konsumen ideal serta pasar yang potensial. Hal-hal ini dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan Anda. Tentunya kenyataan tersebut akan membuat Anda menikmati pekerjaan yang tengah Anda geluti.

Mudah Memasarkan Produk

Dengan memilih niche market maka Anda melakukan langkah yang tepat, karena dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang pasar Anda butuhkan. Juga termasuk pertimbangan dan perkiraan apa yang menjadi ekspektasi dalam benak pembeli. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan strategi dan komunikasi yang tepat saat melakukan penawaran produk.

Lebih Dikenal

Selain keuntungan-keuntungan di atas, niche market akan membuka peluang untuk terkenal dikalangan masyakarat luas. Tentunya Anda pasti mengenal salah satu tokoh terkenal yang meski telah tiada namun namanya masih terkenal dan dikagumi banyak orang serta menjadi motivasi dan inspirasi. Apalagi jika Anda menjadi seorang pelopor sebuah bisnis seperti Bob Sadino dalam dunia agribisnis, maka nama Anda akan dikenang sepanjang masa.

Marketing niche sangat bermanfaat dalam upaya mengembangkan bisnis Anda, oleh karena itu lakukan marketing niche dengan cara yang tepat dan strategis. Pastikan memilih niche yang tepat dan sesuai dengan produk Anda sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dengan begitu maka usaha Anda akan menjadi tujuan utama mereka saat membutuhkan produk serupa di kesempatan berbeda. Terima kasih telah mengikuti sampai akhir, sampai berjumpa di artikel lainnya. Semoga membantu!

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol