Last Updated on August 21, 2023 by
Cara iklan di Google Ads termasuk cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa secara online. Hal tersebut disebabkan karena di zaman serba digital seperti saat ini, banyak orang merasa lebih praktis berbelanja secara online. Lalu, apa yang harus dilakukan jika ingin beriklan menggunakan Google Ads? Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan lengkap berikut ini.
Daftar Isi
Apa itu Google Ads?
Sebelum membahas tentang cara iklan di Google Ads, Anda sebaiknya perlu terlebih dahulu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan Google Ads dan apa saja manfaatnya terhadap pebisnis yang menggunakan iklan pada Google tersebut. Seperti diketahui bahwa hampir semua pengguna internet menggunakan Google sebagai search engine mereka.
Tercatat sekitar 95% pengguna internet menggunakan Google sebagai search engine sehingga hal seperti itu merupakan peluang besar bagi Anda sebagai pebisnis memasarkan produk dan jasa mereka. Namun perlu diingat bahwa cara iklan di Google sendiri itu bukan hal yang mudah, oleh sebab itu Anda setidaknya perlu pengetahuan dasar agar tidak salah melakukan pengaturannya.
Jenis dan Manfaat Google Ads
Google Ads memiliki beberapa jenis kampanye yang dapat dibuat. Anda sebagai pengguna Google Ads dapat memilih jenis kampanye yang tentunya sesuai dengan kebutuhan untuk iklan dari produk dan jasa yang akan Anda iklankan. Berikut ini ada beberapa jenis Google Ads yang perlu diketahui
Search Network
Search network adalah jenis Google Ads yang digunakan agar produk yang Anda iklankan dalam bentuk text tersebut dapat muncul di halaman pertama dari search engine Google. Iklan ini akan muncul ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan iklan Anda.
Display Network
Display network merupakan jenis Google Ads yang memungkinkan Anda untuk bisa menampilkan iklan dalam tiga bentuk sekaligus, mulai dari teks, gambar hingga video. Jenis Google Ads ini dapat Anda langsung tempatkan di sejumlah situs yang memang relevan dengan produk dan jasa yang Anda iklankan tersebut.
Shopping
Google Shopping merupakan jenis Google Ads yang dapat membantu Anda untuk memiliki situs e-commerce agar bisa membantu memasarkan produk. Biasanya pengguna internet yang tertarik membeli sebuah produk akan mencari di search engine Google dengan mengetikkan jenis produk yang dicarinya, misalnya seperti laptop.
Setelah pengguna internet mengetikkan “laptop” di kolom pencarian Google, maka Google akan langsung menampilkan beberapa gambar laptop lengkap dengan harganya. Jadi, Anda sebagai pengiklan Google Ads akan lebih berpeluang mendapatkan calon pembeli potensial.
Video
Video merupakan jenis Google Ads yang bisa Anda letakkan di channel manapun yang Anda inginkan. Misalnya jika Anda sedang berbisnis produk kuliner, maka Anda dapat meletakkan jenis Google Ads dalam bentuk video itu di channel para vlogger review kuliner terkenal. Iklan dalam bentuk video itu akan ditampilkan sebelum video konten muncul.
Iklan dalam bentuk video ini juga memiliki beberapa jenis pilihan, tepatnya empat pilihan yang terdiri dari pilihan standard awareness, skippable in –stream, outstream dan ad sequence.
Seperti diketahui bahwa Google merupakan search engine terbesar yang ada di internet sehingga tentunya Google Ads juga memiliki segudang manfaat dan keuntungan. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan Google Ads sebagai salah satu cara memasarkan produk dan jasa?
Meningkatkan web traffic
Google Ads menggunakan pola perhitungan yang dikenal dengan istilah PPC atau merupakan singkatan dari pay per click. Dalam hal ini maksudnya akan dilakukan konversi secara otomatis berdasarkan penjumlahan dari tarif iklan berdasarkan harga klik.
Mendapatkan pengunjung website yang sesuai dengan niche
Google Ads bisa menayangkan iklan Anda sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Dalam hal ini pengunjung yang masuk ke sebuah website melalui Google Ads memang telah melakukan penelusuran sesuai dengan keyword dari Google Ads tersebut.
Meningkatkan reputasi website tanpa merusak SEO
Anda tidak perlu khawatir bahwa SEO yang telah Anda gunakan akan hancur dengan hadirnya Google Ads. Malah sebaliknya, Google Ads akan dapat menguntungkan Anda sebab pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimasi SEO tersebut juga akan dimasukkan oleh Google.
Meningkatkan omset penjualan produk
Cukup banyak website yang merasa bahwa dengan menggunakan Google Ads maka dapat meningkatkan penjualan omset produk sekitar 10 hingga 50 persen. Meskipun demikian, Google Ads tidak bisa menjamin secara pasti akan terjadi peningkatan penjualan produk, sebab untuk meningkatkan omset penjualan tersebut dipengaruhi beragam faktor.
Panduan Cara Iklan di Google Ads
Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Google Ads serta jenis dan manfaatnya, saatnya Anda mempelajari bagaimana cara iklan di Google. Berikut ini akan dijelaskan panduan langkah demi langkah membuat iklan pada Google Ads.
Proses Pendaftaran Google Ads
Jika Anda ingin memasang iklan pada Google tentunya Anda perlu terlebih dahulu melalui proses pendaftaran. Proses pendaftaran diawali dengan masuk ke situs lalu klik “Mulai Sekarang”. Setelah itu akan muncul sebuah formulir dengan 2 kolom yang harus Anda isi, yaitu alamat email dan alamat website.
Mempersiapkan Iklan Google
Pada tahapan kedua cara iklan di Google ini Anda perlu mempelajari beberapa hal penting berikut ini.
Menentukan anggaran harian
Pada tahapan ini Anda perlu untuk menentukan anggaran harian secara maksimal yang akan digunakan untuk iklan per harinya. Isi nominal iklan tanpa tanda titik. Kini yang menjadi pertanyaan adalah apakah anggaran harian itu pasti akan habis?
Biasanya, yang terjadi adalah kurang dari anggaran harian yang ditentukan sebab anggaran harian itu biasanya akan sangat tergantung dari biaya per klik dari kata kunci dan jumlah klik yang didapat perharinya.
Jika kata kunci yang Anda pilih termasuk kata kunci yang memang banyak dipili atau termasuk yang kompetitif maka biaya per kliknya lebi mahal dengan jumlah pencarian yang banyak per hari. Jika seperti itu anggaran harian yang telah Anda tentukan itu akan cepat habis.
Oleh sebab itu, untuk awal disarankan Anda untuk mengisinya dengan nilai berapapun dan kemudian Anda dapat kembali mengubahnya secara langsung di hari berikutnya tergantung dari kinerja iklan tersebut.
Menentukan target penonton
Pada tahapan cara iklan di Google ini Anda dapat memilih jangkauan target penonton berdasarkan wilayah. Perlu diketahui bahwa semua orang yang ada di wilayah yang telah Anda pilih itu nantinya akan bisa melihat iklan Anda. Tentunya setelah pengguna internet tersebut mengetikkan kata kuncil yang memang sesuai dengan iklan yang dipasang.
Google Ads secara otomatis akan mampu menjangkau wilayah di seluruh Indonesia, namun Anda dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, Anda juga dapat memilih target penontoh secara spesifik di wilayah tertentu bahkan hingga tingkat kode pos. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk menggunakan negatif target.
Maksud dari negatif target adalah, misalnya jika Anda ingin memasang Google Ads di seluruh Indonesia, namun Anda memilih untuk mengecualikasi wilayah tertentu. Setelah melalui proses tahapan pemilihan target penonton ini Anda bisa langsung menyimpannya dan bisa melanjutkan ke proses selanjutnya.
Memilih jaringan iklan
Dalam tahapan ini Anda perlu memilih jaringan atau jenis iklan Google yang tentunya telah Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan produk dan jasa yang akan Anda pasarkan.
Memilih kata kunci
Selanjutnya pada tahapan cara iklan di Google ini Anda perlu memilih kata kunci. Kata kunci yang dapat Anda pilih tersebut bisa sebanyak yang Anda inginkan. Meskipun demikian, pastikan bahwa Anda memilih kata kunci yang sesuai dengan produk yang akan Anda pasarkan melalui iklan tersebut.
Oleh sebab itu, pilihlah kata kunci yang memang spesifik dengan produk yang akan Anda pasarkan dan tentunya yang sekiranya memang akan dicari oleh banyak orang. Selain itu Anda juga bisa mengetikkan kata kunci yang Anda inginkan di kolom isian, selanjutnya klik tambahkan dan lanjut ke tahap berikutnya.
Tentukan bidding
Pada tahapan ini, Anda perlu menentukan bidding, namun terdapat dua pilihan, yaitu mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik dari iklan yang akan dibuat tersebut, dan yang kedua adalah Anda bisa mengisi sendiri nominal biaya yang ingin dibayar per kliknya.
Jika Anda mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik dari iklan tersebut, maka Google memiliki sistem penentuan nilai dengan cara melihat tingkat kompetisi. Dalam hal ini, kompetisi yang dimaksud adalah jumlah dari pengiklan di kategori yang sama khususnya pada wilayah jangkauan dan kata kunci yang dipilih.
Sementara itu jika Anda menentukan sendiri nilai per klik dari iklan yang akan dibuat itu, maka akan ada 2 kemungkinan yang terjadi, yaitu jika Anda menentukan nilainya terlalu kecil, iklan tidak akan muncul, namun jika terlalu besar maka anggaran harian akan lebih cepat habis. Oleh sebab itu sebaiknya, Anda serahkan saja pada Google untuk menentukan nilai per klik dari iklan tersebut.
Mulai Membuat Iklan di Google Ads
Setelah melalui beberapa tahapan cara iklan di Google di atas, maka saatnya Anda mulai membuat iklan. Proses membuat iklan pada Google hanya membutuhkan 4 kolom saja yang perlu diisi, yaitu:
- Halaman landing : Isinya dapat berupa halaman situs yang spesifik.
- Judul pertama : merupakan penentu sehingga Anda memang harus menyesuaikan judul tersebut dengan target kata kunci yang ingin dijangkau.
- Judul kedua : merupakan judul tambahan.
- Deskripsi : pada kolom deskripsi ini Anda perlu menjelaskan secara detail mengenai produk dan jasa yang akan Anda iklankan.
Setelah melalui beberapa proses tahapan tersebut, cara iklan di Google belum selesai, sebab masih ada proses selanjutnya sebelum iklan yang Anda buat itu dapat muncul di Google.
Mempersiapkan Detail Penagihan
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tahapan memilih negara dan zona waktu.
Dalam hal ini Anda perlu memilih negara penagihan yaitu Indonesia, agar Anda dapat membayar dengan mata uang Rupiah. Selain itu Anda perlu memilih zona waktu yang sesuai sehingga Anda dapat menentukan waktu penayangan iklan tersebut.
Selanjutnya Anda perlu memasukkan informasi pelanggan. Pada tahapan ini Anda perlu memilih jenis akun individual, sebab akun individual akan lebih mudah untuk digunakan. Selain itu Anda juga perlu memasukkan informasi pajak, caranya dengan memilih pribadi bila perlu Anda juga bisa mengisi NPWP namun tidak wajib. Jangan lupa pula untuk mengisi nama, alamat lengkap dengan kode pos.
Kemudian, lanjutkan dengan memilih cara pembayaran. Dalam hal ini terdapat dua pilihan, yaitu otomatis dan manual. Jika Anda memilih pembayaran secara otomatis, maka Anda harus punya kartu kredit, namun jika Anda memilih pembayaran secara manual maka Anda dapat melakukan proses pembayarannya dengan cara transfer.
Sebaiknya Anda memilih cara pembayaran secara manual saja, apalagi jika Anda tidak ingin terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk iklan di Google. Jika Anda membayar dengan pilihan pembayaran otomatis maka bisa beresiko biaya iklan bisa kebablasan.
Pada metode pembayaran secara manual yang dilakukan secara transfer maka Anda akan diberi nomor rekening sendiri. Biasanya untuk metode pembayaran secara manual ini transfer yang akan masuk antara 2 hingga 5 hari. Setelah semuanya selesai maka Anda tinggal mengklik “Selesai dan Buat Iklan”.
Proses Transfer
Silahkan transfer sesuai dengan anggaran harian yang tadi sudah Anda tentukan pada saat proses pembuatan iklan Google. Misalnya, jika anggaran harian yang Anda tentukan sebelumnya itu sebesar Rp. 100.000 per hari dengan penayangan iklan selama 7 hari, maka uang yang perlu Anda transfer sebesar Rp. 700.000. Setelah proses pembayaran selesai Anda bisa membuka akun Google Ads Anda.
Pastikan Iklan Google Sudah Tayang
Untuk bisa memastikan apakah iklan di Google yang Anda pasang itu sudah tayang, maka Anda bisa melakukannya dengan cara ini. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengklik menu iklan dan ekstensi pada dashboard.
Perlu diketahui bahwa ada 3 status iklan, yaitu iklan sedang dalam peninjauan, iklan yang disetujui dan iklan yang ditolak. Agar iklan Anda dapat terhindar dari penolakan maka pastikan bahwa Anda telah membaca semua kebijakan iklan Google khususnya yang berkaitan dengan konten yang tidak boleh ada.
Selain itu, jika misalnya iklan Anda berstatus ditolak, maka Anda juga dapat melihat alasan dari penolakan iklan tersebut, caranya dengan mengklik status iklan yang ditolak tersebut. Nantinya Anda akan bisa melihat apa saja yang tidak boleh ada dalam iklan tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya.
Bukan hanya itu saja, iklan baru akan bisa tayang secara otomatis jika saldo sesuai dengan anggaran harian yang telah Anda tentukan itu sudah masuk. Jika Anda menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit maka saldo akan seketika langsung masuk, namun jika Anda menggunakan metode pembayaran secara manual, maka akan diperlukan waktu proses selama 2 hingga 5 hari. Tentu saja Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email jika saldo yang Anda bayarkan sudah masuk.
Nah, jadi itulah cara iklan di Google lengkap dengan pengertian Google Ads, jenis dan manfaat penggunaan iklan Google khususnya tentang efektivitas iklan Google terhadap peningkatan penjualan produk dan jasa yang dipasarkan oleh iklan tersebut. Melalui panduan cara pasang iklan pada Google ini diharapkan kini Anda bisa lebih mudah memasarkan produk dan jasa secara online dengan Google Ads.
Baca juga
Google AdSense Tutorial Belajar Untuk Pemula
Cara Bikin Iklan di Google Terbaru
Pedoman Praktis Membuat Iklan PPC Evergreen Google Adwords untuk Pemula
Cara Menggunakan Google Ads | Kenali 5 Kesalahan Beriklan di Google Ads
Bagaimana Cara Menggunakan Google AdWords
Cara Menggunakan Google Ads Indonesia Bagi Pemula
Pembahasan Lengkap Tentang CPA (Cost per action) dan Cara Kerjanya
5 Cara Monetisasi Google Ads YouTube Lewat HP
Google Ads VS Facebook Ads: Jawaban Terbaik untuk Olshop
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.