Last Updated on June 3, 2022 by
Sudah capek-capek memasang iklan online di Google tapi bisnis Anda tetap sepi? Bisa jadi penyebabnya karena Anda masih melakukan 5 kesalahan iklan Google berikut ini!
Memasang iklan toko online di Google masih menjadi pilihan banyak pebisnis pada tahun 2021. Sama seperti iklan pada umumnya, fungsi Google Ads (iklan Google) adalah untuk mempromosikan toko Anda ke sebanyak mungkin pengguna Google.
Hebatnya, beragam fungsi Google Ads bisa dipakai untuk mengiklankan baik toko online maupun toko fisik biasa milik Anda ke masyarakat umum. Jumlah keuntungan yang bisa didapat lewat Google Ads juga sangat besar dan menjanjikan karena hampir seluruh orang di dunia menggunakan Google setiap hari.
Nah, kita sudah belajar cara menggunakan Google Ads di artikel MARKEY sebelumnya (“Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda”). Tetapi kalau Anda sudah mengikuti cara menggunakan Google Ads tersebut dan masih sulit mendapat konsumen, maka itu artinya masih ada kesalahan iklan yang perlu Anda perbaiki segera.
Anda tidak perlu khawatir sebab kami juga punya solusinya. Sekarang kami akan mengajak Anda melihat 5 kesalahan iklan Google beserta solusi cara membuat iklan online yang baik, efektif dan pastinya menguntungkan bagi bisnis Anda. Yuk langsung kita simak pembahasannya berikut ini!
Baca juga : Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda
Daftar Isi
5 Kesalahan Cara Menggunakan Google Ads yang Sering Terjadi Tanpa Disadari
Sebagian besar pebisnis online percaya bahwa cara menggunakan Google Ads bisa menjadi “jalan pintas” untuk mendapatkan keuntungan toko online yang lebih besar dan cepat. Oleh sebab itulah, tidak heran jika Anda melihat banyak orang belajar mempraktekkan cara menggunakan Google Ads untuk kepentingan masing-masing.
Namun di sisi lain, masih banyak sekali kesalahan dalam cara membuat iklan online Google ini yang akhirnya berdampak pada penurunan bisnis. Bukannya mendapat keuntungan sesuai harapan, Anda justru merugi karena sudah keluar banyak biaya, waktu dan tenaga untuk memasang iklan yang gagal total.
Untuk menghindari kesalahan yang berlarut-larut, maka ada baiknya Anda mulai mengenali 5 kesalahan umum saat mempraktekkan cara-cara menggunakan Google Ads ini:
1. Tidak Melanjutkan dengan Kampanye setelah Membuat Google Shopping
Kesalahan iklan online pertama Anda adalah tidak membuat kampanye lanjutan setelah memulai Google Shopping. Apa itu Google Shopping? Google Shopping adalah sebuah fitur iklan tambahan milik Google Ads. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat iklan yang lebih menarik tanpa perlu repot sama sekali!
Sistem Google Shopping bisa bekerja menyiapkan berbagai elemen penting seperti deskripsi iklan, kata kunci dan judul serta langsung menyusunnya menjadi iklan secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu repot mengatur iklan secara manual.
Sayangnya kecanggihan ini mengakibatkan banyak orang langsung menganggap pekerjaan membuat iklan sudah selesai begitu saja. Padahal agar benar-benar sukses dan mendatangkan hasil, iklan yang sudah harus dioptimalkan melalui kampanye (promosi) agar bisa dilihat oleh sebanyak mungkin orang.
Jadi jangan keliru! Google Shopping hanya membantu membuatkan iklan Anda. Selebihnya, Anda lah yang harus aktif membuat strategi pemasaran iklan ke berbagai tempat untuk menggaet sebanyak mungkin konsumen.
2. Hanya Fokus Mengandalkan 1 Fungsi Google Ads Saja
Kesalahan cara membuat iklan online berikutnya adalah terlalu fokus mengandalkan 1 fungsi Google Ads saja.
Google Ads menyediakan banyak fitur canggih yang siap membantu proses pemasaran bisnis online Anda dengan iklan-iklan terbaik. Contohnya seperti Google Shopping, Remarketing, Ads Extension, Dynamic Display dan seterusnya. Kalau Anda memanfaatkan fitur-fitur ini, dijamin deh iklan Google Anda akan tampak jauh lebih menarik, mengesankan dan memikat!
Meski sudah ada banyak fitur, nyatanya banyak pebisnis online masih hanya fokus menggunakan fitur standar Google Ads saja. Mereka merasa fitur-fitur standar tersebut sudah cukup dan tidak melakukan optimalisasi lebih lanjut.
Ada juga yang tidak tertarik mempelajari fitur-fitur lain di Google Ads karena terbuai oleh rasa malas. Akibatnya, iklan yang dibuat jadi kalah menarik dengan iklan milik kompetitor.
3. Tidak Mengatur dan Mengoptimalisasi Lokasi Penayangan Iklan
Layanan bisnis online lokal memang umumnya melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Bahkan ada juga bisnis lokal Indonesia yang mengirimkan produknya ke luar negeri. Meski begitu, hal ini bukan berarti iklan Anda harus dipasang di seluruh daerah tersebut.
Masih banyak pebisnis awam tidak mengatur lokasi wilayah yang dipilih untuk penayangan iklan mereka. Sebagian besar orang langsung memilih wilayah tempat tinggalnya sendiri sebagai lokasi penayangan iklan. Malah ada juga yang tanpa memilih negara tempat tinggalnya sebagai lokasi penayangan iklan karena ingin iklannya dipasarkan seluas-luasnya.
Cara seperti ini sejatinya tidak efektif karena iklan Anda tidak menyasar target masyarakat yang jelas. Ingat, efek menarik dari iklan tidak akan berhasil jika menyasar kelompok masyarakat yang tidak membutuhkan produk tersebut.
Supaya iklan berjalan dengan lebih efektif, sebaiknya lakukanlah riset dan survey terlebih dahulu untuk mengetahui lokasi yang dirasa paling menguntungkan. Pilihlah kawasan di mana produk Anda paling dibutuhkan, sehingga iklan Anda dapat lebih cepat menarik perhatian masyarakat.
Mengatur dan mengoptimalisasi lokasi penayangan iklan juga bermanfaat untuk menghemat biaya penayangan iklan di 1 wilayah saja. Biasanya semakin banyak tempat yang Anda pilih untuk penayangan iklan, maka akan semakin besar pula tagihan biayanya.
4. Tidak Membuat Jadwal Penayangan untuk Iklan Online
Kebanyakan orang tidak tahu bahwa iklan online harus dipasarkan dengan jadwal jam yang tepat. Mungkin Anda sendiri juga mempertanyakan hal yang sama. Mengapa iklan online harus ditayangkan dengan jadwal sendiri? Bukankah bisnis dan iklan online dapat diakses selama 24 jam penuh?
Berbisnis online memang jauh lebih praktis dan menguntungkan karena tidak punya “jam tutup”. Hal ini jelas berbeda dengan toko biasa yang hanya buka 8-12 jam sehari. Dengan toko online, pembeli bisa selalu memesan barang kapan saja selama 24 jam tanpa hambatan.
Namun masalahnya sekarang adalah tidak semua orang memiliki jam belanja yang sama. Dalam 1 hari saja bisa ada banyak orang yang belanja di jam yang berbeda-beda. Ada konsumen yang senang melakukan penelusuran produk di malam hari setelah selesai beraktivitas. Namun banyak juga konsumen yang menghabiskan waktu pagi dan siang harinya untuk mencari produk-produk kebutuhan.
Oleh karena itulah Anda wajib memastikan iklan Google tayang di waktu terbaik di mana mayoritas calon pembeli sedang online. Semakin banyak orang yang sedang online ketika iklan Anda tayang, maka peluang iklan dilihat pun akan semakin besar. Strategi ini jauh lebih efektif ketimbang sekadar memposting iklan di sembarang jam dan membiarkannya begitu saja.
5. Tidak Mengecek Nilai Kata Kunci untuk Berpromosi
Kesalahan terakhir sekaligus terbanyak dilakukan oleh orang-orang yang berpromosi dengan Google Ads adalah tidak pernah mengecek nilai dari kata kunci yang dipakai untuk berpromosi.
Kata kunci adalah elemen yang biasa Anda ketikkan di kolom pencarian Google. Kata kunci inilah yang bermanfaat dan digunakan oleh pengguna Google ketika hendak mencari sebuah informasi.
Nah, setiap kata kunci mempunyai nilai yang berbeda-beda sebab bergantung pada tingkat kepopularitasan dan jumlah penggunaannya oleh masyarakat. Jadi Anda seharusnya mulai cermat memilih kata kunci yang berkaitan dengan iklan bisnis Anda.
Dalam strategi marketing online, kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang diiklankan memiliki nilai yang lebih baik daripada kata kunci umum. Berikut perbedaan keduanya secara lebih rinci:
Kata Kunci Umum
Kata kunci umum biasanya hanya dimanfaatkan untuk menjaring perhatian masyarakat yang baru melakukan penelusuran awal. Para pelanggan ini tidak tahu persis apa solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga mereka mencari-cari sebanyak mungkin informasi awal untuk mendapat jawaban. Mereka juga masih belum tahu apa-apa seputar produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Ciri utama dari kata kunci umum:
- Bersifat umum/universal.
- Tidak menyebut merek spesifik dari sebuah brand.
Beberapa contoh kata kunci umum adalah: gaun, buku, minuman sehat, lipstick, dan seterusnya.
Kata Kunci Khusus
Sementara kata kunci khusus dan spesifik lebih cocok untuk pelanggan yang sudah tahu produk seperti apa yang ingin mereka beli. Besar kemungkinan mereka sudah pernah membeli sebuah produk sejenis sebelumnya dan ingin membeli lagi, atau mencoba produk serupa milik brand lain.
Tipe pelanggan yang ini tidak mencari-cari informasi dari awal lagi. Mereka biasanya langsung mengetik benda yang ingin dicari secara spesifik di Google.
Ciri-ciri kata kunci khusus:
- Bisa menyebutkan brand atau merek tertentu.
- Agak lebih panjang dibandingkan kata kunci umum.
- Spesifik, menjurus dan rinci.
Contoh kata kunci spesifik: lipstick Maybelline, gaun pashmina hijab lebaran, kopi Starbucks, dan seterusnya.
Agar iklan Google Anda sukses dan lebih mudah dicari pengguna Google, maka lebih baik gunakanlah kata kunci yang bersifat spesifik alih-alih umum.
Atasi Permasalahan Iklan Google Ads Anda dengan 1 Solusi Jitu Ini
Sekarang Anda sudah mengetahui 5 kesalahan dalam proses pembuatan iklan online. Tentunya kesalahan tidak akan berubah menjadi baik jika Anda tidak mencari solusi untuk memperbaikinya, bukan? Maka dari itu, kami juga menyiapkan 1 solusi jitu terbaik untuk mengatasi semua jenis permasalahan iklan Google yang Anda buat.
Membuat iklan Google memang memerlukan keterampilan dan kemampuan khusus. Tujuannya tentu supaya proses pengaplikasian iklan bisa mendatangkan hasil yang sesuai harapan. Khusus untuk Anda yang tidak ingin repot, maka cobalah menggunakan jasa Google Ads dari APPKEY.
APPKEY adalah perusahaan jasa di bidang pengembangan website bisnis yang turut menyediakan bantuan konsultasi bisnis online. Tim APPKEY sudah berpengalaman belasan tahun dalam mengatasi beragam permasalahan iklan Google seperti:
- Iklan yang gagal karena tidak sesuai algoritma penelusuran Google.
- Iklan yang tidak pernah diupdate sesuai informasi dan trend terkini.
- Iklan yang menghabiskan begitu banyak modal dan tak efisien.
- Iklan yang banyak dilihat tapi tidak mendatangkan pembeli nyata, dan masih banyak lagi.
Sekarang Anda bisa langsung menyerahkan semua permasalahan Google Ads Anda kepada APPKEY di https://appkey.co.id/listingad/. Tidak hanya sekadar membantu membenahi iklan Google Anda, kami juga akan memperbaiki seluruh mekanisme iklan yang Anda gunakan dengan 4 langkah cermat:
- Menentukan ulang sasaran iklan Anda demi meningkatkan minat pembelian dan permintaan konsumen, serta mempermudah iklan menyebar di masyarakat.
- Melakukan survey dan pemilihan ulang kata kunci bernilai tinggi supaya iklan Anda bisa lebih sering muncul ketika dicari oleh konsumen.
- Membantu penulisan teks iklan yang lebih menarik dan memikat. Tim copywriting kami siap mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk menyulap teks lama iklan Anda dan memperbaharuinya!
- Melakukan uji coba dan tes PDCA untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari iklan Anda. Hal ini penting demi memperoleh iklan baru dengan performa tinggi dan menghabiskan biaya serendah mungkin.
Tidak perlu berpikir dua kali lagi! Segera hubungi APPKEY di https://appkey.co.id/ sekarang juga dan benahi iklan Google Anda bersama kami. Anda tidak akan mendapatkan layanan selengkap ini dari tempat lain, jadi jangan buang-buang kesempatan untuk bergabung dengan APPKEY mulai dari hari ini. Sampai bertemu di APPKEY!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.