Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranIklan8 Cara Pasang Iklan Shopee dan Rincian Biayanya

8 Cara Pasang Iklan Shopee dan Rincian Biayanya

-

Last Updated on February 25, 2023 by

Bisnis Anda di Shopee masih terasa sepi? Yuk segera pasang iklan Shopee supaya produk-produk terbaik Anda lebih sering dilirik konsumen!

Bertransaksi di ecommerce kini merupakan salah satu kebiasaan masyarakat, khususnya setelah melalui era pandemi Covid-19. Berjualan di lapak online seperti Shopee menjadi alternatif karena simpel, gratis, dan tentunya laris-manis dikunjungi ribuan calon pembeli setiap hari.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa persaingan antar toko di Shopee kini sangat ketat karena ada ribuan orang yang mencari peluang bisnis di sini. Tapi Anda tidak perlu risau, sebab Anda bisa mencoba memasang iklan Shopee untuk mengungguli kompetisi tersebut.

Bagaimana cara beriklan di Shopee? Yuk cari tahu langsung dengan membaca ulasan manfaat, jenis-jenis dan cara memasang iklan di Shopee berikut ini!

Apa Itu Iklan Shopee?

iklan shopee

Tidak hanya fokus menyediakan fitur-fitur transaksi online saja, Shopee juga menyediakan menu iklan khusus bagi para penjual (seller) agar dagangannya lebih cepat dilirik konsumen.

Iklan Shopee membantu Anda memasarkan nama toko dan produk ke seluruh pengguna Shopee di website dan aplikasi. Tentu hal ini akan mendorong brand awareness atau pengetahuan masyarakat terkait produk Anda. Kemudian barulah muncul peluang besar bagi produk untuk laku terjual.

Pihak Shopee sendiri mengklaim adanya peningkatan omset hingga 20% di kalangan seller yang pernah memasang iklan. Sedangkan awareness produk bisa bertambah hingga 28%. Oleh sebab itu, setiap seller hendaknya mencoba beriklan di Shopee, apalagi jika bisnis Anda tergolong baru atau masih sepi pengunjung.

Anda tidak perlu cemas dengan performa iklan karena produk terbaik Anda akan sengaja ditempatkan di beragam posisi strategis, yakni:

  • Halaman beranda Shopee.
  • Halaman hasil pencarian produk.
  • Halaman “Keranjang Saya” milik setiap pembeli.
  • Halaman “Pesanan Saya” dan “Rincian Pesanan” dari setiap pembeli.
  • Halaman rincian suatu produk.

Bagaimana, tertarik mencoba? Fitur iklan di Shopee bisa Anda akses secara langsung melalui aplikasi Shopee atau tautan web resminya di https://iklan.shopee.co.id/.

Artikel terkait  Retargeting Ads | Definisi, Cara Kerja, dan Contoh Iklan |

4 Jenis Iklan Shopee Terbaik untuk Promosi Produk

Nah, tidak seperti iklan online shop yang membosankan, iklan di Shopee hadir dalam 4 varian strategis yang bebas Anda pilih. Tentunya setiap jenis Shopee ads mempunyai karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis iklan yang ada Shopee:

1. Iklan Pencarian Produk

Pernahkah Anda mencari produk di Shopee dan menemukan rekomendasi item dengan label “iklan”? Ya, itulah contoh nyata dari iklan pencarian produk.

Iklan pencarian produk akan menampilkan item dagangan Anda di posisi teratas laman penelusuran pengguna. Bahkan posisi produk Anda akan langsung ‘mengungguli’ item yang teroptimasi secara SEO di Shopee. Alhasil peluang klik-nya akan lebih besar karena sudah berada di urutan pertama.

Namun iklan pencarian produk bekerja dengan sistem relevansi keyword. Semisal Anda mempromosikan smartphone Samsung. Nah, produk hanya akan muncul jika ada pembeli yang menelusuri keyword ‘smartphone Samsung’.

Keuntungan Iklan Pencarian Produk:

  • Meningkatkan ranking produk secara instan (tidak perlu melakukan optimasi SEO).
  • Memperbesar peluang penjualan produk.

Kelemahan Iklan Pencarian Produk:

  • Biaya iklan dihitung per klik (Pay Per Click). Jika konsumen hanya mengklik iklan produk dan tidak membelinya, maka Anda akan rugi.
  • Penayangan iklan berdasarkan keyword Anda harus melakukan riset agar tidak salah memilih keyword.

2. Iklan Produk Serupa

Tipe iklan di Shopee yang kedua adalah iklan produk serupa. Biasanya promosi ini diletakkan di bagian bawah halaman rincian produk dengan tanda “Produk Serupa” atau “Kamu Mungkin Juga Suka”.

Tujuan iklan ini adalah memberikan rekomendasi sebanyak-banyaknya bagi calon konsumen yang masih ingin membuat perbandingan. Biasanya pembeli akan tertarik melirik produk serupa yang memiliki tampilan lebih unik, lebih murah, sedang diskon atau punya rating yang lebih tinggi.

Keuntungan Iklan Produk Serupa:

  • Iklan Anda bisa tayang di menu “Rekomendasi” pada halaman utama Shopee selama 30 hari.
  • Nilai visibilitas produk menjadi sangat tinggi karena lebih mudah dilihat konsumen.
  • Lebih mudah menjangkau calon pembeli baru.

Kelemahan Iklan Produk Serupa:

  • Biaya iklan dihitung per klik. Anda bisa rugi kalau konsumen hanya mengklik iklan tanpa membelinya.
  • Persaingan tetap terbilang ketat, terutama untuk produk yang bersifat pasaran dan dengan harga terjangkau.

3. Iklan Pencarian Toko

Sesuai namanya, iklan kali ini berfokus pada promosi toko, bukan sekadar produk tertentu saja. Tipe promosi ini sangat pas bagi brand yang ingin menumbuhkan awareness di Shopee serta meraih lebih banyak pengikut.

Iklan pencarian toko biasanya tampil pada bagian teratas hasil pencarian. Cara kerjanya mirip dengan iklan pencarian produk. Contohnya profil toko Samsung Official akan muncul sebagai rekomendasi store ketika Anda menelusuri keyword ‘smartphone Samsung’.

Profil toko pun hanya berupa ringkasan, mencakup nama, logo, rating, slogan dan terkadang beberapa item terbaik (best seller) yang mereka miliki.

Keuntungan Iklan Pencarian Toko:

  • Menumbuhkan brand awareness bisnis di kalangan pengguna Shopee.
  • Mendatangkan followersbaru ke toko.
  • Meningkatkan peluang transaksi toko secara keseluruhan. Iklan bisa mengarahkan konsumen langsung ke halaman utama bisnis, list produk best seller, maupun laman kategori toko.
  • Membangun loyalitas konsumen dan image bisnis melalui tampilan slogan serta rating dalam iklan.

Kelemahan Iklan Pencarian Toko:

  • Tidak bisa digunakan oleh semua orang. Hanya seller Shopee dengan >40 pesanan ternilai saja yang bisa mengakses fitur ini.
  • Menggunakan sistem bayaran per klik.

4. Iklan Produk Otomatis

Terakhir ada iklan produk otomatis. Keunggulan utama Shopee ads ini adalah paling ‘agresif’ dibandingkan iklan-iklan jenis lainnya.

Iklan produk otomatis bisa muncul di berbagai tempat sekaligus, menyesuaikan dengan penelusuran keyword konsumen dan algoritma web dan app Shopee. Otomatis, iklan ini sangat manjur untuk memaksimalkan penjualan produk di Shopee.

Keunggulan Iklan Produk Otomatis:

  • Muncul di banyak tempat secara bersamaan, di antaranya pada halaman hasil pencarian produk, rekomendasi produk sejenis, hingga beranda produk rekomendasi Shopee.
  • Optimalisasi iklan berlangsung secara otomatis oleh sistem. Anda tidak perlu repot mengatur rincian iklan secara manual seperti pada tiga jenis Shopee ads
  • Mendatangkan traffic, awareness, followers serta peluang transaksi semaksimal mungkin.

Kelemahan Iklan Produk Otomatis:

  • Tarif iklan mengikuti periode penayangan. Semakin lama penayangan, maka makin besar modal iklan yang dihabiskan. Dalam kurun waktu tersebut pun Anda harus berusaha agar produk laku terjual agar tidak rugi.
Artikel terkait  8 Contoh Iklan Produk Hits! Simpel Tapi Mengena

Rincian Biaya Iklan Shopee

iklan shopee

Seperti yang sudah Anda lihat sebelumnya, Shopee membebankan tarif iklan untuk setiap item yang kita promosikan. Namun biaya beriklan di Shopee masih cukup terjangkau ketimbang platform marketing lain.

Terdapat tiga metode penentuan tarif iklan di Shopee, yaitu:

  • Biaya iklan per klik: berkisar antara 150 sampai 200 perak (rupiah) per satu kali iklan diklik.
  • Biaya iklan berdasarkan budget: seller bebas menentukan sendiri jumlah modal pemasaran. Misalnya Anda mematok dana iklan 50 ribu rupiah. Nantinya iklan akan berhenti tayang ketika seluruh modal telah habis terpakai.
  • Biaya iklan berdasarkan periode: Shopee menyediakan pilihan paket iklan berdasarkan waktu penayangan. Misalnya 1 minggu, 3 minggu, 1 bulan atau 6 bulan. Anda bebas memilih paket sesuai kebutuhan. Promosi pun akan berhenti otomatis ketika melewati batas waktu pilihan.

Tentunya pihak Shopee mengizinkan seller memilih sendiri metode pembayaran iklan serta alokasi budget sesuai kemampuan masing-masing. Jadi Anda bisa lebih leluasa berpromosi tanpa perlu takut kantong jebol.

Agar promosi lebih efektif, tim Seller Centre Shopee secara resmi menyarankan para penjual untuk menyiapkan dana 50 ribu rupiah sebagai modal promosi.

Artikel terkait  Kecerdasan Buatan: Solusi Instagram Marketing Anda

8 Cara Membuat Iklan di Shopee untuk Pemula

Sekarang tibalah kita pada bagian yang paling dinantikan: tutorial membuat iklan Shopee pertama Anda untuk menarik pembeli.

Memasang Shopee ads terbukti sangat gampang, bahkan untuk pemula yang baru pertama kali mencoba. Ini karena seluruh fitur promosi sudah tersedia lengkap di platform.

Yuk langsung simak dan praktekkan 8 cara membuat iklan di Shopee berikut ini:

1. Mendaftar Akun Shopee

Anda wajib mempunyai akun Shopee jika ingin mempromosikan barang dagangan di platform ini. Jadi daftarkan diri Anda sebagai pengguna Shopee atau log in ke akun Shopee jika Anda sudah memilikinya.

Proses pendaftaran Shopee sangat mudah, cepat dan gratis dengan nomor telepon dan alamat email aktif. Setelah memiliki akun, aktivasi fitur Seller (Toko) agar Anda bisa berjualan.

2. Akses Seller Centre

Fitur Shopee ads tersedia di menu Seller Centre. Jika Anda mengakses Shopee dari website, lakukan log in ke Seller Centre, lalu scroll sedikit ke bawah untuk menemukan menu “Promosi Saya”. Klik pada menu kemudian pilih “Iklan Shopee”.

Namun jika Anda masuk dari aplikasi, klik menu profil atau “Saya”. Kemudian, cek bagian pojok kiri hingga menemukan ikon “Toko Saya”. Klik menu tersebut dan cari “Iklan Shopee”.

Catatan penting: jangan gunakan tools blokir iklan (adblock) karena hal tersebut akan mengagalkan loading menu Shopee ads.

3. Buat Iklan Baru

Setelah berada di laman fitur iklan, geser pandangan ke bagian kanan dashboard untuk menemukan tombol oranye berlabel “+ Buat Iklan Baru”. Pencet tombol tersebut.

4. Pilih Jenis Iklan

Anda akan melihat keempat jenis iklan di Shopee yang bisa dipilih sendiri sesuai kebutuhan. Klik salah satu jenis iklan dan lanjutkan. Anda juga bisa mempelajari kembali rincian deskripsi dari setiap opsi ads agar tidak salah pilih.

5. Pilih Produk yang Akan Dipromosikan

Jika Anda memasang iklan pencarian produk, iklan produk serupa, atau iklan produk otomatis, maka Anda wajib memilih barang dagangan yang hendak dipromosikan. Sebaiknya fokuskan pilihan Anda pada item yang best seller atau sedang trending untuk memperbesar peluang keberhasilan promosi. Namun lewati tahap ini jika Anda memilih iklan pencarian toko.

6. Tentukan Budget dan Waktu Kampanye

Setiap seller bisa menentukan sendiri budget serta durasi penayangan iklan. Anda dapat memilih dua opsi yang ditentukan:

  • Budgetdan waktu tanpa batas: iklan akan terus berjalan mengikuti saldo penjual yang Anda punya; tidak ada batasan waktu penayangan iklan.
  • Budget dan waktu yang ditentukan:tetapkan budget khusus untuk setiap kampanye, misalnya 20 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu. Iklan bisa berhenti ketika budget habis atau sudah melewati batas waktu ketentuan.

7. Atur Kata Kunci (Keyword)

Pilih kata kunci yang mampu menggambarkan produk dengan baik agar iklan bisa muncul ke hadapan calon konsumen yang tepat. Anda bisa mengatur keyword produk secara otomatis memakai fitur Shopee “pilih otomatis”, atau melakukan riset sendiri dan melakukan input manual.

Jika melakukan riset manual, ada baiknya untuk menggunakan aneka tool riset keyword seperti Google Trends supaya tidak salah pilih keyword.

8. Konfirmasi Iklan Anda

Selamat, iklan bisnis Shopee Anda kini sudah siap diluncurkan! Anda hanya perlu mengklik tombol “konfirmasi” dan iklan pun sudah langsung meluncur ke beranda konsumen.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait tata cara beriklan di Shopee. Ayo tunggu apa lagi, segera tingkatkan omset bisnis Anda di Shopee dengan mengiklankannya sesuai tips-tips di atas. Selamat mencoba!

Tak lupa untuk terus ikuti MARKEY karena ada lebih banyak tips sukses bisnis online menanti Anda setiap hari. Baca gratis koleksi artikel terbaik MARKEY di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan Appstore). Sampai jumpa lagi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya