Last Updated on February 25, 2023 by
Impressions Instagram adalah hal yang sering kita jumpai saat mengelola Instagram marketing. Fitur ini bisa mengungkap seberapa menarik postingan IG yang kita unggah menurut warganet.
Mengelola bisnis di Instagram sudah menjadi hal yang lumrah dewasa ini. Pasalnya, Instagram adalah sosial media dengan jumlah pengikut terbesar sedunia. Bahkan jumlah total penggunanya kini telah melampaui Facebook yang sempat dijuluki “Raja Sosmed”.
Meski begitu, Anda tetap wajib memantau performa unggahan Instagram melalui impressions. Fitur ini menjadi “senjata wajib” para marketer karena menyimpan segudang fungsi penting bagi bisnis-bisnis online di IG. Apa sajakah mereka?
Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkap terkait Instagram impressions berikut ini!
Daftar Isi
Arti Impressions Instagram Adalah
Apa itu impressions Instagram? Impressions Instagram adalah jumlah penayangan suatu konten di IG. Konten yang dimaksud mencakup postingan yang Anda unggah sendiri maupun iklan-iklan Instagram (IG Ads).
Impressions juga merupakan salah satu metrik penting dalam aktivitas Instagram marketing. Metrik impressions mempunyai sejumlah fungsi, salah satunya adalah mengukur efektivitas konten IG Anda untuk menjaring perhatian audiens. Alhasil, fitur impressions sangat berguna dalam evaluasi keberhasilan pemasaran di IG.
Penting untuk diperhatikan juga bahwa fitur impression hanya tersedia di profil Instagram Business atau Profesional. Postingan pribadi masih belum menampilkan data impressions.
Perbedaan Reach dan Impressions Instagram Adalah
Selain impression, ada juga fitur reach di IG dengan fungsi dan pemakaian yang mirip. Sampai saat ini pun masih banyak digital marketer yang keliru memahami perbedaan antara impressions dan reach di Instagram.
Perbedaan utama reach dan impressions adalah objek yang menjadi fokus perhitungan. Impressions Instagram adalah perhitungan view konten (seberapa banyak konten Anda muncul di layar pengguna). Sedangkan reach memberitahu kita jumlah orang atau akun yang menyimak konten.
Hitungan impressions mencakup dua hal, yakni:
- Konten yang diklik dan disimak user.
- Konten yang sekadar muncul di timelineuser akibat efek algoritma.
Contohnya, postingan Anda di klik oleh 200 orang, lalu lewat di beranda (tanpa diklik) sebanyak 150 orang. Alhasil total impression post adalah 350 kali.
Namun bisa saja seseorang membuka postingan yang sama berkali-kali. Semisal user A yang menyimak post Anda 5x. Jadi hitungan impression yang Anda dapat adalah 5.
Sedangkan reach IG menghitung orang yang melihat postingan Anda. Jika nilai reach konten Anda adalah 100, itu berarti ada 100 orang berbeda yang melihat konten Anda.
Pun jika ada 1 user yang menyimak postingan Anda berulang kali, maka hitungan reach-nya tetap 1. Misal user A melihat post bisnis Anda sebanyak 5x, maka nilai reach tetap 1 bukannya 5 seperti pada impressions. Ini karena akun yang melihat konten masih sama (1 user).
Sumber-Sumber Impressions Instagram Adalah
Impressions Instagram mempunyai sumber yang cukup banyak dan beragam. Berikut adalah jenis-jenis sumber impressions yang wajib Anda perhatikan ketika mempromosikan bisnis di sosmed IG:
1. Profil Instagram
Sumber impression pertama adalah profil Instagram bisnis Anda sendiri. Orang-orang yang mengunjungi profil Anda secara otomatis terhitung telah melihat konten.
2. Feeds Followers
Seluruh followers Anda tentunya bisa memberikan impressions terhadap postingan bisnis Anda. Pasalnya, postingan Anda tentu akan selalu lewat di timeline (feeds) mereka.
3. Tag Lokasi
Pernahkah Anda men-tag sebuah lokasi tertentu di unggahan Instagram? Nah, tag lokasi ini juga bisa mendatangkan impression, lho. Ini karena Instagram akan menampilkan konten Anda ketika ada user yang menelusuri tempat yang di-tag.
4. Hashtag Postingan
Mirip seperti tag lokasi, konten-konten dengan hashtag tertentu bisa mendatangkan impression saat ditelusuri audiens. Semisal Anda menyematkan #digitalmarketing pada caption post. Nantinya konten tersebut akan mendapat impressions dari user yang melihat kategori digital marketing.
5. Explore Instagram
Sumber terakhir impressions Instagram adalah kolom explore. Explore merupakan fitur khusus untuk menjelajahi berbagai postingan baru sesuai preferensi audiens. Jadi peluang memperoleh impression sangat besar di sini!
5 Fungsi Impressions Instagram bagi Bisnis Online
Berikut adalah beberapa fungsi penting dari fitur impressions IG yang wajib Anda ketahui:
1. Menjadi Indikator Kesuksesan Konten
Impressions Instagram adalah salah satu indikator kesuksesan konten marketing Anda di IG. Semakin besar angka impression sebuah post, maka bisa dikatakan makin banyak orang yang melihat dan menyukai konten Anda.
Apalagi jika data impressions tersebut turut dipadukan dengan engagement. Jika angka keduanya sama-sama besar, itu berarti postingan Anda sudah tepat sesuai selera pengguna Instagram.
2. Sumber Data Penting untuk Pemasaran
Banyak marketer memanfaatkan impression sebagai sumber data agenda pemasarannya. Ini karena setiap konten yang kita unggah ke Instagram mempunyai jumlah penayangan berbeda. Alhasil akan lebih mudah untuk menerka tipe konten favorit audiens dari impressions.
3. Membantu Ekspansi Target Audiens
Di beberapa kasus, impressions bisa turut mengungkap darimana saja asal penonton alias sumber traffic konten. Hal ini akan menambah wawasan Anda terkait pasar-pasar yang bisnis potensial. Siapa tahu kelak Anda bisa melakukan ekspansi ke pengguna Instagram dari wilayah tersebut.
4. Menghindari Ad Fatigue
Ad fatigue adalah kebosanan audiens akibat terlalu sering melihat materi promosi tertentu. Masalah ini cukup sering menjadi penghambat kesuksesan promosi online. Tapi Anda tidak perlu cemas lagi, sebab impressions Instagram adalah salah satu strategi ampuh untuk mengatasi ad fatigue.
Anda cukup mengatur angka impressions sesuai tujuan iklan Instagram supaya pemasaran berjalan baik. Misal mematok target impressions yang tinggi untuk postingan yang bertujuan meningkatkan sales. Sedangkan konten dengan fokus brand awareness lebih baik menyasar angka lebih rendah demi menghindari fatigue atau spam.
5. Membantu Evaluasi Pemasaran di Instagram
Fungsi impressions Instagram yang terakhir adalah membantu proses evaluasi taktik marketing Anda. Cari tahu konten mana saja yang sedikit disimak, kemudian telaah penyebabnya. Sementara post-post yang ramai traffic bisa menjadi inspirasi untuk pembuatan konten selanjutnya.
Tutorial Melihat Impressions Instagram Bisnis Adalah
Anda tidak perlu repot menghitung impressions karena sistem IG sudah langsung menghimpun seluruh data view konten. Jadi kita sudah bisa langsung tahu berapa jumlah impressions yang sukses diraih dalam sekali lihat.
Namun bagaimana cara melihat impression postingan kita di Instagram? Tidak perlu bingung. Di bawah ini sudah kami rangkum cara termudah mengecek impression Instagram:
- Login ke akun Instagram Business Anda. Ingat, fitur impressions hanya tersedia untuk akun profesional (bukan pribadi).
- Buka profil Instagram Anda.
- Pencet tanda bergaris tiga di pojok kanan atas profil.
- Pencet “Insights”.
- Buka halaman “Overview”.
- Pilih opsi “Accounts Reached”. Di sinilah seluruh data impressionakun IG Anda terkumpul secara utuh.
- Untuk melihat impressions di setiap postingan, Anda bisa beralih membuka postingan yang ingin dicek dari profil.
- Cek bagian bawah foto/video postingan.
- Klik “View Insight” > “Discovery”.
- Data impressionpostingan tersebut akan langsung tampak.
3 Strategi Impression Instagram untuk Menambah Prospek Bisnis Online
Setelah mempelajari seluk-beluk fungsi fitur impressions di Instagram, kini tiba waktunya mencari tahu cara memanfaatkan impressions untuk menyukseskan bisnis online. Dalam hal ini, kami telah merangkum 3 strategi yang bisa Anda pertimbangkan:
1. Mencari Tahu Kebutuhan Followers
Impression IG bisa mengungkap beragam kebutuhan dan hal-hal yang sejatinya disukai followers Anda. Cukup cek postingan yang pernah Anda unggah satu per satu, lalu bandingkan. Kira-kira topik konten manakah yang paling ramai mendapat perhatian warganet?
Setelah mengetahui hal ini, Anda bisa membuat rancangan strategi marketing baru yang lebih tepat sasaran. Jangan pula mengulangi membuat konten yang sepi peminat karena hanya akan membuang-buang modal, waktu dan tenaga.
2. Mengadakan Evaluasi Kampanye
Selalu evaluasi performa konten maupun kampanye iklan Instagram yang Anda jalankan. Hal ini penting guna mengetahui tingkat efektivitas dan kelemahan pemasaran untuk segera diperbaiki.
Nah, impressions Instagram merupakan metrik indikator yang baik untuk tugas ini. Buatlah patokan target angka impressions yang ingin Anda raih dari sebuah post, lalu bandingkan dengan impression yang sesungguhnya. Apabila hasil akhir masih belum mencapai target, berarti ada hal yang perlu ditingkatkan dari pemasaran.
3. Membandingkan dengan Postingan Kompetitor
Apakah impression yang Anda kumpulkan sudah memadai? Jika Anda masih ragu-ragu, maka ada baiknya membandingkan dengan impression dari postingan milik pesaing. Anda bisa memanfaatkan tools analisis marketing gratis untuk mengetahui seberapa jauh performa konten pemasaran bisnis lain di niche Anda.
Itulah rangkuman lengkap terkait Instagram impressions mulai dari pengertian, cara menghitung dan strategi pemanfaatannya di bisnis online. Semoga ulasan di atas bermanfaat menambah wawasan Anda, khususnya terkait Instagram marketing, ya!
Follow terus MARKEY agar tak ketinggalan lebih banyak artikel digital marketing terbaru setiap harinya. Baca gratis ulasan yang Anda suka di https://markey.id/ atau via MARKEY APP yang tersedia di Play Store dan AppStore. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.